Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 108002 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ricko Immanuel Wicaksana
"Desain dari produk hijau harus mempertimbangkan dampak terhadap lingkungan, secara spesifik mendefinisikan atribut produk terhadap fungsinya dan produk hijau harus mempertimbangkan keingingan dari konsumen. Konsumen cenderung memilih produk yang sesuai dengan apa yang menjadi kriterianya, sehingga pemilihan kriteria yang akan ada pada produk menjadi sesuatu yang penting bagi perusahaan terutama kriteria yang maksimalkan kepuasan konsumen. Metode QFD merupakan metode sistematis yang digunakan untuk menerjemahkan voice of customer VoC ke dalam karakteristik- karakteristik suatu produk. Melalui Green QFD, life-cycle produk diintegrasikan ke dalam Green design pada tahap R D. Metode Kano analisa pengaruh customer requirement terhadap tingkat kepuasan konsumen. konsep Goal Programming yang mana dapat mempertimbangkan beberapa tujuan yang ingin dicapai ketika melakukan proses pengembangan produk dan antara tujuan satu dengan yang lain saling bertentangan. Konsep fuzzy digunakan untuk mengurangi adanya ambiguitas dalam proses pengambilan data. Fungsi tujuan yang ingin dicapai yaitu memaksimalkan kepuasan konsumen, meminimalkan biaya dan meminimalkan dampak terhadap lingkungan.Kata kunci: Pengembangan produk, Green QFD, Kano, Multi Objektif, Fuzzy Goal Programming.

Designs from green products should consider the impact on the environment, specifically defines attributes against product of its function and green products should consider customer rsquo s needs. Customers tend to choose products that in accordance with what is become a type, so election of the criteria that will developed at the product become something important for the company especially the criteria that will maximize customer satisfaction. QFD method is a systematic method used to translate voice of customer VOC into characteristics of a product. Green QFD through, product life cycle, integrated into the green design on the stage of R D. Kano analysis methods influence customer requirement on the level of customer satisfaction. The concept of goal programming can consider some objectives to be achieved when conducting the process of product development and between objective one with another mutually incompatible. The concept of fuzzy used to reduce the ambiguity in shaping data. The objectives of this model are to maximize customer satisfaction, minimize the cost and minimize impact on the environment. Keywords Product development, Green QFD, Kano, Multi Objektives, Fuzzy Goal Programming."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48233
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gusta Gunawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model optimasi untuk alokasi lahan DAS optimal dalam aspeks debit banjir, debit andalan, erosi, produktivitas, pendapatan dan ketenagakerjaan. Model optimasi dikembangkan menggunakan goal programming yang terintegrasi dengan proses hirarki analisis (AHP) dan sistem informasi geografis (GIS). Fungsi tujuan ditetapkan untuk meminimalkan penyimpangan atau deviasi dari tujuan pengelolaan DAS yaitu: pengendalian banjir dalam periode ulang seratus tahun, debit untuk memenuhi permintaan domestik, perkotaan, industri dan irigasi untuk tiga puluh tahun yang akan datang, tingkat erosi dengan harkat tingkat bahaya erosi sedang, produktivitas pertanian berdasarkan evaluasi lahan kelas agak sesuai (S-2), pendapatan petani sesuai dengan upah minimum regional dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk pekerja pertanian potensial yang ada di DAS. Prioritas pada fungsi tujuan ditentukan dengan teknik pembobotan menggunakan proses hirarki analitik. Variabel keputusan adalah hutan (X1), perkebunan (X2), lading/tegalan (X3), kebun campuran (X4), sawah (X5), semak (X6) dan permukiman (X7). Beberapa fungsi kendala tujuan terorganisir menjadi beberapa sub-model. Beberapa sub model tersebut ditentukan dengan menggunakan GIS seperti erosi, dan debit. Kendala fungsional adalah alokasi lahan untuk variabel keputusan tidak boleh melebihi lahan yang tersedia di DAS. Hasil uji model di DAS Manjunto, Provinsi Bengkulu-Indonesia, menunjukkan bahwa model optimasi yang dikembangkan berhasil menentukan alokasi lahan optimal dalam skala DAS ditinjau dari aspek debit banjir periode ulang 100 tahun, debit andalan untuk rumah tangga, industry, perkotaan (RIK) dan irigasi, erosi, produktivitas, pendapatan dan ketenagakerjaan. Namun beberapa kelemahan dari model ini seperti akurasi yang masih rendah perlu disempurnakan dalam penelitian lebih lanjut.

