Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 64480 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nabila Nur Sabrina
"ABSTRAK
Dengan adanya perpindahan kebiasaan menonton dari TV ke internet, pengiklan membutuhkan strategi lain untuk mendapatkan perhatian khalayak. Maraknya pembuatan vlog video blog di Youtube pada tahun 2016 menjadikan strategi brand placement menjadi strategi yang dipilih pengiklan untuk mempromosikan sebuah brand. Dalam melakukan brand placement terdapat dimensi-dimensi yang harus diperhatikan seperti asosiasi brand terhadap cerita, keterlibatan brand dalam dialog acara, tingkat pengulangan brand dalam suatu acara, dan lain lain.Kata kunci: brand placement; vlog; Youtube

ABSTRACT
With the shifting of TV viewing habit, from TV to internet, advertiser need other strategy to get attention of the audience. The growth of vlog video blog on Youtube in 2016 makes brand placement strategy become the strategy that advertiser choose to promote their brand. When doing brand placement, there are some dimentions that must be considered, such as association between the brand and the storyline, brand engagement in dialog, the repetition of the brand, etc.Keywords brand placement vlog Youtube"
Lengkap +
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Melfira Saufika
"ABSTRAK
Trend Video Blogging atau Vlog, telah menjadi trend di masyarakat. Beragam konten kreatif Vlog menjadi tren topik di situs web YouTube, yang dibuktikan dengan jumlah penonton dan penyuka yang didapatkan oleh pembuat video. Dua dari artis muda Indonesia, yang bernama Ringgo Agus Rahman dan Sabai Dieter Morscheck, mendapatkan popularitas di YouTube, setelah membuat video series berjudul Pesan Untuk Bjorka. Video ini mencakup pesan untuk diberikan kepada Bjorka, ketika Bjorka memasuki beberapa fase kehidupan, seperti ketika memasuki masa remaja, beberapa tips dalam memilih teman hidup, dan momen kebersamaan keluarga. Seiring dengan diunggah nya video ke YouTube, konsep video dan proses produksi mendapatkan kritikan dari pengguna internet di Indonesia. Kritik dialamatkan kepada Ringgo dan Sabai, karena pengguna internet di Indonesia mempertanyakan tujuan dari dibuat nya video, apakah sebagai bahan hiburan atau iklan.Penggunaan sponsor dalam produksi dan efek untuk penonton di bawah umur yang menonton video adalah kritik utama. Mahasiswa berumur 20 sampai 22 tahun terpilih sebagai sampel untuk studi. Hasil studi menunjukkan bahwa tujuan dari video Pesan Untuk Bjorka - Siklus Kehidupan dalam Kapsul Waktu, adalah sebagai bahan hiburan. Meskipun banyak tanggapan negatif diberikan oleh penonton YouTube, implikasi untuk digunakan untuk mempelajari konstraksi medium dan realitas sosial adalah konten utama.

