Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 208880 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agustinus Rusdianto Berto
"Tesis ini meneliti pengaruh penerimaan pesan rasa takut dalam iklan keselamatan jalan Korlantas Polri terhadap motivasi khalayak usia muda berdasarkan faktor resonansi yang dimilikinya. Hubungan kausal tersebut dianalisis menggunakan model EPPM (extended parallel process model) melalui analisis jalur. Pengumpulan data dilakukan terhadap 85 pelajar sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan menggunakan desain eksperimen one-shot case study.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan pesan ancaman dapat memengaruhi motivasi para pelajar untuk mengikuti rekomendasi pesan iklan, bila dimediasi oleh pesan efikasi. Hal ini hanya terjadi pada kelompok pelajar yang memiliki resonansi, sedangkan kelompok pelajar yang tidak memiliki resonansi hanya dapat dipengaruhi oleh pesan efikasi.

This thesis examined the influence of perceiving of fear strategy messages in Korlantas Polri road safety advertisements, which aim to motivate younger audience using its resonances. The causal relationship between the strategy and how the message perceived was analyzed using the EPPM model (extended parallel process model) using path analysis. The data collection carried out on 85 private vocational high school (SMK) students using the one-shot case study experiment design.
The results showed that the perceived threats from the advertisement impacts and motivates the students to follow the recommendations from advertising messages, as mediated by an efficacy message. This only found in a group of students who have the resonance, while the other group who did not have the resonance can only be influenced by the message of efficacy."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T44449
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Startegi pendekatan rasa takut benyak digunakan untuk mempersuasi target khalayaknya dalam berbagai pesan kampanye keselamatan jalan di indonesia . namun, faktor perbedaan individual menjadi tantangan tersendiri bagi keefektifan penggunaan strategi ini. tesis ini meneliti pengaruh penerimaan pesan ras takut dalam iklan keselamatan jalan korlantas polri tergadap motivasi khalayak usia muda berdasarkan faktor resonansi yang dimiliknya. hubungan kausal tersebut dianalisis menggunakan model FPPM (extended parallel process model) melalaui analisis jalut. pengumpulan data dilakukan terhadap 85 siswa/i sekolah menegah kejuruan (SMK) dengan menggunakan desain ekperimen one-shot case study. hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan pesan ancaman dapat memengaruhi motivasi para siswa/i untuk mengikuti rekomendasi pesan iklan, bila dimediasi oleh pesan efikasi. hal ini hanya tejadi pada kelompok siswa/i yang tidak beresonansi hanya dapat dipengaruhi oleh pesan efikasi"
JPPKI 6:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Agustinus Rusdianto Berto
"Startegi pendekatan rasa takut benyak digunakan untuk mempersuasi target khalayaknya dalam berbagai pesan kampanye keselamatan jalan di indonesia. namun, faktor perbedaan individual menjadi tantangan tersendiri bagi keefektifan penggunaan strategi ini. tesis ini meneliti pengaruh penerimaan pesan ras takut dalam iklan keselamatan jalan korlantas polri tergadap motivasi khalayak usia muda berdasarkan faktor resonansi yang dimiliknya. hubungan kausal tersebut dianalisis menggunakan model FPPM (extended parallel process model) melalaui analisis jalut. pengumpulan data dilakukan terhadap 85 siswa/i sekolah menegah kejuruan (SMK) dengan menggunakan desain ekperimen one-shot case study. hasil penelitian menunjukan bahwa penerimaan pesan ancaman dapat memengaruhi motivasi para siswa/i untuk mengikuti rekomendasi pesan iklan, bila dimediasi oleh pesan efikasi. hal ini hanya tejadi pada kelompok siswa/i yang tidak beresonansi hanya dapat dipengaruhi oleh pesan efikasi"
Kementerian Komunikasi dan Informasi Ri, 2015
384 JPPKI 6:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Ariani
"Tujuan Penelitian tesis ini untuk meneliti pengaruh penerimaan pesan ancaman dan pesan efikasi terhadap motivasi proteksi dan motivasi defensif dalam konteks komunikasi internal khususnya pesan kampanye anti gratifikasi di organisasi pemerintah dengan menggunakan model EPPM (Extended Parallel Process Model).

