Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127023 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Satya Wahyu Mahardhika
"Penelitian ini membahas pilihan kata dan gaya bahasa iklan susu Nutrilon berbahasa Belanda ditinjau dari aspek semantis. Penelitian dilakukan melalui studi pustaka yang bersifat kualitatif sehingga menghasilkan analisis yang mendalam. Analisis dilakukan untuk memperlihatkan makna keunikan pilihan kata dan gaya bahasa dalam iklan. Ilustrasi sebagai salah satu unsur iklan juga digunakan untuk memperkuat analisis makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan dibuat dengan konsep yang jelas, tercermin melalui adanya pilihan kata yang unik, gaya bahasa yang menarik, dan ilustrasi yang mendukung interpetasi makna dalam iklan. Keunikan pilihan kata dihadirkan melalui penggunaan kata flesvoeding, kleine deskundige, dan kindje. Selain terdapat keunikan pilihan kata yang memiliki makna tertentu, gaya bahasa dalam iklan dimunculkan dalam headline dan subheadline iklan sehingga menjadi sangat persuasif. Unsur persuasif tersebut semakin diperkuat dengan adanya testimoni dari konsumen sehingga konsumen semakin yakin dengan produk yang ditawarkan.

This research will show word choices and figure of speech in the advertisement of Nutrilon baby milk formula in Dutch from semantic approach. A qualitative study is conducted to deepen the analysis. It is used to show the uniqueness of word choices and figure of speech within the corpus to build meaning. Illustration also takes part on creating a stronger meaning in the advertisement. The result shows that the advertisement is made with a clear concept which is reflected through unique word choices, interesting language styles, and illustration that support to build interpretation of the whole meaning. The uniqueness of word choices is presented by specific words related to the content of the advertisement, such as flesvoeding, kleine deskundige, dan kindje. Also, figure of speech is highlighted in headline and subheadline of the advertisement and become more persuasive. The persuasive is reinforced by testimony from the consumer so that they feel convinced with the products offered.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Puspita Sari
"Iklan merupakan salah satu bagian dari media massa Media massa yangdimaksud seperti Koran dan majalah Iklan berdasarkan jenisnya dibagimenjadi dua yaitu iklan komersil dan iklan non komersil Hampir semuajenis produk komersil dapat diiklankan Salah satunya adalah susu formulauntuk bayi Kekhasan iklan susu formula untuk bayi bermerek Humana akandianalisis dalam karya ilmiah ini

Advertisement is part of the mass media such as newspaper and magazine Advertisement has two different types namely commercial and noncommercial Almost all types of commercial product can be advertised Oneof those examples is an advertisement of milk for baby The characteristicsof milk rsquo s advertisement ldquo Humana rdquo will be analysed in this paper
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Syarah Nadila Purwanti
"MediaMarkt merupakan salah satu toko elektronik terbesar di Belanda yang senantiasa berhasil mempertahankan konsumen lama dan menarik konsumen baru. Penelitian ini akan menjabarkan bagaimana ciri-ciri pewara MediaMarkt yang khas dari delapan iklan digital. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis-deskriptif dengan menganalisis delapan iklan digital youtube yang diunggah pada tahun 2019-2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SPEAKING dari Dell Hymes (1972). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya slogan yang persuasif altijd op zoek naar de wow voor jou dan terdapat empat warna tertentu yang kerap muncul pada pakaian pewara untuk memperkuat logo dan slogan perusahaan. Terdapat aspek verbal yang ditampilkan pewara berupa bahasa dan monolog. Selain itu, yang menunjukkan tanda nonverbal adalah penampilan, nada bicara, dan bahasa tubuh dari pewara yang diteliti. Kedua aspek verbal dan nonverbal ini merupakan gabungan dari unsur SPEAKING.

