Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 150833 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ilmalana
"Perilaku pembelian-terencana yang dilakukan oleh konsumen online kini mulai bergeser pada perilaku pembelian tidak-terencana seperti impulse buying. Fenomena ini terjadi pada transaksi C2C commerce, sekalipun pemasar tidak memiliki kontrol yang besar seperti layaknya di B2C commerce. Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi yang mendasari konsumen online dalam melakukan pembelian impulsif pada transaksi C2C commerce seperti yang diterapkan di FJB Kaskus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in-depth interview untuk memperoleh gambaran mendalam dan menyeluruh mengenai motivasi konsumen online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi pembelian dilatarbelakangi oleh kebutuhan hedonistik dan interaksi sosial yang terjalin di Kaskus yang merupakan komunitas virtual.

Planned-buying behavior by online consumers are now starting to shifted to unplanned-buying behavior such as impulse buying. This phenomenon occurs in the transaction of C2C commerce, though marketers have less-control rather than in B2C commerce. This research aims to understand underlying motivations of online consumers' in doing an impulse buying in C2C commerce's transaction as applied in FJB Kaskus. This research uses qualitative approach with in-depth interview method to obtain an in-depth and thorough overview of the motivation of online consumers. The results showed that impulse buying's motivation is effected by hedonist needs and social interaction that are intertwined in Kaskus as a virtual community."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anthony, Marco
"Electronic word of mouth telah menjadi salah satu fenomena yang timbul akibat perkembangan teknologi internet dan menjadi salah satu topik yang dipelajari pada era pemasaran digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis motif apa yang mendorong niat seseorang mau menyebarkan electronic word of mouth pada media consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data dari 60 responden yang kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS - SEM). Hasil penelitian mendukung dua dari enam hipotesis yang diajukan, yaitu Kepuasan Menolong dan Kewajiban Moral berpengaruh positif terhadap niat seseorang untuk menyebarkan electronic word of mouth pada consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus.

Electronic word of mouth has become a phenomenon that arise because of internet advancement and a subject of study in this digital marketing era. The purpose of this study is to anaylze what motives that drive consumer's intention to spread electronic word of mouth in consumer-opinion platform media Forum Jual Beli Kaskus. This study is conducted using the data from 60 respondent and analyzed using Partial Least Square - Structural Equation Model (PLS-SEM) method. The result support two of six hypotheses that have been proposed which are Enjoyment of Helping and Moral Obligation positively related to Consumer's Intention in spreading the electronic word of mouth in consumer-opinion platform Forum Jual Beli Kaskus.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Septi Hardiyanti Riana
"Dalam beberapa tahun terakhir, kemajuan teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat, dilihat dari munculnya mobile commerce yang bermunculan salah satunya Raena sebagai mobile commerce yang bergerak pada penjualan produk kosmetik dan/atau perawatan diri kemudian menyebabkan timbulnya online impulse buying behavior karena pengaruh consumer perceived value dan interpersonal influence. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior melalui interperosnal influence pada pengguna aplikasi Raena. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey melalui kuesioner yang disadasarkan oleh metode purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 162 yang dijaring melalui online quesionnaire menggunakan Google Form. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior namun tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior yang dimoderasi oleh interpersonal influence pada pengguna aplikasi Raena. Penelitian ini bermanfaat untuk menyusun strategi memaksimalkan online impulse buying behavior dalam Aplikasi Raena melalui rangsangan consumer perceived value. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian selanjutnya dapat mempertimbangkan penggunaan variabel moderasi lain selain interpersonal influence yang dapat memoderasi hubungan antara consumer perceived value terhadap online impulse buying behavior.

