Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174374 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dian Chaerunnisaa
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara electronic word-of mouth, citra daerah tujuan wisata, sikap wisatawan terhadap daerah tujuan wisata,dan keinginan berwisata. Fokus dari penelitian ini adalah wisatawan nusantara yang pernah atau sedang berkunjung ke daerah tujuan wisata Provinsi DIY dalam periode tahun 2012-2013. Studi lapangan terhadap 100 wisatawan nusantara menunjukkan hasil melalui Structural Equation Model bahwa electronic word-ofmouth berdampak pada terciptanya citra daerah tujuan wisata, dan selanjutnya citra daerah tujuan wisata memiliki peran dalam terbentuknya sikap wisatawan terhadap daerah tujuan wisata dan keinginan untuk berwisata.

This research aims to investigate the relationship between electronic word-ofmouth, destination image, tourist attitude toward destination, and travel intention. Particularly, It focuses on the national tourists which have visited or currently visit to DIY Province during period of 2012-2013. The field study of 100 national tourists through Structural Equation Model shows that electronic word-of-mouth affects to the destination image creation and also it shapes the tourists attitude towards destination as well as travel intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45958
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neng Sindi Dewi Rosmiati
"ABSTRAK
Pada sektor pariwisata, ilmu pemasaran memiliki peran penting. Hal tersebut terjadi karena konsumen pada industri pariwisata jarang melihat, merasa atau mencoba produk yang akan dibelinya. Kondisi yang sedemikian rupa menjadikan rekomendasi dari orang lain (word of mouth) khususnya keluarga dan teman menjadi penting bagi calon wisatawan untuk menentukan tujuan destinasi wisata. Word of mouth dalam industri pariwisata sangat efektif dan persuasif dibandingkan jenis pemasaran lainnya untuk menarik wisatawan. Word of mouth dipengaruhi dari citra yang melekat pada destinasi wisata. Apabila citra destinasi (destination image) baik maka akan mendorong terjadinya word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh destination image terhadap word of mouth pada wisatawan nusantara di Kota Batu, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatif, dengan menyebar kuesioner ke 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara destination image terhadap word of mouth. Penelitian ini menunjukan bahwa destination image Kota Batu yang positif mendorong wisatawan untuk melakukan word of mouth.

ABSTRACT
Marketing science has an important role in the tourism sector. This happens because consumers in the tourism industry rarely see, feel or try the product they are going to buy. Hence, recommendation from other people (word of mouth)--especially family and friends--is important in order for tourists to decide their destination. Word of mouth in the tourism industry is very effective and persuasive compared to other types of marketing to attract tourists. Word of mouth is effected by the destination image. When a tourist has a good destination image, word of mouth more likely to happen.The purpose of this research is to analysis of the effectiveness of destination image on domestic tourist word of mouth in Kota Batu, Jawa Timur. Quantitative approach with explanative research was implemented in conducting this research. A survey using questionnaire distributed to 100 respodents. Results of this research shows there are correlation between destination image on word of mouth. This research also show that positive destination image of Kota Batu encourages tourists to do word of mouth."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Si Agung Candra Arum Sari Dewi
"Pasca pandemi COVID-19 pariwisata Bali mulai bangkit namun belum sepenuhnya pulih. Pada masa transisi pandemi COVID-19  menuju endemi, Bali menjadi sorotan di media sosial terkait dengan perbedaan pelayanan yang diterima oleh wisatawan domestik. Selain itu, penyebaran informasi oleh wisatawan terkait dengan perubahan kondisi wisata di Bali saat memasuki masa endemi akan berdampak bagi citra destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eWOM, persepsi risiko, dan citra destinasi terhadap niat berkunjung. Penelitian ini juga menggunakan analisis jalur untuk mengetahui pengaruh tidak langsung eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probabilitas dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 246 wisatawan domestik. Penelitian ini menemukan bahwa eWOM dan citra destinasi memiliki pengaruh yang positif terhadap niat berkunjung. Persepsi risiko memiliki pengaruh yang negatif terhadap niat berkunjung. Pengaruh negatif mengartikan bahwa semakin meningkatnya persepsi risko maka nilai pada niat berkunjung akan menurun.  Melalui analisis jalur diketahui bahwa eWOM dan persepsi risiko terhadap niat berkunjung melalui citra destinasi berpengaruh signifikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wisatawan domestik mengandalkan eWOM untuk mencari tahu mengenai destinasi wisata yang ingin mereka kunjungi. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemerintah, pemangku kepentingan, dan destination marketing organization memanfaatkan eWOM dalam membangun citra destinasi dan membangkitkan kembali niat berkunjung wisatawan pasca pandemi COVID-19.

