Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120648 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Huimassa, Happy
"Penelitian ini membahas mengenai Evaluasi Layanan Taman Bacaan Masyarakat @ Mall : Blok M Mall, Pejaten Village dan Plaza Semanggi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan mengetahui keberhasilan penyelenggaraan layanan Taman Bacaan Masyarakat @ Mall di Blok M Mall, Pejaten Village dan Plaza Semanggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna TBM@Mall Blok M Mall, Pejaten Village dan Plaza Semanggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa koleksi yang dimiliki TBM@Mall Blok M Mall cukup membantu pengguna sedangkan koleksi yang dimiliki TBM@Mall Pejaten Village dan TBM@Mall Plaza Semanggi membantu pengguna. Layanan yang diberikan TBM@Mall Blok M Mall, TBM@Mall Pejaten Village dan TBM@Mall Plaza Semanggi dinilai baik oleh pengguna, terutama mahasiswa.

This research describes the evaluation of service towards Taman Bacaan Masyarakat @ Mall: Blok M Mall, Pejaten Village and Plaza Semanggi. The objective of this research is to describe and determine the achievement of service delivery Taman Bacaan Masyarakat @ Mall at Blok M Mall, Pejaten Village and Plaza Semanggi. This research is quantitative research using the survey method. Respondents in this study were users TBM @ Mall Blok M Mall, Pejaten Village and Plaza Semanggi. The results of this study indicate that the collection owned by TBM @ Mall Blok M Mall sufficient assist users while the collection is owned by Pejaten Village Mall @ TBM and TBM @ Mall Plaza Semanggi help users. Services provided TBM@Mall Blok M Mall, TBM@Mall Pejaten Village and TBM@Mall Plaza Semanggi rated well by users, especially college students."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S53061
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Izhaar Dienillah
"Skripsi ini membahas kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Identifikasi kepuasan pengguna didasarkan pada empat dimensi LibQUAL+TM , yaitu dimensi sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pengguna (Affect of Service), dimensi mengenai kecukupan dan akses terhadap koleksi perpustakaan (Access to Information), dimensi mengenai kemandirian pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan (Personal Control), dan dimensi perpustakaan dalam pengertian fisik (Library as a Place).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna puas akan layanan yang diterimanya. Dan kepuasan pengguna berdasarkan kesenjangan (gap) antara dirasakan dan harapan responden menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok dinilai baik, berada pada “zone of tolerance”, dimana kualitas layanan berada di antara tingkat harapan minimum yang dapat diterima dan tingkat harapan yang diinginkan.

This thesis discusses the user satisfaction of library services at Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. This study uses a quantitative approach. User satisfaction identified base on four dimension LibQUAL+TM, that is dimensions of the attitude and ability of library staff to serve the users (Affect of Services), dimensions regarding adequacy and access to library collections (Access to Information), dimensions on the independence of the user in utilizing the library (Personal Control), and libraries in terms of physical dimensions (Library as a Place).
Results showed that users were satisfied with the services received. User satisfaction based on the gap between the perceived and the expectations of respondents indicated that the quality of services rated as good, in the "zone of tolerance", where quality of service is between the minimum expectation level that is acceptable and desirable level of expectation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stephanie Amalia
"Skripsi ini membahas kebutuhan informasi masyarakat di pulau Panggang dan Pramuka DKI Jakarta yang diwakili oleh kelompok nelayan, ibu rumah tangga dan pelajar SMA tingkat akhir dalam mendukung aktifitas kehidupan mereka sehari-hari terhadap Perpustakaan Umum Kepulauan Seribu DKI Jakarta. Penelitian ini melakukan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menemukan bahwa, Perpustakaan Umum Kepulauan Seribu DKI Jakarta sudah memenuhi kebutuhan informasi masyarakat melalui koleksi-koleksi bukunya. Namun, masyarakat pulau Panggang dan Pramuka tidak mengakses koleksi-koleksi tersebut. Hasil penilaian kebutuhan dan pola penyebaran informasi dalam penelitian ini, menunjukan bahwa masyarakat pulau Panggang dan Pramuka terbiasa menggunakan sumber informasi informal. Hal ini dipengaruhi oleh kearifan lokal (Indigenous Knowledge) yang telah tertanam pada masa sebelumnya, dan ikatan kekeluargaan yang erat antara individu satu dengan lainnya. Karena itu, perpustakaan umum sebagai fasilitas publik diharapkan dapat mendekatkan pola-pola pelayanan sesuai dengan budaya masyarakat setempat, sehingga bermanfaat di lingkungan tersebut.

