Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29580 dokumen yang sesuai dengan query
cover
New York : Physica-Verlag, 2006
658.403 8 KNO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Bella Nafissa Bagjana
"Pengetahuan adalah landasan penting bagi setiap bisnis dalam berinovasi. Perolehan, penyebaran, dan penerapan pengetahuan, atau yang disebut proses knowledge management, memudahkan terciptanya gagasan untuk berinovasi. Perubahan signifikan pada produk, proses, atau pasar dari hasil inovasi tersebut selanjutnya dapat berdampak pada kinerja bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi knowledge management pada tingkat Usaha Kecil Menengah (UKM), di Kabupaten Gunungkidul untuk melihat pengaruhnya
terhadap business perfomance melalui innovation sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, berjenis eksplanatif melalui
penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pemilik dan manajer pada UKM di Kabupaten Gunungkidul menggunakan teknik sampel non probability yakni purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara knowledge management terhadap business performance melalui innovation pada UKM. Umur UKM yang mayoritas cenderung baru serta jumlah
karyawan yang sedikit membuat UKM lebih banyak memperoleh pengetahuan secara internal. Para UKM juga mampu merespon perkembangan teknologi, melakukan perbaikan kecil pada produk yang ada, serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggannya sehingga mampu meningkatkan laba bersih dan pertumbuhan penjualannya selama 2 tahun terakhir (2018-2019). Oleh karena itu, pelaksanaan knowledge management pada UKM di Gunungkidul mendorong terciptanya innovation yang memengaruhi business performance UKM tersebut.

Knowledge is an important foundation for every business to innovate. The acquisition, dissemination, and application of knowledge, or called knowledge
management process, facilitates the creation of ideas for learning. Significant changes in products, processes or markets resulting from these innovations can further impact its business performance. This study aims to analyze the implementation of knowledge management at the level of Small and Medium
Enterprises (SMEs), in Gunungkidul Regency to see its effect on business performance through innovation as an intervention variable. This study uses a quantitative approach, the type of spread is explanatory through a questionnaire to 100 respondents who are owners and managers of SMEs in Gunungkidul Regency using a non-probability sampling technique, namely purposive. The results show that there is an influence between knowledge management on business performance through innovation in SMEs. The age of the majority of SMEs tend to be new and the number of employees who are few makes more SMEs obtained
knowledge internally. SMEs are also able to respond to technological
developments, make small improvements to existing products, and build stronger
relationships with their customers so as to increase net profit and product sales
growth for the last 2 years from 2018-2019. Therefore, it is the implementation of
knowledge management in SMEs in Gunungkidul that encourages the creation of
innovations that affect the business performance of these SMEs.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Haekal Dwinanda
"Rendahnya tingkat kelentingan dalam proses produksi dari usaha mikro, kecil dan menengah yang disebabkan oleh sulitnnya mendapatkan kredit produktif, menjadikan proses alih daya sebagai salah satu solusi. Namun proses alih daya yang umum dilakukan oleh usaha mikro, kecil dan menengah dirasa panjang dan menyulitkan. Untuk menjawab hal tersebut maka dirancanglah sistem manajemen pengetahuan dengan sistem perekomendasi untuk proses alih daya pada usaha mikro, kecil dan menengah. Sistem ini merekomendasikan usaha mikro, kecil dan menengah sebagai mitra pengalihan daya berdasarkan profil usaha dan kriteria lain seperti lokasi dan kemampuan produksi. Sistem perekomendasi yang dirancang dalam penelitian ini menggunakan algoritma top-n. Sistem manajemen pengetahuan berupa aplikasi sistem perekomendasi berbasis web dihasilkan dari penelitian ini.

To address the low resilience of production process in small and medium enterprises caused by the difficulties in getting loans, outsourcing are proven as a working solution. Even so, the process of outsourcing in the small and medium enterprises are perceived as lengthy and difficult. To address aforementioned problem, a knowledge management system with recommender system for small and medium enterprises outsourcing are designed. This system recommend another small and medium enterprises that suitable to be an outsourcing partner based on enterprise’s profile and another criteria such as location and production capability. This recommender system make use of the top-n algorithm. The result of this research is a knowledge management system in form of recommender system web-based app.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59772
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuda Nurmantara
"Karya tulis ini menggunakan teknik pemodelan SEM untuk memverifikasi model teoritis dari manajemen pengetahuan. Tujuan dari studi ini adalah untuk menjelaskan pengaruh Knowledge management terhadap kinerja perusahaan. Analisis empiris memperkirakan pengaruh Knowledge management terhadap kinerja UKM menggunakan data yang dikumpulkan melalui kuesioner, diisi oleh 108 UKM.
Model penelitian ini terdiri dari enam dimensi utama; (1) Use of knowledge, (2) Knowledge acquisition, (3) Knowledge storage, (4) Motivation, (5) measuring the efficiency of knowledge management implementation, and (6) knowledge transfer, namun demikian, kinerja perusahaan diukur oleh Growth UKM dan Profitability UKM.

