Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18582 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lu Lu Salmi Ersyanjani
"[ABSTRAK
Meningkatnya konsumsi energi Tiongkok telah menjadikan Tiongkok sebagai
negara pengkonsumsi energi terbesar sekaligus juga sebagai negara pengimpor
energi terbesar. Hal ini menjadikan energi sebagai komponen strategis dalam
kebijakan luar negeri dan keamanan nasional Tiongkok dengan mendorong
National Oil Companies (NOCs) nya untuk mencari sumber minyak di luar
negeri. Sikap Tiongkok yang terlihat antusias dalam membantu NOCs mencari
pasokan minyak diluar negeri kemudian menimbulkan anggapan yang beragam.
Kepemilikan pemerintah Tiongkok yang cukup besar terhadap NOCs nya semakin
memperkuat spekulasi tentang kepentingan non-komersil Tiongkok melalui
ekspansi NOCs. Kepentingan pemerintah dianggap lebih besar dibandingkan
kepentingan perusahaan karena dianggap menjaga stabilitas politik dan
kelanggengan rezim pemerintahan dalam suatu negara. Selain itu, NOCs juga
dianggap memegang peran penting dalam perekonomian Tiongkok dan dapat
mempengaruhi dinamika regional maupun internasional karena tidak hanya
mendapat perhatian International Oil Company melainkan juga perhatian negaranegara lain. Oleh sebab itu, ekspansi NOCs sering dikaitan dengan hubungan antar negara, negara dan NOCs, maupun NOCs, dan IOC.
Untuk itu tulisan ini akan mencoba untuk melihat dominasi dua kepentingan
dalam ekspansi yang dilakukan NOCs Tiongkok di luar negeri, yakni dominasi kepentingan negara atau kepentingan perusahan.

ABSTRACT
The increased energy consumption has made Tiongkok as the largest energy
consumption as well as the largest energy importer in the world. This makes the
energy as a strategic component in the foreign policy and national security of
Tiongkok by encouraging its National Oil Companies (NOCs) to seek oil
resources abroad. Tiongkok attitude, which seemed enthusiastic in helping NOCs
seek overseas oil supply then leads to the different assumption about that.
Ownership sizable of Tiongkok government in its NOCs then strengthens the
speculation about Tiongkok's non-commercial use through the expansion of
NOCs. Government interests are considered greater than the interests of the
company because they maintain political stability and permanence of the regime
in a country. In addition, the NOCs are also thought to play an important role in
China's economy and could affect regional and international dynamics due to not
only get attention International Oil Company, but also the attention of other
countries. Therefore, NOCs often are associated with the expansion of relations
between states, nations and NOCs, and the NOCs, and the IOC.
So, this paper will try to see the dominance of the two interests in the expansion of Tiongkok NOCs, namely the dominance of the state interests or business interests., The increased energy consumption has made Tiongkok as the largest energy
consumption as well as the largest energy importer in the world. This makes the
energy as a strategic component in the foreign policy and national security of
Tiongkok by encouraging its National Oil Companies (NOCs) to seek oil
resources abroad. Tiongkok attitude, which seemed enthusiastic in helping NOCs
seek overseas oil supply then leads to the different assumption about that.
Ownership sizable of Tiongkok government in its NOCs then strengthens the
speculation about Tiongkok's non-commercial use through the expansion of
NOCs. Government interests are considered greater than the interests of the
company because they maintain political stability and permanence of the regime
in a country. In addition, the NOCs are also thought to play an important role in
China's economy and could affect regional and international dynamics due to not
only get attention International Oil Company, but also the attention of other
countries. Therefore, NOCs often are associated with the expansion of relations
between states, nations and NOCs, and the NOCs, and the IOC.
So, this paper will try to see the dominance of the two interests in the expansion of Tiongkok NOCs, namely the dominance of the state interests or business interests.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Grayson, Leslie E.
