Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 167127 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tambun, Agatha V. Savefina
"Penelitian ini mengenai hubungan data personal, karakteristik pekerjaan, dan kepuasan kerja dengan komitmen keija petugas Cater yang bekerja untuk PT PLN (Persero). Usaha PT PLN (Persero) mengalihkan pengelolaan petugas Cater kepada perusahaan swasta dengan tujuan untuk rneningkatkan kinerja mereka, ternyata tidak berdampak positif bagi peningkatan kualitas kinerja petugas Cater. Diduga, ada faktor lain yang membuat rnereka tidak merasa terikat dengan pekeljaan, sehingga merasa tidak termotivasi untuk bekerja dengan baik.
Subyek penelitian berjumlah 232 petugas Cater yang bekerja untuk PT PLN (Persero), berstatus karyawan Perusahaan Jasa Pemborongan Pekeijaan, berpendidikan SLTA-sederajat dan telah bekerja minimal 1 tahun sebagai petugas Cater- Alat ukur dalam penelitian ini menggtmakan alat ukur komitmen kerja Meyer Allen dan Smith (1993), kuesioner karakteristik pekerjaan Hackman dan Oldham (1976), dau kuesioner kepuasan kelja Spector (1985). Semua alat ukur dimodiiikasi agar sesuai dengan persepsi responden terhadap ciri-ciri intrinsik pekeijaannya dan kepuasan kerja mereka. Metode penelitian adalah studi lapangan non eksperimental. Pengolahan data menggunakan teknik analisis statislik multiple regression.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat komitmen kerja petugas Cater tergolong tinggi, memiliki persepsi yang cukup positif tentang pekerjaannya, dan merasa cukup puas dengan pekerjaan yang dilakukan. Untuk penelitian dengan topik yang sama, disarankan untuk menyesuaikan karakteristik pekeljaan dan kepuasan kerja dengan pekerjaan yang akan diteliti, dan menggunakan faktor lain sebagai anteseden komitmen kerja."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Rahardianto
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis hubungan komitmen organisasional dengan efektivitas kerja pada karyawan tetap PT PLN (Persero) Pusdiklat. Komitmen organisasional diukur menggunakan organizational commitment questionnaire (Mowday, Steers, dan Porter, 1979) dan Efektivitas Kerja diukur menggunakan conditions of work effectiveness questionnaire (Kanter,1989) dengan empat dimensi (Acces to Opportunity, Acces to Support, Acces to Information, Acces to Resources). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui survei yang dilakukan pada 69 karyawan tetap PT PLN (Persero) Pusdiklat dengan menggunakan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan Pearson Correlation untuk menganalisis hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komitmen organisasional berhubungan secara positif dengan efektivitas kerja pada karyawan tetap PT PLN (Persero) Pusdiklat.

ABSTRACT
This research aims to examine and analyze the relationship of Organizational Commitment with Work Effectiveness on Permanent Employees at PT PLN (Persero) Pusdiklat. Organizational Commitment can be measured by using organizational commitment questionnaire (Mowday, Steers, dan Porter, 1979) and work effectiveness measured by conditions of work effectiveness questionnaire (Kanter, 1989) with four dimensions (Acces to Opportunity, Acces to Support, Acces to Information, Acces to Resources). This research used a quantitative approach. Data was collected through survey which conducted on 69 permanent employees at PT PLN (Persero) Pusdiklat by total sampling method. Pearson Correlation were used to test the relationship between variables. The result of this research shows that organizational commitment provide positif relationship with work effectiveness on Permanent Employees at PT PLN (Persero) Pusdiklat.
"
2015
S60867
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Satria Dharma Wijaya
"Kualitas sumber daya manusia di Direktorat Jenderal Pajak merupakan faktor utama yang menentukan tercapai tidaknya visi, misi, strategi dan target-target yang hendak dicapai oleh Direktorat Jenderal Pajak Pengelolaan sumber daya manusia harus diprioritaskan, salah satunya dengan terus mengusahakan kepuasan kerja para pegawainya. Penelitian ini berusaha mengkaji masalah kepuasan kerja ditinjau berdasarkan komtimen organisasi dan budaya organisasi pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Serang.
