Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 131938 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Edy Suprianto
"Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses penyusunan anggaran pada Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam rangka penerapan penganggaran berbasis kinerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan soft systems methodology untuk mencapai rekomendasi yang disepakati oleh semua pihak terkait. Rekomendasi yang dihasilkan oleh penelitian ini berupa penajaman perumusan output melalui pelibatan SMKO sebagai koordinator penyusunan output dan target volumenya, pembentukan tim penyusun standar struktur biaya output, dan meningkatkan kualitas evaluasi anggaran.

This research aims to optimize the budget planning process at Head Office of Directorate General of Treasury in order to implement performance based budgeting. This research is a qualitative research using soft system methodology approach to give recommendations that are agreed by all involved parties. Recommendations of this research are sharpening the formulation of output through the involvement of SMKO as a coordinator of formulation output and its volume targets, the establishment of drafting team standard cost structure of output, and improve the quality of budget evaluation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marlina Juwita
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penatausahaan aset tetap pada Pemerintah Kabupaten Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan Soft System Methodology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada standard operating procedure SOP penatausahaan aset tetap. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada kompetensi dan sistem reward serta punishment untuk pengurus barang. Agar dapat memecahkan masalah tersebut, penelitian ini bersama para pelaksana penatausahaan aset tetap di Pemerintah Kabupaten Bungo sepakat untuk menyusun standard operating procedure SOP penatausahaan aset tetap, dimulainya program sertifikasi dan pemberian reward serta punishment untuk pengurus barang.

This research aims to analyze the fixed assets administration in Bungo District Government. This research uses Soft System Methodology. Results of research indicate that there is no standard operating procedure SOP of fixed assets administration. Beside that, there are weaknesses in the competence and reward and punishment system to administrators. To solve these problems, this research together with the practitioner of fixed assets administration in Bungo District Government agreed to establish standard operating procedure SOP of fixed assets administration, the certification program, and the commencement of reward and punishment for administrators.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Dewi Ambarwati
"Penelitian ini membahas optimalisasi pelaporan saldo Kas di Bendahara Pengeluaran oleh KPPN Jakarta II. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan soft system methodology. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh KPPN Jakarta II dalam pelaporan saldo Kas di Bendahara Pengeluaran dan merumuskan rekomendasi untuk mengatasi masalah tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan beberapa permasalahan yaitu ketidakpatuhan satker, KPPN, dan Bank/Pos Persepsi, lemahnya koordinasi, tidak efektifnya sanksi, dan munculnya potensi kas menganggur. Rekomendasi penelitian ini adalah agar KPPN melakukan penilaian kinerja satker, meningkatkan kompetensi pegawai, membentuk tim rekonsiliasi internal, dan membuat sistem monitoring atas pencatatan saldo Kas di Bendahara Pengeluaran.

This research discusses the optimization of cash balance report in Disbursing Treasurer by KPPN Jakarta II. This study is a qualitative research with soft system methodology approach. The objective of this study is to identify the problems faced by KPPN Jakarta II in reporting cash balance in Disbursing Treasurer and to formulate recommendations to solve the problems. This research shows some problems such as noncompliance from work units, treasury office, and Bank/Post Perception, lack of coordination, ineffective sanctions, and emergence of idle cash. Several recommendations resulted from this research are to conduct assessment for work unit performance, to enhance employee?s competence, to establish internal reconciliation team and monitoring system of cash balance in Disbursing Treasurer.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fransiska Vatma Paramita Esti Utami
"Penerapan infografis di lingkungan Badan Pusat Statistik sudah dilakukan sejak tahun 2014. Namun, mengingat adanya keterbatasan SDM dalam hal desain, infografis ini belum dapat diterapkan di semua wilayah, sebagian besar masih dilakukan di BPS pusat. Oleh karena itu, BPS membangun perangkat lunak Infografis Editor v.1 dengan maksud untuk membantu unit kerja teknis supaya dapat mendesain infografis sendiri. Pada awalnya, Infografis Editor dibuat dengan keinginan mengadopsi fitur-fitur yang ada pada perangkat lunak online yang sudah ada sebelumnya, yaitu easel.ly dan piktochart.com. Namun demikian, berdasarkan kuesioner, responden berpendapat bahwa Infografis Editor belum dapat memenuhi fasilitas-fasilitas yang diharapkan.
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan rancangan fitur-fitur perangkat lunak editor infografis di lingkungan Badan Pusat Statistik baik di pusat maupun daerah. Perancangan fitur-fitur tersebut dilakukan dengan menggunakan metodologi Soft System Methodology (SSM) dimana di dalamnya menggunakan metode studi dokumen, observasi, wawancara, dan kuesioner untuk menggali informasi/data sebanyak mungkin terkait penelitian. Kuesioner dipilih sebagai metode untuk mengumpulkan data kebutuhan dan validasi fitur dikarenakan keterbatasan penulis untuk menjangkau responden di daerah secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan case study research dan action research.
Hasilnya, diperoleh 29 fitur yang dipertahankan dari Infografis Editor v.1, 29 fitur tambahan, 6 usulan non fungsional terkait perangkat lunak Infografis Editor dan rancangan antarmuka (mockup) yang bertujuan memperjelas pemahaman pengembang perangkat lunak nantinya.

