Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 166797 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"[Skripsi ini membahas mengenai kemunculan lembaga bimbel yang hadir sebagai
alternatif baru bagi para siswa sekolah untuk membantu beban sekolah mereka.
Proses kegiatan belajar mengajar yang terjadi di dalam bimbel memungkinkan
terjadinya pertukaran sosial melalui interaksi sosial yang terjadi. Melalui interaksi
tersebut, proses typing, labelling dan self-fulfilling prophecy merupakan hal yang
tidak dapat terhindarkan. Skripsi ini berusaha melihat bagaimana proses
pertukaran sosial yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar bimbel
memberikan pengaruh terhadap proses pembelajaran siswa SMA. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, menggunakan teknik wawancara mendalam dan
observasi partisipatoris sebagai teknik pengumpulan datanya. Informan penelitian
ini berjumlah lima orang yang terdiri dari dua orang pengajar bimbel, dua orang
siswa bimbel dan satu orang ketua yayasan lembaga bimbel. Hasil dari penelitian
ini sendiri menunjukkan bahwa proses kegiatan belajar mengajar di bimbel
memberikan pengaruh yang cukup positif bagi proses pembelajaran siswa SMA,
walaupun tidak menjamin keberhasilan pencapaian studi siswa SMA itu sendiri., This study discusses the increasing appearances of tutoring agencies as a new
alternative for school students in getting help with their school workload. The
learning process activities in tutoring agency allows the social exchange in the
middle of social interaction between teacher and student. Through these
interaction, the typing, labelling and self-fulfilling prophecy are inevitable. This
thesis discusses how the social exchange process in tutoring agency affects the
learning process of high school students who join the class in Salemba Group.
This study used a qualitative method approach, with in-depth interview and
observation in gathering data. There were five informants participating in this
study: two tutoring agency teachers, two tutoring agency students, and the
Chairman of said tutoring agency. The result of this study showed that the social
exchange process which happen in Salemba Group gives positive effect to high
school student learning process, but not guarantee their achievement in academic
aspect.]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58086
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Qhiffari Pradana
"Trend bimbel merupakan fenomena yang terjadi di kalangan peserta didik di Kota Yogyakarta. Tidak mengikuti kegiatan bimbel adalah hal yang tidak benar menurut peserta didik di Kota Yogyakarta. Kegiatan bimbel yang dianggap perlu diikuti adalah persiapan ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN) seperti ujian mandiri dan UTBK. Jumlah demand yang tinggi menyebabkan pelaku ekonomi di bidang pendidikan mendirikan bimbel di berbagai wilayah termasuk Kota Yogyakarta. Variasi lokasi bimbel di Kota Yogyakarta dapat dilihat dari faktor geografis dan non-geografis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh karakteristik lokasi terhadap kesuksesan bimbel di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah keruangan dan uji korelasi. Metode keruangan digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik lokasi bimbel. Karakteristik lokasi bimbel diidentifikasi dengan site and situation. Sementara itu, uji korelasi yang digunakan adalah uji korelasi spearman. Variabel yang diuji korelasinya adalah karakteristik lokasi dan kesuksesan peserta bimbel. Kesuksesan peserta bimbel diukur dengan persentase kelulusan setiap lokasi bimbel dan rasio peserta bimbel yang masuk PTN unggulan. Data primer penelitian ini berupa aspek site and situation, faktor yang memengaruhi kesuksesan bimbel (geografis dan nongeografis), dan persebaran lokasi bimbel di Kota Yogyakarta. Sementara itu, data sekunder yang digunakan adalah peta administrasi, jaringan jalan, persebaran SMA/SMK, dan persentase kelulusan bimbel. Hasil dari penelitian ini adalah 6 karakteristik lokasi bimbel di Kota Yogyakarta memiliki nilai korelasi spearman sebesar 0,331 terhadap kesuksesan bimbel. Artinya terdapat korelasi yang cukup antara karakteristik lokasi dan kesuksesan bimbel di Kota Yogyakarta.

