Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 135390 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hermina Larasati
"Skripsi ini membahas desain pelatihan internal pada PT Aetra Air Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan da wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain pelatihan internal yang terdapat pada PT Aetra Air Jakarta mencakup : a) pembuatan kalender pelatihan, b) site pelatihan, c) trainer, d) metode pelatihan, e) materi pelatihan, f) pre test dan post test, dan g) pengamatan pelatihan. Selain itu, juga terdapat analisa kebutuhan pelatihan dan evaluasi pelatihan pada PT Aetra Air Jakarta. Dari hasil penelitian ini, menyarankan bahwa perlu dilakukan sharing session kepada para manajer unit yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para manajer unit akan pentingnya melakukan evaluasi pelatihan bagi karyawan yang telah mengikuti pelatihan

The focus of this study is internal training design at PT Aetra Air Jakarta. This research
is qualitative, the data were collected by literature study and interview. The result of this
study showing that internal training design at PT Aetra Air Jakarta include : a) training
calendar, b) training site, c) trainer, d) training method, e) training module, f) pre test
and post test, and g) training observer. There were include training need analysis and
training evaluation at PT Aetra Air Jakarta. The researcher suggest that should be
conduct sharing session for all unit managers in order to realize them to evaluating the
employees that finished their training program.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S52450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iing Iskandar GP
"PT. Sempati Air adalah perusahaan penerbangan domestik dan Internasional yang berkembang pesat pada saat ini dimana dalam waktu relatif singkat dapat melayani jalur penerbangan hampir keseluruh pelosok tanah air dan negara-negara tetangga. Berkembang pesatnya perusahaan mengakibatkan kebutuhan Sumber Daya Manusia tidak bisa dihindari, sedangkan untuk merecruit dan mencetak SDM yang berkualitas sesuai kebutuhan dalam waktu singkat tidaklah mudah. Sehingga karena secara kuantitas didesak kebutuhan, maka perusahaan "merekrut" tenaga Sumber Daya Manusia dengan latar belakang yang berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan latar belakang sudah barang tentu menimbulkan pula perbedaan-perbedaan dalam pemahaman budaya perusahaan dan kinerja komunikasinya.
Pada tesis ini persoalan perbedaan dalam pemahaman budaya tersebut dikaji dengan memakai pendekatan perusahaan sebagai kultur. Dengan pendekatan ini, ingin diketahui bagaimana kejadian-kejadian dalam perusahaan diciptakan, disebar-luaskan, dimiliki dan dipahami bersama secara interaktif dan komunikatif.
Metode penelitian yang dipakai adalah deskriptif dan kajiannya dilakukan secara kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara mendalam (depth interview) terhadap informan-informan kunci (key informants) dan dengan cara melalui dokumentasi.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa nilai utama budaya perusahaan PT. Sempati Air adalah merujuk pada suatu kondisi yang oleh Direktur Utamanya disebut "memelihara kemelut dan kerancuan". Dengan nilai ini, PT. Sempati Air menjadi dikenal dengan pelayanannya yang baik, utilitas pesawat yang tinggi, dan berusaha untuk on time dalam penerbangan. Akan tetapi, nilai-nilai budaya tersebut belum diformalkan dan belum disadari oleh semua staf. Ini pula yang mesti dirumuskan supaya menjadi acuan kerja para stafnya.
