Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 104249 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nunung Mulyani
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang pengembangan sistem informasi manajemen
penyimpanan embryo freezing di salah satu Klinik Ferilitas di Jakarta. Embryo
freezing merupakan salah satu pelayanan di klinik fertilitas, dimana embrio sisa
program bayi tabung dibekukan agar dapat dipakai suatu saat jika diperlukan.
Agar pelaksanaan pelayanan penyimpanan embryo freezing dapat berjalan secara
efektif dan efisien, diperlukan sistem informasi yang dapat mengintegrasikan data
embryo freezing dari laboratorium dengan data untuk keperluan pembayaran
administrasi. Tersedianya basis data yang terintegrasi ini diharapkan mampu
memaksimalkan pelayanan penyimpanan embryo freezing. Telah dihasilkan
Sistem Informasi Manajemen Penyimpanan Embryo Freezing di Klinik Fertilitas
Jakarta mempermudah dalam penginputan, perhitungan, dan pengolahan data,
serta menghasilkan informasi yang akurat, lengkap dan cepat terkait pelayanan
penyimpanan embryo freezing sehingga mempermudah kegiatan pelaporan yang
dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan sekaligus sebagai usulan
standarisai pengelolaan data di Klinik Fertilitas di Indonesia.

ABSTRACT
This thesis discusses the development of management information systems
embryo freezing storage in one Ferilitas Clinic in Jakarta. Embryo freezing is one
of the services at fertility clinics, where the leftover IVF embryos frozen to be
used at any time if necessary. In order for the implementation of embryo freezing
storage services can be run effectively and efficiently, it is necessary that
information systems can integrate data from laboratory freezing embryos with
administrative data for payment purposes . The availability of an integrated data
base is expected to maximize the storage of embryo freezing services.
Management Information Systems has produced Embryo Freezing Storage in
Jakarta Fertility Clinic simplify the input, computation , and data processing , and
produce information that is accurate, complete and rapid embryo freezing storage
related services that facilitate the reporting of activities that can be used as a basis
for policy making as well as proposals standarisai Fertility Clinic data
management in Indonesia ."
2014
S54409
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Trihono
"ABSTRAK
Posyandu, sebagai wadah kegiatan Keterpaduan KB-Kesehatan di tingkat desa, ternyata berkembang cepat, dari 25.000 pada awal gerakannya menjadi 213.717 pada tahun 1989. Perkembangan yang demikian pesat memerlukan sistem informasi yang memadai, agar manajemen program berjalan baik. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sistem informasi KB-Kes yang berjalan ternyata belum secara optimal mendukung manajemen program KB-Kes. Sistem pencatatan dan pelaporan cenderung terlalu banyak dan tidak dimanfaatkan secara optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki sistem informasi KB-Kes, dengan jalan mempelajari siklus pengambilan keputusan di berbagai jenjang administrasi, mempelajari karakteristik informasi yang dibutuhkan, kesenjangannya dengan informasi yang tersedia, dan akhirnya disampaikan rekomendasi perbaikan sistem informasi KB-Kes.
Siklus pengambilan keputusan di berbagai jenjang administrasi sebenarnya telah berfungsi, namun pada fungsi perencanaannya masih menggunakan pendekatan "top down", bukan "bottom up".
Ketersediaan informasi cukup banyak, bahkan banyak yang tumpang tindih, dengan frekuensi yang terlalu sering, sehingga terkesan adanya pemborosan informasi. Dari 141 item informasi yang berasal dari Puskesmas, ternyata 51 (36,17 %) item sama sekali tidak pernah digunakan baik oleh tingkat Puskesmas, Kotamadya, Propinsi dan Pusat. Sebaliknya, hanya 36 (25,53 %) item saja, yang secara konsisten digunakan oleh semua jenjang administrasi.
Karakteristik informasi yang dibutuhkan untuk fungsi perencanaan-penilaian maupun pengawasan-pengendalian, ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini menunjukkan kurang dipahaminya sistem informasi untuk manajemen bagi para pengelola program KB-Kes.
