Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 134618 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mutia Prawitasari
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran umum pengungkapan informasi ornop di Indonesia melalui analisis konten terhadap laporan tahunan ornop serta untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi tingkat pengungkapan informasi ornop di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan total observasi 33 ornop pada tahun 2012. Tingkat pengungkapan informasi melalui laporan tahunan diukur dengan indeks pengungkapan informasi laporan tahunan yang mengadaptasi penelitian Zainon et al. (2012). Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat pengungkapan juga menggunakan model adaptasi penelitian Zainon et al. (2012). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengungkapan informasi ornop di Indonesia adalah 47%, dengan tingkat pengungkapan informasi paling tinggi pada kelompok informasi nonfinansial dan tingkat pengungkapan informasi paling rendah pada kelompok informasi tata kelola. Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat pengungkapan informasi secara signifikan adalah (1) ukuran dewan pengurus dan (2) adanya audit independen. Variabel lain yang diujikan yaitu kinerja keuangan yang diproksi dengan tingkat pendapatan, adanya donatur institusional sebagai penyokong ornop, dan usia organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengungkapan informasi.
ABSTRACT
This study aims to overview the extent of information disclosure by NGOs in Indonesia through a content analysis of NGOs’ annual report and to know factors affecting the extent of the information disclosure. This is a quantitative study involving 33 observations for the year 2012. The extent of information disclosure is measured by an index developed by Zainon et al. (2012). Factors affecting the extent of information disclosure also are adopted from Zainon et al. (2012) study. The result shows that the extent of information disclosure by NGOs in Indonesia is 47%, with nonfinancial-related information as the modus and governance-related information as the least outcome. Factors that significantly affect the extent of information disclosure are (1) board size and (b) independent audit. Other variables being tested in the model which are financial performance proxied by income, the presence of instutional donor as organization’s patron, and organization size are found to insignificantly affect the extent of information disclosure."
2015
S58486
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Himmahwati Zahara Gani
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis akuntabilitas organisasi non pemerintah dengan melihat pengaruh pengungkapan informasi melalui situs internet yang dilakukan organisasi non pemerintah terhadap penerimaan donasi atau sumbangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan total observasi penelitian sebanyak 52 organisasi non pemerintah pada tahun 2011-2012. Tingkat pengungkapan melalui situs internet diukur dengan menggunakan model Gandia (2011) dan pengaruhnya terhadap donasi diukur dengan menggunakan model Saxton, Neely & Guo(2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan informasi melalui situs internet memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan pada pendapatan donasi. Hal ini mungkin disebabkan beberapa hal seperti tingkat penetrasi internet yang masih rendah di Indonesia. Selain itu, pengungkapan informasi mengenai tata kelola dan laporan keuangan di Indonesia juga memiliki nilai yang rendah.

