Ditemukan 152002 dokumen yang sesuai dengan query
Monica Fecilya
"
ABSTRAKTulisan ini mendiskusikan bahasan mengenai pemanfaatan TV Internet pada mobile device dalam industri penyiaran yang menitikberatkan pada gagasan bahwa saat ini di Indonesia TV Internet menjadi salah satu bentuk inovasi dalam penyiaran konten audio visual Penggunaan TV Internet pada mobile device menjadi cara baru dalam menonton televisi menimbulkan pertanyaan akankah TV Internet menjadi alternatif Generasi Z dalam menonton konten audio visual pada mobile device Tulisan ini membahas permasalahan tersebut dengan menggunakan konsep Mobile TV dan Karakteristik Generasi Z dengan menekankan pada faktor berkembangnya teknologi digital yang menyebabkan perubahan perilaku Generasi Z dalam menonton televisi Tulisan ini menyimpulkan bahwa Generasi Z menggunakan TV Internet pada mobile device karena keunggulannya sebagai media penyiaran dalam hal keberagaman konten sesuai dengan kebutuhan dan fleksibilitasnya dibandingkan dengan televisi konvesional
ABSTRACTThis article discusses a topic about utilization of TV Internet on mobile device in broadcasting industry which emphasizes on idea that at least in Indonesia TV Internet becomes one of the forms of innovation in broadcasting television programs The utilization TV Internet on mobile device as a new way to watch video content causes wonderment would it be become an alternative entertainment for Z Generation The article discusses that problem using Mobile TV and Characteristic of Z Generation Concept with emphasizing on the factors that digital technology changes behaviour of Z Generation in watching television The article concludes that Z Generation uses TV Internet on mobile device because of its excellence as broadcasting media such as as content diversity user rsquo s perspective and flexibility than television conventional "
[, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Fanny Nur Andini
"Perkembangan konvergensi media dalam bidang multimedia, informasi dan juga komunikasi menyebabkan berkembangnya teknologi-teknologi terbaru, salah satunya adalah Internet TV. Internet TV adalah suatu mekanisme baru dalam berkomunikasi dalam penggunaan multimedia dimana teks, suara, gambar dan grafis dapat diakses sekaligus dalam satu media. Terdapat beberapa faktor yang mendasarai berubahnya gaya menonton para generasi muda di era konvergensi saat ini, di samping karakteristik khas dari Internet TV itu sendiri.
The progress of media convergence in multimedia, information, and communication sector has triggered the development of new technology, one of which is Internet TV. It is a new mechanism to communicate using multimedia, where text, sound, picture, and graphic can be accessed easily from a single medium. This study will discuss fundamentals that lead Indonesian youth to shift their watching style from the conventional to the Internet-based TV. Besides, special characteristics of the Internet TV that shape viewer’s character will also be the focus of this study."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Salma Augustina Rahardjo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban berlapis yang ditanggung perempuan pedagang di Pasar Kebayoran Lama. Selama ini, beban berlapis perempuan hanya diartikan sebagai kerugian akibat adanya peran perempuan secara umum. Penulis berargumen bahwa beban berlapis perempuan pedagang semakin berat dengan adanya digitalisasi yang selama ini dianggap dapat meningkatkan peluang yang menguntungkan karena digitalisasi memerlukan peningkatan kemampuan, alat teknologi, dan waktu yang lebih sebelum perempuan pedagang di pasar dapat merasakan manfaat tersebut. Untuk mengkaji persoalan ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan wawancara mendalam dengan perempuan pedagang di pasar tradisional dan observasi langsung di pasar tradisional. Dalam kajian ini, penulis menemukan bahwa beban berlapis yang ditanggung oleh perempuan pedagang pasar berkaitan dengan era digitalisasi saat ini. Dalam beban produktif, perempuan pedagang harus beradaptasi dengan teknologi untuk berjualan online. Dalam beban reproduktif, beban mereka bertambah dengan adanya tugas mendampingi anak saat pembelajaran online. Sementara itu, untuk pengelolaan komunitas, digitalisasi memungkinkan komunikasi terjadi kapan saja di luar waktu pertemuan komunitas. Ketiga beban tersebut saling berhubungan dan memberikan dampak tersendiri bagi perempuan pedagang, seperti dampak terhadap kesehatan, waktu luang untuk diri sendiri dan keluarga, serta ekonomi. Dalam mengatasi dampak tersebut, perempuan pedagang memiliki cara khusus, namun cara yang digunakan seringkali menambah beban yang sudah mereka miliki. Implikasinya, perempuan pedagang memerlukan program pelatihan dan dukungan yang memungkinkan mereka untuk menguasai teknologi digital, memanfaatkan platform e-commerce, dan memahami strategi pemasaran online guna menghadapi beban berlapis di era digitalisasi.