This study aims to develop an optimization model for land allocation in terms of discharge, erosion, productivity, income and employment aspects. The optimization model was developed using goal programming integrated with analytic hierarchy process and geographic information system. Objective function was set to minimize the deviation of goals watershed management namely : flood controlling in one hundred year time period, discharge to fulfill the demand domestic, urban, industry and irrigation, erosion rate within medium range, agriculture productivity within medium level, income in compliance with the minimum standard and create jobs to potensial agriculture employment. Priority of objective function was determined by weight method using analytic hierarchy process. Decision variables are forest (X1), plantation (X2), dry land fields (X3), mixed farms (X4), rice fields (X5), shrub (X6) and settlements (X7). Some goal constraint functions organized into several sub-models. Some of sub models determined using GIS such as erosion, and discharge. Functional constraints are the land allocations for them should not exceed the available land on watershed area. The test results in Manjuto watershed on Bengkulu Province showed that the developed optimization model has been successfully determined the optimal allocation of land in a watershed in terms of discharge, erosion, productivity, income and employment aspects. However, low accuration of this model needs to be refined in further research."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
D1402
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Juliastri
"Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kriteria kinerja supplier bahan baku yang ramah lingkungan sebagai mitra perusahaan dalam jangka panjang yang berkelanjutan dan menghitung nilai optimum jumlah bahan baku yang perlu dipesan dengan menyeimbangkan berbagai aspek manufaktur dan green supply chain management GSCM.
Penelitian ini melibatkan responden sebagai pengambil keputusan yang merupakan representasi dari perusahaan dengan instrumen pengambilan data yang dilakukan dengan dua fase yaitu in-depth interview dan penyebaran kuesioner tiga tahap. Dengan menggunakan Fuzzy Analytic Hierarchy Process F-AHP dan Goal Programming GP didapatkan bobot prioritas dan solusi optimal jumlah pembelian yang lebih akurat dan spesifik dengan mempertimbangkan ketidakjelasan dan ketidakpastian dalam masalah yang disebabkan oleh kurangnya informasi ataupun kesubjektivitasan oleh para pengambil keputusan.
Dari hasil perhitungan dengan F-AHP, didapatkan bahwa komitmen manajemen 28,57 adalah kriteria yang paling penting dalam pemilihan green supplier, di mana dampak lingkungan 26,48 dan kualitas 18,78 menempati peringkat setelahnya. Dan dari hasil perhitungan GP, didapatkan bahwa utilitas maksimum terjadi pada empat dari enam variabel yang ada yaitu kualitas yang baik, harga yang rendah, pengiriman yang handal, dan dampak lingkungan yang positif. Pada akhirnya, fokus perusahaan pada pemilihan green supplier dengan keempat kriteria ini sebaiknya dilakukan dan dipertahankan seoptimal mungkin demi terciptanya sinergi supply dan demand dalam upaya keberlangsungan bisnis jangka panjang dan memiliki keunggulan daya saing.

This study aims to determine the performance criteria in selecting environmentally friendly suppliers as strategic partners for a long term and sustainable alliance and to calculate an optimum quantity of raw materials need to be ordered by considering various aspects of manufacturing and green supply chain management GSCM.
The study involved decision makers as representatives of the case company by adopting a two phase survey approach, which interviews and three stage questionnaire survey were undertaken. By using Fuzzy Analytic Hierarchy Process F AHP and Goal Programming GP , priority weights and optimum solution of quantity order were obtained in a way more accurate and specific that considered the vagueness and uncertainty of the problems caused by either lack of information or subjective views by decision makers.
The result of the F AHP study lays on management commitment 28.57 as the most important criteria in selecting green suppliers, with the environmental impact 26.48 and quality 18.78 rank consecutively. From the calculation model of the GP, it was found that the maximum utility occurs on four out of six variables good quality, low cost, reliable delivery, and the positive environmental impact. At the end of the day, the company 39 s focus in selecting green suppliers to these four criteria should be performed and maintained as optimal as possible in order to deliver the synergies of supply and demand for business sustainability and competitive advantage.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Rusty Indriani
"Pandangan manusia telah bergeser seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, sehingga menimbulkan tuntutan bagi pelaku bisnis untuk memberikan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan lingkungan melalui pengembangan green product. Eco-label sebagai jaminan mutu green product merupakan isu di dunia bisnis dan perdagangan global saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eco-label terhadap kesadaran mahasiswa untuk membeli green product. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah eco-label awareness, attitude towards the environment, belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, eco-label availability, attention towards eco-label, dan purchase intention. Dengan menggunakan Structural Equation Modeling, diperoleh bahwa variabel belief in environmentfriendly buying, eco-label knowledge, dan attention towards eco-label memiliki pengaruh langsung terhadap purchase intention, sementara variabel eco-label awareness dan eco-label availability hanya menunjukkan pengaruh tidak langsung terhadap purchase intention.

