Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 155472 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nabilah Shabrina
"ABSTRAK
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui motivasi intrinsik dan ekstrinsik membaca anak dan peran Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta dalam memotivasi anak untuk membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga aspek yang menonjol dalam motivasi membaca anak yaitu aspek curiosity (keingintahuan anak terhadap bahan bacaan), recognition (pengakuan atas kegiatan membaca), dan compliance (adanya keinginan atau tujuan tertentu dalam membaca). Selain itu, Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta memiliki peran dalam memotivasi anak. Perpustkaan telah berupaya memotivasi anak untuk membaca melalui penyedian fasilitas, layanan dan kegiatan untuk anak. Namun, fasilitas dan layanan perpustakaan belum sepenuhnya mendukung ketiga aspek utama motivasi membaca anak.

ABSTRACT
The purpose of this study is to understand children’s intrinsic and extrinsic reading motivation and the role of Jakarta Public Library in motivating children to read. This research is qualitative research using the case study method. This study shows, there are three aspects that stand out in the children's reading motivation. They are curiosity (children's curiosity to the reading material), recognition (recognition of the reading activities), and compliance (the existence of a specific goal or desire in reading). In addition, Jakarta Public Library has been playing in motivating children to read. Public library has been attempted to motivate children to read by provide facilities, services and activities for children. However, the library services hasn’t yet to fully support the three predominant aspects of children reading motivation"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57455
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fatima Amani
"Membaca dalam bahasa Inggris merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa untuk memperoleh prestasi akademik yang baik, sebab banyak buku dan jurnal ilmiah untuk pendukung pembelajaran mereka, dituliskan dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan motivasi membaca dalam bahasa Inggris dan sikap membaca dalam bahasa Inggris terhadap prestasi akademik mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini adalah 215 mahasiswa angkatan 2020 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Motivasi membaca diukur menggunakan alat ukur Motivation for Reading Questionnaire (Mori, 2002), sementara sikap membaca diukur menggunakan Reading Attitudes (Yamashita, 2004). Hasil perhitungan regresi linear berganda menunjukkan kontribusi dari sikap dan motivasi membaca dalam bahasa Inggris terhadap prestasi akademik hanyalah sebesar 1%, dengan kata lain sikap dan motivasi membaca dalam bahasa Inggris tidak berkontribusi secara signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya perlu dilihat faktor-faktor lain yang berperan dalam prestasi akademik mahasiswa, seperti gaya belajar, metacognitve reading strategies dan pemahaman membaca. 

Reading in English is one of the skills needed by students to achieve academic achievement, because many books and scientific journals to support their learning are written in English. This study aims to determine the role of reading motivation in English and reading attitudes in English on student academic achievement. The participants in this study were 215 students of the 2020 batch of the Faculty of Psychology, University of Indonesia. Reading motivation was measured using the Motivation for Reading Questionnaire (Mori, 2002), while reading attitudes were measured using Reading Attitudes (Yamashita, 2004). The results of the multiple linear regression test showed that the contribution of reading motivation in English and reading attitudes in English to academic achievement was only 1%, in other words, attitudes and motivation to read in English did not contribute significantly to student academic achievement. For further research, it is necessary to look at other factors that play a role in student academic achievement, such as learning styles, metacognitive reading strategies and reading comprehension."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fina Febriani
"[ABSTRAK
Motivasi membaca merupakan isu penting dalam jenjang pendidikan dasar (Saw,
2014). Siswa yang tidak tertarik atau tidak aktif dalam aktivitas membaca di usia
sekolah dasar umumnya tidak akan mengembangkan motivasi membaca di usia
sekolah menengah dan seterusnya (Pecjak & Kosir, 2004). Untuk dapat
meningkatkan motivasi membaca, banyak strategi yang dapat dilakukan,
diantaranya adalah melalui pengajaran strategi membaca dan pembuatan jurnal
membaca. Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah program intervensi
berupa pengajaran strategi membaca RAP dan pembuatan jurnal membaca dapat
meningkatkan motivasi membaca pada siswa yang tergolong underachiever. Hasil
penelitian menunjukkan pengajaran strategi membaca RAP dan pembuatan jurnal
membaca dapat meningkatkan motivasi membaca pada siswa yang tergolong
underachiever, namun peningkatan tersebut tidak signifikan.