This study aims to determine the multiple burdens borne by women traders in Kebayoran Lama Market. So far, the layered burden of women has only been interpreted as a disadvantage due to the role of women in general. The author argues that the multiple burdens of women traders are exacerbated by digitisation, which has been considered to increase profitable opportunities because digitisation requires increased skills, technological tools, and more time before women traders in the market can experience these benefits. To study this issue, the researcher used a qualitative method, by conducting in-depth interviews with women traders in traditional markets and direct observation in traditional markets. In this study, the author found that the multiple burdens borne by women market traders are related to the current digitalisation era. In the productive burden, women traders must adapt to technology to sell online. In reproductive burden, their burden increases with the task of accompanying children during online learning. Meanwhile, for community management, digitalisation allows communication to occur at any time outside of community meetings. The three burdens are interconnected and have their own impacts on women traders, such as impacts on health, free time for themselves and their families, and the economy. In overcoming these impacts, women traders have specific ways, but the methods used often add to the burden they already have. The implication is that women traders need training and support programmes that enable them to master digital technology, utilise e-commerce platforms, and understand online marketing strategies to deal with the multiple burdens of digitalisation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gatut Priyowidodo
Depok: Rajawali Pers, 2022
302.231 GAT g
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Novrian Hernu Saputra
"Skripsi ini membahas Pemanfaatan Koleksi Digital Knowledge-ATM di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Tujuannya adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Koleksi Knowledge-ATM di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif dan teknik pengambilan sampel snowball dan accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemanfaatan Koleksi Knowledge-ATM di Perpustakaan Universitas Indonesia diprioritaskan untuk Sivitas Akademika Universitas Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada Perpustakaan Universitas Indonesia untuk lebih meningkatkan sosialisasi terhadap pemanfaatan koleksi Knowledge-ATM untuk memberikan kemudahan bagi Sivitas Akademika Universitas Indonesia dalam memperoleh koleksi yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Indonesia. Adapun saran dari Perpustakaan Universitas Indonesia ke depannya mesin telusur Knowledge-ATM ini akan di tempatkan di setiap fakultas untuk mendukung pembelajaran Sivitas Akademika Universitas Indonesia.
This thesis discusses the Collection Digital Knowledge-ATM Utilization in the Cental Library of the University of Indonesia. The goal is find out the Collection Digital Knowledge-ATM Utilization in the Central Library of the University of Indonesia. The method of this research is qualitative research with descriptive design and sampling technique of snowball and accidental sampling. The results of this study showed that Collection Knowledge-ATM Utilization in the University of Indonesia Library not prioritized for University of Indonesia Academic. Based on the results of the study authors suggest to University of Indonesia Library to further improve the dissemination of Collection Knowledge-ATM to provide ease for not only University of Indonesia Academic in acquiring collection owned by the University of Indonesia Library. As for the suggestion of the University of Indonesia Library in the future, this Knowledge-ATM search engine will be place in each faculty to support learning by the University of Indonesia Academic."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S65836
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Siregar, Marsha Allica
"Selama beberapa tahun terakhir, selebriti dan media digital telah menjadi tren yang meningkat untuk menggambarkan kecantikan. Di antara platform lain, Instagram mendapatkan popularitasnya sebagai saluran terbaik untuk berbagi foto-foto indah untuk mengumpulkan suka dan komentar dari para pengikut. Kylie Jenner adalah salah satu selebriti besar yang memanfaatkan Instagram untuk memasarkan citranya. Melalui postingan Instagram-nya, terlihat bahwa penggambaran kecantikannya dikaitkan dengan konsep feminisme karena ia memiliki aturan sendiri dan melakukan urusannya sendiri. Artikel ini akan membahas bagaimana selebriti, terutama Kylie Jenner, menggambarkan kecantikan dan bagaimana pengaruhnya terhadap wanita muda di era digital ini.
