Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 231973 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lutfia Aswin Amvani
"Material FRP (Fiber Reinforced Polymer) diaplikasikan sebagai pipa pada offshore platform dan shipboard piping. Fluida yang mengalir dalam pipa FRP bersifat korosif dengan suhu operasi 75˚C dan 95˚C. Material FRP mudah menyerap molekul air yang mengakibatkan penurunan sifat mekanis dan degradasi kimia. Komposit epoksi/E-glass pada penelitian ini diberikan perlakuan melalui uji celup dalam larutan NaCl 3,5% pada suhu 75˚C dan 95˚C. Setelah proses perendaman, komposit epoksi/E-glass dilakukan pengujian tarik, SEM dan FTIR. Hasil pengujian tarik menunjukkan tidak ada perubahan sifat mekanis pada epoksi/E-glass setelah proses perendaman. Pengujian SEM menunjukkan adanya microvoid berukuran ±3µm pada epoksi/E-glass yang diperoleh dari proses manufaktur. Seiring dengan peningkatan suhu, terdapat microvoid baru berukuran ±2µm yang disebabkan oleh fibre entanglement pada 75˚C dan rongga-rongga berukuran ±100µm di dekat serat gelas yang disebabkan oleh pembelahan rantai molekul pada matriks epoksi. Microvoid dan rongga tersebut menyebabkan meningkatnya mampu serap air epoksi/E-glass namun ternyata tidak mempengaruhi sifat mekanis. Perubahan warna larutan NaCl 3,5% dan hasil pengujian FTIR membuktikan adanya degradasi kimia pada epoksi/E-glass setelah proses perendaman pada suhu 75˚C dan 95˚C.

Fiber Reinforced Polymer was applied as a pipe on offshore platforms and shipboard piping. The fluid which flows in that FRP pipe is corrosive with an operating temperature 75˚C and 95˚C. FRP material readily absorbs water molecules resulting in a decrease in mechanical properties and chemical degradation. Epoxy/E-glass composite in this study are given treatment by immersion test in 3.5% NaCl solution at temperature 75˚C and 95˚C. After immersion, epoxy/E-glass composite is tested by tensile testing, SEM and FTIR. The results of tensile testing showed there is no change in the mechanical properties of epoxy/E-glass after immersion. Photo SEM showed there is microvoid with size ± 3μm in epoxy/E-glass that obtained from manufacturing process. As temperature increases, there is new microvoid with size ± 2μm caused by fibre entanglement at 75˚C and many cavities that located near fibre glass with size ± 100μm caused by the termination of molecule chain in an epoxy matrix. The microvoid and the cavity is able to cause an increase in water absorption of epoxy/E-glass, but did not affect the mechanical properties. Color change of 3.5% NaCl solution and FTIR testing results prove there is chemical degradation of epoxy/E-glass composite after immersion at temperature 75˚C and 95˚C.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58438
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Jaya
"Bahan penyerap radar atau Radar Absorbent Material adalah salah satu material maju untuk keperluan teknologi siluman. Penambahan sejumlah kecil clay terhadap komposit Epoksi/E-Glass telah terbukti dapat membuat bahan penyerap gelombang elektromagnetik lebihbaik dibandingkan bahan komposit Epoksi/E-glass. Penelitian ini, yang merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya mengenai penyerapan gelombang elektromagnetik, bertujuan mempelajari sifat tarik, sifat tekuk, dan permukaan patahan komposit Epoksi/E-glass/Clay.. Empat jenis sampel dibuat, yaitu, komposit Epoksi/E-Glass dan Epoksi/E-Glass/Clay dengan komposisi clay 1 wt%, 3 wt %, dan 5 wt %, yang difabrikasi dengan metode hand lay-up. Berdasarkan hasil uji tarik dan uji tekuk, nilai kuat tarik dan kuat tekuk tertinggi diperoleh pada komposit Epoksi/E-glass/Clay dengan fraksi beratclay 3 wt %, yang berturut-turut kenaikan kuat tarik dan kuat tekuknya sebesar 182,24% dan 23,5% terhadap komposit Epoksi/E-glass/Clay. Sedangkan nilai modulus tarik dan modulus tekuk pada komposit Epoksi/E-glass/Clay dengan fraksi berat clay 3 wt % memiliki nilai 11,5 GPa dan 6,04 GPa secara berturut-turut. Pengamatan permukaan patahan menggunakan Scanning Electrons Microscope menunjukkan jenis-jenis mode kegagalan yang terjadi adalah fiber pull-out, delaminasi, kegagalan matriks, fiber patah, dan keretakan mikro pada matriks. Selain itu, sisa matriks yang cukup banyak di fiber pada komposit Epoksi/E-glass/Clay dibanding komposit Epoksi/E-glass menunjukkan ikatan interfacial yang lebih baik saat sejumlah kecil clay ditambahkan.

