Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 164957 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alfa Rahmat Maulana
"ABSTRAK
Jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah yang semakin bertambah setiap tahunnya diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Kondisi ini juga sebanding dengan kaum wanita yang semakin memilih sektor informal dibandingkan dengan menjadi wanita karir. Hal serupa juga dalami oleh Ibu Diah. Sebagai pemilik dan pengelola UKM Kusuma yang bergerak di bidang usaha busana. Sebagaimana UMKM lainnya, UKM Kusuma pun tak lupun dirundung masalah. Masalah yang dihadapi UKM Kusuma adalah terkait dengan penentuan harga jual produk dan penyusunan laporan keuangan. Business coaching merupakan salah satu alternatif dalam mencari solusi maupun alternatif dari permasalahan UKM tersebut. Dan pada akhirnya UKM Kusuma dapat menyelesaikan masalahnya tersebut.

ABSTRACT
The number of for micro, small, and medium entreprises were increased annually and expected to improve the society wealth. This condition were balanced compared with increasing women who choose to work in the informal sector rather than worked at the large enterprises. Ibu Diah also chosen the similar way. She owned and run a micro business called Kusuma which had engaged in fashion industry. Like many other small entreprises, the Kusuma also faced with some problems. The problems were to determined selling price for its product and preparing financial statement. Business coaching has one way to solving those problem and searched for alternatives. In conclusion, Kusuma could solve their own problem.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hairanisa Hazhar
"Penelitian ini merupakan business coaching yang dilaksanakan pada UMKM XYZ yang bergerak dalam industri fashion muslim yakni hijab. Tujuan dari pelaksanaan business coaching ini adalah untuk membantu UMKM dalam menghitung harga pokok penjualan produk, harga jual produk dengan komponen biaya yang lengkap dan memberikan pelatihan dalam penyusunan laporan keuangan. Sehingga, dapat memudahkan UMKM XYZ dalam mengukur kinerja keuangan dan menentukan keputusan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam menganalisa data adalah Analisis Bisnis Proses, Business Model Canvas, Analisis Market Opportunity (STP), Marketing Mix, Analisis VRIO, Porter Five Forces, Analisis SWOT/TOWS, Analisis Gap dan Analisa Pareto.
Dari analisis tersebut didapatkan bahwa masalah utama yang dihadapi oleh UMKM XYZ adalah pada bidang keuangan, yakni tidak adanya perhitungan harga pokok penjualan, tidak lengkapnya komponen perhitungan biaya dalam penetapan harga jual produk dan tidak adanya laporan keuangan pada UMKM XYZ. Sehingga, pemilik mengalami kesulitan untuk dapat mengukur kinerja keuangan dan menentukan keputusan bisnis. Solusi yang diberikan untuk UMKM XYZ adalah dengan membantu membuat model perhitungan harga pokok penjualan sebagai dasar dalam penetapan harga jual produk dan implementasi penggunaan software GNUCash sebagai aplikasi untuk menyusun laporan keuangan. Proses business coaching ini diharapkan dapat membantu UMKM XYZ dalam meningkatkan kinerjanya.

This research is a business coaching conducted at MSME XYZ which engaged in the muslim fashion industry (hijab industry). The purpose of implementing this business coaching is to help MSME XYZ in calculating the cost of goods sold, calculating the product selling price with complete cost components and providing training in the preparation of financial statements. Thus, it can help MSME XYZ for measuring financial performance and determining business decisions. This research uses a qualitative approach. Data were collected from interviews, observation, and documentation. Then, the data were analyzes using several tools such as, Business Process Analysis, Business Model Canvas, Market Opportunity Analysis (STP), Marketing Mix, VRIO Analysis, Porter Five Forces, SWOT / TOWS Analysis, Gap Analysis and Pareto Analysis.
The finding shows that the main problem faced by MSME XYZ was in the financial sector, which were the absence of calculation of cost of goods sold, incomplete cost calculation components in product selling prices and the absence of financial reports on MSME Xyloshoop. Thus, the owner has difficulty in being able to measure financial performance and determine business decisions. The solution given for MSME XYZ is to help create a model for calculating cost of goods sold as the basis for product selling prices and implementation of the use of GNUCash software as an application for preparing the financial statements. This research is expected to help MSME XYZ to improve their performance.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
SR Soemarso
Jakarta: Rineka Cipta, 1990
338.52 SOE p (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Kusumapratiwi
"Penelitian ini menjelaskan penerapan program business coaching yang dilaksanakan pada salah satu Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yaitu ENF yang bergerak di industri makanan. Tujuannya adalah untuk mengeksplorasi potensi dan tantangan UMKM, menganalisis permasalahan yang dihadapi UMKM serta memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode riset kualitatif dan pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta dianalisis secara eksternal dan internal dengan analisis PEST; analisis Porter Five Forces; proses bisnis; bisnis model kanvas (BMC); segmentasi, targeting dan positioning (STP), bauran pemasaran, SWOT dan TOWS. Analisis menunjukkan bahwa UMKM ENF menghadapi permasalahan terkait isu keuangan dalam penyusunan laporan keuangan dan evaluasi harga jual produk untuk mengetahui posisi di pasar. Untuk isu keuangan, penulis merekomendasikan aplikasi keuangan mobile berbasis Android yakni Akuntansi UKM untuk informasi keuangan secara sistematik dan akurat. Untuk isu lainnya, penulis merekomendasikan strategi cost-based pricing untuk menghitung ulang harga pokok penjualan dan memformulasikan harga jual baru berdasarkan markup per unit.