ABSTRACT<>br>
The trends of Video Blogging or Vlog, has becoming a trend in the society. A diverse and creative content of Vlog is becoming the trending posts on YouTube website, that is proven by the number of views and likes that is obtained by the video creator. Two of the Indonesian young artists named Ringgo Agus Rahman and Sabai Dieter Morscheck, gained popularity on Youtube for creating a video series titled Pesan Untuk Bjorka. The video encompass messages to be given to Bjorka when he is entering certain phases in life such as when facing the adolescent period, several tips in choosing the life partner, and the moment of family togetherness. By the time the video was uploaded on YouTube, the concepts of the video and the production process was being criticized by the Indonesian internet users. The critics are pointed to Ringgo Rahman and Sabai Morscheck, because the Indonesian internet users were questioning the purpose of the videos, whether the videos were made for entertainment or advertisement.The use of sponsor in the production and the effect for underage viewers who are watching the videos are the main critics. The university students ages 20 to 22 are selected as the sample for this study. The result of this study found that the purpose of the videos Pesan Untuk Bjorka The Cycle of Life in Time Capsules, are created for entertainment. Despite of the negative reactions given by the YouTubers, the implications to be used to learn more about medium of construction and social reality is a major content."
Lengkap +
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Eksi Nadiasti
"Tesis ini membahas mengenai dampak penggunaan social media (Twitter) sebagai alat komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Soyjoy melalui kampanye online Soyjoy Healthylicious, terhadap proses pengambilan keputusan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan disain deskriptif. Hasil penelitianmenyarankan bahwa social media mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen. Namun sebaiknya komunikasi pemasaran melalui social media tidak berdiri sendiri, melainkan sebagai bagian dari komunikasi pemasaran yang terintegrasi dengan alat komunikasi pemasaran lainnya seperti iklan, promosi dan lainnya
This thesis focused on analyzing the impact of using social media as marketing communication tool to the consumer decision making process. The case study of this thesis is the online reality show campaign Soyjoy Healthylicious held by Soyjoy on microblog Twitter. The type of research of this thesis is quantitative research with descriptive research design. The result of this research shown that social media used in Soyjoy Healthylicious marketing campaign has affected the consumer decision making process. However, company shouldn?t use social media alone as marketing communication tools. Company should build an integrated marketing campaign that integrates social media and other marketing communication tools such as advertising, sales promotion, etc."
Lengkap +
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Laras Pratitis
"ABSTRAK
Studi mengenai Video Blog Vlog sebelumnya cenderung melihat komersialisasi Vlog sebagai imbas dari budaya partisipatif dan interaksi penonton dengan pembuat video blog Vlogger . Berbeda dengan studi sebelumnya, studi ini melihat komersialisasi vlog berdampak pada terlibatnya pekerja imaterial di dalam rantai produksi. Argumentasi tulisan ini yakni komersialisasi Vlog memunculkan kelompok pekerja imaterial, yakni kelompok pekerja vlogger dan kelompok non-vlogger. Kedua kelompok pekerja tersebut memiliki relasi yang timpang, dengan kelompok pekerja non-vlogger berada pada posisi yang lebih rentan. Keadaan tersebut terjadi akibat timpangnya relasi masing ndash; masing kelompok pekerja vlogger dan non-vlogger terhadap korporasi. Oleh karena itu, bentuk kerentanan terhadap kedua kelompok pekerja tersebut cenderung berbeda. Melalui metode kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan data sekunder, artikel ini menemukan bahwa relasi yang timpang antara pekerja non-vlogger dengan korporasi menyebabkan kondisi ketiadaan : perlindungan terhadap pemberhentian kerja, naiknya pendapatan, pembatasan jam kerja, menambah keterampilan, kesempatan untuk berserikat, serta perlindungan terhadap pendapatan melalui ketidakjelasan kontrak kerja.

ABSTRACT
Recent studies about Video Blog Vlog analyze commercialization Vlog as an impact of participatory culture and relation between audience and the creator of Vlog. Contrast with the previous studies, this study will analyze commercialization vlog has consequences to the involvement of non conventional workers on the supply chain. This paper argues that the commercialization Vlog emerge non conventional workers, vlogger worker group and non vlogger worker group. Each group has an unequal relation, but non vlogger worker group having a most unequal relation. This situation happens because unequal relation on each group vlogger and non vlogger to corporation. Therefore, forms of susceptibility between them are different. Through qualitative methods with in depth interviews, observation, and secondary data, This paper found that the unequal relation between non vlogger and corporate leads to a state of absence protection of work stoppages, rising incomes, limiting working hours, adding skills, opportunities for association, and protection of income through job contract obscurity."
Lengkap +
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nilam Husna Muthia
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan multimodalitas backchannel bahasa Jepang dalam beauty vlog. Penelitian ini menggunakan teori analisis percakapan (Sacks, dkk 1974; Heritage, 2001) dan Multomidalitas (Mondada, 2018) untuk menjelaskan pola penggunaan multimodalitas (moda verbal dan nonverbal) backhannel bahasa Jepang dalam beauty vlog. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa backchannel yang disampaikan mitra tutur memiliki makna 'mitra tutur sedang menyimak', 'mitra tutur meminta penutur melanjutkan tuturannya'. Kedua hal itu mengimplikasikan bahwa mitra tutur memberikan perhatian kepada penutur. Pola multimodalitas backchannel dalam beauty vlog yang ditemukan terdapat tiga tipe, yaitu (i) backchannel verbal, (ii) backchannel verbal dan nonverbal, dan (iii) backhchannel nonverbal. Backchannel yang produktif disampaikan adalah backchannel dalam unit kata dan frasa. Sementara, untuk backchannel nonverbal, penutur cenderung menggunakan anggukan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa penutur bahasa Jepang memiliki preferensi menggunakan moda verbal dan nonverbal secara bersamaan dalam menuturkan backhannel.