Radar Absorbent Materials are one of new advanced materials to be used in stealth technology. It was an evidence that the addition of a small amount of clay in Epoxy/E-glass composites provided a better electromagnetic wave absorber materials compared to Epoxy/E-glass composites. This research, which was a continuation of the previous research about electromagnetic wave absorption, aimed to study the tensile and flexural properties,as well as the modes failure of Epoxy/E-glass/Clay composites. Four different samples were made; they were Epoxy/E-Glass and Epoxy/E-Glass/Clay with 1 wt %, 3 wt %, and 5 wt % clay loadings. The samples were fabricated with a hand lay-up method. Tensile and flexural test results showed that the highest tensile and flexural strengths were obtained on the Epoxy/E-glass/Clay with 3 wt % clay?s weight fraction, which was increased up to 182,24 % and 23,5 % respectively from the tensile strength and flexural strength of Epoxy/E-glass composites. The tensile and flexural modulus values of Epoxy/E-glass/Clay composites with 3 wt % clay?s weight fraction were 11,3 GPa and 6,04 GPa respectively. An observation of fracture surface using Scanning Electrons Microscope showed that the failure modes that occurred on the fracture surfaces were fiber pull-out, delamination, matrix failure, fiber fracture, and matrix micro-cracks. Moreover, some amount of remaining matrix on the glass fiber at Epoxy/E-glass/Clay composites compared to Epoxy/E-glass composites showed that a better interfacial bond was obtained when a small addition of clay were added.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2016
S63112
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisa Agita
"Kebutuhan akan material penyerap gelombang elektromagnetik semakin tumbuh pada aplikasi militer dan juga pada aplikasi sipil. Material penyerap gelombang elektromagnetik yang selanjutnya akan disebut dengan Radar Absorbing Material (RAM), pada frekuensi tertentu akan melemahkan radiasi gelombang elektromagnetik yang datang dan mendisipasi energi yang diserap dalam bentuk panas. RAM berhasil dibuat dengan metode hand lay up yang tersusun dari carbon black/epoksi/E-Glass fiber. Variasi carbon black sebagai filler diberikan sebesar 0 wt%, 1 wt %, 3 wt %, dan 5 wt%. Karakterisasi penyerapan gelombang elektromagnetik RAM dilakukan dengan uji Vector Network Analyzer (VNA) pada pita frekuensi X-Band 8,2-12,4 GHz. Spesimen RAM dengan kandungan carbon black 5 wt% menunjukkan nilai reflection loss paling optimal sebesar -10,7 dB pada frekuensi 9,5 GHz dengan penyerapan gelombang EM mencapai 91,48 %.

