Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 132343 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Claudia Silvina Widyaningtias
"ABSTRAK
Bonus demografi yang mencapai puncaknya pada tahun 2020 mendatang menjadikan melonjaknya jumlah generasi millennials di pasar tenaga kerja. Kecenderungan generasi millennials menjadi menjadi lsquo;kutu loncat rsquo; dalam bekerja disebabkan oleh preferensi yang berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya. Kepedulian generasi millennials terhadap isu lingkungan dan sosial bersinggungan dengan praktik CSR yang dilakukan perusahaan. Survey online dilakukan pada pegawai bank untuk melihat perbedaan tingkat Engagement saat terekspos Coporate Social Responsibility yang berbeda. IBM Statistical Package for The Social Science SPSS versi 20 digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan antara CSR Internal dan Eksternal terhadap variabel Job Engagement namun tidak ada perbedaan pada Organizational Engagement. Secara umum CSR eksternal dinilai lebih tinggi oleh karyawan terhadap tingkat Engagement mereka.

ABSTRACT
Demographic bonus that will reach its peak in 2020 increases the number of millennials in the labor market. The difference in tendency towards career preference of millennials when compared to the previous generation is the main attribute causing them to become rsquo job hopper rsquo . Millennials interest on social and environmental issue is in line with the practices of CSR. Online survey was conducted on bankers to see different level of millennials rsquo engagement when exposed to different categories of CSR practice. IBM Statistical Package for The Social Science SPSS version 20 used to test the hypotheses. This research found that internal and external CSR have more significant influence on job engagement rather than in organizational engagement. Generally, eksternal CSR is perceived higher by employees in terms of influencing engagement level."
2017
S68441
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Filona Lestari Oskar
"ABSTRAK
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh CSR terhadap
kepuasan kerja yang Berdampak pada Komitmen Organisasi Karyawan dalam
Industri Perbankan.
Sampel penelitian ini adalah karyawan perbankan yang bekerja di
Jabodetabek ataupun luar Jabodetabek. Data dihimpun pada bulan Mei-Juni 2012,
dengan total responden sebanyak 284 orang.
Analisis pengaruh CSR dilihat dari empat dimensi, yaitu ekonomi, hukum,
etika, dan pilantropi. Kemudian akan mempengaruhi kepercayaan organisasi dan
kepuasan kerja sehingga berdampak pada komitmen organisasi dan intensi
turnover pada karyawan. Peneliti mengolah data menggunakan Structural
Equation Modelling (SEM) dengan program LISREL. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dari dimensi CSR yang berpengaruh positif adalah hukum
dan pilantropi terhadap kepercayaan organisasi, sedangkan terhadap kepuasan
kerja hanya ekonomi. Selanjutnya kepercayaan organisasi dan kepuasan kerja
berpengaruh secara positif terhadap komitmen organisasi serta pengaruh negatif
juga dapat dilihat dari kepercayaan organisasi terhadap intensi turnover.
pembahasan, kesimpulan, dan saran juga dibahas dalam penelitian ini.

