Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 130681 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Masyarakat Hindu di Bali merupakan umat yang memegang erat budaya, hal ini diperlihatkan dengan upacara keagamaan yang sangat sering. Seiring perkembangan zaman, tentunya umat Hindu Bali tidak dapat hanya berkonsentrasi pada upacara, melainkan juga harus berfokus pada karir yang dijalani."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Pada saat ini, persaingan bisnis radio di Indonesia semakin ketat, baik itu di kota - kota besar maupun di kota kecil. Elkoga Radio adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa, maka Elkoga Radio dituntut untuk memberikan pelayanan yang dianggap paling memuaskan bagi pendengar seperti misalnya kemudahan bagi pendengar untuk berpartisipasi dalam acara - acara radio, sebagai sumber informasi, dan memberikan fasilitas - fasilitas yang berguna bagi masyarakat. Pada pembuatan Website ini, konsep perencanaan dan perancangannya melalui survei dan pengumpulan data, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), basis data dan selanjutnya adalah mengimplementasikannya. Disamping itu, program aplikasi yang digunakan Macromedia Dreamweaver 8, bahasa pemogramannya menggunakan PHP dan DBMS ( Database Management System) MySQL yang digunakan untuk menyimpan data. Hasil dari pembuatan website ini membantu pendengar setia Elkoga Radio Bali untuk mendapatkan informasi - irformasi yang dibutuhkan khususnya informasi di Radio Elkoga Radio. Web ini juga memberikan kemudahan bagi admin yang mengelola sistem informasi dalam manajemen website"
005 JEI 1:2 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"lnformasi Geografi adalah suatu sistem irformasi yang digunakan untuk Ststem memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisa dan menghasilkan data berejerensi geografis atau geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu perencanaan. Dengan menggunakan SIG maka diharapkan akan lebih mudah bag; para pengambil keputusan untuk mengetahui lokasi tempat ibadah beserta irformasi yang tersedta yang ada di Kotamadya Denpasar. Karena dengan adanya SJG, maka akan dtgambarkan pula letak atau lokasi dati tempat ibadah pada kondisi yang sesungguhnya dalam bentuk peta Denpasar, Pada Thesis ini, akan dibuat suatu Sistem Irformasi Geogrqfis (SJG) berbasis Mobile Android dengan menggunakan Zachman Framework untuk informasi tempat peribadatan yang ada di Kotamadya Denpasar, yaitu: Masjid, Gereja, Pura, Vihara dan Kelenteng. Disini nantinya akan didapatkan suatu analisa-analisa dan visualisasi dalam bentuk Mobile Android yang dapat digunakan sebagai referensi untuk para pengambii keputusan terutama dalam pencarian lokasi peribadatan di Kotamadya Denpasar."
005 JEI 2:2 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Wijang Widhiarso
"Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi berkembang sangat pesat. Salah satu teknologi yang berkembang pesat dan jamak digunakan adalah SMS (Short Message) yang dapat digunakan melalui telepon selular. Dalam rangka memberikan pelayanan prima kepada civitas akademika khususnya mahasiswa serta prosentase jumlah mahasiswa STMIK MDP yang menggunakan telepon selular (+ 90% ) memberikan peluang untuk memberikan layanan melalui sebuah aplikasi sistem informasi akademik menggunakan teknologi SMS. Pengguna dalam hal ini mahasiswa dapat mengakses seluruh informasi yang disediakan dengan hanya menggunakan sebuah identifikasi unik misalnya nomor pokok mahasiswa (NPM). Fitur pelayanan dan informasi yang dapat diberikan oleh aplikasi ini antara lain informasi untuk mahasiswa baru, registrasi, kalender akademik, jadwal kuliah dan daftar nilai mahasiswa (DNS). Perancangan aplikasi sistem informasi akademik berbasis teknologi SMS ini diharapkan dapat memberikan pelayaanan cepat dan prima yang muaranya adalah kepuasan pengguna khususnya mahasiswa.

Communication and information technology improves very fast. One of the technology that improves very fast and widely used is SMS (Short Message Service) that uses cellular phone. For the sake of giving good service to Especially the students of STMIK MDP who in big big percentage (+90%) uses cellular phone make an opportunity to give a service through an application of academic information system using SMS Technology. The user, ini this case the students, can acces the whole information provided by only using a unique identification number. The informations can be provide ar an information for new students, registration, academic calendar, course schedule and ??. The design of the SMS based application of academic information system is subjected to provide a quick and good services for the sake of user satisfication, especially students."