Application of infographics in the BPS-Statictics Indonesia has been conducted since 2014. However, the lack of human resources in terms of design causes infographics can not yet be applied in all areas in Indonesia, it is still largely done in center BPS-Statistics Indonesia. This condition encourage BPS-Statistics Indonesia to build a software named Infographics Editor v.1 to assist technical and operational units in order to be able to design their own infographics. At first, the Infographics Editor created with adopting the features of online software that already exist, namely easel.ly and piktochart.com. But, based on the questionaire, the respondents found that Infographics Editor v.1 can not fill their expected facilities.
This research conducted to produce the design features of Inforgraphics Editor v.1 in BPS-Statistics Indonesia, in both central area and local levels. The design of the features were performed using Soft System Methodology (SSM) which included using document study, observation, interview, and questionaire to collect related data and information. Questionaires chosen as a method to collect the requirement data and its validation, because the researcher can not reach the respondents in local levels directly. This research used a qualitative method with case study and action research.
The result obtained 29 features retained from Infographics Editor v.1, 29 additional features, 6 related non-functional proposals, and interface design (mockup) which aims to facilitate software developer later.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Herpiansyah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan informasi kinerja dalam penyusunan anggaran berbasis kinerja pada Kementerian Keuangan. Untuk memecahkan permasalahan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan soft systems methodology. Kesepakatan dalam penelitian ini antara lain pelaksanaan refinement peta strategi dilakukan sebelum alokasi anggaran ditetapkan; pengelola kinerja dilibatkan secara langsung dalam penyusunan anggaran serta menentukan output dan aktivitas agar keterkaitan antara anggaran, aktivitas, output, dan outcome semakin kuat; mengadakan forum koordinasi antara Bagian Perbendaharaan dengan Bagian Perencanaan, Bagian PKR, dan Bagian Penganggaran untuk membahas hasil evaluasi; dan menggunakan hasil evaluasi dalam proses perencanaan dan penganggaran.

This Research aims to optimize the use of performance information in the budgeting process at the Ministry of Finance. This research using soft systems methodology approach to solved the problems. The problems situations are resolved by this research, together with the related parties at the Ministry of Finance to produce some agreement in order to optimize the use of performance information in the budgeting process, that is the implementation of refinement of the strategy map is done before the budget allocation is set the manager 39 s performance are directly involved in budgeting and specify the output and activity so that the link between the budget, activities, outputs, and outcomes is getting stronger create a forum for coordination between Treasury Section with the planning Section, PKR Section, and Budgeting Section to discuss the results of evaluation, and using evaluation results in planning and budgeting processes."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Santy Putri Dewi
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja manajemen utang di Indonesia pada Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko dengan menggunakan Debt Management Performance Assessment DeMPA Methodology. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis dilakukan dengan membandingkan kriteria dalam DeMPA Methodology dengan kondisi implementasi manajemen utang di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kinerja manajemen utang telah sesuai dengan Debt Management Performance Indicators yang terdapat dalam DeMPA Methodology.