The tutoring trend is a phenomenon that occurs among students in the city of Yogyakarta. Not participating in tutoring activities is not true according to students in the City of Yogyakarta. The tutoring activity that is considered necessary to be followed is preparation for the state university entrance exam such as UTBK and mandiri exam. The high number of demands has caused economic actors in the field of eduacion to establish tutoring in various areas, including the city of Yogyakarta. Variations in the location of tutoring in the city of Yogyakarta can be seen from geographical and non-geographical factors. This study aims to see the effect of location characteristics on the success of tutoring in the city of Yogyakarta. The method used is spatial and correlation test. The spatial method is used to identify the characteristics of the location of the tutoring. The characteristics of the tutoring location are identified by site and situation aspect. Meanwhile, the correlation test used is the spearman correlation test. The variables tested for correlation are the characteristics of the location and the success of the tutoring participants. The success of tutoring participants is measured by the percentage of graduation from each tutoring location and the ratio of tutoring participants entering top state universities. The primary data of this research are site and situation aspects, factors that influence the success of tutoring (geograhical and non-geographical), and the distribution of tutoring location in the city of Yogyakarta. Meanwhile, secondary data used are administrative maps, road network, distribution of high school, and percentage of tutoring graduations. The result of this research is the 6 characteristics of tutoring locations in the city of Yogyakarta have a spearman correlation value of 0,331 to the success of tutoring. This means that there is a sufficient correlation between the characteristics of the location and the success of tutoring in the city of Yogyakarta."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Misriyati
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang peran perpustakaan sekolah dalam menunjang kegiatan belajar-mengajar di Semut-Semut The Natural School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Kesimpulan yang diperoleh adalah peran perpustakaan dalam menunjang proses pembelajaran di perpustakaan Semut-Semut The Natural School masih dalam tahap awal dimana perpustakaan hanya sebagai pusat sumber belajar, pusat kegiatan membaca dan pusat kegiatan literasi informasi. Saran dari peneliti untuk pengembangan perpustakaan Semut-Semut The Natural School adalah menambah koleksi perpustakaan, memperluas ruangan perpustakaan, menyediakan fasilitas penunjang seperti ruang diskusi dan meja belajar, meningkatkan kerja sama dan perhatian dari berbagai pihak, dan menyediakan dana yang cukup untuk keperluan perpustakaan.

ABSTRACT
The thesis discusses about the role of the school library in supporting teaching and learning activities at Semut-Semut The Natural School. This research uses qualitative approach and case study method. The conclusion is the Semut-Semut The Natural School’s library is still in the early phase in supporting the learning activities where library only as a center of learning source, a center of reading, and a center of literacy information activities. Suggestion from the writer to develop the Semut-Semut The Natural School is adding the library collection, expanding the library room, providing ancillary facilities such as disscussion room and learning table, building cooperation of various people and providing sufficient funds for library needed."
2014
S53288
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandhi
"Masalah pendidikan di Kabupaten Belitung adalah rendahnya kualitas guru mengajar. Guru merupakan kunci utama dalam proses belajar mengajar. Kompetensi dan kualifikasi guru menjadi perhatian yang penting. Pengawas sekolah memiliki peran dalam memberikan bantuan profesional kepada guru dalam menjalankan tugas pokoknya, maka dari itu kualifikasi dan kompetensi pengawas sekolah tidak boleh lebih rendah dari guru. Jumlah guru di SMP N 6 Tanjungpandan Belitung ada dua puluh tiga orang, lima diantaranya belum memiliki kualifikasi pendidikan S1, sedangkan Pengawas SMP di Kabupaten Belitung belum ada yang memiliki kualifikasi pendidikan setara S2, maka dari itu harus ditingkatkan kualifikasi dan kompetensinya. Tesis ini mengkaji tentang kegiatan pengawas sekolah dan kegiatan guru dalam kegiatan belajar mengajar di SMP N 6 Tanjungpandan Belitung.
Dalam penulisan tesis ini menggunakan metode kualitatif. Hasilnya diketahui bahwa pengawas sekolah telah melakukan tugasnya sesuai dengan peraturan yang ada, sedangkan guru sudah melakuakan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Agar hasil belajar siswa lebih baik dan bermutu, maka kompetensi dan kualifikasi guru dan pengawas sekolah harus ditingkatkan. Untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru dan pengawas sekolah ada beberapa cara, antara lain dengan pendidikan penyetaraan dan pelatihan. Lembaga yang kompeten menyelenggarakan peningkatan kompetensi dan kualifikasi guru dan pengawas sekolah adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung.

