Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 23672 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Nabiel Azriel Wirayudha
"Kapitalisme dan neoliberalisme telah menguasai norma dan mewujud dalam sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Sebagai bukti, saat ini pendidikan cenderung mengarahkan mahasiswa untuk menjadi sumber daya yang akan dimanfaatkan dalam proses industrialisasi. Oleh karena itu, neoliberalisme dapat dianggap sebagai "isme" yang mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia saat ini dan berkontribusi pada ketimpangan kelas yang meningkat. Fenomena ini menjadi faktor utama dalam program pemagangan MBKM yang bersifat eksploitatif. Dalam program pemagangan MBKM, terdapat hambatan struktural karena dominasi korporasi terhadap mahasiswa pekerja magang yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan eksistensi program magang MBKM yang menghasilkan eksploitasi terhadap mahasiswa pekerja magang dianalisis dengan teori kriminologi kritis. Metode penulisan dari penelitian ini menggunakan metode kualitatif kritis yang menyadari perlunya memperbaiki ketidaksetaraan dengan memberikan prioritas kepada kelompok yang paling terpinggirkan dalam masyarakat. Data diambil dari beberapa subyek mahasiswa pekerja magang yang menjadi korban eksploitasi dan kekerasan lainnya. Selain itu, data juga didapatkan dari pelaksana program MBKM, yaitu perguruan tinggi dan program studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pekerja magang memiliki posisi yang powerless sehingga timbulnya eksploitasi yang dilakukan oleh pihak berkuasa, seperti korporasi dan lembaga negara/pemerintah. Selain itu, kurangnya koordinasi yang efisien antara program studi, perguruan tinggi, dan pemerintah juga menjadi masalah. Hal ini mengakibatkan tidak adanya perlindungan hukum bagi mahasiswa pekerja magang secara teknis. Oleh karena itu, eksploitasi mahasiswa pekerja magang pada program pemagangan MBKM dianggap sebagai bentuk perbudakan modern. Perbudakan modern ini melibatkan pemanfaatan kekuasaan atau kerentanan, atau memberikan imbalan untuk persetujuan dari orang yang memiliki kontrol untuk tujuan eksploitasi.

Capitalism and neoliberalism have dominated the norms and materialized within the higher education system in Indonesia. As evidence, the current education tends to direct students to become resources utilized in the process of industrialization. Therefore, neoliberalism can be considered an "ism" that influences the current education system in Indonesia and contributes to the increasing class inequality. This phenomenon becomes a significant factor in the exploitative nature of the MBKM internship program. In the MBKM internship program, there are structural barriers due to the significant corporate dominance over student interns. The purpose of this research is to describe the existence of the MBKM internship program that leads to the exploitation of student interns, analyzed through critical criminology theory. The research methodology employed is critical qualitative method, which acknowledges the need to address inequality by prioritizing the most marginalized groups in society. Data is collected from various student intern subjects who have experienced exploitation and other forms of violence. Additionally, data is obtained from the program implementers, namely colleges and study programs. The research findings indicate that student interns hold a powerless position, leading to exploitation by authoritative entities, such as corporations and government institutions. Furthermore, the lack of efficient coordination between study programs, colleges, and the government exacerbates the issue, resulting in a lack of technical legal protection for student interns. Consequently, the exploitation of student interns in the MBKM internship program is regarded as a form of modern slavery. This modern slavery involves the use of power or vulnerability and offers incentives to obtain consent from those who have control over the situation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Septiani Putri
"Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbandingan persepsi atas manfaat metode Student Centered Learning (SCL) terhadap pengembangan soft skills mahasiswa akuntansi. Soft skills mahasiswa akuntansi diukur dengan penilaian (persepsi) mahasiswa akuntansi terhadap manfaat soft skills yang diperoleh melalui metode SCL, yaitu melalui metode Collaborative Learning (CL), Case Based Learning (CBL), dan Project Based Learning (PjBL). Pengujian perbandingan manfaat metode SCL dilakukan menggunakan One Way ANOVA. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SCL memberikan manfaat pengembangan soft skills pada mahasiswa akuntansi dimana metode PjBL unggul dibandingkan metode CL dan metode CBL.

