Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160408 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zainal Arifin
"ABSTRAK
Meskipun sudah banyak teori tentang adopsi teknologi yang dirumuskan namun masih langka studi yang menunjukkan hubungan antara model-model tersebut dalam kaitannya dengan kinerja perusahaan dalam lingkungan yang dinamis. Penelitian ini menginvestigasi faktor-faktor penentu adopsi teknologi dengan menghubungkan model ldquo;TOE rdquo; dengan faktor ldquo;Dynamic capability rdquo;. Studi ini menganalisa 9 hipotesis dan mengusulkan adopsi teknologi sebagai suatu kompetensi atau kapabilitas fungsional yang menghubungkan kapabilitas dinamik dengan kinerja perusahaan pada lingkungan dinamis. PLN dipilih berdasarkan konteks penelitian; 1 perusahaan berorientasi ldquo;RBV rdquo; 2 Intensif teknologi dimana 87 asset berupa asset teknologi 3 proses adopsi teknologi terjadi baik ldquo;top-down rdquo; maupun ldquo;bottop-up rdquo; 4 perusahaan nasional dengan lebih dari 40.000 karyawan tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Keseluruhan terdapat 62 item dengan 6 skala Lykert yang digunakan untuk menganlisa 5 variabel laten. Data yang terkumpul dianalisa secara statistik menggunakan SEM dengan dua tahap pendekatan memakai software LISREL. Empat faktor penentu diidentifikasi yaitu externalities, entrepreneurial leadership, resources readiness, dan absorptive capability. Menggunakan 518 responden mewakili 222 unit bisnis PT PLN Persero , studi ini menemukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara faktor-faktor penentu tersebut dan adopsi teknologi terbukti sebagai faktor penghubung antara absorptive capability dengan kinerja unit bisnis. Kemudian 2 dari 9 hipotesis ditolak dan model empiris menunjukkan ada 3 jalan adopsi teknologi untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Ketiga jalan tersbut menyimpulkan bahwa hanya absorptive capability yang berdampak signifikan langsung terjadap adopsi teknologi. Itu berarti keberhasilan adopsi teknologi hanya akan tercapai jika suatu perusahaan mempunyai absorptive capability yang ekselen dengan didukung oleh ketiga faktor penentu lainnya. Tanpa kapabilitas dinamik seperti itu untuk mengelola sumber daya, adopsi teknologi tidak akan efektif dan tidak signifikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini juga menemukan tipologi organisasi dalam adopsi teknologi yang menjelaskan status adopsi teknologi dalam suatu organisasi akan dipengaruhi oleh 3 faktor penentu; absorptive capability, entrepreneurial leadership dan resource readiness. Menggunakan pengukuran matriks, studi ini mengidentifikasi 8 status teknologi adopsi di organisasi. Temuan lainnya adalah 4 tipe absorptive capability di organisasi. Berdasarkan tipologi tersebut, untuk mencapai adopsi teknologi yang berhasil mka organisasi harus berubah dari status ldquo;optimum rdquo; menuju ldquo;proactive rdquo; dengan nilai kinerja perusahaan paling tinggi. Berdasarkan kedua tipologi tersebut, penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan unit bisnis PLN berada pada status teknologi adoption ldquo;innovative rdquo; dan status absorptive capability ldquo;bottom up rdquo.

ABSTRACT
Although many technology adoption theories have been formulated there is still lacking any studies that show a correlation between the particular models in relation to firm rsquo s performance in dynamic circumstances. This study investigated antecedent of technology adoption by connecting ldquo TOE rdquo with Dynamic capability factors. This study has examined nine hypotheses and proposed technology adoption as a functional competence or capability which mediate relationship between dynamic capabilities with firm rsquo s performance. PLN is chosen due to the context of the research issues 1 ldquo RBV perspective rdquo company 2 ldquo Technology intensive rdquo where 87 of assets is in the form of technological things 3 Technology adoption flow which cover both ldquo Top down rdquo and ldquo Bottom up rdquo process 4 ldquo National company rdquo within 40,000s employees spread out among all the areas of Indonesia. Overall, 62 items using 6 Likert type scale are used to measure six latent variables. The collected data is analyzed statistically using SEM with ldquo two stage approach rdquo by LISREL tool. The four determinant factors has been identified are externalities, entrepreneurial leadership, resources readiness, and absorptive capability. Using 518 respondent represent 222 business unit of PLN this study found that there is positively significance relation among the determinant factors and the technology adoption is proven for a mediating