Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149484 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dimas Anggara
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlawanan Suzi Quatro terhadap
diskriminasi peranan gender di dalam musik glam rock yang terdapat pada lirik lagu
Get Back Momma, Primitive Love, dan Official Suburban Superman dalam album
Suzi Quatro (1973). Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan
melakukan dekonstruksi sebagai metode untuk mengkaji teks. Penulis melihat
bagaimana Suzi Quatro menuliskan liriknya yang mengangkat tema maskulinitas
perempuan untuk menjadikan lirik-lirik lagunya sebagai media perlawanan atas
konstruksi peranan antara kaum laki-laki dan perempuan dalam masyarakat
berbudaya patriarki. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan alasan
mengapa Suzi Quatro menggunakan sosok maskulinitas untuk menegosiasikan
posisinya pada konstruksi gender dalam masyarakat. Penulis melihat bahwa sosok
maskulinitas yang digunakan oleh Suzi Quatro dalam beradaptasi di scene musik
glam rock bukan untuk mendukung dominasi patriarki tetapi untuk membuka celah
bagi para perempuan untuk ikut berperan dalam ranah publik.

ABSTRACT
This research aims to analyze Suzi Quatro’s rebellion against the discrimination in
accordance with gender role in glam rock which could be found in Get Back Momma,
Primitive Love, and Official Suburban Superman lyrics in Suzi Quatro (1973) album.
This research used qualitative methodology by utilizing deconstruction as a method
to analyze the lyrics. This research sees how Suzi Quatro wrote her lyrics as a media
to rebel against the gender construction between men and women in the patriarchal
society. Moreover, this research aims to find why Suzi Quatro used the concept of
male impersonator to negotiate her position towards gender construction in society.
This research finds that by being a male impersonator, Suzi used it merely to adapt in
glam rock and not to support the domination of patriarchy in the society but to open a
way for women to participate in that society."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54317
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anniesa Fithriana
"Skripsi ini memaparkan simbol-simbol maskulinitas dalam salah satu film rusia yang mengangkat biografi Valerij Kharlamov sebagai jalan cerita utamanya. Film ini berjudul Легенда №17/Legenda No. 17/Legend No. 17 karya sutradara Nikolai Lebedev. Film ini menceritakan kehidupan Kharlamov dalam memperjuangkan kariernya di dunia ice hockey hingga ia menjadi seorang pemain hoki es legendaris dari Uni Soviet. Dalam menganalisis film ini, penulis menggunakan teori Peirce, Barthes dan konsep maskulinitas. Dari penggabungan ketiga teori tersebut, dapat dilihat sisi maskulinitas yang dimunculkan dalam film tersebut. Metode deskriptif-analisis digunakan dalam menganalisis film ini dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta secara kontekstual. Dari analisis film ini, dapat disimpulkan bahwa sisi atau bentuk maskulinitas yang diperlihatkan adalah tampilan fisik dan mental yang kuat, pekerja keras, kebebasan, hubungan emosional dengan wanita, dan juga kesuksesan.

This undergraduate thesis describes the symbols of masculinity in one of Russian film, which tells about biography of Valerij Kharlamov as main focus in this film. The film is Легенда №17/Legenda No. 17/Legend No. 17 by Nikolai Lebedev. This film tells about Valerij Kharlamov's up and down in his life, or "from zero to hero" to be the best and legendary ice hockey player in Uni Soviet. The theories used in analyzing these film are Peirce's, Barthes' and masculinity concept. From the interrelated analysis of these there theories, the researcher finds that masculinity can be represented in Russian film. Descriptive-analytical methods used in analyzing this film by describing the facts contextually. By analyzing these film, it is concluded that forms of masculinity is the physical appearance of a strong, hard worker, freedom, emotionally with women, and success.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S54315
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andrian Pratama T.
"Skripsi ini membahas karya Sastra Melayu Tionghoa berjudul Sinar Boelan di Priangan karya Saint Diano. Cerita ini mengangkat kisah cinta seorang gadis pribumi Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat dengan seorang pemuda Tionghoa miskin. Penelitian ini bertujuan untuk menelisik gambaran masyarakat dalam liku-liku kisah cinta kedua tokoh berbeda bangsa ini. Selain itu, penulis juga menjelaskan aspekaspek lain menimbulkan makna selain kisah cinta antar-bangsa. Dalam meneliti cerita, penulis menggunakan metode analitis deskriptif dengan pendekatan intrinsik.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis berkesimpulan pengarang menggambarkan beragam permasalahan pernikahan antar-bangsa lewat liku-liku kisah cinta tokoh pribumi dan pemuda Tionghoa. Pasangan ini tidak hanya ditekan oleh pemuda Tionghoa kaya, tetapi juga penguasa pribumi dan hukum. Selain bentuk tekanan, penulis menemukan bahwa gambaran lain berupa kekuatan cinta dapat mengalahkan beragam tekanan, baik secara status sosial maupun lintas-etnis.