Education issues in Belitung regency is the quality of teachers in teaching which is still poor. Teacher is the main key in teaching and learning process. The competency and qualification of teacher is an important thing to be concerned. School supervisor has a role in providing professional assistance toward teacher in carrying out its core functions. The qualification and competency of the school supervisors should not be lower than the teachers. There are twenty three teachers in Public Junior High School 6 in Tanjungpandan Belitung. There are five of them have not got scholar graduate. Junior high school's supervisors in Belitung have not got master degree. Therefore the qualifications and competencies should be improved. This thesis examines the activities of school supervisor and teachers' activities in teaching and learning activities in Public Junior High School 6 Tanjungpandan Belitung.
This research applied Qualitative method.The results revealed that the school supevisors have done their job in accordance with existing regulations, while the teachers had done learning activities in the classroom. In order to reach better student learning outcomes and quality, the competencies and qualifications of teachers and school supervisors should be increased. To improve the competencies and qualifications of teachers and school supervisors there are several ways, such as by equalizing education and training. The institution that is competent to organize the enhancement of the competencies and qualifications of teachers and school supervisors is Education Office in Belitung District.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T35093
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratmi Agustina
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang peran perpustakaan sekolah dalam menunjang
kegiatan belajar mengajar di sekolah SMP Sumbangsih 1. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Berdasarkan hasil
penelitian, menyimpulkan bahwa perpustakaan sekolah SMP Sumbangsih 1
sebaiknya dikelola dengan tujuan dan fungsinya; menambah sumber daya
perpustakaan; memberikan pembinaan dan pelatihan kepada tenaga pengelola:
kerjasama dan perhatian dari berbagai pihak; menyediakan fasilitas penunjang
seperti layanan internet; menyediakan dana yang cukup untuk mengelola
perpustakaan sehingga dapat mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah

ABSTRACT
This thesis discusses the role of the school library in supporting teaching and
learning activities at Sumbangsih 1Junior High school. this research uses
qualitative approach to the the case study method. Based on the results of
research, concluded that the Sumbangsih 1 junior school library with the aim and
should be managed functions; add resource library; provide coaching and training
to the librarian; cooperation and attention of various parties; providing ancillary
facilities such as internet services; provide sufficient funds to manage the library
so that it can support teaching and learning activities at school.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43837
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ellya Mutia Fansuraini
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar yang terjadi pada Sekolah Master Depok. Sekolah Master Depok merupakan sekolah yang berbeda dalam praktek belajar mengajarnya. Sekolah tidak memiliki sarana yang penuh untuk menunjang kegiatan belajar mengajar setiap harinya. Dari segi waktu, buku, maupun guru yang terdapat pada Sekolah Master tidak memiliki standar yang tetap. Namun murid pada Sekolah Master dapat melewati ujian berstandar nasional . Maka dari itu penelitian ini ingin melihat bagaimana proses komunikasi yang terjadi di dalam Sekolah Master. Menggunakan metode kualitatif penelitian ini ingin menggambarkan bagaimana murid-murid pada Sekolah Master bisa mendapatkan ilmu yang sesuai yang mereka butuhkan. Penelitian ini menemukan adanya bahwa proses komunikasi yang terjadi pada kegiatan belajar mengajar dapat memberikan informasi pendidikan kepada anak-anak Sekolah Master. Interaksi simetris, dan konteks dalam proses komunikasi juga menunjang komunikasi kelompok dan membantu kegiatan belajar mengajar pada Sekolah Master.