In last few years, technological advances have developed rapidly, seen from the emergence of mobile commerce, one of which is Raena as a mobile commerce engaged in selling cosmetic and/or personal care products which causes online impulse buying behavior due to influenced of consumer perceived value and interpersonal influence. The purpose of this study was to analyze the effect of consumer perceived value on online impulse buying behavior through interpersonal influence on users of Raena application. The study used a quantitative approach with a survey method on purposive sampling. The number of respondents in this study wes 162 obtained through online questionnaire using Google Form. Data processing was performed using SmartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that there is an significant influence between consumer perceived value on online impulse buying behavior but there is no significant influence on consumer perceived value on online impulse buying behavior which is moderated by interpersonal influence on users of the Raena application. This research is useful for developing strategies to maximize online impulse buying behavior in Raena application trough consumer perceived value simulation. Based on the results of this study, further research can consider the used of ither moderating variabels besides interpersonal influence which can moderate the relationship between consumer perceived value and online impulse buying behavior."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrya Asterrina
"Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh discount terhadap impulse buying yang diteliti pada konsumen Centro Department Store di Margo City. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Data yang dikumpulkan melalui survey dengan menggunakan kuesioner. 140 responden yang dianalisa merupakan konsumen dari Centro Department Store di Margo City. Pada penelitian ini variabel discount berpengaruh sebesar 31,9% terhadap variabel impulse buying. Hasil penelitian menunjukan bahwa discount berpengaruh signifikan terhadap perilaku impulse buying. Implikasi manajerial dalam penelitian ini adalah kegiatan promosi penjualan dalam hal ini adalah discount dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan impulse buying.

This study aimed to described the effect of discount on impulse buying behavior that studied on Centro Department Store’s Consumer in Margo City. This research is quantitative research with explanatory type of research. Data collected through a survey using questionnaire. 140 respondents are analyzed is the customer of Centro Department Store in Margo City. This study suggest that variable discount influence the variable impulse buying for 31,9%. The results showed that discount affect impulse buying behavior significantly. Managerial implications of this research is that sales promotion activities in this regard is the discounted price may affect consumers in impulse buying."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
S47039
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayuning Puji Widya W.
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dari online impulsive buying dalam perspektif impulse shopper dan system users. Impulse buying merupakan pembelian yang tidak direncanakan yang merupakan hasil dari perbandingan dari niat awal pembelian dengan apa yang benar-benar dibeli. Dengan perkembangan teknologi maka pola pembelian pun juga sedikit banyak bergeser ke arah digital dengan memanfaatkan gawai. Penelitian ini berusaha melihat faktor mana saja yang dinilai signifikan dalam mempengaruhi konsumen sehingga melakukan pembelian tiba-tiba. Faktor dari online impulse buying sendiri dapat dilihat dari flow experience, perceived usefulness, dan trust.
Flow experience dapat dijelaskan oleh dimensi concentration, perceived control, dan perceived enjoyment dan juga dapat dilihat dari pengaruh variabel web skills dan challenges. Perceived usefulness dapat dilihat dari pengaruh variabel website design dan trust. Sementara itu, trust dapat dijelaskan oleh dimensi benevolence, competence, dan integrity. Penelitian ini berhasil mengumpulkan 433 responden dengan kriteria pernah mengalami pembelian impulsif di situs belanja. Pengolahan data di penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square PLS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya flow experience yang mempengaruhi secara positif dari online impulse buying.

This research aims to determine the factors of online impulsive buying in the perspective of impulse shopper and system users. Impulse buying is an unplanned purchase which is the result of a comparison between the initial intentions of purchase with what is actually purchased. With the development of technology, the pattern of purchase was also a bit much shift toward digital by utilizing the device. This study tried to see which factors are considered significant in influencing consumers to make a sudden purchase. Factors of online impulse buying itself can be seen from flow experience, perceived usefulness, and trust.
Flow experience can be explained by the dimensions of concentration, perceived control, and perceived enjoyment and can also be seen from the variables of web skills and challenges. Perceived usefulness can be seen from variables of website design and trust. Meanwhile, trust can be explained by the dimensions of benevolence, competence, and integrity. This research succeeded in collecting 433 respondents with the criteria of having experienced in impulsive purchased on shopping sites. Data processing in this research using Partial Least Square PLS method. The results show that only the flow experience that affects positively from online impulse buying.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tika Ardiningrum
"Perkembangan teknologi di Indonesia tengah mengalami kemajuan yang pesat. Salah satu kemajuan teknologi yang sedang marak adalah munculnya situs atau aplikasi jual beli. Kemunculan ini mampu membuat masyarakat dengan mudah berbelanja maupun berjualan hanya dengan mengakses situs ataupun aplikasi jual beli melalui perangkat pintar. Namun, kemudahan yang didapatkan juga memiliki sisi negatif, yaitu dapat menyebabkan masyarakat cenderung berperilaku impulsif saat berbelanja. Konsumen yang memiliki perilaku ini membeli suatu barang atau jasa dengan spontan tanpa pertimbangan. Perilaku online impulsive buying dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor intrinsik konsumen. Selain itu, individu yang cenderung berperilaku impulsif saat berbelanja umumnya berusia 18 sampai dengan 39 tahun, yang mana termasuk dalam fase dewasa awal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan diteliti lebih lanjut mengenai faktor-faktor intrinsik yang dapat memengaruhi perilaku pembelian impulsif pada individu yang telah memasuki usia dewasa awal. Pengambilan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa FMIPA UI menggunakan metode purposive sampling dan terdapat 396 sampel berdasarkan the 10-times rule. Peneliti menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dan Multi-Group Analysis Partial Least Square (MGA-PLS) dalam penyelesaian masalah penelitian, serta bootstrap untuk mengevaluasi inner model. Hasil penelitian menunjukkan kepribadian neuroticism, materialism, shopping enjoymet tendency, dan impusive buying tendency berpengaruh secara signifikan terhadap online impulsive buying behavior. Selain itu, tidak terdapat perbedaan pengaruh diantara setiap kategori dalam variabel demografi jenis kelamin, domisili, dan pendapatan mahasiswa.

