Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61304 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sibarani, Natasha
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana dan mengapa konsumen menerima atau menolak perubahan merek perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Indosat Ooredoo yang pada tahun 2015 lalu baru saja terpapar fenomena perubahan merek product dari Indosat menjadi Indosat Ooredoo. Hasil pada penelitian ini menunjukkan tiga buah proses sikap terhadap product rebranding. ditemukan juga perbedaan karakteristik individu yang dapat memberikan efek pada sikap konsumen.

The purpose of this research is to understand how and why consumers resist or accept corporate rebranding. The sample in this study is Indosat Ooredoo consumers in 2015 which newly exposed to the phenomenon of changes in product brand Indosat into Indosat Ooredoo. The results in this study showed three attitudes toward the product rebranding process and differences in the characteristics of individuals who can give the effect on consumer attitudes."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64545
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ghina Maulanny Gani
"Penelitian ini menganalisis pengaruh Rebranding terhadap Brand Loyalty dan terhadap Brand Equity pada Indosat Ooredoo. Indosat Ooredoo dinyatakan berhasil dalam melakukan rebranding. Hal ini terbukti dengan adanya prilaku positif yang di tunjukkan oleh konsumen dan meningkatnya brand equity yang di pengaruhi oleh brand loyalty. Hasil penelitian ini menemukan bahwa rebranding yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo berhasil meningkatkan brand equity dengan mempertahankan nama "Indosat" pada perubahan logo / nama produk. Dengan ini,  loyalitas brand sebagai variabel mediasi berhasil meningkatkan brand equity Indosat Ooredoo. Pengujian dilakukan dengan menggunakan model analisis regresi dengan metode analisis data deskriptif. Dengan wilayah persebaran kuesioner di wilayah Jabodetabek.

This research analyzes the effect of Rebranding on Brand Loyalty and to Brand Equity on Indosat Ooredoo. Indosat Ooredoo was declared successful in rebranding. This is evidenced by the positive behavior given by consumers and increased brand equity that is influenced by brand loyalty. The results of this study found that the rebranding conducted by Indosat Ooredoo managed to increase brand equity by maintaining the name "Indosat" on the change of logo / product name. It is hereby stated that brand loyalty as a mediating variable succeeded in increasing Indosat Ooredoo's brand equity. The test is done by using regression model with descriptive data analysis method. With the distribution area of questionnaires in Jabodetabek area.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kayrana Amadyatara
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor dari perceived quality dan brand trust terhadap suatu merek dan pengaruhnya terhadap perceived quality, brand trust dan brand loyalty. Penelitian ini dilakukan terhadap 160 responden yang didapat melalui teknik purposive sampling. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda dan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan dalam penilaian perceived quality, brand trust dan brand loyalty dari merek Indosat dan Indosat Ooredoo. Selain itu, knowledge of the brand substitution, degree of acceptance of the brand change, percevied similarity between the old and new brand dan attachment to initial brand berpengaruh positif terhadap perceived quality. Meskipun demikian, hanya variabel degree of acceptance of the brand change dan attachment to initial brand yang berpengaruh positif terhadap brand trust. Sementara variabel knowledge of the brand substitution dan perceived similarity between the old and new brand memiliki pengaruh negatif terhadap brand trust. Selain itu, perceived quality terbukti memiliki pengaruh positif terhadap brand trust, namun berpengaruh negatif terhadap brand loyalty. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh positif terhadap brand loyalty.

