Ditemukan 160962 dokumen yang sesuai dengan query
Rafika Adriana
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik konsumen yang diwakili oleh frekuensi penggunaan, kesadaran harga, jenis kelamin, pendapatan, usia dan pendidikan terhadap persepsi keadilan atas praktek manajemen pendapatan Hotel Bunga Karang. Populasi dari penelitian ini adalah mereka yang pernah menginap di Hotel Bunga Karang dalam kurun waktu 1 tahun terakhir (Mei 2011-Mei 2012). Data yang dipergunakan adalah data primer yang dihasilkan dengan cara survei lapangan melalui penyebaran kuesioner. Sebanyak 120 responden dijadikan sampel untuk mewakili jumlah populasi.
Analisis regresi logistik digunakan dalam penelitian ini dengan cara membedakan antara kelompok konsumen yang menganggap praktek manajemen pendapatan Hotel Bunga Karang adil dengan kelompok konsumen yang menganggap praktek manajemen pendapatan Hotel Bunga Karang tidak adil.
Hasil penelitian membuktikan bahwa pendidikan mempengaruhi persepsi keadilan atas praktek manajemen pendapatan Hotel Bunga Karang, sedangkan frekuensi penggunaan, kesadaran harga, jenis kelamin, pendapatan dan usia tidak berpengaruh secara signifikan.
The purpose of this study is to examine the influence of consumer characteristics, represented by frequency of use, price consciousness, gender, income, age and education on fairness perception of revenue management practice in Bunga Karang Hotel. The populations of this study are those who have stayed in Bunga Karang Hotel during the previous year (May 2011 - May 2012). This research used primary data from a survey through questionnaires. A total of 120 respondents are used as sample to represent the population. Logistic regression analysis is used in this study by comparing groups of costumers who consider revenue management practice in Bunga Karang Hotel to be fair and the other group considers the practices to be unfair. The finding shows that education appear to be significant factors that differentiate the two groups, whereas the frequency of use, price consciousness, gender, household income and age did not appear to be significant variable in the current analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Dafne Etty Melinda Malau
"Industri perhotelan di Indonesia terus berkembang seiring dengan peningkatan sektor pariwasata di Indonesia. Hal ini menyebabkan industri perhotelan menjadi semakin kompetitif. Oleh akrena itu hotel haruslah dapat mengatur keseluruhan sumber pendapatannya untuk dapat menciptakan arus profit yang stabil. Untuk itu diperlukan adanya pengawasan terhadap pengendalian internal. Dengan adanya pengawasan terhadap pengendalian intern yang baik, hotel dapat terhindar dari ancaman dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap rancangan dan implementasi sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan analisis pada dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan pada rancangan pengendalian internal Hotel ABC, dimana pemberian diskon, penetapan harga kamar, bonus kamar kurang diawasi dan masih banyaknya proses pencatatan penjualan pada penjualan restoran, taman bermain dan spa yang dilakukan secara manual yang berdampak pada keuntungan perusahaan. Oleh karena itu penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan aktivitas pengendalian internal yang akan mengatasi permasalahan yang ada saat ini.