This research aims to analyze the performance of debt management in Indonesia at Directorate General Of Budget Financing and Risk Management by using the Debt Management Performance Assessment DeMPA Methodology. This research uses qualitative method with case study approach. The analysis is performed by comparing criteria in DeMPA Methodology with the current conditions of debt management implementation in Indonesia. The result shows that most of the debt management performance has been consistent with Debt Management Performance Indicators contained in DeMPA Methodology.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budiman Linggo Santoso
"Proses penganggaran yang dilakukan di Badan Layanan Umum Daerah di DKI Jakarta masih dilakukan secara manual sehingga perubahan antara Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) korektif dan RKA telah yang diperbarui tidak dapat dilihat secara langsung. Hal ini menyebabkan ketidakefektifan dan transparansi yang buruk dalam proses persiapan anggaran karena proses tersebut tidak terdokumentasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat desain sistem informasi akuntansi terintegrasi antara sistem informasi penganggaran sebagai bagian dari Integrated Financial Reporting and Management Information System (iFRAMES). Teori Transparansi digunakan untuk menganalisis kebutuhan transparansi penganggaran di organisasi pemerintah.
Metode yang digunakan adalah Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) sebagai metode dalam perancangan sistem perencanaan dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan metode triangulasi dengan data kualitatif berupa data dari wawancara dan data kuantitatif dalam bentuk ulasan dokumen. Unit analisis adalah unit multi-embedded antara Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan BLUD. Studi ini menghasilkan desain sistem perencanaan yang terintegrasi dalam melakukan kegiatan perencanaan untuk mendukung kegiatan BLUD yang dapat dilakukan dengan transparansi dan efisiensi yang tinggi.

At the moment, budgeting processes carried out in Regional Public Service Agency in health sector in DKI Jakarta had been done manually so changes between corrective Work Plan and Budget (RKA)s and updated RKA cannot be seen directly. It causes ineffectiveness and bad transparency in the budget preparation process as unconfirmed RKAs are not well documented. The purpose of this study is to create a design of integrated accounting information system between budgeting information system as a part of Integrated Financial Reporting and Management Information System (iFRAMES). Transparency Theory is used to analyze the needs of budgeting transparency in government organization.
The method used in budgeting system design is Framework for the Application of Systems Thinking (FAST) as the method in planning system design and the study approach used is a case study with triangulation method with qualitative data in the form of data from interview and quantitative data in the form of document review. The unit of analysis examined in this study is multiple-embedded units, between DKI Jakarta Health Office and BLUD. This study resulted in an integrated planning system design for BLUD to support planning activities so planning activities could be carried out with high transparency and efficiency.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renata Syorindah Aprillia
"Studi ini merupakan Evaluasi Pelaksanaan Program Petani dan Nelayan Go Online yang telah dirancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) dan dikelola oleh pengembang aplikasi petani dan nelayan. Studi ini menggunakan analisis CIPP (Contex, Input, Process, And Product) dengan Soft Systems Methodology. Program Petani dan Nelayan Go Online merupakan dukungan Pemerintah Indonesia dalam sektor Pertanian dan Perikanan yang menggunakan teknologi ekonomi digital. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat dampak yang dihasilkan dari pemakaian aplikasi pada Petani dan Nelayan. Dalam pelaksanaan Program Petani dan Nelayan Go Online terdapat ketidaksesuaian konsep program antara penyelenggara dan pengelola program kemudian berdasarkan aspek pemberdayaan. Keberlanjutan pelaksanaan program diinginkan oleh Petani dan Nelayan agar kegiatan pemberdayaan tetap dapat terlaksana. Pendekatan yang dilakukan adalah paradigma interpretatif untuk dapat memahami dan menganalisis seluruh pihak yang terkait dalam Program Petani dan Nelayan Go Online untuk mendukung evaluasi program.

This study is an evaluation of the implementation of the Go Online Farmer and Fisherman Program that has been designed by the Ministry of Communication and Information (KOMINFO) and is managed by a farmer and fisherman application developer. This study uses CIPP analysis (Contex, Input, Process, And Product) with Soft Systems Methodology. The Go Online Farmer and Fisherman Program is the support of the Indonesian Government in the Agriculture and Fisheries sector that uses digital economy technology. The research objective is to see the impact resulting from the use of the application on farmers and fishermen. In the implementation of the Go Online Farmer and Fisherman Program, there is a mismatch in the program concept between the organizer and the program manager based on the aspect of empowerment. Farmers and fishermen want the sustainability of program implementation so that empowerment activities can still be carried out. The approach taken is an interpretive paradigm to be able to understand and analyze all parties involved in the Go Online Farmers and Fishermen Program to support program evaluation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Intan Nurcahyono.
"ABSTRAK
Pendidikan adalah urusan untuk mencetak perilaku manusia pendidikan bukan hanya soal bagaimana mendidik memberikan pengetahuan namun bagaimana membentuk jati diri manusia Pendidikan Indonesia bertujuan untuk memerdekakan manusia yang bermartabat bermoral tinggi terampil mandiri serta memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi Hingga saat ini pendidikan terlihat gagal untuk membangun budi pekerti sebagaimana maraknya perilaku buruk siswa seperti pemakaian obat obat terlarang tawuran pemerkosaan bolos sekolah merobek seragam ribut dikelas berkelahi kehamilan remaja penyalahgunaan narkoba dan alkohol serta tindak agresifitas lainya Sehingga harus dilakukan pencegahan kenakalan siswa yang dapat berlangsung secara partisipatif Tesis ini membahas tentang pencegahan kenakalan siswa melalui pendekatan struktur kultur dan proses sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Kahayan Hilir dengan metode kualitatif melalui pendekatan soft system methodology SSM Sebagai hasil penelitian bahwa Sekolah adalah salah satu cara yang paling tepat untuk mengendalikan siswa atau sebagai social control membuka wawasan merubah pandangan lebih luas melalui pembangunan struktur menciptakan iklim yang kondusif dan komunikasi yang efektif

