Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 136751 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eka Purwani
"ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keterlambatan proses service akibat
prosedur service yang ada belum efisien. Oleh karena itu perlu dirancang
standarisasi peta proses sevice untuk menentukan durasi waktu optimal untuk tiap
aktivitas dalam sebuah proses service sehingga akan didapat durasi waktu proses
service yang optimal. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dengan
studi kasus Divisi Recovery pada sebuah perusahaan kontraktor telekomunikasi.
Berdasarkan studi kasus ini, waktu optimal proses service disebut sebagai Mean
Time To Recovery (MTTR). Penelitian ini menggunakan pendekatan lean six
sigma untuk memperbaiki aliran proses service dengan tahapan DMAIC. Hasil
yang didapat adalah faktor-faktor yang berpengaruh dalam kecepatan proses
service dan peta proses service baru dengan MTTR yang lebih optimal namun
tetap merepresentasikan kondisi lapangan. Berdasarkan peta proses baru, MTTR
untuk proses service tanpa manuver adalah 4.8 jam dengan efisiensi waktu sebesar
57% serta kenaikan nilai PCE 23% dari 44% menjadi 54%. Untuk proses service
dengan manuver didapat MTTR optimal sebesar 4.36 jam dengan efisiensi waktu
sebesar 66% serta kenaikan nilai PCE 22% dari 41% menjadi 50%. Hasil
penelitian ini nantinya tidak hanya dapat diterapkan pada Divisi Recovery, namun
juga pada divisi lain yang memiliki karakteristik proses service sejenis.

Abstract
Background of this research is many delays in service process because the
procedures is not effisien. Therefore, it is necessary to standardize the service
process flow to determine the optimal duration for each activity in a service
process that will get the optimal of service prosess time. To conduct this research,
it is used case study from Recovery Division on the telecommunications
contractor. Base on this case study, we called optimal service time as mean time to
recovery (MTTR). This research using lean six sigma approach for construct
improvement of service prosess flow with DMAIC phases. The results is some
factors which affect the speed of service prosess flow and a flowchart of the new
service process flow with an optimal time, but it is still represent field conditions.
The new MTTR for service process without maneuvering is 4.8 hours by the time
efficiency of 57% and the increase PCE value of 23% from 44% to 54%. The new
MTTR for service process with maneuvering is 4:36 hours with time efficiency by
66% and the increase PCE value of 22% from 41% to 50%. The results of this
research will not only be applied to the Division of Recovery, but also in other
divisions that have similar characteristics of the service process flow."
2012
S42439
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jaka Utama
"Peningkatan kualitas secara berkesinambungan adalah hal yang mutlak diperlukan untuk memenangkan persaingan industri. Asuransi sebagai industri jasa harus memberikan kualitas pelayanan yang baik dalam proses klaim kepada klien. Dengan menggunakan metode Lean Six Sigma yang merupakan kombinasi antara metodologi Lean Management dan Six Sigma, proses yang tidak menambah nilai di mata konsumen dapat teridentifikasi, serta variasi dari proses dapat diminimalisasi sehingga mengurangi cacat yang terdapat pada produk yang sampai kepada konsumen, dan biaya karena kualitas yang buruk dapat dikurangi.
Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Lean Six Sigma untuk meningkatkan kualitas proses klaim pada Perusahaan Asuransi PT.X. Sesuai dengan Customer Critical To Quality (CTQ), kecepatan proses merupakan kebutuhan yang paling penting dari proses klaim. Dari data yang telah dikumpulkan atas indikator kinerja proses, penulis beserta tim Six Sigma menganalisa atas akar permasalahan dengan menggunakan alat-alat statistik.
Akar permasalahan yang teridentifikasi sebagai permasalahan yang paling signifikan adalah jumlah staf klaim yang kurang, tidak adanya pihak yang mengingatkan bengkel untuk segera menerbitkan invoice atas jasa perbaikan, serta staf klaim yang tidak mudah untuk memantau status klaim. Usulan perbaikan yang diajukan berdasarkan analisa tersebut antara lain: penambahan jumlah staf klaim, pembuatan aplikasi berbasis web yang dapat memungkinkan staf klaim memantau status klaim secara rinci, serta monitor secara berkala terhadap proses yang dilakukan oleh bengkel rekanan.

Continuous quality improvement is absolutely required to win in the recent industry competition. Insurance industry as a service industry has to deliver good service quality in claim processing to the insured customers. Using Lean Six Sigma Methodology, which came from the combination of Lean Management and Six Sigma method, Non-Value Adding process can be identified, and the variation of process can be minimized. Therefore, the defect delivered to the customer can be minimized and the cost of poor quality could be reduced.
