Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144574 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Purwantiningsih
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pengendalian internal dan upaya Kementerian Sosial dalam proses pengelolaan persediaan logistik bencana alam Gudang Induk Bekasi Kementerian Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknis
analisis atas wawancara mendalam kepada pihak yang terkait dengan pengelolaan
persediaan logistik bencana alam Gudang Induk Bekasi Kementerian Sosial. Hasil
penelitian ini adalah faktor aktivitas pengendalian merupakan komponen yang
lemah dibandingkan dengan faktor lingkungan pengendalian, penilaian risiko,
informasi dan komunikasi serta pengawasan. Oleh karena itu pengelolaan gudang
sebaiknya mengacu pada SOP yang telah disusun sehingga gudang memiliki
perannya secara optimal layaknya sistem pergudangan skala besar

ABSTRACT
This research is aimed to analyzes the implementation of internal controls and
efforts Ministry of Social Affairs in the process of inventories management on
Natural Disasters Logistics Warehouse Bekasi Ministry of Social Affairs. This
research is a qualitative case study approach. This study uses a technical analysis
of the depth interviews with staff who manage logistics of natural disasters
Warehouses Bekasi Ministry of Social Affairs. The results of this study are factors
control activity is more vulnerable than the component factors control
environment, risk assessment, information and communication and monitoring.
Therefore, the warehouse logistics management should refer to the SOP that has
been prepared so that the warehouse has an optimal role like a large-scale
warehousing system"
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Yusyawiru
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal terkait pengelolaan persediaan di Universitas Riau serta bertujuan memberikan rekomendasi untuk menghadapi masalah yang terjadi. Laporan audit BPKP menyatakan bahwa UR belum melaksanakan kegiatan pengendalian dengan tepat dan memadai. Metode dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif berupa studi kasus. Data telah diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, serta wawancara mendalam terhadap informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kelemahan universitas dalam melaksanakan kegiatan pengendalian atas pengelolaan persediaan. Kelemahan yang ditemukan seperti pada pengendalian fisik aset, ditemukannya kegiatan yang belum memiliki SOP serta flowchart pada SOP yang sangat sederhana atas proses penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian barang. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada universitas terkait kelemahan atas kegiatan pengendalian tersebut, seperti SOP baru dan rekomendasi lain dalam upaya mengatasi masalah yang ada. Kelemahan penelitian ini adalah tidak adanya data terkait audit report dari Tim SPI serta data audit atas sistem informasi akuntansi.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze internal control system related to inventory management at University of X and aims to provide a recommendation to manage problems that occurred. Audit report from State Development Audit Agency stated that the university has not conducted proper and adequate control activities. The method in this research is descriptive analysis in the form of case study. Data have been obtained through document analysis, observation, and in-depth interviews with informants. The results show that there are weaknesses of university in conducting control activities on inventory management. The weakness that has been found such as, at physical control of asset, where there is an activity that does not have a SOP and an unsophisticated flowchart for standard SOP on accepting, saving and distributing goods. The recommendation obtained from this study to organization related to control activities such as new SOP and other recommendation that can be applied to solve existing problems. The limitations of this study are the absence of audit reports from the university's internal audit team and the audit results of the accounting information system.

"
2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gea Andi Satria
"ABSTRAK
Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) yang baik akan berdampak pada pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel sehingga terwujud good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kualitas sistem pengendalian intern pengelolaan Barang Milik Negara pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Metode penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner, observasi, wawancara serta studi pustaka dan dokumen peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukkan kualitas sistem pengendalian intern pengelolaan Barang Milik Negara yang mengacu pada unsur-unsur SPIP yang terdapat dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 telah berjalan dengan baik.

