Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 99235 dokumen yang sesuai dengan query
cover
A. Erich Nubli Mardhi
"Dalam tulisan ini dirancang sebuah sistem pelayanan kerja praktek untuk Sekretariat Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode online dengan bahasa pemrograman HTML dan PHP dengan menggunakan database PostgreSQL. Sistem diimplementasikan dengan menggunakan server localhost dan dievaluasi dengan menggunakan kuisioner. Hasil evaluasi yang baik menunjukkan bahwa sistem yang dirancang layak untuk digunakan.

In this paper designed a system of practical work services for the Secretariat Departement of Electrical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Indonesia. This system is designed using the online method with HTML and PHP programming language using a PostgreSQL database. System is implemented using localhost server and evaluated using a questionnaire. Good results from the evaluation show that the designed system is feasible for use."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S47044
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Skripsi ini membahas tentang Identifikasi & Pembelajaran on-line menggunakan salah satu teknik kendali intelegen, yaitu Jaringan Syaraf Tiruan (JST). JST mencoba untuk mengidentifikasi sistem SISO & MIMO dimana sistem SISO direpresentasikan oleh pressure process rig dan MIMO oleh pesawat udara Nirawak. Jaringan syaraf tiruan mencoba untuk mengidentifikasi control surface utama pesawat udara Nirawak SRITI menggunakan metode Levenberg-Marquardt. Metode Levenberg-Marquardt merupakan salah satu dari teknik optimasi pada jaringan syaraf tiruan sehingga diharapkan dengan menggunakan metode ini waktu proses dan keakuratan dapat lebih baik dari teknik kendali sebelumnya.

In this thesis , we discuss about identfication and online learning using one of kind of intelegen control technique (neural network) . neural network try to identify SISO that represented by pressure process RIG and MIMO that represented by Unmanned aerovehicle. Neural network try to identify 3 main control surface on Unmanned Aero Vehicle using levenberq marquardt algorithm. LM algorithm is one of the best, kind of neural network technique. we hope using this technique we can reduce calculation time, and can achieve more accurate result rather than previous technique."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52537
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Indra Rahmanto
"Konsep adaptive di dalam lingkungan elearning telah memiliki berbagai macam bentuk implementasi. Salah satu bentuk implementasinya adalah pada proses evaluasi hasil pembelajaran siswa, seperti dengan melaksanakan ujian yang bersifat adaptive. Dengan menerapkan konsep adaptive di dalam proses ujian maka akan memungkinkan siswa dengan kemampuan yang berbedabeda untuk dapat memperoleh pertanyaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masingmasing. Melalui adaptive assessment tingkat kemampuan siswa terhadap materi belajar yang diujikan akan dapat langsung diketahui. Pada adaptive assessment terdapat suatu proses untuk memperkirakan tingkat kemampuan siswa, dan untuk menentukan soal yang akan diberikan selanjutnya. Proses tersebut dapat melakukan estimasi kemampuan siswa berdasarkan respon jawaban siswa terhadap setiap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Proses kemudian diolah sedemikan rupa sehingga bisa memilih serta memberikan pertanyaan berikutnya, yang sesuai dengan estimasi tingkat kemampuan siswa tersebut.
Pada skripsi ini diimplementasikan model algoritma Computerized Classification Test (CCT) dan konsep Sequential Probability Ratio Test (SPRT). Penggunaan model CCT digunakan untuk mengklasifikasikan lulus atau tidaknya, siswa yang melaksanakan ujian dan konsep SPRT digunakan untuk pemilihan soal selanjutnya. Dengan menggunakan model algoritma CCT dan konsep SPRT, maka sistem ujian adaptif berbasis web yang dihasilkan, mampu memperkirakan tingkat kemampuan siswa dengan tingkatan soal yang terdiri dari mudah, sedang, dan susah. Sedangkan sebagai sarana evaluasi dari setiap konsep penyusunan ujian, digunakanlah Grafik pembelajaran dalam bentuk grafik batang. Dengan menggunakan grafik pembelajaran ini, pengajar dapat mengetahui kemampuan siswanya untuk mata ujian yang diujikan kepadanya. Berdasarkan hasil pengujian pada sistem adaptive assessment, waktu respon yang dihasilkan oleh sistem sebesar 0.089334 detik untuk memilih dan menampilkan soal ujian, dan sebesar 0.068622 detik untuk mengolah dan menampilkan hasil beserta dengan feedbacknya.