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aristejo
"Krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak medio 1997 membuktikan dua hal. Pertama, perusahaan besar yang cenderung menggurita dengan konglomerasinya ternyata begitu rapuh sehingga mudah terhempas krisis. Kedua, usaha kecil dan menengah yang selama ini dipandang sebelah mata justru menunjukan kesaktiannya dengan tetap eksis mengarungi krisis.
Permasalahan yang diangkat dalam penulisan Proyek Akhir ini
adalah:
1. Kurangnya kemampuan UKM untuk meningkatkan akses pasar, daya saing pemasaran serta pemahaman regulasi pasar baik pasar domestik maupun pasar global.
2. Terbatasnya informasi sumber bahan baku dan panjangnya jaringan distribusi, lemahnya kekuatan tawar-menawar khususnya bahan baku yang dikuasai oleh pengusaha besar mengakibatkan sulitnya pengendalian harga.
3. Blue print teknologi, khususnya teknologi informasi yang diperlukan dengan tujuan meningkatkan keunggulan bersaing.
Sektor UKM saat ini belum memahami pentingnya penerapan sistem dan teknologi informasi untuk mendukung strategi bisnis dan mengembangkan pasar mereka. Mereka menganggap sistem dan teknologi informasi adalah sesuatu yang hanya mendukung tingkatan operasional. Sehingga perlu diberikan gambaran bahwa sistem dan teknologi informasi dapat digunakan untuk mendukung strategi bisnis. Tak kalah pentingnya, sektor UKM yang telah menggunakan sistem dan teknologi informasi perlu dikembangkan sehingga selalu dapat mendukung strategi bisnis.

Economic crisis which knock over Indonesia since 1997 proving two matters. First of all, big companies tending to baby-abdominal belt with its in the reality brittle so that easy to slammed by crisis. Secondly, small and medium industries are which during the time looked into side eye exactly its miracle show fixed exist ford crisis.
Problems which is lifted in writing of Final Project are:
1. Lack of ability of Small and Medium Enterprise (SME) to increase access market, marketing competitiveness and also the understanding of good market regulation domestic market and also global market.
2. The limited information of its source of raw material and distribution network length, weak of dicker specially raw material mastered by big entrepreneur is difficult resulting price control.
3. The blue prints of technology, specially needed information technology with a purpose to improve excellence compete.
Sector of SME in this time comprehending not yet is important applying of information technology and system to support business strategy and develop theirmarket. They assume information technology and system is something that only supporting operational level. So that require to be given by picture that information technology and system can be used to support business strategy. Do not less important, sector of SME which have used information technology and systemrequire to be developed, so that always can support business strategy."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T40325
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herdiana
"Pemanfaatan fasilitas SCUP (Signaling Connection Part) routing pada International Carrier Switch (Sentral Gerbang Intemasional) untuk layanan transit signaling Intemasional dalam sebuah bisnis telekomunikasi memungkinkan sistem mobile communication dapat menawarkan value added services (VAS) antar negara, seperti layanan Short Message Service (SMS) dan location update (roanning) pada jaringan international. International Carrier Switch dapat menyediakan fasilitas transit signaling Intemasional antar negara yang dapat dimanfaatkan penyelenggara layanan mobile communication untuk dapat memberikan layanan sms dan roaming international. Dalam tugas akliir ini akan dianalisa dan dilakukan pengamatan lalu lintas traffic signaling yang terjadi pada International Switch Carrier untuk layanan sms dan location update (roaming) pada jaringan internasional dengan menggunakan program (tools) tTafik pada sentral tersebut dan alat ukur protocol analyser K1205 untuk tnengetallui transaksi aulara MSC/VLR dengan HLR atau SMSC melalui International Carrier Switch pada jaringan international untuk layanan sms dan location update (roaming) intcmasional, sehingga penyelenggara (operator) International Switch Carrier dapat memperkirakan berapa besarnya lalu lintas trafik layanan tersebut. Dengan adanya pemantaatan SCUP GATEIYAY untuk aplikasi SCCY rounting pada Irlernalional Carrier Switch dapat memudahkan penyelengara mobile communication melakukan kesepalan bersama untuk melakukan interkoneksi antar negara dengan mengenal satu alamat signaling (Point Code Irterimlional) untuk tujuan negara tertentu dan memberikan manfaat efisiensi jaringan (network- ) pada sistem mobile communication."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
S40018