Disamping itu, pencatatan di Posyandu ternyata sangat banyak dan tumpang tindih, dibuat untuk memenuhi kebutuhan petugas, tetapi kurang memperhatikan kebutuhan dan kemampuan kader sebagai pelaksananya. Beberapa alternatif saran untuk memperbaiki sistem informasi KB-Kes secara spesifik telah disampaikan pada rekomendasi. "
1990
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"[Penundaan kehamilan menyebabkan tingginya usia maternal pada kelahiran pertama dan peningkatan risiko infertilitas. Bayi tabung sebagai solusi infertilitas hanya mempercepat waktu konsepsi tanpa dapat mengompensasi penurunan fertilitas akibat usia. Tujuan penelitian ini ialah mencari pengaruh usia maternal terhadap kuantitas embrio bayi tabung. Penelitian menggunakan desain potong lintang dari 213 pasien infertilitas yang mengunjungi klinik Yasmin Kencana. Data diperoleh dari rekam medis dengan melihat usia maternal, indikasi bayi tabung dan kuantitas embrio hari ketiga. Analisis faktor usia dan indikasi bayi tabung terhadap kuantitas embrio dilakukan dengan uji korelasi Spearman, uji Mann-Whitney dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan bermakna (p<0,05) antara usia maternal dan kuantitas embrio, dengan arah korelasi negatif berkekuatan sedang (r=-0,411). Maka dapat disimpulkan bahwa usia maternal berpengaruh terhadap kuantitas embrio bayi tabung, dimana peningkatan usia menyebabkan penurunan kuantitas embrio., Delayed pregnancy has caused an increase in maternal age at first birth and infertility risk. In vitro fertilization (IVF) as a solution for infertility can only accelerate conception time without compensating the fertility decline by age. This research aimed to find the influence of maternal age towards number of embryos in in vitro fertilization. The research used cross sectional design from 213 infertility patients visiting Yasmin Kencana clinic. Data were acquired from medical record by noting maternal age, indications for IVF and number of embryos. Analysis of those factors was done by using Spearman correlation test, Mann-Whitney test and linear regression. The result showed a significant influence (p<0,05) between maternal age and number of embryos, with negative and medium strength correlation (r=-0,411). To conclude, maternal age influences number of embryos, in which an increase in age causes a decrease in number of embryos]"
[, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Prasetyo Budi Utomo
"Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem informasi Persediaan pada Perusahaan Dagang. Persediaan merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan bisnis dan ketersediaan nya tidak dapat dihindari. Dengan adanya persediaan, maka perusahaan dapat memenuhi permintaan pelanggan dengan tepat waktu. Pengendalian sistem persediaan dengan tepat akan memudahkan perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional dan menjaga kelancaran siklus operasi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode Framework for the Application of System Thinking (FAST) dan Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Services (PIECES). Penyediaan informasi data khususnya antara cabang serta kantor pusat dan gudang tidak dapat dilakukan secara cepat, tepat (real-time) dan efisien karena sistem penulisan produk dan pemasukan data produk masih dilakukan secara manual ke sistem. Kondisi ini berdampak pada pengambilan keputusan yang kurang baik, dan jumlah karyawan yang relatif tinggi. Hasil analisis dan perancangan Sistem Informasi Manajemen Persediaan adalah PT P dapat mengintegrasikan kegiatan pelaporan persediaan yang berada pada Divisi Pengadaan, Divisi Distribusi dan Divisi Keuangan & Anggaran dengan seluruh cabang yaitu dengan cara memakai perancangan sistem baru berbasiskan database supaya pengelolaan persediaan antar cabang saling update satu sama lain. Selain itu diharapkan perancangan yang baru ini dapat diketahui data-data yang diperlukan mengenai pembelian persediaan, perpindahan persediaan, data supplier, kadaluarsa persediaan, tanggal penyimpanan, ketersediaan persediaan, kondisi kelayakan, hingga tanggal pengiriman dan tujuan pengiriman yang semuanya akan disimpan pada database induk persediaan, dengan pengelolaan database yang baik akan didapatkan hasil report yang diinginkan. kemudian dikarenakan sistem ini sudah terintegrasi maka data yang diperlukan oleh kantor pusat tidak perlu dimasukkan ulang secara manual lagi seperti yang dilakukan oleh kantor cabang selama ini.