This paper delineates the implementation of a business coaching program conducted in an Indonesian Micro Small Medium Enterprises (MSME), named ENF, operated in the food and beverage industry. The objectives of this study are to explore MSMEs potentials and challenges, analyze MSMEs problems, and provide solutions. This study is based on a qualitative method, which is gathering the data through interviews, observations and written documentations, and using several external and internal analysis tools, namely Pest analysis, Porters Five Forces, Business Process, Business Model Canvas (BMC), Segmentation, Targeting and Positioning (STP); Marketing Mix; SWOT and TOWS. The analysis shows that ENF is facing financial issues in preparing financial statements and evaluating the price setting. For the financial issues, we recommend using an Android-based mobile financial application called Akuntansi UKM to record financial information systematically and accurately. The application generates financial reports to improve the MSMEs performance. For the latter issue, we recommend cost-based pricing to recalculate the cost of goods sold and formulate price setting by markup per unit."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alifya Risya Putri
"Tesis ini bertujuan untuk membantu salah satu UMKM pada bidang otomotif di Indonesia yaitu Garasi 64 untuk berkembang dengan melakukan penyusunan laporan keuangan, spesialisasi pekerjaan karyawan, dan membuat individual development plan (IDP). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan business coaching. Hasil dari wawancara dan observasi dianalisis menggunakan alat manajerial seperti analisis SWOT, STP, Business Model canvas, Marketing Mix, Porter’s Five Forces Model dan gap. Analisis menunjukkan bahwa masalah yang dihadapi usaha yaitu: belum adanya laporan keuangan, spesialisasi pekerjaan, dan ketergantungan operasional bengkel kepada pemilik yang menghambat pengembangan usaha. Menggunakan analisis pareto, ketiga masalah tersebut merupakan masalah yang paling penting dan perlu diselesaikan. Proses business coaching diharapkan dapat membantu Garasi 64 untuk mengembangkan usahanya.

This thesis aimed to help one of automotive MSMEs in Indonesia, Garasi 64, to grow by doing financial statements preparation, employee specialization, and developing an individual development plan (IDP). This research used a qualitative and business coaching methods. Interviews and observation results were analyzed using several managerial tools such as SWOT, STP, Business Model Canvas, Marketing Mix, Porter’s Five Forces Model, and gap. Analysis showed that issues faced by the business are the absence of financial statements, work specialization, and the business operational dependency on the owner. Using pareto analysis, those issues are important and needs to be solved. This business coaching process are expected to help Garasi 64 to develop its business."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
hapus4
"Di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu motor penggerak perekonomian. Peran penting keberadaan UMKM di Indonesia semakin terasa dalam proses pembangunan ekonomi nasional di Indonesia. Penelitian ini dilakukan melalui proses business coaching, di mana coach membantu coachee (pemilik UMKM) dan serangkaian wawancara terstruktur dan observasi dengan pemilik UMKM Mochibo, sebuah UMKM yang bergerak dalam usaha oleh-oleh khas Kota Bogor.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan terkait dengan penyusunan laporan keuangan, dan meningkatkan brand awareness dengan penerapan strategi promosi yang tepat pada UMKM Mochibo. Penelitian ini menggunakan metodologi Analisis Business Model Canvas, Analisis Marketing Mix, Analisis STP, Analisis PESTEL, Analisis Porter's Five Forces, Analisis GAP, Analisis SWOT, dan Analisis Pareto.