Abstract
This thesis aims to analyze the impact of CSR on job satisfaction affecting
employees? organizational commitment in banking industries.
This sample is banking employees who work in Jabodetabek or outside
Jabodetabek. Data were collected in May-June 2012, a total respondents is 310
employees.
Analysis of the impact of CSR seen from four dimensions. They are
economic, legal, ethical, and philanthropic. It will impact organizational trust and
job satisfaction so the affecting on organizational commitment and turnover
intentions. Researcher processes data using a structural equation modeling
(SEM) with LISREL program. The results showed that dimension of CSR is law
and philanthropic have positive significant impact organizational trust, whereas
job satisfaction is only economic. Further organizational trust has positive
significant influence job satisfaction and organizational commitment and negative
significant influence turnover intention. Discussion, conclusions, and suggestions
are also discussed in this study."
2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Paramita Noormandari
"Tanggung Jawab Sosial Korporat telah menjadi tren yang semakin berkembang untuk diterapkan di banyak perusahaan di dunia, termasuk industri berbasis jasa yang sengaja mengimplementasi kegiatan sosial untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini menghasilkan temuan dari program tanggung jawab sosial korporat yang dilakukan Gran Melia Jakarta sebagai perusahaan berbasis jasa dengan sudut pandang keterlibatan stakeholder. Penelitian ini menganalisa perkembangan dan kebijakan dan program tanggung jawab sosial, serta bagaimana bentuk keterlibatan stakeholder. Tujuan penelitian ini untuk mendapat pemahaman, kebijakan, dan tantangan-tantangan utama dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial korporat. Pengidentifikasian stakeholder utama dieksplorasi untuk menanggapi kebutuhan dan harapan dari stakeholder terhadap program tanggung jawab sosial korporat. Penelitian ini pada akhirnya mencari lebih dalam pengembangan dari program tanggung jawab sosial korporat dan mengarahkan patella selanjutnya supaya dapat melihat faktor-faktor unik dalam kelompok stakeholder saat menganalisa tanggung jawab sosial korporat. Sedangkan praktisi diharapkan dapat mengembangkan dan menerapkan hubungan-hubungan antara perusahaan dan stakeholder untuk keuntungan bersama melalui penelitian yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif ini. Wawancara secara mendalam digunakan untuk mengakses persepsi orang, pengertian-pengertian suatu situasi dan konstruksi dari kenyataan melalui pertanyaan yang diajukan dan dikembangan berdasarkan jawaban atau respon dan narasumber. Data sekunder yang dapat dianalisis terdiri dari literature, kebijakan dan laporan perusahaan, kliping, jumal, foto, dan rekaman program. Merujuk pada program yang dilaksanakan pada 2005, semua narasumber yang merniliki kredibilitas tinggi dipilih untuk mewakili masing-masing kelompok stakeholder yang terlibat. Tanggapan dan jawaban mereka akan dianalisa terutama dengan menggunakan model proses keterlibatan stakeholder dan kerangka konsep lain yang berhubungan.

Corporate Social Responsibility (CSR) has been a growing trend among corporations throughout the world, including service-based ones that deliberately implement social program to achieve a certain goal. This study reports findings from a research of CSR conducted by Gran Melia Jakarta as a service-based company with the stakeholder engagement perspective It analyses the extent of CSR policy and program and how the company is engaged to its stakeholders. The research provides company's understanding and policy of CSR and its key challenges in conducting CSR. Key stakeholders identification is explored in order to response to the needs and expectations of stakeholders toward the CSR program. Finally, it considers possible CSR improvements exploration and further research for academic purpose especially in finding distinctive factors within stakeholder groups to consider when examining and analyzing corporate social responsibility, whilst practitioners will find how to develop and utilize relationships between a corporation and its stakeholders for mutual benefit through the research that is done with a qualitative approach. In-depth interviews are used to access people's perceptions, meanings, definition of the situation and construction of reality through open-ended questions. Secondary data to analyze comes from literatures, corporate policies and reports, clippings, journals, photographs, and program records. Specifically referred to projects conducted in 2005, all credible informants are selected to represent each group involved in the CSR program. Their responses will then be analyzed mainly through stakeholder engagement process model and other related conceptual frameworks."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T22104
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurcahyo Adi Kusumo
"Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh persepsi terhadap corporate social responsibility (CSR) karyawan di PT XYZ terhadap job performance mereka, dengan menguji peran mediasi dari job satisfaction, organizational commitment, dan organizational trust. Penelitian ini mengadopsi teori identitas sosial sebagai kerangka teoritis utama, yang memberikan wawasan tentang bagaimana identitas kelompok dapat mempengaruhi perilaku individu dalam konteks organisasi. Melibatkan desain penelitian deskriptif dengan pengumpulan data cross-sectional melalui penyebaran kuesioner pada platform SurveiUI, penelitian ini melibatkan 200 responden karyawan PT XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap CSR tidak memiliki pengaruh langsung pada kinerja pekerjaan, namun memediasi melalui komitmen organisasional dan kepercayaan organisasional. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS dan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan Smart PLS 4.0. Kontribusi penelitian dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana identitas sosial karyawan dalam organisasi dapat berperan dalam menghubungkan corporate social responsibility dengan job performance karyawan. Penelitian ini memiliki implikasi penting untuk pengembangan kebijakan dan praktik manajemen di organisasi dengan fokus pada peningkatan kinerja karyawan melalui strategi CSR yang terintegrasi secara efektif.

