Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 119600 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dimas Yuri Ramdhana
"Wilayah Hijaz dan Nejd merupakan kawasan Arab Utara. Orang-orang Arab Utara memiliki banyak ciri khas, salah satunya watak, yang menjadi identitas masyarakat Arab. Dengan melakukan teknik kepustakaan, penulis meneliti lebih lanjut mengenai orang-orang Arab utara pada masa Pra-Islam. Teori B.F. Skinner mengenai proses pembentukan kepribadian dan Koentjoroningrat mengenai kebudayaan dan masyarakat menjadi kerangka teori dalam penyusunan. Terbaginya dua kepribadian yaitu, kepribadian individu dan kepribadian umum menghasilkan hal yang berbeda. Kepribadian individu menghasilkan kebiasaan, sedangkan kepribadian umum menghasilkan adat istiadat dan sistem sosial. Lingkungan Arab di Utara yang memiliki alam yang tandus memiliki pengaruh besar terhadap kebiasaan, adat istiadat, dan sistem sosial yang ada pada masyarakat Arab pra-Islam. Khususnya di daerah Hejaz dan Nejd.

Hijaz and Nejed is in North Arabic. The people of North Arabic has many features, the one of it is a character, which be identity of Arabic society. By literature technic, writter researched further about the people of North Arabic in Pra-Islam age. B.F. Skinner’s Theory about proceed of personality estabilishment and Koentjaraningrat’s theory about culture and society became a base in theoretical framework on this research. Personality divided become two, individual personality and general personality which called modal personality. Two things produced two different things. Individual personality produced habit, whereas modal personality produced custom and social system. Arabic environment at north has desert nature which has major influence of habit, custom, and social system that exist in pra-Islam Arabic society. Particularly in Hejaz and Nejed.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nizamuddin Awliya
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai Kesultanan Mamluk periode Bahri pada 1250-1382. Kesultanan Mamluk merupakan kesultanan yang berkuasa di Mesir, Syam dan Hijaz pada 1250 hingga 1517. Pembentukan kesultanan ini menjadi pengganti bagi Kesultanan Ayyubiyah di Mesir setelah berhasil menngulingkan Sultan Turansyah pada 1250. Kesultanan ini dibagi menjadi dua periode yakni periode Bahri pada 1250 ndash; 1382 dan periode Burji pada 1382 ndash; 1517, kedua periode ini dibedakan karena elit yang berkuasa berbeda etnis yakni Kipchak dan Sirkasia. Pada skripsi ini penulis akan membahas mengenai dua hal yang menjadi keunikan dalam kesultanan ini yakni kelompok elit penguasa kesultanan dan suksesi kepemimpinan. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data sejarah. Nama Mamluk merupakan sebutan untuk angkatan budak militer yang direkrut oleh petinggi negara untuk tujuan sebagai angkatan bersenjata. Pada kesultanan ini para Mamluk merupakan kelompok elit yang menjalankan pemerintahan dan juga menjadi angkatan militer negara. Model pemerintahan Kesultanan Mamluk merupakan kerajaan aristokrasi karena posisi sultan diperoleh melalui musyawarah oleh kelompok elit. Namun, Mamluk terdiri dari kelompok yang berbeda dikarenakan oleh setiap petinggi negara memiliki Mamluk . Fenomena ini menyebabkan suksesi kepemimpinan pada periode Bahri dalam kesultanan Mamluk sebagai perebutan kekuasaan antar kelompok Mamluk . Apabila suatu kelompok mendominasi kekuasaan dalam kesultanan sistem suksesi sultan menjadi turun temurun, namun nasib mayoritas sultan pada model suksesi ini dikendalikan oleh para elit sehingga mereka dapat dilengserkan sesuai keinginan para elit.