Over the past few years, celebrities and digital media have been an uprising trend to portray beauty. Amongst other platforms, Instagram has gained its popularity as the best channel to share beautiful pictures to gather likes and comments from the followers. Kylie Jenner is one of the mega celebrities that utilise Instagram to market her image. Through her Instagram posts, it can be seen that her beauty portrayal is associated with feminism concept as she has her own rule and doing her own thing. This article is going to examine how celebrities, especially Kylie Jenner, portray beauty and how might it impact young women in this digital era."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Christine E Sedik
"Mobile Jurnalisme (Mojo) menjadi salah satu terobosan baru media berita Indonesia di tengah kecepatan informasi dan teknologi saat ini. Mobile journalism (Mojo) banyak dimanfaatkan untuk pengumpulan berita, produksi, hingga publikasi berita (Lestari, 2020). Hal ini membawa berbagai dampak dan perubahan signifikan dalam cara kerja jurnalis hingga bagaimana audiens mengonsumsi berita. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana mobile journalism membawa perubahan dan perkembangan dalam jurnalisme daring di Indonesia. Tulisan ini menggunakan metode analisis deskriptif, penulis membentuk ide yang berasal dari akumulasi pengetahuan yang telah dibagikan oleh peneliti-peneliti sebelumnya (Neuman, 2014:125) untuk mengkaji berbagai literatur dari penelitian terdahulu terkait perkembangan praktik mobile journalism di Indonesia.
Mobile Journalism (Mojo) is one of the new breakthroughs of Indonesian news media in the midst of the current speed of information and technology. Mobile journalism is widely utilized for news gathering, production, and news publication (Lestari, 2020). This brings various impacts and significant changes in the way journalists work and how audiences consume news. This research aims to see the extent to which mobile journalism brings changes and developments in online journalism in Indonesia. This paper uses a descriptive analysis method, the author forms ideas derived from the accumulated knowledge that has been shared by previous researchers (Neuman, 2014: 125) to review various literature from previous studies related to the development of mobile journalism (MOJO) practices in Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Antonius Fentonius Salim
"
ABSTRAKPerusahaan dagang di bisnis ban sedang menghadapi kompetisi ketat beberapa tahun ini. Manajemen PT XYZ sedang mempertimbangkan bisnis model baru berupa penerapan pemasaran digital, dan mereka mempertimbangkan manfaat, efektifitas, dan pengaruhnya pada keuangan perusahaan. Karya akhir ini membahas penciptaan nilai value creation dengan menerapkan pemasaran digital di bisnis ban kendaraan. Dan juga menguji penciptaan nilai yang dapat dihasilkan dengan pemasaran digital berdasarkan metode net present value NPV , mengevaluasi faktor sensitif yang mempengaruhi incremental NPV menggunakan analisis sensitivitas, dan mengulas probabilitas nilai positif incremental NPV menggunakan simulasi Monte Carlo. Didapatkan bahwa bisnis model dengan pemasaran digital menghasilkan penciptaan nilai berupa incremental free cash flow sebesar 66 . Selain itu pemasaran digital membuat penjualan lebih tinggi dan rasio keuangan yang lebih baik. Pemasaran digital juga menurunkan biaya G A dan biaya pemasaran/penjualan. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan karakteristik nyata PT XYZ sebagai perusahaan dagang. Simulasi Monte Carlo menjelaskan kemungkinan 91 nilai positif incremental free cash flow dalam penerapan pemasaran digital pada PT XYZ.
