Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 107541 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sukma Nurmala
"Tesis ini membahas strategi permintaan maaf dan relasi suku antara pelanggar dan korban dalam konteks interpersonal dan antarkelompok untuk mengukur penerimaan ketulusan. Penelitian kuantitatif dengan desain between-participant. Hasilnya, strategi permintaan maaf yang dilakukan oleh relasi suku yang sama dirasakan tulus. Strategi permintaan maaf yang melibatkan pengorbanan dirasakan tulus. Strategi permintaan maaf yang melibatkan pengorbanan dan diperkuat relasi suku yang sama antara pelanggar dan korban dalam konteks interpersonal dirasakan paling tulus.

The focus of this study is apologies and ethnic relation's between transgressor and victim in an interpersonal and intergroup context measuring perceived sincerity. This research is quantitative between-participant. This research argued that apology in an ingroup's more sincere than outgroup, costly apology's more sincere than no-cost apology, and costly apology supported by an ingroup relation?s in an interpersonal context is the most perceived sincerity.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41603
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Putri Pertiwi
"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kompensasi dan permintaan maaf merupakan cara untuk memulihkan rasa percaya seseorang Lewicki Brinsfield, 2017 . Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kompensasi dan variasi permintaan maaf terhadap pemulihan rasa percaya. Desain penelitian ini ialah randomized 2 besar kompensasi: kompensasi kecil vs tanpa kompensasi x 3 permintaan maaf: permintaan maaf lengkap vs permintaan maaf parsial vs tanpa maaf between subject. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan memodifikasi trust game Desmet, De Cremer, Van Dijk, 2010 dan dijalankan dengan menggunakan program z-Tree. Partisipan terdiri dari 184 mahasiswa/i aktif Universitas Indonesia jenjang S1. Hasil menunjukkan bahwa meskipun partisipan yang mendapatkan kompensasi kecil dan permintaan maaf parsial pemulihan rasa percayanya paling tinggi dibandingkan dengan kelompok eksperimen lainnya, namun secara statistik tidak ditemukan pengaruh yang signifikan antara pemberian kompensasi kecil dan variasi permintaan maaf terhadap pemulihan rasa percaya. Hasil tersebut dapat ditinjau dari perbedaan individu dan aspek budaya.

Researches showed that compensation and apology were means to repair one rsquo s trust Lewicki Brinsfield, 2017 . This study aimed to explore the effect of compensation and apology toward trust repair. Research design of this study was randomized 2 compensation small compensation vs. no compensation x 3 apology full apology vs partial apology vs without apology between subjects. This experimental study modified trust game Desmet, De Cremer, Van Dijk, 2010 run by using z Tree program. A total of 184 students of Univeristas Indonesia participated in this study. The result showed that despite of the group who got small compensation and partial apology had the highest trust repair, no statistically significant effect was found on small compensation and apology toward trust repair. This results could be evaluated from the individual differences and cultural aspect."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Qisthi
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah pemberian kompensasi uang yang disertai permintaan maaf setelah seseorang diperlakukan tidak adil dan adanya kesempatan untuk melakukan pembalasan dendam berpengaruh terhadap perilaku balas dendam yang ditunjukkan oleh orang tersebut. Penulis berhipotesis bahwa partisipan yang tidak diberikan permintaan maaf akan lebih menunjukkan perilaku ,balas dendam dibandingkan partisipan yang diberikan permintaan maaf. Selain itu, adanya kesempatan untuk melakukan pembalasan dendam kepada orang yang telah menyakitinya atau orang lain (yang tidak berhubungan dengan perlakuan tidak adil yang diterima sebelumnya) juga akan mempengaruhi perilaku balas dendam yang ditunjukkan oleh partisipan.
Hasil penelitian eksperimen menggunakan dictator game yang dijalankan dalam program z-Tree membuktikan bahwa ada atau tidak adanya permintaan maaf tidak mempengaruhi perilaku balas dendam yang ditunjukkan oleh individu yang telah mendapatkan perlakuan tidak adil. Namun, penelitian ini membuktikan bahwa individu akan membalaskan dendamnya, baik kepada orang yang menyakitinya maupun ke orang lain yang bukan penyebab rasa sakitnya. Tidak peduli pada siapa dendamnya terbalaskan tapi harus ada seseorangyang menerima balasan atas perlakuan tidak adil yang diterimanya.