ABSTRACT
A good implementation of the government internal control system (SPIP) will have an impact on a transparent and an accountable management of state finance to realize a good governance in the delivery of government services. This study aims to assess the quality of internal control systems Government Assets management in Coordinating Ministry for Economic Affairs. The research uses questionnaire method, observation, interview and literature study and document the legislation. The research concludes that the quality of the internal control system refering to the SPIP elements contained in The Regulation Number 60 of 2008 has run well.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Sakina
"Penelitian ini membahas tentang analisis risiko pengendalian internal atas prosedur pengelolaan aset tetap pada Perum Perumnas. Penelitian ini menjabarkan dengan detail prosedur yang berlaku dalam pengelolaan aset tetap kemudian mengidentifikasi risiko terkait. Penelitian ini menganalisis mitigasi yang telah dilakukan dan respon perusahaan terhadap risiko yang ada. Penyusunan skripsi menggunakan metode studi kasus. Hasil dari penelitian adalah pengendalian internal atas prosedur pengelolaan aset tetap pada Perum Perumnas Regional III telah dilakukan dengan baik. Digunakan pedekatan COSO Internal Control Framework Update 2014 atas risiko-risiko yang teridentifikasi dari lima prosedur terkait pengelolaan aset tetap terdapat 6,56% (4 risiko) berada pada kuadran I yang berarti kombinasi dari risiko yang memiliki nilai probabilitas hampir pasti terjadi dan dampaknya sangat besar apabila risiko terjadi. Hasil penelitian terdapat 93,44% (57 risiko) berada pada kuadran II yang berarti kombinasi dari risiko yang memiliki nilai probabilitas hampir tidak mungkin terjadi dan dampaknya sangat besar apabila risiko terjadi. Risiko-risiko yang telah teridentifikasi telah dilakukan mitigasi serta respon reducing dan sharing apabila risiko terjadi. Empat dari lima komponen dari COSO Internal Control Framework Update 2014 telah dilakukan dengan baik oleh manajemen Perum Perumnas Regional III yaitu lingkungan pengendalian (control environment), aktivitas pengendalian (control activities), informasi dan komunikasi (information and communication), pengawasan (monitoring).

This research discusses about risk analysis of internal control over fixed asset management procedures at Perum Perumnas. This research describes in detail the procedures that apply fixed asset management then identifies the related risks. This research analyze the mitigation that has been done and the companys response to the existing risks. This research is compiling the research using case study method. Result of the research are internal control over the procedure for fixed asset management at Perum Perumnas Regional III has been done well. Using the 2014 COSO internal control framework approach to the risk identified from five procedures related to fixed assets management there are 6.56% (4 risks) in quadrant I, which means combination of risks that have a probability value almost certainly occurs and the impact is very large if the risk occurs. And there are 93.44% (57 risks) in quadrant II, which means that combination of risks that have a probability value is almost impossible and the impact is very large if the risk occurs. The risks that have been identified have been mitigated as well as reducing and sharing responses when risks occur. Four of five components of 2014 COSO internal control framework have been done well by the management of Perum Perumnas Regional III, there is control environment, control activity, information and communication, and monitoring."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rauda Intan Suryaningtyas
"Kegiatan dari suatu universitas adalah memberikan pengajaran, memberikan pencerahan, mencerdaskan masyarakat, dan memberikan manfaat langsung untuk kehidupan masyarakat. Salah satu kegiatan spesifik yang universitas lakukan adalah melakukan penelitian. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh universitas adalah untuk memberikan stimulan kepada para sivitas atau akademisi untuk menghasilkan penemunan-penemuan baru. Adanya kewajiban terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan pencapaian terhadap target-target yang ditentukan menuntut setiap Perguruan Tinggi atau Univeristas untuk mengadakan suatu pengelolaan secara keseluruhan. Untuk menjaga proses pengelolaan berjalan dengan baik, suatu institusi dapat mengoperasikan pengendalian internal. Tujuan dari pengendalian internal itu sendiri merupakan cara atau langkah bagi suatu institusi untuk menjaga setiap proses operasional dan kepatuhannya supaya dapat mencapai target kinerja yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengendalian Internal pada pengelolaan penelitian yang berjalan di Universitas XYZ. Analisis dilakukan berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO dengan lima elemen pengendalian internal dan standar yang berlaku terkait pengelolaan penelitian di perguruan tinggi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada pengelolaan penelitian yang dilakukan oleh Universitas XYZ sudah berjalan dengan baik namun masih perlu adanya peningkatan di beberapa aspek antara lain lingkungan pengendalian terhadap pengelolaan sumberdaya manusia; identifikasi dan penilaian terhadap risiko penelitian; aktivitas pengendalian terhadap pendokumentasian pencatatan yang memadai dan pengecekan fisik terhadap pelaporan keuangan penelitian; informasi komunikasi untuk memperoleh, menghasilkan, dan menggunakan informasi yang berkualitas dan relevan; pengawas untuk melakukan evaluasi yang berkesinambungan dan terpisah secara periodic. Peningkatan pengelolaan terhadap penelitian dan inovasi juga perlu dilakukan untuk memaksimalkan langkah Universitas untuk mencapai tujuannya menjadi unggulan di Asia Tenggara dan menuju Universitas Kelas Dunia.

