Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 159004 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Putu Wuri Handayani
"Saat ini, kurang dari 5 rumah sakit di Indonesia telah memanfaatkan teknologi informasi TI secara terintegrasi dan menyeluruh. Kondisi tersebut menjadikan tujuan utama penelitian ini melakukan analisis faktor-faktor penerimaan pengguna dan mengembangkan model penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit SIMRS di Indonesia serta melakukan analisis terkait proses institusionalisasi SIMRS. Analisis proses institusionalisasi dilakukan untuk memberikan lesson learned terkait proses legitimasi SIMRS terhadap rumah sakit lain yang akan mengimplementasi SIMRS. Pemanfaatan SIMRS sangat diperlukan untuk mendukung program eHealth pemerintah. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel pengguna SIMRS manajemen, dokter, perawat dan staf administrasi di empat rumah sakit pemerintah dan empat rumah sakit swasta di Indonesia yang telah menggunakan dan mengimplementasi SIMRS secara parsial. Pendekatan kualitatif dilakukan pada proses institusionalisasi dan identifikasi faktor penerimaan pengguna terhadap SIMRS. Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk identifikasi faktor penerimaan pengguna dengan menggunakan Entropy dan validasi model penerimaan pengguna dengan menggunakan Structural Equation Modelling SEM . Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakteristik individu kompatibilitas, keamanan informasi yang diharapkan dan kepercayaan diri pengguna dan organisasi dukungan manajemen, fasilitas pendukung dan keterlibatan pengguna dalam implementasi SIMRS lebih berpengaruh terhadap penerimaan pengguna dibandingkan dengan karakteristik teknologi.

Now days, less than 5 of all hospitals in Indonesia have used an integrated and comprehensive information technology IT . These conditions formulate the main purpose of this study are analysing the user acceptance factors and to develop an user acceptance model of Hospital Information System HIS in Indonesia as well as analysing the HIS institutionalization processes. The HIS institutionalization processes are conducted to provide lesson learned on the HIS legitimacy processes to other hospitals that will implement HIS. Implementation of the HIS is urgently required to support the government eHealth program. This study is a descriptive study using qualitative and quantitative approaches. This study involves the HIS users hospital management, doctors, nurses and administrative staff in four public, government owned hospitals and four public, private owned hospitals in Indonesia that have been using and implementing a partial HIS. A qualitative approach was performed during process of institutionalization and identification user acceptance factors of the HIS, while the quantitative approach is performed to rank the HIS user acceptance factors using Entropy and model validation of the HIS user acceptance model using Structural Equation Modelling SEM . Results of this study indicate that individual characteristics compatibility, information security expectancy and self efficacy and organization management support, supporting facility and user involvement in the implementation of HIS have a greater influence to user acceptance on the HIS compared to the technology characteristics."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2017
D2039
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dionisius Alvian Ariwibowo
"Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) adalah sistem terautomatitasi yang digunakan untuk melakukan pencatatan dan pelaporan dalam menunjang proses di Rumah Sakit. Berdasarkan Pasal 3 (tiga) ayat 1 (satu) Permenkes No 82 tahun 2013, setiap Rumah Sakit wajib menyelenggarakan SIMRS. Walaupun pemerintah mewajibkan setiap Rumah Sakit untuk menyelenggarakan SIMRS, nyatanya menurut data dari Kementrian Kesehatan tahun 2017 dari 2734 total Rumah Sakit yang terdapat di Indonesia, hanya terdapat 1423 (53%) Rumah Sakit yang memiliki SIMRS dan berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengimplementasian SIMRS yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja menggunakan Technology Acceptance Model yang telah dimodifikasi. Metode yang digunakan adalah metode campuran paralel konvergen.
Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa 80,2% pengguna SIMRS memiliki pandangan yang baik terhadap pengimplementasian SIMRS. Pada analisis multivariat terhadap model yang dirumuskan peneliti, kualitas informasi merupakan determinan utama yang menentukan keinginan pengguna untuk menggunakan SIMRS. Hasil wawancara menunjukkan bahwa petugas RSUD Koja menerima pengimplementasian SIMRS dengan positif, walaupun masih terdapat beberapa kekurangan. Desain sistem yang personal bagi setiap pengguna merupakan salah satu faktor utama yang membuat SIMRS dapat diterima dengan baik. Pengimplementasian SIMRS di RSUD Koja cukup baik dan perlu dilanjutkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan di Rumah Sakit.

Hospital Management Information System (HMIS) is an automated system that is used to record and report in supporting the process at the Hospital. Based on Article 3 (three) paragraph 1 (one) Minister of Health Regulation No. 82 of 2013, each Hospital is required to carry out HMIS. Although the government requires every hospital to hold HMIS, in fact according to data from the Ministry of Health in 2017 of 2734 total hospitals in Indonesia, there are only 1423 (53%) hospitals that have HMIS and function properly. This study aims to analyze the implementation of existing HMIS at the Regional Public Hospital Koja using a modified Technology Acceptance Model. The method used is a mixed convergent parallel method.
