Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151271 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Santi Prameswari Ramadhani
"[Jumlah restoran yang meningkat menyebabkan pergeseran tren, yaitu semakin banyaknya orang yang lebih memilih makan di restoran, khususnya restoran bertipe casual dining yang menawarkan pengalaman yang lebih dari hanya sekedar makan. Hal ini sejalan dengan pesatnya perkembangan media sosial, sehingga memunculkan suatu platform baru bagi pelanggan untuk menyebarkan eWOM mengenai restaurant experience. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis atribut-atribut restaurant experience yang dapat mempengaruhi motif pelanggan dalam menyebarkan eWOM positif mengenai restoran casual dining. Data penelitian ini diolah dengan metode multiple regression. Hasil penelitian menunjukan bahwa food quality, atmosphere, dan price fairness berpengaruh positf terhadap concern for others, sedangkan food quality, service quality, dan atmosphere berpengaruh positif pada expressing positive feelings dan helping restaurant company.

The increasing number of restaurants created the shift of trend, in which more people prefer to dine in restaurants, specifically restaurants with a casual dining type that offer more experience than plain dining. This is in accordance with the rapid development of social media, resulting in a new platform for customers to spread eWOM about their restaurant experience. This study aims to
analyse the attributes of restaurant experience that can affect the motives of the customers in spreading positive eWOM on casual dining restaurants. The data are processed using the multiple regression method. Results show that food quality, atmosphere, and price fairness positively influence the concern for others, while food quality, service quality, and atmosphere positively influence the
expressing positive feelings and the helping restaurant company.
, The increasing number of restaurants created the shift of trend, in which
more people prefer to dine in restaurants, specifically restaurants with a casual
dining type that offer more experience than plain dining. This is in accordance
with the rapid development of social media, resulting in a new platform for
customers to spread eWOM about their restaurant experience. This study aims to
analyse the attributes of restaurant experience that can affect the motives of the
customers in spreading positive eWOM on casual dining restaurants. The data
are processed using the multiple regression method. Results show that food
quality, atmosphere, and price fairness positively influence the concern for others,
while food quality, service quality, and atmosphere positively influence the
expressing positive feelings and the helping restaurant company.
Key Words : Restaurant experience, Positive eWOM motivations, Concern for
others, Expressing positive feelings, Helping restaurant company]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S61834
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Savira Rahma Frida
"Artikel ini mendiskusikan implikasi word of mouth (WOM) dan electronic word of mouth (eWOM) terhadap brand image. Data sekunder berupa penelitian terdahulu menunjukkan adanya implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image. Analisis dilakukan dengan pendekatan exploratory sequential mixed methods. Artikel ini juga mendiskusikan perkembangan implikasi WOM dan eWOM terhadap brand image selama lima tahun terakhir dari 10 jurnal dengan pendekatan mixed method dan kuantitatif. Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa penelitian terdahulu cenderung termasuk dalam bidang studi ilmu sosial, berlokasi di Asia, menggunakan WOM dan eWOM sebagai variabel independen dan brand image sebagai variabel dependen, serta dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Analisis kualitatif berbasis desk review menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang saling memengaruhi antara WOM dan eWOM dengan brand image. WOM dan eWOM berpengaruh dalam membentuk brand image dalam benak konsumer. Apabila pengalaman konsumer dengan suatu brand bersifat positif, konsumer akan terdorong menyebarkan WOM atau eWOM yang positif, begitu pula sebaliknya.

