Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 163079 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yuyun Kurniasih
"Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja perawat pelaksana dalam melakukan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Kepolisian Pusat Raden Sukanto Jakarta di 11 ruang rawat inap. Desain penelitian crass sectional, sampel diambil secara proporsionai random sampling dengan jumlah sampel 110 pasien. waktu pelaksanaan pada bulan Juni 2002. Data dianalisis dengan Chi-square untuk melihat hubungan antara variabel dependen dan independen, sedangkan untuk menilai kuatnya hubungan antara variabel dependen dan independen dilakukan dengan regresi holistik berganda dan untuk menentukan prioritas utama menggunakan diagram Kartesius.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perawat nilai tertinggi pada tindakan keperawatan sebesar 83,6 %, kepuasan pasien menunjukkan hasil 19,1 % menyatakan puas. Hasil uji bivaiiat menggunakan Chi- square didapatkan bahwa ada hubungan antara pengkajian dengan kepuasan pasien ( Pv=0, 000), ada hubungan antara diagnosa keperawatan dengan kepuasan pasien (Pv= 0.000), ada hubungan antara rencana keperawatan dengan kepuasan pasien ( Pv 0,0001), ada hubungan antara tindakan keperawatan dengan kepuasan pasien ( Pv= 0,015) dan ada hubungan antara evaluasi dengan kepuasan pasien ( Pv 0,001). Hasil multìvariat menggunakan regresi logistik berganda menunjukkan bahwa diagnosa keperawatan paling dominan daiam menentukan kepuasan pasien dikontrol oleh pengkajìan dan jenis kelamin (Exp.B.= 18,58). Diagram Kailesius menunjukkan pengkajian merupakan priotitas utama.
Untuk menindaklanjuti hasil penelitian disarankan untuk menyelenggarakan pelatihan proses keperawatan khususrrya pengkajian dan diagnosa keperawatan. Ditunjang dengan pelaksanaan supervisi serta penyempurnaan standar asuhan keperawatan dan standar operasional prosedur. Untuk peneliti lain penelitian ini merupakan data awal, untuk mendapatkan hasil yang Iebih objektif dikombinasi dengan wawancara dan observasi.

The research was providing to obtain the correlation between the nurses performance in nursing care and patient?s satisfaction. The research was conducted at Rumah Sakit Kepolisian Pusat Raden Said Sukanto, the number of sample were 110 which were taken randomly from 11 wards. Research design was cross sectional, Was held in June 2002. Data was analysed by using Chi-square to identify correlation between dependent variable with independent variable. Kartesius diagram was applied to determine the main priority.
The result of research showed that the nurses performance?s score mostly in implementation 83,6%, the rate satisfied patienst were 19,1%. From the result of Chi-square test there was a significant distinction between assesment with patient?s satisfaction (Pv = 0,000); between diagnosis with patent?s satisfaction (Pv = 0,000), between planning with patient?s satisfaction (Pv = 0,0001); between implementation with patient?s satisfaction (Pv = 0,015); between evaluation with patient?s satisfaction (Pv = 0,001). The result of multivaziate shows that diagnosis is more dominance in decisirving patient?s satisfaction after controfled by assesment and sex. Kartesius diagram shows that assesment in the demain priority.
To follow up the result of this research, it is recommended to rm the nursing process training particularly on asscsment and nursing cIignosñ. In adition supervision is needed to, as well as revision on nursing care standard and operational standard procedure. For the researcher, this research is basic data for gating the more objective result combine with interview and observation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2002
T3808
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eni Dwi Winarni
"Skripsi ini membahas mengenai kinerja perawat di unit rawat inap Rumah Sakit Kepolisian Pusar Raden Said Sukantotahun 2009. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Tujuan penelitian ini yaitu diketahuinya gambaran mengenai analisa kinerja perawat di unit rawat Rumkitpolpus RS Sukanto pada tahun 2009.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja perawat di unit rawat inap Rumkitpolpus RS Sukanto dengan kategori baik sebesar 52,7%. Analisis bivariat dengan uji khai kuadrat, tidak ada hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen.
