Ditemukan 149020 dokumen yang sesuai dengan query
Fathin Dwi Wicaksono
"Studi ini dilaksanakan untuk mengobservasi fenomena geser yang terjadi pada sistem transmisi belt drive yang dikarenakan oleh kontak antara permukaan elastic dan rigid pada sistem tersebut. Beberapa zona geser yang diperkirakan terjadi pada zona kontak diamati menggunakan deskripsi eulerian dan shear theory. Kebisingan yang timbul pada putaran awal akibat stick-slip juga dipelajari dengan piranti simulasi ABAQUS. Hasil tesis ini menunjukkan bahwa pada pulley kecil, dua zona geser dapat timbul pada beberapa koefisien gesek dengan tegangan tertentu sedangkan frekuensi getaran resonansi yang dicermati diperkirakan menjadi faktor kebisingan.
This study is conducted to observe the slip phenomena due to the contact of elastic and solid surfaces of belt drive transmission. Multiple slip zones that were considered to exist on small pulleys were observed using eulerian description and shear theory. Noises due to the stick slip on initial revolution were also studied using numerical simulation software of ABAQUS. This study proved that two slip zones on the contact's arc appeared on considerable tension for natural rubber material on several friction coefficients while several resonance frequencies have been observed to be the cause for the noises on revolution."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T43388
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Pepen Supena
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36031
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Danardhono Bayu Widagdo
"Terjadinya tumpahan minyak di laut menimbulkan dampak yang sangat serius bagi ekosistem perairan tersebut Banyak usaha telah dilakukan untuk rnengatasi hal ini, tapi belum maksimal. Suatu usaha sccara mekanik dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan skimmer. Skimmer ini merupakan alat yang mengapung di perairan te!.api ada juga yang menjadi satu bagian dengan kapal. Lapisan tipis minyak yang berada di atas permukaan air dengan mekanisme khusus atau dengan menggunakan material khusus dapat diambil atau dipindahkan ke suatu tangki dan selanjutnya dengan mcnggunakan pompa mlnyak dalam tangki tersebut disedot. Material yang dipakai skimmer untuk mengambil Japisan minyak ini ada!ah merupakan material yang adhesif terhadap minyak Akan tetapi skimmer ini tidak dapat bekeija dengan rneksimat jlka lidak didukung oleh peralatan lain seperti boom. Boom selain berfungsi sebagai pencegah penyebaran minyak juga berfungsi untuk menebalkan lapisan minyak yang terperangk'dp. Dengan adanya boom ini akan membuat proses skimming menjadt maksimaL
Dalam Tugas Akhir ini dibahas mengenai proses perancangan skimmer dengan menggunakan sistem gabungan antara belt dengan absorb, atau biasa disebut belt skimmer tetpai proses pengambilan lapisan minyaknya dengan sorbent yang di lekatkan pada permukaan kontinuous belt. Banyak hal yang dilakukan dalam perancangan belt skimmer ini, mulai dari perancangan transmisi untuk putaran belt sampai pada penentuan material untuk semua bagian belt skimmer sehingga belt skimmer ini dapat mengapung pada permukaan air laut dan dapat bekerja dengan baik.
Oil spillage in the seu will cause avery serious oegative effect to the local water ecosystem. Many efforts has been made to prevent this from happening but not yet maximized. A mechanical approach can be done by using skimmer. Gennerally a skimmer is a floating devicc but sometimes a1sa attached to a ship. A thin layer of oil on the surface of water can be retrieved with a spesial mechanical device or by the mean of a spesial material and then moved into a tank, and then with the help of a pump the oli In the tank can then be pumped out The material used by a skimmer is a material which is adhesive to oii. But the skimmer wiiJ not function maximally if it is not supported by other device such as boom. The function of boom is to prevent futher spillage of oil and thicken the layer of trapped oit The boom wHl maximize the process of skimming.This thesis will discuss the process of designing a skimmer using a combined method of belt and absorb, usually known as a belt sklmmer but the retrieval of the oil layer will use a sorbent which will be applied to the surface of the continuous belt Many thing should be done in designing this belt skimmer, starting from designing the transmission of the belt rotation to the deciding of the proper materials for all parts of this belt skimmer so the belt skimmer can float on the sea and funtion properly."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37194
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36000
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alfi Hendri