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, perkembangan internet juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini terlihat dari semakin banyaknya pemanfaatan internet dalam segala bidang kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan. STIKOM BALI merupakan salah satu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer yang berada di pulau Bali. Sebagai salah satu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer yang berada di pulau Bali tentunya STIKOM BALI memiliki banyak sistem informasi yang menunjang proses pembelajaran. Salah satu sistem informasi yang dimanfaatkan oleh STIKOM BALI adalah sistem informasi perkuliahan. Dengan adanya sistem informasi ini, mahasiswa dapat mengetahui berbagai jenis informasi mengenai perkuliahan di STIKOM BALI. Sistem informasi perkuliahan ini dapat diakses oleh berbagai macam perangkat, mulai dari komputer sampai dengan smartphone. Dan yang menjadi permasalahan adalah semua perangkat tersebut memiliki layar dengan resolusi yang berbeda – beda, sehingga jika sistem informasi perkuliahan ini diakses melalui smartphone yang memiliki layar dengan resolusi kecil, maka konten yang ditampilkan menjadi rusak, atau jika bisa ditampilkan secara penuh atau mungkin akan direpotkan dengan aktifitas zoom-in dan zoom-out untuk membaca konten. Salah satu pemecahan dari masalah diatas adalah dengan menerapkan teknologi Web Design Responsive. Dengan menerapkan teknologi Web Design Responsive pada sistem informasi perkuliahan, maka sistem informasi perkuliahan ini akan langsung beradaptasi dengan ukuran layar device yang mengaksesnya."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abhimata Ar Rasyiid
"Menurut UU no 18 tahun 2012 tentang pangan dan PP no 17 tahun 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi, salah satu lingkup penyelenggaraan pangan adalah Sistem Informasi Pangan dan Gizi (SIPG). Untuk menjalankan amanat peraturan tersebut Pusat Data dan Informasi Badan Pangan Nasional, membangun SIPG. Berdasarkan dokumen laporan kinerja pusdatin, belum semua data dapat diakusisi kedalam SIPG. Belum adanya acuan yang detail dalam pengelolaan data SIPG menjadi permasalahan utama. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut penelitian ini merancang tata kelola data SIPG. Untuk menghasilkan rancangan tersebut penelitian ini melakukan tiga aktivitas sesuai dengan panduan DMBOK. Antara lain penilaian kesiapan, pengembangan strategi, dan pengembangan tujuan, prinsip dan kebijakan tata kelola data. Penilaian kesiapan menggunakan standford data governance maturity model. Berdasarkan hasil penilaian, tingkat kematangan tata kelola data SIPG saat ini adalah 2,16 atau level 2. Harapannya pada level 4. Untuk meningkatkan tingkat kematangan sesuai dengan harapan diberikan 48 rekomendasi sesuai dengan standford data governance maturity model. Struktur tata kelola data yang dihasilkan menyesuaikan dengan struktur organisasi Badan Pangan Nasional dan pemangku kebijakan di SIPG.

According to Law no. 18 of 2012 concerning food and Government Regulation no. 17 of 2015 concerning food security and nutrition, one of the scopes of food management is the Sistem Informasi Pangan dan Gizi (SIPG). To carry out the mandate of the regulation, Pusat Data dan Informasi Badan Pangan Nasional has built SIPG. Based on the Pusdatin performance report document, not all data can be acquired into SIPG. The lack of detailed references in managing SIPG data is the main problem. To solve this problem, this study designs data governance for SIPG. To produce this design, this study conducted three activities in accordance with the DMBOK guidelines. Among others, readiness assessment, strategy development, and development of data governance objectives, principles and policies. The readiness assessment uses the Standford Data Governance Maturity Model. Based on the assessment results, the current maturity level of SIPG data governance is 2.16 or level 2. The hope is at level 4. To increase the maturity level in accordance with expectations, 48 ​​recommendations are given in accordance with the Standford Data Governance Maturity Model. The resulting data governance structure is adjusted to the organizational structure of the National Food Agency and policy makers in SIPG.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Garit Nuriawadi
"Skripsi ini membahas mengenai penyebaran informasi dan proses pengolahan informasi sampai ke penyebaran informasi hukum dan peradilan di Perpustakaan Komisi Yudisial RI .Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran teknologi informasi dalam penyebaran informasi hukum dan peradilan yang dilakukan perpustakaan Komisi Yudisial RI dan mengidentifikasi kendala-kendala penyebaran informasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Komisi Yudisial RI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebarain informasi yang dilakukan oleh Perpustakaan Komisi Yudisial dalam penggunaan teknologi informasi masih tergantung terhadap media eletronik dalam penyebaran informasi nya masi menggunakan sarana internet dan web. Kendala yang masih dihadapi adalah bagaimana informasi terkait hukum dan peradilan di Perpustakaan Komisi Yudisial sampai kepada sasaran yang dituju dan bagaimana informasi tersebut sampai kepada masyarakat diluar dari sasaran yang terpusat seperti jakarta.