New York: John Wiley & Sons, 1981
333.823 2 GRA n
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Najihal Amal
"ABSTRAK
Penelitian akademis ini mengenai strategi keamanan energi nasional dalam ekspansi perusahaan minyak ke luar negeri. dalam menghadapi geopolitik perminyakan yang berkembang termasuk penggunaan metoda intelijen. Dengan menggunakan teori-teori geopolitik ,teori analisa swot dan analisa PESTLE diharapkan adanya korelasi yang kuat dan berdampak positif diantara perusahaan minyak nasional dan geopolitik negara dalam ekspansi perusahaan minyak ke luar negeri tersebut dengan keterlibatan lembaga-lembaga negara, khususnya seperti kementerian luar negeri, kementerian pertahanan dan badan intelijen dalam kegiatan ekspansi perusahaan minyak berpengaruh terhadap keberhasilan ekspansi perusahaan minyak nasional keluar negeri.
Indonesia telah mengalami defisit migas dan ketahanan energi menjadi terancam jika tidak segera mendapat sumbcr-sumber energi, Indonesia dalam waktu kurang dari 10 tahun akan mengalami kekurangan dan kelangkaan energi, terutama energi migas. Pencarian surnber-sumber migas dari luar wilayah negara rnempunyai konsekuensi dari pengaruh peta geopolitik dunia, karena energi terutama migas merupakan bahan strategis . Pengadaan dan penguasaan sumber-sumber migas dari luar negera republik Indonesia sebagian besar dilakukan oleh Pertamina sebagai perusahaan milik negara BUMN sekaligus sebagai ?carrier Hag? atau wakil dari negara dalam percaturan geopolitik dunia.
Pertamina dalam melakukan operasi pencarian dan penguasaan sumber-sumber migas di luar negeri tidak dapat hanya melakukan kegiatannya sebagai entitas bisnis , tetapi sebagai komponen bangsa sebagai carrier flag negara sebagai wakil dari negara , dan untuk itu harus bekerja bersama dengan komponen-komponen negara yang lain seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Sumber daya Alam dan Badan Inteliien Negara Pembentukan badan Intelijen Pertahanan dan komunitas Intelijen Energi juga menjadi penting sebagai bagian yang akan mengawal Pertamina dalam menjalankan perannya sebagai wakil dari negara. Pertamina dalam operasi pencarian dan penguasaan sumber-sumber minyak dan gas tersebut memerlukan metoda-metoda intelijen. Revitalisasi dan Penggunaan bisnis intelijen dalam ogganisasi Pextamina sangat panting dalam dunia bisnis perminyakan dan memegang peranan dalam menentukan kebijakan ataupun langkah strategis sebuah perusahan sepexti halnya Pertamina.

ABSTRACT
This academic research is discussed the national energy security strategy which related with the oil companys expansions to overseas in facing the growth of petroleum geopolitics, with the used of intelligence methods. The theories used in the current study are theory of geopolitics and theory of expected SWOT analysis. This study postulates that there is a strong correlation, with the positive impact, between national oil companies and gecpolitics in the expansion ofthe state oil company to foreign cotmtries with the involvement of state institutions, especially as the foreign ministry, defense ministry and intelligence agency. The involvement of state-institutions in the oil company's expansion activities has affected the success ofthe expansion of national oil companies abroad.
Indonesia has experienced a deficit of oil and energy security which is threatened if it does not get immediate energy sources, Indonesia in less than 10 years will experience a shortage and scarcity of energy, especially oil and natmal gas energy. Exploration for oil and gas resources &orn outside the country has a consequence, it will influence the geopolitical map of the world, for energy, especially oil and gas which are strategic materials. Exploration and mastery of the sources of oil and gas tiom countries outside the republic of Indonesia is largely carried out by Pertamina as a state-owned enterprises SOEs as well as the "flag carrier" or representatives of the countries in the world geopolitical chessboard.