ABSTRACT
Education is designed to produce human with good behavior education is not only how to educate and provide knowledge but it is also how to shape human identity Indonesian education aims to liberate the people that have high moral dignities and high national spirits and they are skilled and self contained Until now education seem fails to build characters that have proved by bad behavior of students such as brawl rape skipping school ripped uniform noisy class fight teenage pregnancy drug and alcohol abuse and other unlawful acts So it should be prevented by participatory manners to overcome the delinquency students This thesis discusses the prevention of delinquency students through approaching the structure the culture and the process in an effort to improve student achievements at SMK Negeri 1 Kahayan Hillir with qualitative methods through the soft systems methodology SSM approach As a result of research the school is one of the most appropriate way to control students or as a social control opening insight changing broader view through the development of the structure creating a conducive environment and effective communication "
2013
T35586
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asa Belani Cesarima Basuki
"Kompetisi bisnis membawa perusahaan kepada perkembangan bisnis yang diikuti dengan peningkatan produktivitas beserta tantangannya. Perkembangan tersebut perlu diakomodasi dengan sistem informasi yang dapat mengintegrasikan seluruh bagian dan unit bisnis perusahaan. Sistem informasi yang umum diterapkan perusahaan adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Penerapan ERP dapat memberikan manfaat bagi perusahaan termasuk meningkatkan produktivitas. Proses pengembangan sistem yang kompleks menjadi tantangan. Kompleksitas tersebut tidak hanya dari aspek teknis, melainkan aspek penerimaan pengguna juga berperan. Teknologi dikatakan berhasil jika diterima oleh penggunanya. Evaluasi perlu dilakukan untuk mengetahui penerimaan pengguna sehingga dapat dilakukan pengembangan dan penyempurnaan sistem. PT ABC mengadopsi ERP sejak akhir tahun 2022, diawali dengan penggunaan modul Planning and Budgeting Cloud Service (PBCS) pada proses penyusunan Rancangan Kerja Anggaran (RKA) untuk tahun anggaran 2023. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi pengunaan PBCS dalam proses penyusunan RKA di PT ABC dari sudut pandang penggunanya. Rerangka penelitian menggunakan empat variabel kunci dari Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), yaitu ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, dan kondisi yang memfasilitasi. Analisis dilakukan dengan triangulasi hasil kuesioner dan wawancara kepada pengguna PBCS di PT ABC. Hasil berdasarkan keempat variabel UTAUT, penggunaan PBCS dalam penyusunan RKA PT ABC telah berjalan dengan baik.

Business competition drives business development, which followed by increased productivity and its challenges. This development needs to be accommodated with an information system that can integrate all parts and business units of the company. A common information system applied by companies is Enterprise Resource Planning (ERP). ERP implementation can provide benefits for companies, including increasing productivity. The complex process of system development is a challenge. This complexity is not only from the technical aspect, but also the aspect of user acceptance. Technology is said to be successful if it is accepted by its users. Evaluation needs to be carried out to determine user acceptance so that system development and improvement can be carried out. PT ABC has adopted ERP since the end of 2022, starting with the use of the Planning and Budgeting Cloud Service (PBCS) module in the preparation of the Work Budget Plan for the 2023 budget year. This study was conducted to evaluate the use of PBCS in the preparation of RKA at PT ABC from the perspective of its users. The research framework uses four key variables from the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), namely performance expectancy, effort expectancy, social influence, and facilitating conditions. Analysis was carried out by triangulating questionnaire results and interviews with PBCS users at PT ABC. The results based on the four UTAUT variables, the use of PBCS in the preparation of PT ABC's RKA has been running well."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>