Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112494 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nicky Stephani
"Penelitian ini membahas tentang penggambaran orang tua tunggal dalam program televisi, khususnya dalam program talkshow. Talkshow Sudut Pandang dipilih karena acara tersebut memberikan perhatian dan membahas permasalahan orang tua tunggal di Indonesia dari segi yang konstruktif. Penelitian kualitatif dengan paradigma kritis konstruksionisme ini membahas representasi orang tua tunggal dalam program televisi dengan menggunakan teknik analisis framing setting dan kategorisasi fakta Murray Edelman.Penelitian ini menghasilkan pola representasi orang tua tunggal di televisi, dimana sosok duda mati dari kalangan orang biasa digambarkan secara lebih positif dibandingkan dengan sosok janda cerai dari kalangan artis. Berdasarkan perspektif feminisme sosialis, pola representasi tersebut tidak dapat dilepaskan dari pengaruh ideologi dominan yang ada dalam media Indonesia, yaitu patriarki dan kapitalisme. Pada akhirnya, representasi orang tua tunggal dalam program yang positif sekalipun hanya menjadi reproduksi isu yang dikonstruksi berdasarkan kepentingan ideologi dominan semata.

This research examines representation of single parents in television program, especially talkshow. Talkshow Sudut Pandang is chosen because of its concern and discussion of Indonesian single parents issue from positive perspective. This qualitative research using critical constructionism paradigm discussed single parents representation in television through Edelman`s framing setting and facts categorization analysis.This research describes the pattern of single parents representation in television which died single father from common people is represented more positive than divorced single mother from celebrity realm. Through socialist feminism, those patterns could not be separated from dominant ideologies in Indonesian media, which are patriarchy and capitalism. At the end, representation of single parents in positive program just becomes media reproduction which is constructed by dominant ideologies interest."
Depok: Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Novita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana etnis direpresentasikan melalui makna denotasi, konotasi dan mitos serta ideologi yang muncul. Analisis semiotik yang digunakan, diadaptasi dari model analisis Roland Barthes. Data penelitian diperoleh dari tayangan televisi Ethnic Runaway episode Suku Toraja yang disiarkan Trans TV. Dalam membahas digunakan konsep-konsep dalam komunikasi antarbudaya dan pemikiran Adorno tentang 'nonidentitas' dalam Negative Dialectics. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima adegan dalam tayangan ini yang secara khusus merepresentasikan suku Toraja. Untuk kemudian, dari adegan-adegan tersebut teridentifikasi mitos-mitos tentang suku Toraja sebagai berikut; suku Toraja ialah suku yang memiliki tradisi aneh, horor dan mistis, daerah Toraja ialah daerah yang angker, makanan dan proses memasak dalam kebiasaan suku Toraja menjijikan dan tidak praktis, tempat bermatapencaharian orang Toraja untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya ialah sesuatu yang menjijikan, dan terakhir ialah salah satu tradisi suku Toraja berbahaya, menakutkan dan sarat dengan kekerasan. Melalui analisis tanda-tanda berupa aspek visual dan aspek audio, penelitian ini menyimpulkan bahwa tayangan Ethnic Runaway episode Suku Toraja tidak lepas dari sebuah ideologi dominan, yaitu etnosentrisme.

The objective of this research was to find out how an ethnic was represented through the denotative and connotative meaning, myth, and ideology. Semiotic analysis used was adapted from Roland Barthes model analysis. Data of the study was gathered from television program Ethnic Runaway in episode Toraja Tribe broadcasted by Trans TV. In discussing the matter, concepts of intercultural communication and Adorno's hypothesis of non-identity in Negative Dialectics were used. The result of the study showed that there were five scenes that specifically represented Toraja Tribe. Then, myths of Toraja Tribe were identified by those scenes, which were; Toraja was a tribe whose traditions were strange, horror, and mysterious, the territory of Toraja was haunted, the food and food processing of Toraja people were disgusting and complicated, the occupation to maintain the living of Toraja people was something disgusting, and last, one of Toraja tribe's traditions was dangerous, scary, and violent. Through the analysis of visual and audio aspects, the research concluded that television program Ethnic Runaway in episode Toraja Tribe was influenced by a dominant ideology, which was ethnocentrism."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
T30881
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Tri Wahyutika
"ABSTRAK
<

Penelitian ini membahas tentang strategi bisnis yang digunakan program NET Ini Talkshow agar mampu bersaing secara profesional dalam persaingan stasiun televisi terestrial. Penelitian ini akan mendeskripsikan penerapan strategi blue ocean pada aspek khalayak, isi tayangan, serta promosi program Ini Talkshow. Penelitian ini menggunakan paradigma positivis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ini Talkshow menggunakan strategi bisnis blue ocean dan menerapkannya dalam segi khalayak, isi tayangan, serta promosinya. Penelitian ini juga membahas tentang strategi Ini Talkshow untuk mendapatkan pemasukan selain dari slot iklan.