MediaMarkt is one of the most populair electronic stores in the Netherlands that always succeed in keeping the old costumers and is able to get new ones. This research will describes the characteristics of MediaMarkt presenters that are typical of eight dugutal advertisements. The method used in this paper is a descriptive analysis, by analyzing eight advertisements videos on Youtube that were uploaded from 2019 to 2020. The theory that is used in this research is the SPEAKING theory by Dell Hymes (1972). This study describes the characteristics of the presenters in these eight digital advertisements of MediaMarkt. The results of this research indicate that there are four specific colors that appear namely on the presenter’s clothes to strengthen the logo and slogan. Verbal aspects are showing by the presenter such as language and monologue. Other than that, nonverbal aspects are showing such as the appearance, speech, and body language from the presenter was researched. Both aspect verbal and nonverbal that were mention are the combination of elements from SPEAKING."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Kingkin Ismaya Sari
"Teks komersial seperti teks iklan dan teks surat edaran berperan tidak saja untuk memperkenalkan suatu barang atau produk yang ditawarkan, melainkan juga untuk mengajak, mempengaruhi, menganjurkan, menyarankan atau menyuruh seorang penerima atau seorang konsumen untuk mau membeli atau mempergunakan produk yang ditawarkan. Gaya bahasa yang dipergunakan untuk keperluan itu adalah selalu bentuk perintah (Liliweri, 1992: 33).
Perintah dapat dikemukakan dengan bentuk kalimat yang berbeda-beda, tetapi bermakna sama yaitu sebuah perintah. Berdasarkan pendapat Geerts {1983) di dalam bahasa Belanda terdapat tiga bentuk kalimat perintah dengan menggunakan subjek dan enam bentuk kalimat perintah tanpa menggunakan subjek. Permasalahan yang muncul adalah bentuk kalimat perintah yang mama yang banyak dipergunakan di dalam teks komersial bahasa Belanda seperti teks iklan yang terdapat di dalam majalah dan teks surat edaran penawaran produk dari suatu bank.
Penelitian dilakukan dengan mengadakan studi pustaka dan melakukan pengujian. Melalui studi pustaka diperoleh data menge_nai bentuk-bentuk kalimat perintah bahasa Belanda. Pengumpulan data yang berhubungan dengan penggunaan bentuk kalimat perintah di dalam teks komersial dilakukan dengan. mengadakan pengujian di lima belas majalah dan empat edaran yang berbeda sasaran pembaca atau konsumennya. Data yang diperoleh dari kelima belas majalah dan keempat surat edaran tersebut adalah berupa persentase peng_gunaan bentuk kalimat perintah secara umum dan jugs di tiap pembagian kategori pembaca atau konsumen.
Hasilnya menunjukkan bahwa secara umum persentase tertinggi penggunaan bentuk kalimat perintah adalah bentuk kalimat perintah bentuk dasar + Sisa (51,91%), kedua adalah bentuk kalimat perintah S + VF + Sisa (25,19%) dan ketiga adalah bentuk kalimat perintah baru di luar sembilan bentuk kalimat perintah yang diberikan oleh Geerts (9,16%). Selanjutnya secara berurutan penggunaan bentuk-bentuk kalimat perintah adalah: Bentuk kalimat perintah Sisa + Infinitif (6,49%), bentuk kalimat perintah Bentuk dasar Sisa (3,44%), bentuk kalimat perintah VF + S + Sisa(2,48%), bentuk kalimat perintah Infinitif Sisa (0,57%), bentuk kalimat perintah VF + S+ Sisa ? (0,38%) dan bentuk kalimat perintah Bentuk perfektum (0,38%). Sedangkan bentuk kalimat perintah Bentuk pluperfektum sama sekali tidak pernah dipergunakan.

"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tamara Belinda
"Pada tahun 2012 perusahaan keju Maaslander mengeluarkan tiga buah iklan yang berbeda untuk menarik perhatian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan unsur-unsur semantis dan pragmatis yang terkandung dalam iklan tayang keju Maaslander. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis unsur-unsur semantik dan pragmatik dalam iklan tayang keju Maaslander. Berdasarkan penelitian, tiga iklan tersebut menampilkan dan menonjolkan rasa keju yang enak dan kelembutan produk melalui simbol kecupan dari wanita cantik. Simbol kecupan dapat dilihat dari sudut pandang masyarakat Belanda sebagai kelembutan yang memikat. Selain itu narasi persuasif dan manipulatif yang terdapat pada iklan juga mendukung iklan tayang keju Maaslander.