Kepuasan kerja diartikan sebagai keadaan emosional yang menyenangkan yang dirasakan oleh oleh seseorang terhadap pekerjaannya yang diukur berdasarkan indikator: pekerjaan, penyelia, teman sekerja, promosi, dan gaji. Komitmen organisasi didefinisikan sebagai kekuatan yang bersifat relatif dari individu mengenai rasa kepercayaan terhadap: nilai-nilai organisasi, kesediaan untuk berusaha sebaik mungkin demi kepentingan organisasi, keinginan untuk tetap menjadi anggota organisasi yang bersangkutan, dan ketertarikan terhadap tujuan, nilai-nilai, dan sasaran organisasi. Sementara budaya organisasi ada|ah nilai-nilai dan semangat yang mendasar dalam cara mengelola serta mengorganisasikan organisasi, yang diukur dengan menggunakan indikator: inisiatif individu, toleransi terhadap risiko, integrasi, dukungan manajemen, pengawasan, identifikasi, sistem penghargaan, toleransi terhadap konrlik, dan pola komunikasi.
Penelitian menggunakan pendekatan korelasional dengan melibatkan 97 sampel (responden) yang diambil secara acak sederhana dari 128 populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Rank Spearman dan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan formula Statistika, yakni korelasi Rank Spearman dan t-test yang pengolahannya dilakukan dengan program SPSS versi 12.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa komitmen organisasi tergolong tinggi, budaya organisasi tergolong baik, dan kepuasan kerja tergolong tinggi, Sedangkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa komitmen organisasi memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kepuasan kerja, dengan indikasi nilai koefisien korelasi = 0,596. Demikian pula budaya organisasi juga memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kepuasan kerja, dengan indikasi nilai koefisien korelasi = 0,532 Hasil ini memberikan arti bahwa semakin tinggi komitmen organisasi organisasi dan semakin baik kondisi budaya organisasi maka semakin tinggi pula kepuasan kerja pegawai.
Dengan kondisi seperti itu, maka komitmen organisasi pegawai KPP Serang perlu ditingkatkan Iagi dengan cara penyadaran diri yang Iebih ikhlas dan tulus bahwa organisasi (KPP Serang) ada|ah instansi publik yang dapat dijadikan wahana pengabdian kepada bangsa dan negara sehingga eksistensinya perlu dijaga dan dikembangkan secara terus menerus dan otoritas organisasi (Direktorat Jenderal Pajak) memfasilitasi segenap keinginan, harapan dan kebutuhan aktual pegawai sebagai aset organisasi yang tidak ternilai; budaya organisasi pada KPP Serang perlu dikembangkan Iebih Ianjut dengan mengakomodir nilai-nilai budaya organisasi baru yang dipandang dapat memperkaya dan memperkuat budaya organisasi yang sekarang ada; dan dilakukan peneiitian lanjutan dengan metode serupa tetapi dengan obyek penelitian yang Iebih Iuas dan jumlah sampel yang Iebih besar sehingga diperoleh hasil yang dapat memperluas generalisasi hasil penelitian ini.

The quality of human resources at Direktorat Jenderal Pajak is a key factor which determines the achievement of vision, mission, strategy, and targets of Direktorat Jenderal Pajak. Management of human resources must be placed at first priority by improving work satisfaction of employees. This research was purposed to study work satisfaction issues seen through organizational commitment and organizational culture at Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Serang.
Work satisfaction was defined as joy emotional state felt by a person toward his/her work measured by several indicators such as: work, supervisor, colleagues, promotion, and salary. Organizational commitment was defined as individual relative power about belief toward: organizational values, willingness to give to best for organization interests, willingness to keep staying as a member of organization, interested in organizations goals, values, and targets. Whereas organizational culture was defined as basic values and spirit in managing and organizing organization, which measured with indicators: individual initiative, risk tolerance, integration, management support, control, identification, reward system, conflict tolerance, and communication pattern.