factor of absorptive capability to the business unit rsquo s performance. Two of nine hypotheses are rejected and the empirical model shows the three path ways of technology adoption for improving firm rsquo s performance. However all those ways show that absorptive capability has direct significant effect to technology adoption. It means the successful technology adoption in firm can be only achieved by excellent absorptive capability with supporting from other three determinant factors. Without such dynamic capability for managing the resource, technology adoption will be less effective and not significant to enhance firm rsquo s performance. The study also found that there is technology adoption organization typology explaining that the status of technology adoption in organization is affected by three determinant factors absorptive capability, entrepreneurial leadership and resource readiness. Using matrix measurement, this study identified 8 eight technology adoption organization. Another finding is the absorptive capability organization typology explaining that there are 4 four status of absorptive capability in organization. Referring to those typologies, to achieve a successful technology adoption, the organization should be transformed to ldquo optimum rdquo status and ldquo pro active rdquo level of organization which has the highest score of firm rsquo s performance. Based on two organization typologies this study found that most of PLN business unit is at ldquo innovative rdquo technology adoption status and ldquo bottom up rdquo absorptive capability organization.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
D2240
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nareswari Sumarsono
"Seiring dengan popularitas topik terkait lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG), konsep ekonomi sirkular saat ini telah memperoleh daya tarik yang luar biasa bagi para akademisi, pembuat kebijakan, dan perusahaan di berbagai industri. Pada tataran perusahaan, konsep ini diimplementasikan melalui konsep yang disebut sebagai model bisnis sirkular. Berbagai inisiatif telah dilakukan oleh beberapa perusahaan dengan tujuan untuk menerapkan konsep tersebut. Termasuk perusahaan di industri energi, yang berfokus pada transisi energi dari sumber energi konvensional ke sumber energi terbarukan. Namun, terlepas dari pentingnya implementasi dari model bisnis sirkular ini dan juga kondisi yang menunjukkan bahwa telah diimplementasikannya model bisnis tersebut oleh beberapa perusahaan, dalam hal penelitian, masih terdapat banyak hal-hal yang belum dapat memberikan pemahaman, penjelasan serta prediksi atas fenomena yang ada dari perspektif bisnis model sirkular. Terutama penelitian yang dilakukan secara empiris, yang dapat secara holistik mengintegrasikan topik model bisnis sirkular ini, dengan topik inovasi teknologi dan ambidexterity. Khususnya di industri energi, yang merupakan technology-intensive dan high-risk industry. Dengan menggunakan metodologi kuantitatif melalui penyebaran questionnaires kepada 71 pemimpin perusahaan energi Indonesia sebagai responden, temuan dari penelitian ini telah berhasil mengisi research gap dari penelitian yang ada. Temuan dari penilitian ini menujukan bahwa (1) terdapat dampak positif yang signifikan dari level model bisnis sirkular perusahaan dan level adopsi inovasi teknologi perusahaan terhadap kinerja perusahaan, (2) inovasi pemimpin merupakan kunci, dikarenakan oleh dampak positif signifikan yang dimilikinya terhadap level model bisnis sirkular perusahaan, level adopsi inovasi teknologi perusahaan serta secara langsung terhadap kinerja perusahaan, dan (3) ketersediaan teknologi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kinerja perusahaan, tetapi hanya melalui level adopsi inovasi teknologi perusahaan. Sedangkan untuk faktor moderasi (ambidexterity), pada saat ini belum dapat terlihat hasil positif yang signifikan. Dengan demikian, penelitian longitudinal untuk aspek ini disarankan untuk dilakukan lebih lanjut. Bagi para akademisi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi empiris, metodologis, serta kontekstual, terhadap literatur manajemen strategi yang ada. Khususnya literatur terkait dengan model bisnis sirkular dan inovasi teknologi. Bagi para praktisi, penelitian ini diharapkan dapat menjadi insights yang berharga untuk improvement dan/ atau inovasi dalam hal model bisnis, teknologi, dan strategi. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat mendukung transisi energi di Indonesia, dimana bisnis energi konvensional maupun energi terbarukan diharapkan dapat berjalan beriringan untuk mencapai hal tersebut.