The purpose of this research is to develop inventory information system in Trading Company. Inventory is one of the important factors in business activities and availability is inevitable. With the availability, the company can meet customer demand in a timely manner. Proper control of the inventory system will make it easier for the company to carry out operational activities and maintain the smooth operation cycle of the company. This research uses Framework for the Application of System Thinking (FAST) and Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, and Services (PIECES) methods. The provision of data information, especially between branches and head offices and warehouses, cannot be done quickly, precisely (real-time) and efficiently because the product writing system and product data entry are still done manually to the system. This condition has an impact on poor decision making, and a relatively high number of employees. The result of analysis and design of Inventory Management Information System is that PT P can integrate inventory reporting activities located in the procurement division, distribution division and finance &budget division with all branches by using the design of a new database-based system so that inventory management between branches is updated with each other. In addition, it is expected that the new design can be known the necessary data on inventory purchases, inventory transfer, supplier data, inventory expiration, storage date, inventory availability, eligibility conditions, up to the delivery date and delivery destination which will all be stored in the inventory parent database, with good database management will be obtained the desired report results. then because this system has been integrated, the data required by the head office does not need to be manually re-entered again as done by the branch office so far."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christina Dian Paulina B.B.
"[ABSTRAK
Kualitas pegawai di suatu instansi pemerintah tergantung pada keberhasilan proses manajemen sumber daya manusia di instansi tersebut. Saat ini, masih terdapat beberapa masalah terkait manajemen sumber daya manusia yang dihadapi oleh Biro Kepegawaian dan Organisasi, yang merupakan unit kerja yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Biro Kepegawaian dan Organisasi juga bertanggungjawab dalam pencapaian program Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur yang merupakan salah satu program strategis dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kementerian Komunikasi dan Informatika, yang saat ini juga masih memiliki kendala dalam pencapaian output-nya.
Penelitian ini dilakukan untuk menemukan solusi bagi permasalahan di dalam Sistem Manajemen SDM melalui fitur-fitur pada Sistem Informasi Manajemen Pegawai yang dapat menjadi enabler bagi capaian program Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur di Kementerian Komunikasi dan Informatika dan kegiatan manajamen SDM lainnya.
Untuk mendapatkan fitur-fitur tersebut di atas dan merumuskan requirements specification sistem, maka penelitian ini dilakukan melalui perencanaan strategis sistem informasi menggunakan analisa Critical Success Factor (CSF) dan perancangan requirements specification sistem informasi menggunakan metode Rational Unified Process (RUP) pada disiplin Requirements di fase Inception dan Elaboration. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pegawai di Kementerian Komunikasi dan Informatika pada masa yang akan datang.

ABSTRACT
The quality of employees in a government agency depending on the success of the process of human resource management in there. Currently, there are still some problems related to human resource management faced by the Bureau of Human Resources and Organization, which is a business unit responsible for the implementation of human resource management system in the Ministry of Communications and Information Technology. Bureau of Human Resources and Organization is also responsible for the achievement of Human Resources Management System Regulation Program. This program is one of the strategic programs in the implementation of Bureaucratic Reform in the Ministry of Communications and Information Technology, that still has obstacles in achieving its output.
This study is done to find solutions of problems in the human resource management system through the features in Human Resources Management Information Systems which can be an enabler for the achievement of the Human Resources Management System Regulation Program in the Ministry of Communications and Information Technology.
To get these features above and formulating system requirements specification, this research is done through strategic planning of information systems using Critical Success Factor (CSF) analysis and the design of information systems requirements specification using the Rational Unified Process (RUP) method, especially in the Requirements Discipline in Inception and Elaboration phases. The results of this study are expected to be a recomendation for the development of Human Resources Management Information Systems in the Ministry of Communications and Information Technology in the future., The quality of employees in a government agency depending on the success of the process of human resource management in there. Currently, there are still some problems related to human resource management faced by the Bureau of Human Resources and Organization, which is a business unit responsible for the implementation of human resource management system in the Ministry of Communications and Information Technology. Bureau of Human Resources and Organization is also responsible for the achievement of Human Resources Management System Regulation Program. This program is one of the strategic programs in the implementation of Bureaucratic Reform in the Ministry of Communications and Information Technology, that still has obstacles in achieving its output.
This study is done to find solutions of problems in the human resource management system through the features in Human Resources Management Information Systems which can be an enabler for the achievement of the Human Resources Management System Regulation Program in the Ministry of Communications and Information Technology.
