Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 75177 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sandi Sifananda
"Karya akhir ini merupakan rencana pengembangan bisnis Agro Prima Empat Sekawan yang bergerak dibidang agribisnis hortikultura khususnya paprika Penjualan yang dihasilkan Empat Sekawan tidak mampu memberikan imbal hasil yang optimal dengan investasi yang telah dikeluarkan sehingga diperlukan penyusunan rencana pengembangan bisnis khususnya dari segi perencanaan pemasaran. Kendala yang dihadapi Empat Sekawan adalah infrastruktur yang tidak mendukung, produksi pertanian kurang maksimal, ketergantungan saluran pemasaran, serta keterbatasan sumber daya manusia dan modal.
Tujuan dari perencanaan pemasaran adalah dengan peningkatan penjualan melalui peningkatan nilai (rupiah) maupun peningkatan kuantitas (kilogram) penjualan melalui penerapan strategi pada segmentasi dan positioning, produk, saluran pemasaran, komunikasi pemasaran, dan merk. Perumusan perencanaan pemasaran ini, sebagai bagian dari sam kesatuan dengan perencanaan operasional serta perencanaan keuangan, akan membentuk suatu business development plan yang akan menjadi panduan dalam operasional Empat Sekawan kedepan.

This thesis is a business development plan of Agro Prima Empat Sekawan, a holticulture agrobusiness company especially in paprika. Business development plan needed because sales generated could not give an optimal return to shareholder investment. Problems that Empat Sekawan faces are lck of innastucture, limited productivity depend on marketing channel, and limited of human resources and capital.
The purpose of marketing plan is to increase sales whether increase in value (rupiah) and quantity (kilogram) of sales through strategy formulation and implemention in segmentation and positioning, products, marketing channel, marketing communication, and brand. This thesis that concentrates on marketing plan, together with two other thesis that concentrate on operations and tinancial planning will make up a complete business development plan that will serve as a guidance for operating Empat Sekawan in fixture.
"
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33856
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tesar Ahmad Zakaria
"Karya akhir ini merumuskan perencanaan keuangan terhadap rencana pengembangan usaha AGRO PRIMA EMPAT SEKAWAN dalam agrobisnis paprika. Tujuan dari perencanaan keuangan ini adalah untuk menunjukkan apakah investasi yang telah dilakukan untuk pengembangan usahanya layak atau tidak layak dilakukan. Dalam melakukan analisis kelayakan investasinya, digunakan beberapa metode seperti Net Present Value, Internal Rate of Refurn, Payback Period, Discounied Payback Period dan Profitabiligv Index. Penyusurian perencanaan keuangan dan anaiisis keiayakan investasi ini merupakan satu A kesafdhn dengan pcrcncanaan pemasaran dan suppbf chain. Dari integrasi ketigaaya dapat membentuk suatu business development plan yang akan menjadi panduan untuk mengembangkan usaha AGRO PRIMA EMPAT SEKAWAN.

This thesis will formulate iinaneial planning about business development plan for AGRO PRIMA EMPAT` SEKAWAN in agribusiness for paprika. The final goal of financial planning is to accept or not to accept the investment made for the business development plan. Methods that are used to analyze investment acceptance such as Net Present Value, Intefnal Rate of Return; Payback Period, Discounted Payback Period dan Profitability Index. This formulation for ?financial planning and investment acceptance analysis are integrated with the development plans of marketing and supply chain. From these integrations will become business development plan and will be served as guidance for AGRO PRIMA EMPAT SEKAWAN in developing their business."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T33415
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Shahdatin Pratiwi
"Karya akhir ini membahasan perumusan strategi supply chain management yang mencangkup strategi rantai pasokan dan perencanaan operasional di Agro Prima Empat Sekawan untuk mengembangkan agribisnis paprika. Diharapkan rancangan supply chain management dapat dijadikan pedoman operasional kegiatan panen, pasca panen dan logistik perusahaan untuk menciptakan value added produk. Desain rantai pasok yang diterapkan adalah efficient supply chain, dimana perusahaan mengoptimalkan kapasitas greenhouse untuk meningkatkan produksi. Praktek kolaborasi dilakukan secara horisontal dan vertikal dengan melibatkan supplier, konsumen dan petani sayuran lainnya. Perencanaan supply chain management ini merupakan satu kesatuan dari perencanaan marketing dan perencanaan keuangan, sehingga membentuk suatu business plan pengembangan agribisnis.