Along with the popularity of the environment, social and governance (ESG) concerns, the circular economy concept nowadays has gained tremendous attraction for the academicians, policy makers, and firms in various industries. On a firm level, this concept is implemented through a concept called as circular business model. Various initiatives have been put in place by firms aiming to implement this concept. This includes firms in the energy industry, which is following the energy transition from the conventional to the renewable energy sources. Nevertheless, despite of the importance and the omnipresent of the practice, there is still lack of empirical research within the circular business model topic. Especially, empirical research that attempts to combine this topic with technological innovation and ambidexterity within the energy industry, which is considered technology-intensive and high risk industry. Using a quantitative methodology with 71 leaders of the Indonesian energy firms as respondents, this research has succeeded to fill in the existing research gaps through its findings, which shows that (1) there is a significant positive impact of both firm’s level of circular business model and firm’s level of technology innovation adoption to firm’s performance, (2) leaders innovativeness is key as it has a significant positive impact to firm’s level of circular business model, firm’s level of technology innovation adoption as well as directly to firm’s performance, and (3) whilst perceived availability of technology has a significant positive impact to firms’ performance, but only through firm’s level of technology innovation adoption. Whereas for the moderating impact of ambidexterity, no significant positive result is seen and longitudinal research is suggested for further study. For academicians, this research is expected to provide empirical, methodological, and contextual contribution to the existing strategic management literatures, especially within the circular business model and technology innovation topic. For practitioners, this may serve as valuable insights for improvements and/or innovations in terms of business model, technology adoption, and strategy. Also, this research is expected to be able to support the energy transition in Indonesia, where both the conventional and the renewable energy businesses are expected to go hand-in-hand together on this. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pardosi, Berkat Lusiana
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pencapaian organisasi PLN pada survei efektivitas organisasi PLN dalam hal kriteria kesiapan budaya berkinerja unggul yang berada di bawah target. Pencapaian yang tidak sesuai target tersebut menjadi masalah karena arah strategis Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada periode 2020-2025 adalah masa unggul (excellence). Perusahaan memerlukan upaya untuk mempertahankan atau memperoleh keunggulan kompetitif, salah satunya dengan menerapkan knowledge sharing. Knowledge sharing diharapkan mampu memperkuat hubungan budaya unggul dan kinerja organisasi, namun kegiatan knowledge sharing belum menjadi budaya yang melekat dan belum dapat dijamin keberlanjutannya, khususnya di level manajemen, padahal perusahaan berharap budaya berbagi pengetahuan ini dapat meningkat. PLN pun telah menyediakan sarana online knowledge sharing untuk pengambilan dan penyampaian informasi bagi pegawai, atau yang disebut dengan portal KM. Namun pengguna portal KM masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah seluruh pegawai. Padahal aliran aset pengetahuan harusnya berjalan rutin sehingga mendorong tumbuhnya inovasi yang relevan dengan strategi perusahaan dan meningkatkan pencapaian kinerja unggul. Dengan penelitian ini, akan dilakukan survei terkait faktor-faktor yang memengaruhi praktik knowledge sharing perusahaan dan dampaknya terhadap kinerja unggul. Pengumpulan data dilakukan dengan sampling kuantitatif secara teliti pada fase pertama dan kualitatif pada fase kedua. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan melakukan sebuah survei berupa penyebaran kuesioner terhadap 688 responden, dengan jumlah kuesioner yang kembali dan valid sebanyak 170 kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM untuk olah data hasil kuesioner, yaitu dengan bantuan tools SmartPLS 3. Pada fase kualitatif, dilakukan validasi terhadap tiga pakar di bidang knowledge management di PLN untuk menghasilkan rekomendasi dalam meningkatkan kegiatan knowledge sharing dan dampaknya pada pencapaian kinerja unggul. Penelitian ini menggunakan metode penarikan kesimpulan dengan cara deduktif, yaitu kesimpulan dan saran dibuat berdasarkan hasil dari pembahasan. Hasil dari penelitian ini, faktor-faktor yang terbukti berpengaruh terhadap praktik knowledge sharing adalah management support, organization cullture, dan information and communication technology. Sedangkan pengaruh praktik knowledge sharing terhadap kinerja unggul memiliki pengaruh signifikan pada organization growth, cost reduction, dan innovativeness.

ABSTRACT
This research is motivated by the achievement of the National Electricity Company or Perusahaan Listrik Negara (PLN) organization in a survey of the effectiveness of the PLN organization in terms of the criteria for a culture of excellence performance that is below the target. Achievement that is not on target is a problem because the strategic direction of the PLN in the 2020-2025 period is a period of excellence. Companies need efforts to maintain or gain a competitive advantage, one of which is by applying knowledge sharing. Knowledge sharing is expected to strengthen the relationship of excellence culture and organizational performance. However, knowledge sharing activities have not become an inherent culture and cannot be guaranteed of its sustainability, especially at the management level, even though the company hopes that this culture of sharing knowledge can increase. PLN has also provided an online knowledge sharing facility for information retrieval and delivery for employees, or what is called the KM portal. But KM portal users are still small when compared to the total number of employees. Though the flow of knowledge assets