Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177313 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Josan Kusuma
"Skripsi ini membahas kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan di Kantor Kearsipan dan Perpustakaan umum Kabupaten Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Indikator yang digunakan untuk mengukur kepuasan pengguna didasarkan kepada lima dimensi SERVQUAL, yaitu: bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (empathy). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 80 responden yang dilakukan pada bulan November 2013. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan skala likert dan diubah ke dalam persentase untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna. Hasil dari penghitungan tersebut akan dibandingkan dari masing - masing kelima dimensi kualitas layanan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hampir seluruh responden merasakan sangat puas terhadap layanan perpustakaan di Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Umum Kabupaten Bogor."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S53812
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heri Haryadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pengguna di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor, untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna penulis menggunakan metode LibQual+TM, dengan pendekatan empat dimensi yaitu affect of service, information control, personal control & library as place. Kemudian dilakukan analisis apakah kepuasan memiliki korelasi dengan kesetiaan pengguna untuk selalu datang keperpustakaan dengan menggunakan metode korelasi Spearman Rank. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan pada periode september-desember tahun 2017, populasi penelitian ini adalah anggota Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor. Rumus yang digunakan untuk menentukan sampel dari penelitian ini adalah rumus Slovin sejumlah 206 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. data survey dianalisis dengan menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengguna perpustakaan merasa puas dengan layanan yang telah diberikan pihak perpustakaan, dan menunjukkan bahwa kepuasan mempengaruhi loyatitas pengguna. Dimensi affect of service memberikan sumbangan terbesar bagi kepuasan pengguna, hal ini mengakibatkan keinginan pengguna untuk kembali berkunjung keperpustakaan sangat tertinggi. Loyalitas pengguna Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor telah masuk pada kategori loyalitas Conative yaitu tingkatan dimana konsumen memiliki motivasi dan keinginnan yang kuat untuk melakukan kunjungan kembali. Pemustaka yang telah berkunjung dan menggunakan fasilitas yang dibutuhkan dan ditawarkan oleh perpustakaan secara teratur, memiliki kesan yang positif terhadap Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor.

This study aims to determine the effect of satisfaction on user loyalty in the Regional Public Library of Bogor Regency, to know the level of user satisfaction of writer use LibQual+TM method, with three dimension approach that is affect of service, information control & library as place. Then analyzed whether the satisfaction has a correlation with the loyalty of users to always come keperpustakaan by using Spearman Rank correlation method. This research was conducted for one month in the period September-December 2017, The population of this study are members of the Bogor Regency Regional Public Library. The formula used to determine the sample from this study is the Slovin formula a total of 206 people. Sampling is done by simple random sampling technique. The number of respondents in this study were 206 users, survey data were analyzed by using regression analysis. The results showed that library users were satisfied with the services provided by the library, and showed that satisfaction affects the loyatitas of users. Dimensions of affect of service contributed the most for user satisfaction, This results in the highest desire of users to return to visit the library. The loyalty of users of the Bogor Regency Public Library has been included in the Conative loyalty category, namely the level where consumers have a strong motivation and desire to make return visits. visitors who have visited and used the facilities required and offered by the library on a regular basis, have a positive impression on the Bogor Regency Public Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Izhaar Dienillah
"Skripsi ini membahas kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Identifikasi kepuasan pengguna didasarkan pada empat dimensi LibQUAL+TM , yaitu dimensi sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pengguna (Affect of Service), dimensi mengenai kecukupan dan akses terhadap koleksi perpustakaan (Access to Information), dimensi mengenai kemandirian pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan (Personal Control), dan dimensi perpustakaan dalam pengertian fisik (Library as a Place).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna puas akan layanan yang diterimanya. Dan kepuasan pengguna berdasarkan kesenjangan (gap) antara dirasakan dan harapan responden menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok dinilai baik, berada pada “zone of tolerance”, dimana kualitas layanan berada di antara tingkat harapan minimum yang dapat diterima dan tingkat harapan yang diinginkan.