The results of univariate analysis showed that 80,2% of HMIS users have a good view of the quality and implementation of HMIS. In the multivariate analysis of the model formulated by the researcher, information quality was the main determinant that determines the users desire to use HMIS. The results of the interview indicated that the Koja Hospital staff had positively accepted the implementation of HMIS, although there were still some problems. Personal system design for each user is one of the main factors that makes HMIS well received. The implementation of HMIS in Koja Hospital was quite good and needs to be continued to improve the effectiveness and efficiency of services at the Hospital.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Rusmiasih
"Rumah Sakit Kanker Dharmais telah menetapkan sasaran yang akan
dicapai, bahwa pada tahun 2003 mendatang rumah sakit ini diharapkan
mampu melaksanakan pelayanan, pendidikan dan penelitian kesehatan di
bidang kanker dengan kualitas intemasional.
Salah satu kebutuhan utama dalam usaha pencapaian sasaran
tersebut adalah tersedianya sistem informasi yang selaras dengan tujuan
rumah sakit. Akan tetapi sampai tulisan ini dibuat, belum tersedia sistem
informasi yang terintegrasi serta keutuhan rencana sistem informasi yang
dapat mencakup seluruh aspek aktivitas rumah sakit, terutama faktor-
faktor yang bersifat kritis.
Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka penulisan ini
bertujuan untuk merumuskan suatu perencanaan strategis sistem
informasi yang dapat mengantarkan rumah sakit ini kepada sasaran yang
hendak dicapai pada tahun 2003 sekaligus untuk meningkatkan
keunggulan bersaing dalam industri pelayanan kesehatan.
Dari perencanaan strategis untuk sistem informasi ini diperoleh
kesimpulan bahwa; pertama, tindakan segera yang dapat dilakukan serta
dapat memberikan hasil dalam waktu yang tidak terlalu Iama adalah
pengintegrasian seluruh data penting dari semua unit dan bagian yang
dapat di akses secara transparan melalui workstation dari semua server
yang ada. Hal ini dapat meningkatkan mutu iayanan medis bagi pasien
dengan adanya ketersediaan data medis yang lengkap dan akurat serta
meningkatkan respons terhadap kebutuhan pasien dan kostumer.
Pengintegrasian data juga mendukung mekanisme monitoring operasional rumah sakit.
Kedua, membangun suatu basis data yang dapat dibagi-pakai (data sharing) dengan aplikasi
yang mudah digunakan, integritas yang tinggi serta keamanan data terjaga. Ketiga, membuat
suatu jaringan yang menghubungkan RSKD dengan berbagai institusi lain sehingga memungkinkan
untuk memlakukan pemrosesan pertukaran data baik teks, imaging maupun voice secara on-line.
"
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T21071
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rusliyawati
"ABSTRAK
Perkembangan teknologi informasi telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Peran teknologi informasi dan sistem informasi di bidang pendidikan tinggi salah satunya dapat dilihat dalapenggunaan media ajar di dalam ruang perkuliahan, pemanfaatan laboratorium, dan sistem informasi akademik yang dapatmemperlancar pelaksanaan kegiatan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah implementasi sistem informasi/ teknologi informasi (SI/TI) berpengaruh terhadap kualitas pembelajaran di perguruan tinggi, dengan studi kasus pada Politeknik Negeri Jakarta khususnya jurusan Teknik Elektro. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan analisis statistik infrensial untuk menggambarkan korelasi implementasi sistem informasi dan media ajar terhadap kualitas pembelajaran
Keyword : Implementasi SI/TI, Media Ajar"
2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fuzla Hanum
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kesuksesan dari sistem informasi pengelolaan keuangan daerah. Variabel penelitian terdiri dari kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kepuasan pengguna, penggunaan dan manfaat bersih. Populasi dari penelitian ini terdiri dari seluruh satuan kerja di pemerintah kota Banda Aceh dan pemerintah kabupaten Aceh Besar. Responden penelitian merupakan pengguna SIPKD yaitu Pejabat pengelola keuangan, bendahara pengeluaran dan bendahara penerimaan. Pemilihan sampel menggunakan metode survey, dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian.
Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat bantu Lisrel 8.8. Hasil penelitian dengan menggunakan DeLone dan McLean IS Success Model (2003) menunjukkan bahwa dari 9 hipotesis yang dibangun, 7 hipotesis menunjukkan pengaruh. 2 hipotesis lainnya tidak menunjukkan pengaruh yaitu kualitas sistem terhadap penggunaan serta kualitas layanan terhadap penggunaan. Secara keseluruhan SIPKD dapat dikategorikan sukses.