This study aims to analyze the influence of perceived quality and brand trust factors towards perceived quality, brand trust and brand loyalty of a brand. Respondents of this research are chosen through purposive sampling, with total 160 respondents. Compare Means and Structural Equation Modelling (SEM) are used to process the data. The result of this research shows that there are no difference between the measurement of perceived quality, brand trust and brand loyalty betwen Indosat and Indosat Ooerdoo. Knowledge of the brand substitution, degree of acceptance of the brand change, percevied similarity between the old and new brand and attachment to initial brand have positive effect towards perceived quality. Meanwhile, only degree of acceptance of the brand change and attachment to initial brand have positive effect towards brand trust. While knowledge of the brand substitution and perceived similarity have negative effect towards brand trust. Furthermore, perceived quality have positive effect on brand trust, but negative towards brand loyalty. Other than that, brand trust also positively effect brand loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63028
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Nattaya Hutami
"Serikat Pekerja/Serikat Buruh di Indonesia serta pelaksanaanya dalam praktik di tingkat perusahaan Indosat Ooredoo. Dalam hal ini Serikat Pekerja/Serikat Buruh PT. Indosat Ooredoo telah melaksanakan hal-hal yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan namun ternyata hal-hal yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dapat disimpangi dalam Anggaran rumah tangga Serikat Pekerja/Serikat Buruh PT. Indosat Ooredoo mengenai keanggotaan Serikat Pekerja/Serikat Buruh PT. Indosat Ooredoo yang terbatas pada Pekerja/Buruh tetap. Skripsi ini berfokus pada peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh bagi pekerja/buruh di PT. Indosat. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Hasil penelitian ini adalah bagaimana peran Serikat Pekerja/Serikat Buruh terutama di PT. Indosat Ooredoo serta apakah peran tersebut sudah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

This thesis his thesis discusses the role of trade unions / labor in general in laws and regulations relating to Labour / Trade Unions in Indonesia as well as its implementation in practice at the enterprise level Ooredoo Indosat. In this case the Labour / Trade Unions PT. Indosat Ooredoo has implemented the things contained in the legislation, but it turns out the things contained in the legislation can be criss-in bylaws Labour / Trade Unions PT. Indosat Ooredoo on membership Workers Union / Labour PT. Indosat Ooredoo limited to the employees / workers remain. This thesis focuses on the role of trade unions / labor for employee, especially in PT. Indosat. This research using normative juridical methods. The result of this research is how the role of trade unions / labor, especially in PT. Indosat Ooredoo and whether it is consistent with the role of legislation"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
S64196
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damaarti Setyoningrum
"Seiring dengan berkembangnya komunikasi, berkembang pula lah berbagai hal yang mendukung lajunya arus komunikasi dan hal yang berhubungan dengannya. Salah satunya yaitu kebutuhan dalam mendapatkan informasi. Kebutuhan ini kemudian bisa dipenuhi lewat produk kartu GSM. Lewat kartu GSM orang bisa berkomunikasi dan bertukar informasi dengan lebih mudah daripada fasilitas komunikasi lainnya. Sebagai penyedia layanan komunikasi yang terintegrasi, Indosat kemudian mengeluarkan kartu GSM bersaing dengan penyedia layanan yang bermain sebelumnya yaitu Telkomsel. Sebelumnya Indosat lebih dikenal dalam mengeluarkan produk sambungan langsung internasional dan cukup terpercaya sebagai penyedia jasa tersebut. Tetapi Mentari dinilai sukses dilihat dari perhitungan pendapatan serta jumlah pelanggan. Selain memberi pemasukan terbesar 75,1% dari keseluruhan pendapatan Indosat, Mentari juga memiliki jumlah pelanggan lebih besar daripada produk Indosat lain (7 juta pelanggan dari keseluruhan 9 juta pelanggan). Pada tahun 2004, Indosat mengganti logo perusahaannya. Untuk itu, Indosat sekaligus mengeluarkan iklan korporat dalam rangka mengkomunikasikan pergantian logo tersebut beserta pergantian citra perusahaannya. Lewat iklan ini, seberapa jauh sikap khalayak dapat dipengaruhi? Selain iklan korporat itu sendiri, peneliti juga ingin melihat pengaruh apa lagi yang bisa mempengaruhi sikap khalayak pada Mentari, sehingga pada akhirnya dipilihlah perusahaan Indosat sendiri. Karena pada dasarnya perubahan yang dilakukan Indosat lewat iklan korporatnya tak akan lepas dari pengaruh citra khalayak terhadap perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang lebih berpengaruh terhadap brand attitudes, yaitu faktor persepsi pada ikian korporat atau persepsi pada perusahaan sebagai variabel independen. Model Respon Kognitif dijadikan acuan untuk menjelaskan hubungan antara persepsi pada iklan korporat dan persepsi pada perusahaan. Selain itu, konsep Aaker tentang merek korporat menjadi konsep dasar dalam variabel persepsi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode survei dan instrumen kuesioner. Sifat penelitian ini adalah eksplanatif. Hal ini untuk menguji hubungan antara persepsi pada iklan korporat dan persepsi pada perusahaan terhadap sikap pada brand (brand attitudes) dengan metode ukur Pearson's Correlation. Kemudian untuk mengukur faktor mana yang lebih berpengaruh terhadap brand attitudes, maka peneliti menggunakan uji regresi dengan metode Enter. Lewat pengujian, ditemukan bahwa persepsi pada iklan korporat dan persepsi pada perusahaan masing-masing memiliki hubungan yang nyata dan cukup kuat terhadap pembentukan brand attitudes. Namun, dalam uji regresi ditemukan bahwa faktor persepsi pada perusahaan Indosat lebih berpengaruh daripada persepsi pada iklan korporat Indosat Penelitian ini sekaligus mengimplikasikan bahwa model respon kognitif yang menjelaskan hubungan antara faktor persepsi pada iklan, persepsi pada perusahaan dan brand attitudes terbukti berlaku, yaitu persepsi pada iklan dan persepsi pada perusahaan mempengaruhi brand attitudes.

