Ditemukan 143448 dokumen yang sesuai dengan query
Dewi Purnamasari
"
ABSTRAKRumah sakit merupakan suatu tempat dimana pasien dirawat dalam jarak yang berdekatan. Tingkat pengetahuan perawat tentang infeksi nosokomial sangat penting untuk melindungi diri tenaga kesehatan dan pasien dari penyebaran infeksi. Tujuan dari penelirian ini yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan implemenyasi universal precaution pada mahasiswa profesi FIK UI 2012/2013 selama praktik. Peneliti melibatkan 59 mahasiswa profesi FIK UI sebagai responden dengan menggunakan teknik penelitian quota sampling. Metode analisis penelitian ini yaitu deskriptif korelasi yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan implementasi universal precaution pada mahasiswa profesi FIK UI 2012/2013. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner yang berisi pernyataan tentang pengetahuan universal precaution dan implementasi universal precaution. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan implementasi universal precaution (p= 0,388; α=0,05).
ABSTRACTHospital is the place where the patients are hospitalized in the same place and limited space one and each other. The knowledge of nurse about nosocomial infection is very important to protect the patient from transmitted infection. This research is using quota sampling to meet 59 samples. Descriptive correlative designs are used to find the correlation between knowledge and the implementation of universal precaution among “Profesi” student in Faculty of nursing university of Indonesia 2012/2013. The result show that there is no significant correlation between knowledge with the implementation in universal precaution (p= 0,388; α=0, 05).
"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S54931
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Simatupang, Lidia
"
ABSTRAKPencegahan kanker dengan cara menghindari konsumsi makanan yang dibakar dan makanan yang mengandung bahan tambahan pada makanan seperti pemanis sintetik, pewarna sintetik, pengawet dan penyedap rasa sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan kota Depok tentang risiko kanker akibat mengonsumsi makanan mengandung karsinogen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross-sectional. Jumlah sampel penelitian 100 responden dengan teknik pengambilan sampel proporsional stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki tingkat pengetahuan tinggi 33%, tingkat pengetahuan sedang 49%, dan tingkat pengetahuan rendah 18%. Disimpulkan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki pengetahuan yang cukup tentang karsinogen pada makanan. Pemaparan tingkat pengetahuan perlu dilakukan untuk mengetahui faktor penyebab munculnya perilaku mengonsumsi makanan mengandung karsinogen pada mahasiswa serta penyempurnaan modul mata kuliah ilmu dasar keperawatan.
ABSTRACTCancer prevention by avoiding the consumption of food that is burned, additives in foods such as synthetic sweeteners, synthetic dyes, preservatives and flavoring is very important. This study aims to describe the level of knowledge about the nursing students of cancer risk from eating foods containing carcinogens. This research is descriptive quantitative research with cross-sectional design. Total sample of 100 respondents with a sampling technique proportionate stratified random sampling. The results showed that nursing students have a 33% higher level of knowledge, 49% moderate level of knowledge, and 18% lower level of knowledge. It was concluded that nursing students have enough knowledge about carcinogens in food. The exposure level of knowledge needs to be done to determine the causes of the emergence of behavioral eating foods containing carcinogens on the student as well as the improvement of basic science modules nursing courses.
"
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S56935
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Widayati Pardewi
"Positioning pasien secara teratur merupakan protokol dalam menangani berbagai dampak akibat imobilasi. Beberapa penelitian menunjukkan beberapa akibat imobilisasi, terutama ulkus dekubitus. Pengetahuan perawat tentang tindakan positioning sangat penting untuk pelaksanaan tindakan ini. Penelitian ini membahas mengenai hubungan pengetahuan dengan pelaksanaan tindakan positioning pasien. Penelitian menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel berjumlah 34 perawat di ruang perawatan stroke dan ICU. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Responden mengisi kuesioner berupa data demografi, 12 pertanyaan merujuk kepada pengetahuan perawat tentang positioning, dan 12 pertanyaan mengenai pelaksanaan tindakan positioning pada pasien imobilitas yang disusun peneliti berdasarkan teori dan penelitian Vanderwee et al (2006). Melalui hasil analisis chi square yang dilanjutkan dengan uji fisher menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan perawat dengan pelaksanaan tindakan positioning dengan p value 0,163; α 0,05. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah memperluas topik penelitian seperti meneliti variabel lain yang mempengaruhi pelaksanaan tindakan serta menggunakan teknik pengambilan data total sampling pada ruangan lain yang terkait sehingga terlihat gambaran kejadian secara keseluruhan dalam suatu populasi.