The society's viewpoint has shifted along with the increasing concern for the environment, causing the rise of demand for the businessman to provide a concrete solution to deal with the current environmental problems through the development of green products. Eco-label, as a quality assurance of green products, has been a global trade-related issue for years. This research aims to determine the effect of eco-labels on students? awareness to purchase green products. The variables used in this research consist of eco-label awareness, attitude towards the environment, belief in buying environment-friendly, eco-label knowledge, eco-label availability, attention towards eco-label, and purchase intention. Using Structural Equation Modeling, some of key findings from the data analysis are highlighted: belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, and attention towards eco-label show a direct influence on purchase intention, while eco-label awareness and eco-label availability only show the indirect effect on purchase intention.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54601
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucky Adhitiya
"Saat ini pasar dunia terus berubah, pilar keberlanjutan seperti lingkungan, ekonomi dan keadilan sosial telah menjadi bagian dari pengambilan keputusan pemasaran. Mengembangkan strategi pemasaran di tengah-tengah masalah lingkungan dan ekonomi saat ini telah menyebabkan fokus pada pentingnya pemasaran hijau. Menggunakan theory of consumption values dan value-attitude-behavior model, penelitian ini mengusulkan untuk mengeksplorasi green consumer behavior untuk green product di Indonesia. Attitude toward green product dan consumer values seperti functional value (price and quality), social value, conditional value, epistemic value, emotional value, and environmental value digunakan untuk mempelajari green consumer behavior untuk green products. Penelitian ini mengembangkan model penelitian dan diuji secara empiris dengan mengumpulkan data dari kuesioner yang didistribusikan di Indonesia. Berdasarkan sampel 200 responden, hasilnya menunjukkan bahwa hanya social value yang berdampak positif pada green consumer behavior, functional value (price), functional value (quality), environmental value, conditional value, epistemic value, dan emotional value tidak mempengaruhi green consumer behavior. Sebagai mediator, attitude toward green product memiliki pengaruh yang signifikan terhadap epistemic value, environmental value, dan emotional value. Ini menegaskan dan secara signifikan menambah literatur green consumer behavior di pasar yang berkembang.

At the moment the world market continues to change, sustainability pillars such as environment, economy and social justice have become part of marketing decision-making. Developing a marketing strategy in the midst of current environmental and economic issues has led to a focus on the importance of green marketing. Using the theory of consumption values and value-attitude-behavior model, this research proposes to explore the green consumer behavior for green products in Indonesia. Attitude toward green product and consumer values such as functional value (price and quality), social value, conditional value, epistemic value, emotional value, and environmental value were used to study the green consumer behavior for green products. This study developed a research model and empirically tested by collecting data from questionnaires that were distributed in Indonesia. Based on a sample of 200 respondents, the results indicate that only social value has a positive impact on green consumer behavior, functional value (price), functional value (quality), environmental value, conditional value, epistemic value, and emotional value do not influence green consumer behavior. As a mediator, attitude toward green product has a significant effect on epistemic value, environmental value, and emotional value. This confirms and significantly adds to the literature of green consumer behavior in a developing market.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53546
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lendy Aulina
"Sustainability menjadi tantangan yang dihadapi perusahaan seiring meningkatnya perhatian konsumen terhadap aktivitas bisnis ramah lingkungan dan permintaan green brand. Industri kosmetik dan personal care termasuk industri yang terus berkembang permintaannya, terutama green cosmetics dan personal care. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh green brand positioning, green brand knowledge, dan attitude toward green brand terhadap green product purchase intention dari The Body Shop sebagai salah satu brand kometik dan personal care ramah lingkungan yang juga membuktikan komitmen peduli lingkungannya pada aktivitas perusahaan. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang belum pernah membeli produk The Body Shop dan berdomisili di Jabodetabek. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling dimana hasilnya menunjukkan jika green brand positioning tidak berpengaruh terhadap attitude toward green brand, namun berpengaruh positif terhadap green brand knowledge, sedangkan, green brand knowledge berpengaruh positif terhadap attitude toward green brand yang dilanjutkan dengan pengaruh positif attitude toward green brand terhadap green purchase intention.

