Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 98837 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"This article shows the langauge behaviors in Pondok Pesantren Adlaniyah
Pasaman Barat. The research look into student activities in the class and out
of class. The results show that switching and mixing code appear because some
factors: mother language, age, motivations, habit, teachers, and environment. "
390 WE 2:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tarigan, Henry Guntur
Bandung: Angkasa, 1985
808.51 TAR b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ferly Junandar
"Pelajari public speaking efektif, dari memahami audiens hingga persiapan mental dan teknis, dengan bahasan ringkas dan mudah dipahami. Dapatkan kemampuan beradaptasi di panggung nyata dan ruang virtual, agar bicara kamu nyaman dan berkesan"
Jakarta: PT Gramedia, 2024
808.51 FER p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Syahrotul Latifah
"Kemampuan komunikasi menjadi hal yang paling penting dalam proses pembelajaran di kelas. Kemampuan komunikasi peserta didik dapat diukur melalui keterampilan berbicara yang dimiliki antar peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini ialah mendeskripsikan: (1)bentuk keterampilan berbicara antar peserta didik dalam pembelajaran, (2) faktor penyebab kegagalan keterampilan berbicara antar peserta didik dalam pembelajaran, (3) faktor peningkatan keberhasilan keterampilan berbicara antar peserta didik dalam pembelajaran, (4) interelasi keterampilan berbicara terhadap kemampuan komunikasi antar peserta didik dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan ialah menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu peserta didik kelas VII di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang ketika melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia. Data dalam penelitian ini berupa hasil tuturan berbicara dan tuturan komunikasi antar peserta didik di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang kelas VII yang diperoleh melalui perekaman, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk keterampilan berbicara terhadap kemampuan komunikasi antar peserta didik dalam pembelajaran memilikihubungan yang berbanding lurus. Peserta didik SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang telah menerapkan aspek kebahasaan dengan baik dan berdampak pada kemampuan berargumentasi yang baik pula, sedangkan aspek nonkebahasaan berupa sikap peserta didik yang masih kurang juga berdampak pada kemampuan merespon informasi dengan sikap menghargai orang lain juga masih kurang.
.....The communication process becomes the most important thing in the learning process atclass. Communication skills of students can be determinedthrough speaking skills possessed by students. Based on this, the purpose of this study aredescribing: (1) the form of speaking skills between students, 2) the factors that cause the failure of speaking skills among students , (3) thefailurfactors that causedthe success of speaking skills among students, (4) the interrelation of speaking skills on communication skills between studentsg. The research method used is using qualitative research. Sources of data in the study arestudents of class VII at SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang when studiedIndonesian language . The data in this study arein the form of speech and communication utterances amongstudents in Muhammadiyah 06 Dau Malang Malang,VII class which areobtained through recording, observation, and interview. The results of the study found that the form of speaking skills on communication skills amongstudents is directly proportional. Students of SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang \l have applied linguistic aspects well and a goodimpact thargumentation skills, while non-linguistic aspectssuch aslackofstudents' attitudes also have impact on the ability to respond to information duerespect for others too"
ambon: Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, 2020
400 JIKKT 8:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Semua orang tua menginginkan anak-anak mereka aman di sekolah, dan semua pendidik dan penyelenggara pendidikan juga ingin menyediakan lingkungan sekolah yang aman bagi anak-anak yang belajar di sekolah tersebut. Suatu hal yang agak ganjil yakni ketika nampaknya hampir semua orang merasa tahu tentang bullying, namun seringkali justru membiarkannya terjadi. Mereka memberikan perkecualian terhadap kasus bullying di sekolah, seakan-akan bullying berbeda dengan kasus kekerasan dan abuse lainnya. Artikel ini mencoba untuk mengkaji permasalahan bullying dari beberapa sudut pandang, untuk mencoba menghadirkan alternatif jawaban mengenai bagaimana cara menghadapi problematika bullying baik dari sisi orang tua, pendidik, maupun anak-anak yang terkait dengan permasalahan bullying tersebut."