This article discusses the implications of word of mouth (WOM) and electronic word of mouth (eWOM) on brand image. Secondary data in the form of previous research shows the implications of WOM and eWOM on brand image. The analysis was performed using an exploratory sequential mixed methods approach. This article also discusses the development of the implications of WOM and eWOM on brand image during the last five years from 10 journals using mixed method and quantitative approaches. Quantitative analysis shows that previous research tends to belong to the field of social science studies, located in Asia, using WOM and eWOM as independent variables and brand image as dependent variables, and is carried out with a quantitative approach. Qualitative analysis based on desk review shows that there is an interdependence between WOM, eWOM and brand image. WOM and eWOM are influential in shaping the brand image in the minds of consumers. If the consumers’ experience with a brand is positive, consumers will be encouraged to spread positive WOM or eWOM, and vice versa."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Cyntia Novitasari
"Persaingan yang sangat kompetitif di pasar global, membuat pemasar harus mencari cara yang tepat untuk dapat mempertahankan posisinya. Salah satu cara yang sebaiknya dilakukan adalah membangun dan memelihara hubungan baik dengan konsumen, sehingga sebuah brand dapat mencapai kesuksesan dengan kepercayaan yang telah diberikan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari self - expressive brand, brand trust dan hedonic product terhadap brand love. Selain itu penulis juga ingin mengetahui apakah brand love mampu mempengaruhi konsumen untuk mendorong perilaku positive word of mouth baik secara online maupun offline melalui moderasi experience dan price.
Studi ini berfokus pada brand Nike, salah satu sportswear brand yang cukup dikenal oleh masyarakat. Ditambah lagi, tingkat kesadaran akan pentingnya melakukan aktifitas olahraga membuat brand tersebut semakin diminati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling dengan pendekatan Partial Least Square.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara self - expressive brand, brand trust dan hedonic product terhadap brand love. lain itu, brand love juga menunjukan pengaruh positif pada perilaku WOM dan EWOM. Sedangkan untuk variabel experience dan price tidak memoderasi hubungan antara brand love dengan WOM maupun EWOM.

The highly competitive competition in global market place, makes marketers need to find the right way to maintain their position. One of the best ways is to build and maintain good relationships with consumers, so that a brand can achieve success with the trust that has been given.
The purpose of this research is to know the effect of self expressive brand, brand trust and hedonic product to brand love. Moreover, the authors also want to know whether brand love is able to influence consumers to encourage positive word of mouth behavior both online and offline through experience and price moderation.
This study focuses on the Nike brand, one of the sportswear brand that is well known to the public. In addition, the level of awareness of the importance of doing sports activities makes the brand more in demand. Method used in this research is Structural Equation Modeling with Partial Least Square approach.
The results of this study indicate that there is a significant positive effect between self expressive brand, brand trust and hedonic product to brand love. Furthermore, brand love also shows a positive effect on the behavior of WOM and EWOM. As for the experience and price variable do not moderate the relationship between brand love with WOM and EWOM.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S69093
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raihan Krizia Joshua
"Seiring dengan pesatnya pertumbuhan perekonomian Indonesia pada sektor pariwsata dan pesatnya pertumbuhan pengguna internet terutama media sosial, electronic word-of-mouth telah menjadi komponen yang penting. Penelitian ini dilakukan untuk melihat adanya pengaruh antara electronic word-of-mouth pada media sosial terhadap intention to visit. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden yang pernah melihat eWOM di media sosial dan belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa electronic word-of-mouth berpengaruh terhadap intention to visit sebesar 64,7.

Following the growth of economy in tourism sector in Indonesia and the growth of internet user especially on social media, electronic word of mouth has been the most important component. This research is to analyze the impact of electronic word of mouth on social media toward intention to visit. This research was using 100 respondents who have seen electronic word of mouth on social media and never visit Labuan Bajo with using the non probability sampling method and purposive sampling technique. This research used questionnaire as research instrument and analyzed with linear regression. The result of this research indicate the electronic word of mouth has 64,7 influence toward intention to visit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ika Widya Mustika
"Penerapan strategi experiential marketing yang baik dapat membentuk word of mouth konsumen mereka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh experiential marketing di Pesona Alam Resort & Spa dalam menciptakan word of mouth konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan metode survei, dengan menyebarkan kuesioner ke 100 responden dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan cara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara experiential marketing dengan word of mouth. Hal ini menunjukan bahwa Pesona Alam Resort & Spa sudah menerapkan strategi experiential marketing dengan baik.

Applying of experiential marketing strategy can either form the word of mouth of their consumers. This research was conducted with the aim to explain the influence of experiential marketing at Pesona Alam Resort & Spa in creating word of mouth consumer. This study used a quantitative approach and survey methods, by distributing questionnaires to 100 respondents with a non-probability sampling with accidental sampling method. The results showed that there is influence between experiential marketing by word of mouth. This shows that the Pesona Alam Resort & Spa has implemented experiential marketing strategy well.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S64793
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayu Tristin Pujiastuti
"Perkembangan internet, terutama pada World Wide Web yang telah tersedia secara luas, menyebabkan setiap orang dapat membagikan pengalaman unik dan berkesan mereka di internet. Penelitian mengenai experiential marketing telah banyak dilakukan sebelumnya, tetapi penelitian mengenai pengaruhnya terhadap electronic word of mouth pada online opinion platform belum dieksplorasi secara lebih luas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh antara Experiential Marketing terhadap pembentukan Electronic Word of Mouth dengan objek penelitian Santhai Restaurant - Kota Kasablanka. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 konsumen Santhai Modern Thai Restaurant dengan menggunakan metode non-probability sampling serta teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, dianalisis menggunakan regresi linier. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara experiential terhadap pembentukan electronic word of mouth.