ABSTRACT
This thesis discusses about Mamluk Sultanate during Bahri period in 1250 1382. The Mamluk Sultanate was the ruler of Egypt, Sham and Hijaz in 1250 to 1517. The establishment of the sultanate became a substitute for the Ayyubid Sultanate in Egypt after successfully overthrowing Sultan Turansyah in 1250. The sultanate was divided into two periods, Bahri period in 1250 1382 and Burji period in 1382 ndash 1517. These two periods were distinguished by the ruling elites ethnicities namely Kipchak and Circassian. In this thesis the author will discuss about two things that become uniqueness of this sultanate which is the ruling elite in the sultanate and leadership succession. This thesis uses descriptive qualitative method with historical data. Mamluk is a military slave recruited by state officials for military purposes. The Mamluks were an elite group that ran the government and also became the main military force of the state. The government model of the Mamluk Sultanate is an aristocratic kingdom because the position of sultan is obtained through conference by elite groups. However, Mamluk s are made up of several groups because every state official has their own Mamluk . This phenomenon led to the succession of leadership during Bahri period as a power struggle between groups of Mamluks. If a group of Mamluk was able to dominate the power, the succession of the sultan becomes hereditary but the majority of the sultans in this succession model is controlled by the elites and they can be deposed as the elites desire."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Naufal Fadhil
"Taman Ghairah merupakan taman yang dibangun oleh Kerajaan Islam Aceh. Namun, ketika melihat objek - objek yang masih tersisa seperti Gunongan, Pintô Khôp, dan Kandang, saya menduga ada simbol - simbol yang berbeda dari Islamic Garden yang dibangun oleh kesultanan di Persia dan Mughal. Oleh sebab itu, melalui skripsi ini, saya mencoba menganalisis simbol - simbol yang muncul di taman ini dengan metode Semiotika Triadic dan pendekatan sejarah untuk mengetahui pengaruh kebudayaan taman ini. Hasilnya, baik simbol Islam maupun Pra-Islam ditemukan di dalam taman ini yang kemungkinan merupakan simbol yang diturunkan dari kebudayaan sebelumnya.

Taman Ghairah is a park that built by Islamic Kingdom of Aceh. However, when looking at the remain objects of the garden, such as Gunongan, Pintô Khôp, and Kandang, I suppose that there are different symbols from Islamic Garden built by Islamic Kingdom in Persia and Mughal. Therefore, through this under-graduate thesis, I try to analyze symbols in this garden by using Triadic Semiotic Method and historical approach to determine its cultural backgrounds. As a result, both Islamic and Pre-Islamic Symbols are found in this garden which might be symbols from previous culture.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59828
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bq. Ria April Riana
"Naskah kuno pada saat ini sudah banyak ditransliterasi dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Salah satu provinsi yang melakukannya yaitu NTB di Museum NTB. Naskah yang sudah ditransliterasi dan diterjemahkan salah satunya yaitu naskah lontar Rare Sigar. Hal tersebut dilakukan karena dianggap informasi yang ada pada naskah tersebut masih relevan sampai sekarang. Jurnal ini akan menganalisis akulturasi budaya pada naskah Rare Sigar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan membaca naskah Rare Sigar secara berulang-ulang kemudian mencatat bagian-bagian yang mendukung analisis utama penulis. Teori yang penulis gunakan yaitu teori Koentjaraningrat (1993) yang mengemukakan bahwa akulturasi merupakan suatu bentuk proses sosial di mana kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur-unsur kebudayaan yang lain, unsur-unsur budaya ini lambat laun dapat diterima dan diolah tanpa menghilangkan unsur-unsur kebudayaan yang lama. Hasil dari penelitan penulis ditemukan bahwa naskah Rare Sigar termasuk ke dalam jenis naskah yang ditulis setelah pengarang mengenal Islam, akan tetapi kepercayaan-kepercayaan sebelum Islam juga tidak hilang dari diri pengarang. Terdapat akulturasi budaya yang terjadi seperti pada bidang bahasa dan kepercayaan kepada benda-benda yang mempunyai kekuatan gaib. Harapannya, semoga penelitian ini berguna dan dapat disempurnakan lagi.