Disarankan untuk dilakukan sistem reward dan punishment serta melakukan penilaian kinerja secara berkala terhadap perawat, memberikan insentif sesuai dengan beban kerja perawat, meneliti kembali jobdesk yang ada. Saran lain ialah dengan meningkatkan kualifikasi kepala pelaksana sehingga diharapkan dapat melaksanakan fungsi bimbingan dan memiliki jiwa kepemimpinan serta meneliti kembali metode dan frekuensi supervisi yang diberikan guna meningkatkan kinerja perawat.

This essay discusses the performance of nurses in the unit Inpatient Hospital Police navel Raden Said Sukantotahun 2009. This research is quantitative research with cross sectional design. Goal of this research is knowing a description of the performance analysis of nurses in the care unit Rumkitpolpus Sukanto Hospital in 2009.
Results of research show that the performance level of a nurse in the unit Rumkitpolpus Hospital Inpatient Sukanto with either category of 52.7%. Analysis bivariat with khai square test, there is no relationship between the independent variables with the dependent variable.
Suggested to be reward and punishment system and perform regular assessments of performance against the nurses, to provide incentives in accordance with the nurse work load, re-examine the existing jobdesk. Another suggestion is to improve the qualifications of the managers so that is expected to carry out guidance and leadership and have a life again examine the methods and frequency of supervision provided to improve the performance of nurses.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yoyo Haryono
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2006
T24824
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Ely Krisdarlina
"Kinerja personil baik kuantitas maupun kualitas dalam organisasi rumah sakit merupakan penampilan dari setiap upaya pelayanan kesehatan yang merupakan tanggung jawab perawat manajer. Perawat manajer adalah orang yang terlibat dalam akreditasi dan bertanggung jawab atas pengelolaan pelayanan keperawatan, sehingga tujuan pelayanan keperawatan yang bermutu tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran 'hubungan antara pemahaman tentang akreditasi rumah sakit dan karakteristik dengan kinerja perawat manajer di Rumah Sakit Kepolisian Pusat Raden Said Sukanto Jakarta'. Disain penelitian adalah deskriptif korelasional, pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 80 orang, dengan instrumen kuesioner yang telah diujikan hasil valid dan reliabel.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pemahaman akreditasi Rumah Sakit bidang pelayanan keperawatan dengan kinerja perawat manajer (p=0,973). Perawat manajer yang paham tentang akreditasi lebih baik, memiliki peluang untuk meningkatkan kinerjanya dibandingkan dengan perawat manajer yang kurang paham. Sedangkan karakteristik menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan dengan kinerja perawat manajer.
Disimpulkan bahwa pemahaman perawat manajer tentang akreditasi tidak berhubungan bermakna dengan kinerja perawat. Direkomendasikan bahwa pimpinan rumah sakit perlu menjelaskan pemahaman perawat manajer tentang akreditasi untuk meningkatkan kemampuan manajer dalam pengelolaan pelayanan keperawatan di rumah sakit.

In a hospital organization, the personnel's performance from both the quality or quantity standpoint reflects the effort in health service was responsible nurse manager. The person who is involved in the accreditation process is the nurse manager and he/ she is responsible in managing the nursing services to achieve the high quality nursing services.
This research is intended to illustrate 'the relationship between the understanding of hospital accreditation and individual characteristic with the performance of nurse managers at the Raden Said Sukanto Main Police Hospital in Jakarta'. The research format is a co relational descriptive with a cross sectional characteristic. The sample for this research is taken from the entire nurse manager staff at the RS Sukanto Main Police Hospital numbering to 80 people, the instrument used with the validity and reliability test.
The result reveals that there is no significant relation between the understanding of hospital accreditation in the field of nursing services with the nurse manager's performance (p=0.973). A nurse manager who understands the gist of accreditation has a slightly better chance to improve his/her performance compared to a nurse manager who is insufficient in his/her understanding of the accreditation. The research on characteristic reveals that there is no significant relation between the individual's characteristic and the performance of nurse managers at the RS Sukanto Main Police Hospital.
The conclusion of this study showed that there isn't significant relation between the undertanding nurse manager with performance nurse's. From this result can be suggested for direction hospital need explained the continuation of the accreditation process to provide an effective learning experience to increase the quality of the nursing service is recommended.