The hospitality industry in Indonesia continues to grow along with the increase popularity of tourism sector in Indonesia. This caused the hospitality industry to become competitive. Therefore the hotel must be able to manage the overall source of income to be able to create a stable profit stream. For this reason, supervision of internal control is needed. With a good internal control, the hotel can avoid threats in carrying out its operational activities.This study aims to evaluate the design and implementation of internal control system in revenue cycle. This research was conducted with a descriptive qualitative approach. The data obtained through observation, interview and analysis on the company internal documents. The results shows that there were weaknesses in Hotel ABC's internal control design, where giving discounts, room pricing, complimentary rooms are not monitored properly, and there are some sales recording procedures that are done manually that had an impact on company's profits. Therefore this study provides recommendations for improvements of internal control activities that will address that issues."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Richy Zahidulaulia Qur'any
"Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat menjadi sumber penerimaan asli daerah (PAD) bagi setiap daerah yang ada di Indonesia. Pemerintah daerah dapat memungut retribusi daerah dari retribusi pelayanan tempat rekreasi, pariwisata, dan olahraga sebagaimana yang telah diatur secara umum dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait bagaimana Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengelola penerimaan retribusi dari sektor pariwisata khususnya pasca pandemi Covid-19. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pengelolaan keuangan daerah dari James McMaster dalam karyanya yang berjudul Urban Financial Management. Adapun metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan post-positivist, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan studi pustaka untuk mengumpulkan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Karanganyar melakukan beberapa upaya dalam pengelolaan penerimaan retribusi sektor pariwisatanya, antara lain dengan melakukan promosi pariwiasata secara masif melalui media sosial, mengerahkan tim pengawas untuk petugas pemungutan retribusi di lapangan, menyediakan sistem pembayaran loket wisata non-tunai untuk meningkatkan efisiensi, melakukan pembinaan dan pelatihan SDM di bidang pariwisata, dan lain sebagainya. Sayangnya, belum terdapat kolaborasi dengan pihak swasta yang secara khusus bertujuan untuk meningkatkan penerimaan retribusi daerah. Penerimaan retribusi daerah dari pariwisata hanya terbatas pada objek wisata yang dikelola atau dimiliki sepenuhnya oleh pemerintah daerah.
Tourism is one sector that can be a source of local revenue (PAD) for every region in Indonesia. Regional governments can collect regional levies from recreation, tourism and sports service fees as generally regulated in Law Number 1 of 2022 concerning Financial Relations between the Central Government and Regional Governments. This research aims to dig up information regarding how the Karanganyar Regency Government managed user charges revenues from the tourism sector, especially after the Covid-19 pandemic. The theory used in this research is the regional financial management strategy of James McMaster in his work entitled Urban Financial Management. The method used is qualitative with a post-positivist approach, and data collection techniques through in-depth interviews and literature studies to collect secondary data. The results of this research show that the Karanganyar Regency Government has made several efforts to manage its tourism sector user charges revenues, including by carrying out massive tourism promotions through social media, deploying a supervisory team for levy collection officers in the field, providing a non-tourist ticket payment system. cash to increase efficiency, provide human resource development and training in the tourism sector, and so on. Unfortunately, there has been no collaboration with the private sector specifically aimed at increasing regional levy revenues. Receipt of regional levies from tourism is only limited to tourist attractions managed or wholly owned by the regional government."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lubis, Raudhatul Jannah
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi risiko dalam penatausahaan Pendapatan Diterima di Muka (PDDM) atas Pendapatan Pelayanan Pertanahan di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggunakan kerangka kerja manajemen risiko ISO 31000: 2018. Fokus penelitian mencakup identifikasi, analisis, dan evaluasi risiko yang berkaitan dengan akurasi data, pengungkapan laporan keuangan, serta efektivitas proses opname fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai risiko, rendahnya akurasi dalam pengukuran PDDM atas Pendapatan Pelayanan Pertanahan, rendahnya akurasi data PDDM atas Pendapatan Pelayanan Pertanahan yang disajikan dalam aplikasi Komputerisasi Kantor Pertanahan (KKP), potensi salah saji saldo PDDM atas Pendapatan Pelayanan Pertanahan, dan potensi ketidakcukupan pengungkapan data PDDM atas Pendapatan Pelayanan Pertanahan pada laporan keuangan. Dalam upaya mitigasi, disarankan adanya revisi prosedur, penguatan pembinaan SDM, serta perbaikan sistem aplikasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi strategis bagi Kementerian ATR/BPN dalam meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan kualitas pelaporan keuangan.