The need for an electromagnetic wave absorbing material has beengrowing formilitary as well as for civil application. Electromagnetic wave absorbing material which would be referred to the Radar Absorbing Material (RAM), at a certain frequency weakens the incoming electromagnetic wave radiation and dissipates the absorbed energy in the form of heat. RAM was successfully made by hand lay-up method which wascomposed of carbon black / epoxy / E-Glass fiber. Variation of carbon black as filler was given by 0 wt%, 1 wt%, 3 wt%, and 5 wt%. Characterization of the electromagnetic wave absorption ofRAM was conducted by Vector Network Analyzer(VNA) test on the X-Band frequency of 8.2 to 12.4 GHz. RAM with the 5 wt%carbon black showedthe most optimal value reflection loss of - 10.7 dB at 9.5 GHz with electromagentic wave absorption reached up to 91.48%.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
S60173
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Alhazmi
"Penambahan carbon black terhadap komposit epoksi/E-glass terbukti dapat menyerap gelombang elektromagnetik dengan lebih baik dibandingkan dengan komposit epoksi/E-glass, sehingga komposit epoksi/E-glass/carbon black dapat menjadi salah satu material penyerap gelombang elektromagnetik atau Radar Absorbent Material (RAM) untuk membuat teknologi siluman. Penelitian ini merupakan kelanjutan penelitian sebelumnya mengenai penyerapan gelombang elektromagnetik, yang bertujuan untuk mempelajari pengaruh carbon black terhadap sifat mekanik tarik dan tekuk pada komposit epoksi/E-glass/carbon black. Komposit dibuat dengan variasi carbon black (1 wt%, 3 wt%, dan 5 wt%) dan komposit epoksi/E-glass tanpa carbon black dan komposit ini difabrikasi menggunakan metode hand lay-up.
Hasil pengujian menunjukkan nilai kuat tarik dan kuat tekuk tertinggi didapatkan pada komposisi carbon black 3 wt % dengan peningkatan sebesar 75,9 % untuk kuat tarik dan 9,73 % untuk kuat tekuk dibandingkan dengan kuat tarik dan kuat tekuk komposit epoksi/E-glass. Pengamatan permukaan patahan menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM) menunjukkan ikatan antarmuka matriks dan serat tidak begitu kuat dengan moda kegagalan adalah fiber pull-out.

The addition of carbon black in the epoxy/E-glass composites has been proved to a better electromagnetic waves absorption than epoxy/E-glass composites. It indicates that epoxy/E-glass/carbon black composites is one of the Radar Absorbent Materials (RAM) for steath technology. This research is a continuation of the previous research about electromagnetic waves absorption on epoxy/E-glass/carbon black composites, with the research aim is to study the effect of carbon black on the tensile and flexural properties of epoxy/E-glass/carbon black composites. The composites were made with a variation of carbon black (1 wt%, 3 wt%, and 5 wt%) and epoxy/E-glass composites without carbon black. These composites were fabricated with a hand lay-up method.
The results showed that the maximum values of tensile and flexural strengths belong to the composites with the composition of carbon black 3 wt%, which were improved by 75.9 % for tensile strength and 9,73 % for flexural strength compared to tensile and flexural strengths of epoxy/E-glass composites. Scanning Electron Microscope (SEM) observation on the fracture surfaces showed that the matrix and fiber interface bonding was not very strong, which was indicated by fiber pull-out.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2016
S64058
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerry Indrayanto Koestoer
"Sebagai salah satu material pipa baja berkarbon yang paling sering digunakan, pipa API-5L memiliki kekurangan sebagaimana material baja karbon lainnya yaitu korosi. Korosi ini merupakan fenomena degradasi material tanpa henti yang menjadi penyebab utama kegagalan pada aplikasi baja karbon di berbagai industri. Korosi ini dapat dihambat dengan berbagai metode dan salah satunya adalah dengan menggunakan inhibitor. Inhibitor alami dipilih menjadi salah satu alternatif proteksi korosi yang ramah lingkungan, mudah didapat dan relatif murah.
Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari kinerja inhibitor campuran antara teh daun sirsak dan teh rosela ketika keduanya digabungkan dalam lingkungan NaCl 3.5% yang bersifat korosif. Kedua inhibitor ini dipilih karena kemampuan inhibisinya yang cukup efektif apabila digunakan secara individual karena tingginya senyawa aktif antioksidan berbeda yang terdapat pada kedua jenis teh ini. Untuk mencapai tujuan ini dilakukan pengujian elektrokimia seperti EIS untuk mengamati tahanan permukaan logam terhadap terjadinya korosi, FTIR untuk mengetahui gugus fungsi senyawa aktif yang terdapat dipermukaan logam dan polarisasi dinamik untuk menghitung laju korosi logam pada konsentrasi tertentu serta dilakukan juga uji perendaman untuk mensimulasi pengujian in situ.
Hasil penelitian menunjukkan inhibitor teh daun sirsak dan teh rosela cukup efektif untuk API-5L di lingkungan NaCl 3.5% ketika digunakan secara individu. Berdasarkan uji perendaman, teh daun sirsak mampu mencapai efisiensi 84.6% pada volume inhibitor 5 ml dimana konsentrasi inhibitor 1 %, sedangkan teh rosela mencapai efisiensi optimal pada volume inhibitor 3 ml dimana konsentrasi inhibitor 0.6% sebesar 71.6%. Ketika inhibitor dicampurkan maka timbul interaksi antisinergisme antara kedua inhibitor. Hal ini ditunjukkan dengan menurunnya efisiensi kedua inhibitor ketika dicampurkan, terlebih lagi ketika penggunaan inhibitor campuran ini menyebabkan laju korosi meningkat lebih tinggi dari logam API-5L tanpa menggunakan inhibitor.

As one of the most commonly used carbon steel pipeline material, API-5L has disadvantages as well as other carbon steel materials which is corrosion. This corrosion is a relentless degradation phenomenon of materials that become the main cause of failure in the application of carbon steel in various industry. This corrosion can be prevented by various methods and one of them is by using inhibitors. Natural inhibitor were selected to be one of the corrosion protection alternatives that are environmentally friendly, easily available and relatively inexpensive.
This research was conducted to study the performance of inhibitors mixture between soursop leaf and rosele tea when both of them were mixed in a corrosive NaCl 3.5% environment. Both of these inhibitors were chosen due to their effective individual inhibition performance because of their high different active compouds composition. To achieve such a goal, some electrochemical testing methods were conducted such as EIS(Electrochemical Impedance Spectroscopy) to analyze the surface resistance of metals, FTIR (Fourier Transform Infrared Spectroscopy) to identify functional groups of active compounds within the surface of metals, dynamic polarization to measure corrosion rate of metals in at a certain concentration, and also weight loss methods as a field simulation testing.
The result of the research shows that soursop leaf and roselle tea were effective as an inhibitors for API-5L in NaCl 3.5% solution when they were applied individually. Based on weight loss methods, soursop leaf was able to achieve efficiency up to 84.6% on 5 ml inhibitors volume where inhibitors concentration was 1 %, while roselle tea was able to achieve optimal efficiency of 71.6% in 3 ml inhibitor volume where inhibitors concentration was 0.6%. When both of these inhibitors were mixtured, an antisinergestic interaction appear between these inhibitors. This was indicated by the reduction of the efficiency when these inhibitors were mixtured, moreover when these inhibitor were mixtured the corrosion rate rise above the plain API-5L metals without inhibitors.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Arda DH