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian menggunakan desain eksperimen faktorial 3x2. Eksperimen dilakukan terhadap 180 pegawai di Kementerian PUPR di bagi 6 kelompok secara acak menggunakan platform Qualtrics survey. Uji hipotesis menggunakan Uji Non parametrik Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan perbedaan tingkatan ancaman terhadap motivasi proteksi namun temuan lainnya berbeda dengan prediksi Extended Parallel Process Model (Witte, 1992). Tidak terdapat pengaruh signifikan perbedaan level ancaman terhadap motivasi defensif serta tidak terdapat perbedaan signifikan pesan efikasi tinggi dan rendah terhadap baik motivasi proteksi maupun defensif. Faktor penilaian pesan ancaman dan efikasi, budaya organisasi, hirarki struktural mungkin saja mempengaruhi hasil penelitian.

Hasil penelitian menyarankan pentingnya merancang pesan persuasi komunikasi dalam organisasi pemerintah dengan pendekatan rasa takut dengan merumuskan bentuk-bentuk ancaman yang relevan dan mengembangkan pesan efikasi yang lebih efektif sehingga respon yang dihasilkan sesuai dengan tujuan komunikasi yang ingin di capai yaitu terciptanya kepatuhan dalam organisasi (internal).


The aim of this thesis research is to examine the influence of receiving threat messages and efficacy messages on protection motivation and defensive motivation in the context of internal communication, especially anti-gratification campaign messages in government organizations using the EPPM (Extended Parallel Process Model).

This research is qualitative research with a research design using a 3x2 factorial experimental design. The experiment was carried out on 180 employees at the PUPR Ministry divided into 6 groups randomly using the Qualtrics survey platform. Hypothesis testing using the Kruskal Wallis Non-parametric Test. The research results show that there is a significant influence of different levels of threat on protection motivation, but other findings differ from the predictions of the Extended Parallel Process Model (Witte, 1992). There was no significant effect of different levels of threat on defensive motivation and there was no significant difference between high and low efficacy messages on either protective or defensive motivation. Factors assessing threat and efficacy messages, organizational culture, structural hierarchy may influence research results. The research results suggest the importance of designing communication persuasion messages in government organizations using a fear approach by formulating relevant forms of threats and developing more effective efficacy messages so that the resulting response is in accordance with the communication objectives to be achieved, namely creating compliance within the organization (internal)."

Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nico Aditia
"ABSTRAK
Tesis ini meneliti pengaruh penerimaan pesan ancaman dan pesan efikasi terhadap motivasi proteksi, motivasi defensif dan pencarian informasi dalam pesan program Amnesti Pajak. Hubungan kausal tersebut dianalisis menggunakan model E-EPPM Extension of Extended Parallel Process Model melalui uji ANOVA. Pengumpulan data dilakukan terhadap 80 mahasiswa perguruan tinggi dengan menggunakan desain experiment factorial 2x2.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum temuan empiris dalam penelitian ini sejalan dengan konsep dan proposisi Extension of Extended Parallel Process Model. Meski demikian, terdapat temuan empiris yang berbeda dengan konsep dan proposisi Extension of Extended Parallel Process Model sebagaimana yang diungkapkan oleh So 2013 . Temuan empiris dalam penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi proteksi antara penerimaan pesan ancaman tinggi dan penerimaan pesan ancaman rendah. Responden sama-sama merasa terancam meski diberikan pesan ancaman pada level yang berbeda-beda. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti mengusulkan penambahan resonansi sebagai variabel yang memediasi fear and anxiety terhadap coping appraisal.