ABSTRACT
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hastuti Wulanningrum
"Media massa dan perempuan merupakan dua hal yang hampir tidak dapat dipisahkan. Hal ini terwujud melalui hadirnya sosok perempuan yang direpresentasikan di media massa. Melihat fenomena yang marak terkait dengan kemunculan sosok perempuan di media massa, pada umumnya perempuan hanya digambarkan sebagai alat pemanis atau sebuah komoditas demi kepentingan-kepentingan teltentu.
Salah satu bentuk media massa yang membeii pengaruh sangat besar bagi khalayak adalah media televisi. Beragam bentuk paket program ditawarkan oleh media televisi. Namun maraknya program-program yang ditayangkan cenderung membentuk suatu eksploitasi terhadap situasi dan kondisi yang terjadi di masyarakat. Eksploitasi tersebut mengarah pada kondisi diskriminasi terhadap satu pihak. Salah satu bentuk terjadinya kondisi diskriminasi tersebul tergambar dalam tayangan berita kriminal. Program ini muncui seiring dengan kondisi realita sosial yang menunjukkan tingkat kriminalitas yang semakin hari semakin tinggi akibat banyak faktor. Diusungnya laporan investigasi daiam bentuk program hukum dan kriminal bertujuan untuk meningkatkan empati seria kewaspadaan masyarakat akan bahaya kejahatan yang dapat mengintai siapa saja.
Namun hal yang mengganggu dan sekaiigus menarik uniuk diteiaah adaiah adanya prilaku ekspioitasi dan diskriminasi terhadap perempuan daiam pembentaan pada tayangan kriminal tersabut. Media teievisi seolah kian menjadi lahan subur bagi bentuk pendiskriminasian perempuan secara simbolik melalui pemberitaan-pemberitaan yang bombastis sehingga mampu menyedot perhatian khalayak, Perempuan yang mendapatkan prilaku diskriminatif berada dalam posisi sebagai pelaku kejahatan maupun sebagai korban kejahatan. Sementara itu, individu yang melakukan prilaku eksploitasi dan diskriminasi tersebut adalah Iaki-laki yang menjadikan perempuan sebagai korban kejahatan, atau bahkan pihak-pihak yang berwenang, ketika perempuan berada pada posisi sebagai pelaku kejahatan. Untuk itu, penelitian ini hendak mempermasalahkan sudut pandang jurnalis atau pengelola program Derap Hukum dari perspektif feminis sosialis, perihal bagaimana ideology-ideologi yang melatarbelakangi kerangka berpikir mereka sehingga tercermin dalam hasil produksi yang kemudian disalurkan ke ruang-ruang keluarga.
Penelitian ini menggunakan perspektif feminis sosialis dalam kerangka ekonomi politik kritis. Data-data diperoleh dan hasil wawancara terhadap informan-informan penting di balik proses produksi program Derap Hukum. Selain itu, observasi terhadap tayangan episode-episode Derap Hukum sepanjang tahun 2006 juga dilakukan untuk mengklarifikasi pernyataan-pernyataan informan dengan hasil produksi mereka sendiri. Data sekunder sebagai pelengkap, diperoleh dari penelusuran berbagai literatur terkait.
Hasil penelitian menemukan adanya kepentingan-kepentingan ekonomi politik media yang menjadi kerangka konsep berpikir para pengelola program Derap Hukum tenitama sang pemegang wewenang dan keputusan tertinggi. Subordinasi temadap perempuan terlihat jelas dalam representasi tayangan. Hal tersebut ternyata merupakan strategi untuk menjangkau khalayak sebanyak-banyaknya demi peraihan keuntungan yang sebesar-besamya. Dengan demikian, ideology pairiarki dan budaya kapitalisme media masih mendominasi kinerja iumahs dalam memproduksi tayangan bagi khalayak yang tidak hanya dikhususkan oieh Iaki-laki. Ironisnya, tayangan tersebut justru menyajikan proporsi yang tidak seimbang dan cenderung menyudutkan perempuan. Dengan demikian, stigma perempuan yang rentan dengan tindak kekerasan diperkuat dengan representasi pelempuan dalam layar kaca yang tidak Iain dijadikan sebagai sebuah komoditas tersendiri bagi institusi media yang mendatangkan banyak keuntungan.