should run routinely so as to encourage the growth of innovations that are relevant to the company's strategy and increase the achievement of excellence performance. With this research, a survey will be conducted regarding the factors that influence the company's knowledge sharing practices and their impact on excellence performance. Data collection is done by careful quantitative sampling in the first phase and qualitative in the second phase. Quantitative data collection was carried out by conducting a survey in the form of distributing questionnaires to 688 respondents, with the number of questionnaires returning and valid as many as 170 questionnaires. This study uses the PLS-SEM method for data processing of questionnaire results, namely with the help of SmartPLS 3 tools. In the qualitative phase, three experts in the field of knowledge management in PLN were validated to produce recommendations for increasing knowledge sharing activities and their impact on achieving excellence performance. This study uses the method of drawing conclusions in a deductive way, ie conclusions and suggestions are made based on the results of the discussion. The results of this study, factors that have been proven to influence the practice of knowledge sharing are management support, organization cullture, and information and communication technology. While the effect of knowledge sharing practices on excellence performance has a significant effect on organizational growth, cost reduction, and innovativeness."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ayundha Evanthi
"Industri penerbangan di Indonesia saat ini berada pada kondisi persaingan yang sangat kompetitif di mana pada era open sky policy , tidak hanya maskapai nasional namun juga maskapai asing melebarkan sayapnya di Indonesia. Industri penerbangan menghadapi tantangan ketidakpastian lingkungan dengan perolehan margin yang tipis. Penelitian mengenai pemilihan strategi bisnis yang paling sesuai bagi maskapai penerbangan di tengah kondisi ketidakpastian lingkungan untuk menentukan bagaimana desain organisasi dan proses pengambilan keputusan dibuat guna mencapai kinerja organisasi yang diharapkan belum pernah diteliti di Indonesia.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa ketidakpastian lingkungan mempengaruhi secara positif strategi bisnis yang diterapkan oleh perusahaan baik pilihan strategi cost leadership, focus orientation, maupun differentiation. Namun hanya strategi differentiation yang berpengaruh positif terhadap penentuan desain organisasi yang nantinya berpengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan dan pada akhirnya juga memberikan pengaruh positif terhadap kinerja organisasi. Kesimpulan dari hasil pengujian adalah bahwa maskapai penerbangan di Indonesia di tengah lingkungan yang sangat dinamis dituntut untuk dapat menawarkan produk atau layanan yang unik dan berbeda dari pesaing dan memberi nilai lebih bagi pelanggan serta mampu menerapkan desain organisasi yang bersifat organizational learning guna mencapai kinerja perusahaan yang baik.

Nowadays, arline industry in Indonesia are facing highly competitive condition where both domestic and international airlines have growing their business in Indonesia since open sky policy had announced. Airline industry have to deal with uncertainty environment with a very tight margin. There is a lack of research in Indonesia about the most fit business strategy choosen for airline in uncertainty condition for deciding organizational design and decision making process to reach the best performance.
Our research give result that uncertainty environment positively influence airline business strategy either cost leadership, focus orientation, or differentiation. Although, business strategy – differentiation that only can give positive influence to organizational design and decision making process for reaching the best organizational performance. It is concluded that airlines in Indonesia in highly uncertainty environment are suggested to offer unique product or service that different from competitor and give added value for customer and also to use organizational learning – organizational design for getting the best performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T52900
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arresto Ario
"Aplikasi Participation TV (PTV) adalah salah satu produk nilai tambah yang dibawa oleh Comverse (CMV) dalam industri Telekomunikasi. PTV merupakan layanan yang disediakan oleh CMV dengan menggunakan teknologi 3G yang memungkinkan pemirsa TV untuk berinteraksi dalam program yang dilangsungkan secara visual. Alur penggunaan aplikasi PTV, bukanlah sesuatu yang sederhana. Kompleksitas alur penggunaan ini dipengaruhi oleh banyaknya pemangku kepentingan.
Di antara pemangku pemangku kepentingan tadi, yang terpenting adalah operator 3G dan TV, Untuk memasuki pasar, CMV harus melakukan pendekatan terhadap kedua operator ini. CMV memiliki motivasi untuk mempercepat pemasaran aplikasi ini karena ingin mempercepat cost recovery dan meraih keuntungan sebagai pemain pertama yang masuk pasar. Namun pemasaran ini memiliki kendala yang harus dianalisa, yaitu tingkat penerimaan teknologi baru di pasar.
Industri Telekomunikasi Selular merupakan industri yang saat ini sedang naik daun dalam dunia bisnis di dunia. Di Indonesia sendiri, perusahaan yang bergerak di bisnis telekomunikasi selular juga berhasil mcnunjukkan eksistensi di hidnngnya dengan perform yang sangat baik. Sejak awal perkembangan pada sekitar tahun 1997, Industri ini berkembang sangat pesat yang ditandai dengan meningkatnya jumlah operator dan diikuti dengan peningkatan jumlah pelanggan.
Industri televisi di Indonesia juga sedang berkembang dengan pesat. Saat ini terdapat 13 Operator TV yang beroperasi di Indonesia dengan cakupan lokal maupun nasional. Industri televisi yang sudah ramai ini ditambah dengan adanya layanan Televisi berbayar baik yang yang menggunakan satelit maupun teknologi kabel. Kepadatan industri ini menyebabkan semua Operator TV mencoba mencari nilai tambah yang berbeda untuk menarik pemirsanya dan menarik investor yang mau melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan media televisi.
