Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 63003 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rahmat Hidayat
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kewirausahaan sosial melalui program inovasi sosial yang dilakukan melalui crowdfunding platform Kitabisa.com. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara mendalam, dokumen-dokumen pendukung, dan data audiovisual. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: 1 crowdfunding platform Kitabisa.com adalah salah satu bentuk inovasi sosial sebab crowdfunding platform Kitabisa.com adalah gagasan atau ide baru yang dimunculkan oleh pemuda dalam perspektif organisasi dengan tujuan menyelesaikan permasalahan sosial; 2 crowdfunding platform Kitabisa.com merupakan salah satu bentuk kewirausahaan sosial sebab platform Kitabisa.com adalah proses berwirausaha yang mengedepankan misi untuk memecahkan permasalahan sosial di atas memperkaya diri profit maximization ; 3 program inovasi sosial oleh platform Kitabisa.com meliputi membuat platform Kitabisa.com dengan tampilan yang sesederhana mungkin dan mobile friendly; meminta endorsement dari beberapa public figure untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas; membuat success story terhadap campaign yang berhasil terdanai; melakukan update campaign dari total donasi yang terkumpul dan total donatur; dan melakukan aktivitasnya dengan fulltime job.

This research aims to analyze social entrepreneurship through social innovation programs conducted through crowdfunding platform Kitabisa.com. The approach used in this research is qualitative approach with case study research method. The data collection method that will be done in this research are observation, in depth interviews, supporting documents, and audiovisual data. Based on the research results found that 1 crowdfunding platform Kitabisa.com is one form of social innovation because crowdfunding platform Kitabisa.com is a new idea or idea raised by youth in organizational perspective with the aim of solving social problems 2 crowdfunding platform Kitabisa.com is one form of social entrepreneurship because Kitabisa.com platform is an entrepreneurship process that prioritizes mission o solve social problems above enrich themselves profit maximization 3 innovation social programs by Kitabisa.com include creating the simplest look possible and mobile friendly request the endorsement of some public figures to gain the trust of the wider community making success stories against successful campaigns funded update campaigns from total donations collected and total donors and doing its activities with fulltime job."
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jhane Pebyana Wilis
"Dalam mewujudkan ide atau gagasan tidak jarang para inovator terkendala proses pendanaan. Crowdfunding platform dianggap menjadi alternatif penggalangan dana berbasis website 2.0. Kemunculan platform di negara-negara maju dapat berjalan dengan stabil dan berkembang, sedangkan di Indonesia terdapat platform yang bertahan dan juga berhenti. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami teori modal sosial yang berperan dalam Kitabisa.com sebagai crowdfunding platform di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara semi terstruktur kepada tiga aktor Kitabisa dan satu informan tambahan serta studi dokumen terkait.  Hasil temuan menunjukkan terdapat tiga elemen yang berlangsung dalam Kitabisa.com seperti trust, jaringan, dan norma, dimana trust sebagai elemen kunci yang bekerja dalam mengoptimalkan dua elemen lainnya. Fungsi dari trust yaitu sebagai modal awal untuk memperlancar kerja sama. Sedangkan jaringan berfungsi untuk pendorong reputasi dan sumber daya manusia atau finansial. Adapun fungsi dari norma yaitu sebagai penyederhana mekanisme pekerjaan. Dengan demikian, Kitabisa.com dapat berlanjut hingga kini karena adanya peran modal sosial yang dibangun oleh AlFatih selaku CEO Kitabisa bersama-sama dengan internalnya. 