Sustainability becomes a challenge to companies because of the increasing consumers rsquo attention to eco friendly business activities and demand for green brand. Cosmetics and personal care industry is one of potential businesses that have significant increase in demand, especially for green cosmetics and personal care. This study has purpose to analyze the influence of green brand positioning, green brand knowledge, and attitude toward green brand to green product purchase intention of The Body Shop as green brand cosmetics and personal care which has proven their commitment to the environment through their company activitiess. The sample was consumers who have never bought The Body Shop and lived in Jabodetabek. Then, the collected data was processed using Structural Equation Modelling. Finally, the results of this research showed that green brand positioning does not have positive effect on attitude toward green brand, but has positive effect on green brand knowledge. Meanwhile, green brand knowledge has positive effect on attitude toward green brand followed by positive effect of attitude toward green brand on green purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67622
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Suwandi
"Model non linier goal programming (NLGP) dengan prioritas yang sesuai, dapat untuk menentukan jumlah pemesanan ekonomis dari multi produk inventori. Proses penyelesaian masalah yaitu dengan melakukan analisis sensitivitas dari prioritas berdasarkan bobot struktur tujuan, menghasilkan beberapa solusi yang akan dipilih, sehingga didapatkan solusi yang ideal. Masing-masing solusi dihitung jaraknya dengan solusi ideal, maka jarak yang paling minimum merupakan solusi kompromi yang terbaik. Pada akhirnya, urutan prioritas dapat memberikan analisis kepentingan.

Non linier goal programming (NLGP) model with the proper priority structure can be selected for obtaining economic order quantity of multi item inventory problems. In the solution process, sensitivity analysis of the priority under the given weight structure of goals has been performed. A set of solution is obtained. From the solutions, the ideal solution is identified. The distance of different solutions from the ideal solution are calculated. The solution corresponding to the minimum distance gives the best compromise solution. Finally, sequences of priority can give importance analysis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
T25865
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Britania
"Penelitian dilakukan dengan dilatarbelakangi pentingnya optimasi pada pembelian bahan baku di perusahaan manufaktur. Optimasi dilakukan untuk menentukan kepada siapa bahan baku dibeli dan berapa kuantitas pembelian yang sesuai. Melalui Analytic Network Process (ANP) diperoleh bobot kriteria penilaian performa supplier dan nilai supplier untuk tiap kriteria. Output dari ANP dimodelkan dalam Goal Programming untuk diketahui kuantitas pembelian bahan baku pada setiap supplier. Dari hasil penelitian, terdapat 8 kriteria untuk menilai performa supplier; harga, kualitas, delivery, after sale service, fleksibilitas, pengemasan, kemampuan menjaga hubungan, serta fasilitas dan kapasitas produksi. Alokasi pembelian untuk kelima jenis bahan baku sebagian besar dilakukan pada satu supplier.