With the growth of communication, there's also a lot of things that support the growth of communication itself. One of is the need to get an information. This needs then, can be fulfill with a product called GSM Card. Using GSM Card, people can connect each other and trading information becomes more easier. As one of the company who provide integrated communication services, Indosat then manufactured GSM Card competing with previous competitor, Telkomsel. Before, Indosat has known as by providing international connection services and quite respected for that. But then, Mentari also make some marks considering the income and costumer that Mentari has raised. Mentari was noted to give share total income 75,1% from all the product that Indosat has. Mentari also has has total 7 million costumer from 9 million costumer that was counted by Indosat. In 2004, Indosat changed their company logo. For that Indosat also make some communication effort by making a corporate advertising. By that Indosat hope that they can get a new, younger and a better image. By this ad, how far people attitudes can be influenced? Besides the corporate ad itself, this research also wants to see what other variables that might have influence the attitudes that the audience had toward Mentari. Then the perception of Indosat company itself rise in, because the changes that Indosat has made through their corporate ad cannot be part from the audience perception of the Indosat company itself. This research is also trying to find about which factor that might more influencing towards brand attitudes, whether perception on corporate advertising or perception on the company as independent variables. The cognitive respond model was put to become the example to explain the connection between peception on corporate advertising and perception on the company of one of the product manufacturer. Beside that, the corporate company of one of the product manufacturer. Beside that, the corporate concept that Aaker has become the basic concept to company perception variable. This research is using survey method, questioner as an instrument and is an explanative research. To test the correlation between perception of corporate advertising and perception of the manufacturing company toward brand attitude on one of the manufacturing company (Mentari), was tested using pearson correlation. Then, to identify which factor has the most influence on brand attitudes, a regression test with Enter method was used. Data analysis found that perception on corporate advertising and perception on manufacturing company have a significant and a strong correlation forming the brand attitudes. But in a regression test, it was acknowleged that the perception on manufacturing company has more influence on brand attitudes then the perception on corporate advertising. This research also implicates that Cognitive Respond Model that explain the connection between advertising, and company as source and brand attitudes is proven, where advertising and manufacturing company influence brand attitudes.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
S4272
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Priantono
"Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak perubahan kepemilikan dari government dominant menjadi private dominant terhadap kinerja PT Indosat sebagai akibat dari privatisasi yang dilakukan oleh pemerintah. Sebagai BUMN yang melayani hajat hidup orang banyak, kinerja PT Indosat dilihat dari tiga aspek, yaitu kinerja operasional, manfaat terhadap pemerintah, serta manfaat terhadap pelanggan dan masyarakat.
Perubahan dalam perusahaan terjadi melalui proses yang kompleks dan bertahap sehingga pada akhirnya berdampak pada kinerja perusahaan. Berdasarkan prinsip parsimoni, peneliti dapat melakukan penyederhanaan kompleksitas tersebut sehingga penelitian hanya berfokus pada hubunganhubungan antar variabel utama. Penelitian ini bersifat eksplanatoris, yaitu menjelaskan bagaimana perubahan kepemilikan sebagai variabel eksogen berdampak pada pengambilan keputusan stratejik dan kinerja perusahaan sebagai variabel endogen. Hubungan antar variabel-variabel yang ada dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan kepemilikan dari era government dominant menjadi era private dominant memiliki dampak tidak langsung yang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan sumbangan pemikiran baru tentang privatisasi: (1) kinerja perusahaan dengan kepemilikan private dominant tidak lebih profitable dibandingkan perusahaan dengan kepemilikan government dominant; dan (2) pelayanan publik sektor telekomunikasi pada era private dominant lebih mengalami peningkatan dibandingkan pada era government dominant. Selanjutnya penelitian ini memberikan rekomendasi agar proporsi kepemilikan pemerintah dapat ditingkatkan secara optimal bila privatisasi BUMN mengarah pada dominasi swasta, sehingga posisi tawar pemerintah cukup seimbang dan kepentingan seluruh stakeholder lebih terjaga.