ABSTRACT
This thesis examines the effect of receiving threat messages and message of efficacy on the motivation of protection, defensive motivation and information search in the message of Amnesty Tax program. The causal relationship is analyzed using E EPPM Extension of Extended Parallel Process Model model through ANOVA test. Data collection was conducted on 80 college students using experimental factorial 2x2 design.The results of this study indicate that in general the empirical findings in this study are in line with the concept and proposition Extension of Extended Parallel Process Model. Nevertheless, there are empirical findings that are different from the concept and proposition of Extension of Extended Parallel Process Model as disclosed by So 2013 . The empirical findings of the study indicate that there is no difference in the motivation of protection between high threat message reception and low threat message reception. Respondents were equally threatened despite threats at different levels. Based on these findings, researchers propose the addition of resonance as a variable that mediates fear and anxiety to coping appraisal."
2017
T48246
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aninda Atsari
" ABSTRAK
Tulisan ini membahas tentang konstruksi pesan persuasif dengan pendekatan emosional yang dilakukan brand EM Cosmetics melalui konten saluran YouTube beauty guru Michelle Phan EM Cosmetics adalah brand kosmetik yang pertama kali dilaunching melalui media sosial YouTube Mengingat 50 dari konsumen produk kecantikan menonton video di YouTube sebelum mereka membeli produk EM Cosmetics menggunakan YouTube sebagai salah satu sarana pemasaran interaktif untuk membuat khalayak merasa menjadi bagian atau ingin menjadi bagian dari brand EM Cosmetics Untuk itu penulis ingin mengkaji bagaimana EM Cosmetics menggunakan media sosial YouTube sebagai media pemasaran interaktif dengan konstruksi pendekatan emosional sebagai pesan persuasif Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan model segitiga semiotika Peirce sebagai kerangka berpikir dengan menganalisis tiga video yakni teaser announcement dan tutorial Dari penulisan ini penulis mendapatkan kesimpulan bahwa ketiga video saling mendukung kekuatan pesan persuatif dengan mengkonstruksi simbol persahabatan kekeluargaan kepemilikkan dan kesamaan pengalaman yang ingin disampaikan oleh EM Cosmetics

ABSTRACTThis paper discusses the construction of a persuasive message with an emotional approach that made by the brand EM Cosmetics via YouTube channel of beauty guru Michelle Phan EM Cosmetics is a first cosmetic brand that was launched via social media YouTube Considering 50 of consumers of beauty products watching videos on YouTube before they buy a product EM Cosmetics using YouTube as a interactive marketing strategy to make the audience feel part or want to be part of the brand To that end the authors wanted to assess how EM Cosmetics using YouTube channel as a medium of social media interactive marketing with an emotional approach to the construction of a persuasive message This study using qualitative approach and using Peirce 39 s semiotic triangle model as a framework to analyze the three videos they rsquo ve uploaded teaser announcement and tutorial Of this paper the authors came to the conclusion that the three videos support each persuasive power of the message by constructing a symbol of friendship kinship sense of belonging and similarity of experience which EM Cosmetics wants to convey "
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anita Nur Aini
"Persentase Kejadian Luar Biasa (KLB) keracunan pangan di tingkat rumah tangga yang tinggi di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah rendahnya penerapan nilai keamanan pangan di tingkat keluarga yang disebabkan oleh rendahnya pengetahuan tentang keamanan pangan di kalangan ibu rumah tangga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penyuluhan keamanan pangan dengan pesan mengandung Fear Appeal dengan desain quasi experimental post test only design with control group yang diukur dengan melihat perubahan tingkat pengetahuan, sikap, perilaku dan rasa takut pada ibu rumah tangga.
Hasil riset menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada pengetahuan dan sikap antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi, tetapi tidak ada perbedaan yang bermakna pada perilaku dan rasa takut responden.