This research aims to determine the influence of employee perceptions of PT XYZ's Corporate Social Responsibility (CSR) on work performance, testing the mediating role of job satisfaction, organizational commitment and organizational trust. This research adopts social identity theory as the main theoretical framework, offering insights into how group identity can impact individual behavior in organizational context. Using descriptive research design with cross-sectional data collection through surveys distributed on the SurveyUI platform, this research involved 200 PT XYZ respondents. The findings show that CSR perceptions do not have direct impact on performance but are mediated through organizational commitment and organizational trust. Data analysis was carried out using SPSS and Structural Equation Modeling (SEM) with Smart PLS 4.0. This study contributes to deeper understanding of how individual social identity within an organization can play a key role in linking corporate social responsibility to employee performance. This research has important implications for development of management policies and practices in organizations, with a focus on improving employee performance through effectively integrated CSR strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Royal, Mark, 1967-
"There are a lot of frustrated people in most workplaces today. We're not talking about the incorrigible office grump or the permanent slacker. Instead, we're referring to dedicated workers who are being prevented from achieving their peak potential by organizational obstacles. Better enabling these employees to succeed represents an untapped avenue for radically improving productivity. Packed with the latest research findings from the prestigious Hay Group, "The Enemy of Engagement" uncovers the hidden impediments to performance - excessive procedures, lack of resources, overly narrow roles, and more - and outlines best-practice solutions for eliminating them. This is not an insignificant issue facing businesses today. According to Hay Group's study, depending on the industry, between one-third and one-half of employees report work conditions that keep them from being as productive as they could be. "The Enemy of Engagement" gives managers powerful new insights and research-based tools for ensuring their teams are both willing and able to make maximum contributions.;"
New York: [American Management Association, ], 2012
e20437407
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Melianah
"Masalah lingkungan telah menjadi isu yang mengarah pada manajemen keberlanjutan. Industri layanan kesehatan, salah satunya rumah sakit, merupakan industri yang menggunakan sumber energi secara terus menerus dan menghasilkan limbah yang rentan menggangu lingkungan. Oleh karena itu, rumah sakit perlu mengambil berbagai upaya perlindungan lingkungan dan mengembangkan strategi ramah lingkungan seperti pengelolaan sumber daya manusia ramah lingkungan. Menanggapi hal tersebut, penelitian ini mendukung hasil literatur yang menyatakan bahwa manajemen sumber daya manusia ramah lingkungan, tanggung jawab sosial perusahaan, dan perilaku ramah lingkungan karyawan berdampak pada kinerja lingkungan rumah sakit secara holistik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online dari 208 karyawan medis dan non medis rumah sakit di Indonesia. Data yang diperoleh diolah dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan AMOS 22. Temuan mengkonfirmasi bahwa Corporate Social Responsibility (CSR), Green Motivation Enhancing (GME), dan Green Employee Involvement (GEI) berpengaruh signifikan  terhadap Employee Green Behavior (EGB). Lebih lanjut, EGB terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap Environmental Performance (EP). Untuk analisis mediasi, penelitian mengkonfirmasi bahwa EGB memiliki peran mediasi yang signifikan dalam memperantarai GME, GEI dan CSR terhadap EP. Penelitian ini mempertegas peran kritis dari perilaku ramah lingkungan karyawan rumah sakit untuk meningkatkan kinerja lingkungan rumah sakit.

Environmental problems have become an issue that refers to sustainable management. Healthcare industry, hospital as one of them, is organizations that uses energy continuously and produce waste that vulnerable to harm the environment. So that hospital needs undergone various environmental protection efforts and developing green strategies, such as green human resource management and corporate social responsibility. Responding to that, this study supports literature results which stated that green human resource management, corporate social responsibility, and employees’ green behavior possess a holistic impact on the environmental performance of hospital. This research implements quantitative research design, data collection method via online questionnaire from 208 medic and non-medic employees of hospitals in Indonesia. Such data was then analyzed using the Structural Equation Modeling (SEM) method in AMOS 22. The findings confirm that Corporate Social Responsibility (CSR), Green Motivation Enhancing (GME), and Green Employee Involvement (GEI) had a significant impact on Employee Green Behavior (EGB). Furthermore, EGB had a significant relationship with environmental performance (EP). For mediating analysis, the study confirmed that EGB had significant role as mediating variable between GME, GEI, and CSR on environmental performance. This study highlights the critical role of hospital employees’ environmentally friendly behavior to enhance hospital’s environmental performance. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifia Sekarlita
"Perubahan paradigma generasi, perkembangan teknologi, dan persaingan secara global, menyebabkan terjadinya persaingan antar perusahaan untuk mendapatkan karyawan bertalenta. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang dapat meningkatkan minat mengejar pekerjaan dari para pekerja. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap niat mengejar pekerjaan (job pursuit intention) pada Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 360 mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Analisis data dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi berganda menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap job pursuit intention di kalangan Generasi Z pada sektor otomotif dan komponen. Hasil juga menunjukkan workplace economic responsibility menjadi faktor terkuat yang mempengaruhi job pursuit intention dari kelima dimensi Corporate Social Responsibility (CSR).