This research aims to analyze the impact of ownership change, from government dominant to private dominant, toward the performance of PT Indosat as a result of privatization. As a state-owned enterprise (SOE) that provide vital services for public livelihood, PT Indosat performance should be assessed from three aspects, i.e. operational performance, benefit for government and benefit for customers and public.
Transformation in the company happens through complex and gradual process that impacts the company‟s performance. Based on parsimony principle, researcher can simplifies the complexity so the research only focuses to the relationship between main variables. This explanatory research explains how the change of ownership as exogenous variable impacts the strategic decision making and company‟s performance as endogenous variables. Relationship between existing variables is analyzed using quantitative method.
The result shows that the change of ownership from government dominant era to private dominant era has indirect significant impact towards company‟s performance. This research reveals two new findings about privatization: (1) the performance of SOE during the private dominant era was not more profitable than the government dominant era; and (2) telecommunication public services during private dominant era have more improvement than government dominant era. This research then recommend to the government to increase the proportion of ownership optimally if the privatization leads to private domination, so that the government have more balanced bargaining position and the interests of all stakeholders will be protected better."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
D1322
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harry Andiko Pratama
"Over the top sebagai layanan media yang menawarkan hiburan dan informasi kepada penggunanya dengan menggunakan koneksi internet. Koneksi internet yang digunakan oleh OTT merupakan layanan yang disediakan oleh operator seluler. Saat ini, operator seluler, menggelar infrastruktur jaringannya dengan biaya mereka sendiri, tanpa adanya kontribusi dari OTT. Biaya investasi tinggi yang dikeluarkan oleh operator seluler ini, tidak sebanding dengan pendapatan yang mereka terima. Namun, di sisi lain koneksi internet yang dihasilkan dari investasi ini, lebih banyak dinikmati oleh OTT. Hal ini dibuktikan dengan tinggi konsumsi bandwidth yang dilihat dari tingginya trafik yang disebabkan oleh aktivitas OTT. Berdasarkan pemetaan yang dilakukan oleh operator seluler, operator seluler mengalami peningkatan trafik yang signifikan untuk setiap triwulan, namun peningkatan trafik ini tidak sebanding dengan peningkatan revenue. Dalam 2 tahun terakhir, trafik Indosat Ooredoo tumbuh lebih dari 100%, namun pertumbuhan revenue nya kurang dari 50%. Terdapat perbedaan selisih yang besar antara pertumbuhan trafik dan revenue pada operator seluler. Untuk menutupi selisih ini, OTT seharusnya mengambil peran, karena merupakan entitas yang menikmati jaringan operator dan menghasilkan revenue dari jaringan tersebut. OTT perlu memberikan kompensasi kepada operator seluler, kompensasi ini bisa dalam 2 cara, Pertama, OTT bisa memberikan fresh money kepada operator seluler sebagai bentuk kompensasi, Kedua, OTT bisa membuat sistem premium user, premium user ini perlu membayarkan sejumlah biaya untuk mengakses OTT, namun diberikan garansi kualiatas jaringan yang baik oleh operator seluler.