The purpose of this research is to see the comparison of perceptions on the benefits of Student Centered Learning (SCL) methods to accounting students‟ soft skills development. Accounting students‟ soft skills are measured by accounting students‟ assessment (perception) to soft skills benefits that were acquired through SCL methods, such as Collaborative Learning (CL), Case Based Learning (CBL), and Project Based Learning (PjBL). Comparison testing of the benefits of SCL methods is using One Way ANOVA. Overall results reveal that SCL methods facilitate the development of accounting students‟ soft skills and PjBL method was superior than CL method and CBL method."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58751
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karo, Artha Putri Br
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pengaruh bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi terhadap ekuitas merek universitas XYZ. Penelitian ini menggunakan pilihan elemen price, promotion, people, dan, physical evidence sebagai dimensi dari bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi, dan elemen brand awareness, brand image, perceived quality, dan brand loyalty sebagau dimensi dari ekuitas merek universitas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 266 orang dari mahasiswa universitas XYZ, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa. Penelitian ini diolah dengan aplikasi statistik SEM (Structural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi yang memiliki pengaruh positif terhadap ekuitas merek universitas XYZ adalah elemen price terhadap perceived quality, elemen people terhadap brand image, elemen people terhadap brand loyalty, elemen physical evidence terhadap brand awareness, dan elemen physical evidence terhadap perceived quality. Sedangkan elemen bauran pemasaran jasa pendidikan tinggi yang tidak memiliki pengaruh positif terhadap ekuitas merek universitas XYZ adalah elemen price terhadap brand awareness, elemen price terhadap brand image, elemen price terhadap brand loyalty, elemen promotion terhadap brand awareness, elemen promotion terhadap brand image, elemen promotion terhadap perceived quality, elemen promotion terhadap brand loyalty, elemen people terhadap brand awareness, elemen people terhadap perceived quality, elemen physical evidence terhadap brand image, elemen physical evidence terhadap brand loyalty.

ABSTRACT
This study discusses the effect of the marketing service mix of higher education on XYZ university brand equity. This study uses the choice of price, promotion, people, and physical evidence elements as dimensions of the service marketing mix of higher education, and elements of brand awareness, brand image, perceived quality, and brand loyalty as dimensions of university brand equity. This research is a quantitative research with a sample of 266 people from XYZ university students, the data collection technique used is by distributing questionnaires to students. This research is processed by statistical application of SEM (Structural Equation Modeling). The results showed that the service marketing mix of higher education which had a positive influence on the brand equity of university XYZ were price elements of perceived quality, elements of people towards brand image, elements of people towards brand loyalty, elements of physical evidence towards brand awareness, and physical evidence elements towards perceived quality. While the service marketing mix of higher education that do not have a positive influence on the brand equity of university XYZ is the price element of brand awareness, the price element of the brand image, the price element of brand loyalty, the element of promotion to brand awareness, the element of promotion to brand image, promotion elements to perceived quality, elements promotion of brand loyalty, elements of people towards brand awareness, elements of people towards perceived quality, elements of physical evidence towards brand image, elements of physical evidence towards brand loyalty."
2018
T51678
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agiananta Rizyamesa
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi yang ditunjukkan mahasiswa akuntansi terhadap metode collaborative learning yang diterapkan pada mata kuliah akuntansi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi S1 Universitas XYZ angkatan 2010 hingga 2013. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan baik antara mahasiswa akuntansi yang cum laude dan non-cum laude, maupun antara mahasiswa akuntansi tingkat awal dan tingkat akhir. Ini berarti adanya collaborative learning tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan belajar mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh penerapan collaborative learning yang belum bisa optimal.