High level percentage of outbreaks (food poisoning) of household in Indonesia, one reason is the poor level of food security at the family level due to lack of knowledge about food safety among housewives.
The purpose of this study was to observe the effect of food safety education with message contains fear appeal quasi-experimental design with a post-test only design with control group as measured by looking at the level of knowledge, attitudes, behavior and the fear of housewives.
The results showed a significant difference between control group and intervention group on knowledge and attitude, but not on behavior as well as fear of the respondents.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T39123
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Arindya Laksmidewi Marghaputra
"Pendekatan emotional appeal telah digunakan di berbagai industri dan konteks komunikasi. Penelitian ini berfokus pada penggunaan emotional appeal pada produk kosmetik ramah lingkungan. Didukung oleh data Zero Waste Week yang menyatakan bahwa industri kosmetik global memproduksi lebih dari 120 miliar unit kemasan setiap tahun dan sebagian besar dari kemasan tersebut tidak dapat didaur ulang. Salah satu inovasi solutif yang bisa dilakukan adalah mengubah penggunaan plastik menjadi seed paper sebagai kemasan produk. Terlepas dari inovasi produk ramah lingkungan yang semakin berkembang, terdapat banyak faktor yang memengaruhi niat pembelian konsumen. Emotional appeal (fear & hope appeal) digunakan sebagai strategi pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan hubungan emosional antara konsumen dengan produk atau jasa yang diiklankan, yang kemudian mendukung keputusan pembelian konsumen. Terdapat penelitian sebelumnya yang mengidentifikasi faktor lain pendukung keputusan pembelian yakni sikap terhadap iklan (advertising attitude). Kelompok konsumen dengan demografi yang berbeda juga memiliki perilaku yang berbeda dalam merespons pesan ramah lingkungan. Maka dari itu, penelitian ini mengidentifikasi lebih lanjut pengaruh pesan emosional pada sikap terhadap iklan dan minat beli produk kosmetik ramah lingkungan pada Generasi Y & Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif survei analitik cross-sectional pada 300 responden dari dua generasi yang berbeda. Hasil penelitian menyatakan bahwa bahwa advertising attitude memengaruhi purchase intention. Serta terdapat perbedaan pengaruh pesan emosional terhadap advertising attitude dan purchase intention generasi Y dan generasi Z.

The emotional appeal approach has been used in various industries and communication contexts. This study focuses on the use of emotional appeal in eco-friendly cosmetics products. Supported by data from Zero Waste Week, which states that the global cosmetics industry produces over 120 billion packaging units annually, most of which are non-recyclable. One innovative solution is to replace plastic with seed paper as product packaging. Despite the growing innovation in eco-friendly products, there are numerous factors influencing consumer purchase intentions. Emotional appeals (fear & hope appeals) are used as marketing strategies aimed at creating an emotional connection between consumers and the advertised products or services, thereby influencing consumer purchasing decisions. Previous research has identified other factors influencing purchase decisions such as advertising attitude. Consumer groups with different demographics also exhibit varying behaviors in response to eco-friendly messages. Therefore, this study further identifies the influence of emotional messages on advertising attitudes and purchase intentions for eco-friendly cosmetics products among Generation Y & Z. The study employs a quantitative cross-sectional analytic survey method with 300 respondents from these two different generations. The findings of the study indicate that advertising attitude influences purchase intention. Additionally, there are differences in the impact of emotional messages on advertising attitudes and purchase intentions between Generation Y and Generation Z.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daindra Widyaputri Utami Wisaksono
"ABSTRACT
The purpose of this research is to study the influence of the usage of fear appeals in advertising regarding the impact of uncertainty avoidance on consumer behavior, specifically on their purchase intention and willingness to pay. Fear appeals that have been used for this research are product central fear fear of threats or consequences of not having the product , and product peripheral fear fear with no direct association to the product . The analysis for this research has not just been conducted using respondents rsquo actual level of uncertainty avoidance, but has also tried to see whether the level of uncertainty avoidance of consumers can be manipulated and whether it yields a different impact.This research has studied the impact of the utilization of fear regarding commercial products only. The findings of this research have suggested that when consumers are faced with advertisements that are induced with fear appeals, people with high and low uncertainty avoidance respond differently.