In 2012, the Maaslander cheese company released 3 different advertisements to attrack potential buyers. This paper aims to describe the semantics and pragmatics elements in the 3 advertisements of Maaslander cheese. This paper uses the descriptive qualitative research method in analyzing the semantic and pragmatic elements. Based on the research, the three advertisements shows tasty cheese and the softness of the product depicted by the kiss of a beautiful woman used as a symbol. The symbol of a kiss can be seen from the point of view of Dutch society as a symbol of tenderness or a compelling thing. In addition, the narration at the end of the three advertisements underline the quality of Maaslander cheese with it s persuasive and manipulative sentence.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Aulia
"Iklan Bloed Oranje merupakan slogan iklan pakaian olahraga yang dibuat oleh Nike untuk mempromosikan pakaian tim nasional sepakbola Belanda ketika Belanda berhasil masuk ke final piala dunia 2010 di Afrika Selatan. Di dalam iklan Bloed Oranje terdapat beberapa makna yang tersirat serta permainan kata yang membuat iklan ini menarik. Penelitian ini akan mencari makna dari iklan Bloed Oranje melalui ikon, indeks, simbol, dan gaya bahasa yang muncul di dalam iklan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemunculan ikon, indeks, simbol, dan gaya bahasa yang terdapat di dalam iklan ini. Penelitian ini nantinya akan memperoleh hasil berupa makna dari beberapa gambar dan tulisan yang ada di dalam iklan Bloed Oranje.

The Bloed Oranje ad is a sport advertising slogan made by Nike to promote Dutch's national football costume when Dutch made it to the World Cup final 2010 in South Africa. There are some implicit meanings and word variations which make this ad become interesting. To conduct this research, the author will analyze the meaning of Bloed Oranje ad through icons, indexes, symbols and language styles that appear. Meanwhile, the purpose of this study is to find out the appearance of icons, indexes, symbols, and language styles contain within this ad. This research will give new contribution in the study of advertising meaning through some images and writing contain in Bloed Oranje advertisement.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Diani Anjaswari
"Bol.com, Wehkamp.nl, dan Lidl-shop.nl merupakan situs e-commerce yang cukup populer di Belanda yang setiap tahunnya memberikan diskon pada pertengahan musim panas. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana ciri-ciri iklan pada tiga situs e-commerce Bol.com, Wehkamp.nl, dan Lidl-shop.nl mempromosikan produk yang sedang diskon dilihat dari penggunaan gaya bahasa dan unsur-unsur non verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan memaparkan ciri-ciri penggunaan unsur verbal yang mencakup gaya bahasa yang digunakan dan unsur non verbal dilihat dari aspek visual. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil analisis memperlihatkan terdapat penggunaan gaya bahasa elipsis, repetisi, pertanyaan retoris, dan hiperbol pada ketiga situs tersebut. Sedangkan pada unsur non-verbal terdapat berbagai perbedaan tampilan dari tiap situs dalam segi warna, gambar, dan angka yang tertera. Unsur angka berperan besar dalam menarik calon pembeli.