In realizing their ideas and dreams, innovators commonly facing a lot of challenges especially in financing matters. Crowdfunding platforms have been recognized to become one of the alternative for innovators to gather their source of fund through website 2.0. The emergence of platform in developed countries can be stable and growing, while in Indonesia, some are survived also stopped. The aim of this research is to understand social capital theory which plays at Kitabisa.com as crowdfunding platform in Indonesia. The research uses a qualitative method by holding a semi structured interview technique towards three main actors on Kitabisa.com and one other extra informants, also studies related documents. Findings of this research show us there are three elements going on Kitabisa.com i.e. trust, network, and norms which trust as the key element working to optimize other elements. Function of trust as a main capital is to facilitate cooperation. While network is to drive reputation and human or financial resources. Norms plays as simplifier of work mechanism. Therefore, Kitabisa.com can sustain till this day caused by social capital that built by AlFatih (CEO Kitabisa) together his internal."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lady Aprilia Caroline
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal sosial yang diturunkan ke dalam tiga dimensi yaitu dimensi struktural, dimensi relasional, dan dimensi kog- nitif terhadap kinerja crowdfunding di Indonesia pada periode 2013-2015. Penelitian dengan teknik regresi OLS robust menemukan dimensi struktural dan dimensi kognitif yang berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja crowdfunding. Dimensi struktural diukur melalui teman Facebook yang dimiliki oleh wirausahawan, hal ini berarti teman Facebook wirausahawan mempengaruhi kesuksesan crowd- funding. Dimensi kognitif diukur melalui jumlah kata yang ada di platform crowdfunding, hal ini berarti jumlah kata juga mempengaruhi kesuksesan crowdfunding. Teknik regresi logistik juga menemukan hasil yang sama yaitu dimensi struktural dan dimensi kognitif memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kinerja crowdfunding. Dari hasil regresi logistik dapat kita simpulkan teman Facebook wirausahawan dan jumlah kata mempengaruhi secara positif peluang crowdfunding untuk mencapai kategori sukses.

This study aims to analyze the effect of social capital namely: structural, relational, and cognitive dimensions, to the performance of crowdfunding in Indonesia in the period 2013-2015. Using robust OLS regression techniques, this study finds the structural dimension and cognitive dimension have a positive and significant correlation to performance of crowdfunding. Structural dimension which is measured by Facebook friends owned by an entrepreneur, affects crowdfunding success. Cognitive dimension which is measured by the number of a word that is written by entrepreneurs in the platform, also affects crowdfunding success. Using logistic regression technique, this study finds same result, structural dimension and cognitive dimension have positive relationship to the performance of crowdfunding. This study concludes Facebook friends owned by entrepreneur and number of words af- fect positively crowdfunding opportunities in order to get a successful campaign."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62847
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esmeralda Indriani
"Implementasi urun dana (crowdfunding) merupakan salah satu bentuk dari kemajuan teknologi finansial (tekfin) atau financial technology. Kini berdonasi dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi, yaitu secara online melalui platform urun dana berbasis donasi. Namun masih relatif sedikit studi yang meneliti mengenai motivasi yang mendorong individu untuk berdonasi dalam platform urun dana. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku berdonasi individu terutama Muslim Indonesia pada salah satu platform urun dana di Indonesia yaitu Kitabisa.com. Penelitian ini mengadopsi teori S-O-R (Stimulus-Organisme-Respon) sebagai kerangka teori dan melakukan studi kuantitatif menggunakan data primer. Pengumpulan sampel dilakukan melalui survei online yang melibatkan 405 responden, sementara pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode (Partial Least Square- Structural Equation Model) PLS-SEM.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik teknologi dan karakteristik kampanye penggalangan dana berpengaruh positif pada empati dan persepsi kredibilitas individu, sedangkan religiositas berpengaruh positif terhadap kualitas hubungan. Secara bersama-sama, kondisi internal individu yang terdiri dari empati, persepsi kredibilitas dan kualitas hubungan berperan positif dalam mendorong minat berdonasi melalui kitabisa.com. Hasil studi ini mengimplikasikan bahwa sangat penting bagi penyedia platform urun dana untuk memperhatikan kualitas web, kemudahan transaksi dan mempertahankan hubungan dengan donatur serta pembuatan konten yang berkualitas yang dilakukan oleh inisiator kampanye. Selain itu, hasil kajian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan mengenai urun dana berbasis donasi dan perilaku berdonasi Muslim khususnya di Indonesia.