ABSTRAK
This study discusses the process of communication in teaching and learning activities that occur at the Sekolah Master Depok. Sekolah Master Depok a different school in the practice of teaching and learning. Schools do not have the full means to support learning every day. In terms of time, books, and teachers who are at Sekolah Master has no fixed standard. However, students at the Sekolah Master can pass the test of national standards. Therefore this study wanted to see how the communication process that occurs in Sekolah Master . Using qualitative methods this research wants to describe how students at the Master School can get appropriate knowledge they need. This research found that the communication that occurs in teaching and learning activities to provide educational information to children Sekolah Master. Symmetrical interaction, and the context of the communication process also supports group communication and help learning and teaching at the Sekolah Master.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S64251
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andy Yasier Mayasa
"ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran lembaga bimbingan belajar sebagai lembaga pendidikan non formal dalam proses reproduksi sosial yang mengkonstruksi pola stratifikasi sosial pada masyarakat. Penelitian ini menggunakan kerangka teori mengenai reproduksi sosial melalui bidang pendidikan. Untuk memahami proses reproduksi sosial tersebut, penelitian ini menggunakan konsep Equality of Educational Opportunity yang dikembangkan oleh Schiefelbein dan Farrell. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi. Peneliti mengumpulkan data secara langsung pada objek penelitian karena berperan sebagai instrumen pengumpul data dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan non formal berkontribusi dalam proses reproduksi sosial karena secara tidak langsung menciptakan perbedaan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Kemudian lembaga pendidikan non formal memberikan hal-hal yang tidak didapatkan oleh siswa dari sekolah. Adanya hal-hal tersebut yang menyebabkan lembaga pendidikan non formal dapat menciptakan siswa-siswa yang lebih unggul dalam prestasi belajar.

ABSTRACT
This research was conducted to understand how the tutoring institution’s role as non formal education institutions in the process of social reproduction, that affect the construction of social stratification’s pattern in society. This research uses theoretical framework about social reproduction through the field of education. To understand the process, this research uses Equality of Educational Opportunity concept that developed by Schiefelbein and Farrell. This research uses qualitative approach by the method of in-depth interview and observation. Researcher collect data directly on the object of research, cause the researcher act as an instrument of data collecting.
The result of this study indicate that non formal educational institution contribute to the process of social reproduction. It cause, the non formal educational institution in-directly create the inequality of access for society to get a good education. Then, non formal education institution give things that not granted by school.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Dian Nurani
"ABSTRAK
Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility -
CSR) merupakan isu hangat beberapa tahun terakhir ini, baik di seluruh dunia
maupun di Indonesia. Beragamnya konsep, definisi dan pemahaman mengenai
CSR menimbulkan perbedaan dalam menilai keberhasilan, keefektivan dan
manfaat program CSR, baik bagi perusahaan pelaksananya, maupun bagi
penerima program (beneficiaries), dan bagi Iingkungan hidup. Peraturan yang
disusun oleh pemerintah untuk memberikan kepastian dalam pelaksanaan CSR,
justru ditolak oleh kalangan bisnis karena ketidakjelasan dan ketidakkonsistenan
pasal-pasalnya serta ketidakpastian yang ditimbulkannya bagi kalangan
pengusaha. Sementara itu secara internasional, sedang disusun panduan
standar, yaitu ISO 26000 Guidance on Sociai Responsibility yang diharapkan
mampu menjadi dasar bagi pelaksanaan CSR di setiap negara.
Sinar Mas Group adalah satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang
aktif dalam pengembangan draft ISO 26000 dan dalam tim kajian Ps. 74 UU No.
40/2007. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses
pemahaman dan penentuan sikap (organizationai information processing) terjadi
di Sinar Mas Group terhadap standar dan peraturan tersebut, serta bagaimana
peran boundary spanner. Hasilnya diharapkan dapat berkontribusi bagi
pengembangan ilmu komunikasi, khususnya komunikasi organisasi, serta dapat
digunakan sebagai bahan rekomendasi bagi perusahaan Iain dalam
meningkatkan kemampuannya memahami informasi Iingkungan sehingga
mampu bertindak dengan tepat demi mempertahankan hidup dan keunggulan
kompetitifnya sambil pada saat yang sama membenkan manfaat bagi
masyarakat dan Iingkungan hidup. Hasil penelitian juga dapat digunakan sebagai
bahan rekomendasi bagi pemerintah dalam upayanya mendorong perusahaan
melakukan Ianggung jawab sosialnya, tanpa bertentangan dengan instrumen
Internasional dan tanpa mengurangi, bahkan meningkatkan daya saing
Indonesia. Hasil penelitian juga bisa digunakan sebagai bahan rekomendasi bagi
NMC SR, LSM, dan asosiasi bisnis dalam upaya mereka melakukan sosialisasi
dan advokasi mengenai tanggung jawab sosial dengan Iebih efektif dan efisien.