To get these features above and formulating system requirements specification, this research is done through strategic planning of information systems using Critical Success Factor (CSF) analysis and the design of information systems requirements specification using the Rational Unified Process (RUP) method, especially in the Requirements Discipline in Inception and Elaboration phases. The results of this study are expected to be a recomendation for the development of Human Resources Management Information Systems in the Ministry of Communications and Information Technology in the future.]"
2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Prabowo
"Keamanan informasi menjadi isu yang penting bagi perusahaan, karena informasi merupakan aset vital bagi kelangsungan bisnis perusahaan, terutama untuk organisasi yang bergerak disektor energi karena sektor ini merupakan salah satu dari lima besar teratas target serangan siber.PT XYZ sebagai salah satu perusahaan bergerak dibidang energi khususnya minyak dan gas bumi memandang keamanan informasi ini sebagai salah satu prioritas utama selain untuk memenuhi persyaratan stakeholder namun juga melihat isu keamanan informasi yang terjadi di dalam organisasi, sehingga diperlukan penerapan suatu sistem manajemen keamanan informasi. Dengan penelitian ini penulis menggunakan ISO 27001 untuk membangun sistem manajemen keamanan informasi dan melihat kesenjangan yang ada dalam organisasi berdasarkan standar sehingga bisa dibangun rekomendasi sistem manajemen keamanan informasi untuk PT XYZ.

Information security is an important issue for the company, because information is a vital asset for business, especially for organizations in energy sector because this sector is one of the top five most targeted sectors worldwide. PT XYZ as one of the companies engaged in energy especially oil and gas, information security is one of the top priorities in addition to fulfilling the requirements of the government, but also information security problem that occur in the organization, so its needed the necessary evaluation of current condition implementation of information security compared with the standard for information security management. With this research, the author using ISO 27001 to build an information security management sistem and see the gaps that exist in the organization based on standards so that can be built recommendations information security management sistem for PT XY."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ula Aimee Delyarachma Suseno
"Kemampuan sebuah perusahaan untuk bertahan dalam kompetisi di industri yang dijalani akan sangat membantu untuk keberlangsungan perusahaan. Seperti kebanyakan UMKM lainnya, terdapat tantangan yang saat ini dihadapi oleh Klinik A+ Dental Care. Dengan dilakukannya proses Business Coaching bertujuan untuk membantu memperbaiki sistem pada Klinik A+ Dental Care agar perusahaan ini dapat lebih bertahan di dunia bisnis. Penelitian ini dilakukan dengan serangkaian wawancara dengan pemilik dan observasi pada proses bisnis Klinik A+ Dental Care, sebuah klinik gigi pratama. Dengan suatu pelaku usaha bisnis berpegang teguh terhadap sistem manajemen mutu yang baik akan memudahkan untuk memiliki diferensiasi berkelanjutan. Dengan ini dilakukan beberapa analisis yang mencakup analisis internal dan analisis eksternal. Metodologi analisis yang dilakukan adalah Analisis Business Model Canvas, Analisis Marketing Mix, Analisis STP, Analisis Du Pont, Analisis PESTLE, Analisis Porter’s Five Forces, Analisis SWOT, Analisis Gap, dan Analisis Pareto. Sehingga diberikanlah Solusi berdasarkan prinsip sistem manajemen mutu yaitu prinsip customer focus, prinsip process approach, dan prinsip evidence-based decision making.