This study use SEM as a techique model to verify theoritical modelling from knowledge management. The purpose of this study is to explain the evidance of knowledge management to company performance. An empirical analysis estimate the evidance of knowledge management againt SME performance using the data that collected by quistionnaire, and it filled by 108 SME's.
The model of this this study consist of 6 primary dimenssion : (1) Use of knowledge, (2) Knowledge acquisition, (3) Knowledge storage, (4) Motivation, (5) measuring the efficiency of knowledge management implementation, and (6) knowledge transfer. Otherwise the company performance is measure by SMEs Growth and SMEs Profitability.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44591
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewangga Wisnu
"Di seluruh dunia, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memainkan peran signifikan dalam menguatkan perekonomian nasional. Namun, di masa depan persaingan antara UMKM dengan perusahaan besar akan semakin ketat. Untuk itu, UMKM harus tumbuh dan berkembang serta mempunyai keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif dapat dicapai jika perusahaan berhasil meningkatkan kinerja dan kemampuannya dalam berinovasi. Organisasi yang dapat mengenali dan mengembangkan strategi manajemen pengetahuan untuk meningkatkan pengetahuan baru maupun yang sudah ada, pasti organisasi tersebut akan mendapatkan keunggulan kompetitif.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara strategi manajemen pengetahuan terhadap inovasi dan kinerja. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner penelitian ke 1723 calon responden dan diperoleh data sebanyak 206 dari hasil pengiriman kuesioner. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode statistik dengan teknik multivariate Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan aplikasi LISREL 8.8.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan langsung antara strategi manejemn pengetahuan dengan inovasi dan kinerja, serta hubungan langsung antara inovasi dengan kinerja pada UMKM. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan adanya hubungan tidak langsung dari strategi manajemen pengetahuan kodifikasi dan personalisasi dengan kinerja melalui peningkatan inovasi.

Micro, small, and medium enterprises (MSMEs) play a significant role in strengthening the national economy in a worldwide scale. However, in the near future the competition between MSMEs and corporation will be more intense than ever. Therefore, MSMEs need to grow and develop competitive advantages. These advantages could be achieved if the organizations succeed to improve its performance and ability to innovate. Organization that managed to identify and develop its knowledge management strategy in order to gain both new and existing knowledge, will surely gain a competitive advantages.
This research aims to analyze the relationship between knowledge management strategy towards innovation and performance. Data were collected by distributing questionnaires to 1723 potential respondents and 206 of them were obtained as respondents. The method used to analyze the data is multivariate Structural Equation Modeling (SEM) using LISREL 8.8.
The result of this study showed that direct connection, between knowledge management strategy and innovation does exist. It also showed the existence of direct connections between knowledge management strategy and performance, as well as direct connection between innovation and performance. Lastly, it also proved that indirect connection between knowledge management strategy codification and personalization towards performances exist through improvement of innovation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Schwartz, David G.
Hershey: Idea Group Reference, 2006
658.403 8 SCH e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ananda Cikal Asadera
"Salah satu kunci kesuksesan dalam manajemen pengetahuan adalah kemampuan proses pengelolaan pengetahuan. Pendekatan contingency view digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan proses pengelolaan pengetahuan yang paling tepat diimplementasi oleh BATAN. BATAN yang sedang bersiap mengimplementasi manajemen pengetahuan membutuhkan pandangan dari pihak ketiga dalam memberikan panduan proses pengelolaan pengetahuan yang dibutuhkan untuk diimplementasi oleh BATAN beserta urutan prioritas proses tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan proses combination yaitu proses pembuatan pengetahuan baru dari data atau informasi tertulis yang sudah ada memiliki prioritas tertinggi. Proses routine yaitu pemanfaatan pengetahuan yang tertanam di dalam prosedur, aturan, dan norma menempati urutan kedua. Kedua proses tersebut merupakan proses yang tepat untuk diimplementasi di BATAN dengan adanya dukungan infrastruktur manajemen pengetahuan yang dimiliki oleh BATAN.

One key to have successful knowledge management implementation is knowledge management process capabilities. Contingency view approach is used in this research to determine the right knowledge management process to be implemented by BATAN. BATAN which want to implements knowledge management needs third party perspective in giving guidance about the appropriate knowledge management process and the priority of the process.
The result of this study tells that combination, process which make a new knowledge from existing data or information, have the highest priority. Routines, utilization of knowledge embedded in procedure, rules, and norm, in second place. Both of the processes have the highest priorities to be implemented in BATAN with the support from knowledge management infrastructure that BATAN already have.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desouza, Kevin C
"engagement with new realities"
Hampshire: Palgrave, 2005: Hampshire, 2005
658.403 8 DES e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Tiwana, Amrit
New york: Prentice hall, 1999: New york, 1999
658.4 TIW k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>