"Pembentukan penghalang untuk meminimalisasi jumlah uap air atau oksigen yang berinteraksi dengan substrat merupakan salah satu mekanisme cat dalam melindungi material baja karbon rendah dari korosi. Namun kemampuan cat dalam perlindungan korosi ini menjadi tidak maksimal akibat kehadiran cacat pada lapisan cat itu sendiri. Porositas ataupun cacat pinhole dapat mengurangi kualitas cat sebagai penghalang antara substrat dan lingkungan. Cacat tersebut dapat diakibatkan karena adanya pelarut yang terkandung pada campuran bahan cat, sehingga ketika terjadi proses curing pada cat terjadi peristiwa terperangkapnya pelarut dalam lapisan cat. Saat ini banyak produsen cat membuat cat tanpa pelarut dengan tujuan mengurangi kerentanan terhadap adanya solvent entrapment yang dapat mengakibatkan pori.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan pelarut pada cat epoksi, terhadap terbentuknya pori pada kedua jenis cat (epoksi tanpa pelarut dan epoksi dengan pelarut 53%). Pada penelitian ini kedua jenis cat dievaluasi karakter lapisan, permeabilitas serta ketahanan lapisan terhadap perlindungan korosi pada substrat dengan metode salt spray, dimana keduanya diaplikasikan dengan kuas dan tingkat persiapan permukaan adalah sesuai standar SSPC SP10. Karakterisasi lapisan dan batas lapisan dengan substrat baja karbon diuji dengan menggunakan scanning electron microscope (SEM). Dari hasil uji diamati bahwa cat epoksi tanpa pelarut (solvent free epoxy) memiliki permeabilitas dan pori yang lebih kecil dan sedikit dibandingkan dengan cat epoksi pelarut 53% (solvent based epoxy).

Organic coating is one of the way to protect a low carbon steel from corrosion by using its barrier mechanism to minimize the amount of moisture that react. Coating's protection time life can be decreased because of the defect in the coating itself. Porisity or pinholing can reduced the performance of barrier coating to protect the substrate. That failure can be caused by solvent entrapment or high solvent concentration during the curing time of coating. So now days, many industry create a solvent free epoxy paint to reduce the succeptible of coating to the solvent entrapment. So purposes of this research are to analyze the porous in both solvent free coating and solvent based coating, and its effect to the permeability and corrosion ressistance.
This Research covers the application, microstucture and performance properties of solvent free epoxy coatings in comparison to solvent-borne (based) coating materials primarily, using brush application and SSPC SP10 surface cleaning standard, this coatings will be evaluated to get film characteristic and corrosion resistance with several tests: corrosion resistance (with salt spray test) & water permeability test. Beside that the characteristic of microstucture and its composition (in the boundary of substrate and coating element) also tested with Scanning Electron Microscope (SEM). The Result shows, solvent free epoxy has smaller and fewer porous than solvent based epoxy, and because of that, permeability of solvent based epoxy is two times higher than solfent free epoxy.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51504
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Brahmantia Brava Prajitno
"Inhibisi merupakan salah satu metode penghambatan laju korosi, salah satu jenis dari inhibitor adalah inhibitor organik yang memiliki sifat biodegradable sehingga bersifat lebih ramah lingkungandan relatif lebih murah dibandingkan inhibitor anorganik.Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari perilaku inhibisi dari campuran ekstrak melinjo dan kunyit pada pipa baja API-5L di lingkungan NaCl 3,5% dengan menggunakan metode kehilangan berat dan polarisasi.
Dalam penelitian ini variasi kadar ekstrak melinjo dan kunyit dicampur dengan berbagai kadar. Sebagai single inhibitor melinjo menghasilkan efisiensi yang lebih tinggi dari sebagian besar kadar campuran. Pada percobaan polarisasi efisiensi terbaik ada pada campuran 6 ml kedua ekstrak dengan acampuran 8 ml kedua ekstrak sebagai efisiensi kedua terbaik.

Inhibition is one of corrosion protection method, one kind of corrosion inhibitor is organic inhibitor which has biodegradable characteristic thus the inhibitor is environmental friendlier than conventional inorganic inhibitor. This research was done to study the inhibition activity of combination between melinjo and turmeric extract for API-5L steel pipe in NaCl 3,5% environment. Weight loss and polarization method were used to measure the inhibitor efficiency.