Temuan lainnya, adalah besarnya pengaruh Direktur Utama PT. Sempati Air terhadap kinerja komunikasi atau kinerja budaya maskapai penerbangan yang satu ini. Sebagian besar kebijakan perusahaan yang dikemas dalam jargon perusahaan dan nilai budaya perusahaan berasal dari tangan Direktur Utama PT. Sempati Air. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
T3220
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Donny
"Industri jasa perbankan sejak mengalami krisis tahun 1997 dituntut untuk meningkatkan kinerjanya dalam menghadapi pengawasan dan persaingan usaha yang semakin ketat. Namun, keberhasilan suatu bank seperti PT.Bank "X", Kantor Cabang Utama Jakarta tidak terlepas dari persoalan bagaimana mengelola sumber daya manusianya. Manajemen sumber daya manusia menyangkut aktivitas pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggung-jawabnya secara efektif, akan tetapi disisi lain tergantung dari apakah pegawai yang bersangkutan merasa puas atau tidak puas di lingkungan organisasi itu.
Penelitian ini berupaya mencari hubungan antara kepuasan kerja pegawai sebagai variabel terikat dikaitkan dengan variabel bebas yaitu variabel budaya organisasi maupun kepemimpinan. Dengan menggunakan data sampel melalui penyebaran terhadap 62 responden dan diolah secara deskriptif kuantitatif maupun analisis statistik dengan menghitung tingkat hubungan variabel menurur korelasi Spearman dapat diketahui hubungan ketiga variabel tersebut. Dalam pengolahan data menggunakan perhitungan secara manual maupun program komputer SPSS version 10.00.
Hasil analisis menunjukkan bahwa hubungan antara variabel budaya organisasi dengan kepuasan kerja adalah kuat { r = 0,736), hubungan antara variabel kepemimpinan dengan kepuasan kerja juga kuat { r = 0,791) sedangkan hubungan antara variabel budaya organisasi dengan kepemimpinan adalah sangat kuat ( r = 0,821). Berdasarkan hubungan secara simultan antara variabel budaya organisasi, kepemimpinan terhadap kepuasan kerja menunjukkan hubungan yang kuat ( r = 0,792).
Dengan demikian ketiga variabel tersebut merupakan variabel yang kuat pengaruhnya bagi kepuasan kerja pegawai sehingga dapat dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pimpinan organisasi pada Bank "X", Kantor Cabang Utama Jakarta. Variabel budaya organisasi masih dapat ditingkatkan peranannya secara optimal dibandingkan variabel kepemimpinan, selain itu pimpinan organisasi . perlu memperhatikan aspek hubungan yang sating mempengaruhi antara budaya organisasi dan kepemimpinan yang sangat kuat untuk dilakukan penelitian lebih lanjut di masa yang akan datang."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2003
T12445
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Carla Valencia
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi input, output, dan outcome salah satu program CSR PT Aetra Air Jakarta, yakni Program Kampoeng Bangkit. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model The Pyramid Model of PR Research. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis, pendekatan kualitatif, dan bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan studi kepustakaan/literatur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Program Kampoeng Bangkit belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan rencana. Meskipun demikian, pelaksanaan program ini sudah mencapai 80 persen dari tujuan yang diharapkan, serta telah mampu memberikan manfaat dan membawa perubahan bagi warga Kampoeng Bangkit.

