Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 68769 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Inesa Purnama Sari
"[Separatrix pada Arsitektur membahas mengenai peran dan fungsi separatrix di dalam arsitektur. Separatrix dianggap sebagai makna arsitektur yang sesungguhnya. Separatrix menjadikan suatu arsitektur menjadi beragam dan tidak statis, ia memberikan beragam kemungkinan timbulnya makna baru dalam arsitektur. Pada akhirnya separatrix dapat menciptakan pleasure dalam arsitektur. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana separatrix bekerja terhadap beragam kemungkinan pada arsitektur. Selain itu skripsi ini juga bertujuan untuk memahami peran separatrix dalam memperkaya proses desain arsitektur.

Separatrix on Architecture discusses about separatrix role and its function in architecture. Separatrix is considered as the true meaning of architecture. Separatrix makes architecture become diverse and not static, it provides the possibility of new meaning in architecture. In the end, separatrix can create architecture pleasure. The aims of this thesis is to understand how separatrix works towards variety of possibilities on architecture. Moreover, this thesis
aims to understand separatrix roles to architecture design enrichment.;Separatrix on Architecture discusses about separatrix role and its function in
architecture. Separatrix is considered as the true meaning of architecture.
Separatrix makes architecture become diverse and not static, it provides the
possibility of new meaning in architecture. In the end, separatrix can create
architecture pleasure. The aims of this thesis is to understand how separatrix
works towards variety of possibilities on architecture. Moreover, this thesis
aims to understand separatrix roles to architecture design enrichment., Separatrix on Architecture discusses about separatrix role and its function in
architecture. Separatrix is considered as the true meaning of architecture.
Separatrix makes architecture become diverse and not static, it provides the
possibility of new meaning in architecture. In the end, separatrix can create
architecture pleasure. The aims of this thesis is to understand how separatrix
works towards variety of possibilities on architecture. Moreover, this thesis
aims to understand separatrix roles to architecture design enrichment.]
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60726
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Brigitta Vimala Dewi
"Seiring dengan perkembangan zaman dimana kebutuhan manusia semakin meningkat dan semakin kompleks, teknologi merambat ke semua bidang ilmu pengetahuan, termasuk arsitektur. Ironisnya, kemajuan teknologi justru seperti menarik manusia menjadi semakin jauh dari alam, seperti apa yang terjadi pada masa Revolusi Industri, dimana semua terlihat sama dan diproduksi secara massal, semata-mata hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Manusia tidak lagi memikirkan cara agar dapat hidup harmonis dengan alam seperti yang dilakukan oleh para leluhur mereka dahulu. Arsitektur dapat menjadi salah satu wadah yang memfasilitasi manusia agar dapat kembali dekat dengan alam, yang seringkali dilakukan oleh para arsitek dengan cara mengambil bentuk atau material yang ada di alam. Inilah asal mula munculnya gagasan tentang arsitektur organik. Terdapat berbagai unsur yang dapat membuat arsitektur disebut sebagai arsitektur organik, dimana unsur yang dominan adalah bentuk dan material yang organik. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, terjadi pergeseran dominansi unsur dalam arsitektur organik.

Throughout the progress of time where human needs are increasing and becoming more complex, technology propagates all field of knowledge, including architecture. Ironically, technological development seems to pull humans further from nature, just like what happened during the Industrial Revolution, which all objects looked the same and were mass produced, for the sole purpose of fulfilling human needs. People have no longer thought about ways to live in harmony with nature as their ancestors did. Architecture can become the vessel that facilitates people to return to nature, by taking the form of objects that are found in nature or using materials that are also found in nature. This is how the idea of organic architecture originated. There are various elements that can make an architecture to be referred as organic architecture, where the dominant elements are organic form and organic material. However, throughtout the progress of time, there is a shift in elemental dominance in organic architecture."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67832
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Putri
"
ABSTRAK
Di masa kini, tektonik dalam proses berarsitektur sering diartikan sebagai metode merangkai sambungan agar sebuah bangunan bisa berdiri dengan kokoh. Namun tektonik tidak hanya terbatas pada menyambung untuk keberdirian bangunan, namun juga memperhatikan keindahan sehingga dapat dinikmati dari segi estetika. Bahkan tektonik juga dapat dinikmati sebagai sebuah seni. Selain itu tektonik juga mampu menceritakan kembali ldquo;makna rdquo; yang tersirat dan tersurat baik secara langsung maupun tidak langsung. ldquo;Makna rdquo; ini bisa berupa pesan filosofis yang ingin disampaikan oleh perancangnya melalui elemen-elemen arsitektural makro atau mikro. Salah satu karya arsitektur yang mengungkap cerita tektonik yang kaya adalah arsitektur bambu, karena material ini memiliki karakteristik fisik yang spesial untuk digali dari unsur estetika namun juga tetap kuat sebagai suatu struktur bangunan.