After the COVID-19 pandemic, Bali tourism began to revive but has not fully recovered. During the transition from the COVID-19 pandemic to the endemic, Bali was in the spotlight on social media due to the differences in services received by domestic tourists. In addition, the dissemination of information by tourists related to changes in tourism conditions in Bali when entering an endemic period can impact the image of a Bali destination. This study aims to determine the effect of eWOM, risk perception, and destination image on visiting intentions. This study also uses path analysis to determine the indirect effect of eWOM and perceived risk on visiting intentions through destination image. This study uses a quantitative method with a non-probability sampling technique with a purposive sampling approach. The samples collected were 246 domestic tourists. This study found that eWOM and destination image positively influence visiting intentions. Perceived risk has a negative influence on the visit intention. The negative effect means that the higher the risk perception, the value of the intention to visit will decrease. Path analysis shows that eWOM and perceived risk of visiting intentions through destination image have a significant effect. The results of this study indicate that domestic tourists rely on eWOM to find out about the tourist destinations they want to visit. Therefore, the government, stakeholders, and destination marketing organizations must utilize eWOM to build the destination image and revive the intention to visit tourists after the COVID-19 pandemic."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Peranginangin, Gerha Jayamala
"ABSTRAK
Nama : Gerha JayamalaProgram Studi : Magister Manajemen Judul : Pengaruh Electronic Word-of-Mouth eWOM terhadap Brand Attitude dan Purchase Intention pada Beauty Box IndonesiaPembimbing : Daniel T.H Aruan Berubahnya pola perilaku konsumen dalam mencari informasi tentang sebuah produk sebelum memutuskan untuk membeli membuat berbagai perusahaan merubah keputusan pemasaran strategisnya dan berfokus kepada pemasaran digital. Electronic word-of-mouth eWOM merupakan salah satu bentuk hasil pemasaran digital yang mampu memberikan pengaruh besar pada sikap konsumen terhadap suatu merek dan keputusan membeli konsumen. Tesis ini bertujuan untuk melihat apakah eWOM memiliki pengaruh pada brand attitude dan keinginan membeli pada konsumen Beauty Box Indonesia. Penelitian ini memiliki 3 tiga variabel yaitu eWOM, brand attitude, dan purchase intention. Penelitian kuantitatif ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan dianalisis menggunakan PLS-SEM. Berdasarkan hasil analisis penelitian, ditemukan bahwa eWOM memiliki pengaruh siginifikan terhadap brand attitude dan eWOM berpengaruh pada purchase intention melalui brand attitude.

ABSTRACT
Name Gerha JayamalaStudy Program Master of ManagementTitle The Effect of Electronic Word of Mouth eWOM on Brand Attitude and Purchase Intention Case Study Beauty Box Indonesia Counselor Daniel T.H Aruan The change of consumer behavior in finding information about one product before deciding to purchase affect the strategic marketing decisions of many companies and driving them to focus in digital marketing. Electronic word of mouth eWOM is one of the results of digital marketing that capable in influencing the consumer rsquo s attitude towards the brand and their purchase decision. The purpose of this research is to examine how eWOM affects brand attitude and purchase intention of Beauty Box Indonesia rsquo s customer. This research has 3 three variables which are eWOM, brand attitude, and purchase intention. This quantitative research use questionnaire as the research instrument and analyzed by using PLS SEM. Based on the result of the research analysis, eWOM has significant effect on brand attitude and eWOM affect purchase intention through brand attitude as the mediating variable.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naiborhu, Melissa B.V.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Citra Mal terhadap variabel mall attitude, mall patronage dan word of mouth communication. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif melalui survei responden untuk pengumpulan data. Responden pada penelitian ini merupakan pengunjung Mal Kelapa Gading. Pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan structural equation model dengan perangkat lunak LISREL 8.5.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra mal berpengaruh positif signifikan terhadap mall attitude, mall patronage dan word of mouth communication. Penelitian ini membuktikan citra mal memengaruhi positif signifikan terhadap mall attitude sebesar 94%, mall patronage sebesar 41% dan word of mouth communication sebesar 81%.