In a hospital organization, the personnel's performance from both the quality or quantity standpoint reflects the effort in health service was responsible nurse manager. The person who is involved in the accreditation process is the nurse manager and he/she is responsible in managing the nursing services to achieve the high quality nursing services. This research is intended to illustrate 'the relationship between the understanding of hospital accreditation and individual characteristic with the performance of nurse managers at the Raden Said Sukanto Main Police Hospital in Jakarta'. The research format is a co relational descriptive with a cross sectional characteristic. The sample for this research is taken from the entire nurse manager staff at the RS Sukanto Main Police Hospital numbering to 80 people, the instrument used with the validity and reliability test. The result reveals that there is no significant relation between the nderstanding of hospital accreditation in the field of nursing services with the nurse manager's performance (p=0.973). A nurse manager who understands the gist of accreditation has a slightly better chance to improve his/her performance compared to a nurse manager who is insufficient in his/her understanding of the accreditation. The research on characteristic reveals that there is no significant relation between the individual's characteristic and the performance of nurse managers at the RS Sukanto Main Police Hospital. The conclusion of this study showed that there isn't significant relation between the undertanding nurse manager with performance nurse's. From this result can be suggested for direction hospital need explained the continuation of the accreditation process to provide an effective learning experience to increase the quality of the nursing service is recommended.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
T-Pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maulia Mardini
"Kepuasan pasien merupakan suatu ketimpangan antara harapan dan kenyataan masing-masing individu terhadap pelayanan yang dirasakan dan diterima. Apabila jasa yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan maka mutu dipersepsikan baik dan memuaskan sebaliknya bila pelayanan yang diterima lebih rendah daripada yang diharapkan maka mutu pelayanan dipersepsikan buruk. Dengan demikian baik tidaknya mutu pelayanan tergantung dari kemampuan penyedia jasa dalam memenuhi kebutuhan harapan pelanggannya secara konsisten.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumkitpolpus RS Sukanto sesuai dengan karakteristik dan kelas perawatan pasien dengan metode Servqual terhadap pelayanan rawat inap. Pengukuran tingkat kepuasan dilakukan terhadap 191 responden dari berbagai tingkatan kelas dan ruang perawatan melalui pengisian kuesioner. Jenis penelitian ini adalah cross sectional. Data yang digunakan adalah data primer dengan analisis univariat dan bivariat serta tingkat kesesuaian antara harapan dan kenyataan tentang pelayanan yang diterima pasien ruang rawat inap yang tergambar dalam importance performance analysis. Hasil penelitian menunjukkan proporsi responden yang puas sebesar 37,7% sedangkan yang tidak puas sebesar 62,3%. Rata-rata harapan pasien adalah 3,51, dan rata-rata kenyataan yang diterima pasien adalah 3,32 dengan tingkat kesesuaian 94,63. Faktor-faktor yang menjadi prioritas utama (kuadran A) yang menjadi kelemahan dalam pelayanan rawat inap di Rumkitpolpus RS Sukanto adalah bagian admission yang meliputi prosedur yang cepat dan tepat, kenyamanan dan keamanan dalam pelayanan serta keadaan ruangan rawat inap yang meliputi ruangan yang bersih dan nyaman, kebersihan tempat tidur dan seprei serta kebersihan kamar mandi dan WC. Terdapat 3 faktor yang terdapat di kuadran B yang perlu dipertahankan dan perlu terus ditingkatkan kualitasnya.
Menyarankan kepada pihak Rumkitpolpus RS Sukanto untuk memberdayakan tim Gugus Kendali Mutu (GKM) guna memantau dan mengevaluasi mutu layanan di setiap unit layanan, memberi kesempatan bagi tenaga kesehatan untuk mengikuti Diktat tentang mutu layanan, membuat petunjuk teknis berupa standar penerimaan pasien yang jelas dan terperinci sehigga semua petugas dapat mengerti dan memahami tugasnya dengan baik. Diharapkan RS dapat membuat jadwal bezoek yang ketat sehingga pasien merasa lebih nyaman dan aman. Diadakannya lomba kebersihan di setiap ruang perawatan dengan imbalan insentif bagi setiap karyawan sehingga mereka termotivasi untuk meningkatkan kebersihan ruangannya.