ABSTRACTTrading companies in tire businessare facing the harder competition in the recent years. PT XYZ management is considering a new business model of digital marketing implementation, and they have to review the benefits, effectiveness, and impact on the financial aspect of company. The thesis explores the value creation by digital marketing implementation in tire business. It examines the value of potential business generated by digital marketing based on net present value NPV method, evaluates the sensitive factors which influencing the incremental NPV by using sensitivity analysis, and reviews the probability of a positive incremental NPV by using Monte Carlo simulation. It rsquo s discovered that business model by digital marketing creates value through incremental free cash flow up to 66 .Besides digital marketing generates higher revenue and better financial ratios.Digital marketing also reducesG A expenses and marketing sales expenses. Sensitivity analysis result shows the real characteristics of PT XYZ as a trading company. The Monte Carlo simulation explains 91 probability of positive incremental free cash flow in the PT XYZ digital marketing implementation."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Mutia Hanifa Indiraputri
"Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penyintas pornografi non-konsensual melancarkan taktik negosiasi privasi dalam menavigasi media digital. Penyintas pornografi non-konsensual telah mengalami pelanggaran privasi yang berat serta menjadi korban dari sistem patriarki pada ranah digital. Namun, mereka tetap menggunakan media digital untuk berbagai alasan. Penelitian ini menggunakan pemikiran Certeau tentang strategi dan taktik serta penjelasan boyd mengenai privasi di era digital untuk melihat bagaimana media digital melancarkan strategi-strategi yang menghambat proses negosiasi privasi dan mereproduksi nilai-nilai patriarkal, serta bagaimana penyintas pornografi non-konsensual yang perempuan mempraktikkan agensi serta menegosiasikan privasinya pada struktur tersebut. Adapun penelitian kualitatif ini menggunakan paradigma konstruktivisme kritis dengan strategi fenomenologi dan menghadirkan subjek perempuan penyintas pornografi non-konsensual dengan rentang umur 19-25 tahun. Rentang umur subjek dipilih karena kalangan dewasa muda merupakan ahli digital. Temuan menunjukkan bahwa penyintas menyadari akan ancaman-ancaman privasi yang ada pada media digital dan melancarkan berbagai taktik, yaitu menyesuaikan dan menegosiasikan konteks pada setiap ruang digital, memilah informasi (self-censorship), melakukan performative sharing, social stenography, menyesuaikan pengaturan privasi, membuat atau menemukan ruang aman, dan melancarkan berbagai taktik lainnya.
This study aims to find out how survivors of non-consensual pornography use privacy negotiation tactics in navigating digital media. Survivors of non-consensual pornography are victims of the patriarchal system who have experienced serious privacy violations in the digital realm. However, they still use digital media for various reasons. This study uses Certeau's theory about strategies and tactics as well as Boyd's explanation of privacy in the digital age to see how digital media launches strategies that hinder the process of privacy negotiations and reproduce patriarchal values, as well as how survivors of non-consensual pornography who are women practice agency and negotiate their privacy within the structure. This qualitative research uses the paradigm of critical constructivism with a phenomenological strategy. The research subjects are female survivors of non-consensual pornography with an age range of 19-25 years, since young adults are digital natives. The findings show that survivors are aware of the privacy threats that exist in digital media and use various tactics, namely adjusting and negotiating the context in each digital space, self-censorship, performative sharing, social stenography, adjusting privacy settings, making or finding a safe space, and employing various other tactics."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nurina Ayuwardhani
"Penelitian ini membahas bagaimana interaksi yang dilakukan melalui media digital dalam mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap suatu merek dilihat dari tiga aspek user to user, user to document, dan user to user. Pendekatan yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain eksplanatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif yang diberikan interaksi melalui media digital terhadap kepercayaan konsumen dan menyarankan agar kedua produk lebih memperhatikan tidak hanya dari materi konten yang diberikan namun juga desain yang ditampilkan; meningkatkan interaksi dengan konsumennya; mengemas informasi dengan semenarik mungkin.
This study examines the interaction using the digital media and its effects on the consumer trust towards brand from three of aspects: (1) user to system; (2) user to document; and (3) user to user. The study applies quantitative method with explanative approach.The results of this study show positive effects of digital media interaction towards consumers trust. It also suggests that Sunsilk and Pantene to not limit their focus on the content of the digital media, but also prioritize the design; both products needs to improve the interaction with their consumers; and present the information as attractive as possible."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library