Technological developments in Indonesia are currently experiencing rapid progress. One of the technological advances that is currently popular in Indonesia is the emergence of buying and selling sites or applications. This emergence makes it easier for people to shop or sell by simply accessing buying and selling sites or applications through smart phone. However, this convenience also has a negative side, which can cause people tend to behave impulsively when shopping. Consumers who have this behavior buy an item or service spontaneously without consideration. Online impulsive buying behavior can be affected by various factors, one of which is the consumer's intrinsic factor, that is big five personality traits, culture, materialism, shopping enjoyment tendency, and impulsive buying tendency. Individuals who tend to behave impulsively when shopping are usually aged 18 to 39 years, which is in the early adult phase. Therefore, this study will examine further about the intrinsic factors that can influence impulsive buying behavior in individuals who have entered early adulthood. Sampling was carried out at the Faculty of Mathematics and Natural Sciences, University of Indonesia by distributing questionnaires to students who fit the required criteria using a purposive sampling method and there are 396 samples whose number is determined by the 10-times rule. Researchers use Partial Least Square and Multi-Group Analysis methods to solve this research problem, and bootstrap to evaluate the inner model. The results showed that the personality of neuroticism, materialism, shopping enjoyment tendency, and impulsive buying tendency had a significant effect on online impulsive buying behavior. There is no difference in the influence between each category in the demographic variables of gender, domicile, and student income."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Wibisono
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pada konsumen online di Indonesia apakah motivasi hedonik yang terdiri dari adventure, idea, value, social dan relaxation memiliki signifikansi terhadap kecendrungan pembelian impulsif pada konsumen yang melakukan pembelian online, dan juga menemukan dimensi apa dari motivasi hedonik tersebut yang memiliki signifikansi paling besar terhadap kecendrungan pembelian impulsif online. Yang dalam pengumpulan datanya dilakukan penyebaran kuesioner dan dari total 169 sampel kemudian diuji lewat regresi berganda untuk ditemukan signifikansinya. Dan hasil yang didapat adalah bahwa motivasi adventure, idea, value dan relaxation mempunyai nilai signifikansi positif terhadap online impulse buying tendency, dan ditemukan juga bahwa motivasi social tidak memiliki pengaruh signifikansi apapun terhadap online impulse buying tendency.