In this study concentration of melinjo extract and turmeric extract were varied.It was found that as a single inhibitor melinjo extract has more efficiency than the combination inhibitor. In polarization method it was found that the combination of 6 ml of the two extract has the highest efficiency followed by the combination of 8ml.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59628
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Hadyan Pandyashani
"Komposit sandwich merupakan material yang mempunyai potensi tinggi dalam aplikasi rancang bangun struktur ringan karena memiliki perbandingan strength to weight yang tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mencari sifat mekanik dari komposit sandwich dengan kulit kombinasi serat woven S-glass dan epoxy dan inti dari polyurethane foam. Material dibuat menjadi dua jenis orientasi S-glass yang berbeda yaitu 0°/90°/PU/0°/90 dan 0°/90°/PU/-45°/+45°. Material dibuat dengan menggunakan metode hand lay up dan vacuum bagging. Uji mekanik yang dilakukan adalah uji tekuk dan uji tekan arah edgewise. Penelitian ini memberikan hasil bahwa komposit sandwich jenis 0°/90°/PU/0°/90 memiliki sifat mekanik yang lebih baik dibandingkan dengan jenis 0°/90°/PU/-45°/+45°, dengan nilai kekuatan geser inti (74,38 ± 3,55) kPa, nilai kekuatan tekuk (1,22 ± 0,02) MPa, dan nilai kekuatan tekan (222,96 ± 8,98) kPa, serta kerusakan patahan pada citra SEM.

Sandwich composite is a material with high potential in light weight structure because of high strength to weight ratio. Research was done to find the mechanical properties of sandwich composite with S-glass and epoxy combination skin and polyurethane foam core. The sample is divided into two different S-glass orientation, 0°/90°/PU/0°/90 and 0°/90°/PU/-45°/+45°. The sample was made by hand lay up and vacuum bagging method. Flexural test and edgewise compressive test were used to determine the mechanical properties of the sample. From the result of the mechanical test, we know that sandwich composite 0°/90°/PU/0°/90 has a better mechanical properties than 0°/90°/PU/-45°/+45°, with (74,38 ± 3,55) kPa core shear stress, (1,22 ± 0,02) MPa facing bending stress, and (222,96 ± 8,98) kPa facing compressive stress, also with a fracture in SEM image."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
S60039
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Donnie Indrawan
"Aluminium 2024 (Al 2024) merupakan salah satu jenis paduan aluminium komersil dengan tembaga sebagai paduan utamanya. Jenis paduan ini sudah sejak lama digunakan dalam industri otomotif, penerbangan, dan militer. Keberadaan unsur Cu sebagai paduan utama memberikan efek penguatan pada segi mekanis tetapi melemahkan sifat korosinya. Anodisasi merupakan salah satu metode perlindungan aluminium paduan dari korosi menggunakan prinsip elektrokimia yang cepat, sederhana dan ekonomis. Variasi tegangan dan waktu dilakukan untuk melihat pengaruh parameter terhadap ketebalan serta ketahanan korosi Al 2024. Proses anodisasi dilakukan pada larutan H2SO4 30% pada temperatur ruang.
Hasil dari material anodisasi kemudian diuji pada medium korosif NaCl 3,5% selama 6 hari melalui proses immersion test. Ketebalan lapisan oksida paling efektif diperoleh pada anodisasi dengan parameter tegangan 15 V dan waktu 10 menit. Sebagian besar sampel uji menunjukkan trend yang sama dan indikasi terjadinya korosi sumuran (pitting corrosion) disertai munculnya endapan pada permukaan. Perlakuan anodisasi yang memberikan proteksi berupa lapisan oksida dibuktikan dengan kehadiran fasa α-Al2O3 and ɣ-Al2O3 dalam pengujian XRD. Pengamatan SEM dan mikroskop optik memperlihatkan penampakan permukaan Al 2024 setelah 6 hari immersion test pada larutan NaCl 3,5%.