Patient satisfaction is the gap between perceived service and expected service. Good quality will be accepted if the perceived service is appropriate with patient's expectation, on the other hand if the perceived service is lower than what patient expects, service quality must be bad. Good and bad service quality depends on provider's ability on providing the expected service to the customer continuously.
The aim of this study is to gain the description of patient satisfaction level in inpatient ward at RS Sukanto Police Department Hospital Center in 2002 based on patient characteristics and class of inpatient service. The measurement of satisfaction level was conducted to 191 subjects of vary classes at inpatient ward through filling in the questionnaire. This study was a cross sectional design which used primary data with univariate and bivariate analysis and appropriateness level between expectation and perception service among patients at inpatient ward which depicted by the importance performance analysis (Kartesius Diagram).
The result of this study showed that the proportion of satisfied patients were 37,7%, while unsatisfied patients were 62,3%. On average, patient expectation level was 3,51 and patient perception of service was 3,32 with appropriateness level was 94,36%. The priority factor (Quadrant A) that becomes the weakness of inpatient service at RS Sukanto Police Department Hospital Center were admission service as follows: quick and accurate procedure, security and comfortable service, and condition at inpatient ward including bed and sheet cleanliness as well as bathroom and toilet cleanliness. There were 3 factors on Quadrant S that needs to be kept and increased its quality.
It is recommended to Raden Said Sukanto Police Department Hospital Center to empower the team of quality control circle on every unit, giving chance to the health providers to increase their knowledge about service quality, to make a clear and detail technical report and standard operational procedure, so every employee in hospital could understand and recognize their duty well.
It is gratefully honor to the hospital to make tight schedule of patient visit so the patient could feel comfort and secure. Cleanliness competition should be held in every inpatient ward by rewarding every employee an incentive payback so they will be motivated to keep their room cleaned.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2002
T4435
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elisabeth Sri Lestari
"Salah satu indikasi peningkatan pelayanan kualitas rumah sakit adalah apabila penggunaan obat di rumah sakit dilakukan secara rasional, dengan manajemen pelayanan farmasi yang efektif sehingga dapat dicapai efisiensi biaya obat bagi pasien. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran seberapa besar inefisiensi biaya obat pada pasien rawat inap peserta askes dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Proporsi efisiensi biaya obat dihitung dengan mengurangi jumlah biaya obat pasien sesuai resep dokter dengan jumlah biaya obat yang riil terpakai oleh pasien. Sedangkan detenninan inefisiensi biaya obat yang diteliti adalah faktor internal yakni karakteristik dokter yang meliputi usia, jenis kelamin, masa keija dan tingkat pendidikan dokter, selain itu juga faktor ekstemal karakteristik pasien yang meliputi kelas perawatan, diagnosa penyakit serta komplikasi penyakit. Dalam hal ini dilakukan juga penelitian untuk mengetahui faktor yang paling dominan mempengaruhi timbulnya inefisiensi biaya obat. Data diperoleh dengan menggunakan data sekunder yaitu data rekam medik pasien dan data personalia dan dilanjutkan secara kualitatif dengan wawancara mendalam dengan responden dokter yang merawat pasien rawat inap peserta askes pada tahun 2008. Besar popu1asi pada penelitian ini adalah 2172 rekam medik dan besar sampel 231 rekam medik yang dipilih secara acak. Metode analisis yang digunakan adalah univariat, bivariat dengan uji t dan uji anova serta analisis multivariat dengan regresi linier ganda. Kemudian dilanjutkan secara secara kualitatif dengan cara wawancara mendalam dan sebagai respondennya adalah 5 orang dokter yang merawat pasien askes tahun 2008.
Hasil penelitian menunjukkan teijadi inefisiensi biaya obat DPHO sebesar 25.15% dan inefisiensi biaya obat Non DPHO sebesar 5.46%. Faktor internal yang mempengaruhi inefisiensi biaya obat adalah umur, masa keija dan tingkat pendidikan dokter, sedangkan faktor eksternal adalah diagnosa penyakit (kebidanan).