This study aimed to investigate the impact of mall image to mall attitude, mall patronage and word of mouth communication. The respondents were Mal Kelapa Gading shopper. The type of research used was the quantitative study and the data collected by survey. Data analysis method used were structural equation modelling with LISREL 8.5 software. The result of this research indicated that there were impacts of mall image measure significantly predict three endogenous variables.
Mall image has a significantly positive influence on mall attitude, mall patronage and word of mouth communication. Taken together, these results suggest that mall image is an important predictor of mall attitude explaining at average about 94%, mall patronage about 41% and word of mouth communication about 81%. This research was expected for retail companies to fully understand the importance of mall image in competitive positioning and the components of store image.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45800
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Quisha Azzy Azzahra
"Fandom atau penggemar kini sudah memiliki daya beli yang kuat dalam pasar. Croffle merupakan makanan yang menjadi tren pada tahun 2020 hingga 2021 yang pada awalnya diangkat oleh beberapa artis Korea melalui platform media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh fan economy melalui electronic word-of-mouth terhadap purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Penelitian ini dilakukan pada 60 responden yang merupakan penggemar Korea berusia 18-35 tahun yang berdomisili di Jakarta dengan menyebarkan kuesioner daring. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa fan economy melalui electronic word-of-mouth memengaruhi purchase intention konsumen croffle di Jakarta. Fandom terbukti dapat memengaruhi minat beli konsumen melalui electronic word-of-mouth di Instagram. Namun, terdapat limitasi dalam penelitian ini terkait metode dan lingkup penelitian yang bisa dikembangkan dalam penelitian selanjutnya.

Fandom or fans now have a strong purchasing power in the market. Croffle is a food that is becoming a trend from 2020 to 2021 which was originally raised by several Korean artists through social media platforms. This study aims to find out the influence of the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth on the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. This research was conducted on 60 respondents who are Korean fans aged 18-35 years who live in Jakarta by distributing online questionnaires. The main results in this study indicate that the fan economy that mediated through electronic word-of-mouth affects the purchase intention of croffle consumers in Jakarta. Fandom is proven to be able to influence consumer buying interest through electronic word-of-mouth on Instagram. However, there are limitations in this study related to the method and scope of research that can be developed in further research."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erik
"Potential user merupakan orang yang secara potensial dapat menggunakan barang atau jasa tertentu, meskipun saat ini belum menggunakan. Partisipan penelitian ini adalah potential user bus TransJakarta (N=123). Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan tipe field experiment dengan desain 2 (variasi eWOM: teks vs teks gambar) x 2 (citra merek: salience citra merek vs non-salience citra merek) faktorial between subject. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh variasi eWOM terhadap intensi menggunakan bus TransJakarta (t=-9,262;p<0,05). Kelompok yang diberikan teks gambar tidak memiliki mean skor intensi menggunakan bus TransJakarta lebih tinggi dibandingkan kelompok yang diberikan teks (F(1,119)= 0,468; p>0,05). Kelompok yang diberikan salience citra merek tidak memiliki mean skor intensi menggunakan bus TransJakarta lebih tinggi dibandingkan kelompok yang tidak diberikan salience citra merek (F(1,119)= 3,084; p>0,05). Kelompok yang diberikan salience citra merek tidak berinteraksi secara signifikan dengan eWOM teks dan eWOM teks gambar terhadap intensi menggunakan bus TransJakarta (F(1,119)= 0,287; p>0,05). Variasi eWOM mempengaruhi intensi menggunakan bus TransJakarta, tetapi tidak dimoderasi oleh citra merek. Pengelola bus Transjakarta dapat menjadikan eWOM sebagai media komunikasi untuk meningkatkan intensi menggunakan bus TransJakarta pada potential user.