The focus of this study is the needs of the information society on the Panggang and Pramuka islands represented by groups of fishermen, housewives and high school students in support of the activities of their daily lives. This research is approach by qualitative case study method. The results of this study found that, the Thousand Islands Public Library Jakarta meets the information needs of the community through collections of books. However, the societies do not familiar to access these collections. The results are needs assessment and information dissemination patterns showing that the societies used to use informal information sources. It is influenced by indigenous (Indigenous Knowledge) that has been embedded in the past, and the close family ties between individuals to one another. Therefore, the public library as a public facility is expected to be closer to the patterns of service in accordance with the local culture, making it useful in that environment."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44440
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Djuharno
"Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengkaji implementasi manajemen perpustakaan dalam otonomi daerah (2) untuk mengkaji pengaruh dan implikasi otonomi daerah terhadap manajemen perpustakaan. Otonomi daerah berimbas terhadap bergesernya sistem pemerintahan yang sentralistik ke desentralistik sehingga menimbulkan perubahan dalam kebijakan penyelenggaraan pembangunan nasional.
Populasi penelitian adalah pejabat struktural dan fungsional pustakawan Badan Perpustakaan Daerah D,I Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara mendalam (depth interview).
Hasil penelitian menunjukan bahwa otonomi daerah berdampak terhadap manajemen perpustakaan dan fungsi-fungsinya yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organi:ing), pengelolaan staf (staffing), pengarahan (directing), koordinasi (coordinating) dan penganggaran (budgeting) (2) otonomi daerah berpengaruh terhadap manajemen perpustakaan yang terkait dengan aspek status/organisasi, pembiayaan, ketenagaan, koleksi, teknis layanan perpustakaan. (3) otonomi daerah berdampak positif tehadap kesejahteraan pegawai, penghargaan (reward) dan pemberdayaan pustakawan, namun sebaliknya otonomi daerah juga berdampak negatif terhadap terhambatnya kemajuan karier, promosi jabatan serta pengembangan staf perpustakaan di lingkungan Perpustakaan Daerah D.I Yogyakarta.

The Implementation of Autonomy and Its Impact on Library Management = Case study at the Province library of D.I YogyakartaThe objectives of the study are as follows : (1) to find out how the library management implementation of autonomy and ,(2) to find out the impacts and implication of autonomy on the library management That authonomy brings about a shift in local administrative system, that is from a centralized system to a decentralized one, which causes a change in the policy in implementing national development.
The population of the study are the top and middle managers, librarians and clerical staf at the provincial library of Yogyakarta. The study uses qualitative approach and the depth interview method.
The result of study show that (1) autonomy has impacts on library management including planning, organizing, staffing, directing, coordinating and budgeting (2) autonomy has impacts on library management in relation with organizational status, funding, staffing, collection and library services, and (3) autonomy has not only positive impacts on staff welfare, rewards and empowering librarians but also negative impacts on career development, job promotion and staff development in the Provincial Library of D.I Yogyakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11585
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Raihani Surya Putri
"Dalam konteks perpustakaan umum yang terus berkembang, konsep perubahan, pergeseran, dan transformasi bukan hanya sekedar istilah bahasa. Studi ini menggali program spasial perpustakaan umum. Melalui studi kasus komparatif antara Perpustakaan Jakarta dan Deichman Bjørvika, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana kedua perpustakaan tersebut merangkul perubahan, pergeseran, atau transformasi. Sementara Perpustakaan Jakarta menunjukkan pergeseran penting menuju keterlibatan masyarakat, Deichman Bjørvika bertransformasi menjadi tempat ketiga. Studi ini menyimpulkan bahwa perpustakaan umum secara signifikan berkontribusi dalam membentuk ruang publik yang menarik, menumbuhkan semangat komunitas, dan melampaui peran konvensional mereka sebagai tempat penyimpanan buku.

In the evolving contexts of public libraries, the concepts of change, shift, and transform are not just linguistic terms. The study delves into the spatial programs of public libraries. Through a comparative case study of Perpustakaan Jakarta and Deichman Bjørvika, the study explores how both libraries embrace change, shift, or transformation. While Perpustakaan Jakarta showcases a notable shift towards community engagement, Deichman Bjørvika transformed itself into a third place. The study concludes that public libraries significantly contribute to shaping engaging public spaces, fostering community vibrancy, and surpassing their conventional role as repositories of books."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Coote, Helen
London: Aslib , 1997
026 COO h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Jaisyi Rohman
"Skripsi ini membahas tentang fungsi rekreasi perpustakaan, tepatnya pada Taman Baca Bulian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana fungsi rekreasi edukatif berjalan pada Taman Baca Bulian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Taman Baca Bulian menyediakan koleksi, ruang, layanan, dan pengelola yang dapat menunjang kegiatan rekreasi edukatif dan telah dimanfaatkan oleh pemustaka anak. Hasil penelitian ini menyarankan Taman Baca Bulian untuk meningkatkan koleksi, ruang, layanan, dan pengelola serta melakukan promosi dengan gencar guna menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Taman Baca Bulian.