Adaptive Concepts in elearning environment has had various forms of implementation. One form of implementation is in the process of evaluating student learning outcomes, such as by conducting examinations that are adaptive. By applying the concept of adaptive in the examination process it will allow students with different abilities to be able to get the questions to suit their ability level. Through the adaptive assessment of students' ability levels to learn the material tested will be immediately known. In the adaptive assessment there is a process to estimate the level of student ability, and to determine the problems that will be given next. The process can make a student's ability estimate based on responses to any questions the student answers given earlier. The process then processed in such a way that it can choose and give the next question, which according to the estimation of student ability levels.
This thesis implemented the model algorithms Computerized Classification Test (CCT) and the concept of Sequential Probability Ratio Test (SPRT). The use of CCT model was used to classify whether or not graduate, students who conducted the test and SPRT concept is used for the next selection item. By using the model of the CCT and the concept of SPRT algorithm, then the system webbased adaptive test was produced, able to estimate the ability of the students with a degree a matter of easy, moderate, and difficult. Meanwhile, as a means of evaluation of each concept exam preparation, learning graph is used in the form of bar charts. By using the graph of this learning, teachers can find out the ability of students to the exam that tested him. Based on the results of testing on adaptive assessment system, the response time generated by the system amounted to 0.089334 seconds to select and display the exam, and amounted to 0.068622 seconds to process and display the results along with its feedback.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51358
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anandra Emyr Abdulkadir
"Penangkapan berlebih pada ikan telah menjadi salah satu penyebab terbesar penurunan kehidupan laut global. Australia, yang dikelilingi oleh Samudra Pasifik dan Samudera Hindia, telah mencoba mengatasi penangkapan ikan berlebihan menggunakan sistem Catch-share yang disebut quota-managed fisheries. Sistem Catch-share adalah sistem penangkapan ikan yang memungkinkan nelayan untuk membeli saham di lokasi tertentu, saham ini kemudian memungkinkan mereka untuk menangkap ikan dalam jumlah tertentu setiap hari. Namun dalam pelaksanaannya banyak proses yang menggunakan dokumen manual, sehingga menyebabkan inefisiensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengelola dan mengurangi overfishing di Queensland melalui perancangan aplikasi Catch-Share System. Studi literatur dilakukan untuk menentukan sistem Catch-share sekarang, yang digunakan sebagai dasar perancangan sistem untuk memvisualisasikan sistem yang akan digunakan pada aplikasi tersebut, kemudian digunakan metode sprint untuk melakukan prototyping, yang melibatkan 5 wawancara pengguna yang komprehensif. Hasil akhir dari penelitian ini adalah aplikasi sistem Catch-share yang komprehensif & teruji, yang dapat digunakan oleh nelayan komersial dan rekreasional.