A company's ability to survive competition in the industry it operates in will be very helpful for the company's sustainability. Like most other MSMEs, there are challenges currently being faced by the A+ Dental Care Clinic. By carrying out the Business Coaching process, the aim is to help improve the system at the A+ Dental Care Clinic so that this company can survive better in the business world. This research was conducted with a series of interviews with the owner and observations of the business processes of A+ Dental Care Clinic, a primary dental clinic. Having business actors who adhere to a good quality management system will make it easier to have sustainable differentiation. With this, several analyzes were carried out including internal analysis and external analysis. The analysis methodology used is Business Model Canvas Analysis, Marketing Mix Analysis, STP Analysis, Du Pont Analysis, PESTLE Analysis, Porter's Five Forces Analysis, SWOT Analysis, Gap Analysis, and Pareto Analysis. Therefore, the solution is provided based on the principles of a quality management system, namely the customer focus principle, the process approach principle, and the evidence-based decision making principle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dakhlan Choeron
"Penelitian Sistem Informasi Manajemen Klinik Gumayun di Kabupaten Tegal dengan Berbasis Web, dilatarbelakangi adanya ketidaksesuaian laporan kegiatan serta laporan keuangan di Klinik Gumayun. Tujuan penelitian adalah sistem informasi manajemen untuk pelayanan kesehatan di klinik Gumayun. Variabel penelitian ini adalah pada aspek ketersediaan data dan informasi, relevansi data dan informasi, kecepatan laporan dan akurasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi di klinik Gumayun sebelum pengembangan sistem belum dapat menghasilkan informasi secara mudah, tepat waktu, akurat dan relevan. Dengan demikian diharapkan pengembangan sistem informasi manajemen dapat meningkatkan kualitas data dan informasi di Klinik Gumayun. Kesimpulanya adalah sistem informasi yang terkomputerisasi dapat memudahkan pencatatan dan pelaporan distribusi obat, laporan kunjungan pasien dan juga laporan keuangan serta dapat memberikan informasi kepada masyarakat. Saran yang dapat diberikan adalah perlu adanya petugas yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan sistem, petugas klinik yang ada dapat dimanfaatkan pada masing - masing ruang pelayanan sesuai dengan tugas dan fungsinya,.Selain itu, sistem informasi manajemen ini dalam implementasi kedepan, masih dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan diharapkan dapat diintegrasikan terhadap pelaporan dari klinik swasta ke instansi pemerintah seperti Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Clinical Research Management Information System Gumayun in Tegal district based on web highlighted with in order to avoiding the discrepancy of the activity reports and financial reports at that clinic. The purpose of this research is to develop a management information system for health care services in the clinic. The variables of this research based on the aspects of the availability of data and information, the relevance of data and information, the speed of report and also the accuracy of data. The results of this research showed that the information system at the Gumayun clinic before the development of the system has not been able to generate information in an easy, timely, accurate and relevance. Hopefully, by the development of the management information system will improve the quality of data and information at the Gumayun clinic from the element of convenience, timeliness, accuracy, and relevancy. The conclusion of this research is by using the computerized information system services that can establish it easier to recording and reporting of the drug distribution, reporting patiens and also on the report about financial results and information to many people. Advice that can be given is to deploy the system into the services at the clinic activities at the Gumayun clinic, and also it needs the health care personnel who can be responsible for maintaining and developing the system so that when the system is needed, the system can be used easily. The existing clinic personnel can be utilized on every services area based on the function. In addition, the management information system in the implementation of the future, they can be developed according to the needs and are expected to be integrated to the reporting of private clinics to health centers and government agencies such as the Department of Health.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas indonesia, 2014
T41681
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
April Lusi Prihatini
"Sistem informasi sumber daya manusia merupakan bagian dari sistem informasi fungsional Fakultas. Tujuan sistem informasi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan informasi sumber daya manusia untuk semua area fungsional yang membutuhkan di setiap jenjang organisasi, mendukung Pimpinan dalam membuat keputusan, dan mendukung pembuatan laporan. Dengan adanya sistem informasi ini, Fakultas dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang sesuai dengan formasi yang diperlukan.
Penelitian ini mendapatkan bahwa Fakultas menghadapi sejumlah permasalahan dalam mengelola sistem informasi tersebut, yaitu : kegiatan operasional yang tidak efisien, kesalahan-kesalahan tidak disengaja yang menyebabkan kebenaran data kurang terjamin, dan perubahan-perubahan di lingkungan eksternal maupun internal Fakultas yang menyebabkan Fakultas perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian terhadap sistem yang ada. Fakultas membutuhkan pengelolaan sistem informasi sumber daya manusia yang baik untuk meningkatkan produktivitas. Untuk itu Fakultas membuat strategi untuk menerapkan sistem informasi sumber daya manusia berbasis komputer yang menyediakan basis data yang up to date, lengkap, akurat, terintegrasi, dan konsisten. Sistem ini harus dapat diakses oleh setiap pemakai yang berwenang dan memerlukarmya untuk memperlancar kegiatan di Fakultas.