ABSTRAK
In this era, tectonics on architecture process has been explained as a method to connect the joints to make building stand up firmly. But the meaning of tectonic is not only limited by connecting for building stand up, but also pay attention to beauty so it can be appreciated from aesthetic side. Besides, tectonic is capable to re telling implicit and explicit ldquo meaning rdquo directly or indirectly. lsquo Meaning rsquo can be identified as philosophy message that is explained by architect by means of macro and micro architectural elements. One of architecture works that reveals rich tectonic story is bamboo architecture, because this material has special physical characteristic to be uncovered from aesthetic element and also strong enough as building structure."
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri Dian Sari
"Polikarbonat merupakan jenis plastik yang terkenal karena sifat transparan dan kekuatannya. Material ini diproduksi dalam bentuk lembar, film, dan profil. Polikarbonat berkembang pesat karena potensial untuk diterapkan pada berbagai aplikasi (botol minum, rumah lampu, lensa kaca mata dan sebagainya).
Pada bidang arsitektur, polikarbonat diterapkan sebagai material pengkacaan dengan mengandalkan sifat transparannya. Bahkan material ini mulai digemari dibandingkan kaca dengan diterapkan sebagai penutup, jendela, atap, bahkan cladding atau curtain wall. Namun apakah penerapan polikarbonat akan berhenti setelah itu? Atau mungkinkah material ini diterapkan sebagai material struktural di kemudian hari?
Karya tulis ini akan menjelaskan lebih jauh mengenai material polikarbonat (karakteristik, jenis, pengolahan, dan sebagainya) sehingga dapat diterapkan pada berbagai desain arsitektur dan menggali potensi material ini untuk dapat dikembangkan sebagai material struktural.

Polycarbonate is plastic polymer which is famous because its transparency and strength. This material is produced in sheets, films, and profiles. Polycarbonate has been growing fast because it gains potencies to be used in a lot of appliance (bottles, lamp housings, glasses lenses, etc).
In architecture, polycarbonate is used for glazing by count on its transparency. Infact, this material is started to be more desirable than glass in its appliance as coverings, windows, roofs, even claddings or curtain walls. But is that all? Or could it be used as structural material?
This paper will explain deeper about polycarbonate (characteristics, types, blends, etc) until it?s usable in many architecture design and explores its potency to be developed as structural material.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S48450
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fontine, Terry
"Brand dipahami sebagai nama dari suatu produk yang diciptakan oleh sebuah perusahaan. Namun, keberadaannya bukan sekedar itu, tapi juga memiliki citra yang berhubungan dengan pemikiran dan komunikasi pemasaran secara menyeluruh. Sehingga dalam menghadapi persaingan globalisasi, sebuah strategi dijalankan oleh perusahaan yaitu penyampaian citra brand-nya melalui arsitektur. Arsitektur dalam kasus ini, menjadi media periklanan sebuah Brand.
Peran arsitektur ditekankan pada fungsinya sebagai media untuk penyampaian citra brand kepada masyarakat. Upaya ini dilakukan agar citra dari produk tersebut melekat di hati masyarakat. Untuk maksud tersebut perlu dilakukan kerjasama dengan arsitek yang memiliki ciri khusus pada desainnya. Karena dengan ciri khususnya, ia dianggap mampu menawarkan sebuah citra arsitektur yang turut memperkuat citra dari suatu brand di mata konsumen.
Skripsi ini akan menjelaskan tentang apakah bangunan yang dihasilkan dapat mewakili citra dari sebuah brand atau justru didominasi gaya desain arsiteknya dalam mendesain. Topik ini terkait dengan pemahaman citra brand dan arsitektur yang diterjemahkan melalui beberapa proses pendekatan kreatif. Sehingga, pada akhirnya terbukti bahwa tidak sepenuhnya citra dari suatu brand terwakili pada bangunan. Namun, terdapat manfaat yang diperoleh dari perusahaan tersebut. Manfaat tersebut berupa penggunaan elemen bangunan yang dapat menjadi inspirasi dalam menghasilkan produk suatu brand.