ABSTRACT
Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant.;Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant.;Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant.;Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant.;Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant.;Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant.;Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant., Reading motivation is an important issue in elementary school (Saw, 2014). If
students do not become active, engaged readers in elementary school, it is
unlikely that they will develop reading motivation in secondary school and later
(Pecjak & Kosir, 2004). To enhance reading motivation, there are many strategies
that can be apllied, such as teaching reading strategies dan making reading diaries.
This study is conducted to prove whether RAP reading strategy teaching and
reading diaries can enhance reading motivation of underachiever student. The
result of this study shows that RAP reading strategy teaching and reading diaries
can enhance reading motivation of underachiever student, but this enhancement is
not significant.]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T45169
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurullita Akmalia
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pemilihan buku bacaan yang dilakukan
oleh anak yang berusia 8 (delapan) – 10 (sepuluh) tahun yang merupakan anggota
aktif perpustakaan, dengan frekuensi peminjaman terbanyak dari bulan Januari -
April 2014 di Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus
pembahasan terdiri dari proses pemilihan buku yang dikaitkan dengan
perkembangan anak, faktor-faktor yang mempengaruhi anak dalam memilih buku
bacaan, serta hambatan yang dialami oleh anak dalam proses pemilihan buku
bacaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada proses pemilihan buku bacaan oleh
anak, ketiga informan memilih buku bacaan berdasarkan apa yang mereka sukai
dan mereka butuhkan. Selain itu, anak cenderung memilih buku berdasarkan judul
dan gambar yang terdapat pada cover buku. Hanya satu informan yang mengalami
hambatan dalam proses pemilihan buku bacaan yang disebabkan oleh
ketidaktepatan dalam penataan dan penempatan koleksi (shelving) di layanan anak
Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta yang dapat menyulitkan anak dalam
menemukan buku bacaan yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini juga menunjukan
bahwa dalam proses pemilihan buku bacaan terlihat adanya kesesuaian antara
perilaku informan dengan tahap perkembangan anak diusianya yang dapat dilihat
dari perkembangan kognitif, bahasa, sosial, dan emosi.

ABSTRACT
This research discusses the book selection process carried out by children as
young as 8 (eight) - 10 (ten) years an active member of the library, with the
frequency of borrowing most of the month from January to April 2014 in Public
Library Of DKI Jakarta Province. This study used a qualitative approach to the
case study method. In this study discusses the selection process associated with
the development of children's books, the factors that affect children in selecting
books, as well as discuss the barriers experienced by children in the book
selection process. The results of this study are in the book selection process
conducted by third informant reading a book of their choosing based on what they
like and they need. In addition, the findings in this study children tend to choose
books based on titles and images contained on the cover of the book. Only one
informant who experience barriers to reading the book selection process caused by
inaccuracies in the structuring and placement of collection (shelving) in Public
Library Of DKI Jakarta Province children's services in who find reading difficult
for children in need. The results of this study also showed that in the book
selection process looks a match between the behavior of the informant with the
development stage of children at the age of which can be seen from the
development of cognitive, language, social, and emotional."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrinna
"Skripsi ini berfokus pada pengelolaan koleksi anak, khususnya koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta. Masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu pengelolaan koleksi anak mulai dari pengadaan koleksi, pengolahan, temu balik dan kegiatan layanan anak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pihak pengelola Perpumda DKI Jakarta yang memahami topik dari penelitian ini. Objek dalam penelitian ini adalah pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta.Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara (depth interview), dan analisis dokumen.