This study used correlation approach and 97 respondents obtained from 128 population were participated by deploying simple random sampling technique. Valid and reliable questionnaires were used to collect data. Rank Spearman and Spearman Brown were used as validity and reliability testing. Obtained data then were analyzed with Rank Spearman correlation and t-test assisted with SPSS ver. 12.
Descriptive analysis showed that organizational commitment could be categorized as high, organizational culture as good, and job satisfaction high. Moreover, hypotheses testing proved that organizational commitment had positive and significant relationship with job satisfaction, indicated by coefficient of correlation = 0.5962 Organizational culture also had positive and significant relationship with job satisfaction, indicated by coefficient of correlation = 0.532. This results implied that the higher organizational commitment and organizational culture, the higher job satisfaction.
Based on the findings, organizational commitment of the employees at KPP Serang needs more improvement by revealing self awareness that organization (KPP) is the public institution which could be viewed as a place to give dedication to the nation and country so that its existence needs to be guarded and be developed continuously and organization authority (KPP/DJP) should facilitate all of their willingness, hopes, and actual needs of the employees as invaluable organizational assets; organizational culture of KPP Serang also needs to be developed by accommodating new values of organizational culture which seen could improving and strengthen present organizational culture; further similar researches also needed with broader research object and higher sample size so that the results could have greater generalization than this study.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2006
T22247
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tetriana Widya Nur Indah
"Dukungan organisasi merupakan salah satu konsep organisasional yang paling penting dalam menjaga karyawan dalam organisasi. Penelitian ini memfokuskan kepada antesedan dari Persepsi Dukungan Keorganisasian POS yang ada di PT. PGN Persero Tbk. Penelitian ini menggunakan dua-tahap desain metode penelitian campuran berurutan terdiri dari metode kuantitatif yang dilanjutkan dengan metode kualitatif. Model penelitian dikembangkan berdasarkan tinjauan literatur, penyebaran kuesioner, dan studi lapangan kualitatif. Survei dilakukan pada 190 karyawan.POS memiliki tiga dimensi utama yakni dukungan atasan, keadilan dan kondisi kerja. Ketiga dimensi ini diujikan kepada responden dan diklarifikasikan kepada informan untuk mengetahui gambaran dimensi POS di PT. PGN. Secara keseluruhan, ketiga dimensi ini telah berjalan dengan baik, namun masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Saran yang diberikan adalah transformasi menyeluruh yang menitikberatkan pada kebutuhan sosioemosional karyawan.

Organizational support is one of the most important organizational concept that keep employees in the organization. This study focused on antesedan of Perceived Organizational Support POS in the PT. PGN Persero Tbk. This study uses a two stage sequential mixed method research design consisted of a quantitative method followed by qualitative methods. The research model was developed based on literature review, questionnaires, and qualitative fieldwork. The survey was conducted on 190 employees.POS has three main dimensions namely supervisor support, justice and job conditions. The third dimension is tested to the respondent and clarified to the informant to describe the dimensions of POS in PT. PGN. Overall, these three dimensions has been running well, but there are still shortcomings that must be rectified. Advice given is the comprehensive transformation which focuses on socio emotional needs of employees."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T46928
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ali Nina Liche Seniati
"Latar Belakang Masalah
Dalam dunia organisasi, setiap orang yang bekerja dalam organisasi tertentu disebut karyawan. Dari karyawan-karyawan tersebut, ada sebagian besar yang merupakan kelompok profesi tertentu, seperti misalnya akuntan, insinyur, pengacara dan sebagainya. Di dalam dunia kedokteran, profesi yang umum adalah dokter baik dokter umum maupun spesialis. Di dalam dunia pendidikan, terutama pendidikan tinggi, istilah profesi belum banyak digunakan meskipun istilah ini dapat disandang oleh seorang staf akademik.