This study aims to look at the success rate of the local financial management information system (Sistem Informasai Pengelolaan Keuangan Daerah). The research variables consisted of information quality, system quality, service quality, user satisfaction, use and net benefits. Population of this research consisted of all work units in the municipality of Banda Aceh and Aceh Besar district government. Respondents are users SIPKD namely financial management officer, treasurer and treasurer acceptance. Selection of the sample survey method, in which the entire population of the research sample. Methods of data analysis using Structural Equation Modeling (SEM) with lisrel tools.8.8. Research results using DeLone and McLean IS Success Model (2003) showed that out of 9 hypotheses constructed, 7 hypotheses show the effect 2 other hypotheses do not show the influence that the quality system is to use and the quality of service to use. Overall SIPKD can be considered a success."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T45021
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Silvia Vinawaty Soetedja
"Semakin berkembangnya kemajuan teknologi informasi, semakin tingginya persaingan rumah sakit, dan adanya regulasi pemerintah terkait sistem informasi rumah sakit, maka rumah sakit harus terus meningkatkan manajemen informasinya dengan penggunaan teknologi informasi berbasis komputer. Sejak Februari 2022, Charitas Hospital Palembang menambahkan chatting robot atau chatbot sebagai salah satu cara pendaftaran pasien rawat jalan. Dari data rumah sakit tahun 2022 diketahui bahwa sejak awal peluncurannya, penggunaan chatbot mengalami peningkatan setiap bulannya, namun jumlah tersebut belum mencapai separuh (masih dibawah 50%) dari total seluruh pasien rawat jalan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis efektifitas pendaftaran chatbot pada pelayanan rawat jalan di Charitas Hospital Palembang. Analisis dilakukan selama bulan April 2023 dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Data primer didapatkan melalui kuesioner yang ditujukan kepada pasien rawat jalan yang mendaftar menggunakan chatbot dan mendaftar secara onsite/ datang langsung, dan data sekunder melalui SIMRS yaitu mengambil data waktu tunggu pasien untuk membandingkan waktu tunggu pasien yang mendaftar menggunakan chatbot dengan pasien yang mendaftar secara onsite/ datang langsung.
Efektivitas penggunaan chatbot pada pendaftaran rawat jalan dalam penelitian ini diukur dari tingkat kepuasan penggunaan chatbot dan berkurangnya waktu tunggu pasien di rumah sakit. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa dengan adanya chatbot sebagai salah satu cara pendaftaran pasien rawat jalan terbukti efektif di dalam meningkatkan kinerja pelayanan pendaftaran pasien sehingga diharapkan akan semakin banyak pasien yang berobat ke Charitas Hospital Palembang.

Due to the growing progress of information technology, increasing hospital competition, and the existence of government regulations related to hospital information systems, hospitals must continue to improve their information management by using computer-based information technology. Since February 2022, Charitas Hospital Palembang has added chat robots, or chatbots, as a way of registering outpatients. From the hospital data for 2022, it is known that since its inception, the use of chatbots has increased every month, but this number has not yet reached half (still below 50%) of the total outpatients of the hospital. This study aims to analyze the effectiveness of chatbot registration in outpatient care at Charitas Hospital Palembang. The analysis was carried out during April 2023 using a quantitative method with a cross-sectional study design. Primary data is obtained through a questionnaire aimed at outpatients who register using chatbots and register onsite by coming in person, and secondary data is obtained through SIMRS, namely patient waiting time data to compare the waiting time of patients who register as chatbot users with patients who register onsite by coming directly.
The effectiveness of using chatbots on outpatient registration in this study measured by the satisfaction level of using chatbots and reduced patient waiting time at the hospital. From the results of this study, it is known that with the chatbot as a way to register outpatients has proven to be effective in increasing patient care patient registration service performance so that it is hoped that there will be more and more patients who seek treatment at Charitas Hospital Palembang.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Rajawali Pers, 2018
362.110 68 PEN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ronny
"ABSTRAK
Sistem Informasi sudah dijalankan di Rumah Sakit A. Yani Pekanbaru sejak Mei
2015. Pengembangan sistem informasi farmasi perlu dilakukan karena sistem
informasi saat ini dinilai belum baik oleh manajemen. Masih banyak obat dead
stock, obat kadaluarsa dan obat kosong saat diperlukan. Penelitian ini merupakan
operational research dengan metode kualitatif. Data diambil melalui wawancara,
observasi lapangan maupun telaah dokumen. Dengan metode Framework for
Application of System Techniques (FAST) diketahui sistem informasi farmasi sudah
terintegrasi, konsistensi tampilan bagus, keamanan dan integritas sistem bagus,
sistem informasi mudah dipahami dan dioperasikan oleh pengguna. Kekurangan
sistem informasi saat ini adalah susahnya koneksi ke jaringan terutama saat jam
sibuk, penyajian informasi belum memenuhi semua kebutuhan pengguna,
kurangnya sumber daya Information Technology (IT), belum adanya akses khusus
ke ruangan IT dan server. Disarankan penambahan kekuatan jaringan internet,
peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga IT, penjagaan keamanan ruangan IT dan
server saat ini, penyediaan ruangan IT dan server dengan akses khusus, sosialisasi
teratur oleh bagian IT ke pengguna sistem dan pengembangan menu sistem
informasi farmasi yang lebih lengkap.