Bol.com, Wehkamp.nl, and Lidl-shop.nl are e-commerce sites that are quite popular in the Netherlands, which often have sale in mid-summer. This study analyze how three e-commerce sites namely Bol.com, Wehkamp.nl, and Lidl-shop.nl promote items on sale from the perspective of language and non verbal elements. The purpose of this study is to identify and describe the characteristics of the use of verbal elements that include figure of speeches used and non verbal element seen from the visual aspect. This research was conducted with qualitative descriptive method. The results of the analysis show that there are elliptical, repetitive, rhetorical, and hyperbolic styles in the three sites. Whereas in non-verbal elements there are various differences in the visualization of each site in terms of colors, images, and the discount numbers listed. Numbers play a significant role in grabbing the attention of buyers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Alberthiene Endah Kusumawardani
"Para linguis seperti Den Hertog (1973), Van den Toorn (1976), dan Geerts. et al. (1984) mengemukakan bahwa pada dasarnya kalimat terbagi menjadi dua bagian, yakni kalimat lengkap dan kalimat tidak lengkap. Kalimat lengkap terdiri dari kalimat tunggal dan kalimat majemuk. Kalimat tidak lengkap adalah kalimat yang tidak dihadiri oleh subjek dan predikat atau salah satunya. Kalimat ini biasanya merupakan kata perintah, salam, judul, dsb. Kalimat lengkap adalah kalimat yang mengandung unsur subjek dan predikat. Sedangkan kalimat tunggal adalah kalimat lengkap yang hanya mengandung satu unsur predikat, dan kalimat majemuk adalah kalimat lengkap yang mengandung dua atau lebih unsur predikat.
Van den Toorn juga mengutarakan bahwa dalam kalimat bisa ditemukan beraneka pergeseran makna. Seperti penurunan makna, perluasan makna, dan penyempitan makna, dan gaya bahasa seperti metafora, sinestesa, ironi, eufemisme, metonimia, dan personifikasi. Dengan dasar teori tersebut dilakukan penelitian terhadap sejumlah iklan yang memiliki keanekaragaman struktur kalimat dan pergeseran makna. Pengumpulan korpus dilakukan dengan memilih secara acak iklan-iklan makanan dan minuman yang dimuat di majalah-majalah terbitan Belanda. Sedangkan untuk mempelajari teori, penulis inengadakan studi pustaka.
Hasil dari analisis menunjukkan bahwa iklan-iklan komersial makanan dan minuman di majalah. Belanda ternyata memiliki keanekaragaman struktur kalimat dan pergeseran makna. Iklan-iklan itu lebih banyak menampilkan kalimat tidak lengkap, dengan hanya menyebutkan nama produknya saja. Sedangkan pada iklan_iklan dengan kalimat lengkap, struktur yang paling sering ditampilkan adalah subjek + predikat + objek + keterangan. Dari penelitian semantis, diketahui bahwa kebanyakan iklan menampilkan kalimat dengan pergeseran makna."
Depok: Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
S15854
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lutfeia Rhacmadani Rhachim Khaista
"Penelitian ini menguraikan tentang pengaruh masalah obesitas yang terjadi di kalangan anak-anak Jerman terhadap iklan Kinder Schokolade, baik itu dari segi bahasa maupun dari segi visualnya. Iklan yang diteliti terdiri atas sembilan iklan cetak Kinder Schokolade dari tahun 2010-2013 dengan tiga versi iklan yang berbeda, yang dianalisis dari aspek semantik dan semiotik.
Di dalam penelitian ini dipaparkan perubahan komponen-komponen dalam iklan-iklan Kinder Schokolade sejak muncul permasalahan obesitas pada anak-anak. Pilihan kata dan gambar berperan penting dalam setiap iklannya karena dapat membentuk citra produk yang positif sebagai produk makanan yang berhubungan erat dengan anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan-iklan Kinder Schokolade terpengaruh permasalahan obesitas.

This study describe about the effect of the children?s obesity problem against Kinder Schokolade advertising in terms of languange and visual. This advertisement consist of nine Kinder Schokolade print advertisement from 2010-2013 with three different versions and it will be analyzed from the semantic and semiotic aspects.
In this study will be presented about the change in the components of Kinder Schokolade advertisement since the children?s obesity problem appear. The choice of words and images play the important role in each advertisement because it can make a positive image as food product that have closely relationship with the children. The results showed that Kinder Schokolade advertising affected by the obesity problem.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56642
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisrina Qurratuain
"Penelitian ini berisi analisis tanda yang ada di dalam dalam iklan televisi Susu Nutrilon produksi Nutricia yangberjudul Nutrilon met Pronutra, de toekomst van je kindje begint vandaag. Nutricia merupakan perusahaan yangdidirikan di Belanda yang bergerak di bidang susu formula untuk bayi. Dalam iklan susu Nutrilon denganPronutra, tanda-tanda berupa simbol, ikon dan indeks digunakan secara aktif. Tanda-tanda tersebut sarat akanmakna sehingga Penulis tertarik untuk mengkajinya lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatifdan disajikan secara deskriptif. Penulis akan menganalisis bagaimana penggunaan ikon, indeks dan simbol dalamiklan tersebut. Permasalahan dibatasi pada penggunaan indeks, ikon dan simbol pada iklan televisi SusuNutrilon: Nutrilon met Pronutra, de toekomst van je kindje begint vandaag.

This research contains an analysis of the sign in the television commercial of a milk product of Nutricia titledNutrilon met Pronutra, de toekomst van je kindje begint vandaag. Nutricia is a company established in theNetherlands which is specialized in infant formula. In Nutrilon met Pronutra, de toekomst van je kindje begintvandaag, icons, indexes, and symbols are actively used. Those signs are full of meanings. For that reason, theauthor is interested to do a further research. This research is a descriptive qualitative research. The author willanalyze the usage of icons, indexes and symbol in this commercial. This research is focused only on the usage ofindexes, icons, and symbol in commercial Nutrilon met Pronutra, de toekomst van je kindje begint vandaag."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>