This thesis discusses the user satisfaction of library services at Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. This study uses a quantitative approach. User satisfaction identified base on four dimension LibQUAL+TM, that is dimensions of the attitude and ability of library staff to serve the users (Affect of Services), dimensions regarding adequacy and access to library collections (Access to Information), dimensions on the independence of the user in utilizing the library (Personal Control), and libraries in terms of physical dimensions (Library as a Place).
Results showed that users were satisfied with the services received. User satisfaction based on the gap between the perceived and the expectations of respondents indicated that the quality of services rated as good, in the "zone of tolerance", where quality of service is between the minimum expectation level that is acceptable and desirable level of expectation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safitri Ayu Lestari
"Penelitian ini mengenai keterampilan berkomunikasi staf layanan perpustakaan di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor yang meliputi keterampilan berkomunikasi lisan, berkomunikasi tertulis, berkomunikasi audio visual, berkomunikasi terkomputerisasi, berkomunikasi bahasa asing, berkomunikasi interpersonal, dan berkomunikasi institusional yang mengacu pada Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Informan utama dalam penelitian ini adalah staf layanan perpustakaan dan pengguna perpustakaan sebagai informan tambahan. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi yang dilakukan selama tiga bulan mulai dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2015.
Berdasarkan penelitian dihasilkan kesimpulan bahwa keterampilan berkomunikasi staf layanan berada pada level 2 : pengetahuan praktek atau teknik yaitu mampu menerapkan keterampilan dasar berkomunikasi, dapat mengerjakan tugas khusus dan berulang, dapat bekerjasama dengan pakar subjek, dan dapat memberikan instruksi praktis.

This research is about communication skills of library services staff at Public Library in Bogor Regency which include verbal communication, written communication, audio-visual communication, computerized communication, foreign language communication, interpersonal communication, and institutional communication that refer to Euroguide LIS (2004): Competencies and Aptitudes for European Information Professionals (vol 1).This is a qualitative research.
The key informants of this research are the library service staff and supported by the users of library as an additional informants. Data collection is done through interviews and observations which is conducted for approximately three months from August 19 to October 31, 2015.
The results of the research concludes that the communication skills of the library service staff are at level 2 : knowledge of practice or techniques which means they are able to use basic communication skills, they can work on specific tasks and repetitive, they can collaborate with subject experts, and they can provide practical instruction.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzano Rahmatul Mukhlisin
"Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang terdapat di perguruan tinggi yang berguna untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi. Perpustakaan memiliki beberapa layanan yang diberikan kepada pengguna seperti koleksi, layanan referensi, internet, dan lain sebagainya. Layanan yang terdapat di Perpustakaan perguruan tinggi harus menunjang kebutuhan pengguna yakni civitas akademika perguruan tinggi. Pelayanan yang maksimal dari perpustakaan pengguna yang hadir akan merasa puas, dan pengguna perpustakaan akan hadir dan bertambah jumlahnya. Selain layanan koleksi dan referensi terdapat beberapa indikator yang menentukan tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan, seperti sarana dan prasarana serta pustakawan. Sarana dan prasarana yang baik akan dapat menambah tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan. Namun faktor yang paling penting untuk membangun tingkat kepuasan pengguna berasal dari pustakawan. Pustakawan perlu menciptakan hubungan yang baik dengan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan Perpustakaan FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah survei, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 70 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin dan menggunakan skala likert. Penelitian ini mengusulkan agar Perpustakaan FKIP UHAMKA untuk terus meningkatkan kepuasan penggunanya dengan menambah koleksi, sarana dan prasarana, serta pustakawan untuk tetap ramah kepada pengguna.

The college library which located in universities is a vital actor in Nourishing the internalization of the Tri Dharma of higher education. The library has several services provided to users such as collection services, reference services, internet. Services included in college libraries must support the needs of users, namely the college academics. With maximum service from the library, users presence will be satisfied, and library users attendance will increase in number. In addition to collection and reference services, there are indicators which determine the level of user satisfaction with the library itself. Indicator such as facilities and infrastructure as well as librarians. Good facilities and infrastructure will lead to improvement of user satisfaction. Moreover, the most important factor to build user satisfaction comes from the librarians. Librarians need to maintain healty relationships with the users. This thesis aims to determine the level of user satisfaction with library services of FKIP UHAMKA. The research method used is a quantitative. The type of research used is a survey, and the technique of collecting data uses a questionnaire distributed to 70 respondents. Sampling uses slovin techniques and uses a Likert scale. This thesis suggests that FKIP UHAMKA improving their collections, facilities and infrastructure, and librarians performance to increase user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mariani
"Penelitian ini mengevaluasi ketersediaan dan pemanfaatan koleksi digital serta pengaruhnya pada kepuasan pemustaka yang menggunakan aplikasi iBerau. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kekuatan pengaruh antara dua atau lebih variabel. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada ketersediaan dan pemanfatan koleksi digital terhadap  kepuasan pemustaka aplikasi iBerau di Perpustakaan Umum Kabupaten Berau”. Hasil Penelitian menunjukkan  terdapat pengaruh positif dan signifikan Ketersediaan Koleksi Digital terhadap Kepuasan Pemustaka iBerau dengan nilai  koefisien regresi sebesar +0,210, hal ini menunjukkan pengaruh yang positif, artinya untuk setiap kenaikan nilai Ketersedian Koleksi digital sebesar 1 satuan, akan mengakibatkan kenaikan nilai Kepuasan Pemustaka sebesar 0,210 satuan. Juga  terdapat pengaruh positif dan signifikan Pemanfaatan Koleksi digital terhadap kepuasan pemustaka dengan  nilai koefisien regresi sebesar +0,386 menunjukkan pengaruh yang positif, artinya untuk setiap kenaikan nilai Pemanfaatan Koleksi Digital sebesar 1 satuan, akan mengakibatkan kenaikan nilai Kepuasan Pemustaka sebesar 0,386 satuan. Sedangkan pengaruh positif dan signifikan Ketersediaan Koleksi Digital dan Pemanfaatan Koleksi Digital pada aplikasi iBerau secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pemustaka iBerau diperoleh nilai diperoleh nilai R2 = 0,805, artinya variabel Ketersediaan Koleksi Digital dan Pemanfaatan Koleksi Digital pada aplikasi iBerau memberi pengaruh terhadap Kepuasan Pemustaka iBerau sebesar 80,5%, sedangkan sisanya sebesar 19,5% dipengaruhi oleh variabel lain.