Overfishing has been one of the biggest causes of the decrease of global sea life. Australia, being surrounded by the pacific and the Indian ocean, has tried to tackle overfishing using a catch-share system called quota-managed fisheries. Catch-share system is a fishing system which allows fishers to buy shares in a specific location, these shares then allows them to fish a specific amount of fish each day. However, in its execution, many of its processes are still using manual paperwork, causing inefficiency. Not to mention, recreational fishers are not subjected to the leading to the system, causing many illegal and unregulated fishing. This research aims to manage and reduce overfishing in Queensland through Catch-Share System application design. The literature study was conducted to determine the current catch-share system, which was used as the basis of a system design to visualize the system that would be used in the application. Then, the sprint method was used to conduct the prototyping, which involves 5 comprehensive user interviews. The final result of this research was a comprehensive & user-tested catch-share system application that can be used by both commercial and recreational fishers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Ngurah Yama Adi Putra
"Penggunaan gamifikasi pada sebuah sistem pembelajaran terbukti membawa efek positif. Online collaborative learning atau pembelajaran kolaboratif daring yang memanfaatkan sistem gamifikasi juga terbukti dapat memberikan efek positif terhadap proses kolaborasi antar peserta didik. Sayangnya, saat ini penelitian terkait hubungan elemen-elemen gamifikasi terhadap partisipasi peserta pembelajaran kolaboratif daring masih kurang. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini merancang fitur pembelajaran kolaboratif daring berbasis gamifikasi dengan memperhatikan faktor partisipasi pembelajar dan elemen gamifikasi dengan studi kasus aplikasi SoloLearn. Penelitian ini menggunakan kerangka Mechanics, Dynamics, Aesthetics untuk menganalisis elemen dalam gamifikasi SoloLearn. Metode penelitian menggunakan teknik observasi atas aplikasi SoloLearn dan riset pengguna menggunakan survei daring. Data penelitian dianalisis dari segi gamifikasi dan faktor yang mempengaruhi partisipasi pelajar dalam pembelajaran kolaboratif learning. Hasil analisis digunakan untuk mengusulkan desain alternatif menggunakan metode user-centered design. Penelitian menghasilkan tujuh desain alternatif yang dikembangkan dengan acuan prinsip desain interaksi Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Evaluasi terhadap desain dilaksanakan dengan menerapkan wawancara kontekstual daring. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa semua desain alternatif diterima oleh responden dalam hal memotivasi dan membantu proses pembelajaran pada aplikasi SoloLearn.

The use of gamification in a learning system has been shown to have a positive effect. Online collaborative learning that utilizes the gamification system has also been shown to have a positive effect on the collaborative process between students. Unfortunately, currently, research related to the relationship of gamification elements to the participation of online collaborative learning participants is still lacking. Based on this issue, this research designs a gamification-based online collaborative learning feature by paying attention to the learner participation factor and gamification elements with a case study of the SoloLearn application. This research uses the Mechanics, Dynamics, Aesthetics framework to analyze the elements in SoloLearn gamification. The research method uses observation techniques on the SoloLearn application and user research uses online surveys. The research data were analyzed in terms of gamification and the factors that influence student participation in collaborative learning. The results of the analysis are used to propose alternative designs using the user-centered design method. The research resulted in seven alternative designs which were developed with reference to the interaction design principles of Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Evaluation of the design was carried out by applying online contextual interviews. The results of the evaluation showed that all alternative designs were accepted by the respondents in terms of motivating and helping the learning process in the SoloLearn application."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wilona Tigita Atsarina
"ABSTRAK
PT GO-JEK Indonesia merupakan perusahaan start-up berbasis aplikasi digital dengan layanan jasa antar atau transportasi melalui ojek. Salah satu fitur layanan yang dimilikinya adalah layanan Go-Food atau jasa pemesanan dan pengantaran makanan. Dalam perkembangannya, layanan Go-Food mengalami berbagai masalah akibat tidak adanya interaksi tiga arah antara customer atau pemesan makanan, driver atau supir ojek pengantar pesanan, dan merchant atau pemilik tempat makan yang dipesan. Oleh karena itu, PT GO-JEK Indonesia ingin mengembangkan suatu layanan yang dirasa dapat mengatasi masalah tersebut, yaitu Go-Resto sebagai layanan yang dibuat untuk memudahkan para merchant dalam menangani pesanan dari layanan Go-Food. Aplikasi Go-Resto harus dapat terintegrasi dengan aplikasi Go-Food dan aplikasi driver. Mempertimbangkan kompleksitas yang ditimbulkan dalam rancangan ini, maka pendekatan Service Systems Engineering lebih tepat untuk mengembangkan arsitektur sistem layanan tersebut. Secara umum, penggunaan SSE dapat memberikan gambaran lebih lengkap terhadap komponen-komponen yang dibutuhkan dalam perancangan arsitektur sistem, yaitu daftar user and system requirements, dokumen concept of operations, diagram use case, tampilan interface, dan functional modelling.