The objective of this study is to analyze the accountability of Nongovernmental Organization (NGOs) by assessing the extent web disclosure and its implication to the donations received. This is a quantitative research with 52 observations of Nongovernmental Organizations for the year 2011. The web disclosure is measured using model constructed by Gandia (2011) and the implication of the donations received is measured using model constructed by Saxton, Neely & Guo (2014). The result shows that the web disclosure is negatively associated with donations received. This finding maybe due to several reasons including the the low internet penetration in Indonesia. In addition, NGOs in Indonesia in average have low score on disclosure of financial and governance information.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S55966
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara
"Organisasi nirlaba memiliki model operasi dan faktor ekonomi yang berbeda masih dapat mengadopsi proses dan prosedur yang sama dengan organisasi yang berorientasi keuntungan pada umumnya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya. Studi ini akan membahas faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan oleh organisasi nirlaba ketika menerapkan proses perubahan. Karena berkurangnya pendanaan dan persaingan yang semakin ketat dari organisasi serupa, banyak organisasi nirlaba harus menghadapi tantangan seperti peningkatan kinerja, profitabilitas, dan tuntutan digitalisasi. Faktor-faktor yang mengancam operasional yang sedang berlangsung dalam organisasi diidentifikasi dan dieksplorasi dalam penelitian ini; yang juga akan memeriksa prinsip-prinsip peningkatan proses dasar yang dapat diterapkan pada organisasi. Studi ini bertujuan memberikan solusi strategis untuk meningkatkan proses bisnis dan meningkatkan pendapatan dengan mengembangkan strategi menggunakan pendekatan manajemen proses bisnis dan transformasi digital dengan menerapkan konsep model bisnis kanvas. Studi ini mengidentifikasi beberapa perubahan dalam strategi bisnis yang tepat untuk lembaga beasiswa di Fakultas Teknik Universitas Indonesia mengikuti proses bisnis organisasi saat ini serta kerangka kerja untuk memperkuat kinerjanya. Tujuan utama dari perbaikan proses adalah untuk mengembangkan komitmen organisasi dan dukungan untuk memfasilitasi perbaikan proses yang berkelanjutan. Model Bisnis Kanvas diharapkan dapat membantu organisasi menilai dan mengembangkan strategi dan proses yang selaras dengan nilai-nilai inti dan misi organisasi. Tujuan strategi ini untuk membantu organisasi mengatasi masalah sosial dan ekonomi dengan mengembangkan solusi praktis yang memenuhi tujuan dan harapan organisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mendukung organisasi nirlaba untuk memenangkan kompetisi dengan memberikan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan bagi semua pemangku kepentingan sehingga mereka menjadi adaptif, modern, agile dan memiliki posisi yang disegani di masyarakat.

A non-profit organization that has different operating models and economic factors can still adopt the same processes and procedures as profit-oriented organizations in general to improve their efficiency and effectiveness. This study will discuss important factors that a non-profit organization needs to consider when implementing the change process. Due to reduced funding and increasingly fierce competition from similar organizations, many non-profits have had to face challenges such as improved performance, profitability, and the demands of digitization. Factors that threaten their ongoing operations were identified and explored in the study, for we will examine the basic process improvement principles that organizations can implement. This study aims to provide strategic solutions to improve business processes and increase revenue by developing strategies using the business process management (BPM) approach and digital transformation by applying a Business Model Canvas (BMC) concept. The study identified several changes in the appropriate business strategy for a scholarship institution in Indonesia following the current business processes of the organization as well as the frameworks in place to strengthen their performance. The main objective of process improvement is to develop organizational commitment and support to facilitate continuous process improvement. Business Model Canvas is expected to help organizations assess and develop strategies and processes that align with their core values and mission. This strategy's purpose of help organizations addresses social and economic problems by developing practical solutions that meet organizational goals and expectations. The results of this study are expected to support non-profit organizations to win competitions by providing a sustainable competitive advantage for all stakeholders so that they become adaptive, modern, agile, and have a respected position in the community."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Farhan Irawan
"Penelitian ini membahas mengenai manajemen informasi di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) khususnya berhubungan dengan alur informasi di IDI, dengan menggunakan dan menerapkan metode 7 tahap audit informasi yang dibuat oleh Susan Henzcel. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi apa saja yang dibutuhkan oleh IDI dan bagaimana manajemen informasi di IDI, yang mana manajemen informasi ini dapat menunjang kinerja organisasi sesuai visi dan misi dari sebuah organisasi. Menurut pandangan penulis, IDI yang merupakan sebuah organisasi profesi kedokteran di Indonesia seharusnya menerapkan audit informasi dalam kegiatan manajemen informasi, dengan memeriksa apa saja kebutuhan informasi organisasi IDI yang diperlukan untuk pemecahan masalah sehingga informasi yang diperoleh organisasi dapat sesuai dengan apa yang dibutuhkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses manajemen informasi di IDI dibagi menjadi 3 bagian, yaitu penelusuran, pengolahan, dan penyaluran informasi. Selain itu, faktor yang mempengaruhi kegiatan manajemen informasi di IDI adalah penggunaan alat-alat teknologi informasi dan koneksi internet untuk saling berhubungan dengan beberapa anggota lainnya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perlu adanya sistem tersendiri dalam kegiatan manajemen informasi untuk menunjang kegiatan organisasi di IDI.