The activities of a university are to provide teaching, enlightenment, educate the community, and provide direct benefits for people's lives. One specific activity that universities do is to conduct research. Research activities carried out by universities are to provide stimulants to the civitas or academics to produce new discoveries. There is an obligation to carry out research activities and the achievement of specified targets requires each university or university to carry out an overall management. To keep the management process running well, an institution can operate internal controls. The purpose of internal control itself is a way or step for an institution to maintain each operational process and compliance in order to achieve predetermined performance targets. This study aims to analyze Internal Control in the management of research that runs at XYZ University. The analysis was carried out based on COSO's internal control framework with five elements of internal control and applicable standards related to research management in tertiary institutions. The results of this study conclude that internal control in the management of research conducted by XYZ University has been going well but there still needs to be an improvement in several aspects including the control environment on human resource management; identification and assessment of research risks; control activities for adequate documentation and physical checking of research financial reporting; communication information to obtain, produce and use quality and relevant information; supervisor to carry out continuous and periodic separate evaluations. Improved management of research and innovation also needs to be done to maximize the steps of the University to achieve its goal of becoming a leader in Southeast Asia and towards a World Class University."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bren Eisen Hower
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal atas pengelolaan perjalanan dinas pada Sekretariat Jenderal Kementerian ABC. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum memadainya pengendalian internal atas pengelolaan perjalanan dinas di Sekretariat Jenderal Kementerian ABC karena terdapat temuan perjalanan dinas dari Badan Pemeriksa Keuangan. Pengendalian Internal atas Pengelolaan Perjalanan Dinas yang dilakukan Manajemen, Tim Penilai dan Tim Reviu menilai bahwa pengendalian internal atas pengelolaan perjalanan dinas telah memadai untuk dapat meminimalisasi terjadinya penyimpangan, namun di sisi lain Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih menemukan terjadinya penyimpangan. Penelitian ini menggunakan kriteria pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Pengendalian Internal atas Pelaporan Keuangan (PIPK) sebagai alat evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui reviu dokumen dan wawancara dengan beberapa pegawai di Sekretariat Jenderal Kementerian ABC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal atas pengelolaan perjalanan dinas di Sekretariat Jenderal Kementerian ABC telah efektif. Namun implementasi pengendalian internal atas pengelolaan perjalanan dinas tersebut belum maksimal karena identifikasi risiko yang tidak lengkap dan belum ada pengendalian yang memadai untuk memitigasi risiko tersebut. Selain itu adanya kelemahan dalam melakukan pengendalian internal tingkat entitas dan pengendalian utama teknologi informasi dan komunikasi turut memengaruhi pengendalian internal atas pengelolaan perjalanan dinas di Sekretariat Jenderal Kementerian ABC.