The implementation of crowdfunding is one form of financial technology advancement. Nowadays, donating can be done with modern way (online) through charitable crowdfunding. But there are still relatively few studies that discuss motivations that encourage individuals to donate in crowdfunding platforms. Therefore, this study discusses the factors that influence individual donation behavior based on Indonesian Muslims on one of the funding platforms in Indonesia, Kitabisa.com. This study discusses the theory of S-O-R (Stimulus-Organism-Response) as supporting theory and conducting quantitative studies using primary data. The sample collection was conducted through an online survey involving 405 respondents, while data processing was carried out using the PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equation Model) method.
The results of this study indicate the fact that technology and characteristics of fundraising campaigns have a positive effect on empathy and perceptions of individual credibility, while religiosity has a positive influence on the quality of relationships. Taken together, the individuals internal conditions consist of empathy, perceptions of credibility, and the quality of positive relationships in encouraging intention to donate through kitabisa.com. The results of this study imply that it is very important for providers of funding platforms to pay attention to website quality, facilitate transactions and maintain relationships with donors and create quality content carried out by campaign initiators. In addition, the results of this study are expected to enrich knowledge about funds based on donations and problems donating Muslims specifically in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Afif Rifqi Ramadlani
"Wakaf sebagai salah satu dana sosial Islam dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada dengan menggunakan platform crowdfunding sebagai upaya meningkatkan penerimaan wakaf. Wakaf sendiri memiliki potensi yang sangat besar dimana Badan Wakaf Indonesia mengungkapkan potensi wakaf tunai di Indonesia mencapai 180 triliun rupiah per tahun. Akan tetapi, belum banyak penelitian yang mengkaji mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penggalangan dana wakaf melalui platform crowdfunding di Indonesia. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas penggalangan dana (campaign) dan kredibilitas penggalang dana (campaigner) dalam memengaruhi penerimaan penggalangan dana wakaf melalui platform crowdfunding dengan studi kasus Kitabisa.com di Indonesia. Pemilihan Kitabisa.com sebagai studi kasus dikarenakan Kitabisa.com merupakan platform crowdfunding yang sudah dikenal luas di Indonesia yang dibuktikan dengan lebih dari 22.000 penggalangan dana terdanai (per April 2019). Dengan menggunakan model regresi OLS, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator kualitas penggalangan dana berupa jumlah gambar memiliki pengaruh positif dalam penerimaan wakaf di Kitabisa.com. Hal ini dapat terjadi lantaran gambar merupakan media yang efektif untuk menyampaikan informasi terkait penggalangan dana wakaf yang dijalankan. Sementara pada indikator kredibilitas penggalang dana, faktor jumlah pembaruan informasi (update) dan status penggalang dana memiliki pengaruh yang positif dalam menghimpun wakaf di Kitabisa.com. Hal ini mungkin disebabkan banyaknya update dapat menunjukkan transparansi penggalang dana dan penggalang dana berstatus organisasi lebih dipercaya oleh masyarakat. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi para pemangku kepentingan yang hendak membuat platform crowdfunding khusus wakaf di Indonesia sehingga bisa memerhatikan faktor-faktor terkait kualitas penggalangan dana dan kredibilitas penggalang dana yang dapat memengaruhi penerimaan wakaf. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan bisa memperkaya literasi terkait pengelolaan wakaf digital di Indonesia.

