Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 201618 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Alvin Steviro
"ABSTRAK
Skripsi ini menganalisis elemen-elemen pemikiran Friedrich Nietzsche mengenai nihilisme dan Übermensch dalam tiga karakter utama film Fight Club (1999), yaitu sang Narator Tanpa Nama, Tyler Durden, dan Marla Singer. Tujuan penelitian ini adalah meninjau bagaimana film ini mengadopsi dan menginterpretasi ulang ide-ide Nietzsche tentang nihilisme dan Übermensch. Dua teori utama yang digunakan untuk meninjau korpus ialah konsep nihilisme dan Übermensch itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua konsep Nietzsche tersebut diadopsi hanya sebagian sebelum pada akhirnya film ini membuat versi nihilisme dan Übermensch nya sendiri.

ABSTRACT
This undergraduate thesis analyzes specific elements of Friedrich Nietzsche?s ideas on nihilism and Übermensch operating within Fight Club (1999)?s three main characters, which are the Unnamed Narrator, Tyler Durden, and Marla Singer. The main purpose of this research is to see how the movie adopts and interprets Nietzschean ideas of nihilism and Übermensch. The theoretical framework used to analyze the corpus consists of two main ideas, which are Nietzschean nihilism and Übermensch themselves. The final result of this research is that the two Nietzschean concepts are only partially adopted before the movie finally makes its own version of nihilism and Übermensch.
"
2015
S59377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mitla Taslima
"ABSTRAK
Drama televisi adalah bentuk karya sastra yang sangat dekat dengan masyarakat, tak
terkecuali dorama atau drama Jepang. Skripsi ini membahas penokohan tokoh utama
dorama Gomenne Seishun! (2014), Hara Heisuke, yang diperankan oleh Nishikido
Ryo. Analisis penokohan Heisuke dilakukan dengan melihat interaksinya dengan
tokoh-tokoh lain yang berinteraksi aktif dengannya. Hasil penelitian menunjukkan
tokoh Hara Heisuke adalah tokoh yang lemah namun dapat diandalkan, penakut
namun tegas, lari dari kesalahan namun pada akhirnya berani mengakui
perbuatannya; sehingga dapat disumpulkan bahwa Heisuke adalah tokoh bulatberkembang-
netral