ABSTRACT
This study aims to evaluate input, output and outcome of PT Aetra Air Jakarta's Corporate Social Responsibility, program titled "Kampoeng Bangkit". An evaluation model used in this study is The Pyramid Model of PR Research. The study applies post-positivist paradigm and descriptive qualitative approach. In-depth interviews and literature studies are used as data collection method.
The study shows that the ?Kampoeng Bangkit? Program has not been fully implemented as planned. A few goals have not been met, although the program has provided benefits and initiated significant changes for the community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Asri Hapsari Wardhani
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai kegiatan ritual yang dilakukan oleh karyawan PT. Sucofindo SBU SICS Jakarta. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik penelitian yang digunakan adalah pengamatan terlibat dan wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan ritual di PT. Sucofindo SBU SICS berfungsi mempersatukan karyawan. Kegiatan ritual dan solidaritas karyawan mempunyai keterkaitan serta mempunyai hubungan satu sama lain. Keduanya mempunyai fungsi yang sangat berarti dan mempunyai dampak yang sangat baik bagi perkembangan suatu perusahaan. Hasil penelitian ini menyarankan bahwa kegiatan ritual harus tetap dipertahankan oleh karyawan serta perusahaan.

ABSTRACT
This research discusses the ritual activities conducted by employees of PT.Sucofindo SBU SICS Jakarta. This thesis uses qualitative research which is is descriptive and the technique of research is participant observation and depht interview. The result of this research is that the ritual activity in PT. Sucofindo SBU SICS has a function to unity the employees. The ritual activity and the employees solidarity have relations to one another. Both of them have the function that meant so much and have very good the impact for the development company. The result of this research suggests that the ritual activity should be kept by employees and companies."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Asri Hapsari Wardhani
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S8267
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rudiana Sukmara
"ABSTRAK
Tesis ini membahasas iklim keselamatan pada pekerja PT X yang diukur dengan menggunakan alat penilaian iklim keselamatan yang dikeluarkan oleh Health and Safety Executive United Kingdom. Penelitian ini adalah penelitian semi kuantitatif dengan desain desktiftif analitik.. Hasil penelitian didapatkan gambaran iklim keselamatan PT X dengan hasil baik tetapi masih ada faktor-faktor yang dapat ditingkatkan yaitu faktor komunikasi, lingkungan kerja, prosedur dan aturan, keterlibatan pekerja terkait keselamatan dan penilaian pekerja terhadap resiko. Variabel tingkat jabatan dan masa kerja serta dimensi job mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap iklim keselamatan.

ABSTRACT
The focus of this study is PT X workers safety climate which measured by safety climate assessment tool that published by Health and Safety Executive. This research is semi quantitative descriptive interpretive and analytic. The results of this research is PT X workers has good safety climate performance, but there are some factors that must be improved such as communication, work environment, rule and procedure, involvement and appraisal of risk. Level of position, worker job duration and job dimension influence to safety climate performance."
2013
T34932
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eva Efrita Destianti
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah yang dilakukan PT Telkom Indonesia dalam membentuk Good Corporate Culture dan hambatan apa yang dihadapi dalam membentuk Good Corporate Culture. Penelitian ini menggunakan pendekatan pos positivist dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara garis besar PT Telkom Indonesia telah melaksanakan setiap langkah dalam membetuk Good Corporate Culture dengan cukup baik. Hampir semua indikator dalam tujuh variabel telah terpenuhi. Indikator yang belum terpenuhi adalah tanggap terhadap masalah eksternal dan internal. Hal tersebut disebabkan karena karyawan belum dapat mengatasi masalah eksternal secara maksimal. Sedangkan, hambatan yang dihadapi adalah penolakan. Namun, PT Telkom Indonesia memiliki cara untuk mengatasi hambatan tersebut, yaitu melalui komunikasi yang intens. Komunikasi
yang dilakukan adalah dengan meyakinkan karyawan bahwa nilai-nilai budaya The Telkom Way dapat memberi manfaat dan dampak positif terhadap karyawan itu sendiri maupun perusahaan.

ABSTRACT
This study aims to analyze the steps taken by PT Telkom Indonesia in forming Good Corporate Culture and what obstacles are faced in forming Good Corporate Culture. This study uses a positivist postal approach with descriptive research types. The results of this study indicate that broadly speaking PT Telkom Indonesia has carried out every step in setting up Good Corporate Culture quite well. Almost all indicators in seven variables have been fulfilled. Indicators that have not been met are responsive to external and internal problems. This is because employees have not been able to overcome external problems to the fullest. Meanwhile, the obstacles faced are rejection. However, PT Telkom Indonesia has a way to overcome these obstacles, namely through intense communication. Communication is done by convincing employees that The Telkom Ways cultural values can provide benefits and positive impacts on the employees themselves and the company."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alvina Roosandyaningtyas
"Skripsi ini membahas mengenai budaya perusahaan dalam kegiatan pelayanan santunan yang dilakukan pegawai PT. Jasa Raharja (Persero) studi kasus Perwakilan Jakarta Selatan dan Bogor. Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam, pengamatan dan participant observation.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa budaya perusahaan PT. Jasa Raharja ( Persero) secara teori tidak tersosialisasikan dengan baik. Namun secara praktik dalam kegiatan pelayanan santunan yang dilakukan pegawai sudah mengimplementasikan sebagian nilai budaya perusahaan khususnya dalam kegiatan pelayanan yang dilakukan di lapangan seperti survey dan jemput bola.
Budaya perusahaan bukan sebatas konsep tiga T, yaitu Tanggap, Tangkas dan Tangguh seperti yang telah dirumuskan namun segala bentuk aktifitas yang terjadi di Kantor Perwakilan serta yang dilakukan oleh pimpinan dan pegawai merupakan bagian dari budaya perusahaan. Pelayanan disini bukan hanya menjadi tugas Front Office melainkan tugas semua bagian yang berada di belakang proses pelayanan yang terjadi.
Hasil penelitian ini menyarankan bahwa perusahaan seharusnya lebih mensosialisasikan budaya perusahaan secara berjenjang ke semua level jabatan dan mengevaluasi efektifitas budaya perusahaan secara periodik khususnya dalam kegiatan pelayanan.