This study evaluates the availability and utilization of digital collections and their effect on user satisfaction using the iBerau application. By using a quantitative approach, this study aims to measure the strength of the influence between two or more variables. The hypothesis in this study is "There is a positive and significant influence on the availability and utilization of digital collections on user satisfaction of the iBerau application at the Berau District Public Library". The results showed that there was a positive and significant influence on the Availability of Digital Collections on iBerau User Satisfaction with a regression coefficient value of +0.210, this indicates a positive influence, meaning that for every increase in the Availability value of digital collections of 1 unit, it will result in an increase in the value of User Satisfaction of 0.210. unit. There is also a positive and significant effect of Digital Collection Utilization on user satisfaction with a regression coefficient value of +0.386 indicating a positive effect, meaning that for every 1 unit increase in Digital Collection Utilization value, it will result in an increase in User Satisfaction value of 0.386 units. While the positive and significant influence of Availability of Digital Collections and Utilization of Digital Collections on the iBerau application on the satisfaction of iBerau users, the value obtained is R2 = 0.805, meaning that the variables Availability of Digital Collections and Utilization of Digital Collections on the iBerau application have an effect on iBerau User Satisfaction by as much as 80.5%, while the remaining 19.5% is influenced by other variables."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Imam Wibowo
"ABSTRAK
Prinsip etika profesi merupakan landasan untuk bertindak yang seharusnya
dimiliki oleh setiap pemegang profesi, yaitu tanggung jawab, keadilan, otonomi,
dan integritas moral. Pengakuan profesi pustakawan dari masyarakat, adalah satu
cara untuk membedakan antara profesi dan pekerjaan biasa. Penelitian ini
membahas mengenai prinsip etika pofesi yang dicerminkan melalui kegiatan dan
perilaku tokoh pustakawan dalam film HeartBreak Library. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memberikan gambaran prinsip etika profesi pada kegiatan dan
perilaku pustakawan dengan menunjukkan tindakan etis yang dilakukan tokoh
pustakawannya. Metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi digunakan
dalam penelitian ini untuk mendapatkan gambaran prinsip etika profesi dengan
menganalisis sekuen film, sebagai unit analisis penelitian, kemudian sekuen
tersebut diidentifikasi berdasarkan teori. Adanya prinsip etika profesi pada
pustakawan dalam melaksanakan tugas dan berperilaku, dapat memberikan
pandangan positif kepada masyarakat tentang profesinya, kredibilitasnya, dan juga
citra lembaganya, yaitu perpustakaan.