ABSTRACT
GO JEK Indonesia is a digital start up from Indonesia that partners with a group of experienced and trustworthy ojek drivers to deliver a one stop shop convenience. One of their main service is Go Food, which is an online food ordering and delivery system. In their development, Go Food has encountered few problems due to lack of interactions with the restaurant or the merchant itself. Hence, PT. GO JEK Indonesia is planning to make a new application build for merchants to be able to handle their orders from Go Food. This new application, called Go Resto, has to be integrated with Go Food and also driver rsquo s application. Furthermore, this study purposes to design the system architectural of Go Resto by using Service Systems Engineering approach considering to the complexity of this system design. In general, SSE approach could give a better understanding toward components needed in the elaboration of this study, which are list of user and system requirements, concept of operations document, use case diagram, application interface, and functional modeling. "
2016
S66259
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irene Sherlyta Gloria
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai pengaruh kualitas sistem, layanan, dan informasi terhadap intensi pengguna jasa E-Commerce di Indonesia untuk kembali menggunakan layanan Online-to-Offline O2O . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode riset deskriptif cross sectional. Pada penelitian ini digunakan sebagian Model Sistem Informasi DeLone McLean untuk menentukan variabel-variabel pengukuran terhadap intensitas penggunaan. Melalui penyebaran kuesioner, didapatkan data dari 111 responden yang berusia 16 tahun keatas dan pernah berbelanja online menggunakan layanan Online-to-Offline O2O . Setelah melakukan pengujian data menggunakan regresi linier berganda, diperoleh hasil bahwa dari 3 variabel, hanya variabel kualitas sistem dan kualitas informasi yang dapat mempengaruhi secara positf dan signifikan terhadap intensi penggunaan kembali layanan O2O di masa depan. Selain itu, ditemukan juga bahwa masih banyak responden yang tidak mengetahui layanan O2O sehingga dari penelitian ini menyarankan perusahaan-perusahaan E-Commerce untuk meningkatkan awareness terhadap layanan O2O kepada penggunanya agar layanan O2O dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi keuntungan dan keberlangsungan perusahaan.

ABSTRACT
This thesis discusses about the influence of system, information, and service quality toward the intention of E Commerce users in Indonesia to repurchase using Online to Offline O2O again. This is a quantitative research which applying cross sectional descriptive research. In this research, DeLone McLean Information System model is used to determine the measurement variables toward usage intention. Through questionnaire distribution, there are 111 respondents acquired with age 16 years old and above and they have ever shopped online using Online to Offline O2O service. According to the multiple linier regression test, the results state that from the 3 variables, only system quality and service quality which positively and significantly influence the intention to repurchase using Online to Offline O2O service in the future. In addition, it is also found that there are still many respondents who do not know the O2O service, hence, this research advises E Commerce companies to increase awareness of O2O service to their users so that O2O service can be utilized maximally to increase profit and sustainability of the company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmat Fikri
"Fenomena pemesanan tiket penerbangan melalui layanan online telah menciptakan pertumbuhan dan persaingan perusahaan jasa agen penjualan tiket penerbangan online. Yang dibutuhkan oleh perusahaan jasa agen penjualan tiket penerbangan online adalah bagaimana kualitas pelayanan di terima oleh konsumen. Pelayanan ini akan menghasilkan keunggulan bersaing perusahaan melalui pembelian berulang oleh konsumen, peningkatan market share dan pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan jasa agen penjualan tiket penerbangan online maupun konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh prioritas pelayanan di perusahaan jasa penjualan tiket penerbangan online travel "A" dengan metode kombinasi Servqual dan Analisis Faktor. Pengukuran dengan Servqual untuk mendapatkan skor kualitas layanan sedangkan Analisis Faktor bertujuan untuk menunjukan dimensi yang mendasari evaluasi pelanggan terhadap pelayanan yang di berikan oleh perusahaan. Kombinasi dari keduanya dimaksudkan untuk mendapatkan prioritas dimensi yang perlu diperbaiki dan diperhatikan diantara dimensi kualitas layanan perusahaan agen penjualan tiket online travel "?A".