The objective of this research is to examine whether financial compensation along with an apology right after someone is treated unfairly and the opportunity to revenge affect the revenge behavior. The author hypothesized that participant who were not given an apology would shown revenge behavior than participant who were given an apology. Furthermore, the opportunity to take vengeance on those who have hurt him or anyone else (who is not related to the unfair treatment) affect revenge behavior.
The results of experimental research using dictator game in z-Tree program proves that the presence or absence of an apology does not affect the behavior of revenge of participants. However, this study proves that the individual will avenge himself to anyone, either the person who hurt him or anyone else who is not cause of the pain. No matter to whom vengeance avenged but there must be someone who receive it as a reply to unfair treatment received.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58859
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Findez Shidiq Anugrah
"Penelitian ini ingin melihat apakah permintaan maaf masih berharga atau tidak dalam konteks transaksi ekonomi. Melihat konteks budaya Indonesia yang sering sekali meminta maaf, bahkan pada hal-hal yang sebetulnya tidak perlu untuk meminta maaf. Lebih jauh lagi penelitian ini ingin membandingkan respon manusia terhadap permohonan maaf pada jumlah besaran uang yang berbeda- beda. Penelitian ini menggunakan game theory untuk menemukan respon mengenai intensi seseorang untuk melanjutkan hubungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tidak lagi menghargai maaf dari ucapan permintaan maaf seseorang, namun yang dilihat adalah usaha yang dilakukan untuk melakukan permintaan maaf seperti memberikan kompensasi uang. Hal ini terlihat dari tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kompensasi uang yang ditambahkan dengan maaf, maupun yang tanpa maaf t(46) = -,907, p>0,05. Selanjutnya juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah uang terhadap intensi untuk melanjutkan hubungan F(2,60) = 0,34, p>0,05.

The purpose of this research is to examine the value of apology in economic transaction. In Indonesian culture, apology or saying sorry does not always mean the person begging others apology for their mistakes. Instead, they say sorry for non-sense meaning. Furthermore, this research is intended to compare human response to apology in various value of money. Dictator game has been used to reveal the individual intention for preserving interpersonal relationship. Present
research suggests that Indonesian count apology in terms of money compensation from their partner. The result between apology along with money compensation and without money compensation is not statistically significant, t(46) = -,907, p>0,05. The result is consistent for various value of money, to intention for preserving interpersonal relationship F(2,60) = 0,34, p>0,05.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S57806
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhila Mardhyati Adryan
"Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh mental intangibility dan kesulitan evaluasi (evaluation difficulty) yang dapat mempengaruhi munculnya risiko yang terpersepsikan (perceived risk) oleh konsumen online travel agent serta peran consumer knowledge dalam mengurangi risiko yang terpersepsikan konsumen saat membeli jasa secara online dan peran consumer knowledge dalam mengurangi perceived risk, perusahaan dapat mengetahui strategi apa saja yang tepat digunakan dalam pemasaran. Perceived risk yang terpersepsikan konsumen antara lain seperti perceived finansial risk, perceived social risk, perceived psychological risk, perceived performance risk, perceived physical risk, perceived time risk dan perceived privacy risk.
Dalam mengolah data di penelitian ini, digunakan SEM-PLS dengan aplikasi WrapPLS 3.0. Kuesioner penelitian disebar pada 207 responden yang berlokasi di Jabodetabek yang pernah membeli jasa online travel agent. Hasil dari penelitian adalah bahwa mental intangibility dan evaluation difficulty mempengaruhi dimensi perceived risk dan consumer knowledge dan menjadi moderasi untuk mental intangibility dan dimensi perceived risk.