Kerangka pemikiran dari penelitian ini adalah: organisasi sebagai suatu
institusi, dituntut tetap hidup dan bertumbuh di dalam situasi yang terus berubah
dengan kecepatan dan akselelasi yang semakin tinggi. Pemrosesan inforrnasi
mengenai Iingkungan eksternal merupakan aktivitas kunci manajerial organisasi
Hal ini penting bagi adaptasi dan periahanan hidup jangka panjang. Isu
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility - CSR)
dengan standarisasi dan peraturannya, merupakan salah satu isu Iingkungan
yang perlu diperhatikan perusahaan sebagai bagian dari upayanya untuk
bertahan hidup dan berkembang.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam,
wawancara tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Sampel sumber ditentukan
secara purposive, yaitu GM CSR Enhancement, GM Comorate Govemance, GM
Public Relations, dan Komisaris lndependen. Analisis data dilakukan dengan
data reduction, data display dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan proses pemahaman dan penentuan sikap
teljadi melalui tahapan yang nampak sederhana, namun sesungguhnya
kompleks dan merupakan proses iterasi terus-menerus. Penentu dari proses ini
adalah kesiapan dari boundary spanner secara individu dan kesiapan organisasi
tempat ia bekerja. Di Sinar Mas proses ini terjadl dengan menggunakan berbagai
media komunikasi, baik yang berfungsi untuk menginformasikan, mengatur,
membujuk, dan mengintegrasikan dengan menggunakan pesan task,
maintenance, human, dan pesan inovatif. Arah komunikasi ke atas, ke bawah,
dan ke samping, baik secara formal maupun informal. ISO 26000
diinterpretasikan merupakan peluang keunggulan kompetitif sekaligus tantangan,
dengan respons: perubahan internal dan mempengaruhi kondisi Iingkungan.
Sementara Pasal 74 UU No.40l2007 diintepretasikan merupakan tantangan
dengan respons: mempengaruhi kondisi Iingkungan. Dari hasil penelitian
didapatkan ternyata peran boundary spanner dan peran change agent
dibawakan oleh orang yang sama sehingga hasilnya tidak optimal.
Berdasarkan penelitian tersebut diberikan rekomendasi perbaikan dalam strategi
komunikasi internal dan eksternal, serta strategi komunikasi untuk memperbaiki
kesalahan persepsi yang terjadi. Rekomendasi lain yang diberikan adalah
perlunya dimasukkan aspek sustainability, yang rnerupakan jiwa ISO 26000, ke
dalam visi misi setiap unit bisnis Sinar Mas, serta dalam media komunikasi
internal dan eksternal. ETF sebagai wadah pelaksana tanggung jawab sosial di
Sinar Mas juga disarankan untuk memperjelas identitas dirinya. Rekomendasi
bagi perusahaan lain, pemerintah maupun bagi Iembaga-Iembaga yang berminat
melakukan kampanye kepada perusahaan-perusahaan agar mau melakukan
CSR, juga diberikan."
2007
T17364
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tangkudung, Ellen Sophie Wulan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Donna Fyani Magriza
"Penelitian ini membahas mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh Museum Tekstil Jakarta sebagai pusat pembelajaran untuk menarik pengunjungnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran rinci mengenai kegiatan promosi yang dilakukan oleh Museum Tekstil Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Museum Tekstil Jakarta melakukan berbagai kegiatan promosi untuk menarik pengunjungnya dan mempublikasikannya melalui media cetak dan media elektronik.

This research discusses the promotion activities done by Museum Tekstil Jakarta to attract its visitors through staff's opinion and museum visitors. The purpose of this research is to describe about promotion activities done by Museum Tekstil Jakarta. This is a qualitative research with case study method The result of this research shows that Museum Tekstil Jakarta managed various promotion strategies to attract visitors to come. The methods used cover Museum Goes To School programs, textile exhibition, and promotion through printed and online media.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>