The thesis describes supply chain management formulation that consists of supply chain strategy and operational planning at Agro Prima Empat Sekawan to develop paprika agribusiness. It is expected the design of supply chain management can be applied as a guidelines for operational activities of harvesting, post harvest and logistics to create value-added of agricultural products. Supply chain design strategy applied is efficient supply chain, whereas company oplimalized greenhouse capacity in order to increase production of paprika. Collaboration between company and its partners will be horizontally and vertically which involve supplier, customer and farmers. The supply chain management planning is an integral part of marketing planning and financial planning hence it will form a business development plan agribusiness."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T33242
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Evelyn Yuliusman
"Setiap perusahaan, termasuk perusahaan farmasi, membutuhkan unit business development untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya maupun mengembangkan bisnisnya agar menjadi lebih besar. Apoteker memiliki pengetahuan khusus dan unik mengenai ilmu farmasi dan pasar farmasi yang dapat menjadi keunggulan kompetitif dibandingkan dengan profesi lain yang bekerja di business development suatu perusahaan farmasi. Oleh sebab itu, Apoteker membutuhkan suatu pengalaman praktis dalam bekerja di business development. Pengalaman praktis diperoleh melalui praktek kerja profesi Apoteker yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2016 di corporate business development PT. Kalbe Farma,Tbk. Ada pun tujuan dari praktek kerja profesi ini adalah memahami tugas dan wewenang Apoteker di korporasi; memahami peran Apoteker dalam pengembangan industri farmasi melalui pembuatan bisnis baru atau perluasan portofolio bisnis yang telah ada; serta memahami tahapan pengembangan bisnis baru atau portofolio bisnis dalam suatu perusahaan farmasi. Tugas dan wewenang Apoteker pada divisi corporate business development secara umum adalah memastikan kelangsungan bisnis, manajemen proyek dan melakukan inovasi. Peran Apoteker pada divisi corporate business development di PT.Kalbe Farma,Tbk. adalah sebagai penganalisa pasar, penganalisa bisnis dan produk baru, peninjau produk dan bisnis baru, pencarian ide bisnis baru dan pengembangan portofolio bisnis, serta presentasi hasil analisa dan ide bisnis baru atau pengembangan portofolio bisnis tersebut kepada pihak yang berkepentingan seperti pemegang saham, pihak marketing, dan pimpinan perusahaan. Tahapan pengembangan bisnis baru ataupun pengembangan portofolio bisnis adalah pencarian ide, pematangan dan penilaian ide, persiapan rencana bisnis, pengambilan keputusan, pengusulan produk baru, eksekusi ide, pemantauan eksekusi, pemantauan paska peluncuran produk, dan marketing."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tetto Wisanggeni Galmantro
"Cirebon merupakan sentra kerajinan rotan yang sudah terkenal sejak periode 1930- an dengan pusatnya yang berada di Desa Tegalwangi, Kecamatan Weru. Usaha tersebut dirintis oleh salah satu warganya hingga berkembang menjadi sentra kerajinan rotan sampai mendapat perhatian pemerintah Orde Baru pada tahun 1970 untuk mengembangkan industri rotan sampai ke pasar ekspor. Penelitian ini membahas tentang perkembangan industri rotan Desa Tegalwangi tahun 1970 – 1990-an dengan menggunakan metode Sejarah yang meliputi, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Sumber yang digunakan berupa arsip pemerintah, berita surat kabar, buku, dan jurnal artikel sebagai pendukung. Penelitian tentang industri rotan di Indonesia memang sudah ada, tetapi penelitian tentang industri rotan di Desa Tegalwangi, Cirebon masih jarang khususnya pada periode 1970 – 1990-an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan industri rotan yang dilakukan pemerintah Orde Baru melalui program pilot project di Desa Tegalwangi dengan memberikan bantuan berupa pelatihan serta kredit modal kepada para perajin dan pengusaha. Hal tersebut kemudian berdampak pada pertambahan jumlah perusahaan rotan, penyerapan tenaga kerja yang meningkat, rotan Tegalwangi yang berhasil menembus pasar internasional, meningkatnya kesejahteraan warga desa. Tetapi terdapat juga dampak buruk, yaitu pengusaha yang kekurangan bahan baku dan aksi penjiplakan desain.