The purpose of this research is to find whether the collaborative learning will improve the studying activity significantly in accounting courses. Sample of this research consist of University of XYZ?s accounting student who still active in college. The result shows that there is no significantly different between cum laude and non cum laude student and there is no significantly different between first year student and last year student in their perception to the collaborative learning method. It means that the existence of collaborative learning doesn?t give a significant effect to the studying activity of student. Moreover, the practice of collaborative learning still should be improved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60154
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irine Catherina Pangau
"Di tengah tingginya demand akan pendidikan tinggi, setiap perguruan tinggi semakin memfokuskan usahanya pada student loyalty yang merupakan faktor pendukung untuk perguruan tinggi dapat bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah student satisfaction berperan sebagai mediator terhadap hubungan student-faculty relationship quality dan student loyalty di kalangan mahasiswa Indonesia. Partisipan penelitian ini adalah 150 mahasiswa berstatus aktif dari perguruan tinggi di Indonesia. Tiga alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat ukur Student Loyalty dari Li (2013) yang diadaptasi dalam Bahasa Indonesia oleh Hadi (2018), adaptasi Student-Faculty Relationship Quality Scale dari Snijders et al. (2017), dan alat ukur Student Satisfaction dari Tuan (2012) yang diadaptasi dalam Bahasa Indonesia oleh Abdallah (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa student satisfaction berperan sebagai mediator terhadap hubungan student-faculty relationship quality dan student loyalty di kalangan mahasiswa Indonesia (F(2,147) = 151,744, p < 0,01, R2  = 0,674). Penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti setiap dimensi dari student-faculty relationship quality untuk mendapatkan hasil yang lebih mendalam terkait hubungan masing-masing dimensi dengan student satisfaction dan student loyalty.

In the midst of high demand for higher education, every university is increasingly focusing its efforts on student loyalty, which is a supporting factor for universities to be able to compete. This research aims to test whether student satisfaction acts as a mediator in the relationship between student-faculty relationships quality and student loyalty among Indonesian undergraduate students. The participants in this research were 150 active undergraduate students from universities in Indonesia. The three measuring scales used in this research are Student Loyalty scale developed by Li (2013) and adapted into Bahasa Indonesia by Hadi (2018), the adaptation of the Student-Faculty Relationship Quality Scale from Snijders et al. (2017), and Student Satisfaction scale developed by Tuan (2012) and adapted into Bahasa Indonesia by Abdallah (2013). The result of this research found that student satisfaction acts as a mediator in the relationship between student-faculty relationship quality and student loyalty among Indonesian undergraduate students (F(2,147) = 151.744, p < 0.01, R2 = 0.674). Future research is recommended to further examine each dimension of student-faculty relationship quality to obtain a more in-depth result and explanation regarding its relationship with student satisfaction and student loyalty."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mueller, Kate Hevner
Boston: Houghton Mifflin, 1961
378 MUE s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
T. Idehara
Sydney: University of Sydney Collaboration, 2004
721.046 IDE s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Syarif Hidayatullah
"Semakin meningkatnya persaingan dalam industri menuntut perusahaan untuk terus meningkatkan kualitasnya dengan memiliki SDM terbaik khususnya pada bidang manajerial dan bisnis. Hal ini menuntut individu untuk terus meningkatkan kualitas mereka untuk dapat bersaing. Program studi Magister Manajemen Universitas Indonesia mencoba menyediakan solusi atas permasalahan tersebut. Namun dengan semakin ketatnya persaingan antar pendidikan tinggi diperlukan strategi untuk dapat bersaing. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi student loyalty dan word of mouth pada pendidikan tinggi dengan menggunakan variabel higher education quality, student satisfaction, student trust, dan university image. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi support services merupakan dimensi yang paling berpengaruh terhadap higher education quality. Higher education quality, student satisfaction dan university image berpengaruh positif dan signifikan terhadap student loyalty. Student trust berpengaruh negatif terhadap student loyalty dan word of mouth. Sedangkan university image berpengaruh positif terhadap student trust, student loyalty, dan word of mouth

Increasing competition on industry requires company to continuously improve their quality by having the best people, notably on managerial and business knowledge. This requires peoples to improve their quality to compete. Master of Management University of Indonesia try to provide to these problem. But with increasing competition among higher education, strategy is required to be compete. This study aims to determine factors that affecting student loyalty and word of mouth on higher education by using higher education quality, student satisfaction, student trust, and university image. The result showed that support services are the most influential dimension of higher education quality. Higher education quality, student satisfaction and university image have positive and significant effect on student loyalty and word of mouth. Student trust have negative effect on student loyalty and word of mouth. University image have positive effect on student trust, student loyalty, and word mouth"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>