Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5051 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kunusch, Cristian
"The book introduces the theory of fuel cells and sliding-mode control. It contextualises PEMFCs both in terms of their development and within the hydrogen economy and today’s energy production situation as a whole. It then discusses fuel-cell operation principles, the mathematical background of high-order sliding-mode control and to a feasibility study for the use of sliding modes in the control of an automotive fuel stack. Part II presents experimental results of sliding-mode-control application to laboratory fuel cells and deals with subsystem-based modelling, detailed design, and observability and controllability. Simulation results are contrasted with empirical data and performance, robustness and implementation issues are treated in depth. Possibilities for future research are also laid out."
London: [Springer, ], 2012
e20418802
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Marta S. Basualdo, editor
"PEM fuel cells with bio-ethanol processor systems presents a control system design that provides basic regulation of the hydrogen production process with PEM fuel cells. It then goes on to construct a fault diagnosis system to improve plant safety above this control structure. PEM fuel cells with bio-ethanol processor systems is divided into two parts: the first covers fuel cells and the second discusses plants for hydrogen production from bio-ethanol to feed PEM fuel cells. Both parts give detailed analyses of modeling, simulation, advanced control, and fault diagnosis. They give an extensive, in-depth discussion of the problems that can occur in fuel cell systems and propose a way to control these systems through advanced control algorithms. A significant part of the book is also given over to computer-aided engineering software tools that can be used to evaluate the dynamic performance of the overall plant."
London: [, Springer], 2012
e20418191
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"Makalah ini membahas teknik kontrol sliding mode untuk sebuah sistem non linear yang "decoulable". Didasarkan pada teori VSS (Variable Structure Systems) dan metoda Lyapounov, sebuah hukum pandu (control law) yang diskontim akan dadapatkan. Sebagai contoh aplikasi, metoda kontrol tersebut diteraplan untuk mengendalikan secara simultan gerakan lateral dan longitudinal sebuah pesawat terbang."
620 LAP 2:1 (2000)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhli Halim
"Dalam simulasi ini, dilakukan pemodelan dan simulasi Proton Exchange Membrane (PEM) fuel cell dengan pendekatan 3 dimensi 2 fasa, yaitu fasa gas dan fasa padatan dengan bentuk channel serpentine. Persamaan model yang diturunkan meliputi persamaan kontinuitas, persamaan momentum, persamaan energi persamaan transport ion dan persamaan current density. Kesemua persamaan ini dibedakan antara fasa padatan dan fasa gas. Fasa padatan terjadi pada GDL, Catalyst dan membrane baik disisi anode maupun cathode. Scdangkan fasa gas hanya terjadi pada Gas Channel anode dan Gas channel cathode. Penyelesaian numeris model menggunakan perangkat lunak MATLAB™ 6.0. Karena terlalu sulitnya melakukan pemecahan dengan menggunakan MATLABTM pada daerah perhitungan 3 dimensi 2 fasa dan dalam geometri yang komplek, maka model disederhanakan menjadl 2 buah model I dimensi, yaitu model pada sumbu y (lebar) dan model pada sumbu z{ketebalan). Hasil model dari penyederhanaan model kesumbu y dldapat profil kecepatan. konsentrasi, tekanan, temperatur. current density, tegangan ionik. Model 1 dimensi kearah sumbu y ini hanya dapat diselesaikan pada lebar 50 cm, jika melebihi lebar ini model tidak dapat diselesaikan karena menghasilkan sebuah matrik Jacobian dari metoda Newton-Raphson yang singular, hal ini disebabkan karena persamaan current density yang sangat stiff. Sedangkan hasil dari penyederhanaan model kesumbu z..."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S49523
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yoghi Suharjanto
"Untuk mendapatkan energi alternatif yang murah dan ramah lingkungan, trend saat ini ialah pengembangan teknologi fuel cell . Salah satu permasalahan yang ada ialah pembuatan komposit ini terbilang mahal dan berat karena material yang digunakan sebagian besar masih berupa logam. Penelitian ini bertujuan membuat material komposit bermatriks polimer yang digunakan untuk aplikasi pelat bipolar pada PEM fuel cell dengan konduktivitas tinggi, ringan, dan murah dengan menerapkan kombinasi polipropilena (PP), maleated-anhydride-grafted-polypropylene (PP-g-MA), material pengisi konduktif (karbon hitam, serat karbon, grafit sintetik), dan antioksidan dicampur dalam hot blender dan dicetak menjadi sampel untuk pengujian dengan muatan pengisi 44 wt% dan 80 wt%. Kemudian untuk mengamati kinerja dari komposit yang dihasilkan diukur kerapatan massanya dan dilakukan karakterisasi mekanis (uji tarik dan uji tekuk) uji konduktifitas listrik dan SEM. Namun karena adanya permasalahan kompatibilitas, maka penelitian ini lebih difokuskan pada pengaruh dan efek sinergis dari jenis pengisi karbon yang berbeda-beda dalam matriks PP/PP-g-MA.
Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kekuatan tarik dan kekuatan tekuk dipengaruhi oleh konsentrasi pengisi dan penambahan PP-g-MA dalam matriks polipropilena. Konduktivitas tertinggi 8,547 S/cm diperoleh pada komposit dengan konsentrasi pengisi 80 wt%. Dari hasil SEM yang dilakukan, terlihat bahwa morfologi yang dihasilkan komposit ini masih belum sempurna kompatibilitasnya. Dan secara umum, terlihat adanya pengisi yang tidak tersebar merata. Diperkirakan hal ini disebabkan oleh kurang kuatnya ikatan yang terbentuk antara compatibilizer PP-g-MA dengan PP-carbon karena proses hot blender yang kurang baik.

To obtain an alternative energy which is cheep and environmental friendly, nowadays, the trend is to develop fuel cell technology. The existing problem that is faced in this technology is the making of its composite still expensive and heavy because most of the materials to be used are still metal form. The aim of this research is to make material that is polymer matrix composite to be used for application of Bipolar Plate in PEM fuel cell with high conductivity, light and cheep by using the combination of polypropylene (PP), maleated-anhydride-grafted- polypropylene (PP-g-MA), material for conductive filler (black carbon, carbon fiber, synthetic graphite) and antioxidant that is mixed in hot blender and compression molded into samples for testing with loadings up 44 wt% and 80 wt% of fillers. After that, to observe the performance of the resulted composite, it was measured the mass density and checked the mechanic characteristic (tensile test and flexural test), electric conductivity test and SEM. However, because there was a problem in compatibility, thus, this research was more focused in the influence and synergy effect from variously different carbon filler type in matrix PP/ PP-g-MA.
From the result of the research, it had been known that tensile strength and flexural strength were influenced by the concentration of filler and increasing of PP-g-MA in polypropylene matrix. The highest conductivity 8.547 S/cm was obtained from composite which has concentration of filler 80 wt%. By the SEM test result, it was shown that the resulted morphology from this composite was still imperfect for its compatibility. In general, it was shown that there was un-spread filler. These phenomenon are caused by the weak bonding and the lack of compatibility of PP-g-MA with PP-Carbon due to the un-well of hot blender process.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51502
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 1984
R 621.312429 HAN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
cover
Radita Arindya
"Aplikasi teknik sliding mode untuk kontrol posisi motor servo tanpa sikat dibahas pada tesis ini. Kaidah kendali diterapkan untuk mengendalikan kecepatan rotor dan arus langsung. Komutasi frekuensi tinggi untuk sistem mekanik dengan teknik sliding mode dapat dihindari. Berbagai teknik pada sliding mode dianalisa untuk mendapatkan respon terbaik yang terdiri dari teknik sliding mode, teknik smooth sliding mode dan teknik sliding sector. Sistem kendali yang dihasilkan memiliki sifat kokoh terhadap variasi parameter dan perturbasi (gangguan), yaitu perubahan terhadap fluks rotor dan tahanan stator, kenaikan nilai tahanan stator disebabkan kenaikan nilai dari temperatur motor.

The application of sliding mode techniques to the position control of a brushless servo motor is discussed. Such control laws are well suited for velocity rotor and direct current. However, high frequency commutations are avoided due to the mechanical systems. Various recent schemes are studied and operated to derive control solutions which are technically feasible. In spite of straight forward applications the resulting systems show robust performances to parametric variations and disturbance. Robustness is studied with respect to rotor flux uncertainties and to stator resistance which varies with the temperature of the motor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T662
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>