This research is about information management in Indonesian Medical Association (IDI), that is related on information flow in IDI, using and implementing the seven stages of information audit made by Susan Henzcel. The purpose of this research is to identify the required by IDI and how it is managed in IDI. In IDI, information management can be support organizational performance in line with the vision and mission of an organization. Based on this research, there is a need in IDI, an organization of medical professional in Indonesia, to implement the information audit on the information management, which examining what information needs of IDI, so that the organization is able to deal the problems, by coordinating that information obtained by organization can to what is needed.
The result shows that the processes of information management in IDI are divided into 3 parts, namely: searching, processing, and distribution. In addition, the other things that influence information management in IDI are the using of tools of information technology and internet connection to communicate with other members. The research also shows that there should have been a dedicated internal system in the information management in order to support the organization work in IDI.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S63533
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Purnama
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pertanggungjawaban atas pelaporan dana hibah di Organisasi XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dalam bentuk observasi data sekunder dan wawancara terhadap responden kunci. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Akuntabilitas Accountability Theory dan Teori Keagenan Principal-Agency Theory . Hasil penelitian menyarankan Organisasi XYZ membentuk tim penilaian untuk mengukur kelayakan dan kesiapan Pelaksana Proyek, dan memperbaiki prosedur pengiriman dana hibah, prosedur kegiatan pemantauan dan evaluasi proyek, dan prosedur administratif atas pengelolaan proyek-proyek dana hibah.

ABSTRACT
This study aims to evaluate the grant reporting process in XYZ Organization. This study uses descriptive qualitative research method with case study approach. Method of data collection is in the form of secondary data observation and interviews with key respondents. Accountability Theory and Principal Agency Theory have been employed in this study. Results of the study suggest XYZ Organization to form an assessment team to conduct survey on the feasibility and readiness of the project implementer, and to improve the grant disbursement procedures, monitoring and evaluation procedures, and the administrative procedures for the management of grants in XYZ Organization."
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Rahmawati
"Organisasi umumnya mencari cara untuk mencapai kinerja yang tinggi dari pegawai tetapi terkadang mengabaikan peran penting keterlibatan kerja. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kinerja pegawai, khususnya pegawai negeri sipil. Kami mengumpulkan data dengan mensurvei 321 pegawai negeri sipil yang melakukan flexible working arrangements di tempat kerja mereka. Kemudian, kami mengeksplorasi dampak dari work engagement, khususnya pada bagaimana work engagement bertindak sebagai mediator antara faktor-faktor yang diperiksa sebelumnya terhadap employee performance dengan menggunakan pendekatan covariance-based structural equation modelling (CB-SEM). Temuan kami menunjukkan bahwa flexible working arrangements dan perceived supervisor support berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement. Selanjutnya, work engagement juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap employee performance. Studi ini memberikan kontribusi investigasi terhadap prediktor-prediktor yang memengaruhi employee performance mengingat sedikitnya penelitian tentang employee performance di sektor publik Indonesia khususnya setelah terjadi perubahan pola kerja pasca Covid-19.