Permasalahan yang muncul adalah bagaimana peluang penerimaan di pasar dan inisiatif apa yang perlu diambil oleh CMV untuk mcmpercepat pemasaran aplikasi P'1 V. Setidaknya ada tiga pertanyaan yang hams dianalisa:
1. Apakah faktor pendukung infrastruktur 3G dapat mendukung impl ementasi?
2. Bagaimana mengurangi penghalang adopsi dan meningkatkan penerimaan?
3. Siapa yang menjadi prioritas target pasar dan bagaimana minat mereka?
CMV adalah perusahaan yang mulai berdiri sejak tahun 1984. perusahaan ini memiliki kantor pusat di Wakefield, USA dengan pusat operasi tambahan di Td Aviv dan Hongkong. CMV mulai memasuki Indonesia pada tahun 1997 dimana pada saat itu teknologi sclular GSM sedang mulai berkembang. Kesamaan waktu ini memberikan keuntungan bagi CMV untuk berkembang bersama operator selular.
CMV memiliki motivasi untuk - mempercepat pemasaran aplikasi ini di Indonesia karena adanya beberapa alasan. Alasan internal adalah dorongan internal untuk mempercepat cost recovery untuk riset dan pengembangan aplikasi ini. Selain alasan internal ini, secara stratej ik CMV juga memiliki alasan eksternal yaitu mengambil keuntungan sebagai first mover dan menyelaraskan dengan momentum pertumbuhan 3G di Indonesia. Salah saki implikasi yang muncul adalah kepentingan untuk menciptakan permintaan dari sisi operator TV agar dapat memperbesar probabilitas penerimaan aplikasi ini daiam rantai nilai tambah.
Pada saat melakukan analisa mengenai kesiapan infrastruktur, temuan yang didapatkan adalah operator 3G memiliki kesiapan infrastruktur, baik dari sisi cakupan area, kualitas jaringan dan komitmen pemasaran. Jika dilihat pada analisa penerimaan teknologi hare. operator 3G dan operator TV memiliki peluang yang besar monk meningkatkan adopsi PTV di pasar dengan pengembangan yang bisa disesuaikan dengan faktor yang mendukung hat ini. Pada analisa prioritas target pasar, temuan yang ada adalah adanya peluang pasar yang cukup besar. Hal ini dapat disikapi dengan penyediaan format yang sesuai dengan target pasar ini.
Berdasarkan analisa yang dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil adalah CNN memiliki peluang untuk melakukan pemasaran PTV di Indonesia. CMV hares berperan aktif mengembangkan aplikasi agar dapat meningkatkan penerimaan aplikasi di pasar. Faktor¬taktor yang menentukan kesimpulan ini adalah:
1. Infrastruktur 3G yang tersedia memiliki kelayakan dalam mendukung aplikasi PTV.
2. Masyarakat Indonesia cukup terbuka pada teknologi baru. Penerimaan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan keselarasan dengan faktor-faktor yang mendukung tingkat adopsi ini.
3. Ada peluang target pasar yang sangat menarik yaitu pelajar dengan usia dibawah 25 tahun. Penyediaan format acara yang sesuai dengan minat target pasar ini bukanlah sesuatu yang sangat sulit.
Berdasarkan kesimpulan bahwa PTV memiliki peluang untuk memasuki pasar Indonesia. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh CMV untuk memperkuat peluang ini. Langkah-langkah yang diambil oleh CMV hams didukung oleh beberapa department secara terintegrasi. Departemen yang akan terkait adalah pemasaran, riset dan pengembangan, dan manajemen proyek.

Participation TV Application is one of the added value products brought by Comverse (CMV) in the Telecommunication industry. PTV is a service provided by CMV using 3G technologies, which enables the TV viewers to interact with the program that is aired visually. The usage path of PTV application is not a simple matter. The number of stakeholders involved affects the complexity of the usage path.
Among those stakeholders the most important ones are the 3G and Television Operators. In entering the market, CMV must use approach toward these two operators. CMV has the motivation to accelerate the marketing of this application because it wants to swiftly earn cost recovery and gain benefit as the first player to be in the market. However this marketing effort has further obstacle that needs to be analyzed, that is the level of acceptance of new technology in the market.
The Cellular Telecommunication Industry is a prominent industry in the world. In Indonesia itself companies that are in the cellular telecommunication business have shown their existences with excellent performance. From its first development back in 1997 this industry has developed rapidly, which was marked by the increasing number of operators and followed by the increased number of customers.
Television Industry in Indonesia is also developing rapidly. At the moment, there are 13 Television Stations that are operating in Indonesia with local or national coverage. This is added with the presence of paid television service using satellite or cable technology. The increasing density of this industry has cause television operator to seek for different added value in attracting its viewers and grab more investors who are interested in using television as their marketing strategy.