Berdasarkan pengolahan data dengan metoda Analisis Faktor, didapatkan 5 dimensi kualitas layanan perusahaan jasa penjualan tiket penerbangan online travel "A". Selanjutnya kelima dimensi dianalisis dengan analisis gap, maka didapatkan prioritas dimensi yang perlu diperbaiki dan diperhatikan yaitu dukungan perusahaan, empati, jaminan, ketanggapan dan kehandalan. Adapun skor kualitas layanan pada perusahaan jasa penjualan tiket penerbangan online travel "A" adalah -1,4514.

The phenomenon of airline ticket booking through online services has created growth and competitive services company sales agent of ticketing online flight. They are need to know how the quality of service received by consumers. This service will generate a competitive advantage over companies through the purchase by the consumer, increased market share and will ultimately increase profits for the services company sales agent of ticketing online flight and consumers.
This study aims to measure service quality in service tickets online selling companies travel "A" with the combination of SERVQUAL method and Factor Analysis. Measurement with SERVQUAL to get a score of quality service, while Factors Analysis aims to show the underlying dimensions of customer evaluation of service that is provided by the company. The combination of the two dimensions are meant to get the priorities that need to be repaired among the quality dimensions of service tickets online companies travel agent "A".
Based on the data processing with Factor Analysis methods, found five dimensions of service quality companies of online flight ticket selling travel "A". Furthermore, the five dimensions were analyzed with analysis of the gap, then get priority dimensions that need to be improved and noted that the company's support, empathy, assurance, responsiveness and reliability. The score of quality service at the sales services ticket online airline company travel "A" is -1.4514."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T30170
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Demitria Aghnia Rachma Effendy
"Skripsi ini membahas terkait implementasi sistem Surat Jaminan Pelayanan (SJP) Online dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Kota Depok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem Surat Jaminan Pelayanan (SJP) Online dalam program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dilaksanakan di wilayah Kota Depok. SJP Online merupakan bentuk digitalisasi pelayanan yang bertujuan untuk memudahkan pencatatan, pelaporan, dan proses klaim rumah sakit dengan prosedur yang cepat. Dalam pelaksanaan SJP Online di lapangan, masih terdapat masalah atau kendala dalam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat data deskriptif dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Hasil dan pembahasan penelitian menggunakan perspektif teori sistem, yaitu input, process, output. Hasil penelitian terkait pelaksanaan SJP Online di Kota Depok dapat dikatakan sudah sesuai dengan kebijakan dan standar yang berlaku, namun suatu kendala-kendala masih terjadi dalam pelaksanaannya. Kendala-kendala, seperti kurangnya jumlah verifikator dalam kepegawaian SJP Online Dinkes Kota Depok, anggaran dana, sarana dan prasarana di Dinkes Kota Depok, struktur organisasi di Puskesmas, motivasi, serta sistem error masih terjadi dalam pelaksanaan SJP Online. Meskipun demikian, upaya perbaikan dan peningkatan kualitas dilakukan dalam pelaksanaan SJP Online di Kota Depok.

