This study provides a comprehensive understanding of SMEs’ online advertising adoption before and during the Covid-19 Pandemic. Among a purposive homogenous sample of SMEs in the Netherlands, we find that previous to the pandemic, SMEs still need to improve on the knowledge of the potential benefits of online advertising. The benefits, however, have become more apparent for SMEs amid the pandemic. We show that SMEs with high manager awareness and intense online advertising within their competitive landscape and consumer behavior are more likely to adopt online advertising; yet, SMEs with low technological, human, and financial resources are less likely to do so. We also find that company websites, social media, and online video advertising as the most effective online advertising tools for SMEs. To the best of the author’s knowledge, this paper is the first contributing to capture the effects of Covid-19 Pandemic on SMEs’ online advertising in the Netherlands."
Pertumbuhan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sektor fashion menjadi salah satu kategori terbesar dalam penjualan online. Intensi repurchase dan WOM adalah dua faktor penting yang menentukan keberhasilan jangka panjang dan profitabilitas platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi repurchase dan WOM pada e-commerce fashion, khususnya Zalora. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif konklusif dengan metode non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 235 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora dari generasi Y dan Z. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cash on Delivery, Reputation, dan Information memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Trust tetapi Return Policy Leniency tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Reputation berserta Product Availability dan Timely Product Delivery juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction tetapi Information dan Shipment Condition tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara Customer Trust dan Customer Satisfaction memiliki hubungan yang signifikan terhadap Repurchase dan WOM Intention.