This thesis discussed about a Malay-Chinese literature based from the novel Sinar Boelan di Priangan by Saint Diano. This text tells about a love story between native Sundanese from Sukabumi, West Java with a Malay-Chinese man. This research aims to understand the local environment based on the story. This research uses analytical description method that focus on intrinsic aspects.
As the result, writer believed that author wanted to describe problems that arise when a native is having a relationship with Malay-Chinese people. In this story, both Malay-Chinese and Native not only must fight against local warlord, but also rich Malay-Chinese and law. Furthermore, writer also concluded that love was unbreakable even though they have to fight against social class and cultural problems.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53369
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurrizka Sari
"Penelitian ini membahas perlawanan Grenouille sebagai wakil dari kelas marjinal terhadap kelas menengah di Eropa yang terdapat dalam novel Das Parfum karya Patrick Süskind. Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan bentuk marjinalitas tokoh Grenouille dalam konteks sosialnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi mengenai Sozialer Raum (ruang sosial), Habitus dan Distinktion menurut Pierre Bourdieu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grenouille tidak hanya berhasil melakukan perlawanan terhadap kelas menengah, tetapi mampu menembus tatanan kelas yang lebih tinggi, yaitu kelas bangsawan.

The research examines the articulation of Grenouille's resistance as the representative marginal class against the European middle class in the novel Das Parfum from Patrick Süskind. The purpose of this research is to explain the marginality of Grenouille in his social context. Methode, which is used in this research, is the sociological approach about Sozialer Raum (social field), Habitus and Distinktion (distinction) from Pierre Bourdieu. The result of the research shows that Grenouille not only has succeeded to make resistence against the middle class, but also has reached into the higher class, which is the noble class. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47435
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivana Kristiastuti
"Skripsi ini membahas tentang analisis tokoh dan penokohan dalam cerpen Дом с Мезонином (1896) /Dom s Mezoninom/, Rumah Berloteng; У знакомых (1898) /Uznakomykh/, Mengunjungi Teman-Teman; Ионыч (1898) /Ionyč/, Ionych; О любви (1898) /O Ljubvi/, Tentang Cinta; dan Дама с собачкой (1899) /Dama s sobačkoj/, Wanita dengan Anjing Kecil; karya Anton Čehov melalui teori tokoh dan penokohan yang didukung dengan teorisosiologi sastra. Hasil analisis tokoh utama dalam tiap cerpen membuktikan bahwa kelima cerpen tersebut memiliki tema akhir yang sama yakni cinta yang tidak berakhir dengan bahagia. Kesamaan tema yang ada memiliki hubungan dengan latarbelakang Anton Čehov dalam masa penulisan cerpen.

This research discusses the character and characterization analysis of five short stories from Anton Chekhov: Дом с Мезонином (1896) /Dom s Mezoninom/, House With The Mezzanine; У знакомых (1898) /Uznakomykh/, A Visit To Friends; Ионыч (1898) /Ionyč/, Ionych; О любви (1898) /O ljubvi/, About Love; and Дама с собачкой (1899) /Dama s sobačkoj/, The Lady With The Dog; through character and characterization theory. Despite having different factors that affect the end of each story, the analysis result of five main characters in each short story shows that those five short stories have the same theme at the end of the story which is unhappy ending love. The similarity is caused by Čehov’s background during the time of writing."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45725
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasaribu, Sally Florins Karina
"Penelitian ini mencari gambaran perempuan ideal yang ditawarkan kepada tokoh ich sebagai seorang gadis imigran Turki dalam novel Ein schnelles Leben. Teori yang digunakan dalam skripsi ini adalah teori analisis unsur intrinsik dan teori feminis multikultural. Teori feminis ini berfokus pada perjuangan perempuan non-eropa untuk terbebas dari diskriminasi dan stereotipe yang melekat pada dirinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan konflik dan reaksi tokoh ich terhadap beragam tawaran gambaran perempuan ideal. Gambaran perempuan ideal yang ditemukan dalam analisis antara lain perempuan yang tidak terkekang, berani, penurut, menghormati orangtua.

This bachelor thesis is seeking the images of ideal woman which are offered to ich figure as a Turkish immigrant girl in novel Ein schnelles Leben. The theories used in this thesis are the theories of intrinsic and feminist multiculturalism. This theory focuses on non-European women's struggle to be free from discrimination and stereotypes attached to them. The images of ideal woman founded in the analysis were woman who has freedom, brave, obedient and respect parents. In the analysis there are also conflict between offered images of ideal woman and what ich figure really want to be."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47236
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anisya Noviani
"Skripsi ini menyajikan suntingan teks dari naskah berkode Cod. Or. 1758 yang berjudul Hikayat Salman Al Farisi (HSAF). Metode yang dipakai untuk menyajikan suntingan teks dalam penelitian ini adalah metode edisi kritis untuk naskah tunggal. HSAF merupakan naskah yang disalin oleh Muhammad Daim pada tanggal 3 Desember 1825. Penelitian ini juga membahas HSAF sebagai karya sastra Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa HSAF merupakan sastra Islam yang di dalamnya terkandung ajaran-ajaran dalam agama Islam.