This study aims to evaluate risks in the management of Unearned Revenues (PDDM) from Land Service Revenues at the Ministry of Agrarian Affairs and Spatial Planning/National Land Agency (ATR/BPN) using the ISO 31000:2018 risk management framework. The research focuses on identifying, analyzing, and assessing risks related to data accuracy, financial reporting disclosure, and the effectiveness of physical inventory processes. The findings reveal various risks, including low accuracy in measuring PDDM from Land Service Revenues, low accuracy of PDDM data presented in the Land Office Computerization (KKP) application, potential misstatements of PDDM balances from Land Service Revenues, and insufficient disclosure of PDDM data from Land Service Revenues in financial reports. As part of risk mitigation efforts, procedural revisions, enhanced HR training, and system application improvements are recommended. This study is expected to serve as a strategic reference for ATR/BPN in improving transparency, accountability, and the quality of financial reporting. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lestari Andardini
"DKI Jakarta telah menerapkan sistem pembayaran secara online pajak hotel. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi kebijakan sistem pembayaran secara online pada pajak hotel dimana peneliti fokus melakukan penelitian pada hotel-hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta selatan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data wawancara mendalam. Sistem pembayaran secara online pada pajak hotel khususnya hotel berbintang 4 dan 5 di Jakarta selatan masih belum optimal, hal ini dikarenakan perbedaan software atau sistem yang digunakan di tiap wajib pajak hotel dan belum compatible nya sistem yang disediakan BRI.
DKI Jakarta has implemented online payment system on hotel tax. The purpose is to analysis the implementation of online payment system in the hotel tax, where the researcher took the object in 4 and 5 stars hotels in south Jakarta. This research is using qualitative method with techniques of data collection through in-depth interviews. The online payment system on hotel tax especially 4 and 5 stars hotels in south Jakarta has not optimal yet, this is because the differences in system or software used in each of hotel tax payers and the system provided BRI not compatible."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S53481
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rosyid Faad Rokhman
"Laporan Magang ini membahas siklus pendapatan yang ada pada myCampus UI. myCampus UI merupakan authorized campus reseller yang menjual produk-produk Apple dan berbagai macam accessories dan software yang berhubungan dengan Apple, serta menyediakan jasa perbaikan dan klaim garansi produk Apple. Pembahasan akan ditekankan pada dua prosedur, yakni prosedur penjualan dan prosedur penerimaan kas pada myCampus UI serta analisis pengendalian internal sesuai dengan komponen yang terdapat dalam COSO?s Internal Control Framework.
Hasil dari evaluasi prosedur penjualan dan penerimaan kas menunjukkan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian antara Standard Operating Procedure myCampus UI dan fakta di lapangan yang ada. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya pembaruan Standard Operating Procedure. Penulis tidak menemukan adanya risiko yang signifikan baik pada prosedur penjualan maupun prosedur penerimaan kas sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa tujuan pengendalian atas siklus pendapatan myCampus UI telah tercapai.
This internship report analyze the revenue cycle of myCampus UI. myCampus UI is an authorized campus reseller that sells Apple products and several accessories and software associated with Apple, as well as providing repair services and warranty claims Apple products. The analysis focuses on two procedures, namely sales procedure and cash receipt procedures at myCampus UI and analysis of internal control applied by myCampus UI in accordance with COSO's Internal Control Framework. The results of evaluation sales and cash receipt procedure indicate that there is a mismatch between Standard Operating Procedure of myCampus UI and the facts on the work field. This is caused by the lack of Standard Operating Procedure updates. There is no significant risk both on sales procedure and cash receipt procedure so that in general, it can be concluded that the control objectives of myCampus UI revenue cycle was achieved."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Bramana Putra
"Skripsi ini membahas pengaruh penerapan revenue management khususnya dalam konteks inventory control dan denied boarding terhadap kepuasan konsumen pada industri penerbangan sipil di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen dan melibatkan mahasiswa Universitas Indonesia sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan inventory control berpengaruh sebagian terhadap kepuasan konsumen, sementara kebijakan denied boarding berpengaruh penuh terhadap kepuasan konsumen. Hasil tersebut dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut mengenai perilaku konsumen airlines di Indonesia yang dinamis.