Cirebon has been famous since the 1930s as a rattan craft center that with its center in Tegalwangi Village, Weru District. This business was started by one of the residents and developed into a rattan craft center until it received attention from the New Order government in 1970 to develop the rattan industry to the export market. This research discusses the development of the rattan industry in Tegalwangi Village in the 1970s - 1990s using historical methods which include heuristics, verification, interpretation and historiography. The sources used are government archives, newspaper reports, books and journal articles as support. Research on the rattan industry in Indonesia already exists, but research on the rattan industry in Tegalwangi Village, Cirebon is still rare, especially in the 1970 - 1990s period. The research results show that the development of the rattan industry was carried out by the New Order government through a pilot project program in Tegalwangi Village by providing assistance in the form of training and capital credit to craftsmen and entrepreneurs. This then had an impact on increasing the number of rattan companies, increasing employment opportunities, Tegalwangi rattan succeeded in penetrating the international market, improving the welfare of village residents. However, there are also bad impacts, such as rattan entrepreneurs lacking raw materials and plagiarizing designs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anis Dwiyanti
"Tesis ini membahas tentang business coaching yang dilakukan penulis selaku coach terhadap Syafitri Gallery, sebuah UMKM yang memproduksi pakaian bordir dengan nuansa etnik Indonesia. Tujuan coaching ini adalah untuk mengembangkan model bisnis Syafitri Gallery dengan membuat perumusan standar profit formula dan menambahkan media promosi berupa website guna meningkatkan kinerja penjualannya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif. Pada akhir periode pelaksanaan business coaching, UMKM telah memiliki standar profit formula yang terdiri dari standard costing per unit dan pengunaan cost volume profit analysis untuk mengetahui titik impas dan mencapai target laba. Selain itu, Syafitri Gallery sudah memiliki desain website akan tetapi belum diluncurkan. Keberhasilan strategi pengembangan bisnis terhadap kinerja penjualan belum dapat diukur.

This thesis is a business coaching conducted by the author as a coach to Syafitri Gallery, an SME that produces clothes with Indonesia ethnic embroidered. The purpose of this study is to improve the SME?s businesss model by standard profit formulation and improvement of promotion media in form of website to increase sales performance. Method used in this thesis is qualitative data analysis. At the end of business coaching, SME has sucessfully found standard profit formulation which are consist of standard costing of unit cost and appliance cost volume profit analysis to determine break even point and achieve the target profit. Moreover, Syafitri Gallery already has a web design but has not launched yet. Business development strategy success of sales performance is not able to be measured yet.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Airlangga, 1992
635 PER
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sabrina Rahman Nur Sary
"Dalam makalah perencanaan bisnis ini akan dijelaskan sebuah produk digital yang bernama "Jigsaw". Dengan slogan "Every piece of life", Jigsaw akan menawarkan system terintegrasi dari berbagi material digital yang didasarkan pada sistem cloud. Jigsaw akan berfungsi sebagai jurnal online sehingga pengguna bisa melihat aktivitas mereka di dunia online dan offline. Jigsaw dilihat mampu untuk menciptakan posisi yang unik di market, dimana produk ini menawarkan pengguna nya untuk melihat kembali semua kegiatan masa lalu mereka di berbagai social media. Jigsaw menargetkan Generasi Y yang tinggal di benua Australia sebagai penggunanya. Kompetitor yang nantinya akan dihadapi adalah Blogger.com, Wordpress.com, Blog.com, Tumblr, dan Timehop. Dengan menggunakan beberapa teori marketing (seperti Product Life Cycle, Porter’s Five Forces Model, dan SWOT Analysis), pasar dilihat cukup attraktif dan menarik untuk dimasuki. Sumber pendapatan utama akan didapat melalui subscription. Sumber pendapatan lainnya akan didapatkan melalui branding, promosi, distribusi, dan dalam bentuk kerjasama.

This business plan will explore the development of a new product branded as "Jigsaw", to be sold over the internet. With the tagline of "Every piece of life", Jigsaw will offer the integration of various digital materials through a cloud-based system. Jigsaw will serve as an online journal service, subsequently letting users to track their daily online and offline activities. With core and augmented value offerings, Jigsaw will establish a unique selling proposition in the market, allowing users to revisit memories from the past in a simple way.Jigsaw has strategically segmented Gen Y and the Australia geographic region as its target market. Through the competitive analysis, it is discovered that there are a few major competitors such as Blogger.com, Wordpress.com, Blog.com, Tumblr, and Timehop. By using appropriate measures; PLC, Porter’s 5 Forces Model, and SWOT Analysis, the market attractiveness is found to be moderate. Jigsaw's revenue model proposes several ways to generate revenue. The primary revenue stream will be via a subscription for service. Secondary methods of generating revenue will be included in branding, promotion, distribution and partnerships.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Raymond Firman
"Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan langkah optimalisasi penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 dalam rangka mengatasi potential loss penerimaan pajak dengan melakukan analisis faktor yang menyebabkan rendahnya kepatuhan perpajakan wajib pajak UMKM dan mengusulkan upaya yang relevan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak atas kewajiban perpajakannya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Studi kasus dilakukan pada Direktorat Jenderal Pajak DJP , Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Hasil Penelitian dengan menggunakan slippery slope framework menunjukkan bahwa rendahnya kepatuhan wajib pajak dalam hal ini voluntary tax compliance disebabkan oleh rendahnya kepercayaan wajib pajak khususnya sikap moral terhadap Direktorat Jenderal Pajak sebagai otoritas pajak. Direktorat Jenderal Pajak telah melakukan upaya untuk meningkatkan voluntary tax compliance dengan melakukan penyuluhan melalui pola pembinaan usaha wajib pajak yang disebut dengan business development services BDS . Dalam pelaksanaannya, BDS yang dilaksanakan oleh DJP ternyata belum optimal dalam meningkatkan voluntary tax compliance, hal ini disebabkan oleh kepercayaaan masyarakat atas DJP belum dapat ditingkatkan secara optimal melalui program BDS. Terhadap adanya permasalahan tersebut.