This thesis discusses the implementation of the Online Service Guarantee Letter (SJP) system in the Depok City Regional Health Insurance (Jamkesda) program. The purpose of this study was to determine the implementation of the Online Service Guarantee Letter (SJP) system in the Regional Health Insurance (Jamkesda) program which was implemented in the Depok City area. SJP Online is a form of digitizing services that aims to facilitate the recording, reporting, and processing of hospital claims with fast procedures. In the implementation of SJP Online in the field, there are still problems or obstacles. This research is a descriptive qualitative research with data collection methods of in-depth interviews, observation, and document review. The results and discussion of the research use a systems theory perspective, namely input, process, and output. The results of research related to the implementation of SJP Online in Depok City can be said to be in accordance with applicable policies and standards, but there are still obstacles in its implementation. Obstacles, such as the lack of verifiers in the Depok City Health Office's Online SJP staffing, budget funds, facilities and infrastructure at the Depok City Health Office, organizational structure at the Puskesmas, motivation, and system errors still occur in the implementation of SJP Online. Nevertheless, efforts to improve and improve quality are carried out in the implementation of SJP Online in Depok City."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Syuman Permana
"Tujuan penelitian ini adalah untuk melaksanakan perancangan Sistem Layanan Referensi Virtual (LRV) Berbasis Web yang memenuhi persyaratan serta tepat untuk diimplementasikan di Perpustakaan Nasional. Metode yang diterapkan dalam perancangan sistem dalam penelitian ini ialah System Development Life Cycle (SDLC) yang pelaksanaannya terdiri dari beberapa tahap yaitu analisis terhadap layanan referensi virtual yang saat ini sedang berjalan di Perpustakaan Nasional berdasarkan investigasi awal yang dilanjutkan dengan penentuan persyaratan sistem yang akan dibangun sampai kepada desain Sistem LRV Berbasis Web. Investigasi awal berupa studi kelayakan dilaksanakan dengan cara observasi, studi literatur dan wawancara dengan berbagai pihak terkait. Selanjutnya dilakukan penyiapan spesifikasi yang rinci mengenai persyaratan yang dibutuhkan oleh Sistem LRV Berbasis Web dengan memperhatikan landasan teori dalam perancangan sistem layanan referensi virtual. Tahap desain yang dilakukan meliputi desain awal (konseptual) dan desain terinci (fisik). Desain awal (konseptual) meliputi pembuatan System Flow, Data Flow Diagram (DFD) yang terdiri dari Diagram Konteks, DFD Level 0, dan DFD Level 1. Desain terinci (fisik) terdiri dari desain output, desain input dan desain data. Desain data menggunakan Entity- Relationship Diagrams (ERD). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perancangan Sistem Layanan Referensi Virtual Berbasis Web yang memenuhi persyaratan sebagai suatu sistem layanan referensi virtual merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai solusi untuk meningkatkan layanan kepada pemustaka jarak jauh.

The purpose of this research is to design a Web-based Virtual Reference Service System that meets the requirements of a virtual reference service system and is appropriate for implementation at Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. The method applied in system design in this study is the System Development Life Cycle (SDLC), which implementation consists of several stages, that is analysis of virtual reference service that currently running at the Perpustakaan Nasional Republik Indonesia based on initial investigations followed by determining the system requirements to be built until to the design of the Web- Based VRS System. The initial investigation was carried out by means of literature study, observation, and interviews. Furthermore, a preparation is carried out regarding the system requirements required by the Web-based LRV system build upon the theoretical basis in designing a virtual reference service system. The design phase includes the initial design (conceptual) and detailed design (physical). The initial design (conceptual) includes the creation of a System Flow Diagram and Data Flow Diagram (DFD). Detailed design (physical) consists of output design, input design and data design using Entity-Relationship Diagrams (ERD). The result of the study conclude that designing a web-based virtual reference service system that meets the requirements as a virtual reference service system is one way that can be done as a solution for library to improve service to remote users."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>