Waqf as one of the Islamic social funds can take advantage of existing technological developments using a crowdfunding platform in order to increase the acceptance of waqf. Waqf himself has enormous potential as Badan Wakaf Indonesia states that the potential of cash waqf in Indonesia to reach about 180 trillion rupiah per year. However, there have not been many studies that examine the factors influence the acceptance of waqf through crowdfunding platform in Indonesia. Therefore, this study aims to determine the effect of campaign quality and campaigner credibility in influencing the acceptance of waqf through crowdfunding platform with Kitabisa.com as case study in Indonesia. The choice of Kitabisa.com as a case study is because Kitabisa.com is a crowdfunding platform that is widely known in Indonesia as evidenced by more than 22.000 campaign being funded (as of April 2019). By using OLS regression model, this study indicates that campaign quality in the form of number of images positively increases the acceptance of waqf in Kitabisa.com. This may be happened because image is an effective medium for conveying information about the campaign. Meanwhile, campaigner credibility in the form of the number of information updates and campaigner status have a positive influence in the acceptance of waqf in Kitabisa.com. This may be happened due to the more updates can show the transparency of campaigner. In addition, organization may be more trusted by the community than individual. Overall, the results of this study can be a reference for stakeholders who want to create a waqf-oriented crowdfunding platform in Indonesia, so that they can pay attention to factors related to the quality of campaign and the credibility of campaigner that can affect the acceptance of waqf. In addition, the results of this study are expected to enrich literacy related to digital waqf management in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Dewi Purnama Sari
"Perkembangan teknologi sangat pesat dan memberikan kemudahan pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya kemudahan dalam melakukan donasi secara online. Saat ini terdapat sebuat metode penggalangan dana dari sejumlah orang untuk sebuah proyek tertentu melalui internet yang dikenal dengan istilah crowdfunding. Salah satu situs crowdfunding yang popular di Indonesia yaitu Kitabisa.com. Namun, saat ini penyaluran dana per bulan melalui Kitabisa.com belum sesuai target. Ternyata hanya 37 dari total campaign yang penggalangan dananya terdanai atau dinyatakan sukses, dengan rincian total penggalangan dana yang mencapai target hanya 6 . Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keinginan donasi online.Analisis data pada penelitian ini menggunakan Varian Based SEM VB-SEM yaitu PLS-SEM dengan alat bantu SmartPLS 3.2.6 terhadap 494 responden yang merupakan pengguna internet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keinginan untuk melakukan donasi online ditentukan oleh keterikatan emosional pada campaign emotional attachment toward campaign , ketergantungan fungsional pada platform functional dependence on platform , dan kepercayaan pada campaigner trust toward campaigner yang dipengaruhi oleh faktor sosial identifikasi dan faktor-faktor teknologi personalisasi, sistem achievement, dan fitur teknologi internet . Faktor kepercayaan pada campaigner memberikan pengaruh paling signifikan terhadap keinginan melakukan donasi online. Semakin tinggi kepercayaan pengguna pada campaigner maka keinginan melakukan donasi semakin meningkat.

The development of technology is very rapid and provide convenience to various areas of life, one of which ease to donate online. Currently there is a method of fundraising from a number of people for a particular project over the internet known as crowdfunding. One of the most popular crowdfunding sites in Indonesia is Kitabisa.com. However, the current monthly distribution of funds through Kitabisa.com has not been on target. It turns out that only 37 of the total campaign fund raising is funded or declared successful, with details of total fundraising achieve the target of only 6 . Therefore, this research aims to determine the factors affect the intention to donate online.The data analysis in this research is using Varian Based SEM VB SEM with SmartPLS 3.2.6 toward 494 respondents who are internet users. The results of this research indicate the intention to donate online is determined by emotional attachment toward campaign, functional dependence on platform, and trust toward campaigner, which are influenced by social factors identification and technological factors personalization, achievement system, and internet technology features . Trust to campaigner gives the most significant influence intention to donate online. The higher user 39 s trust to campaigner, then the more intention to donate online."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rendy Adhi Pratama
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Informasi Online terhadap pengambilan keputusan seorang donatur pada Platform Crowdfunding berbasis Donasi yang ada di Indonesia yaitu Kitabisa.com dan variabel duration dan other project backed sebagai variabel kontrol dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu proyek-proyek donasi di Kitabisa.com yang Campaign telah berakhir. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model regresi data cross section dengan Elaboration likelihood model. Hasil penelitian ini menemukan bahwa informasi online berpengaruh signifikan terhadap keputusan donatur pada Platform Crowdfunding yang ada di Indonesia.

This research aims to analyze the role of Online information against a decision making a Crowdfunding Platform based donors on Donations that are in Indonesia namely Kitabisa.com and variable duration and other project backed as the kontrol variable in the study. This research using a sample donation projects namely in Kitabisa.com that the Campaign has ended. Testing is done using a regression model with cross section data Elaboration likelihood model. The results of this study found that online information is significant against the decision of influential donors on a Platform that is in Indonesia Crowdfunding."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nesya Fauziah Herdiana
"Brand trust merupakan hal yang krusial pada bisnis online. Lebih spesifik, brand trust dibutuhkan untuk dimiliki oleh penyedia jasa yang berperan sebagai perantara seperti crowdfunding platform. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap brand trust pada penyedia jasa crowdfunding platform. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner online. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand image memiliki pengaruh yang kuat terhadap brand trust pada penyedia jasa crowdfunding platform Kitabisa.com.