"Tujuan Penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui formula yang tepat untuk mendapatkan tenaga penggerak bell conveyor yang efisien dan aman serta pemilihan komponen-komponen belt conveyor yeng tepat. Faktor-faktor yang harus dipcrhatikan dalam perencanaan belt conveyor adalah jenis material, kondisi lapangan lingkungan, scdangkan faktor yang harus diperhitungan adalah kapasilas yang diinginkan. ketinggian inklinasi, panjang conveyor, jenis belt, kapas!tas motor, system transmisi yang digunakrm, dimensi puli dan idler, semua hasH perhitungan yang didapat dianjurkan untuk disesuaikan dengan standart yang berlaku sehingga didapntkan hasil perencanaan yang bisa digunakan dan seefisien mungkin, Metode yang digunakan dalam penulisan togas akhir ini adalah metode teori (theorytycal method) dan rnetode analisis (analytical method) yaitu menemukan rumusan yang tepat dari berbagai buku dan referensi lain yang rncrnang ahli dalam bidang ini kernudian data-data tersebut diolah dan dianalisa sehingga didapat rumusan yang tepat bagaimana mencmi tenaga penggerak conveyor yang aman, tahan lama tapi efisien. Dari hasit penulisan ini pemliis telah melakukan perbandingan terhadap perencanaan belt conveyor pada tempat lain dan didapatkan bahwa banyaknya perencanaan belt conveyor yang tidak efisien dan kemungkinan terlalu mengambil faktor keamanan yang terlalu besar. Dari penultsan ini didapatkan rumusan yang tepat untuk mcndapatkan tenaga penggerak dari conveyor terutama untuk transportasi material curah (bulk handling material)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37672
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Dody Yuhendry
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36754
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vallery Jessica Sidenden
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh work drive terhadap intrapreneurial behavior, serta pengaruh work drive terhadap intrapreneurial behavior dengan job autonomy sebagai variabel moderasi pada karyawan PT XYZ. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksplanatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring kepada karyawan yang memenuhi kriteria-kriteria sampel yang telah ditentukan. Pada penelitian ini, perangkat lunak yang digunakan untuk menganalisis data adalah SPSS.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work drive memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap intrapreneurial behavior karyawan di PT XYZ. Maka dari itu, karyawan dengan tingkat work drive yang tinggi cenderung menunjukkan perilaku intrapreneurial yang lebih kuat. Selain itu, job autonomy ditemukan memoderasi hubungan antara work drive dan intrapreneurial behavior secara signifikan. Ketika karyawan diberikan tingkat otonomi kerja yang lebih tinggi, pengaruh positif work drive terhadap intrapreneurial behavior semakin kuat. Pada intinya, Penelitian ini menegaskan bahwa work drive dan job autonomy merupakan faktor kunci dalam mendorong perilaku intrapreneurial karyawan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi manajemen PT XYZ dalam merancang kebijakan yang mendukung pengembangan inovasi dan kreativitas karyawan di lingkungan kerja.
This study aims to analyze the influence of work drive on intrapreneurial behavior, as well as the influence of work drive on intrapreneurial behavior with job autonomy as a moderating variable among employees of PT XYZ. Using a quantitative approach and an explanatory method, data were collected through an online questionnaire distributed to employees who met the predetermined sample criteria and the data were analyzed using SPSS.. The results of the study indicate that work drive has a significant and positive influence on employees’ intrapreneurial behavior at PT XYZ. Employees with higher levels of work drive tend to exhibit stronger intrapreneurial behavior. Furthermore, job autonomy was found to significantly moderate the relationship between work drive and intrapreneurial behavior. When employees are granted greater job autonomy, the positive influence of work drive on intrapreneurial behavior becomes stronger. In essence, this study confirms that work drive and job autonomy are key factors in fostering intrapreneurial behavior among employees. These findings are expected to serve as a guideline for the management of PT XYZ in designing policies that support the development of innovation and creativity within the workplace."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jamalludin
"Hydraulic Excavator merupakan salah satu jenis dari alat berat yang pada dasarnya digunakan dalam pekerjaan construction (konstruksi) dan mining (pertambangan). Alat ini digunakan untuk menggali, memuat dan memindahkan tanah, pasir, batu-batuan dan bahan tambang lainnya. Dalam perkembangannya (pasca Asia economic crisis), Hydraulic Excavator tidak hanya difungsikan pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi dan pertambangan saja, namun sudah merambah ke sektor perkayuan (logging) dengan menggunakan attachment Rotary Log Grapple. Rotary Log Grapple (RLG) merupakan salah satu attachment pada hydraulic excavator yang berfungsi untuk pekerjan loading dan un-loading kayu. RLG ini menggunakan 2 buah cylinder untuk menggerakkan clawnya, sedangkan untuk gerak putarnya menggunakan rotator. Keseimbangan gerakan antara claw in dan claw out pada RLG berpengaruh besar terhadap produktifitas. Untuk itu, agar menjamin keseimbangan gerak tersebut salah satu sistem yang dipakai adalah LINK yang menghubungkan antara claw in dan claw out-nya.
Pada penelitian ini dilakukan Perancangan Sistem Link Rotary Log Grapple (RLG) 1.8m yang difokuskan penggunaannya pada Hydraulic Excavator Komatsu PC300LC-7. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metoda ULRICH dimana dilakukan mulai dari permintaan customer, pemilihan konsep, penegasan spesifikasi sampai dengan permodelan. Dalam thesis ini, pembahasan meliputi perancangan mekanisme dan struktur Rotary Log Grapple 1.8 m2 dengan pemodelan CAD dalam Pro Engineer Wildfire 2 dan perhitungan kekuatan komponen yang difokuskan pada komponen link dengan menggunakan Geometry Element Method (GEM) dengan software Pro Mechanica. Untuk mengkonfirmasi ketahanan RLG, dilakukan pula pengujian eksperimental pada prototype RLG di lapangan.