Hasil dari penelitian pengelolaan koleksi anak di Perpumda DKI Jakarta, yaitu bila dilihat dari koleksi buku sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari koleksi buku yang tersedia sudah disesuaikan dengan usia pemustaka anak. Selain itu terdapat juga koleksi non-buku berupa mainan namun di dalam mainan yang ada tidak dapat digunakan oleh anak karena dikhawatirkan akan rusak. Hambatan dalam pengelolaan koleksi anak di Perpumda ini, yaitu anggaran dan lokasi perpustakaan.

The study is about the management of children collection in public library of DKI Jakarta. Problems of study are processing, retrieval, services in order children collection is used eficiently and effectively. The research approach is qualitative research with case study method. Methods of data collection are observation, interviews (depth interview), and document analysis.
The result of the research in children's collection management in Perpumda DKI Jakarta shown that book collection management is met users needs. It could be seen from the collection of books which already fullfilled the needs of children users. In addition, there also non-book collection such as toys. But, all the toys are unusable because of avoiding the damage. The obstacle in managing children collection in Perpumda is the limit of budget and the location is not strategic.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43265
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Khoiriyah Uswah
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran orang tua dalam pemilihan bahan bacaan anak di Perpustakaan Rimba Baca yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran orang tua terkait kebebasan anak dalam memilih bahan bacaan yang disukainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus pembahasan yaitu dengan menganalisis peran orang tua serta beberapa aspek seperti latar belakang pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, serta cara berkomunikasi orang tua yang kemudian dikaitkan dengan preferensi pemilihan bahan bacaan anak, mencakup karakteristik bahan bacaan anak, jenis bahan bacaan anak, strategi pencarian dan pemilihan bahan bacaan anak, perbedaan gender, aspek-aspek yang berkembang dalam diri anak, kemampuan, serta motivasi dan minat.
Hasil penelitian ini yaitu, baik secara langsung maupun tidak langsung, orang tua memiliki peran besar dalam proses pemilihan bahan bacaan anak. Salah satu peran yang dilakukan orang tua yaitu seringnya orang tua mengajak anaknya untuk pergi ke perpustakaan dan memperkenalkan berbagai jenis bahan bacaan. Dalam proses pemilihannya di Perpustakaan Rimba Baca, tidak semua orang tua memberikan kebebasan secara langsung kepada anaknya untuk memilih suatu bahan bacaan tertentu, melainkan dengan membimbing, mengawasi serta memberi saran terhadap suatu bahan bacaan yang bagus menurut orang tua informan. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan peran setiap orang tua menyebabkan perbedaan jenis bahan bacaan yang dipilih dan diminati oleh anak.

This research discusses the role of parents toward children reading material selection at Rimba Baca Library. The purpose of this research is to describe how the role of parents related to children?s freedom for selecting reading material. This research is done by applying qualitative approach and case study method. The focus of the discussion is to analyze the role of parents as well as some aspects such as the educational background of parents, occupation, and the way they communicate and relate them with the selection of reading material preferences, including reading material characteristics, types of reading materials, search strategies and reading material selection, gender differences, develop aspects in children, children's ability, motivation and interest.