This thesis discusses the process of information dissemination and processing of information dissemination to law and justice in the Library of the Judicial Commission of Indonesia. This study used a qualitative approach to the case study method. This study aimed to identify the role of information technology in the dissemination of information law and justice is done Judicial Commission RI library and identify the constraints dissemination of information carried by the Library Commission of Judicial Affairs. The results showed that penyebarain library information by the Judicial Commission in the use of information technology is dependent on electronic media in the dissemination of its information masi using the internet and web facilities. Hurdles is how the information related to law and justice in the Library of the Judicial Commission to the intended target and how the information is up to the community outside of centralized targets such as Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46631
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Fajar Taufiq
"Sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima. Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai unsur pelaksana teknis pelayanan administrasi publik di bidang Perizinan, Penanaman Modal, dan Perluasan Penempatan Tenaga Kerja yang dituntut untuk dapat memberikan pelayanan publik ini kepada masyarakat. Dalam melakukan operasional sehari-harinya, DPMPTSPTK menangani sebanyak delapan puluh wewenang perizinan dan empat wewenang non-perizinan yang berada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar. Salah satu permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh kepala dinas adalah kondisi wilayah yang berupa gugusan pulau-pulau kecil membuat masyarakat yang terletak di pulau lain kesulitan memperoleh layanan DPMPTSPTK sebagaimana mestinya. Hal ini pun diangkat menjadi sebuah proyek perubahan yang diselenggarakan oleh kepala dinas. Dalam proyek ini pula dibutuhkan peran sistem informasi sebagai alat guna memperlancar tugas dan fungsi kedinasan serta mengatasi permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan adanya kebutuhan organisasi akan hal ini maka dilakukan analisis dan perancangan sistem informasi. Analisis dan perancangan sistem informasi ini mengikuti  proses System Development Life Cycle (SDLC) yang melalui tahap planning, analysis, design dan implementation. Metodologi SDLC yang diadopsi adalah prototyping mengikuti kebutuhan organisasi yang menginginkan adanya implementasi dalam waktu yang singkat. Dalam pemodelan atau perancangannya menggunakan Unified Modelling Language (UML). Hasil penelitian ini setelah melalui semua tahapan SDLC menghasilkan dua deliverable item, yakni sistem informasi itu sendiri dan dokumen manual/tutorial. Saat ini sistem informasi tersebut dapat diakses melalui website DPMPTSPTK (https://pmptsptk.kepulauanselayarkab.go.id) pada menu “Saya Pria Cakep”.

It is the government's duty to support the creation of excellent public service delivery. The Investment, One Stop Integrated Service and Manpower Office (DPMPTSPTK) of Selayar Islands Regency as an element of technical implementation of public administration services in the fields of Licensing, Investment, and Expansion of Manpower Placement are required to be able to provide this public service to the community. In carrying out its daily operations, DPMPTSPTK handles as many as eighty licensing authorities and four non-licensing authorities which are under the authorities of the Selayar Islands Regency Government. One of the problems and challenges have faced by the head of the department is that the condition of the Selayar’s area as the form of a group of small islands makes it difficult for people whose located on other islands to obtain DPMPTSPTK services as they should. This was also appointed as a changing project which is organized by the head of the service. In this project, the role of the information system is also needed as a tool to facilitate official duties and functions as well as to overcome the problems. Based on this organization's need, analysis and design of information systems is carried out. The analysis and design of this information system follows the System Development Life Cycle (SDLC) process which goes through the planning, analysis, design and implementation stages. The SDLC methodology adopted is prototyping as following the needs of organization that wants implementation in a short time period. In the designing, it’s using the Unified Modelling Language (UML). The results of this study after going through all stages of the SDLC are two deliverable items, which is the information system itself and manual/tutorial documents. Currently, this information system can be accessed through the DPMPTSPTK’s website (https://pmptsptk.kejualanselayarkab.go.id) under the "Saya Pria Cakep" menu."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>