Penelitian ini membahas tahapan-tahapan perencanaan strategi sistem informasi dan teknologi informasi yang mengacu pada metodologi APT dan Edwin E. Tozer. Rangkaian kegiatan yang dikerjakan selama penelitian ini adalah studi literatur, mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan dan spesifikasi sistem, mempelajari kondisi sistem yang ada sekarang, dan mendesain sistem yang baru.
Hasil penelitian ini adalah sebuah rencana sistem informasi dan teknologi informasi sumber daya manusia. Rencana ini diharapkan dapat menjadi pedoman mewujudkan sistem informasi sumber daya manusia berbasis komputer di Fakultas.

Human Resource Information System (HRIS) is a part of functional Information Systems of a Faculty/College. The purpose of the HRIS are to fulfill the information of human resources, that is needed by all functional areas in every organization levels; to support Managers to make decision; and to support reporting. This Information System also provides information to the Faculty to fill in human resource positions accordingly.
The research finds that the Faculty has a lot of problems to manage its HRIS such as inefficient operations, human errors that make data inaccurate, and external or internal changing that requires the Faculty to modify the system. The Faculty needs the best of HRIS to enhance the productivity. In order to achieve the best HRIS these the Faculty creates a strategy to implement a Computer Based Human Resource Information System that provides up to date, complete, accurate, integrated, and consistent data base of human resources. This Information System can be accessed by authorized users to support all activities in the Faculty.
This research discusses stages of a strategic planning for information systems and information technology referring to APT and Edwin E. Tozer methodology. Activities in the research are doing literature study, collecting system requirement and specification, studying the existing system, and designing the new system.
The result of this research is a Strategic Human Resource Information System and Information Technology Planning. The design is expected to be a reference for the implementation of Computer Based Human Resource Information System in the Faculty.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maria Ulfah
"Sistem informasi, infrastruktur, jaringan dan perangkat keras merupakan aset teknologi informasi di Pusdatin BKPM yang perlu dikelola dan dipelihara dengan baik untuk mengurangi terjadinya permasalahan di kemudian hari. Pemeliharaan aset TI, bukan hanya tentang bagaimana memperpanjang jangka hidup aset dan memastikan bahwa aset tersebut beroperasi secara efisien dan ekonomis tetapi juga mempertimbangkan aspek perencanaan dan strategi pengelolaan aset TI. Ketiadaan informasi mengenai aset-aset TI berdampak pada pengelolaan aset-aset TI yang kurang baik sehingga perlu dilakukan suatu pendataan aset TI yang terstruktur, terjadwal dan rutin.
Sistem Informasi Manajemen Aset TI (SMATI) digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan data dan informasi yang berkaitan aset TI. SMATI juga menyediakan kapabilitas pendukung keputusan melalui analisis data aset TI sebagai bahan pendukung keputusan pimpinan (bottom-up) dalam melakukan pengawasan, melakukan penilaian efektivitas pengelolaan aset, dan pemilihan teknologi di masa depan.
Penelitian ini melakukan perancangan spesifikasi kebutuhan sistem informasi dengan menggunakan Rational Unified Process (RUP) dengan disiplin Requirement pada Fase Inception dan Elaboration. Hasil dari penelitian ini adalah berupa dokumen artifak kebutuhan yang merepresentasikan kebutuhan Sistem Informasi Manajemen Aset TI di Pusdatin.

Information system, infrastructure, network, and hardware are information technology asset (IT Asset)s which have to be maintained and to be managed by Data and Information Center (Pusdatin) in order to minimize problems in the future. IT asset management, is not only about how to extend the lifecycle and to operate efficiently but also to consider in strategic aspect. The absence of IT assets information results poor IT asset management. Pusdatin requires a structured, scheduled, routine asset inventory to overcome this problem.
IT Asset Mangement System (SMATI) used by Pusdatin to collect and to reserve IT asset information. SMATI also provides decision support capability through analytical data. It can be used as a management decision support (bottom-up) in monitoring, assessing the effectiveness of asset management, and technology selection in the future.
This research is designing the system requirements specification information system using the Rational Unified Process (RUP) with Requirement discipline in Inception and Elaboration phase. The results of this study are in the form of a document artifacts that represent the needs of IT Asset Management Information System.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>