The problem arisen is how the acceptance opportunity really is in the market, and what kind of initiative that CMV should take in order to accelerate the marketing of PTV application. There are at least three questions that should be analyzed:
1. Are the supporting factors of 3G infrastructures able to support the implementation?
2. How could we reduce the adoption barrier and increase the acceptance level?
3. Who are the priorities of target market and how is their intention?
CMV is a company that has been established since 1984. The headquarter of this company is resided in Wakefield, USA with additional center of operations in Tel Aviv and Hong Kong. CMV has been in Indonesia since 1997 where at that time the GSM cellular technology was beginning to develop. The perfect timing of its presence has benefited CMV in developing itself along with other cellular operators. CMV has the motivation to accelerate the marketing of this application in Indonesia due for some reasons.
There is an internal urge to accelerate the cost recovery for research and development of this application. Aside from that strategically CMV also has external reason that is taking benefit as first mover and harmonizes with the momentum of the development of 3G in Indonesia. One of the emerging implications is the need to create demand from the TV operator in order to increase the probability of acceptance of this application in added value chain.
In conducting analysis of the infrastructure preparedness, it is discovered that the Operator 3G has the infrastructure preparedness seen from the area of coverage, quality of network and marketing commitment. If we see it from the analysis of new technology acceptance, the 3G and TV Operators have great opportunity to increase the adoption of PTV in the market by having an adjustable development with other supporting factors. In the analysis of target market priority, it is found that there are great market opportunities. Providing format that is adjusted with this target market is one of the ways to react to it.
Based on the analysis carried out, we could draw a conclusion that CMV has the opportunity to conduct PTV marketing in Indonesia. CMV should actively play its role in developing the application so that it can increase the acceptance of this application in the market. The factors that determine this conclusion are:
1. The available 3G infrastructures have the feasibility in supporting the PTV application.
2. Indonesian community is open to new technology. We can increase the acceptance by also increasing the harmonization with other supporting factors of this adoption.
3. There is an interesting target market that is coming from under-25-year-old students. The provision of event format that is adjusted with the interest of this target market is not a difficult matter.
Based on this conclusion, PTV has the opportunity to enter Indonesian market. There are some steps that should be taken by CMV in order to strengthen this opportunity. Some departments should also support the steps taken by CMV in an integrated way. The related departments are marketing, research and development, and project management."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2007
T19678
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Tristrin Hajar
"Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja modal intelektual perbankan dengan menggunakan variabel berupa investasi pada sistem teknologi informasi, hambatan masuk industri, efisiensi investasi pada modal intelektual, efisiensi bank, risiko bank, dan profitabilitas bank. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank-bank yang terdaftar pada BEI untuk periode tahun 2007-2011 dan terpilih 24 bank yang menjadi sampel. Hasil regresi menyimpulkan bahwa hambatan masuk industri, efisiensi investasi pada modal intelektual dan efisiensi bank berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual perbankan. Tingkat profitabilitas bank berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual perbankan. Sedangkan investasi pada sistem teknologi informasi dan risiko bank tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja modal intelektual perbankan.

The focus of this study is to identify and examine empirically the factors that affect intellectual capital performance in the banks such as investments in systems of information technology, barriers to entry, the efficiency of investment in intellectual capital, bank efficiency, bank risk and profitability of banks. The research samples used in this study is banking companies that listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2007-2011 and selected 24 banks as samples. Regression result concluded that barriers to entry, efficiency of investment in intellectual capital and bank efficiency have significant negative effect on performance of banking intellectual capital. Bank profitability has significant positive effect on performance of banking intellectual capital. While investment in information technology systems and the bank's risk do not significantly influence performance of banking intellectual capital.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Patria
"ABSTRAK
Inisiatif proyek dapat diinisiasi oleh manajemen (pendekatan top-down) and tim proyek (pendekatan bottom-up). Manajemen umumnya menggunakan pendekatan pertama, yang cenderung melalui proses politik dengan melibatkan power, interests, and authority. Di sisi lain, pendekatan kedua cenderung lebih dinamik dalam situasi adanya kepentingan antara manajemen and tim proyek. Pengambilan keputusan efektif pada awal proyek menjadi lebih menantang. Studi ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap studi sebelumnya dengan eksplorasi pengaruh dan manajemen dan tim proyek terhadap proses pengambilan keputusan oleh pimpinan proyek-apakah prosesnya cenderung menggunakan pendekatan rasional, intuitif atau politik. Kuesioner disusun dengan memilih pimpinan proyek (PIC) yang bertanggung jawab atas perencanaan proyek atau bisnis. Data digunakan untuk menguji hipotesis dalam model penelitian dibangun dengan menggunakan alat model persamaan struktural(SEM) dengan SPSS dan AMOS. Bersamaan dengan kuesioner, wawancara dengan beberapa responden terpilih juga dilakukan. Temuan studi mengungkapkan perbedaan jalur dalam mencapai keberhasilan inisiasi proyek. Manajemen menggunakan proses pengambilan keputusan dengan rasionalitas prosedural dan intuisi. Di lain pihak, tim proyek menggunakan proses pengambilan keputusan rasionalitas prosedural dan politik konstruktif. Ternyata manajemen dan tim proyek menggunakan rasionalitas prosedural. Dari jalur yang signifikan tersebut, hasil studi menunjukkan lintasan kritis dalam mencapai inisiasi proyek yang berhasil dengan peningkatan keberagaman tim proyek dan penggunakan pengambilan keputusan berdasarkan politik konstruktif. Dengan demikian, terdapat paradoks dari partisipasi karena proyek bottom-up ditentukan oleh kedua pihak yaitu aspirasi tim proyek dan ekspektasi manejemen. Sehingga, organisasi seharusnya mendorong keberagaman tim proyek yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan secara politik melalui negosiasi yang diambil oleh pimpinan proyek. Dari tipologi riset ini, keputusan efektif dapat diraih dengan peningkatan keberagaman tim proyek dan pengambilan keputusan politik konstruktif. Dengan pemahaman jalur kritis untuk mencapai keputusan optimal, organisasi dan pimpinan proyek dapat meningkatkan keberhasilan inisiasi proyek. Dalam jangka panjang, hal tersebut dapat berkontribusi terhadap realisasi investasi di sektor migas Indonesia.