In this research, the author uses the Lean Six Sigma method to improve the claim process quality in PT X insurance company. Based on Customer Critical To Quality (CTQ), the short duration of processing is the most important need required. And by the data gathered based on the performance indicator, the author and Six Sigma team analyzed the root causes using statistical tools.
The root causes identified as significant causes of long time claim processing are inadequate claim staff quantity, no reminder function for invoice issuance, and the difficulty of claim staff to view the claim?s status. The recommendations proposed based on the analysis are the addition of claim staff, building an web-based application which enables claim department to view the detail of all claims status easily, and the last is monitoring and control periodically to the process done by the repairing shop partner.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S50321
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rudi Indra Wijaya
"Penelitian ini adalah mengenai pengukuran kualitas sebuah proyek dalam hal ini Projek Implementasi Modernisasi 3G Radio Access Netwrok. Ada tiga kendala yang dihadapi dalam proyek yang dikenal sebagai Triple Project Constraint. Tiga hal tersebut berupa Performance, Time dan Cost, di mana ketiga hal tersebut akan sangat mempengaruhi Scope yang merupakan output dari proyek yang dikerjakan. Dalam penelitian ini digunakan metode Lean-Six Sigma (Define, Measure, Analyze, Improve, Control - DMAIC). Dengan metode tersebut dapat dianalisa beragam kendala yang dihadapi, resiko - resiko yang mungkin terjadi dan bagaimana mengatasinya serta perbaikan agar proyek yang dikerjakan dan proyek selanjutnya lebih baik lagi.
Untuk menerapkan metode Lean-Six Sigma tersebut, digunakan beberapa tools, antara lain; Proses - proses dari PMBOK (Project Management Body Of Knowledge), diagram ishikawa, diagram pareto, PPMO sigma level serta PERT analysis. Hasil dari penelitian ini, ditemukan beberapa waste (pekerjaan yang tidak menghasilkan nilai tambah) yang ada dalam proses proyek tersebut. Dari data proyek yang dikerjakan, dapat ditentukan proses kerja yang dilakukan berada pada level sigma tertentu. Sedangkan, untuk output dari proyek yang dikerjakan, proyek tersebut memiliki benefit bagi kedua belah pihak. Misalnya adalah, bagi pihak pelaksana proyek tentunya mengharapkan margin dari proyek yang dilaksanakan, sedangkan bagi pihak pemberi proyek mendapatkan output dari proyek yang sesuai dengan kontrak perjanjian, antara lain; modernisasi perangkat 3G Radio Access Network, dimungkinkannya migrasi yang "halus" (smooth migration) menuju teknologi Long Term Evolution - LTE.

The measuring of the quality of a project is proposed. In this case Modernization Project Implementation 3G Radio Access Netwrok. There are three obstacles faced in the project that are known as the Triple Project Constraint. Three things are of Performance, Time and Cost, where those three things will greatly affect the Scope which is the output of the project done. In this study Lean-Six Sigma method (Define, Measure, Analyze, Improve, Control - DMAIC) is used. With these methods can be analyzed a variety of obstacles faced, the risks that might occur and how to handle projects and how the future of the project can be done better.
To apply the method of Lean-Six Sigma is used several tools, among others; The Process of PMBOK (Project Management Body Of Knowledge), Ishikawa diagrams, Pareto diagrams, PPMO sigma level and PERT analysis. The results of this research, found some waste (jobs that do not generate value added) in the process of the project. From data of the project, can be determined who carried out the work process at the level of a specific sigma. Meanwhile, for the output of the project, it has benefits for both parties. Example is, of course, the project expects margins of the projects implemented, whereas for the giver of the project to get the output of the project in accordance with contract agreements, among other 3G devices modernization Radio Access Network, the possibility of smooth migration toward Long Term Evolution - LTE technology.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T28196
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aulia Ichwan
"Penerapan konsep manajemen mutu seperti Lean Six Sigma mulai diterapkan dalam industri jasa seperti pada industri telekomunikasi. Tesis ini dilakukan untuk menganalisis penerapan konsep Lean Six Sigma pada operator telekomunikasi dengan melihat kapabilitas proses BTS melalui kinerja Call Setup Success Rate (CSSR) dan Call Drop Rate (CDR). Parameter tersebut merupakan dua parameter utama jaringan seluler. Penerapan Six Sigma pada proses perbaikan kualitas layanan seluler dilakukan agar kedua parameter tersebut dapat mencapai nilai standar yang telah ditentukan. Kinerja parameter BTS dapat dilihat berdasarkan nilai kinerja proses Ppk yang kemudian dikonversi menjadi nilai sigma. Nilai sigma terbesar yang dapat dicapai setelah dilakukan perbaikan berdasarkan penelitian ini adalah 6σ untuk parameter CSSR area Jakarta Utara. Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan implementasi Six Sigma dalam proses perbaikan kualitas jaringan seluler juga dianalisis dan didapatkan bahwa faktor kepemimpinan merupakan faktor utama keberhasilan implementasi Six Sigma menurut para responden. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa kinerja BTS dan data primer yang didapatkan dari kuesioner kepada Divisi Optimisasi.