This Bachelor Thesis mainly discuss about the application of revenue management, specifically in inventory control and denied boarding context towards the customer satisfaction in commercial airlines industry in Indonesia. This research use experiment method and involve the students of Universitas Indonesia as the respondent. The research result shows that inventory control is partially affecting the customer satisfaction while denied boarding is fully affecting the customer satisfaction. This result can serve as a reference for further research about the dynamic airline consumer behaviour study in Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45150
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Naibaho, Mulani Arta Christabella
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengendalian internal dalam siklus pendapatan PT ABC, sebuah perusahaan penyedia jasa sistem digital, dengan fokus pada dua elemen dari kerangka kerja Committee of Sponsoring Organizations (COSO), yaitu penilaian risiko (risk assessment) dan aktivitas pengendalian (control activities). Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa digital, pengelolaan siklus pendapatan menjadi tantangan yang penting, mengingat kompleksitas dan kebutuhan akan keandalan proses bisnis. PT ABC memerlukan pengendalian internal yang andal untuk mengelola dinamika proses bisnisnya, termasuk dalam aktivitas penerimaan pesanan, penagihan, dan penerimaan kas. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian internal pada siklus pendapatan PT ABC telah berjalan dengan baik di beberapa aspek, seperti integrasi data melalui sistem ERP dan mekanisme validasi dokumen, namun ditemukan beberapa kelemahan dalam pelaksanaannya yang dapat memengaruhi efektivitas dan efisiensi proses siklus pendapatan.
This research aims to evaluate internal control in the revenue cycle of PT ABC, a digital service provider company, focusing on two elements of the Committee of Sponsoring Organizations (COSO) framework: risk assessment and control activities. As a company operating in the digital services sector, managing the revenue cycle presents significant challenges due to the complexity and the need for reliable business processes. PT ABC requires robust internal controls to manage the dynamics of its business processes, including order acceptance, billing, and cash collection activities. This research employs a case study method with a descriptive qualitative approach, collecting data through semi-structured interviews and document analysis. The findings indicate that internal controls in PT ABC's revenue cycle have performed well in certain areas, such as data integration through an ERP system and document validation mechanisms. However, several weaknesses were identified that may affect the effectiveness and efficiency of the revenue cycle processes. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gilbert Julio Wijaya
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi terkait prosedur audit yang dilakukan oleh KAP GIJ atas proses pengakuan pendapatan berdasarkan standar PSAK 23 pada PT. GJW, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang elektronik. Proses pengauditan yang dilakukan mencakup laporan keuangan PT. GJW per 31 Desember 2018. Lebih lanjut, laporan magang ini menjelaskan mengenai proses penilaian implementasi dari PSAK 72 yang diimplementasikan oleh PT. GJW akibat dari penyesuaian untuk konsolidasi laporan keuangan dengan induknya yaitu PT. NHW yang telah terlebih dahulu menerapkan IFRS 15. Laporan magang ini juga menjelaskan mengenai dampak atas implementasi PSAK 72 bagi industri PT. GJW. Berdasarkan proses audit, akun pendapatan telah disajikan secara wajar tanpa adanya salah saji material. Selain itu, PT. GJW telah siap dalam mengimpelemtasikan PSAK 72 dan tidak terkena dampak yang begitu signifikan atas implementasi standar baru tersebut.
This internship report discusses about evaluation on audit procedure on revenue recognition using PSAK 23, conducted by KAP GIJ on PT. GJW, an electronic company. The audit process is carried out on PT. GJW financial statement for the year 2018. In additional, this report also explains about the assessment process on PSAK 72 implementation in PT. GJW for the adjustment in purpose of financial statement consolidation with its parent company, PT. NHW which already implement the IFRS 15. This report also explains about the impact of PSAK 72 implementation in PT. GJW industry. According to the audit process, the revenue account has been fairly present without material misstatement. Also, PT. GJW is ready to implement the PSAK 72 and does not suffers significant impact from that implementation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Irena Aulia Putri
"
ABSTRAKLaporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit KAP STR atas liabilitas yang belum tercatat atau disebut prosedur search for unrecorded liabilities (SURL) pada PT K, sebuah perusahaan jasa penambangan terpadu. Kerangka evaluasi yang dijadikan acuan adalah International Standards on Auditing (ISA). Berdasarkan hasil analisis, prosedur SURL yang dilakukan pada PT K sudah sesuai dengan ISA dan berhasil memenuhi tujuan ISA untuk memperoleh bukti audit yang cukup dan tepat dalam membentuk kesimpulan sebagai basis opini auditor."
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library