Over the Top as media service that offered user any entertainment and information using internet connection. Internet connection that are uses by OTT are using mobile operator network service. Currently mobile operator deploy infrastructure for network service by their own without any contribution from OTT. With the high cost of investment, mobile operators do not get comparable revenue. In the other hand, OTT consume their bandwith, proving by number of traffic that are capture at mobile operator. Based on mobile operator network profile, mobile operators have significant traffic increament for every quarter, but this traffic growth is not same as revenue growth. In the last 2 years Indosat Ooredoo traffic are growth more than 100%, while the revenue is growth less than 50%. The are big gap of traffic growth and revenue growth at mobile operator. To cover this gap, OTT must take a role, as entity are enjoying internet connection and convert them to revenue. OTT need to gift compensation to mobile operator for benefit they are taking from mobile operator network. This compensation can use 2 scheme, 1st OTT directly give money to mobile operator as compensastion, 2nd OTT use premium user scheme, premium user will need to pay some cost with guaranted internet connection experience from mobile operator."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fenny Nadia Nur Utami
"PT Indosat Ooredoo Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyelenggaraan jasa telekomunikasi seluler dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia. Penggabungan antara kedua perusahaan yang resmi dilaksanakan di awall tahun 2022 menimbulkan pertanyaan, mengingat pada penilaian awal kedua perusahaan memiliki berpotenssi menyebabkan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat. Oleh karena itu, skripsi ini membahas mengenai kesesuaian pendapat KPPU terhadap merger yang telah dilakukan antara kedua perusahaan yang saat ini dikenal sebagai PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk. Analisis berfokus pada pendapat KPPU pada dampak pelaksanaan merger Indosat dan Hutchison terhadap persaingan usaha di industri telekomunikasi seluler, serta dampak yang ditimbulkan akibat merger yang dilakukan oleh Indosat dan Hutchison. Untuk mengetahui hasilnya, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis normatif, di mana penulis akan menguraikan permasalahan persaingan usaha, yaitu merger yang timbul kemudian akan menganalisis permasalahan berdasarkan pendapat yang diberikan oleh KPPU disesuaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Penulis menyimpulkan bahwa penggabungan antara Indosat dengan Huitchison tidak menimbulkan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat maupun menimbulkan posisi dominan dalam pasar bersangkutan, namun penggabungan memang berdampak langsung bagi beberapa pihak.

PT Indosat Ooredoo Tbk and PT Hutchison 3 Indonesia are companies engaged in providing cellular telecommunications services and are one of the largest in Indonesia. The merger between the two companies which was officially implemented in early 2022 raises questions, considering that at the initial assessment the two companies had the potential to cause monopolistic practices and/or unfair business competition. Therefore, this thesis discusses the suitability of KPPU's opinion regarding the merger that has been carried out between the two companies which is currently known as PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk. The analysis focuses on KPPU's opinion on the impact of the Indosat and Hutchison merger on business competition in the cellular telecommunication industry, as well as the impact caused by the merger carried out by Indosat and Hutchison. To find out the results, this research was conducted using a normative analysis method, in which the author will describe the problem of business competition, namely the merger that arises then will analyze the problem based on the opinion given by KPPU according to the applicable laws and regulations. The author concludes that the merger between Indosat and Huitchison did not result in monopolistic practices and/or unfair business competition or create a dominant position in the relevant market, but the merger did have a direct impact on several parties."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: [Publisher not identified], 1994
332.6 PRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Alaind Fadrian
"ABSTRAK