The application of quality management concepts such as Lean Six Sigma was implemented in the service industry such as the telecommunications industry. This thesis is conducted to analyze the application of the concept of Lean Six Sigma in the telecommunications operator to see performance capability of BTS through the performance of Call Setup Success Rate (CSSR) and Call Drop Rate (CDR). These parameters are the two main parameters of the mobile cellular network. Application of Six Sigma in mobile cellular service quality improvement process is done so that these two parameters can achieve a standard value that has been determined before. Performance parameters of BTS can be seen by Ppk process performance values which then converted into a sigma value. The largest sigma value that can be achieved after improvement process by this research is 6σ for CSSR parameter in North Jakarta area. The factors that determine the success of the implementation of Six Sigma in the process of improvement of the quality of mobile networks is also analyzed and found that leadership is a key factor for the successful implementation of Six Sigma according to the respondents. This study uses secondary data such as the performance of the BTS and primary data obtained from the questionnaire to the Division of Optimization."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asana Kusnadi
"To ensure the health and safety of their workforce and protection of their assets and the environment,
a global oil and gas company operating in Indonesia requires comprehensive identification
and evaluation of job hazards that were included in work permitting process prior work execution
in the field. Based on 20 data points obtained in August 2013, start-working time for contractors
who worked for Capital Project Management (CPM) Team in Facility B was in average at 09.05 a.m.
The aim of this paper is to present how the firm implemented Lean Six Sigma to reduce non-added
value activities while fulfilling to its safety requirements and to share lessons learned from practical
and theory testing perspective. The methodology used is Lean Six Sigma?s DMAIC (Define, Measure,
Analyze, Improve, Control) as mandated by the corporate policy of the firm. This research adopts a
mix-methods approach, by using both qualitative and quantitative data. This study was a one year
longitudinal study of the Lean Six Sigma implementation to improve contractors? work preparation
process. The improvement resulted in reduction of non-value added activities and successfully increased
the available working time per day by 59.3 minutes in average. The results of this case study
reconfirm Lean Six Sigma as a good management theory since it shows a consistency between the
theory and the real practice in a global oil and gas company in Indonesia.
Untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pekerjanya dan perlindungan terhadap aset dan
lingkungan, sebuah perusahaan minyak dan gas yang beroperasi di Indonesia membutuhkan
proses identifikasi dan evaluasi bahaya dalam pekeraan yang komprehensif yang tercakup dalam
proses perijinan kerja sebelum suatu pekerjaan dieksekusi di lapangan. Berdasarkan 20 data yang
diperoleh pada bulan Agustus 2013, rata-rata jam mulai kerja kontraktor yang bekerja untuk tim
Capital Project Management (CPM) pada fasilitas B adalah pada pukul 09:05 pagi. Objektif dari
makalah ini adalah untuk mempresentasikan bagaimana suatu perusahaan mengimplementasi-kan Lean Six Sigma untuk mengurangi aktifitas yang tidak memberikan nilai tambah sedangkan
di saat yang sama juga memenuhi persyaratan keselamatan kerja, dan membagi pelajaran dari
segi praktikal dan teoritikal. Metodologi yang digunakan permasalahan ini adalah DMAIC (Define,
Measure, Analyze, Improve, dan Control) milik Lean Six Sigma yang diwajibkan oleh perusahaan
minyak dan gas tersebut. Penelitian pada makalah ini mengadopsi pendekatan gabungan dengan
menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Kajian ini merupakan kajian longitudinal selama
satu tahun terhadap implementasi Lean Six Sigma untuk memperbaiki proses persiapan kerja kontraktor.
Hasil dari perbaikan ini adalah pengurangan aktifitas yang tidak memberikan nilai tambah
(non-added value) dan berujung pada peningkatan jam kerja selama rata-rata 59,3 menit per
hari. Hasil dari kajian kasus ini mengkonfirmasi bahwa Lean Six Sigma adalah teori manajemen
yang bagus, karena menunjukkan konsistensi antara teori dan praktik sesungguhnya yang dalam
hal ini praktik di perusahaan minyak dan gas di Indonesia."