Akhir penelitian ini berupaya memberi solusi pada permasalahan yang ada melalui implikasi peneiitian. Panama. media televisi hendaknya mampu melakukan suatu gebrakan untuk mengangkat derajat penempuan dari keterpurukan yang semakin diperparah dengan representasinya seoara simbolik dalam tayangan hukum dan kriminal. Hal tersebut mampu membuktikan bahwa perempuan memang rentan kejahatan namun bukan berarti perempuan kayak didiskriminasikan dalam segi apapun yang tidak setara dengan laki-laki. Kedua, peran negara untuk berintegrasi dengan media dapat dilakukan dengan terus-menerus melakukan sosialisasi zero tolerance policy of violence against woman, tanpa melakukan intervensi berlebihan pada institusi media.
Akhirnya, penelitian ini merekomendasikan bagi penelitian selanjutnya untuk Iebih mengupas secara lebih lengkap dan komperhensif mengenai praktek kapitalisme dalam kepentingan ekonomi politik media di balik representasi muatan tayangan yang diproduksinya dalam konsep ekonomi politik media yang lain yaitu spasialisasi dan strukturasi. Karena pengaruh kepentingan ekonomi poiitik dalam tubuh institusi media tersebut memberi penetrasi yang sangat kuat kepada khalayak sebagai konsumen. Di samping itu, penelitian-penelitian seputar representasi sosok perempuan dalam media masse perlu dilakukan seoara berkesinambungan sebagai upaya memberi penyadaran bagi jurnalis rnengingat dunia jurnalis masih didominasi oleh ideologi patriarki yang teramat kuat."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2007
T23324
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hans Karunia H
"Tesis ini menganalisa tentang proses media membingkai sebuah isu terkait politik identitas, dikaitkan dengan pernyataan Anies Baswedan dalam forum diskusi dengan pemimpin redaksi media massa di Surabaya, Jawa Timur yang menyatakan bahwa politik identitas merupakan praktik yang tak terhindarkan. Metode analisis menggunakan analisis framing Robert N Entman pada tayangan program Dua Arah Kompas Tv :  Episode “Politik Identitas, Jadi Jalan Pintas?” yang disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Kompas TV. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Unit observasi  yang telah dipilih diteliti  dengan menggunakan Analisis Framing Robert N Entman sebagai pisau analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan pembingkaian yang dilakukan oleh Kompas TV pada channel Youtube telah sesuai dengan ideologi yang dianut, serta isu politik identitas dikonstruksi dengan nada negatif dan membentuk persepsi negatif kepada audiens. Dibentuk opini sebagai solusi dari isu tersebut, yaitu didorong untuk berkomitmen pada adu gagasan antar aktor politik yang mengikuti kontestasi politik.

The thesis analyzes the media process of framing an issue related to identity politics, linked to Anies Baswedan's statement in a discussion forum with the chief editor of mass media in Surabaya, East Java, which stated that identity politics is an unavoidable practice. The analysis method uses Robert N Entman's framing analysis on Dua Arah Kompas Tv : Episode "Politik Identitas, Jadi Jalan Pintas?" which was broadcast via live streaming on the Kompas TV YouTube channel. Researchers used a qualitative research approach with descriptive methods. The selected observation units were examined using Robert N Entman's Framing Analysis as an analytical tool. The results of this research show that the framing carried out by Kompas TV’s YouTube channel is in accordance with the ideology adhered to, and the issue of identity politics is constructed in a negative tone and creates negative perceptions for the audience. Opinions are formed as a solution to the issue, namely being encouraged to commit to a battle of ideas between political actors participating in political contestation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eviati Suhaimi
"Ditinjau dari penggunaan sudut pandang yang dipergunakan pengarang dalam sejarah kesusastraan Indonesia, tampak adanya perubahan sejak awal kemunculan novel-novel dalam sastra Indonesia hingga saat ini. penggunaan sudut pandang yang dipergunakan pengarang Y.B. Mangunwijaya dalam novel Burung-burung Manyar merupakan salah satu oontoh perubahan penggunaan sudut pandang yang menunjuk ke masa kini.