Regular positioning intervention is a protocol in dealing with the effects of immobilization. Several studies have shown some effects of immobilization, especially decubitus ulcers. The nurses' knowledge of positioning intervention is very essential for the implementation of this intervention. This study discussed the correlation between the nurses’ knowledge and the implementation of positioning intervention. The study used a correlative descriptive design with cross sectional approach. The total samples were 34 nurses in the stroke ward and the ICU. The sampling technique used was total sampling. Respondents filled out a questionnaire containing the demographic data, 12 questions referring to the nurses' knowledge of positioning, and 12 questions of the implementation of positioning intervention for the immobilized patients compiled by the researcher based on the theory and research done by Vanderwee et al (2006). The results of chi square analysis followed by Fisher’s Exact test showed that there was no correlation between the nurses' knowledge and the implementation of positioning intervention, with p value 0.163; α 0.05. It is suggested that the future studies expand the research topics such as to examine some other variables that influence the implementation of the intervention and to apply the total sampling technique in the other related units so that it is shown the overall incidence in a population."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S56342
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Yohana Andini
"
ABSTRAKMahasiswa keperawatan memiliki tanggung jawab dalam memberikan asuhan keperawatan dengan berlandaskan kode etik keperawatan. Kode etik keperawatan berfungsi sebagai pedoman dalam memberikan asuhan keperawatan yang kompeten, etis, dan dapat dinilai. Namun masih terdapat banyak fenomena mahasiswa keperawatan melalaikan peran serta tanggung jawab profesinya dengan bersikap tidak etis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik responden dan hubungan antara tingkat pengetahuan tentang kode etik dengan sikap etis sebagai perawat pada mahasiswa FIK UI. Penelitian menggunakan metode cross-sectional dengan rancangan deskriptif korelatif dan pendekatan secara stratified random sampling terhadap 147 mahasiswa keperawatan FIK UI. Analisis data menggunakan uji chi-square menunjukkan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan kode etik dengan sikap etis responden (p value=0,731). Mengetahui bahwa pendidikan secara formal saja tidak cukup untuk membentuk sikap etis sebagai perawat maka perlu ditindaklanjuti lebih serius khususnya bagi institusi pendidikan keperawatan dengan mengintegrasikan program pengembangan sikap etis terhadap seluruh kurikulum mata ajar.
ABSTRACTNursing students have a responsibility to provide nursing care based on the ethic code of nursing. The ethical code of nursing is used as a guideline to provide the competent, ethical, and valuable nursing care. Nonetheless, nursing students face unique challenges in applying ethical care for their patient.The purpose of this study was to determine the characteristics of respondents and the relationship between level of knowledge about the ethical code of nursing with the nursing ethical attitude of students at FIK UI. The study used cross-sectional methods with correlative descriptive design, and stratified random sampling of 147 nursing students at FIK UI. Data analysis using a chi-square test showed no significant relationship between level of knowledge about the ethical code of nursing with the nursing ethical attitude of the respondents (p value = 0.731). Knowing that formal education is not enough to establish the ethical attitudes of nurses, this study recommended the integration for the ethical attitude development program entire the course curriculum for nursing institutions."
2016
S62793
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Vanda Nur Azizah
"Anatomi merupakan salah satu bidang ilmu yang fundamental bagi mahasiswa keperawatan. Namun, banyak mahasiswa yang memiliki tingkat pengetahuan kurang pada bidang ilmu ini. Pengembangan teknologi simulasi virtual reality sebagai metode pembelajaran menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian dengan desain pre-experimental ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat motivasi dan kepuasan dengan tingkat pengetahuan menggunakan virtual reality. Sampel penelitian adalah 69 mahasiswa Sarjana Reguler Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia angkatan 2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, antara lain Questionnaire of Motivation Dimension to Choose Learning Method using Virtual Reality Simulation, Satisfaction with Simulation Experience Scale, dan kuesioner tingkat pengetahuan organ dalam tubuh manusia. Hasil penelitian menunjukkan 87% mahasiswa memiliki tingkat motivasi dan 98,6% mahasiswa memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Tidak terdapat hubungan signifikan antara tingkat motivasi dan tingkat pengetahuan (p = 0, 830). Selain itu, tidak terdapat hubungan antara tingkat kepuasan dan tingkat pengetahuan (p = 0,070). Virtual reality direkomendasikan untuk dikembangkan sebagai metode pembelajaran dalam pendidikan keperawatan.