This research aims to explain the multimodality of Japanese backchannels in beauty vlogs. This research uses conversation analysis theory (Sacks et al., 1974; Heritage, 2001) and Multimodality (Mondada, 2018) to explain the pattern of use of multimodality (verbal and nonverbal modes) on the Japanese language backchannel in beauty vlogs. This research shows that the backchannel conveyed by the speech partner has the meaning 'the speech partner is listening,' 'the speech partner asks the speaker to continue his speech.' Both imply that the speech partner is paying attention to the speaker. There were three main types of backchannel multimodality patterns in beauty vlogs, namely (i) verbal backchannel, (ii) verbal and nonverbal backchannel, and (iii) nonverbal backchannel. The backchannel that was productively conveyed was backchannel in word and phrase units. Meanwhile, for nonverbal backchannels, speakers tend to use nods. This research also shows that Japanese speakers prefer using verbal and nonverbal modes simultaneously in speaking backchannel."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Dinta
"Kehadiran Web 2.0 merevolusi kegiatan humas politik dalam membangun komunikasi dan interaksi dengan khalayak luas. Humas pemerintah meninggalkan cara konvensional untuk berkomunikasi dengan menggunakan berbagai bentuk media komunikasi berbasis internet seperti membuat vlog yang diunggah ke akun Youtube Presiden Joko Widodo. Penelitian ini menganalisis bagaimana tingkat efektivitas penggunaan vlog sebagai bentuk dari kegiatan digital political public relations. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner online yang diambil menggunakan teknik simple random sampling pada generasi millennials yang merupakan penonton vlog Presiden Joko Widodo. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan vlog ini tidak terlalu efektif karena tingkat interaksi penonton terhadap vlog masih rendah sehingga perlu ada perbaikan agar penggunaan vlog menjadi efektif.

The presence of Web 2.0 revolutionized the activities of political public relations in building communication and interaction with a wide audience. Public relations left the conventional way to communicate by using various forms of internet based communication media such as creating a vlog that is uploaded to President Joko Widodo rsquo s Youtube account. This study analyzes how the effectiveness of the use of vlog as a form of digital political public relations activity. This quantitative research uses an online questionnaire taken using simple random sampling technique on millennials generation which is also the viewer of President Joko Widodo rsquo s vlog. The results showed that the use of vlog is not very effective because the level of audience rsquo s interactivity is still low so there needs to be some improvements in order to make it effective"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Biocheli Nuranissa
"ABSTRAK
Saat ini media baru telah berkembang pesat dan menjadi sangat dekat dengan masyarakat. Keberadaan internet dan gawai dalam berbagai jenis juga membantu perkembangan media baru. Perkembangan media baru ini juga menambah fungsi media baru. Selain untuk kepentingan komunikasi, media baru kini dapat dimanfaatkan sebagai media pemasaran. Hal ini tidak dilewatkan oleh para pemasar di Indonesia. Untuk meningkatkan brand awareness ataupun memperluas pangsa pasar, media baru dapat menjadi salah satu pilihan alat promosi yang tepat. UNIQLO, brand yang baru menginjak pasar Indonesia tahun lalu, memanfaatkan digital marketing dalam kampanyenya untuk memperoleh brand awareness. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan jasa Social Media Influencer untuk berpartisipasi dalam kampanyenya dengan mem-buzz brand Uniqlo di media sosial.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menggunakan konsep word-of-mouth dan opinion leader untuk membahas fenomena influencer pada strategi pemasaran. Penulis memberikan judul Analisis Penggunaan Social Media Influencer dalam Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatan Brand Awareness (Studi Terhadap Kampanye Peluncuran Produk UNIQLO) untuk karya tulis ini, dengan tujuan mengetahui efektivitas penggunaan social media influencer dalam strategi pemasaran digital UNIQLO.