ABSTRACT
Information systems have been run at A. Yani Hospital Pekanbaru since May 2015.
The development of pharmaceutical information systems need to be done because
the current information systems have not been well assessed by management. There
are still a lot of dead stock, expired and empty medication when needed. This study
is an operational research with qualitative methods. Data retrieved through
interviews, observation and study of the document. With the Framework for
Application of System Techniques (FAST) method known that pharmacy
information system had integrated and consisten, had good security and integrity,
easy to operated by the user. Disadvantages of current information systems is lack
of connection especially during peak hours, the presentation of information do not
meet all the needs of users, less of Information Technology (IT) personnel, none of
special access to IT and server rooms. Recommended to increase the power of the
internet network, increasing the quality and quantity of IT personnel, increasing
security of server room at this time, the provision of IT and server rooms with
special access, regular socialization by the IT to the users of the system and
completing the information system menu"
2016
T53726
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Sulistyo
"ABSTRAK
Sebagai organisasi perguruan tinggi yang memberikan layanan informasi secara komplek, maka informasi merupakan satu bagian yang vital dalam menjalankan proses bisnis pada Universitas XYZ. Kondisi demikian mengharuskan Universitas XYZ untuk menyediakan dan menjaga kontinuitas akses informasi. Terjaminnya ketersediaan akses informasi haruslah didukung oleh infrastruktur TI yang reliable dan terhindar dari kegagalan sistem akibat adanya suatu bencana. Untuk mewujudkan hal tersebut, Universitas XYZ harus mempunyai infrastruktur TI yang dilengkapi dengan Disaster Recovery System (DRS). Penelitian ini ditujukan untuk menentukan teknologi Disaster Recovery System (DRS) yang sesuai guna menjamin ketersediaan akses informasi pada Universitas XYZ. Penelitian ini dituangkan dalam bentuk karya akhir. Karya akhir ini berisikan latar belakang penelitian dengan menjelaskan permasalahan yang ada pada Universitas XYZ dan disertai rumusan pertanyaan penelitian, kemudian dilanjutkan dengan studi literatur untuk menentukan kerangka kerja pemilihan strategi disaster recovery sebagai acuan penentuan teknologi DRS. Selanjutnya disusunlah metodologi penelitian yang menjelaskan langkah-langkah dalam melaksanakan penelitian untuk menentukan teknologi DRS pada Universitas XYZ. Pada pembahasan dilakukan analisis terkait dampak dan kecenderungan resiko kegagalan sistem untuk menentukan tingkat kerawanan sistem pendukung layanan pada Universitas XYZ. Berdasarkan tingkat kerawanan sistem tersebut, selanjutnya dilakukan penentuan disaster recovery – tier dan teknologi DRS yang sesuai. Pada akhir karya akhir disusunlah kesimpulan beserta saran terkait penelitian.

ABSTRACT
As an education institution that provide complex information, that information is a vital part of running the business process at the University of XYZ. These conditions require University of XYZ to provide and maintain the continuity of access to information. Ensuring the availability of access to information should be supported by a reliable IT infrastructure that able to avoid system failures due to a disaster. To achieve this goal, the University of XYZ shall have the IT infrastructure that comes with the Disaster Recovery System (DRS). This study aimed to determine the appropriate technology of Disaster Recovery System (DRS) to ensure the availability of access to information on the University of XYZ. This study set out in the form of the final work. The work contains of the research background to explain the problems that existed at University of XYZ and completed with research question, followed by a study of the literature to determine the framework of disaster recovery straregy selection as the reference for choosing DRS technology. Methodology was formulated to explain the steps in conducting research to determine the DRS technology at University of XYZ. In the discussion, there is an analysis of impact and likehood of system failure to determine the vulnerability of the system supporting services at University of XYZ. Approriate disaster recovery – tier and DRS technologies are choosen based on systems vulnerability. At the end of the final work, there is composed a summary and some suggestion related the work."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Mahmudi
Jakarta: Grasindo, 2005
657.8 ALI a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>