Brand is known as the name of a product that was created by a company. However, the existence is not only for that. Brand also has an image that is connected with idea and marketing communication comprehensively. So as in facing the globalization competition, a strategy was undertaken by the company to deliver brand image through architecture. Architecture, in this case, becomes an advertising media of the Brand.
The role of architecture is focused to deliver brand image to the people. This effort is carried out to make the product image adheres in the heart of people. An architect with distinct characters is then important in this regard. It is hoped that the architect could create an architecture image that supports the brand image in the eyes of the consumers.
This script will explain whether the building represent the image of a brand or the style of the architect. This topic relateds to the understanding of brand image and architecture that is transformed through several processes of creative approaches. So, it will be proved that not all of the brand image represented in the building. However, the analysis conclude that architecture also inspires the company to give more characters to the product.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S48448
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sekar Ayu Novitri
"Mitos merupakan salah satu bentuk tradisi lisan dan merupakan manifestasi dari kebudayaan. Mitos tercipta ketika masyarakat masih memegang kepercayaan terhadap kejayaan atau kesaktian seseorang di masa lampau. Kepercayaan tersebut selanjutnya dituangkan ke dalam suatu ritual yang secara tidak langsung semakin mempertegas keberadaan mitos. Ketika mitos masuk ke dalam suatu karya arsitektur, maka terciptalah jiwa di dalam karya arsitektur yang akan mempengaruhi pandangan dan perlakuan manusia terhadapnya.
Salah satu karya arsitektur yang erat kaitannya dengan mitos, khususnya di Tanah Jawa, adalah makam. Dengan melihat kekuatan mitos pada suatu makam maka diharapkan dapat mengetahui bagaimana suatu jiwa di dalam karya arsitektur tercipta. Dalam melihat pengaruh mitos pada arsitektur makam tersebut, saya mengacu kepada makam-makam wali yang sering disebut dengan makam keramat yang terletak di Kabupaten kudus, serta memilih studi kasus berupa makam keramat yang mengacu pada penamaannya maupun bentuk fisiknya. Ternyata dari studi kasus tersebut diketahui bahwa keberadaan mitos pada awalnya dipengaruhi oleh siapa tokoh yang dimakamkan di sana dan kesaktian yang dimilikinya. Semakin besar kesaktian yang dimilikinya, maka semakin besar pengaruh mitos tersebut pada arsitektur makam.

Myth is one form of oral tradition, which is a manifestation of culture. Myth was created when people still continue their belief in the glory and the supernatural power of someone in the past. Then their belief is generated into a ritual which people do as a statement of existence of the myth. When myth present on a work of architecture, so the work will have a soul that can affect people's views and treatment of this work.
One of architecture's works that is closely related to myth, especially at Java, is tomb. By seeing a power of myth in a tomb, so we can to know how a soul in the architecture is created. In looking at the influence of myth on the architecture tombs, I focus to the tombs of Wali which are often called as sacred tomb, where are placed at Kudus , and choosing sacred tomb as cased studies that refer to their naming and physical form. From these case studies known that firstly the presence of myth was influenced by who is buried there and what supernatural power when they were alive. The greater supernatural power that he has, so it increasing significantly of myth's influenced on the architecture of tomb.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52294
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Lestari
"Kebutuhan untuk menyampaikan dan mendengar sebuah cerita adalah sebuah kebutuhan alamiah dan memiliki nilai yang penting dalam kehidupan manusia. Sebuah cerita diyakini mampu menambah suatu nilai kepada sebuah objek dan membuat orang lain tertarik. Pembahasan dalam skripsi ini bermula dari pencarian terhadap sebuah upaya untuk mencapai arsitektur yang bermakna. Arsitektur yang bermakna disini dapat dicapai melalui apresiasi manusia sebagai pengguna dari arsitektur tersebut.
Saat berusaha untuk mencapai apresiasi inilah dimana sebuah cerita kemudian memegang peran, sehingga munculah ruang yang bercerita. Pembahasan terhadap ruang bercerita ini akan menggunakan pendekatan ruang puitis seperti yang diungkapkan oleh Gaston Bachelard, dan pendekatan cerita sebagai panduan melalui keberadaan maps dan tours yang dijelaskan oleh Michel de Certeau. Kedua pendekatan ini menegaskan faktor manusia sebagai pengguna ruang yang menjadi aktor dalam cerita. Sebuah peranan yang turut menentukan apakah ruang tersebut mampu dinikmati layaknya manusia menikmati sebuah cerita.
Dalam proses analisis terhadap ruang yang kemudian dilakukan, ditemukan bahwa kedua aspek pendekatan tersebut hadir di dalam ruang dan menjadikannya memiliki identitas serta lebih dimengerti oleh penggunanya. Saat pengguna memahami sesuatu yang hadir melebihi sebuah bentuk fisik atau yang terlihat di permukaan, maka saat itulah tercapai arsitektur yang lebih bermakna.