Penelitian ini menyarankan DJP untuk melakukan pembaharuan dengan mengkombinasikan program BDS dengan strategi marketing yang telah teruji sukses sejak abad 18 SM yaitu AIDA Attention, Interest, Desire dan Action . Dengan kombinasi BDS dan AIDA social marketing maka setiap tahapan perilaku dari objek BDS mulai dari perhatian/ kesadaran atas adanya Program BDS, ketertarikan atas implementasi dari program BDS, keinginan untuk mengetahui kewajiban perpajakan karena telah merasa dibantu dalam mengembangkan usahanya, hingga memutuskan untuk melakukan aksi dengan membayar Pajak PP. 46 karena adanya rasa percaya terhadap dapat dipantau dengan pendampingan secara berkelanjutan dan terus menerus sehingga BDS dapat berjalan secara optimal dan efektif dalam meningkatkan voluntary tax compliance yang berdampak positif pada penerimaan pajak.

This study aims to propose the steps for optimizing the implementation of Government Regulation No. 46 of 2013 in order to overcome the potential loss of tax revenue by conducting analysis of factors that cause low tax compliance of Micro, Small and Medium Enterprises MSME taxpayers. It also proposes relevant efforts to improve taxpayer compliance with taxation obligations. The research method used was qualitative method with case study approach. A case study was conducted at the Directorate General of Taxes DGT , Ministry of Finance of the Republic of Indonesia.
The results of research using slippery slope framework and interviews show that low taxpayer compliance or voluntary tax compliance in this case is caused by the low taxpayers trust especially moral attitude toward DGT as tax authority. Efforts to increase voluntary tax compliance have been made by the Directorate General of Taxes by conducting counseling with taxpayer coaching pattern through business development services BDS . In practice, BDS implemented by DGT has not been optimal in increasing voluntary tax compliance. This is caused by public confidence in DGT cannot be optimally enhanced through BDS program.
Regarding this problem, this research suggests DGT to update by combining BDS program with marketing strategy that has been tested successfully since 18th century BC called AIDA Attention, Interest, Desire and Action . With combination of BDS and AIDA social marketing, every behavior stage of BDS objects start from awareness of BDS Program, interest in the Implementation of BDS program, the desire to know the taxation obligations as they have been assisted in developing the business, decide to take action by paying the Government Regulation No. 46 Tax because BDS program is able to monitor the objects with ongoing assistance. As a result, BDS can run optimally and effectively in increasing voluntary tax compliance which has positive impacts on tax revenue.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Crego, Edwin T.
"The key to a professional-quality business plan. This best-selling book has been updated to include crucial information on diagnosing and measuring customer satisfaction. How to Write a Business Plan, Fourth Edition not only puts all the facts and planning formats you need right at your fingertips, but also gives you the latest thinking on effective business planning. It shows you how to organize and implement the planning process from beginning to end and translate your plan into action You will learn how to: ? Evaluate your company?s capabilities, strengths, and weaknesses ? Pinpoint the crucial elements of your competitive environment, including market, economic, and technological factors ? Set realistic production/service, revenue, and overall operating goals and objectives ? Develop and coordinate strategies that strengthen your company's production, marketing, research and development, organization and management, and financial systems ? Identify and integrate customer requirements into your plan ? Write the actual planning document and implement it to guide your company to greater productivity and profits ? Implement your plan successfully ? Obtain the capital you need to grow. This is an ebook version of the AMA Self-Study course. If you want to take the course for credit you need to either purchase a hard copy of the course through amaselfstudy."
New York: [American Management Association;, ], 1995
e20437022
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>