ABSTRACT
Television drama is one of literature works that very close to society, not least the
Japanese drama or used to be called dorama. This thesis discusses the
characterization of Gomenne Seishun! (2014)?s main lead, Hara Heisuke, played by
Nishikido Ryo. The research is based on Heisuke?s interaction with other characters
who do interactions with the main lead regularly. The result shows that Heisuke is
weak yet dependable, a coward yet firm, run from his own problem but have a nerve
to do the confess by the end; which means, his characterization is complexdeveloping-
neutral."
2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gayatri Nadya Paramytha
"Skripsi ini membahas praanggapan yang muncul dalam tuturan adegan film Janji Joni dan juga maknanya. Penelitian ini bersifat deskriptif yang sumber datanya merupakan transkripsi dari tuturan dalam adegan film. Tujuan penelitian ini adalah mendeksripsikan praanggapan-praanggapan yang muncul dalam adegan film dan juga mengklasifikasikan jenis praanggapan yang muncul. Penelitian ini melihat kemunculan jenis-jenis praanggapan sesuai pemaparan Yule dan Grundy serta didukung oleh konteks situasi, partisipan, dan pengetahuan bersama. Hasilnya muncul lima jenis praanggapan dalam tuturan adegan film Janji Joni.
This study explains about presupposition appears in Janji Joni film as well as its meaning. This research uses descriptive type of research, transcription of utterance from certain scenes of this film became source of data. The purpose of this research is to describe presupposition that appears and also classify the type of presupposition based on Yule and Grundy?s theories and also enriched by context, participant, and background knowledge. The result shows that there are 5 types of presuppositions in utterance from certain scenes of Janji Joni film."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S10989
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhayati
"Disertasi ini merupakan penelitian di bidang stilistik naratif yang memperlihatkan bahwa kajian naratologi dapat dilakukan melalui ancangan linguistik. Dengan menggunakan teori tentang konsep temporal dalam bahasa dan teori naratologi, penelitian ini menjawab masalah: "Makna apa yang dihasilkan oleh penggunaan pemarkah temporal di dalam dua novel detektif klasik berbahasa Inggris, yaitu The Hound of the Baskervilles dan Nemesis dan fungsi apa yang diungkapkan oleh pemarkah temporal dalam dua novel tersebut". Berdasarkan masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi makna dan fungsi pemarkah temporal dalam novel detektif klasik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan kala dalam teks naratif memiliki dua pola, yaitu kala sebagai pengungkap modus komunikasi faktual dan modus komunikasi fiktif. Pola pertama menggunakan waktu tokoh bertutur sebagai pusat waktu (tnol), sedangkan pola kedua menggunakan waktu narator bertutur sebagai pusat waktu (tnol). Untuk mengungkapkan makna kekinian, pola pertama menggunakan kala simple present, sedangkan pola kedua menggunakan kala simple past. Penggunaan kala dalam pola kedua tersebut mengakibatkan pola interaksional antara kala, aspek, tipe klausa, dan keterangan temporal lebih beragam, seperti hadirnya kala simple past dan keterangan temporal now dalam satu klausa. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa penggunaan pemarkah temporal dalam dua novel yang diteliti mengasilkan makna pragmatik dalam bentuk eksplikatur dasar dan eksplikatur interaksional. Eksplikatur dasar terdiri atas pengungkapan aksionalitas, aspektualitas, dan kewaktuan, sedangkan eksplikatur interaksional terdiri atas penggambaran pergeseran tipe situasi, habitual, keberbatasan, inkoatif, iteratif, dan harmoni kala. Di dalam konteks tertentu, penggunaan pemarkah temporal tersebut juga menghasilkan makna pragmatik yang berupa implikatur, yang antara lain berupa penggambaran (i) perubahan peri keadaan, (ii) urutan peristiwa, (iii) hubungan antara durasi peristiwa dan penceritaannya, (iv) hubungan antara kekerapan peristiwa dan penceritaannya, dan (v) penonjolan peristiwa tertentu. Berdasarkan kemampuannya dalam mengungkapkan eksplikatur dan implikatur tersebut, pemarkah temporal dalam dua novel tersebut dapat berfungsi sebagai pengungkap struktur naratif yang berupa (i) perbedaan antara peristiwa dan nonperistiwa, (ii) hubungan antara waktu cerita dan waktu penceritaan, (iii) penonjolan bagian cerita atau pelataran, (iv) bentuk penceritaan, (v) hubungan antarcerita, dan (vi) posisi narator terhadap cerita. Karena memiliki fungsi-fungsi tersebut, pemarkah temporal dalam novel detektif klasik dapat digunakan untuk mengungkapkan pola penceritaan novel detektif klasik yang terdiri atas penceritaan (i) alur penyelidikan yang ikonis dan lamban, (ii) alur kejahatan yang terpisah-pisah dan anakronis, (iii) pola tindakan yang memadukan sifat rasionalitas dan mistifikasi, serta mengungkapkan (iv) penokohan dan latar yang mengandungi petunjuk yang membingungkan (mystifying)."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
D929
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York : Routledge, 2003
791.436 SHA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
McDermott, Hubert
Houndmills: Macmillan, 1989
809.3 MCD n
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Asim Gunawan
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1997
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Marco Alexandro
"Skripsi ini membahas bagaimana tokoh superhero dan supervillain pada film Iron Man 3 (2013) memperlihatkan sebuah tindakan dominasi relasi kuasa. Dominasi dan relasi kuasa ini, yang terjadi melalui konflik antar tokoh, dilihat sebagai suatu pembentukan stratifikasi sosial antara manusia super dan manusia normal/ masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan definisi dan ideologi pada superhero dan supervillain, yang tertanam pada tokoh superhero, Iron Man dan Iron Patriot, dan tokoh supervillain, Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk melihat konflik yang menyebabkan dominasi dan relasi kuasa dalam pembentukan susunan kelas dalam masyarakat. Dengan mengkaji definisi dan ideologi pada tokoh-tokoh tersebut, penelitian ini diharapkan memberikan pandangan lebih luas mengenai tokoh manusia super dan membantu pembaca memahami nilai yang disampaikan dari keberadaan tokoh superhero. Kesimpulan yang diambil penulis adalah pengambaran tokoh superhero dan supervillain pada film Iron Man 3 (2013) sebagai pemilik kekuasan tertinggi memiliki fungsi sebagai pembatas yang mengatur nilai-nilai dalam masyarakat.
This undergraduate thesis discusses how superhero and supervillain characters in the film Iron Man 3 (2013) shows an act of domination and power relation between characters. Domination and power relation, that occur through the conflict between characters, are seen as an establishment of social stratification among superhuman and normal human / society. This study is conducted by comparing the definition and ideology on the superhero and supervillain in superhero characters, Iron Man and the Iron Patriot, and supervillain character, Mandarin. This study aims to look at the conflicts that led to the dominance and power relations in the establishment of class structures in the society. By reviewing the definition and ideology on these characters, this study is expected to give a broader view of superhuman characters and help the reader to understand the value delivered from superhero character. As a conclusion, the potrayals of the superhero and supervillain characters in the film Iron Man 3 (2013) as the highest power owner have a function to limit and control the values in the society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anida Nurrahmi
"Penelitian ini membahas subtitling dalam Le Marais, film pendek dalam film antologi Paris, Je T’aime, dengan menganalisis strategi dan teknik yang digunakan terkait adanya keterbatasan ruang dan waktu serta bentuk penerjemahannya yang bersifat diasemiotik. Strategi yang dimaksud adalah sepuluh strategi subtitling milik Gottlieb, sedangkan teknik yang dimaksud adalah aturan teknis berupa batasan karakter, durasi, serta keterbacaan teks. Hasil menunjukkan bahwa keterbatasan ruang dan waktu secara umum teratasi dengan adanya perubahan saluran komunikasi dari lisan menjadi tulisan. Penerapan strategi subtitling dapat dikombinasikan untuk mengalihbahasakan pesan dengan baik sekaligus memenuhi aturan teknis yang ada. Strategi yang paling banyak digunakan adalah kondensasi. Ditemukan pula strategi berupa variasi diksi yang tidak disebutkan dalam teori. Sementara itu dalam penerapan aturan teknis, ditemukan bahwa keterbacaan teks tidak dapat diatur karena mengikuti tempo dialog. Oleh karena itu, penerapan strategi menjadi esensial bagi penerjemah untuk menghasilkan subtitle yang baik.

This research studies the subtitling in Le Marais a short film within Paris Je T rsquo aime an anthology film by analyzing the strategies and techniques used due to spatial temporal constraints and its nature as diasemiotic translation Strategies we used here refer to Gottlieb rsquo s ten strategies of subtitling while techniques refer to technical rules including numbers of characters duration and legibility of texts The result shows that the spatial temporal constraints are generally solved by the change of communication channel from spoken into written The application of subtitling strategies could be combined in order to deliver the message from source language to target language and to fulfill the technical rules as well The most common strategy is condensation It is also found that there is variation a strategy which is not mentioned in theory Meanwhile from the technical rules we find that the legibility of the text could hardly be set since it is based on the tempo of the dialog itself Therefore the use of those strategies becomes essential for subtitlers to make good subtitles."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46098
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>