Pertamina in conducting search operations and control of oil resources in foreign countries can not only perform their activities as business entities, but as a component of the nation and also as a flag carrier for the state representative, therefore Pertamina must work together with the other components of state such as Ministry of Foreign Affairs, Ministry of Defense, Ministry of Natural Resources and the State Intelligence Agency. The option to establish a Defense Intelligence agencies and Energy Intelligence Community also will be important as part of Pertamina, their duties will be to escort and carrying out Perta.mina?s role as a representative from the state. Pertamina in the exploration operation and control of oil and gas resources methods require good strategic intelligence and also tactical intelligence. Revitalization and use of business intelligence in organizations are very important in the world of Perta1nina?s oil business and play a signiicant role in determining policy or strategic steps for a company such as Pertamina.
"
2010
T33442
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhil Muhammad Ar Ridha
"Minyak bumi merupakan komoditas strategis bagi negara yang berpengaruh bagi ekonomi dan politik suatu negara dalam spektrum nasional maupun internasional. Hal ini disebabkan adanya fakta bahwa negara-negara di dunia masih mengandalkan minyak sebagai sumber energi utama dunia yang jumlah cadangannya semakin menurun. Saat ini, 90% cadangan minyak dunia dikuasai oleh perusahaan minyak yang sebagian besar sahamnya dikuasai oleh negara yang disebut sebagai National Oil Companies atau NOC. Jumlah total penguasaan saham tersebut menunjukkan adanya kepentingan nasional yang berusaha dicapai oleh negara-negara di dunia, yaitu mengamankan pasokan minyak.
Tulisan ini bertujuan meninjau literatur-literatur mengenai NOC untuk melihat kepentingan suatu negara dalam pembentukan NOC dari aspek politik dan ekonomi. Dalam tulisan ini terlihat bahwa pembentukan NOC merupakanlangkah negara dalam menguasai sumber daya minyak yang penting bagi mereka. Lebih lanjut lagi, pembentukan NOC ini juga menunjukkan keengganan negara dalam melepaskan kekuasaannya terutama dalam komoditas strategis seperti minyak bumi.

In a world where all nations still depend on oil as their primary energy source, oil become a strategic commodity which is interrelated with their economic and political interest at both national and international levels. While the world oil reserve is constantly decreasing, 90% of those reserves are under the control of state-controlled oil company, commonly known as National Oil Companies (NOC). That condition implies national interest in securing oil supply to fulfill their need.
This paper aims to review literatures related to the NOC to analyse economic and political aspects which drive state to have such companies. This paper shows that NOC is a means to secure oil supply, and also their reluctancy to let such resources fall into the control of international markets.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Djakarta: Amerasian, 1972
665.5 PER
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sydney: CCH Australia Limited, 1980
346.066 UND
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Dewayanto
"ABSTRAK
Pada tesis ini membahas tentang antisipasi terhadap perubahan kepemimpinan nasional pasca pemilihan presiden tahun 2014 yang mana nantinya pemerintahan yang baru akan mempunyai kewenangan dalam membuat kebijakan pada bisnis hulu migas di Indonesia. Bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang migas, tentu mempunyai pengharapan agar kebijakan yang dihasilkan dapat memberikan iklim investasi yang kondusif, sehingga perlu dikaji lebih mendalam tentang kebijakan model apa yang akan dihasilkan dan diberlakukan? Utamanya kebijakan di bidang Migas, serta dampaknya bagi eksistensi perusahaan-perusahan migas tersebut. Sebagai entitas bisnis, sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan bahwa perusahaan migas internasional dan perusahaan migas nasional dalam menjalankan bisnisnya didukung oleh kegiatan intelijen bisnis (business intelligence) yang mencakup pengumpulan informasi penting mengenai situasi lingkungan tempat entitas tersebut beroperasi, guna mengantisipasi keadaan atau situasi tersebut yang mencakup ketidakpastian (uncertainties) dan kompleksitas (complexity) atas permasalahan ideologi, politik, sosial, ekonomi dan budaya setempat. Melalui konsep analysis TAIDA, informasi yang terkumpul akan diproses menjadi bahan pengambilan keputusan guna mendukung perencanaan stratejik ke depan sebagai bagian dari usaha untuk pengembangan usaha (business development) pada perubahan dinamika kepemimpinan nasional.