This study aimed to identify the relationship between mental intangibility and evaluation difficulty which could impact on the consumer of online travel's perceived risk as well as the role of consumer knowledge in reducing such risk. By knowing kinds of perceived risks exist in consumer mind along with the role of their knowledge in reducing those risks, online travel businesses can determine and produce a better marketing strategy. Perceived risks experienced by consumers are for instance: financial, social, psychological, performance, physical, time, and privacy.
SEM-PLS with WrapPLS 3.0 application was used for data processing. Questionnaire was distributed to 207 respondents who had purchased online travel services and were located in Jabodetabek. The result of the study illustrated that mental intangibility together with evaluation difficulty did influence consumer's perceived risk, along with consumer knowledge that could also moderate on mental intangibility and dimensions of perceived risk.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Umar Sadikin
"Selebriti sering kali berusaha untuk mendapatkan kembali popularitas mereka dan menghindari "dibatalkan" di media sosial setelah dikritik atas perilaku yang menyakitkan hati. Salah satu pendekatan umum adalah meminta maaf secara publik di media sosial, dengan beberapa orang memilih untuk muncul secara langsung saat meminta maaf. Diasumsikan bahwa selebriti-selebriti ini menggunakan strategi permintaan maaf yang tepat serta gerakan tubuh untuk menciptakan permintaan maaf yang kuat dan efektif. Penulis percaya bahwa keberadaan fitur visual dalam menyampaikan permintaan maaf publik sama pentingnya dengan aspek linguistik, terutama dalam proses pembuatan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan strategi permintaan maaf serta gerakan tubuh dalam video permintaan maaf publik yang dilakukan oleh tiga selebriti Amerika: Will Smith, Ellen DeGeneres, dan Hannah Brown. Untuk melakukan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan multimodal, yang dapat membantu mengurai berbagai mode komunikasi dalam penelitian ini — baik yang linguistik maupun yang non-linguistik. Analisis non-linguistik dalam penelitian ini difokuskan pada analisis pandangan mata (gaze analysis), yang terhubung dengan klasifikasi strategi permintaan maaf yang digunakan dalam video-video tersebut. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan teori fungsi pandangan mata yang dikembangkan oleh Leathers dan Eaves (2008), sedangkan strategi permintaan maaf dianalisis berdasarkan teori yang diajukan oleh Trosborg (1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap strategi permintaan maaf cenderung berhubungan dengan perilaku mata tertentu saat dilakukan oleh pembicara.

Celebrities often attempt to regain their popularity and avoid being "canceled" on social media after being criticized for offensive behavior. One common approach is to apologize publicly on social media, with some opting to appear in person during the apology. It is assumed that these celebrities use both appropriate apology strategies and gestures to craft a potent and effective apology. The author believes that the existence of visual features in delivering a public apology is as significant as the linguistic aspect, especially in the meaning-making process. This study aims to examine the use of apology strategies as well as gestures in public apology videos done by three American celebrities: Will Smith, Ellen DeGeneres, and Hannah Brown. To carry out this study, the author involves a multimodal approach, which can help to unravel the different modes of communication in this study — linguistic and non-linguistic. The non-linguistic analysis in this study is specified to gaze analysis, which is linked to the classification of the apology strategies used in the videos. In conducting the analysis, the author utilizes the theory of gaze function devised by Leathers and Eaves (2008), whereas the apology strategies are analyzed by the theory proposed by Trosborg (1994). The result shows that each apology strategy tends to be associated with certain eye behaviours when it is performed by the speakers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Gita Dwi Praramadhanti
"

Keterlibatan figur publik dalam skandal dapat membuat hubungan antara penggemar dan publik figur melemah. Beberapa cara dapat dilakukan figur publik untuk tetap mempertahankan hubungan tersebut dengan penggemarnya, salah satunya adalah permintaan maaf. Studi eksperimental ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh efek moderasi permintaan maaf dan hubungan parasosial terhadap parasocial breakup dan pemaafan parasosial setelah terjadinya skandal seorang idol K-Pop. Partisipan merupakan individu yang mengidentifikasikan diri sebagai penggemar K-Pop dan dibagi ke dalam kelompok eksperimen (n = 97) dan kelompok kontrol (n = 96). Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa hubungan parasosial tidak memoderasi pengaruh permintaan maaf terhadap parasocial breakup dan pemaafan parasosial.