In Indonesia, micro, small and medium enterprises (MSMEs) are one of the drivers of the economy. The important role of the existence of MSMEs in Indonesia is increasingly felt in the process of national economic development in Indonesia. This research was conducted through a business coaching process, in which the coach helped the coachee (MSME owner) and a series of structured interviews and observations with the MSME owner Mochibo, an MSME engaged in souvenirs typical of the City of Bogor.
This study aims to analyze problems related to preparing a financial statement, and to increase brand awareness by implementing appropriate promotional strategies at Mochibo MSME. This research uses Business Model Canvas Analysis methodology, Marketing Mix Analysis, STP Analysis, PESTEL Analysis, Porter's Five Forces Analysis, GAP Analysis, SWOT Analysis, and Pareto Analysis.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Allen, Peter
London: Pitman, 1998
658.85 ALL s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Sri Wahyuningrum
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kegiatan business coaching atas penyusunan dan penerapan instrumen harga pokok penjualan dan anggaran laba rugi pada UMKM CV. Sugiyama Surya Perkasa. Rancangan model usaha tidak berubah karena penambahan aktivitas ini untuk meningkatkan efektifitas perusahaan. Rencana kegiatan business coaching yang dilakukan adalah penyusunan instrumen harga pokok penjualan sebagai dasar penetapan harga jual dan penyusunan instrumen anggaran laba rugi yang berguna bagi pemilik bisnis untuk perencanaan bisnis yang sesuai dengan strategi, menjalankan proses bisnis secara efektif dan efisien, dan evaluasi antara angka aktual dan anggaran pada periode berjalan. Penyusunan instrumen harga pokok penjualan dimulai dari penetapan harga bahan baku, tarif tenaga kerja, bahan pembantu produksi, dan penetapan marjin laba. Penyusunan instrumen anggaran laba rugi dimulai dari penetapan tujuan, penyusunan anggaran per fungsi sampai evaluasi anggaran dengan analisis varians. Pada akhir sesi business coaching, UMKM dapat mengaplikasikan instrumen harga pokok penjualan dan anggaran laba rugi sebagai alat bantu UMKM dalam membuat keputusan.

ABSTRACT
This thesis discusses business coaching activities for preparation and application of cost of sales instrument and budgeted income statement instrument in SME CV. Sugiyama Surya Perkasa. The business model would not be affected directly since these activities improve the overall performance. Coaching activities for the session will be arranging cost of sales account to be used as basis for pricing and arranging instrument of budgeted income statement that will help SME to plan their business align with its strategies, run the business efficiently and effectively, and evaluating the actual numbers to its budgeted numbers in specific period. Preparing the cost of sales instrument starts with determining the raw material cost, labor rate, overhead material, and determining the profit margin. Preparing the budgeted income statement instrument starts with determining the objectives, arranging budget for each function, and evaluating the budget with variance analysis. In the end of business coaching session, SME will be able to apply the instrument for their tools to make a decision."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Fitriyani
"ABSTRAK
Tesis ini membahas kegiatan business coaching dengan PT Duta Karya Mandiri, UMKM yang memproduksi komponen otomotif dan produk berbahan dasar besi. Produk PT Duta Karya Mandiri adalah komponen bar-headrest untuk kendaraan Xenia dan Avanza yang diproduksi oleh PT Astra Internasional Tbk., dan barang kustom berbahan dasar besi. Tujuan dari tesis ini adalah menerapkan strategi diversifikasi, yaitu perusahaan mengembangkan usahanya dengan menghasilkan produk baru di pasar yang berbada dari bisnisnya selama ini, dengan cara merumuskan produk baru dan harganya. Data yang didapat dari kegiatan business coaching didapat dari wawancara secara mendalam dan terstruktur kepada pemilik UMKM dan melakukan observasi di PT Duta Karya Mandiri. Hasil yang diperoleh dari business coaching adalah menentukan segmentasi produk baru, jenis produk baru yang akan dijual dan harga jualnya, beserta paket penjualan yang disusun dalam bentuk katalog produk.

ABSTRACT
This thesis discusses business coaching process with PT Duta Karya Mandiri, SMEs which produces automotive components and iron based products. PT Duta Karya Mandiri products are bar headrest components for Xenia and Avanza vehicles manufactured by PT Astra International Tbk., and iron based custom items. The purpose of this thesis is to implement a diversification strategy, that is, the company develops its business by producing new products in different markets of its business so far, by formulating new products and the price. The data obtained from the business coaching activities obtained from interviews in depth and structured to the owners of SMEs and make observations in PT Duta Karya Mandiri. The results obtained from business coaching is to determine the segmentation of new products, types of new products to be sold and the selling price, also package sales that arranged in the form of product catalogs."
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49945
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Allen, Robert Y.
New York: McGraw-Hill, 1984
658.8 ALL s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>