ABSTRACT
In this era, new media has developed and become very popular amongst people. Internet and gadgets help the develoment of new media. This development adds more functions for social media. Aside for socializing, new media now can be used as marketing tools. Being aware of this trend, UNIQLO?s marketing team uses the new media as part of their marketing tools. UNIQLO, which relatively is a new brand in Indonesia, adds digital marketing to their campaign strategy in order to gain brand awareness through the use of social media influencers. UNIQLO hires them to join UNIQLO?s new product campaign in social media.
Based on this background, the author uses the concept of word-of-mouth and opinion leader to discuss the social media influencer, or buzzer, phenomenon. The author uses the title ?Analysis of Social Media Influencer Usage in Digital Marketing Strategy for Gain Brand Awareness? for this paper, in order to know the effectiveness of using social media influencer in UNIQLO?s digital marketing strategy.
"
Lengkap +
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Atika Mianti Malik
"ABSTRAK
Twitter sebagai new media banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk berbagai kebutuhan, karena kepraktisannya. Ferdiriva Hamzah, seorang dokter spesialis mata, telah lama memanfaatkan Twitter untuk mengedukasi dan menjawab pertanyaan audience seputar kesehatan mata. Makalah ini akan menganalisis aktivitas Ferdiriva di Twitter melalui akun @ferdiriva sesuai dengan strategi yang dikemukakan oleh Kotler, Roberto, dan Lee 2002 . Kemudian dianalisis pula dengan saran penggunaan Twitter dalam penggunaan pemasaran sosial menurut Guidry, Waters, dan Saxton 2014 . Berdasarkan hasil analisis, Ferdiriva terbukti mampu menggunakan Twitter sebagai place dalam strategi pemasaran sosial, dan bahkan lebih jauh lagi Ia juga mampu menggunakan akun Twitter pribadinya untuk keperluan pemasaran komersil untuk karya buku-buku dan filmnya. Melihat hal ini, penulis berharap dokter-dokter dan organisasi-organisasi nonprofit di luar sana dapat melakukan hal yang serupa dengan Ferdiriva, lebih baik lagi jika ditambah dengan strategi pemasaran sosial yang lebih matang dan terencana.