ABSTRACT
A project can be originated by management (top-down approach) and project team (bottom-up approach). The management generally performs the first approach, by which sounds politically made in given power, interests and authority. Conversely, the second approach tends to be more dynamic in given situation while the dual interests between management and project team members exist. Making the effective project decisions in given incomplete information at early stage is increasingly challenging. This study aims to fill the gap by exploring the influence of management and project team towards the decision-making applied by project leaders-whether the processes are more likely to be rationally made, or more intuitively or politically made. The structure questionnaire was created and distributed to selected respondents as person-in-charged (PIC) involved in planning project or business initiation. Data were used to examine the hypotheses in constructed research model by using structural equation model (SEM) tools with SPSS and AMOS. Along with questionnaire, interviews with selected respondents in this fields were also conducted. The findings reveal different paths towards successful project initiation. The management increases the successful project initiation by stimulating the procedural rationality and intuition decision making process. On the other hand, the project team increases the successful project initiation by practicing the procedural rationality and constructive political decision-making process. It turns out that both management and project team increase the successful project initiation by increasing the procedural rationality decision-making process applied by project leaders. Of each significant path, the findings find out the critical path towards successful project initiation by increasing the project team diversity and constructive political decision-making process. Accordingly, it turns out the paradox of shared participation since the bottom-up project initiation is actually affected by both project teams aspiration and managements expectation. Subsequently, organization should encourage the project team diversity affecting the constructive political decision-making process by practicing the bargain and negotiation applied by project leaders. As practical implications, project leaders can increase the project initiation by applying the effective decision affected by management (transformational leadership) and project team (diversity). From the typology found in this study, it turns out that effective decision can be enhanced by increasing the project team diversity and constructive political decision-making process. By understanding the critical path of optimal decision, organization and project leaders can boost the project initiation more successful. In the long run, it can contribute to the investment realization in Indonesia oil and gas midstream and downstream sector."
2020
D2723
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Raksanugraha
"Upaya untuk meningkatkan layanan (service) sembari mengelola biaya telah menjadi obyek penelitian yang berkelanjutan dalam bidang manajemen rantai pasokan (supply chain). Adopsi teknologi dipandang sebagai salah satu solusi yang menjanjikan terhadap tantangan klasik pengorbanan antara layanan dan biaya (service vs cost trade-off). Namun demikian, perdebatan akademis mengenai peranan kapabilitas adopsi teknologi terhadap kinerja perusahaan masih inkonklusif. Penelitian yang berkesimpulan bahwa adopsi teknologi berdampak positif terhadap kinerja perusahaan diimbangi oleh penelitian yang menemukan hal yang sebaliknya. Penelitian empiris ini yang menjadikan industri distribusi sebagai fokus penelitian, di mana kinerja layanan dan biaya layanan (cost-to-serve) sangat penting, bertujuan menganalisa peranan kapabilitas adopsi teknologi terhadap kinerja perusahaan. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti peranan faktor pendahulu adopsi teknologi dan eksekusi strategi. Model yang diusulkan terdiri dari kapabilitas adopsi teknologi dan eksekusi strategi dengan pendekatan teknologi-organisasi-lingkungan (Technology-Organization-Environment—TOE) dan lingkungan kerja organisasi (Organizational Task Environment –OTE). Sampel penelitian terdiri dari 393 distributor independen dari sebuah perusahaan Indonesia di bidang barang konsumsi sehari-hari (fast-moving consumer goods). Hasil utama dari penelitian ini adalah bahwa adopsi teknologi sendiri tidak cukup untuk memberikan dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Untuk mendapatkan manfaat yang optimum dari adopsi teknologi diperlukan eksekusi strategi. Penelitian ini tidak membahas konteks lokasi perusahaan sebagai faktor pembeda.