ABSTRAK
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh dari penggunaan rasa takut dalam iklan dan dampaknya terhadap kultur pengindaran ketidakpastian ke perilaku konsumen, khususnya pada niat pembelian dan kemauan membayar. Rasa takut yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasa takut yang sentral terhadap produk takut akan konsekuensi atas tidak memiliki produk , dan rasa takut yang periferal terhadap produk takut yang tidak berhubungan langsung terhadap produk .Analisis untuk penelitian ini tidak hanya diambil menggunakan level penghindaran ketidakpastian responden yang sebenarnya, namun juga mencoba apabila level penghindaran ketidakpastian responden dapat dimanipulasi dan apakah akan menghasilkan hasil yang berbeda.Penelitian ini mempelajari pengaruh dalam penggunaan rasa takut dalam iklan terhadap produk komersial saja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang dihadapkan pada iklan yang telah diinduksi oleh rasa takut, orang dengan tingkat penghindaran ketidakpastian tinggi dan rendah merespons stimuli secara berbeda."
2017
S70043
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ketut Ajeng Sespiani
"Berangkat dari perspektif persuasi, peneliti mengkaji konsep isyarat pada label alami produk sampo yang dilandasi oleh terbatasnya hubungan antara isyarat pada label non makanan terhadap sikap konsumen. Teori Elaboration Likelihood Model (ELM), digunakan untuk mengkaji konsep isyarat. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengidentifikasi faktor lain yang terlibat dalam proses persuasi, seperti motivasi, pengetahuan, dan pengalaman. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen desain faktorial (2x2) dengan manipulasi elemen intrinsik dan ekstrinsik dari label. Data yang didapat menunjukkan isyarat pada label tidak berpengaruh terhadap persepsi kualitas dan minat untuk membeli responden. Walaupun demikian, ketika dilakukan uji dengan moderasi Hayes, ditemukan bahwa pengetahuan dan pengalaman dapat mengurangi efek dari elemen desain terhadap persepsi kualitas. Lalu pada interaksi moderasi, ditemukan bahwa interaksi motivasi dan pengalaman, serta interaksi pengetahuan dan pengalaman memiliki korelasi terhadap elemen desain dan persepsi kualitas. Hal ini menunjukkan bahwa ELM belum sesuai dalam menjelaskan perubahan perilaku konsumen pada produk berlabel alami. Responden memproses label secara rasional dan berdasarkan preferensi individu, sehingga resisten terhadap efek persuasi. Keterbatasan dan rekomendasi penelitian akan diidentifikasi dan dibahas pada bab penutup

Researchers investigate the concept of cues on the labels of natural shampoo products from the standpoint of persuasion, based on the limited relationship between cues on non-food labels and consumer attitudes. The theory of Elaboration Likelihood Model (ELM) investigates the concept of cues. Another goal is to identify other factors that play a role in the persuasion process, such as motivation, knowledge, and experience. A factorial design experiment (2x2) with manipulation of the intrinsic and extrinsic elements of the label was used. The data obtained show that the label cues have no effect on the perceived quality and purchase intention of the respondents. However, when tested with Hayes moderation, knowledge and experience were found to reduce the effect of design elements on perceived quality. The interaction of motivation and experience, as well as the interaction of knowledge and experience, were then found to be correlated with design elements and perceived quality in the moderation interaction. This finding indicates that ELM is ineffective in explaining changes in consumer behavior toward natural-label products. Respondents process labels rationally and according to their personal preferences, so they are resistant to persuasion effects. In the final chapter, limitations and research recommendations will be identified and discussed."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>