Brand trust is a crucial issue on online business. Specifically, brand trust is also needed to be gained by service provider who act intermediary role like crowdfunding platform. This study examines the effect of brand image towards brand trust on crowdfunding platform service provider Kitabisa.com. This research used a quantitative approach, in which data was collected by doing survey with online questionnaire. Simple regressions were used to analyze the data. The result showed that brand image has a significant and strong affect towards brand trust on crowdfunding platform Kitabisa.com.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andi Apriliani Balqis
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan, pengungkapan keuangan dan modal sosial terhadap kesuksesan pendanaan UMKM pada platform equity crowdfunding yang ada di Indonesia yaitu Santara.co.id. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa karakteristik perusahaan yaitu jumlah saham yang dipertahankan oleh perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap kesuksesan pendanaan equity crowdfunding. Selain itu pengungkapan keuangan yaitu laba bersih bersih perusahaan terbukti berpengaruh terhadap kesuksesan pendanaan UMKM pada platform UMKM yang mencari pendanaan melalui platform equity crowdfunding dan variabel jenis kelamin pemilik utama perusahaan sebagai variabel control dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini kesuksesan pendanaan yang diukur dengan jumlah pendanaan yang didapatkan melalui platform equity crowdfunding.

This study aims to identify the influence of company characteristics, financial disclosure and social capital on the success of MSME funding on the existing equity crowdfunding platform in Indonesia, Santara.co.id. This study found that the characteristics of the company under the number of shares retained by the company are positively significant in influencing the successfulness of equity crowdfunding MSME’s project probability. In addition, financial disclosure under the company's net income is proven to have an influence on the successfulness of MSME’s projects that seek funding through the equity crowdfunding platform and the gender of the company's main owner as a control variable in this study. In this study, the successfulness of equity crowdfunding is measured by the total amount of funds raised through the equity crowdfunding platform."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Dzikra Muzaki
"Banyaknya karbon dioksida di atmosfer telah meningkat semenjak revolusi industri. Di Indonesia sendiri, perubahan iklim telah terjadi dengan indikasi berupa peningkatan suhu, perubahan pola curah hujan, perubahan hitergraf, dan perubahan klasifikasi Oldeman. Dalam aksi melawan perubahan iklim, Indonesia merupakan salah satu pemain utama cadangan karbon dunia. Melihat hal tersebut, ASDF Technology memutuskan untuk membuat sebuah produk bernama Ecotoo. Sebelum penelitian ini dimulai, tim penulis bersama dengan tim ASDF Technology telah mengembangkan Ecotoo dengan hasil berupa aplikasi web. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai jual Ecotoo melalui pengembangan aplikasi seluler lintas platform. Teknologi utama yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi adalah Flutter. Sedangkan metodologi penelitian yang digunakan adalah design science research. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian, secara functionality dan code quality, sistem front-end dan back-end Ecotoo mendapatkan nilai A pada aspek reliability dan maintainability. Kemudian, berdasarkan hasil evaluasi yang diberikan pengguna, aplikasi memiliki usability yang cukup baik dengan nilai excellent.

The amount of carbon dioxide in the atmosphere has increased since the industrial revolution. In Indonesia alone, climate change has occurred with indications of increasing temperature, changes in rainfall patterns, changes in hitergraphs, and changes in Oldeman's classification. In action against climate change, Indonesia is one of the main players in the world's carbon stocks. Seeing this, ASDF Technology decided to make a product called Ecotoo. Before this research began, the team of authors together with the ASDF Technology team had developed Ecotoo with the result being a web application. This research aims to increase the selling value of Ecotoo through the development of cross-platform mobile applications. The main technology used to develop applications is Flutter. While the research methodology used is design science research. Data analysis techniques used in research are qualitative techniques and quantitative techniques. Based on the test results, in terms of functionality and code quality, Ecotoo's front-end and back-end systems received an A score in the aspects of reliability and maintainability. Then, based on the evaluation results provided by users, the application has a fairly good usability with an excellent value."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>