This research aims to evaluate internal control over the management of official travel at the Secretariat General of the ABC Ministry. This research was motivated by inadequate internal control over the management of official travel at the Secretariat General of the Ministry of ABC due to findings of official travel from the Financial Audit Agency. Internal Control over the Management of Official Travel carried out by Management, the Assessment Team and the Review Team assesses that the internal control over the management of official travel is adequate to minimize the occurrence of irregularities, but on the other hand, the Financial Audit Agency still finds irregularities. This research uses the criteria in Minister of Finance Regulation Number 17 of 2019 concerning Internal Control over Financial Reporting as an evaluation tool. The method used in this research is a case study with qualitative research approach. Research data was obtained through document reviews and interviews with several employees at the Secretariat General of the ABC Ministry. The research results show that internal control over the management of official travel at the Secretariat General of the ABC Ministry is effective. However, the implementation of internal controls for managing official travel has not been optimal because risk identification is incomplete and there are no adequate controls to mitigate those risks. Apart from that, there are weaknesses in carrying out internal control at the entity level and the main control of information and communication technology which also affects the internal control over the management of official travel at the Secretariat General of the ABC Ministry."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desriza Gustina
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pengelolaan piutang di Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah dilaksanakan sesuai dengan best practices manajemen piutang dan untuk menganalisis apakah pengendalian intern atas piutang tersebut sudah dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2008. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan instrumen penelitian berupa observasi, wawancara dengan menggunakan purposive technique, dan dengan analisis dokumentasi yang dimiliki oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penelitian ini dilakukan pada pengelolaan empat jenis piutang PNBP yaitu piutang Biaya Hak Penyelenggaran Telekomunikasi, piutang Tarif Kontribusi Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation, piutang Biaya Hak Penyelenggaraan Frekuensi Radio untuk Izin Stasiun Radio, serta Biaya Hak Penyelenggaraan Izin Pita Frekuensi Radio. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan piutang di Kementerian Komunikasi dan Informatika belum dilaksanakan sesuai dengan best practices manajemen piutang dan pengendalian intern yang selama ini berjalan belum cukup memadai. Oleh karena itu masih diperlukan beberapa perbaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam pengelolaan piutangnya sebagai bentuk akuntabilitas dari pengelolaan kekayaan publik.

ABSTRACT
This study is aimed to analyze whether the management of accounts receivable in the Ministry of Communications and Information Technology has been implemented in accordance with the best practices receivable management and to analyze whether internal control over these receivables have been implemented effectively in accordance with Government Regulation No. 60, 2008. The method used is qualitative research with research instruments are observation, interviews using purposive technique, and with the analysis of the documentation which is owned by the Ministry of Communications and Information Technology. This research was conducted on four types of accounts receivable management of non tax revenues, they are Cost of Providing Telecommunication Rights, Receivables Rates Contributions Universal Service Obligations Universal Service Obligation, Rights Fees Receivable Provision for Radio Frequency Radio Station License and Operation License Fee of Radio Frequency Band. The results of this study indicate management of receivable at the Ministry of Communications and Information has not been carried out in accordance with best practices receivable management and internal control during this run has not been sufficient. Therefore, it still needed some improvements by the Ministry of Communications and Information Technology in the management of their receivables as a form of accountability of the management of public wealth."
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Komang Herawati
"Tesis ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pengendalian intern atas pengelolaan kas besi pada Perwakilan RI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif melalui survei dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengendalian intern belum memadai diantaranya belum adanya pedoman hukum yang kuat terkait pengelolaannya serta pembebanan biaya mutasi Home Staff Perwakilan RI yang mempengaruhi likuiditas anggaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi sistem pengendalian intern pengelolaan kas besi di Perwakilan RI di antaranya kebutuhan anggaran yang mendadak, perencanaan dan pelaksanaan anggaran yang tidak sejalan, revolving uang persediaan yang terlambat, adanya Pembukuan Fihak Ketiga PFK minus yang belum diselesaikan, kompetensi sumber daya manusia, komitmen dan keteladanan dari Pimpinan, ketersediaan infrastruktur dan efektivitas peran pengawasan intern Inspektorat Jenderal yang dapat memberikan rekomendasi atas pelaksanaan anggaran di Perwakilan RI.