Novel ini menarik untuk diteliti karena sudut pandang berganti-ganti yang digunakan pengarang dalam novel tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk meneliti peran sudut pandang bagi keberhasilan Burung-Burung Manyar sebagai sebuah karya sastra. Sebagai penelitian awal mengenai sudut pandang yang masih sangat jarang dilakukan orang, dapatlah kiranya skripsi ini dipandang sebagai umpan para peminat sastra untuk meneliti masalah sudut pandang lebih jauh lagi"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: UI Publishing, 2021
070.92 PUB
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Haris Utiarahman
"Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penempatan produk Torabika Creamy Latte pada program televisi Ini Talkshow terhadap minat beli konsumen Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang telah menonton program Ini Talkshow dengan usia 18 tahun ke atas dan merupakan mahasiswa aktif FISIP UI Metode yang peneliti gunakan adalah non probability sampling serta teknik pengambilan sampel purposive sampling Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan linear regression Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penempatan produk Torabika Creamy Latte dengan dimensi visual audio dan plot connection memiliki pengaruh yang lemah terhadap minat beli konsumen.

The purpose of this study was to analyze the influence of product placement Torabika Creamy Latte on television program Ini Talkshow on consumer buying interest This study uses a quantitative approach The sample in this study are 100 people who have been watching program Ini Talkshow with age 18 over years and is an active student Social UI Methods that researcher use are non probability sampling and purposive sampling technique The instrument of this study using a questionnaire and analyzed using linear regression Results of this study indicate that the product placement Torabika Creamy Latte with visual dimension audio and plot connection has weak influence on consumer buying interest."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S61353
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juanita Anandasari Sumantri
"ABSTRAK
RINGKASAN EKSEKUTIF BAGIAN SATU Analisis Situasi TV UI merupakan televisi komunitas Universitas Indonesia yang digagas dan dikelola oleh Departemen Ilmu Komunikasi. Dari hasil pengamatan pada platform media sosial TV UI dan riset kuesioner, terlihat masih kurangnya ketertarikan mahasiswa UI terhadap program TV UI. Karena itu, dengan mengolah konten mengenai isu yang dekat dengan kehidupan kampus dan talent utama mahasiswa, penulis membuat program My Campus Life yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan khalayak TV UI dan menaikkan jumlah penonton TV UI.BAGIAN DUA Manfaat dan Tujuan Pengembangan PrototipeManfaat dari program ini tidak hanya sebagai hiburan yang informatif bagi mahasiswa UI, tetapi juga sebagai wadah bagi sivitas akademika UI untuk lebih mengenal lingkungan UI. Tujuan dari program ini adalah mengembangkan citra positif TV UI kepada lingkungan UI dengan menghadirkan konten yang menarik dan dekat dengan mahasiswa. BAGIAN TIGA Prototipe Yang DikembangkanProgram ini dirancang selayaknya program yang akan diproduksi oleh TV UI nantinya. Konsep tayangan ini adalah mendokumentasikan profil seorang mahasiswa UI dalam menjalani kegiatannya sehari-hari. Program terbagi menjadi tiga segmen yang membahas diantaranya profil akademik, kehidupan sosial, dan kegiatan eksternal baik itu projek penelitian ataupun kegiatan organisasi atau komunitas mahasiswa. Prototipe yang juga merupakan episode pertama program, menceritakan tentang mahasiswa Fakultas Teknik bernama Kynan yang mengajak khalayak untuk melihat kesehariannya sebagai mahasiswa Teknik Mesin.BAGIAN EMPAT EvaluasiPre-test dilakukan melalui metode focus group discussion FGD , dengan responden yang terdiri dari delapan peserta yang mewakili target khalayak yaitu mahasiswa UI. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online dan melalui Youtube Analytics.BAGIAN LIMA AnggaranAnggaran prototipe program sebesar Rp. 390.000,00. Anggaran pembuatan satu episode program yang diajukan untuk dikembangkan sebesar Rp 517.000,00, dengan total anggaran untuk tiga belas episode sebesar Rp 6.721.000,00. Prakiraan pendapatan program yang didapatkan melalui sponsor diberi harga Rp. 150.000,00 per episode. Pada anggaran evaluasi tidak dikenakan biaya karena dilakukan secara online.

