Ditemukan 9814 dokumen yang sesuai dengan query
I Wayan Redhana
"Pengembangan Tes Keterampilan Berpikir Kreatif. Penelitian ini bertujuan mengem-bangkan tes keterampilan berpikir bebas konten yang dapat digunakan untuk mengukur keteram-pilan berpikir siswa. Untuk mengembangkan tes tersebut, penelitian dan pengembangan model Borg dan Gall dilakukan. Tahap pengembangan pada penelitian ini sampai pada tahap uji coba terbatas. Hasil-hasil studi pustaka menunjukkan bahwa indikator atau skala keterampilan berpikir kreatif yang digunakan untuk menyusun tes keterampilan berpikir kreatif meliputi kelancaran, keaslian, dan keluwesan. Hasil-hasil studi lapangan menemukan bahwa beberapa guru tidak mengetahui jika terdapat tes yang dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif seseorang dan guru belum pernah membuat tes keterampilan berpikir kreatif. Tes keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan pada penelitian ini terdiri atas 18 butir soal. Uji coba terbatas tes menghasilkan satu butir soal direvisi, butir soal sisanya dapat dipakai. Reliabilitas tes sangat tinggi, yaitu dengan nilai r sebesar 0,880."
Singaraja: Lembaga pendidikan tenaga kependidikan Universitas pendidikan Ganesha, 2015
370 JPP 48 (1-3) 2015
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Petty, Geoffrey
Jakarta: Elex Media Komputindo, 1997
153.35 PET ht
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Zanira
"Skripsi ini membahas tentang program bimbingan keterampilan kerja yang diselenggarakan oleh Panti Sosial Bina Remaja Taruna Jaya 1 yang ditujukan pada remaja PMKS, yang secara umum bertujuan untuk mengembalikan fungsi sosial remaja PMKS yang mengalami masalah sosial. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi sumatif dengan desain kualitatif yang menitikberatkan pada hasil program yang telah dilaksanakan dengan melihat sejauh mana pencapaian kegiatan serta menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat yang ada dalam upaya pencapaiannya. tujuan program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai kegiatan yang terdapat dalam program bimbingan keterampilan kerja telah berhasil mengubah pola pikir dan sikap warga binaan sosial (WBS) yang mengikuti kegiatan menjadi lebih baik dan lebih terarah, memberikan kemampuan baru terkait berkebun. yang dapat menjadi penyisihan modal untuk WBS. dan memberikan ilmu kepada WBS terkait dengan ilmu berkebun dan industri pertamanan.
This thesis discusses the job skills guidance program organized by the Taruna Jaya 1 Youth Community Development Institution aimed at PMKS youth, which generally aims to restore the social function of PMKS youth who experience social problems. This research is a summative evaluation research with a qualitative design that focuses on the results of the program that has been implemented by looking at the extent of activity achievement and analyzing the supporting and inhibiting factors that exist in achieving it. program objectives. The results of this study indicate that the various activities contained in the job skills guidance program have succeeded in changing the mindset and attitudes of the social assisted people (WBS) who participate in the activities to be better and more focused, providing new abilities related to gardening. which can be used as a capital allowance for WBS. and provide knowledge to WBS related to gardening and gardening industry."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ayu Utami
"Ada banyak cara untuk mulai belajar atau mulai menulis, atau mulai belajar menulis. Kali ini, Mari mulai dengan intuisi. Teori menyusul. Mari mulai dengan bermain. Aturan menyusul. Kosongkan pikiran kita dari beban pedoman dan nilai-nilai (segala hal itu akan datang pada waktunya). Tarik nafas dalam panjang duduk santai, kalau perlu lakukan sedikit peregangan, terutama untuk leher, bahu, dan lengan agar kamu sudah rileks. Mari iseng-iseng mencoba menulis tanpa rencana. Pejamkan mata dan abrakada kita mulai dengan kata aku atau kamu atau iya. Buka mata dan coba tulis satu paragraf awal sebuah cerita yang dimulai dengan salah satu kata ganti tadi tak usah panjang-panjang. Katakanlah satu paragraf yang terbentuk dari sekitar 10 kalimat. Buku Menulis Kreatif dan Berpikir Filosofis ini akan mengajarkanmu menulis mulai dari awal. Buku ini berisi materi-materi, antara lain: 1. Mulai dari intuisi, baru beranjak pada abstraksi. 2. Dimulai dan diakhiri dengan latihan. 3. Memberi latihan berpikir filosofis dalam terapan di dalam cerita (karya sastra) 4. Cocok untuk menulis sebagai sarana menemukan dan mengaktualisasikan diri yang otentik. 5. Membuktikan bahwa kita bisa menulis tanpa harus punya ide yang jelas untuk mulai (sebab menulis justru merupakan proses penjernihan ide). Buku ini sangat cocok bagi kamu yang ingin jadi penulis tapi bingung memulainya dari mana."
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2021
808.06 AYU m
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
"The art subject is included in the 2004 competence-based currilum for elementary school level. The researchers conducted a study on the teachers' ways of promoting students creativity in the teaching of arts, in the topics of art drawing and painting,also comprising the material selection, themes,methods,techniques, and media...."
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ayu Utami
Jakarta: KPG (Kepustakaan Populer Gramedia), 2017
808.06 AYU m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Irene Nusanti
"Penulisan artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengembangan kapasitas kegiatan pembelajaran dengan menanamkan konsep keterampilan memberi agar peserta didik memahami gaya hidup memberi dan dengan mempraktekkan keterampilan memberi agar peserta didik memiliki gaya hidup memberi. Pengkajian terhadap keterampilan memberi dilaksanakan dengan mempelajari berbagai referensi tentang teori-teori belajar dan juga hal-hal yang terkait dengan pengembangan diri dan pembentukan karakter. Kajian terhadap referensi tentang teori belajar menunjukkan bahwa melalui memberi, peserta didik belajar meningkatkan kualitas hidup. Kajian terhadap referensi tentang pengembangan diri dan pembentukan karakter menunjukkan bahwa apa yang dilakukan sehari-hari dalam kegiatan belajar mengajar akan membentuk peserta didik menjadi seorang giver, bukan seorang taker. Berdasarkan kajian tersebut disimpulkan bahwa keterampilan memberi dapat digunakan untuk mengembangkan kapasitas kegiatan pembelajaran dengan menanamkan pada peserta didik dan mempraktekkannya sehingga peserta didik memiliki gaya hidup memberi."
Depok: Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas, 2015
370 JPK 21:2 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Australia: Cengage Learning, 2009
153.35 PRO
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Jakarta: Restu Agung, 2004
745 KRE
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Wycoff, Joyce
Bandung: Kaifa, 2004
153.35 WYC m
Buku Teks Universitas Indonesia Library