This research was conducted with the importance of optimization in raw material purchasing as its background. Optimization was done in determination of whom the material should be purchased, and in what quantity. Using Analytic Network Process (ANP) the weight of each criteria to score suppliers performance and the suppliers score were obtained. The output from ANP was modeled into Goal Programming to obtain the quantity of material that should be purchased from each supplier. There are 8 criteria to score suppliers performance; price, quality, delivery, after sale service, flexibility, packaging, ability to maintain relationship, and facility and capacity of production. Allocation to purchase 5 kinds of material was mostly done in one supplier."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S857
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica
"Industri makanan dan minuman Indonesia semakin berkembang dan perusahaan retail yang berkecimpung dalam industri ini bersaing secara ketat. Untuk memenangkan persaingan tersebut, banyak perusahaan yang telah menerapkan green marketing sebagai salah satu strategi pemasarannya. Penelitian ini meneliti perusahaan yang telah menerapkan green marketing khususnya perusahaan yang memproduksi green product dan melakukan praktek tanggung jawab sosial yang bergerak di industri makanan dan minuman di Indonesia. Data dikumpulkan dari 150 orang responden yang berdomisili di daerah Jakarta dan sekitarnya yang belum pernah membeli produk makanan dan minuman ramah lingkungan. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari perceived quality terhadap consumer purchase intentions. Selain itu, corporate social responsibility memediasi secara penuh green product awareness terhadap consumer purchase intentions.

Food and beverage industry in Indonesia is growing and retail companies engaged in this industry compete tightly. For winning this competition, a lot of companies have implemented green marketing as their marketing strategy. This research examines the companies that have implemented green marketing, particularly the companies that produce green products and practices corporate social responsibility which is engaged in food and beverage industry in Indonesia. Data were collected from 150 respondents who live in Jakarta and surrounding areas who have never bought environmental friendly food and beverage products. The data in this study was analyzed using SEM. The result of this research shows that there are positive and significant effects between perceived quality and consumer purchase intentions. Moreover, corporate social responsibility mediated green product awareness towards consumer purchase intentions."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faradhiba Banat
"Penelitian ini mengeksplorasi pendekatan terpadu dalam pengembangan produk delivery bed dengan mengintegrasikan teknik Quality Function Deployment (QFD) dan Model Kano. QFD digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan esensial pelanggan sehubungan dengan penggunaan delivery bed, sedangkan Model Kano digunakan untuk mengklasifikasikan atribut produk ke dalam kategori kepuasan pelanggan. Metodologi penelitian melibatkan langkah-langkah sistematis, termasuk identifikasi kebutuhan pelanggan, klasifikasi atribut produk, hubungan kebutuhan pelanggan dengan spesifikasi teknis, serta prioritisasi fitur dan spesifikasinya untuk membantu perusahaan atau lembaga kesehatan dalam merancang produk yang tidak hanya memenuhi harapan pelanggan tetapi juga efektif dalam meningkatkan kualitas dan nilai produk delivery bed. Pendekatan melalui kedua metode ini menunjukkan bahwa atribut kenyamanan, keamanan, aksesibilitas, dan higienitas delivery bed berada pada klasifikasi Must be (M) yang berarti produk yang dirancang harus memenuhi semua atributnya sebagai syarat kepuasan pelanggan, sedangkan hasil pendekatan matriks House Of Quality (HOQ) dapat dijadikan acuan menentukan prioritas spesifikasi teknis. Berdasarkan hasil analisis 20 spesifikasi teknis, terdapat 5 hal yang paling penting dan berpengaruh untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu backrest, leg support, mekanisme Hi-Lo, pushing bar, dan kekuatan rangka.

This research explores an integrated approach to developing a delivery bed product by integrating Quality Function Deployment (QFD) and Kano Model techniques. QFD is used to identify essential customer needs regarding the use of delivery beds, while the Kano Model is used to classify product attributes into customer satisfaction categories. The research methodology involves systematic steps, including customer needs identification, product attribute classification, the relationship between customer needs and technical specifications, as well as feature prioritization and their specifications to assist healthcare companies or institutions in designing products that not only meet customer expectations but also effectively improve the quality and value of delivery bed products. The approach through both methods shows that the attributes of comfort, safety, accessibility, and hygiene of delivery beds are in the Must be (M) classification, which means that the designed product must meet all its attributes as a condition of customer satisfaction, while the results of the House Of Quality (HOQ) matrix approach can be used as a reference to determine the priority of technical specifications. Based on the results of analyzing 20 technical specifications, there are 5 things that are the most important and influential in increasing customer satisfaction, namely backrest, leg support, Hi-Lo mechanism, pushing bar, and frame strength."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>