Morrow & Goetz (1988) mengemukakan bahwa seseorang yang melakukan pekerjaan tertentu dapat dikatakan memiliki profesi tertentu. Hasil penelitian All Nina dan Tjut Rifameutia (1999) tentang persepsi staf akademik Universitas Indonesia mengenai karakteristik staf akademik yang profesional, juga menunjukkan bahwa hampir seluruh responden penelitian yaitu staf akademik di lingkungan Universitas Indonesia menyatakan bahwa pekerjaan sebagai staf akademik merupakan suatu profesi.
Pembicaraan mengenai profesi tidaklah dapat dilepaskan dengan istilah profesional dan profesionalisme. Menurut Tris Budiono (1998), istilah profesional dalam pendidikan tinggi adalah kata benda yang mengidentifikasi kemampuan individual di bidang profesi tertentu yang terukur dan teruji keandalannya serta memiliki potensi martabat dan nilai imbal kesepadanan proporsional yang dapat menjamin hidup dan kehidupan profesi termasuk terselenggaranya proses belajar sepanjang hayat untuk kepentingan aktualisasi serta relevansi kemampuannya tersebut. Sedangkan profesionalisme adalah kata sifat yang mengandung "konsekuensi legal" yang mencerminkan akuntabilitas sebagai aktualisasi tanggung-gugat profesi yang menjamin si penerima manfaat terhadap berbagai resiko serta dampak yang mungkin ditimbulkan dari jasa kemampuan profesional yang diterimanya.
Sementara itu, dari hasil penelitian All Nina dan Tjut Rifameutia (1999), disimpulkan bahwa definisi profesional mengandung pengertian bahwa seseorang yang memegang profesi tertentu antara lain harus menguasai, mahir, atau ahli dalam bidangnya; melakukan tugas sesuai aturan atau standar profesilkode etik profesi; serta memiliki disiplin, bertanggung jawab, serius dan bermoral. Selain itu, staf akademik haruslah profesional dalam bidang pengajaran dan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dalam kualitas pribadinya, serta dalam hubungan pribadinya dengan orang lain. Namun demikian, dalam penelitian .tersebut belum diteliti secara mendalam mengenai profesionalisme staf akademik Universitas Indonesia.
Berdasarkan beberapa hasil penelitian mengenai komitmen kerja (work commitment), Morrow & Goetz (1988) menyimpulkan bahwa banyak konsep yang saling berkaitan dan tumpang tindih dalam konsep komitmen kerja. Oleh karena itu, mereka mengusulkan konsep alternatif yaitu profesionalisme. Sejalan dengan konsep profesionalisme ini, Aranya, Pollock, dan Armenic (1981) mengemukakan konsep komitmen profesi yang menunjukkan kekuatan relatif dari identifikasi dan keterlibatan seseorang terhadap profesi tertentu."
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2000
LP 2000 26
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Wening Sawitri
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara perceived organizational support (POS) dan workplace well-being (WWB). Pengukuran dilakukan dengan alat ukur Survey of Perceived Organizational Support (SPOS) (Eisenberger et al., 1986). Workplace well-being diukur dengan Workplace Well-Being Index (Page, 2005). Partisipan dalam penelitian ini adalah pekerja pabrik manufaktur penghasil baja di Indonesia.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara perceived organizational support dan workplace well-being pada pekerja pabrik (r = .72; p < .01). Artinya, semakin baik dukungan organisasi yang dipersepsi oleh pekerja pabrik, semakin baik pula tingkat kesejahteraan dirasakan pekerja pabrik di tempat kerjanya.

This study aims to find the relationship between perceived organizational support (POS) and workplace well-being (WWB). Perceived organizational support was measured using an instrument called Survey of Perceived Organizational Support (SPOS) (Eisenberger et al., 1986). Workplace well-being was measured using an instrument named Workplace Well-Being Index (WWBI) (Page, 2005). The participants of this study are 173 manufacture workers in an Indonesian company engaging in steel industry.