Scandals involvement of public figures may weaken the relationship between the public figures and their fans. Various ways can be done by public figures to maintain those relationships, one of which is an apology. This experimental study was conducted to determine the moderation effects of apology and parasocial relationships on parasocial breakup and forgiveness after the scandal of a K-Pop idol. Participants are individuals who identify themselves as a K-Pop fan and were divided into experimental (n = 97) and control groups (n = 96). Multiple regression analysis shows that parasocial relationship do not moderate the effects of apology on parasocial breakup and parasocial forgiveness.

"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosfita
"Skripsi ini membahas keberhasilan dan kegagalan komunikasi yang terjadi antara penutur bahasa Indonesia dengan penutur bahasa Inggris. Keberhasilan komunikasi ini ditinjau dari keberterimaan dan ketidakberterimaan ujaran yang merupakan realisasi permintaan dan permintaan maaf.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara dengan responden penutur bahasa Indonesia berdasarkan kuesioner yang telah disusun. Hasil tertulis dari wawancara, dalam bahasa Inggris yang merupakan bahasa asing bagi responden, kemudian diperlihatkan kepada responden penutur asli bahasa Inggris untuk dinilai menjadi berterima dan tidak berterima dengan disertai alasannya.
Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 68 ujaran permintaan (request) yang berhasil dikumpulkan, 44,1% merupakan ujaran yang berterima, 19,1% tidak berterima karena penyimpangan tata bahasa dan kosa kata, dan 36,7% tidak berterima karena alasan pragmatic yang dinilai sebagai ujaran yang tidak sopan: Kesan tidak sopan timbul karena penutur mempergunakan bentuk langsung (direct) untuk merealisasikan permintaan kepada lawan bicara yang berkedudukan lebih tinggi dimana seharusnya dipergunakan bentuk tidak langsung (indirect).
Untuk realisasi permintaan maaf (apology), dari 38 ujaran yang terkumpul, 28,9% merupakan ujaran yang berterima. 34,2% merupakan ujaran yang tidak berterima karena penyimpangan dalam kaidah tata bahasa atau pemilihan kosa kata. Sisanya, 36,8% tidak berterima karena sebab sebab pragmatic, yaitu kekuranglengkapan.
Dalam merealisasikan permintaan maaf seseorang bukan hanya diharapkan mengujarkan ungkapan maaf, tetapi juga alasan terjadinya pelanggaran yang juga harus dapat diterima dan masuk akal, serta sebaiknya diikuti pula dengan tawaran untuk mengganti atau memperbaiki kerusakan atau pelanggaran yang terjadi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1990
S14197
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Titien Diah Soelistyarini
"ABSTRAK
Sehubungan dengan semakin pentingnya peran bahasa Inggris di dalam era globalisasi ini semakin banyak orang Indonesia mempelajari bahasa Inggris. Bahasa Inggris yang digunakan oleh para pembelajar ini menjadi fokus di dalam skripsi saya, yang khususnya membahas tentang tindak tutur permintaan maaf di dalam bahasa Inggris yang direalisasikan oieh penutur bahasa Indonesia sebagai pembelajar bahasa Inggris. Bentuk ujaran yang digunakan untuk merealisasikan tindak tutur ini akan dikaitkan dengan strategi-strategi tertentu (Olshtain dan Cohen, 1983) yang diterapkan sebagai sebuah upaya untuk melindungi keterancaman muka para peserta tutur serta dalam kaitannya dengan prinsip kesantunan dan prinsip keseimbangan dalam hubungan antarpeserta tutur (Brown and Levinson, 1992). Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang dibagikan langsung kepada responden. Dipilih sebagai responden adalah para mahasiswa dari jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, yang sedang atau telah menempuh tahun ketiga. Berdasarkan hasil analisis dari data yang terkumpul, saya sampai pada kesimpulan bahwa para responden mempunyai kecenderungan untuk menggunakan IFID (Illocutionary Force Indicating Device) di dalam tindak tutur permintaan maaf yang mereka lakukan, atau dengan kata lain mereka cenderung untuk mengungkapkan permintaan maaf secara eksplisit dengan verba-verba tertentu yang menjadikan daya ilokusioner ujaran-ujaran tersebut jelas. Satu temuan yang menarik dari penelitian ini adalah munculnya sebuah strategi dalam meminta maaf secara tidak langsung yang tidak ada dalam penelitian Olshtain dan Cohen yang terdahulu, yakni penutur menyatakan harapannya agar petutur bersedia untuk menerima permintaan maafnya, seperti dalam ujaran I hope you're not angry with me. Hal ini tampaknya dipengaruhi oleh latar belakang budaya responden sebagai orang Indonesia yang cenderung untuk menjunjung norma-norma kesopanan. Miskinnya khazanah tutur (repertoire) yang tampak dari pilihan kata untuk mengungkapkan permintaan maaf dapat dikaitkan dengan kompetensi komunikatif yang dimiliki responden. Hal ini juga mengandung implikasi bahwa perlu adanya perbaikan dan peningkatan mutu pengajaran bahasa Inggris sehingga pengajaran bahasa Inggris pada masa-masa mendatang lebih berlandaskan pada aspek-aspek sosiologis dan komunikatif bahasa.