The result showed that, either directly or indirectly, parents have a major role in the process of children reading material selection. One of the role of the parents is they often encourage their children to go to the library and introduce various types of reading materials. In reading material selection process at Rimba Baca Library, not all parents give the freedom for their children to choose their reading materials, but also by guiding, supervising and providing advice on a good reading materials. It can be concluded that the difference in the role of each parent cause different types of reading materials chosen and preferred by children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S62579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rochani Nani Rahayu
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas abstrak jurnal bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi (Perpusdokinfo) tahun 2016. Sepuluh jurnal di Indonesia yang sudah menggunakan Open Jurnal System menjadi objek penelitian. Penelitian menggunakan metode assessment dengan acuan kriteria SNI 19-4192-2002. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: a) kualitas abstrak dari jurnal perpusdokinfo terbitan perguruan tinggu; b) kualitas abstrak dari jurnal perpusdokinfo terbitan perguruan tinggi Islam; c) kualitas abstrak jurnal perpusdokinfo terbitan non perguruan tinggi; d) kualitas abstrak perpusdokinfo yang diterbitkan di Jawa dan di luar Jawa. Metodologi yang dilakukan adalah asesmen terhadap abstrak sepuluh judul jurnal perpusdokinfo. Analisis dilakukan secara sederhana yang mengacu pada SNI 19-4192-2002. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas abstrak yang diterbitkan perguruan tinggi berada di posisi pertama adalah Jurnal Kajian Informasi Perpustakaan Unpad, dengan persentase nilai adalah 94,74% nilai berpredikat baik. Adapun kualitas abstrak terbitan perguruan tinggi Islam tidak ditemukan yang bernilai baik dengan nilai rata-rata 39,95%; berikutnya abstrak jurnal perpusdokinfo yang diterbitkan oleh non perguruan tinggi persentase nilai baik sebesar 100%. Abstrak jurnal yang diterbitkan di Jawa bernilai baik dengan persentase 71,27% dan untuk terbitan luar Jawa sebesar 51,28%. Kesimpulan yang diperoleh adalah kualitas abstrak jurnal terbitan non perguruan tinggi menduduki peringkat pertama dengan persentase nilai baik adalah 100%, di tempat ke dua adalah abstrak jurnal perguruan tinggi dan pada posisi ke tiga adalah abstrak jurnal terbitan perguruan tinggi Islam. Kualitas abstrak jurnal perpusdokinfo yang diterbitkan di Jawa lebih tinggi dibandingkan kualitas abstrak dari jurnal yang diterbitkan di luar Jawa."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2018
020 VIS 20:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy Indira Budiwan
"Proses belajar merupakan suatu proses yang terjadi pada setiap orang selama hidupnya. Teori kognitif menekankan tiga aspek yang saling berhubungan di dalam belajar (Resnick, 1989). Aspek yang pertama adalah belajar adalah proses penyusunan pengetahuan, bukan hasil rekaman ataupun penghisapan (absorption). Aspek yang kedua adalah belajar tergantung kepada pengetahuan yang telah dimiliki (knowledge dependenf). Aspek yang terakhir adalah belajar tergantung kepada lingkungan belajar. Hal yang dapat menolong terjadinya proses belajar yang efektif adalah dengan penggunaan mindtools atau yang dikenal dengan cognitive tools. Mindtools merupakan alat bantu yang memfasilitasi memahami suatu konsep atau pengetahuan (Jonassen, 1996). Sebagai salah satu media pendukung belajar efektif, komputer telah menjadi bagian yang penting di dalam kehidupan kita.
Penelitian bertujuan untuk meneliti pengaruh Concept Mapping sebagai alat bantu dalam membaca teks pada mahasiswa fakultas psikologi Universitas Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan kepada subyek yang menggunakan CM dan yang tidak menggunakan CM setelah sebelumnya subyek diberikan bacaan. Pada subyek yang menggunakan CM, subyek diminta untuk membuat concept map sebelum menjawab pertanyaan.
Dari hasil penelitian, lebih banyak subyek yang memakai CM mengintegrasikan ide yang mereka peroleh dari bacaan dengan ide yang mereka miliki sebelumnya. Subyek yang memakai CM juga dapat mengingat lebih banyak ide tiga minggu setelah membaca bacaan.
Dari hasil ini peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan CM, subyek cenderung menunjukkan pemahaman yang diperoleh melalui interpretation. Namun, pada subyek yang menggunakan CM dan bekerja di dalam kelompok, kecenderungan itu tidak terlihat. CM juga tidak dapat dikatakan berpengaruh terhadap memory retention pada subyek. Subyek yang memakai CM juga banyak mengelaborasi ide yang mereka peroleh dengan pengalaman mereka sendiri atau dengan diri mereka sendiri. Subyek yang mengelaborasi ide mereka juga mempunyai ingatan yang lebih baik mengenai bacaan yang mereka baca."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
S2912
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jennings, Paul
Bandung: Mizan Learning Center, 2006
028.53 JEN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adler, Mortimer Jerome, 1902-2001
Jakarta: iPublishing, 2007
418.4 ADL h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>