Dari penelitian ini disarankan perlunya kebijakan pimpinan rumah sakit tentang retur obat yang tidak terpakai, diterapkannya sistem One Unit Dose Dispensing secara paripurna, dilakukannya penyegaran tentang perkembangan ilmu kedokteran, standar operasional prosedur serta peraturan-peraturan yang diperlakukan di rumah sakit. Selain itu disarankan agar apotik askes menyediakan obat FPHO secara lengkap.

One of the indications of improvement in the quality of hospital services is the rational utilization of medicine, through the effective management of pharmaceutical services with the purpose to gain an efficient medicine cost for the patient. The purpose of the study is to identify the proportion of inefficiency medicine cost for inpatient health insurance patient's as well as its determinant.
The proportion of inefficiency cost based on medicine dispensing minus the actual cost of medicines spent by the patient. While the study on the pattern determinant of dispensing is the internal factor, namely, the physician's characteristics covering age, gender, term of service, and the level of educational background, including the patient's characteristic as the external factor, covering the hospital class level, diagnose and complication of the disease. A study is also done to identity the most dominant factor that influences the inefficiency of medicine cost The data is obtained from secondary data, which is the patient's medical record and personnel data, continued with the qualitative method through in depth interviews with the physicians as respondent who treated health insurance patients who were hospitalized in 2008.
The total study population include 2172 medical records and total sample 231 medical records taken at random. The analysis method is univariate, bivariate using t-test and anova tests, and a multivariate analysis with a multiple linier regression, continued with the qualitative method of in depth interviews. Respondents are 5 physicians who treated health insurance patient in 2008.
Results of the study indicates that the proportion of inefficiency in the DPHO cost is 25,15% and the inefficiency of non DPHO cost is 5.46 %. The internal faktor influencing the inefficiency of medicine cost includes age, term of service and lebel of the doctor's educational background, while the predominating external factor inefficiency of medicine cost is the diagnose of the desease (gynecology).
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T32432
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Noya, Lucky Herry
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan antara pemenuhan hak-hak perawat dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Pusat Kepolisian Raden Said Sukanto Jakarta. Penelitian ini mempergunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Hasil uji validitas dan reliabilitas kuesiner yang diuji pada 106 perawat diperoleh hasil validitas 0,263-0,600 (r tabel 0,195) dan reliabilitasnya 0,791. Hasil penelitian terdapat hubungan signifikan antara perlindungan terhadap risiko kerja (p=0,000), imbalan jasa pelayanan keperawatan (p=0,000), mengembangkan karir sesuai profesi (p=0,000), perlakuan adil dan jujur (p=0,000), hak cuti dan hak kepegawaian (p=0,033), mengembangkan diri melalui pendidikan formal dan non formal (p=0,000), pelayanan pemeriksaan kesehatan (p= 0,000) dengan kinerja perawat. Hak yang paling berhubungan dengan kinerja perawat adalah perlakuan adil dan jujur dari pimpinan (p=0,000). Pihak manager perlu membuat sebuah kebijakan tetantang pemenuhan hak-hak perawat dengan surat keputusan di Rumah Sakit Pusat Kepolisian Raden Said Sukanto Jakarta.