The purpose of this research is to explore whether hedonic motivations which consist of adventure, idea, value, social and relaxation of Indonesia consumers have any significant impact on their online impulse buying tendency. And also to find which dimentions of those hedonic motivations that have strongest effect on online impulse buying tendency. An online survey was conducted and from the 169 sampe received, multiple regression method was conducted to test the data sample. And the finding confirm that adventure, idea, value, and relaxation motivation has positive impact on online impulse buying tendency. While social motivation has no significance on online impulse buying tendency."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63905
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yumna Maisara
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen dan presentasi produk secara online pada pembelian impulsif produk pakaian pada generasi Z di Tiktok Shop. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan​​ metode Partial Least Square (PLS) yang diolah menggunakan software SmartPLS 3.0. Penelitian ini menguji 180 data yang diperoleh dari pengguna Tiktok usia 17 hingga 27 tahun yang pernah melakukan pembelian produk pakaian di Tiktok Shop dalam waktu enam bulan terakhir. Pengolahan data penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan positif nilai hedonis dan nilai simbolis yang dirasakan dari pakaian terhadap kecenderungan belanja pakaian impulsif, kecenderungan impulsif memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impulsif pakaian online. Namun, presentasi pakaian secara online ditemukan tidak memperkuat hubungan positif (atau tidak memiliki efek moderasi) antara kecenderungan pembelian dan pembelian impulsif secara aktual pada produk pakaian.

This study aims to determine the effect of consumer characteristics and online product presentation on impulse purchases of apparel products by generation Z at Tiktok Shop. This research is a quantitative study using the Partial Least Square (PLS) method which is analyzed using SmartPLS 3.0 software. This study examined 180 data obtained from Tiktok users aged 17 to 27 who have purchased clothing products at Tiktok Shop within the last six months. The data processing of this research used the Structural Equation Modeling (SEM) method. The results of this study indicate that there is a positive relationship of perceived hedonic value and symbolic value of apparel on impulsive apparel shopping tendency, impulsive tendency has a positive influence on impulsive purchase of online apparel. However, online apparel presentation was found not to strengthen the positive relationship (or have no moderating effect) between impulsive shopping tendencies and actual impulse purchases of apparel products."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Juniarti Elizabeth
"Penelitian ini berfokus pada perilaku konsumen kaitannya dengan keberadaan usaha jual-beli pakaian bekas impor. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memaparkan temuan pada faktor-faktor perilaku konsumen terkait dengan keberadaan usaha jual-beli pakaian bekas impor. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan menggunAkan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sample. Sampel dalam penelitian berupa konsumen pakaian bekas impor yang berdomisili di JABODETABEK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat temuan khusus pada faktor-faktor perilaku konsumen pakaian bekas impor sebagai bentuk permintaan diri yang bersifat psikologis berupa motivasi, kebutuhan, sikap, kepribadian dan konsep diri kaitannya dengan keberadaan usaha jual-beli pakaian bekas impor.

This study focuses on consumer behaviour related to the existence of imported second hand clothing bussines. The purpose of this study is to probe and explain the factors of consumer behaviour related to the existence of imported second hand clothing business. This study was conducted to the consumer of imported second hand clothing that domiciled in JABODETABEK using qualitative method with purposive sample. The result of this study showed that there were some peculiar behaviour factors on consumer as the acquired psychological needs of the self such as, motivation, needs, attitude, personality and self concept that related to the existence of imported second hand clothing business.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S66200
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Griani Ajeng Wijayani
"Pembelian Tidak Terencana dapat dipengaruhi oleh perilaku konsumen dan juga faktor-faktor lingkungan gerai. Perilaku konsumen yang dimaksud adalah perilaku konsumen yang mendekati atau menjauhi gerai (approach/avoiding). Faktor-faktor dalam lingkungan gerai seperti faktor suasana dan faktor sosial turut berperan dalam membuat konsumen berperilaku mendekati atau menjauhi gerai. Objek dalam penelitian ini adalah salah satu waralaba lokal di Indonesia yaitu J.CO Donuts & Coffee. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi gerai J.CO Donuts & Coffee dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua faktor lingkungan gerai yang digunakan dalam penelitian yaitu faktor suasana dan faktor sosial terbukti berpengaruh signfikan terhadap perilaku konsumen untuk mendekati gerai. Variabel perilaku konsumen juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap pembelian tidak terencana.

Impulse buying can be effected by consumer behavior and store environment. Consumer behavior is either approaching store or avoiding store. Store environment such as ambient cues and social cues are also involved on making consumer approaching or avoiding store. The object of this research is one of local franchise in Indonesia, J.CO Donuts & Coffee. Sample of this research is consumer who?s visiting J.CO Donuts & Coffee store within a month. Data processed using Structural Equation Model (SEM). This research found that both ambient cues and social cues have significant effect on consumer approaching behavior. And consumer approaching behavior also has significant effect on impulse buying"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S63863
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>