Potential user is a person who can potentially use particular product or service, althougt there is currently. The participants of this study is the potential users by bus TransJakarta (N = 123). The method used is experiment with the type of field experiment with 2 (variation eWOM: vs. text caption) x 2 (the brand image: the image of the brand salience vs. non-salience brand image) between subject factorial design. Results showed that there eWOM variation effect to the intention to use Transjakarta (t = -9.262; p <0.05). There is no significant effect on the variable eWOM variation (F (1,119) = 0.468; p> 0.05), the groups that were given the text image does not have the intention to use Transjakarta, the scores higher than the group that was given the text. There is a no significant effect on the brand image variable (F (1,119) = 3.084; p> 0.05), the score of a given group of salience the brand image is not higher than the group that was not given salience brand image. There was no significant interaction effect between variation eWOM, and brand image (F (1,119) = 0.287; p> 0.05), the groups that were given salience the brand image does not interact significantly with eWOM text and captions to the intention to use Transjakarta. Variations eWOM affect the intention of using bus TransJakarta, but aren?t moderated by the brand image. Operation of bus Transjakarta can make eWOM as communication media to increase intention to use bus TransJakarta on potential users."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T45068
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Richwan Muhamad Ericska
"Bersamaan dengan pertumbuhan internet, Electronic Word-of-Mouth (eWOM), telah menjadi suatu fenomena yang menarik dalam proses pemasaran. Objektif daripada penelitian ini adalah untuk meneliti Faktor yang mempengaruhi eWOM, dan bagaimana eWOM mempengaruhi Purchase Intention & Brand Image terhadap suatu produk. Pendekatan penelitian pada penelitian tentang eWOM, Brand Image, dan Purchase Intention, ini adalah penelitian kuantitatif. Sample penelitian ini adalah 212 responden yang pernah terekspos oleh informasi akan smartphone merek Oppo melalui eWOM pada grup sosial media Facebook. Data sampel dikoleksi dengan Convenience Sampling & Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan kemudian dianalisa menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil daripada riset ini menunjukkan ada 2 faktor yang mempengaruhi eWOM, serta eWOM mempengaruhi Purchase Intention & Brand Image.

With the growth of internet, Electronic Word-of-Mouth (eWOM), has become an interesting phenomenon in the marketing process. The objective of this research is to understand the factors affecting eWOM, and how eWOM affects Puchase Intention & Brand Image of a product. This research uses a quantitative approach. The sample for this research is 212 respondents who are exposed to information regarding Oppo smartphone through eWOM, in Facebook groups. Sample data is collected through Convenience Sampling & Purposive Sampling. This research uses questionaire as its instruments, which are then analyzed using Structural Equation Modeling (SEM). The results of this research show 2 factors affecting eWOM as well as eWOM have effects on Purchase Intention & Brand Image."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Humaira Fathma Gardilla
"It is important for consumer to have brand awareness before choosing a new product, it divides into three dimensions; brand recognition, brand knowledge and brand opinion. The excessive used of social media Path™ among emerging well-off youth made electronic word-of-mouth an effective marketing strategy to increasing a popularity of a certain brand. This study aimed to understand the effect of e-WOM towards dimension of brand awareness on 'new' restaurant consumer. This was a field experimental research (e-WOM vs without e-WOM) done with an emerging well-off youth consumer as participants. Participants in Experiment Group (KE) (n=30) was given manipulation for five days while the Control Group (KK) (n=34) was not given any and after that their brand awareness was measured using a questionnaire. The results shows that eWOM has a significant towards the dimension of brand recognition (39.451; p < 0.05; ɸ = 0.785), brand knowledge (20.747; p < 0.05; ɸ = 0.569), and brand opinion (16.981; p < 0.05; ɸ = 0.515). We can conclude that eWOM can make consumer aware of a certain brand, shape their knowledge, and also their opinion. Therefore, 'new' restaurant owner can use e-WOM as a media to introduce their ‘new' restaurant to potential consumers.