The quest of improving service while managing cost has been an ongoing research in supply chain management. Adoption of technology has been sought as a promising solution to this classic challenge of service vs cost trade off. However, the scholarly debates on the role of technology adoption capabilities towards firm’s performance are far from conclusive. Researches indicate positive impact of technology adoption to firm performance are equally buoyed by ones that indicate otherwise. Focusing on the distribution industry where service performance and cost-to-serve are critical, this empirical study aims to analyze the role of technology adoption capabilities towards firm’s performance. Using a quantitative research method, this study explores the influence of antecedents of technology adoption and strategy execution. The proposed model comprises of technology adoption capability and strategy execution using the technology-organization-environment framework and organizational task environment approach. The sample consists of 393 independent distributors of a fast-moving consumer good company in Indonesia. This study mainly suggests that technology adoption alone does not sufficiently provide a direct positive impact on firm performance. It requires strategy execution to make the most value of a technology adoption toward positive firm performance. Limitation of this study is that it does not include location context where the firms operate as a differentiating factor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Herawati
"Munculnya jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi sangat mengambil perhatian masyarakat di Jabodetabek untuk menggunakan aplikasi tersebut dan bergabung menjadi pengemudi maupun pengguna. Namun, masih banyak sekali kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang dirasakan baik dari sisi pengemudi maupun pengguna. Sebuah penelitian terkait persepsi pengguna dan pengemudi terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk terus mengembangkan jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi ini. Penelitian ini berfokus pada studi kasus PT Gojek Indonesia. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses pengadopsian pengguna dan pengemudi terhadap produk teknologi jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi akan dilakukan menggunakan model terintegrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Analisis akan dilakukan dan data akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi pengemudi kesan positif yang dirasakan tergolong rendah, namun kebermanfaatan dirasakan tergolong tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu meningkatkan kualitas aplikasi untuk meningkatkan kesan positif. Dari sisi pengguna, kesan positif dan kebermanfaatan sudah dinilai cukup tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu mempertahankan posisi dengan memberikan beberapa inovasi agar terus dapat berkompetisi.

The new service of online transportation reservation is currently popular, encouraging other people to join as a driver and as a user. However, there are still many difficulties in using the applications from both the driver's side and the user’s side. A related study of users and drivers perception about technology adoption is needed to develop transportation reservation applications. This research focuses on case study of PT Gojek Indonesia. Analysis of factors related to users and drivers’ technology adoption of transportation reservation applications will be done using the integrated model Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB). The analysis will be conducted and the data will be processed using the method of Structural Equation Modelling (SEM). The results showed low attitude towards behavior, yet high perceived usefulness from the driver's side so Gojek is expected to improve the quality of its application to enhance the positive impression from the driver's side. From the user side, the attitude towards behavior and perceived usefulness has been rated high enough so that Gojek is expected to maintain their current position by providing some innovation."
2016
S62057
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidabutar, Yosua Grandy Ara
"ABSTRAK
Permasalahan kota yang terjadi memicu pemerintah melalui Program Jakarta Smart City untuk bekerja sama dengan PT. Qlue Performa Indonesia yang menyediakan aplikasi Qlue Smart City untuk melaporkan masalah di Jakarta. Akan tetapi, partisipasi masyarakat dalam menggunakan aplikasi tersebut masih rendah dan dapat menghambat program Jakarta Smart City yang dijalankan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi teknologi aplikasi Qlue sehingga didapatkan strategi peningkatan pengguna aplikasi tersebut. Kombinasi model adopsi teknologi UTAUT dan TTF digunakan untuk kemudian diuji dengan menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan task-technology fit berpengaruh terhadap adopsi pengguna aplikasi Qlue. Selanjutnya, dilakukan analisis berdasarkan teori technology adoption life cycle yang menunjukkan bahwa pengguna Qlue saat ini masuk kedalam kategori early adopters. Disisi lain, penelitian ini juga menggunakan importance-performance analysis dalam merumuskan strategi pengembangan fitur aplikasi.

ABSTRACT
City issues occurred had driven government via Jakarta Smart City to collaborate with PT. Qlue Performa Indonesia whom has Qlue Smart City Application for people to report any issues around Jakarta. However, people rsquo s participation in using this application is still low and inhibit Jakarta Smart City program ran by the government. This research aims to analyze factors affecting technology adoption of Qlue, so strategies for increasing user of Qlue can be developed. The combination of technology adoption model UTAUT and TTF is used to be tested by structural equation modeling. Results show that performance expectancy, effort expectancy, social influence, and task technology fit significantly affect user adoption of Qlue application. Analysis of technology adoption life cycle is also done in this research showing that Qlue user are in early adopter stage. Besides, this research uses importance performance analysis to develop the strategies for application features development."
[2017;2017, 2017]
S66980
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>