The necessity to tell and hear stories is a natural need and essential to human life. A story was believed could add a value to a certain object and made it more appealing. This writing was inspired by the search for a means toward meaningful architecture. A state of architecture that can be achieved with the appreciation from human as the user of the product of architecture.
This is when a story has an advantage to create storytelling space, the kind of space that we require when there is a need for human appreciation. The course to discuss about this storytelling space, will divide into two approaches. The first is Gaston Bachelard?s poetic space and the second will be using maps and tours as explains by Michel De Certeau. These two approaches signify the importance of human as a user of the space which also made us an actor of the story. A role that plays part whether that space can be enjoyed as humankind enjoys a story or not.
Within the analyzing process afterwards, i discover that the two approaches happen inside the space. Moreover they identify it and made it more understandable for its user. When the user understands what is present beyond physical aspect or what appear on the surface, is when architecture develops into something more meaningful.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S48437
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nurrul Helen
"Komik merupakan medium unik yang menggabungkan dua jenis representasi yaitu gambar dan teks untuk menyampaikan informasi dengan harapan dapat menghasilkan respon tertentu dari pembaca. Arsitektur di dalam komik tidak hanya digunakan sebagai background untuk menginformasikan kepada pembaca dimana suatu adegan terjadi (sense of place) dan untuk membangun emosi tertentu (sense of depth), namun arsitektur juga dapat digunakan sebagai elemen pembangun cerita di dalam komik. Studi kasus yang digunakan adalah komik "Yes is More, An Archicomic of Architectural Evolution" oleh BIG dan komik "Durarara" oleh Ryohgo Narita, Suzuhito Yasuda dan Akiyo Satorigi.

Comic book is a unique medium which combines two kinds of representations, images and words, to convey informations in hope to gain response from the readers. Architecture in comic book is not only used as background to establish sense of place and sense of depth to the readers, but also can be used as the constructor elements of the story in the comic book. The cases study for this topic are "Yes is More, An Archicomic of Architectural Evolution", a comic book by BIG and "Durarara", a comic book by Ryohgo Narita, Suzuhito Yasuda and Akiyo Satorigi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widya Aulia Ramadhani
"Arsitektur seringkali dituntut untuk menjadi pahlawan yang mampu menyelesaikan semua masalah keruangan manusia. Fenomena ini memaksa arsitektur untuk dilihat hanya sebagai produk. Padahal melihat arsitektur sebatas produk fisiknya saja membatasi pemahaman makna arsitektur secara keseluruhan. Skripsi ini mempelajari arsitektur sebagai kesatuan proses dan produk. Arsitektur terbuka terhadap berbagai kemungkinan dengan memberi ruang kolaborasi dan partisipasi bagi arsitek dan pengguna. Dari hasil analisa teori dan studi kasus didapatkan bahwa arsitektur mengalah ketika tidak mengindari proses yang mengandung banyak resiko sehingga mampu membuka kemungkinan kemungkinan baru. Arsitektur mengalah untuk memungkinkan terjadinya arsitektur yang lebih mengalir dan terbuka sehingga tercipta arsitektur yang bermakna dan berkelanjutan.

Architecture is often required to be a hero to overcome all human's spatial problems. This phenomena force architecture to be seen only as a product. Perceiving architecture only as product can limit the overall meaning of architecture. This writing argues that architecture should be seen as the unity of process and product. Architecture is open to various possibilities by giving a space for collaboration and participation between the architect and the users. Based on the results of theoretical analysis and case studies architecture succumbs when it does not avoid the risky process and when it opens to new possibilities. Architecture succumbs to allow more open and flowing architecture in order to create more meaningful and sustainable architecture.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S54861
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Catherine Dhammamitta Viriya
"Skripsi ini berusaha mengkaji pengertian dari fashion dan fashionable terkait dengan dunia arsitektur, dan faktor-faktor yang dapat membuat sebuah karya arsitektur dianggap fashionable. Studi dalam penulisan skripsi ini dilakukan dengan mempelajari literatur yang berhubungan dengan metode perancangan serta teknik yang diterapkan dalam kedua disiplin ilmu baik fashion maupun arsitektur serta keterkaitan yang mungkin dapat ditemukan diantara keduanya. Studi kasus difokuskan pada dua buah bangunan yang berlokasi di Jakarta dan Tokyo, Jepang, dengan melakukan analisis terhadap konsep dan metode perancangan yang diterapkan, kaitan dengan lingkungan, serta detail-detail elemen fashionable yang digunakan dalam kedua bangunan ini.
This thesis tries to examine the definition of fashion and fashionable, the connection between those and the architecture world, and what makes a building fashionable. The research on this thesis is done by studying literatures concerning on methods, concepts, and designing techniques, which are done in both fashion and architecture, and also possible connections between the disciplines. Two fashionable buildings located in Jakarta and Tokyo are chosen as the case studies, to which the designing concept and methods are analyzed according to the theories gathered from the literature research. Other than that, connection of the buildings toward surrounding area and fashion elements, which are found in the buildings, are also the concern of this thesis."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42610
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>