The development of Internet, especially World Wide Web widely available leads anyone to sharing their unique and memorable experiences on internet. Considerable amount of research has examined experiential marketing before, but the research on its effect towards electronic word of mouth on online opinion platform has yet to be explored further.
This study focus to analyze how the influence of experiential marketing in establish Electronic Word of Mouth with the object of this research is Santhai Restaurant at Kota Kasablanka. This research applied quantitative approach with 100 consumers of Santhai Restaurant, collected using nonprobability sampling with purposive technique. This research used questionnaire as research instrument, analyzed using linear regression. The research proved that experiential marketing has influence on the formation of electronic word of mouth.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliana Purwaningrum
"Seiring dengan perkembangan internet, electronic word of mouth telah menjadi fenomena penting di dunia pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari electronic word of mouth terhadap citra merek dan niat pembelian pada smartphone samsung juga pengaruh citra merek terhadap niat pembelian smartphone samsung. Responden penelitian ini berjumlah 167 orang yang sedang mencari smartphone dan menyukai browsing di internet. Model penelitian menggunakan 3 hipotesis dan diuji dengan metode analisis structural equation model (SEM).
Hasil penelitian menyatakan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap citra merek smartphone samsung namun tidak berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung. Sedangkan pada jurnal penelitian acuan menemukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap citra merek dan berpengaruh positif yang kuat terhadap niat pembelian smartphone samsung dan citra merek berpengaruh terhadap niat pembelian smartphone samsung.

Along with the internet developments, electronic word of mouth had become an important phenomenon in the marketing’s world. This study focus to analyze influence of electronic word of mouth on brand image and purchase intention and also influence of brand image on purhase intention smartphone samsung. Respondents of this study are 167 people who are looking for smartphone and liked browsing on the internet. The tree hypoteses research model in this study are tested with Structural Equation Modelling (SEM).
The results found that electronic word of mouth effect brand image of smartphone samsung but doesn’t effect purchase intention of smartphone samsung and the brand image effect on purhase intention of smartphone samsung. While the research journal reference found that electronic word of mouth had positive effect on brand image and strong positive effect on purchase intention of smartphone samsung and brand image effect on purchase intention of smartphone samsung.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S53257
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kanti Rahayu Ciptoningrum
"ABSTRAK
Sebagai salah satu kategori foodservice Indonesia yang sedang berkembang, independent cafe? memiliki keterbatasan modal untuk melakukan kegiatan pemasaran, maka hal yang dapat dilakukan oleh independent cafe? adalah memanfaatkan kualitas hubungan dengan pelanggan yang sudah ada untuk mendapatkan pelanggan baru melalui electronic word of mouth eWOM . Penelitian ini bertujuan untuk mengalisa pengaruh relationship quality pada foodservice terhadap eWOM intention pada independent cafe? di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa food quality, physical environment quality, personal interaction, dan perceived value merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Selanjutnya, satisfaction tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap commitment dan eWOM intention, kemudian trust tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap eWOM intention. Oleh karena itu untuk mencapai eWOM intention, independent cafe? harus mencapai beberapa tahapan pada relationship quality terlebih dahulu yaitu kepuasan pelanggan satisfaction yang menjadi kepercayaan pelanggan trust, kemudian menjadi komitmen pelanggan commitment.