Aluminium Alloy 2024 (Al 2024) is one of commercial alloy with copper as the main alloy. This alloy has been used in many industrial application such as automotive, aerospace, and military. Copper as a major alloying elements gives a mechanical strengthening effect but weaken the corrosion resistance. Anodizing is fast, simple, and economical method to protect aluminium from corrosion with the principal of electrochemical. The variations of anodizing voltage and time have been done with 30% H2SO4 electrolyte at room temperature to analyze its influence on thickness and corrosion behaviour of Al 2024.
Results of anodizing were then tested by immerse the samples in 3,5% NaCl solution for 6 days. The thickness of the oxide layer is most effective with the parameters obtained in anodizing voltage of 15 V and 10 minutes. Most of samples show the similar trend and indications of pitting corrosion along with the presence of deposition on its surface. Anodizing proccess gives the protection layer aluminium oxide which is proved by the presence of α-Al2O3 and ɣ-Al2O3 phase in XRD testing. SEM and optical microscope observation show the surface appearence of Al 2024 after immersion test for 6 days in 3,5% NaCl solution.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2016
S65455
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerry Liston Putra
"Teknologi laminasi yang sedang dikembangkan untuk lambung kapal cepat saat ini adalah metode Vacuum Assisted Resin Transfer Moulded (VARTM) dimana metode ini belum familiar di Indonesia. Metode ini diaplikasikan pada kapal cepat karena membutuhkan material yang cukup ringan dan kekuatan yang tinggi untuk meningkatkan performance dan kecepatan kapal. Kendala yang dihadapi saat menggunakan laminasi metode VARTM adalah sulitnya pihak klas untuk menentukan ketebalan optimum yang dibutuhkan untuk mencapai kekuatan yang disyaratkan oleh klas. Dengan berat fiber yang sama, metode ini menghasilkan ketebalan hasil laminasi lebih tipis sehingga peraturan sebelumnya tidak bisa dijadikan pedoman untuk menentukan ketebalannya karena akan terjadinya kelebihan material dan kapal menjadi lebih berat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sifat mekanik dari material yang digunakan pada metode VARTM yaitu serat E-glass jenis multiaxial dengan matriks vinyl ester tipe Ripoxy R-802 EX-1. Spesimen dibuat dalam bentuk lamina dan laminated kemudian diuji tarik dan lengkung. Spesimen laminate dibuat dua bentuk susunan yaitu symmetry laminates dan quasi isotropic laminates. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai kuat tarik dan modulus dari material ini dengan metode VARTM sangat tinggi dari persyaratan klas. Susunan yang paling optimal untuk diaplikasikan pada lambung kapal cepat adalah quasi isotropic laminates. Dengan fiber content yang sama, kekuatan meningkat 16% - 19%. Dengan hasil pengujian ini dapat diketahui ketebalan optimum pada lambung dengan metode VARTM.

Lamination technology that is being developed at this time is Vacuum Assisted Resin Transfer Moulded (VARTM) where this method has not been familiar in Indonesia. This method has been aplicated in High Speed Craft because it needs light and high strength material for increase performance and speed of ship. The Problem occur when using VARTM fabrication is Class find it difficult to determine optimum thickness to achieve strength of class. With the same fiber weight, This method produce thin laminate so that the previous rules could not be used as guidelines to determine optimum thickness because it will make over material and overweight. This research has been done to determine the mechanical properties of the material used in the VARTM method that are multiaxial E-glass fiber with a Ripoxy type R-802 vinyl ester matrix. Specimens has been made in lamina and laminated then tensile test and flexural test. Laminate specimens has been made two forms of composition that are symmetry laminates and quasi isotropic laminates. The test results showed that tensile strength and modulus values of this material with VARTM is very high than class requirements. The most optimal configuration to be applied in high speed craft hull is quasi isotropic laminates. With the same fiber content, strength increase of 16% - 19%. With the results of this testing can be found on the optimum thickness of the hull with VARTM method."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T34807
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>