This undergraduate thesis discusses the corporate culture in compensation payment service activity by the employees of PT. Jasa Raharja (Persero), a case study of South Jakarta and Bogor representatives. The research methodology used in this undergraduate thesis is a qualitative descriptive research, and the technique used is an in-depth interview, observation, and participant observation.
The result of this research shows that the corporate culture of PT. Jasa Raharja (Persero) is theoretically not socialized well. However, practically, the compensation payment service activity by the employees has partially implemented the corporate culture, especially during the service activity in the field, such as survey and jemput bola activities.
The corporate culture discussed is not limited to the three Ts (Tiga T) concept which are Tanggap (Responsive), Tangkas (Agile), and Tangguh (Strong) like what has been defined, but it includes all activities in the Representative Office and also the activities by the management and employees as parts of corporate culture. The service discussed here is not only the duty of Front Office but also the duty for all divisions behind the process of service.
The result of this research suggests that corporate should socialize the corporate culture gradually to all position level and evaluate the effectiveness of corporate culture periodically, especially in the service.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Eriska Surya Ningrum
"Laporan ini bertujuan menganalisis proses rekonsiliasi eksternal antara KPPN Jakarta IV dengan Sekretariat Utama BPOM. Proses rekonsiliasi eksternal dapat dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan e-mail. Analisis yang dilakukan mencakup tahapan proses rekonsiliasi eksternal yang dilakukan oleh Sekretariat Utama BPOM serta memberikan usulan perbaikan atas kendala yang sering muncul saat dilakukannya proses rekonsiliasi eksternal. Metode penulisan yang digunakan oleh penulis dalam menyusun laporan magang ini adalah studi pustaka dan observasi.
Menurut hasil analisa dan pembahasan masih terdapat beberapa kendala yang sering terjadi dalam proses rekonsiliasi eksternal antara KPPN Jakarta IV dengan Sekretariat Utama BPOM. Kendala tersebut antara lain : kurangnya koordinasi antara bendahara pengeluaran dengan pengelola laporan keuangan, petugas pengelola laporan keuangan salah melakukan input dan gagal dalam melakukan posting, kurangnya pelaksana seksi verifikasi dan akuntansi dalam melakukan proses rekonsiliasi, lambatnya koneksi internet, dan satker Sekretariat Utama BPOM mengirimkan Arsip Data Komputer berdekatan dengan batas terakhir proses rekonsiliasi dilakukan.

This report aims to analyzes the process of external reconciliation between KPPNs Jakarta IV with Sekretariat Utama BPOM . External Reconciliation process can be done in two ways: manual and by e - mails . Our analysis phases of the external reconciliation process undertaken by Sekretariat Utama BPOM propose improvements over the obstacles that often arise when doing external reconciliation process . Method used by the author in arranging this internship report is study literature and observation.
According to the results of the analysis and discussion there are still some problems that often occur in the process of external reconciliation between the KPPNs Jakarta IV with Sekretariat Utama BPOM. These constraints include: lack of coordination between the managers treasurer's financial statements, mistake of data input or failed to post by staff of financial statement?s, the lack of implementing verification and accounting section in the reconciliation process, slow internet connection , and Sekretariat Utama BPOM send Archives Computer data (ADK) close to the last limit of the reconciliation process is done.
"
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54189
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>