The result shows there is a significant positive correlation between perceived organizational support and workplace well-being (r = .72; p < .01). That is, the better organizational support that perceived by manufacture worker, the better workplace well-being they have.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S45219
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dodi Badarianto
"ABSTRAK
Nama : Dodi BadariantoProgram Studi : Ilmu Kesehatan MasyarakatJudul : Hubungan Karakteristik Personal dan Kepuasan Kerja DenganKomitmen Keorganisasian Tenaga Kesehatan Penugasan Khususdi Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan Analisis DataMonev Nusantara Sehat 2016 Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara karakteristik personal dankepuasan kerja dengan komitmen keorganisasian pada tenaga kesehatanpenugasan khusus berbasis tim di DTPK. Penelitian ini menggunakan metodekuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 467 orang tenaga kesehatanpenugasan khusus berbasis tim dalam rangka mendukung Program NusantaraSehat. Pengukuran terhadap kepuasan kerja dilakukan dengan menggunakanMinnesotta Satisfaction Quesionnaire MSQ , sedangkan pengukuran terhadapkomitmen keorganisasian menggunakan Organizational CommitmentQuestionnaire OCQ yang dikembangkan oleh Allen Meyer. Penelitian inimenggunakan Structural Equation Modelling SEM berbasis kovarian untukmenjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapathubungan yang positif antara karakteristik personal yang terdiri dari umur, lamakerja dan status pernikahan dengan komitmen keorganisasian sedangkan tingkatpendidikan menunjukkan hubungan yang negatif dengan komitmenkeorganisasian. Selain itu, juga ditemukan bahwa Kepuasan Kerja berhubunganpositif dengan komitmen keorganisasian.Kata Kunci: Karakteristik Personal, Kepuasan Kerja, Komitmen Keorganisasian.

ABSTRACT
ABSTRACTName Dodi BadariantoStudy Program Public Health ScienceTitle Relationship of Personal Characteristics and Job Satisfactionwith Organizational Commitment of Health Workers inUnderdeveloped, Border and Islands Area in 2016This research examines the Relationship of Personal Characteristics and JobSatisfaction with Organizational Commitment of Team Based Health Workers inUnderdeveloped, Border and Islands Area DTPK . The research used quantitativemethod. Subject of the research is 467 Team Based Health Workers in order tosupport Nusantara Sehat Program. Measurement of job satisfaction by usingMinnesota Satisfaction Questionnaire MSQ , while the measurement oforganizational commitment using the Organizational Commitment Questionnaire OCQ developed by Allen Mayer. In this research, Covariance Based StructuralEquation Modelling SEM was used to answer the research questions. The resultsshowed Personal Characteristics consisting of age, tenure and marital status havea positive relationship with organizational commitment, while education levelhave a negative relationship with organizational commitment. It was alsodiscovered that job satisfaction had a positive relationship with organizationalcommitment.Keywords personal characteristics, job satisfaction, organizational commitment"
2017
T48256
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurul Safitri
"Salesforce merupakan mesin penggerak bagi organisasi bisnis direct selling agar bisa mencapai tujuannya tersebut. Salah satu organisasi bisnis direct selling yang sedang berkembang pesat saat ini adalah Tupperware. Penelitian ini membahas tentang hubungan faktor personal dan faktor kepuasan kerja dengan komitmen sales force dalam bisnis direct selling. Penelitian dilakukan terhadap 72 orang sales force Tupperware yang berstatus Team Captain, Unit Manager dan Group Manager yang berada di distributor Alif Rose (Distributor pertama Tupperware di Indonesia). Pengukuran terhadap kepuasan kerja dilakukan dengan menggunakan Minnesotta Satisfaction Questionnaire (MSQ), sedangkan pengukuran terhadap komitmen keorganisasian menggunakan Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) yang dikembangkan oleh Allen Meyer. Teknik analisis data dalarn penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan uji statistic Cramer's V dan Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen keorganisasian sales force yang paling dominan adalah komitmen keorganisasian afektif. Variabel usia, masa kerja, tingkat pendidikan, jenis kelarnin, dan status perkawinan tidak berhubungan dengan komitmen keorganisasian sales force, namun kepuasan kerja memiliki hubungan yang sedang dan positif dengan komitmen keorganisasian sales force.