MPUNAIR 14:1 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Triseu Setianingsih
"Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bayi (Usia 0-12 bulan) di Wilayah Cikarang Barat Kabupaten Bekasi Tahun 2009. Jenis rancangan penelitian Cross Sectional. Sampel penelitian adalah sebagian ibu yang memiliki balita usia 13-24 bulan sebanyak 250 ibu. Analisis data meliputi analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil analisis multivariat menunjukkan bahwa terdapat 5 variabel yang berhubungan dengan perilaku ibu yaitu variabel umur, pekerjaan, sikap, dukungan petugas dan akses terhadap pelayanan kesehatan. Variabel yang paling dominan adalah variabel pekerjaan dengan p=0,000 dan OR = 11,537. Disarankan kepada masyarakat khususnya ibu yang tidak bekerja untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan rangsangan terhadap bayi apalagi kuantitas ibu dirumah lebih banyak dibanding ibu yang bekerja, karena frekuensi ibu di rumah ternyata tidak menjamin kualitas perilaku ibu dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anaknya.

This thesis have propose to identified some factors that related with mother behavior on toddler's growth and development (age 0-12 months) at West Cikarang, Bekasi Regency in 2009. This research used Cross Sectional studies. The sample is 250 mothers who have toddler at age about 13-24 months. Data analysis encompassed univariate, bivariate and multivariate analysis. Multivariate analysis show that there is existing 5 variable which related with mother behavior as following age, occupation, attitude, support from related functionary and medical services access. Dominant variable is occupation variable with p=0,000 and OR= 11,537. It's recommended to the community, especially for mother without work, to increase their ability to give stimulus to their toddler. Even though they have more times rather than mother work but not guarantee that they have good behavior quality to support their toddler's growth and development."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
T41257
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rachma Rahim
"ABSTRAK
Terdapat banyak tantangan kehidupan yang dialami remaja Indonesia saat ini,
salah satunya ialah kerentanan terhadap gaya hidup modern yang dapat
meningkatkan ancaman risiko kesehatan, terutama pada kesehatan reproduksi
remaja. Sekolah sebagai institusi pendidikan berperan penting dalam
pembentukan perilaku sehat remaja dan merupakan sumber pengetahuan
kesehatan reproduksi remaja yang utama. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan perilaku seksual (pengetahuan, sikap, dan praktik) antara
dua jenis institusi pendidikan yang berbeda, yaitu sekolah umum dan pondok
pesantren. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional melalui
pengisian kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada 62 siswa SMA ?X? dan 109
siswa Pondok Pesantren ?Y? Kecamatan Sawangan Kota Depok pada Maret-Mei
2015. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada
pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi antara kedua sekolah. Sebaliknya,
perbedaan yang signifikan terdapat pada sikap terhadap perilaku seksual dan
praktik/tindakan seksual antara siswa SMA ?X? dan Pondok Pesantren ?Y?.

ABSTRACT
Nowadays adolescents in Indonesia are facing many challenges in their life such
as the modern youth lifestyle that can lead into certain health risks, particularly
their health reproductive issues. As the educational institution, school plays a
significant role in spreading the knowledge about health reproductive and shaping
healthy behaviour in adolescents. This research aims to determine the differences
in sexual behaviour (knowledge, attitude, and practice) between two educational
institutions which have different curriculum, High School and Pondok Pesantren.
This research applies cross sectional design by completing the questionnaires.
There are 62 students of SMA ?X? and 109 students of Pondok Pesantren ?Y?
Sawangan Sub-district Depok City involve in this research during March-May
2015. The results indicate that there is no significant difference in the knowledge
of health reproductive between two schools. In contrast, there are significant
differences in sexual attitude and practice between students in SMA ?X? and
Pondok Pesantren ?Y?."
2015
S59169
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Rahmawati
"Perilaku Hidup Bersih dan Sehat PHBS pada pondok pesantren masih perlu ditingkatkan untuk mencegah terjadinya penyakit. Salah satu upaya untuk meningkatkan PHBS adalah mengimplementasikan Pos Kesehatan Pesantren Poskestren . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan praktik perilaku hidup bersih dan sehat santri pondok pesantren Pos Kesehatan Pesantren Poskestren dan Non Poskestren. Desain penelitian menggunakan desain deskriptif komparatif dengan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebesar 138 orang. Hasil penelitian menggambarkan tidak ada perbedaan pengetahuan PHBS p=0,137; ?=0,05 , tetapi ada perbedaan sikap p=0,007; ?=0,05 dan praktik PHBS p=0,000; ?=0,05 santri di pondok pesantren Poskestren dan Non Poskestren. Hasil penelitian diharapkan menjadi dasar bagi pondok pesantren untuk meningkatkan kinerja Poskestren bekerja sama dengan Puskesmas untuk melakukan promosi kesehatan."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S67842
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yus Rusyana, 1938-
Jakarta : Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1981
499.221 YUS k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>