ABSTRACT
The Principle of profession ethics is a “basis to act” that must be owned by every
profession holders, that is responsibility, impartiality, autonomy, and moral
integrity. The recognition of the librarian profession from the society, is a way to
differentiate between profession and ordinary work. This study discusses about
principle of profession ethics which are reflected through librarian’s activities
and behaviors on HeartBreak Library movie. This study’s purpose is to show the
representation of principle of profession ethics in librarian’s activities and
behaviors by showing ethical action performed by the librarian. Qualitative
research method with content analysis technique is used in this study to get
representation of principle of profession ethics by analyzing movie sequence, as
unit of research analysis, then those sequences are identified based on the
theories. Availability of principle of profession ethics to librarian in fulfill the
duties and behave, could give positive viewpoint to society about the profession,
credibility, and also reputation of the institutions, that is library."
2014
S53882
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nuria Prasanti
"Penelitian ini membahas mengenai pengembangan koleksi anak di Perpustakaan Umum Kabupaten Bogor yang merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pustakawan menerapkan kebijakan pengembangan koleksi, yaitu kegiatan seleksi, pengadaan, pengolahan, pemeliharaan, dan penyiangan di layanan anak agar dapat memenuhi kebutuhan pemustaka anak sehingga kendala apa saja yang dihadapi dapat diketahui.
Peneliti menyimpulkan bahwa pustakawan mengadakan pengembangan koleksi berdasarkan kemampuan dan pemahaman mereka dari kegiatan seleksi hingga penyiangan. Pedoman tertulis tidak dijadikan dasar dalam melakukan kegiatan pengembangan koleksi anak sehingga kemampuan dasar pustakawan menjadi utama agar kesesuaian koleksi anak dapat tercipta. Tidak adanya pedoman tertulis secara jelas, keterbatasan anggaran dan terbentur dengan kebijakan yang ada menyebabkan pustakawan tidak dapat secara maksimal mengembangkan mutu koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor.

This research is about children's collection development in Bogor Public Library. This is a qualitative research and it uses case study method. The purpose of this research is to describe how librarians apply collection development policy, which is the selection, acquisition, organization, preservation, and deselection in children's service. Throughout this research, we could get the idea the obstacles in fulfilling the needs of the users, i.e. the children, in children's collection.
It is concluded that Bogor Public Library librarians held collection development based on their ability and understanding about the library activities. There is no written guideline as a basis for collection development for children's collection. So, it is very important for the librarians to have librarianship skills in developing the children's collection. Moreover, there is limited amount in budget and in the policy itself so that librarians could not do their best in improving the quality of children's collection in Bogor public library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43039
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aditio Setyawicaksono
"Skripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap koleksi perpustakaan yang meliputi kelengkapan koleksi, kemutakhiran koleksi, kemudahan akses koleksi, dan ketepatan koleksi serta hambatan dan saran pemustaka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu survei kepuasan pemustaka secara tertulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pemustaka sudah puas dengan koleksi Perpustakaan Umum Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat. Kepuasan pemustaka terhadap kelengkapan judul dan jenis koleksi referensi pada tingkat kepuasan tertinggi dengan skor 3,57 sedangkan kepuasan pemustaka terhadap penyediaan rak khusus koleksi terbaru pada tingkat kepuasan terendah dengan skor 3,09. Adapun hambatan dan saran pemustaka adalah masalah kemutakhiran koleksi perpustakaan.

This undergraduate thesis discusses the library user satisfaction. The purpose of this research was to determine the library user satisfaction to the library collection which includes the complete collection, currency collection, collection accessibility, and accuracy of the collection as well as the barriers and suggestions from the user library. This research used descriptive research with quantitative approach. The method used is a written satisfaction survey of library user.
The results of this research is that the majority of library users are satisfied with the collections of the public library in Central Jakarta. Satisfaction of library users on the completeness of the title and type of the reference collection at the highest levels with a score of 3,57, while the provision of library user satisfaction shelf latest collection at the lowest levels with a score of 3,09. The barriers and suggestions from library users is up to date library collection problem.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S45132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Derry Herdiana Wiguna
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh elemen arsitektural, elemen sensorik visual, dan suasana terhadap kepuasan pemustaka di Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Barat (SUDIN PUSIP Jakarta Barat). Ini adalah penelitian kuantitatif, adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemustaka Ruang Baca Layanan Remaja/Dewasa SUDIN PUSIP Jakarta Barat tahun 2018. Teknik pengambilan sampel dengan rumus Slovin, dengan jumlah sampel 100 pemustaka. Teknik sampling yang digunakan yaitu accidental sampling. Dalam analisis data digunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa elemen arsitektural, elemen sensorik visual dan suasana secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan pemustaka.

This research aims to examine and analyze the influence of architectural elements, visual sensory elements, and ambiance on user satisfaction at the Library and Archives Department of West Jakarta Administrative City (SUDIN PUSIP West Jakarta). This is quantitative research, while the population in this study is all of the Youth/Adult Service Reading Room readers SUDIN PUSIP West Jakarta in 2018. The sampling technique is Slovin formula, with a sample of 100 users. The sampling technique used is accidental sampling. In the analysis of data used multiple linear regression. The results of the study revealed that architectural elements, visual sensory elements and ambiance together had a significantly positive effect on user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T53747
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>