Adopsi teknologi Generasi Keempat (4G) mendorong perubahan perilaku subcriber pada pasar Indonesia. Teknologi ini diyakini telah mempermudah subcriber untuk akses data ke media sosial elektronik, layanan pesan daring,  layanan transportasi online, dan e-commerce. Di sisi lain keberadaan layanan Over-The-Top (OTT) yang memungkinkan pelanggan  untuk melakukan panggilan voice over IP, video call, dan chatting telah menggantikan teknologi Generasi Kedua (2G) yang selama ini menjadi ladang penghasilan operator di Indonesia. Teknologi  layanan pesan daring yang marak digunakan pada era 4G dinilai telah menyebabkan penurunan trafik layanan 2G, yaitu layanan suara berbasis Circuit Switch (CS) dan Short Message Services (SMS). Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis  keberlangsungan teknologi 2G pada jaringan seluler  PT Indosat Tbk. Dari sisi ekonomi, pada penelitian ini dilakukan pengamatan terhadap market share dan market growth dari ketiga teknologi seluler (2G, 3G, dan 4G) yang saat ini digelar PT Indosat Tbk berdasarkan revenue dan distribusi trafik dengan menggunakan Matriks Boston Cunsulting Group (BCG). Hal ini bertujuan untuk pengambilan keputusan teknologi mana yang harus dipertahankan dan teknologi mana yang harus diterminasi karena sudah tidak menghasilkan growth. Dari sisi teknis,  pada penelitian ini dilakukan pengamatan dan peramalan trafik voice dan data dari ketiga teknologi tersebut. Peramalan trafik bertujuan untuk mendapatkan periode yang tepat untuk melakukan terminasi layanan 2G. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 4G berada pada kuadran II, 3G berada pada kuadran III dan 2G berada pada kuadran IV dari Matriks BCG.  Hasil ini mengimplikasikan bahwa 2G telah berada pada fase decline dari siklus hidup teknologi, sehingga perlu dilakukan divestasi atau switch off pada teknologi ini. Hasil dari peramalan trafik voice  juga menunjukan bahwa teknologi 2G sudah layak diterminasi dan diprediksi penurunan trafik 93% pada pertengahan 2019. Sementara   trafik data 4G diprediksi akan terus mengalami kenaikan. 


ABSTRACT


The adoption of The Fourth Generation 4G technology is driving changes in customer behavior in the Indonesian market. This technology is believed to have become an enabler technology for data access to social media, layanan pesan daring, online transportation services and e-commerce. On the other hand, the existence of the Over-The-Top (OTT) service that allows users to make Voice over IP calls, video calls and chat has replaced the 2G technology which has been the operator's main income in Indonesia. Messenger technology that is widely used in the 4G era is considered to have replaced conventional call (Circuit Switch) and Short Message Services (SMS) services. This study aims to analyze the sustainability of The Second Generation (2G) technology on the cellular network of PT Indosat Tbk. From an economic standpoint,  this study an observe the market share and market growth of the three cellular technologies currently held by PT Indosat Tbk is based on revenue and trafik distribution using the Matriks BCG. This is aimed at making technological decisions which must be maintained and which technology must be terminated because it has not showing any growth. From a technical point of view, in this study we observed and forecasted voice and data trafik from 2G, 3G and 4G technologies. This aims to get the right period to terminate 2G services. The results of this study indicate that 4G is in quadrant II, 3G is in quadrant III and 2G is in quadrant IV of Boston Consulting Group (BCG) Matrix. This result implies that 2G has been in the decline phase of the technology lifecycle, so it is necessary to divest or switch off this technology. The results of voice traffic forecasting show that 2G traffic voice will degraded about 93% in mid 2019. While 4G data traffic is predicted to continue to rise.

"
2018
T51706
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>