Penting bagi konsumen untuk memiliki kesadaran merek sebelum memilih produk baru. Kesadaran merek ‘baru’ dibagi dalam 3 dimensi yaitu: brand recognition, , brand knowledge, dan brand opinion. Maraknya penggunaan media sosial Path™ oleh konsumen emerging well-off youth membuat electronic word-of-mouth sebagai salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan popularitas merek. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-WOM terhadap dimensi kesadaran merek pada konsumen restoran ‘baru’. Penelitian ini menggunakan metode field experiment (eWOM vs tanpa eWOM) dengan karakteristik partisipan konsumen emerging well-off youth. Partisipan kelompok eksperimen (KE) (n = 30) diberikan manipulasi berupa pemberian eWOM selama 5 hari, sementara partisipan kelompok kontrol (KK) (n = 34) tidak diberikan manipulasi apapun. Kemudian seluruh partisipan KE dan KK diukur kesadaran merek menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh secara signifikan pada dimensi brand recognition (39.451; p < 0.05; ɸ = 0.785), brand knowledge (20.747; p < 0.05; ɸ = 0.569), dan brand opinion (16.981; p < 0.05; ɸ = 0.515). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa e-WOM dapat membuat konsumen mengenali suatu merek, membentuk pengetahuan, dan membentuk pendapat tentang merek suatu restoran baru. Dengan demikian e-WOM dapat digunakan sebagai cara untuk memperkenalkan merek restoran baru kepada calon konsumen."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S58749
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maharani Rachel Genezareth
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai aspek dari lingkungan fisik dan layanan museum yang dikenal sebagai "museum servicescape", yang mempengaruhi promosi dari mulut ke mulut pada pengunjung mengenai pengalaman kunjungan mereka di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Museum Servicescape dalam penelitian ini mencakup enam dimensi yang mencakup ambient conditions (kondisi sekitar), staff behaviour (perilaku staff), facilities and convenience (fasilitas dan kenyamanan), art gallery quality (kualitas galeri seni), exhibition space aesthetics (estetika ruang pameran), dan signs and signage (rambu dan papan nama). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode purposive sampling untuk mengumpulkan data dari total 151 partisipan. Data didapatkan dari penyebaran kuesioner melalui Google Form yang dibagikan dalam bentuk barcode secara luring di Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS, dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik analisis regresi linier. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa museum servicescape secara positif mempengaruhi word of mouth pengunjung mengenai kunjungan mereka ke Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Hasil penelitian yang ditemukan dapat membantu pengelola museum untuk merancang dan mengelola lingkunan fisik serta layanan museum dengan hati-hati untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pengunjung.

This study aims to analyze the various aspects of the physical environment and museum services known as the "museum servicescape", which influence word of mouth in visitors regarding their visit experience at Sonobudoyo Museum Yogyakarta. Museum Servicescape in this study includes six dimensions which include ambient conditions, staff behavior, facilities and convenience, art gallery quality, exhibition space aesthetics, and signs and signage. This study used a quantitative approach and used purposive sampling method to collect data from a total of 151 participants. Data was obtained from distributing questionnaires through Google Forms which were distributed in the form of barcodes offline at Sonobudoyo Museum Yogyakarta. The collected data were analyzed using SPSS software, using descriptive statistical analysis and linear regression analysis techniques. The findings of this study indicate that museum servicescape positively influences visitors' word of mouth regarding their visit to Sonobudoyo Museum Yogyakarta. The research results found here can help museum managers to carefully design and manage the physical environment and museum services to increase visitor satisfaction and loyalty."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>