ABSTRACT
The purpose of this research was to identify the relationship between the fulfillments of the nurses? rights with their performance at Raden Said Sukanto Police Central Hospital Jakarta. This research used descriptive correlation design with a cross sectional approach. The respondent of this study was the total population who fulfilled the inclusion criteria which are all nurses working in inpatient rooms and the status of civil servants with at least one year eorking period. Instruments used are questionnaires that have been prepared based on the elements of the nurses rights? and nurse performance. Validity and reliability test results questionnaires tested on 106 nurses showed that the results of validity is 0,263-0,600 (table r=0,195) and reliability 0,791. From the data analysis, it has been recognized that there is a significant relationship between protection against the work risks (p=0,000), nursing services fees (p=0,000), the right to develop an appropriate professional career (p=0,000), fair and honest treatment (p=0,000), the leave and employment rights (p=0,033), the right to develop themselves through formal and non formal education (p=0,000), and health check service (p=0,000) with the performance of nurses. The right most associated with the performance of nurses is a fair and honest treatment from the leader (p=0,000). The manager is expected to make a policy about the fulfillments of the nurses? rights in the Decree at Raden Said Sukanto Police Central Hospital Jakarta.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T28483
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Pipin Farida Yosefina
"Salah satu masalah paling pokok dalam penyelenggaraan kegiatan pelayanan kesehatan adalah yang menyangkut sumber daya tenaga. Hal ini juga berlaku dalam kegiatan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan mempunyai sumber daya manusia yang kualitasnya sangat berperan dalam menunjang pelayanan tersebut. Sumber daya terpenting dalam rumah sakit adalah perawat, karena selain jumlahnya yang terbesar dari seluruh tenaga yang ada, mereka memberikan pelayanan 24 jam sehari selama tujuh hari dalam seminggu serta kontak yang konstan dengan pasien. Meningkatnya prevalensi gangguan jiwa akhir-akhir ini dan persentase rawat inap yang mengalami peningkatan, memerlukan pelayanan yang optimal dari RS Jiwa. Apalagi RS Jiwa Pusat Bogor sebagai pusat rujukan tertinggi dalam bidang kesehatan jiwa dituntut untuk senantiasa meningkatkan sumber daya manusianya secara terus menerus, sehingga mampu memberikan konstribusi bagi peningkatan kinerja RS Jiwa Pusat Bogor. Secara teori dijelaskan bahwa salah satu faktor yang dapat meningkatkan kinerja adalah terpenuhinya faktor kepuasan dalam pelaksanaan tugasnya. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan kerja perawat dengan kinerja menurut persepsi mereka (perawat) di RS Jiwa Pusat Bogor.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah "Cross sectional", dengan responden seluruh perawat pelaksana fungsional di ruang rawat inap sebanyak 137 orang, dari 172 orang perawat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi sendiri oleh responden. Analisis dilakukan dengan univariat, selanjutnya analisis bivariat dengan uji "Kai Kuadrat". Adapun analisis multivariat dilakukan dengan uji regresi logistik untuk mengetahui variabel independen yang paling berhubungan dengan variabel dependen.
Hasil penelitian menunjukkan lebih sedikit responden yang mempunyai kinerja yang baik menurut persepsi mereka sendiri yaitu 35.04 % dan hasil uji bivariat diketahui variabel kepuasan kerja tidak ada yang memiliki nilai p value 0.05, berarti tidak ada variabel independen yang menunjukkan adanya hubungan bermakna secara statistik dengan persepsi kinerja, serta variabel kontrol adalah pendidikan yang memiliki nilai p value < 0.05 (0.003) mempunyai hubungan bermakna dengan persepsi kinerja. Hasil uji multivariat dengan regresi logistik menunjukkan tidak ada variabel yang berhubungan dengan persepsi kinerja. Sesuai dengan hasil penelitian ini. maka disarankan kepada pimpinan RS Jiwa Pusat Bogor untuk mengupayakan program peningkatan kinerja perawat melalui peningkatan kemampuan (ability) dan motivasi (motivation), antara lain dengan memberi kesempatan mengikuti pendidikan keperawatan baik jalur formal dan non formal, sesuai dengan perencanaan rumah sakit.
Bagi peneliti lain disarankan melakukan penelitian sejenis dengan populasi yang lebih luas dan mencakup seluruh variabel kepuasan kerja dari Herzberg serta pengukuran kinerja dengan metoda lainnya, sehingga data yang diperoleh lebih akurat, reliabel dan tidak bias.

Relationship between Job Satisfaction and Performance Appraisal Perception of the Nurses at the Bogor Mental Hospital 2000. One of the main problems in health service is the human resources. That human resources is an important element is the success of this health services in the hospital. The most important human resources in the hospital is nurses, they give a 24 hour service a day. 7 days service a week, and they make a constant contact with the patients. The increase of mental sickness prevalence and the increase of the patients recently cause an optimum service need in a mental hospital, especially Bogor Mental Hospital is the centre of mental health referral. It this, therefore, demanded to always improve the quality of its human resources continuously. This will also give an impact on the improvement Bogor Mental Hospital performance. Theoretically, its said that one factor Co improve the performance appraisal is the fulfillment of one's satisfaction in doing jobs.