ABSTRACT
Twitter as a new media has been used by many people from the different backgrounds for their needs, because of its convenient. Ferdiriva Hamzah, an ophthalmologist, have been using Twitter to educate and answering his audience questions about eye health. This paper will analyze Ferdiriva 39 s activities on Twitter using his account ferdiriva, with Kotler, Roberto, and Lee 39 s 2002 place strategy. Then will also be analyzed with Guidry, Waters, and Saxton rsquo s 2014 Twitter usage suggestions for social marketing. The results are, Ferdiriva actually can use Twitter as the place in social marketing strategy, even more, he can use his Twitter account to commercial marketing his books and movie. Seeing this, the other doctors and nonprofit organizations are expected to do the same as what Ferdiriva did, and even better if they can do it with better and planned social marketing strategies. "
Lengkap +
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tyara Mulya Putri
"Alih kode dapat ditemukan di banyak negara yang terdapat kontak bahasa. Belanda adalah salah satu dari banyak negara tersebut, dan merupakan salah satu negara yang sangat terbuka dengan bahasa Inggris. Alih kode dari bahasa Belanda ke bahasa Inggris sering ditemukan pada umumnya di masyarakat Belanda dan juga di kanal-kanal youtuber Belanda. Makalah ini membahas alih kode yang ditemukan dalam kanal Youtube EnzoKnol, yakni vlog lsquo;Doe normaal man!!! ndash; ENZOKNOL VLOG 1313 rsquo; dan video gim lsquo;HIDE SEEK HACKER! rsquo;. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan wujud alih kode dan menjelaskan fungsi alih kode yang digunakan dalam kedua video tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan bantuan metode kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh bahwa wujud dan fungsi alih kode yang paling banyak ditemukan adalah intra-sentential switches dan fungsi ekspresif. Beberapa pemicu alih kode lainnya yang ditemukan adalah karena situasi emosional penutur dan kelaziman penggunaan istilah bahasa Inggris pada konteks gim.

Code switching can be found in many countries where language contact is involved. The Netherlands is one of those countries and it is very open to English. Code switching from Dutch to English is often discovered generally in the Dutch society and also on the channels of Dutch youtubers. This article discusses the code switching found in the Youtube channel EnzoKnol, specifically in the vlog lsquo Doe normaal man ndash ENZOKNOL VLOG 1313 rsquo and the game video lsquo HIDE SEEK HACKER rsquo . The objective of the research is to explain the types and functions of the code switsching discovered in the videos. Qualitative research method is used in this article with the help of quantitative method. Based on data analysis, the most frequent type and function of code switching found in the videos are intra sentential switches and expressive function. Other reasons that stimulated the code switching are the emotional situation and the common terms of English used in the context of video game.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ajeng Yulia Ananda
"Penelitian ini membahas tentang analisis Komunikasi Nonverbal Kinesik Dalam Vlog YouTube Channel: Kimono Mom. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan jenis-jenis serta makna dalam vlog Kimono Mom. Penelitian ini menggunakan teori nonverbal kinesik Harumi Aqui untuk mengkaji makna gestur atau kinesik dalam Vlog YouTube channel: Kimono Mom. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari YouTube channel Kimono Mom yang diunggah pada tahun 2019-2022 dan dapat diakses melalui aplikasi YouTube. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa kinesik atau gestur dapat ditemukan dalam vlog YouTube: Kimono Mom yang terdiri dari Moe, Moto dan Sutan menggunakan kinesik anak dan juga kinesik umum. Data yang dimiliki dalam jurnal ini ada 18, empat di antaranya termasuk jenis kinesik atau gestur khusus anak-anak dan 15 data jenis kinesik yang bersifat umum. Selain itu, adanya fungsi komunikasi nonverbal sebagai pengganti verbal dan memperkuat makna ketika berkomunikasi antara lain; fungsi repeating (Repetisi), fungsi complementing (Komplemen), dan fungsi substituting (Substitusi).

This study discusses the analysis of Kinesics Nonverbal Communication YouTube Channels in Vlogs: Kimono Mom. This study aims to identify and explain the types and meanings in Kimono Mom vlogs. This study uses Harumi Aqui's kinesics nonverbal to examine the meaning of gestures or kinesics in the Vlog YouTube channel: Kimono Mom. The research method used is a qualitative descriptive method. The data source used in this study was taken from the Kimono Mom YouTube channel which was uploaded in 2019-2022 and can be accessed through the YouTube application. From the results of the analysis, it can be said that kinesics or gestures can be found in the YouTube vlog: Kimono Mom which consists of Moe, Moto, and Sutan using children's kinesics and general kinesics. There are 18 data held in this journal, four of which include types of kinesics or special gestures for children and 15 types of kinesic data that are general. In addition, the existence of nonverbal communication functions as a substitute for verbal and strengthens meaning when communicating, among others; repeating function, complementing function , and substituting function.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>