"
1996
S14229
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winanto
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan tingkat manajemen laba sebelum dan setelah IPO dan SEO, pengaruh manajemen laba pada tahun IPO dan SEO terhadap upcoming years return, pengaruh kepemilikan keluarga terhadap manajemen laba. Penelitian ini juga melihat peran moderasi dari efektivitas monitoring dalam tata kelola dalam hubungan manajemen laba serta kepemilikan keluarga terhadap upcoming years return pada perusahaan IPO dan SEO.
Metode yang digunakan dalam menguji penelitian ini adalah uji beda menggunakan paired t-test dan regresi cross-sectional. Sampel penelitian ini merupakan perusahan industri non keuangan, real estate, property, dan hotel dari tahun 2005 sampai 2012 dengan jumlah 96 untuk perusahaan IPO dan 64 untuk perusahaan SEO.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan IPO dan SEO berperilaku oportunistik dalam manajemen laba akrual. Perusahaan IPO dan SEO diindikasikan melakukan shifting dari manajemen laba akrual menjadi riil setelah SEO. Hasil penelitian membuktikkan bahwa manajemen laba berpengaruh negatif terhadap upcoming years return, hasil berbeda dari perusahaan SEO yang tidak berpengaruh. Selain itu hasil penelitian menemukan bahwa kepemilikan keluarga memilih manajemen laba riil dan akrual pada perusahaan IPO dan manajemen laba riil pada perusahaan SEO.
Hasil penelitian tidak berhasil menemukan pengaruh kepemilikan keluarga terhadap upcoming years return. Pada perusahaan IPO peran dewan komisaris berhasil memperlemah hubungan manajemen laba riil terhadap upcoming years return. SEO yang membuktikkan peran moderasi efektivitas komite audit dalam memperlemah hubungan manajemen laba riil terhadap upcoming years return dan efektivitas monitoring berhasil memperkuat hubungan kepemilikan keluarga terhadap upcoming years return.

This study examines differences in the level of earnings management before and after the IPO and SEO, the effect of earnings management in the IPO and SEO to upcoming years return, the influence of family ownership on earnings management. The study also looked at the role of moderation in monitoring the effectiveness of governance in relation to earnings management and family ownership on upcoming years return on the company's IPO and the SEO.
The method used in this research is to test different test using paired t-test and crosssectional regression. The study sample was non financial industry, real estate, hotels and property firm from 2005 until 2012, there were 96 and 64 for the company's IPO and SEO firms.
The results of this study indicate that the company's IPO and SEO behave opportunistic accruals in earnings management. IPO and SEO Company indicated undertake shifting of accruals into real earnings management after the SEO. The results of the study prove that earnings management negatively affect the upcoming years return, the result is different from SEO companies that had no effect. In addition, the results of the study found that family ownership chose real earnings management and accruals on the company's IPO and real earnings management at SEO company.
The results of the study failed to find the effect of family ownership on the upcoming years return. At the company's successful IPO weaken the role of the board of commissioners of real earnings management relations upcoming years to return. SEO that prove the effectiveness of the audit committee's role in moderating the relationship weakens real earnings management to return upcoming years and successfully monitoring the effectiveness of strengthening ties to the upcoming years of family ownership return.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T42604
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>