The study was done to find out the relationship between nurses' job satisfaction and performance appraisal Perception in the Bogor Mental Hospital. Cross Sectional approach were used in this study. As many as 137 out of 172 functional nurses become the respondents. Questionnaires the respondents filled in were used to collect the data.
The result of study shows that fewer nurses have a good performance appraisal perception 35.04 %. And bivariat analysis that there is no job satisfaction variables which has p value < 0.05. Control variable is education which has p value <0.05 (p = 0.003) has a significant correlation with a performance appraisal. Multivariat analysis shows that there no independent variables (job satisfaction) correlation with performance appraisal perception.
Considering these promising results, it`s recommended that the ability and motivation improvement be continued, and to other researchers it?s suggested the same study involving a larger population which covers all job satisfaction from Herzberg and the data gained with other methods.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T1900
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maryami Yuliana Kosim
"Penyakit jantung koroner (PJK) adalah penyebab paling umum kematian dini di dunia dan berdampak buruk pada kesejahteraan penderit. Ketidakpatuhan pada aturan diet PJK berhubungan dengan peningkatan angka kekambuhan PJK, namun masih banyak pasien gagal untuk mematuhi rekomendasi diet. Persepsi sakit merupakan prediktor penting untuk menilai kepatuhan terhadap regimen terapi. Penelitian ini dirancang untuk mengevaluasi hubungan persepsi sakit dengan kepatuhan diet pada pasien PJK di RS Kepolisian Pusat Dr. Said Sukanto. Penelitian cross sectional dilakukan dari Desember 2012 sampai Februari 2013. 85 pasien PJK dipilih melalui consecutive sampling. Kontinuitas korelasi chi square uji statistik digunakan untuk mengevaluasi hubungan antara persepsi sakit dan kepatuhan diet.
Pemodelan regresi logistik ganda digunakan untuk menentukan faktor yang paling berhubungan dengan kepatuhan diet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi sakit yang berhubungan dengan kepatuhan diet adalah perjalanan sakit (akut / kronis) (r = 2,64 dan P Nilai 0,017), kontrol perawatan (r = 2,34 dan P = 0,028 Nilai), dan penyebab (r = 1,76 dan nilai P 0,042). Waktu-perjalanan sakit merupakan faktor paling dominan yang berhubungan dengan kepatuhan diet (OR = 14). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klinis kepatuhan diet dapat diperbaiki dengan mengubah persepsi sakit dan perawatan klien. Memahami pola persepsi sakit dapat membantu mengidentifikasi strategi terbaik dalam merancang metode pendekatan untuk meningkatkan kepatuhan terhadap diet

Coronary heart disease (CHD) is the most common cause of premature death in the world and negatively affects the sufferer's well-being. Non-adherence to diet regimes in CHD is associated with increased CHD reccurrence, yet many patients fail to adhere to diet recommendations. Illness perception is an important predictor for adherence to therapeutic regimens. The present study was designed to evaluate the relationship of illness perception on adherence to diet of patients with coronary heart disease in Dr. Said Sukanto Central Police Hospital. A cross sectional study was carried out from December 2012 to February. 85 CHD patients were examined through consecutive sampling. Continuity correlation chi square test statistic was used to evaluate the correlation between illness perception and diet adherence. Predictive multiple logistic regression modeling was used to determine factors that most associated with diet adherence. The result showed that illness perception related to diet adherence was including timeline (acute/chronic) (r = 2.64 and p value 0.017), treatment control (r = 2.34 and p value = 0.028), and cause (r = 1.76 and p value 0.042). Timeline was the most dominant illness perception variable associated to diet adherence (OR=14). The results suggest that in clinical practice adherence may be improved by altering patients illness and treatment perceptions. Understanding patterns in illness perception may help identify the best strategies to promote a tail approach for improving adherence to diet."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
T46965
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>