Hydraulic Excavator is one kind of heavy equipment, which has main function for construction and mining operation. This equipment using for digging, loading and unloading soil, sand other mineral material. After Asia economic crisis, the function of Hydraulic Excavator not only for construction and mining job, but also for logging sector, which install Rotary Log Grapple attachment. Rotary Log Grapple (RLG) is one of attachment on hydraulic excavator, which have the function job for loading and unloading log. This RLG use 2 cylinders for claws movement and for rotating use ROTATOR. Balance of claws on RLG is big effect for productivity. Therefore, to ensure balance itself we use LINK as one of system, which connect between claw in and claw out.This research is Design Link System Rotary Log Grapple (RLG) 1.8m2 focus for Hydraulic Excavator Komatsu PC300LC-7. This research use ULRICH method, starting from customer request, concept selection, and specification until CAD model on Pro Engineer Wildfire 2 and for calculation use Geometry Element Method (GEM) with Pro Mechanica Software. To confirm durability of RLG, we do experimental test (stress test) on prototype RLG in job site."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
T16159
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Stefanus Pandu Dhirabrata
"Pandemi berpengaruh besar terhadap kehidupan, terutama perilaku berkendara di Indonesia. Dengan berakhirnya peraturan pembatasan sosial akibat pandemi, penulis hendak membandingkan perilaku berkendara mobil pada pengendara dewasa muda (18-25 tahun) di kawasan jabodetabek pada saat dan setelah pandemi. Pengendara dewasa muda dipilih karena lebih rentan melakukan perilaku berkendara berisiko. Penelitian ini membandingkan persepsi terhadap kondisi lalu lintas, persepsi risiko, perilaku berkendara berisiko pengendara, dan perilaku berkendara berisiko pengendara lain saat dan setelah pandemi. Partisipan penelitian (N=100) mengisi kuesioner mengenai persepsi dan perilaku berkendara saat dan setelah pandemi. Berdasarkan hasil kuesioner, pengendara mempersepsikan kondisi lalu lintas lebih buruk setelah pandemi. Hasil data menunjukkan pengendara mempersepsikan risiko lebih tinggi, melaporkan lebih sering melakukan perilaku berkendara berisiko, dan melihat lebih banyak pengendara lain yang melakukan perilaku berkendara berisiko setelah pandemi. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya dilakukan upaya dalam meningkatkan kondisi lalu lintas dengan pengembangan moda transportasi umum.
Pandemic has a big impact on our society, especially to driving behaviors in Indonesia. With the pandemic social distancing comes to an end, researcher intend to compare driving behaviors on young adult (18-25 years old) car drivers in jabodetabek region during and after pandemic. Young adult drivers are chosen since they’re more vulnerable to risky driving behavior. This research compares perception to traffic conditions, risk perception, drivers risky driving behavior, and other drivers risky driving behavior during and after pandemic. Each participants (N=100) fill in a questionnaire about driver perception and driving behaviour during and after pandemic. Research results shows drivers perceive worse traffic conditions after pandemic. Research also shows that drivers perceive higher risk, report more risky driving behaviours, and seen more risky driving behaviours on other drivers after pandemic. Research suggests there need to be efforts done to improve traffic conditions with further development of public transportation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Elizabeth Claudya
"
ABSTRAKHubungan Indonesia dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dahulu merupakan hubungan bilateral yang problematik. Normalisasi hubungan kedua negara menjadi bukti kesiapan kedua negara untuk kembali bekerja sama tanpa mengungkit peristiwa di masa lalu. Sejak saat upaya itu bergulir, kerja sama antarnegara terus berkembang dan menguat, dibuktikan dengan adanya Kemitraan Strategis hingga One Belt One Road (OBOR) pada saat ini. Hubungan kerja sama kedua negara kembali ditingkatkan lagi dengan adanya Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Tiongkok tahun 2013 yang meliputi kerjasama di bidang politik dan keamanan, ekonomi dan pembangunan, sosial budaya, dan kerjasama lainnya. Dalam lingkup yang lebih luas, sejak tahun 2015, hubungan Indonesia-Tiongkok juga terjalin dalam inisiatif OBOR. Hal-hal itu merupakan latar belakang dibuatnya tugas akhir dengan topik Kemitraan Strategis Komprehensif Indonesia-Tiongkok dalam rangka One Belt One Road (OBOR). Dari hasil analisis tugas akhir ini, dapat disimpulkan bahwa keuntungan besar yang diperoleh RRT dari Kemitraan Strategis tahun 2005 dan adanya inisiatif OBOR menjadi faktor pendorong diadakannya Kemitraan Strategis Komprehensif pada tahun 2013. Selain untuk meraup keuntungan yang lebih besar, RRT memanfaatkan hubungan tersebut untuk mempromosikan OBOR melalui pendekatan soft power.
ABSTRACT"
2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library