The aim of this research is to identify factors that affect the internal control systems to the management of reserved fund at Indonesian Embassies. This research is a qualitative research with descriptive design through survey and interview. The results of the research indicate the internal control system still indaquate cause of the absence of legal guidelines and the imposition of the deployment cost. The factors that affected the internal control system are improper budgetary planning, delayed of revolving, bookkeeping unrelated to third parties, competence of employees, commitment and role model of leadership, infrastructure and the effectiveness of internal control Inspectorat General.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayu Ramadriani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi sistem pengendalian intern pemerintah yang sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 terhadap pengelolaan utang pihak ketiga. Objek penelitian ini dilakukan pada Lembaga Pemerintah X yang merupakan Lembaga Pemerintah Non-kementerian yang mempunyai tugas membantu dan bertanggung jawab secara langsung kepada Presiden Republik Indonesia. Lembaga Pemerintah X memiliki nilai utang pihak ketiga yang dinilai paling signifikan jumlahnya di antara kementerian/lembaga lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur dan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis implementasi sistem pengendalian intern pemerintah atas pengelolaan utang pihak ketiga menunjukkan masih terdapat proses yang belum memadai dalam komponen lingkungan pengendalian atas penetapan reward dan punishment, kompetensi dan pelatihan SDM, jumlah pegawai, sistem penilaian risiko, kegiatan pengendalian, dan ketidaktersediannya informasi dan komunikasi yang memadai. Rekomendasi dari hasil penelitian ini adalah pembuatan petunjuk pelaksanaan pengelolaan utang pihak ketiga, petunjuk teknis pengelolaan utang pihak ketiga, Standar Operasional Prosedur pengelolaan utang pihak ketiga yang mendasari pekerjaan, dan penetapan akun risiko utang pihak ketiga yang tertuang dalam kertas kerja Pengendalian Intern Pelaporan Keuangan (PIPK), serta tersedianya pendidikan dan pelatihan bagi seluruh pegawai pengelola utang

This study aims to evaluate the implementation of the government's internal control system following Government Regulation No. 60 of 2008 on the management of third-party debt. The object of this research is Government Institution X, which is a non-ministerial government institution that has the task of assisting and reporting directly to the President of the Republic of Indonesia. Government Institution X has the value of third-party debt, which is considered the most significant in number among other ministries/institutions. Data were collected through semi-structured interviews and using qualitative descriptive analysis techniques. The results of the analysis of the implementation of the government's internal control system on third-party debt management show that there are still inefficient processes in the components of the control environment for the determination of rewards and punishments, HR competencies and training, number of employees, risk assessment system, control activities, and the unavailability of information and communication. Recommendations from the results of this study for managing third-party debt are the preparation of guidelines and technical instructions. Prepared Standard Operating Procedures for managing third-party debt that underlies the work and determining third-party debt risk accounts contained in the Internal Control over Financial Reporting (ICOFR) working paper, as well as the availability of education and training for all debt management employees."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lukman Hakim
"Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan refleksi diri atas pengalaman magang dan mengevaluasi pengendalian internal PT KS terutama pada proses pembayaran atas persediaan bahan baku yang dilakukan. PT KS adalah salah satu anak perusahaan perusahaan transportasi darat yang bertugas untuk menunjang usaha dari perusahaan induk. Evaluasi pengendalian internal proses pembayaran atas pembelian bahan baku menggunakan komponen aktivitas pengendalian dari kerangka pengendalian internal Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Komponen aktivitas pengendalian yang dievaluasi terdiri dari verifikasi, rekonsiliasi, otorisasi dan persetujuan, pemisahan tugas, dan pengendalian supervisi. Dari evaluasi yang dilakukan, PT KS telah menjalankan pengendalian internal dengan baik. Setelah melakukan refleksi diri atas pengalaman magang, hal yang harus ditingkatkan kembali adalah kedisiplinan diri, kemampuan SAP, dan kepercayaan diri. Dengan tindak lanjut untuk melakukan perencanaan jangka panjang, mencari karir di perusahaan yang menggunakan SAP, dan memperkaya pengetahuan

This internship report discusses the self reflection upon the internship experiences and the evaluation of PT KS internal control for raw material inventories purchases. PT KS is a subsidiary of a land transportation business company in Indonesia that focuses on supporting the parent company’s main business activities. The theory used in the analysis for internal control for raw material inventories purchases was control activity component from Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) internal control framework. The component of control activity evaluated consists of verification, reconciliations, authorizations and approvals, segregation of duties, and supervisory controls. The result from the evaluation shows that the internal control conducted by PT KS has been well applied. After doing self reflection when the internship ended, the things that must be improved are self discipline, skills in using SAP, and self confidence.With a plan to do long term planning, continuing career in a company that uses SAP system, and enriching knowledge"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>