This research describes the functions of recreations at libraries, specifically in the library of Taman Baca Bulian. The method used in this research is descriptive qualitative with case study approach. This research aims to describe how educative recreations function at Taman Baca Bulian. The result of the research shows that Taman Baca Bulian provides book collections, space, services, and management that support educative recreation activities which have been utilized by young readers. The result suggests Taman Baca Bulian to improve their book collections, space, services, management, as well as promotions to attract society's interest in visiting Taman Baca Bulian."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69515
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vanka Adyannisa
"Penelitian ini membahas mengenai modal sosial yang terbentuk dalam layanan Perpustakaan Umum Kota Depok berdasarkan pada unsur kepercayaan, jaringan dan norma. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mendeskripsikan proses pembentukan modal sosial dalam layanan Perpustakaan Umum Kota Depok dan memahami interaksi yang terjadi antara pustakawan dan pemustaka pada aktivitas layanan Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Informan penelitian ini adalah pustakawan yang terlibat interaksi dalam layanan perpustakaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian, dari ketiga unsur modal sosial, jaringan sosial menjadi unsur paling dominan karena interaksi pustakawan dan pemustaka dalam layanan perpustakaan mampu membentuk kerjasama antara perpustakaan dengan sekolah, menjadi tempat untuk berdiskusi, dan melakukan kerja kelompok bagi pemustaka pelajar, serta menjadi tempat untuk hiburan keluarga yang mengedukasi. Sementara norma sosial berada di posisi terakhir, terlihat bagaimana pemustaka kurang mempedulikan aturan dan patuh kepada pustakawan, sehingga pustakawan memberikan teguran kepada pemustaka dan melakukan kerjasama agar pemustaka mematuhi norma sosial di perpustakaan. Oleh karena itu, dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap norma sosial agar tercipta rasa saling menghargai antara pemustaka dengan pustakawan sehingga hubungan antara kedua pihak dapat terjalin dengan baik dan peraturan yang ada dapat dipatuhi dan dipahami bersama.

This study discusses social capital of library service at of Depok Public Library based on elements of trust, networks and norms. The purpose of the research is to describe the process of forming social capital at Depok Public Library services and understand the interactions that occur between librarians and users in library service activities. This research uses qualitative approach with ethnography method. Data collection techniques that are used involving observation, interviews, and document analysis. The informants of this research are librarians who are involved in interaction in library services using purposive sampling technique. The results of the study, of the three elements of social capital, social networks become the most dominant element because from the interaction of librarians and users in library services, they are able to form collaboration between libraries and schools, a place for discussion, and group work for student users, as well as a place for family entertainment that educates. Meanwhile, social norms are placed in the last position, therefore it can be seen how users ignore the rules and obey librarians, so librarians give warnings to users and collaborate so that users comply with social norms in the library. Therefore, more attention is needed to social norms in order to create mutual respect between librarians and uso that the relationship between the two parties can be well established and the existing regulations can be adhered to and understood together."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhini Prawita Wedhana
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas kualitas layanan perpustakaan riset di Bank Indonesia.
Tujuan dari penelitian ini adalah unruk menggambarkan kualitas layanan yang
terdapat di perpustakaan riset Bank Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah
gambaran kualitas layanan perpustakaan riset Bank Indonesia yang dilakukan oleh
staf perpustakaan untuk memaksimalkan layanan di perpustakaan riset Bank
Indonesia terhadap pemustakanya.

ABSTRACT
This research is about service quality of research library in Bank Indonesia. The
objective of this research is to describe service quality in the research library of
Bank Indonesia. This is a qualitative research using the descriptive method. The
result of this research is the description for service quality in research library
Bank Indonesia conducted by the library staff to optimize service in research
library Bank Indonesia for the library patrons."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S56545
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Dewasa ini dunia telah ditandai oleh berbagai perubahan yang pesat dan bersifat global. Untuk itu, diera globalisasi dan teknologi, informasi menjadi bagian dari nafas kehidupan manusia. Disamping menuntut perpustakaan sebagai institusi pengelola informasi tersebut. Selanjutnya, sebuah perpustakaan yang berkualitas memerlukan sistem pengelolaan yang rapi, baik, memuaskan terhadap tiap-tiap pemustakanya, serta senantiasa memperhatikan peningkatan mutu pelayanan dan koleksinya. Berdasarkan pemikiran tersebut, sebuah penawaran alternatif dalam meningkatkan kualitas layanan khususnya perpustakaan PT adalah dengan pendekatan Total Quality Service (TQS). TQS dalam manajemen perpustakaan PT dimaksudkan sebagai sistem manajemen strategis dan integratif yang melibatkan semua unsur, baik kepala perpustakaan, pustakawan, dan seluruh petugas perpustakaan, serta menggunakan metode-metode kualitatif dan kuantitatif untuk memperbaiki secara berkesinambungan proses-proses organisasi agar dapat memenuhi kebutuhan, keinginan serta harapan setiap pemustakanya."
JIPI 1:1 (2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>