Organizations generally look for ways to achieve high performance from employees but sometimes leave out the vital role of work engagement. The main purpose of this study is to determine the factors that affect employee performance, with a specific focus on civil servants. Initially, we collect data by surveying 321 civil servants experiencing flexible working arrangements in their workplace. Then, we explore the impact of work engagement, specifically on how it acts as a mediator between the previously examined factors and employee performance using covariance-based structural equation modelling (CB-SEM). Our findings show that flexible working arrangements and perceived supervisor support have a positive and significant effect on work engagement. Furthermore, work engagement has a positive and significant impact on employee performance. This study contributes to the predictors that affect employee performance, considering that there is a few research on employee performance in the Indonesian public sector especially working methods change during post Covid-19."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Arief Erdi Prasetyo
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai Aspek Pemajakan terhadap Lembaga Nirlaba dengan studi kasus Perkumpulan AIESEC Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan sejauh mana kedudukan Perkumpulan sebagai wajib pajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melihat dari aspek hukum pajak, lembaga nirlaba dengan badan hukum Perkumpulan mendapatkan perlakuan normal sesuai dengan ketentuan umum perpajakan; berdasarkan hukum pajak, penerimaan suatu lembaga diatur sesuai anggaran dasar lembaga; penentuan pengenaan pajak badan ditentukan berdasarkan omzet usaha yang diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 46 Tahun 2013. Perkumpulan AIESEC Indonesia disarankan untuk melakukan manajemen pajak dalam mengatur omzet tahunan.

This research was conducted to obtain an overview of the Aspect of Taxation on Nonprofit Institutions with the AIESEC Indonesia Association case studies. This study is expected to provide knowledge of the extent to which the Association as a taxpayer. This research uses qualitative approach with descriptive design. The results showed that looking at the aspects of tax law, non-profit institutions with legal entities Perkumpulan get normal treatment in accordance with general provisions of taxation; Based on the tax law, the acceptance of an institution shall be regulated in accordance with the articles of association; The determination of corporate tax is determined based on the turnover of business as regulated in Government Regulation number 46 of 2013. AIESEC Indonesia Association is advised to conduct tax management in arranging annual turnover."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindya Liftia Sani
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntabilitas yang dilakukan oleh Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar YGIM kepada donatur dan publik atau masyarakat umum. Penerapan akuntabilitas diteliti berdasarkan pengaturan terhadap Yayasan yang tertuang dalam UU Nomor 28 Tahun 2004 dan pengaturan terhadap pelaporan keuangan organisasi nirlaba yaitu dalam PSAK 45 revisi 2014 . Metode penelitian yang digunakan dalam melakukan analisis adalah studi literatur, studi kasus, dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa penerapan akuntabilitas atas pertanggungjawaban Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar YGIM kepada donatur dan publik telah dipahami dan diimplementasikan secara penuh.

ABSTRACT
This research aims to understand the accountability implemented by Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar YGIM to donor and public or general citizen. The implementation of accountability is based on the regulation to foundation that is written in Regulation number 28 2004 and regulation to Financial Reporting of Non profit Organizations regulated in PSAK 45 revision 2014 . The methods used to collect data in this research are literature review, study case, and interview. The result shows the implementation of accountability as a responsibility to donor and public in YGIM has been fully understood and implemented."
2017
S69800
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Iqbal Anindyka
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas tata kelola yang terdapat di NGO lingkungan yang juga berperan sebagai donor atau grant making organization. Aspek yang dinilai adalah visi misi, struktur organisasi dan pengambilan keputusan, leadership dan regenerasi, perencanaan, implementasi, hingga evaluasi program, personalia, kode etik, pengendalian internal, akuntabilitas dan transparansi, serta legitimasi. Penelitian dilakukan dengan metode studi kasus di Yayasan KEHATI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas tata kelola di Yayasan KEHATI sudah cukup baik kecuali di aspek leadership dan regenerasi.

This study aims to assess the quality of governance in environmental NGO which also acts as donor or grant making organization. Observed aspects are vision and mission, organizational structure and decision making, leadership and regeneration, planning, implementation, and evaluation of programs, human resource, code of ethics, internal control, accountability and transparency, and legitimacy. The case study was performed using KEHATI Foundation as sample. The outcome of the study indicates that the quality of governance in Yayasan KEHATI is quite good except in leadership and regeneration aspects."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54012
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kotler, Philip
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1995
658.8 KOT s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>