ABSTRACT
This thesis discusses about an anticipating to the national leadership changes post the presidential election in 2014. The new administration will have the authority to issue a policy on oil and gas business in Indonesia. The companies which engaged in oil and gas business have certainly expectation that the government policy on oil and gas industry can provide a conducive investment climate, so it needs to be studied more in depth about what policy models to be generated and enforced. The main policy on oil and gas industry as well as the implications of the existence of oil and gas companies in Indonesia. The multinational oil and gas company or the IOGC (International Oil Company) and the national oil company (NOGC) in running their business activities are supported by business intelligence, which its main activity is collecting the important information about the situation surrounding operations area in order to anticipate the uncertainties and complexity of the issues related to ideology, political, social, economic and local culture. This thesis utilizes the TAIDA analysis concept which all collected information will be processed in order to support decision making strategic for further plan as part of the efforts in business development to anticipate the dynamics of change of the national leadership.
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadia Caroline Siemarga
"ABSTRACT
Internasionalisasi perusahaan adalah proses untuk membuat perusahaan internasional, salah satunya dengan melakukan investasi atau ekspansi operasional dari suatu perusahaan. Sebelumnya, proses internasionalisasi merupakan fenomena yang terjadi pada perusahaan-perusahaan negara maju yang dinilai memiliki kesiapan, baik melalui merek, paten, kualitas, dan juga kemampuan manajerial. Namun demikian, beberapa dekade ini telah menunjukkan bagaimana perusahaan-perusahaan dari Tiongkok, yang merupakan negara berkembang, mengalami internasionalisasi yang pesat. TKA ini berusaha melihat motivasi-motivasi yang melatarbelakangi internasionalisasi perusahaan-perusahaan Tiongkok, dan juga mengelompokkan motivasi-motivasi di balik internasionalisasi perusahaan Tiongkok sesuai dengan perspektif analisis yang digunakan oleh artikel, yaitu perspektif mikro dan perspektif makro. Dari perspektif mikro, terdapat dua motivasi utama yaitu motivasi peningkatan efisiensi dan berkurangnya risiko yang mendorong perusahaan untuk melakukan internasionalisasi. Sedangkan dari perspektif makro, terdapat motivasi ekonomi dan politik yang berdasarkan kepentingan dari negara serta motivasi institusional sebagai efek dari institusi. Berdasarkan proses pemetaan motivasi internasionalisasi perusahaan Tiongkok, TKA ini mengidentifikasi bahwa faktor utama yang paling berpengaruh dalam menentukan negara dan sektor tujuan investasi adalah motivasi dari pespektif makro. Kesimpulan ini didapatkan berdasarkan analisis dari sisi historis, data empiris, serta kepentingan, di mana nampak bahwa peran dan juga kepentingan yang dimiliki oleh negara lebih mendominasi dibandingkan sektor privat.

ABSTRACT
Internationalization is a process in which a firm proceed to internationalize, either by investing or by expanding operations overseas. Previously, the internationalization process was a phenomenon that occurred to firms developed country companies that were considered to have readiness and capabilities to operate abroad. However, these decades have shown how firms from China, a developing country, are experiencing rapid internationalization. The paper seeks to see the motivations behind the internationalization of Chinese firms, and also classifies the motivations behind the internationalization of Chinese companies according to the analytical perspective used by the articles, namely the micro and macro perspective. From a micro perspective, there are two main motivations, namely the motivation to increase efficiency and the reduced risk which drive companies to internationalize. Whereas from a macro perspective, there are economic and political motivations based on the interests of the state as well as institutional motivation as an effect of the institution. Based on the process of mapping the internationalization motivation of Chinese companies, this article identified that the main factor in determining the country and investment destination sector are the motivations of the macro perspective. This conclusion is based on an analysis from the historical side, empirical data, and interests, where it appears that the roles and interests of the state are more dominant than the private sector.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sydney: CCH Australian, 1988
346.066 PRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>