Anatomy is a fundamental field for nursing students. However, many students have a low level of knowledge in this field. The development of virtual reality simulation technology as a learning method is one way that can be done to overcome this. This research with pre-experimental design aims to determine the relationship between the level of motivation and satisfaction with the level of knowledge using virtual reality. The research sample was 69 Regular Undergraduate students from the Faculty of Nursing, Universitas Indonesia class of 2020. The instruments used in this study included the Questionnaire of Motivation Dimension to Choose Learning Method using Virtual Reality Simulation, Satisfaction with Simulation Experience Scale, and a questionnaire on the level of knowledge of organs in human body. The results showed that 87% of students had a high level of motivation and 98.6% of students had a high level of satisfaction. However, there was no significant relationship between the level of motivation and the level of knowledge (p = 0.830). In addition, there is no relationship between the level of satisfaction and the level of knowledge (p = 0.070). Virtual reality is recommended to be developed as a learning method in nursing education."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Astri Sukmawati
"Riskesdas (2013) menyatakan bahwa 6% masyarakat mengalami gangguan emosional. Walaupun data yang didapat sudah menurun, namun angka tersebut tidak dapat diabaikan. Penelitian sebelumnya yang menggambarkan tentang tingkat stres mahasiswa FIK UI menjelaskan bahwa mahasiswa berada dalam rentang stres sedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan emosi mahasiswa terhadap tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa FIK UI dan merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi berjumlah 694 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa regular angkatan 2010-2014 dan ekstensi angkatan 2012-2014. Sampel yang diambil adalah 101 mahasiswa, dengan teknik random sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale untuk mengukur tingkat stres, dan kuesioner The Assesing Emotional Scale untuk mengukur kecerdasan emosi mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosi dengan tingkat stres pada mahasiswa FIK UI (p = 0,001).
Riskesdas (2013) said there are 6% of people who experience emotional disturbance. Although the data obtained has decreased, but the numbers cannot be ignored. The past research describe that the stress level of nursing students in University of Indonesia are in the range of moderate stress. This study aims to determine the relationship between emotional intelligence and stress in nursing student in University of Indonesia. This research is a quantitative research with cross sectional design. The population in this research are 694 nursing students that consist of regular 2010-2014 and extention 2012-2014. There are 98 nursing students as the samples by random sampling technique. This study used the Perceived Stress Scale questionnaire to measure the level of stress, and questionnaires The assesing Emotional Scale to measure the emotional intelligence of students. Results showed that there is a relationship between emotional intelligence and stress levels nursing students in Faculty of Nursing University of Indonesia (p=0,001)."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2015
S61268
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Linda Atika Sari
"Salah satu kompetensi prosedur yang harus dicapai mahasiswa profesi pada mata kuliah praktik klinik gawat darurat adalah melakukan tindakan resusitasi jantung paru. Efikasi diri menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan tindakan resusitasi jantung paru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sumber-sumber yang berhubungan dengan tingak efikasi diri dalam melakukan resusitasi jantung paru menggunakan metode survei analitik pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 84 mahasiswa profesi ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia yang merupakan lulusan sarjana reguler. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kemudian data dianalisis menggunakan SPSS 24. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara verbal persussion (p = 0,047) dan physiological and affective state (p = 0,003) dengan tingkat efikasi diri dalam melakukan resusitasi jantung paru. Fasilitator diharapkan untuk selalu memberikan feedback positif terhadap pencapaian mahasiswa meskipun belum maksimal dan menyampaikan komentar dan kritik yang positif sehingga memotivasi mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuannya. Selain itu, mahasiswa diharapkan untuk selalu berpikir positif guna mengurangi tingkat kecemasan, stres, mauun depresi dan meningkatkan physiological and affective state.
One of the competency procedures that must be achieved by internship nursing students in clinical emergency practice courses is to perform cardiac pulmonary resuscitation. Self-efficacy is one of the factors that influences the success rate of cardiopulmonary resuscitation. The research aimed to identify the sources that related to the level of self-efficacy in performing cardiopulmonary resuscitation used analitic cross sectional design study. The research involved 84 internship nursing students of Faculty of Nursing Universitas Indonesia who came from regular undergraduate program. The research shown a significant association between verbal persussion with cardiopulmonary self-efficacy rate (p = 0,047) and physiological and affective state with cardiopulmonary self-efficacy rate (p = 0,003). Facilitators are expected to always provide positive feedback on student achievement even though it has not been maximized and deliver positive comments and criticisms so it can motivates students to continue improve their abilities. In addition, students are expected to always think positively in order to reduce levels of anxiety, stress, depression, and improve their physiological and affective state."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Puput Wulandari
"Persentase mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang tidak mengikuti program profesi semakin tahun semakin meningkat. Terdapat banyak faktor yang mendasari keputusan untuk mengikuti ataupun tidak mengikuti profesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelatif. Sampel diambil dengan cara cluster sampling (n=92) yang merupakan mahasiswa FIK UI angkatan 2009. Kuesioner yang digunakan ialah kuesioner motivator-hygiene scale dan kuesioner tingkat motivasi yang sudah dimodifikasi (α=0,939; r-hitung 0,377-0,777). Analisa menggunakan univariat (distribusi frekuensi) dan bivariat (Kai Kuadrat dan Kendall Tau).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima faktor (minat, pengembangan diri, pengakuan, dukungan sosial, dan finansial) memiliki hubungan bermakna terhadap motivasi (p<0,05; α= 0,05; τ(tau)>0,248). Hasil korelasi menunjukkan bahwa minat merupakan faktor yang memiliki hubungan paling erat dibandingkan dengan faktor lainnya. Upaya untuk meningkatkan minat perlu diadakannya kegiatan orientasi terkait pembekalan nilai-nilai keperawatan kepada mahasiswa sejak awal menjadi mahasiswa FIK UI.