ABSTRACT
One of the most rapid growth in Indonesia rsquo s foodservice industry is independent cafe . This category is facing limited budget for its marketing activities, so for this matter independent cafe can improve its relationship quality with its existed customers and encourage them to spread information about their experience with independent cafe to prospective customers by electronic word of mouth eWOM . This study aims to analyze the influence of relationship quality in foodservice towards eWOM in Jakarta rsquo s independent cafe s. The result of this research shows that Food Quality, Physical Environment Quality, Personal Interaction Quality and Perceived Value have positive effect on satisfaction. Furthermore, satisfaction doesn rsquo t affect commitment and eWOM intention significantly, also trust doesn rsquo t affect eWOM intention significantly. In conclusion, independent cafe can achieve eWOM intention from its customers through several steps of relationship quality, they are satisfaction to trust then to commitment. "
2017
S69297
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Humaira Fathma Gardilla
"It is important for consumer to have brand awareness before choosing a new product, it divides into three dimensions; brand recognition, brand knowledge and brand opinion. The excessive used of social media Path™ among emerging well-off youth made electronic word-of-mouth an effective marketing strategy to increasing a popularity of a certain brand. This study aimed to understand the effect of e-WOM towards dimension of brand awareness on 'new' restaurant consumer. This was a field experimental research (e-WOM vs without e-WOM) done with an emerging well-off youth consumer as participants. Participants in Experiment Group (KE) (n=30) was given manipulation for five days while the Control Group (KK) (n=34) was not given any and after that their brand awareness was measured using a questionnaire. The results shows that eWOM has a significant towards the dimension of brand recognition (39.451; p < 0.05; ɸ = 0.785), brand knowledge (20.747; p < 0.05; ɸ = 0.569), and brand opinion (16.981; p < 0.05; ɸ = 0.515). We can conclude that eWOM can make consumer aware of a certain brand, shape their knowledge, and also their opinion. Therefore, 'new' restaurant owner can use e-WOM as a media to introduce their ‘new' restaurant to potential consumers.

Penting bagi konsumen untuk memiliki kesadaran merek sebelum memilih produk baru. Kesadaran merek ‘baru’ dibagi dalam 3 dimensi yaitu: brand recognition, , brand knowledge, dan brand opinion. Maraknya penggunaan media sosial Path™ oleh konsumen emerging well-off youth membuat electronic word-of-mouth sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan popularitas merek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM terhadap dimensi kesadaran merek pada konsumen restoran ‘baru’. Penelitian ini menggunakan metode field experiment (eWOM vs tanpa eWOM) dengan karakteristik partisipan konsumen emerging well-off youth. Partisipan kelompok eksperimen (KE) (n = 30) diberikan manipulasi berupa pemberian eWOM selama 5 hari, sementara partisipan kelompok kontrol (KK) (n = 34) tidak diberikan manipulasi apapun. Kemudian seluruh partisipan KE dan KK diukur kesadaran merek menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh secara signifikan pada dimensi brand recognition (39.451; p < 0.05; ɸ = 0.785), brand knowledge (20.747; p < 0.05; ɸ = 0.569), dan brand opinion (16.981; p < 0.05; ɸ = 0.515). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa e-WOM dapat membuat konsumen mengenali suatu merek, membentuk pengetahuan, dan membentuk pendapat tentang merek suatu restoran baru. Dengan demikian e-WOM dapat digunakan sebagai cara untuk memperkenalkan merek restoran baru kepada calon konsumen."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S58749
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monica Amelia Nauli
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth pada Visit intention wisatawan ke Pandeglang melalui Elaboration Likelihood Model dan Theory of Planned Behaviour. Penelitian dilakukan pada beberapa wisatawan yang pernah membaca informasi mengenai kawasan wisata Pandeglang di akun instagram @explorepandeglang dan belum pernah mengunjungi Pandeglang sebelumnya.
Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model SEM dengan LISREL untuk dapat menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel yang dikembangkan dalam model penelitian ini. Pengambilan sampel penelitian ini sebanyak 133 sampel yang terdiri dari usia 18-45 tahun.
Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan antara argument quality dan source credibility pada Electronic Word of Mouth terhadap visit intention secara langsung. Akan tetapi yang memiliki pengaruh yang signifikan antara kepada visit intention adalah argument quality terhadap attitude, dan WOM Intention.

The purpose of this study is to analyze the influence of Electronic Word Of Mouth to Intention To Visit Pandeglang through Elaboration Likelihood Model and Theory Of Planned Behaviour. This study was conducted to tourists who have read information in Instagram explorepandeglang and have not visit Pandeglang previously.
In this research, there are 133 samples from 18 45 years old. The research show that argument quality and source credibility in electronic word of mouth is not significantly influenced directly to visit intention. However, visit intention is significantly influence attitude, argument quality and WOM intention.
The result of this study have differences with the result of previous studies because of the nature of respondent which doesn rsquo t representing this study from the demographic side.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67960
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>