Nowadays, many ancient manuscripts had been transliterated and translated into Indonesian. One of the provinces that did this was West Nusa Tenggara Museum. One of the manuscripts that had been transliterated and translated is the Rare Sigar manuscript. That is because it is considered that the information contained in the manuscript is still relevant today. The journal will analyze the Rare Sigar manuscript. The research data was obtained by reading the Rare Sigar script repeatedly and then noting the parts that were deemed to support the author’s main analysis. The theory that the author uses is the theory of Koentjaranngrat (1993) which states that acculturation is a form of social process in which human groups with certain cultures are faced with other cultural elements, these elements of culture is slowly to be accepted and processed without eliminating the old cultural elements. The results of the author’s research found that the Rare Sigar manuscript belongs to the type of manuscript written after knowing Islam but the belief before Islam did not disapper from the author. There is cultural acculturation that occurs, such as the source of language and belief in objects that have supernatural activities. Hopefully, this research will be useful and can be further refined."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Landau, Rom, 1899-
London: Unwin Brothers, 1958
297 LAN i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Landau, Rom, 1899-
London: George Allen and Unwin, 1958
297.09 LAN i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Pengaruh Budaya Pra-Islam pada makam di desa Salakaria, kecamatan Sukadana-Ciamis
The tomb contains varieties of important data that can describe the society in the past. A lot of understandings and meaning exist in the form of the tomb as a cultural heritage. From the results of research in the Salakaria Village, Sukadana District, Ciamis, the ancient tombs in the region still follow the pre-Islamic culture. It can be seen from the shape of the building in its sepulcher tomb, gravestone and materials. It is also seen from the placement of the tomb and the culture that is still going on at the site of the tomb. This paper used the research method with descriptive analysis, which means to describe the components of the tomb, and then analysis and interpretation are carried out. The historical and cultural background of the past in the Salakaria village, Sukadana District describe a form of cultural continuity or continuous culture from prehistoric times to the Islamic period"
PURBAWIDYA 2:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"The entry of Islam religion gives a new color in the art especially the ornamental arts. In Islam reli gion, there is a prohibition to draw a living thing, so there is an effort to disguise it. In the podium of the Kajoran mosque there is an ornament with animal and plants motives. Based on research, it is known that despite the geometrical motives, there are motives with a form like an elephant, dragon, bird, and a lotus in that podium. It is possible that the meaning of those ornamental motives still has a relevancy with Islamic teachings. This shows a big tolerance of Islam religion to the culture that has existed in a region, as long as it does not make a conflict with Islam religion’s teachings."
PURBAWIDYA 2:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Depok Fakultas Sastra Universitas Indonesia 1992
LAPEN 07 Har t
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Abie
"Jurnal ini membahas tentang pengadopsian nama diri arab dan islam di Indonesia. Landasan teori yang penulis gunakan adalah teori fono-semantik untuk menjelaskan bahasan mengenai bentuk ortografi dan makna semantik nama Arab. Metode yang digunakan adalah kualitatif, merupakan salah satu metode yang digunakan dalam ilmu sosial, dengan penekanan objek penelitinya terhadap keunikan manusia atau gejala sosial yang ada.
Tulisan ini merupakan penilitian kajian pustaka atau disebut juga library research yang memusatkan perhatian pada isu-isu penting seputar fenomena budaya digabung dengan linguistik yang terjadi di Indonesia. Penulisan nama diri oleh orang Indonesia masih memiliki banyak sekali variasi padahal berasal dari kata atau nama yang sama. Perbedaan ini terjadi karena bahasa Indonesia beberapa kali mengalami perubahan sistem ejaan.
Selain akibat persoalan ejaan, keambiguan yang terjadi dalam pengadopsian nama diri Arab oleh orang Indonesia terjadi karena salah satu dari penerapan konsep yang digunakan oleh para orang tua Indonesia yang ingin memberikan nama pada anak mereka berdasarkan keunikan dan keindahan agar enak dilihat dari segi penulisan.

his journal discusses the adoption of Arabic and Islamic names themselves in Indonesia. The theoretical basis that I use is the fono semantic theory to explain the discussion of the orthographic form and the semantic meaning Arab name. The method used is qualitative, is one of the methods used in the social sciences, with emphasis on researchers object to the uniqueness of human or social phenomena that exist.
This paper is a literature review penilitian also called research library focusing on the important issues surrounding the cultural phenomenon combined with linguistic occurred in Indonesia. Writing proper name by Indonesia still has a lot of variety when derived from the same word or name. This difference occurs because the Indonesian several times changed the spelling system.
Besides the problem of spelling, ambiguous that occurred in the adoption of Arabic proper names by the Indonesian case because one of the application of the concepts used by the Indonesian parents who want to give a name to their children based on the uniqueness and beauty of that unsightly terms of writing.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>