This thesis presents the text editing from manuscript that has code Cod. Or. 1758 and titled Hikayat Salman Al Farisi (HSAF). The method that utilize to present the text editing in this research is method of critical edition for single manuscript. HSAF is a manuscript which was copied by Muhammad Daim on 3rd December 1825. This research also discusses about HSAF as an Islamic literature creation. The result of this research shows HSAF is an Islamic literature which contains the lesson of Islam
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47238
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alsyifa Rifka Sabarini
"ABSTRAK
Artikel ini menyajikan pembacaan kritis dari segi penataan waktu cerita dalam tingkat naratif pada Lolita (1955) karya Vladimir Nabokov dengan teori naratologi Gerard Genette sebagai salah satu pendekatan kritik sastra strukturalis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan alur cerita dan penataanya dalam naratif, teknik naratif serta efek naratif yang ditimbulkannya, dan posisi temporal narator terhadap cerita yang sedang dinarasikan. Dengan menggunakan metode deskriptif untuk menginterpretasi data dan fakta yang ditemukan dari objek penelitian, penelitian ini mengungkapkan bahwa alur cerita dalam Lolita dikisahkan dalam kerangka analepsis dengan akroni yang menjadikan struktur naratifnya kompleks. Lebih lanjut, akroni berperan besar dalam penundaan signifikansi peristiwa tertentu yang menciptakan efek naratif yang signifikanmembuat esensi novel terutama tercipta atas interaksi naratif awal dan naratif kemudian dari narator dalam Lolita.

This article presents a critical reading in terms of the order of the story with respect to the narrative level on Lolita (1955) by Vladimir Nabokov with Gerard Genettes narratology as one of the structuralist approaches to literary criticism. The research aims to explain the plot and its order in narrative, the narrative techniques and how it creates its narrative effects, and the narrators temporal position to the story being narrated. Utilizing descriptive methods to interpret data and facts found from the object of the research, this study reveals that the plot in Lolita is told in the framework of analepsis with achrony that composes its complex narrative structure. Furthermore, achrony plays a major role in delaying the significance of certain events that creates significant narrative effects in Lolita-making the essence of the novel especially created by the interaction of the initial narrative and the later narrative of the narrator in Lolita"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmawati
"Skripsi ini membahas peran kiai dan jawara Banten yeng terdapat dalam novel Jawara Angkara di Bumi Krakatau. Kiai dan jawara merupakan dua entitas yang penting dalam kebudayaan Banten. Peran kiai dan jawara Banten merupakan suatu topik yang menarik untuk dibahas karena keduanya merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Banten. Hal tersebut pula yang menjadi benang merah dari novel Jawara Angkara di Bumi Krakatau. Untuk menganalisis peran kiai dan jawara dalam novel Jawara Angkara di Bumi Krakatau, penulis menggunakan teori sosiologi sastra.
Melalui pendekatan sosiologi sastra, penulis akan membandingkan peran kiai dan jawara dalam masyarakat Banten dengan peran jawara dan kiai yang terdapat di dalam novel Jawara Angkara di Bumi Krakatau. Selain itu penulis juga akan menganalisis bentuk pertentangan yang terjadi antara kiai dan jawara dalam novel Jawara Angkara di Bumi Krakatau. Hasilnya, penulis menemukan adanya kesamaan peran kiai dan jawara dalam masyarakat Banten dengan yang ada di dalam novel Jawara Angkara di Bumi Krakatau.

This under graduate thesis discusses the role of kiai and jawara in Banten society based on Jawara Angkara di Bumi Krakatau’s novel. Kiai and jawara are two important entities in Banten culture. The role of kiai and jawara in Banten society is an interesting topic todiscuss because they are an inseparable part of Bantenese people. It also became the common thread of the Jawara Angkara di Bumi Krakatau’s novel. To analyze the role of kiai and jawara in Jawara Angkara di Bumi Krakatau’s novel, the author uses the theory of literary sociology.
Authors will compare the role of kiai and jawara in the Banten society with kiai and jawara’s role which are present in the novel through approaching of sociology of literature. As the result, the authors found a common role of kiai and jawara in Banten society with existing in the Jawara Angkara di Bumi Karakatau’s novel.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53433
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahardhyani Primarista Putri
"Skripsi ini membahas makna di balik sosok le Ch ne dan le Roseau yang digambarkan dalam sajak ldquo Le Ch ne et le Roseau rdquo karya Jean de la Fontaine Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori struktural Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya oposisi kuat dan lemah yang digambarkan melalui sosok le Ch ne dan le Roseau Keduanya merupakan lambang manusia dan sifat sifatnya.

The focus of this study is on the meaning of the characters le Ch ne and le Roseau based on the poem ldquo Le Ch ne et le Roseau rdquo by Jean de la Fontaine This is a qualitative research using the theory of structuralism The result of this research shows that le Ch ne and le Roseau are symbols of strong and weak These two characters also symbolize human and its traits."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53372
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>