ABSTRACT
EXECUTIVE SUMMARY CHAPTER ONE Situation Analysis UI TV is The University of Indonesia Community Television that is initiated and managed by The Department of Communication. Based on the observation on TV UI social medias and surveys, there are still a lack of interest from UI students on TV UI programs. Therefore, the author would like to create a program called My Campus Life that will focus on UI Student as the main talent, and content that is engaging with the UI students. This program aims to attract the UI Students and raise the number of UI TV viewers.CHAPTER TWO Benefits and Goals of Prototype Development The benefits of this program are just not as an informative entertainment to the UI students, but also as a platform for UI Communities to know more about UI and its environment. The objective of this program is to develop a positive image of UI TV to its communities by providing a content that is entertaining and engaging with the students. CHAPTER THREE Developed PrototypeThis program is designed as a program that will be produced by UI TV later on. The concept of this program is documenting a UI student daily life on campus. This program divided into three segments that will discuss the student academic profile, social life, research projects, organization activities, and communities. This prototype also served as the first episode of the program, the episode tells about an Engineering Faculty student called Kynan that invites the audience to see his daily life as a Mechanical Engineering student.CHAPTER FOUREvaluationThe pre test will be done by conducting a focus group discussion with eight respondents that are representing the UI students as UI TV main audiences. The evaluation will be conducted by handing out an online survey and evaluation by Youtube Analytics.CHAPTER FIVE BudgetingThe budget of this program prototype is Rp 390.000,00. The proposed budget for the program development for one episode is Rp 517.000,00, and the budget for thirteen episodes are Rp 6.721.000,00. Forecast revenue through sponsorship of one episode is Rp 450.000,00. There are no expenses for the evaluation process, because it will be conducted online. "
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Nadya Putri
"Analisis SituasiTV UI merupakan sebuah Televisi Komunitas dibawa Departemen Ilmu Komunikasi. Berdasarkan hasil riset kuesioner menunjukkan bahwa masih kurangnya ketertarikan khalayak TV UI untuk menyaksikan tayangan TV UI. Karena itu, dengan mengolah konten yang dekat dengan kehidupan mahasiswa dan menggunakan talent utama mahasiswa, penulis membuat program "Anak Kos" yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan khalayak TV UI dan meningkatkan kesadaran khalayak akan TV UI. Manfaat dan Tujuan Pengembangan Prototipe. Manfaat dari program ini adalah menjadi salah satu program yang dapat menumbuhkan kedekatan antara mahasiswa UI dan TV UI. Sehingga akan tumbuh citra positif bagi TV UI. Prototipe yang Dikembangkan Program ini adalah program tutorial yang dikemas dengan drama mockumentary yang berjudul "Anak Kos" berdurasi 15 menit. Program ini akan terdiri dari tiga segmen yang masing-masing segmen membahas tutorial. Program ini mengangkat tema kehidupan mahasiswa. Rencana tayang di TV UI setiap hari Jumat pukul 16.00 WIB. Target khalayak primer mahasiswa usia 18-22 yang memasuki masa remaja akhir. Evaluasi Pre-test akan dilakukan dengan metode focus group discussion FGD sedangkan evaluasi dilakukan melalui survei online dan Youtube analytics. Anggaran prototipe program sebesar Rp 430.000,00 dengan total anggaran untuk lima belas episode sebesar Rp 8.250.000,00. Prakiraan pendapatan program yang didapatkan melalui sponsor diberi harga Rp 200.000,00 per episode. Sedangkan untuk evaluasi tidak dikenai biaya karena menggunakan kuesioner online.

Situation AnalysisTV UI The Community Television of Universitas Indonesia that is managed by Department of Communication. Based on the observation on surveys, there are still a lack of interest from students on TV UI programmes. Therefore, the author would like to create a programme called "Anak Kos" that will focus on student as the main talent and tell about tutorials that relate with collage life. This programme aims to make a suitable and useful content for student and increase the awareness of TV UI. The benefits of this programme is to create a positive image of TV UI to its communities by providing a content that is entertaining and engaging with the students. This programme is a 15-minutes television programme titled "Anak Kos". This programme tells about student life. Plans aired on TV UI, Friday at 4 PM. The primary target audience is young people aged 18-22 years who work as students and college students.EvaluationPre-test done by FDG and evaluation are done survey method and Youtube analytics. The realization of prototype budget of this programme "Anak Kos" is Rp 430.000,00, and the budget for fifteen episodes areRp 8.250.000,00, Forecast revenue through sponsorship of one episode is Rp 200.000,00. There's no expense for the evaluation because it will be done by online questionnaire."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>