Generational paradigm shifts, technological developments, and global competition have led to competition between companies for talented employees. For this reason, it is important for companies to understand the factors that can increase the interest in pursuing work from workers. Therefore, this study aims to examine the effect of Corporate Social Responsibility (CSR) on job pursuit intentions of Generation Z. This study uses a quantitative approach with the type of explanatory research. Data was collected by distributing questionnaires to final year students and fresh graduates using non-probability sampling techniques in the form of purposive sampling and snowball sampling with a total of 360 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, simple regression analysis and multiple regression analysis using SPSS. The results show that there is an influence between Corporate Social Responsibility (CSR) on job pursuit intention among Generation Z in the automotive and component sectors. The results also show that workplace economic responsibility is the strongest factor influencing job pursuit intention from the five dimensions of Corporate Social Responsibility (CSR)."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryo Krisna Aji
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Job Enrichment terhadap Employee Engagement pada PT PP Properti Tbk dalam lingkup karyawan Head Office. Employee engagement merupakan tahap yang diharapkan oleh perusahaan untuk dapat dicapai oleh seluruh karyawannya, karena mampu menghasilkan kinerja yang optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu desain pekerjaan untuk menimbulkan situasi keterikatan tersebut melalui Job enrichment atau pemerkayaan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai teknik penyebaran datanya. Teknik penarikan sampel menggunakan Total Sampling kepada 89 karyawan dengan tingkat pengembalian sebesar 53 atau sebanyak 47 responden. Uji Validitas menggunakan korelasi pearson dan penggunaan alpha cronbach untuk menguji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh kedua variabel tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari Job Enrichment terhadap Employee Engagement.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Job Enrichment terhadap Employee Engagement pada PT PP Properti Tbk dalam lingkup karyawan Head Office. Employee engagement merupakan tahap yang diharapkan oleh perusahaan untuk dapat dicapai oleh seluruh karyawannya, karena mampu menghasilkan kinerja yang optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu desain pekerjaan untuk menimbulkan situasi keterikatan tersebut melalui Job enrichment atau pemerkayaan pekerjaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai teknik penyebaran datanya. Teknik penarikan sampel menggunakan Total Sampling kepada 89 karyawan dengan tingkat pengembalian sebesar 53 atau sebanyak 47 responden. Uji Validitas menggunakan korelasi pearson dan penggunaan alpha cronbach untuk menguji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh kedua variabel tersebut."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S68614
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gabriel Vito Bapa
"Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh employee engagement terhadap job performance karyawan tetap non-manajerial PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. Pada penelitian ini, variabel employee engagement diukur melalui perangkat Gallup Q12 oleh Gallup (2016), sedangkat untuk variabel job performance diukur oleh 8 dimesi job performance utama oleh Gomes (2003). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Sampel penelitian ini adalah karyawan tetap PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia yang telah bekerja minimal selama 1 tahun. Pada penelitian ini, data penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif, analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel employee engagement memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel job performance pada karyawan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk.

This research aims to analyze the influence of employee engagement on  job performance of PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk. employees. In this research, the independent variable is employee engagement, and the dependent variable is job performance. The employee engagement variable is measured based on Gallup Q12 by Gallup (2016), while job performance variable is measured based on 8 major job performance dimensioner by Gomes (2003). This research use a quantitative approach, and a questionnaire is used as a research instrument. The subject of this research are employees of PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk who have worked for at least a year. In this research, the data are analyzed using descriptive statistical analysis, evaluation analysis and simple linear regression analysis method. The results of this research prove that  employee engagement has a significant effect on job performance of PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk Employees.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hawkins, David E.
New York .: Palgrave Macmillan, 2006
658.408 Haw c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>