There is an increasing of percentage of FON UI’s (Faculty of Nursing University of Indonesia) students who were not to participating Ners Program. Several factors are asummed underpinne the decision to participate Ners Program. This study aimed to identify those factors. This study has used descriptive correlative method. Samples collected by cluster sampling (n =92) which were students of grade final of FON UI. The questionnaires were modified from the motivator-hygiene questionnaire scale and level of motivation questionnaire (α = 0.939; r = 0,377-0,777). The results showed there were five factors (interest, self-development, recognition, social support and financial support) that related to motivation (p <0.05, τ (tau)> 0.248). The results was showed that the interest to be more influential factor than others. It is recommended that orientation program about values of nursing profession should include to increase interest."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2013
S46510
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Nur Ainun
"Mahasiswa FIK UI berasal dari daerah yang berbeda-beda di Indonesia. Hal ini dapat menyebabkan pandangan sehat dan sakit yang berbeda. Perbedaan budaya dapat menghalangi dalam memberikan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan asal daerah tempat tinggal mahasiswa dalam penerapan keperawatan transkultural. Sebanyak 98 mahasiswa pada tahap profesi dari program ekstensi maupun reguler dilibatkan dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan kuesioner culture skill oleh Novieastari 2013. Desain pada penelitian ini menggunakan desain cross sectional dengan teknik sampling quota sampling.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara asal daerah tempat tinggal dengan penerapan keperawatan transkultural p value = 0,388 . Mahasiswa yang berasal dari daerah yang berbeda-beda tetap memiliki kemampuan penerapan keperawatan transkultural yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa adanya keberhasilan proses pembudayaan selama mahasiswa menjalani Pendidikan di FIK UI. Penelitian ini merekomendasikan agar dilakukan penelitian mengenai penerapan keperawatan transkultural pada tingkat akademik lainnya.
Nursing Students of Universitas Indonesia have different home town. It makes the view about health and illness can be different too. Culture can distract when nursing care is delivered. The aim of this research was to discover the relationship between nursing student's home town with ability to apply transcultural nursing. There were 98 nursing professional students. This research used culture skill questionnaire from Novieastari 2013. This research uses cross sectional design with quota sampling technique. The result shows that there is no relationship between nursing student's home town with ability to application transcultural nursing p value 0,388 . Students that are from different home town have same ability to apply transcultural nursing. It means that students have cultural process successfully among they have studied at Faculty of Nursing at Universitas Indonesia. This research is recommended to do research about another cultural research at nursing students."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
S67563
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Endah Dwi Kurniawati
"Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keberagaman budaya. Kebudayaan yang dimiliki dapat mempengaruhi pandangan sehat dan sakit seseorang, sehingga dibutuhkan adanya asuhan keperawatan peka budaya. Asuhan keperawatan peka budaya membutuhkan pengetahuan transkultural sehingga dapat menghasilkan self efficacy dalam mengaplikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan keperawatan transkultural dengan self efficacy dalam melakukan asuhan keperawatan peka budaya. Penelitian ini melibatkan 119 orang mahasiswa profesi baik asal program ekstensi maupun reguler menggunakan desain cross sectional dengan teknik total sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan keperawatan transkultural yang dimiliki dengan self efficacy dalam melakukan asuhan keperawatan peka budaya pada mahasiswa Profesi FIK UI angkatan 2015 (p value = 0,009). Penelitian ini merekomendasikan agar dilakukannya integrasi asuhan keperawatan peka budaya dalam kurikulum keperawatan lainnya. Penelitian pada unsur kompetensi budaya yang lain diperlukan pada penelitian selanjutnya.
Indonesia is an archipelago country which has multicultures. Culture can affect someone's view about health and illness, therefore cultural sensitive nursing care is needed. Cultural sensitive nursing care need transcultural knowledge to attain self efficacy in applying. The aim of this research was to discover the relationship between transcultural nursing knowledge with self efficacy in applying cultural sensitive nursing care. This research involved 119 nursing profession students from extension and regular program using cross sectional design with total sampling technique. The result of this research showed that there was a significant relationship between transcultural nursing knowledge with self efficacy in applying cultural sensitive nursing care among nursing profession student, faculty of nursing universitas indonesia 2015 (p value = 0,009). This research is recomended the integration transcultural nursing care in the other curriculum nursing. Any further researches in other cultural competence is needed."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S63071
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library