Sales force is the driving engine for the direct selling business organization in order to achieve these goals. One of the direct selling business organizations which are emerging now is Tupperware. This study discusses the relationship of personal factors and factors of job satisfaction with the sales force?s commitment in the business of direct selling. Research conducted on 72 people Tupperware sales force with the status of Team Captain, Unit Manager and Group Manager in the distributor Alif Rose (first Tupperware Distributor in Indonesia). Measurement of job satisfaction by using Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ), while the measurement of organizational commitment using the Organizational Commitment Questionnaire (OCQ) developed by Allen Meyer. The data analysis technique in this research is the correlation by using Cramer's V statistical test and
Spearman's.
The results of this study indicate that the most dominant sales force organizational commitment is the affective organizational commitment. The variables of age, years of education level, gender, and marital status are not related to sales force organizational commitment, but job satisfaction has a moderate and positive relationships with sales force organizational commitment.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T27884
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Luthfi Nur Hudzaifah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh person-job fit dan person-organization fit terhadap employee-customer identification yang dimediasi oleh organizational identification pada perawat di Sukabumi, Jawa Barat dengan jumlah sampel 157 orang. Penelitian ini merupakan penelitian metode kuantitatif dengan desain deskriptif serta menggunakan teknik structural equation modeling SEM yang diolah menggunaka Lisrel 8.51.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa person-job fit pada perawat di Sukabumi tidak terbukti mempengaruhi employee-customer identification secara langsung tetapi dimediasi terlebhi dahulu oleh organizational identification. Sedangkan person-organization terbukti memiliki hubungan dengan employee-customer identification baik secara langsung maupun ketika dimediasi oleh organizational identification.

This research aims to identify the effect of person job fit and person organization fit to employee customer identification, through organizational identification as a mediator, to nurses in Sukabumi, West Java with 157 participants as the research sample. The present research used quantitative method with descriptive design, and employed a structural equation modelling SEM technique using Lisrel 8.51 program.
The results showed that the employee customer identification of nurses in Sukabumi is not affected by person job fit directly, but mediated first by the organizational identification. Meanwhile, the person organization fit give a positive impact to employee customer identification both directly and indirectly through organizational identification as a mediator.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S66235
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ichrima Ryzka Chamila
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh social support, self-efficacy, dan career adaptability terhadap work engagement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik survei. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik convenience dengan jumlah responden yang terkumpul sebanyak 131 pekerja berstatus PWTT yang telah bekerja selama 1 tahun di Kantor Pusat PT Pertamina (Persero). Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social support mempengaruhi work engagement secara positif dan signifikan, self-efficacy mempengaruhi work engagement secara positif dan signifikan, dan juga career adaptability mempengaruhi work engagement secara positif dan signifikan. Selanjutnya, juga ditemukan bahwa social support, self-efficacy, dan career adaptability berpengaruh terhadap work engagement secara simultan.

ABSTRACT
The research aims to examine the effect of social support, self-efficacy, and career adaptability on work engagement. This research used a quantitative approach through survey techniques. The sampling technique in this study uses convenience techniques with the number of respondents collected was 131 respondents PWTT status workers who have worked for 1 year at PT Pertamina (Persero) Head Office. Data analysis was done by descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that social support affect work engagement positively and significantly, self-efficacy affect work engagement positively and significantly, and career adaptability affect work engagement positively and significantly. Furthermore, also found that social support, self-efficacy, and career adaptability simultaneously affect work engagement."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>