Institut Teknologi Bandung, 2016
J-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gde Windar Lesmana
"Sektor jasa mengalami perkembangan yang pesat selama beberapa dasawarsa pada saat ini, sektor jasa menempati bagian yang besar dalam perekonomian dan negara-negara industri di dunia. Namun, sektor ini dinilai mempunyai kecepatan yang lambat karena terdapat pemborosan yang tidak hanya akan menyebabkan peningkatan konsumsi biaya namun juga penurunan kualitas jasa yang diberikan.
Pada studi kasus di departemen sales pada industri packing ini mempunyai tujuan mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan proses di departemen sales pada PT. X Divisi Packing, kemudian berdasarkan hal tersebut disusun usulan sistem perbaikan yang bersifat efektif serta sistem kontrol yang menjaga kualitas perbaikan tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan lean six sigma dalam perbaikan proses kerja pada proses purchase order dan proses pembuatan logo. Kedua proses ini, setelah dilakukan perhitungan nilai sigma mempunyai nilai masing-masing 1,48 dengan nilai DPMO sebesar 508.772 dan 1,29 dengan nilai DPMO sebesar 583.333.
Berdasarkan hasil tersebut dilakukan analisis menggunakan tahapan yang ada pada metodologi six sigma, yaitu analsis data dan analisis proses serta penggunaan konsep lean dalam mengidentifikasi pemborosan. Hasil analisis data dan proses menunjukan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan proses kerja dan berdasarkan hal ini disusun sistem perbaikan dan kontrol."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S51860
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Royyadi Chandra Saputra
"Penelitian ini membahas tentang analisis proses pemulangan pasien rawat inap teratai dengan metode lean six sigma di RSUP Fatmawati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pemulangan pasien rawat inap sampai pasien meninggalkan ruangan rawat inap di RSUP Fatmawati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan time motion studies dan menggunakan operational research dengan metode observasi dan wawancara mendalam.
Hasil penelitian didapatkan rata-rata waktu proses pemulangan pasien adalah 230 menit dengan penilaian aktivitas non value added 212 menit dan penilaian aktivitas value added 18 menit. Proses yang paling lama terjadi di kamar rawat inap dengan lama waktu 143 menit, disebabkan keluarga pasien menunggu untuk mengurus administrasi pulang.
Hasil penelitian menyarankan untuk adanya petugas administrasi pemulangan pasien, analisis beban kerja terkait, melakukan pengkajian ulang tentang kebijakan pemulangan pasien, dan mengoptimalkan SIMRS dengan memberlakukan sistem elektronik untuk efisiensi waktu dan SDM.

This study discusses the analysis of the process of inpatient discharge process with lean six sigma method in RSUP Fatmawati. The purpose of this research is to know the process of inpatient discharge until the patient left the inpatient room at RSUP Fatmawati. This type of research is quantitative and qualitative by using time motion studies and using operational research with the method of observation and in depth interview.
The result of the research shows that the average return time of patient is 230 minutes with non value added activity 212 minutes and value added activity 18 minutes. The longest process took place in an inpatient room with a duration of 143 minutes, due to the patient 39 s family waiting to take care of the administration home.
The results of the study suggest that the patient discharge administration officer, the associated workload analysis, conduct a review of the patient 39 s return policy, and optimize SIMRS by enforcing the electronic system for time and human resource efficiency.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
S67995
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Ashri Boydalexa Bachtiar
"Penelitian ini dilakukan pada lini produksi tablet effervescent di sebuah perusahaan farmasi di Depok, Indonesia. Masalah berawal dari tingginya throughput time (8,89 jam/batch) lini produksi yang belum mencapai target yang diharapkan, yaitu sebesar 7,35 jam/batch. Setelah melakukan penjabaran komponen yang mempengaruhi, didapatkan kontribusi terbesar diberikan oleh reworking time atau jumlah barang defect. Oleh karena itu dibuatlah tujuan penelitian ini yaitu untuk memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat mengurangi jumlah barang defect sehingga throughput time dapat ditekan. Untuk melakukannya, digunakan pendekatan lean-six sigma dan metodologi DMAIC yang secara sistematis dapat menentukan akar permasalahan serta memberikan rekomendasi perbaikan yang paling sesuai. Hasil pemantauan pelaksanaan implementasi empat (4) dari delapan (8) solusi perbaikan yang diajukan telah menghasilkan 21% penurunan throughput time menjadi 6,98 jam/batch, 12,54% peningkatan sigma level serta penghematan biaya sebesar lebih dari 600juta rupiah per tahun. Penurunan throughput time tersebut menandakan tujuan penelitian ini telah tercapai.

This study was conducted on effervescent line production in a pharmaceutical company at Depok, Indonesia. The main problem was the throughput time value (8.89 hours/batch) that was too high compared to the company’s target, 7.35 hours/batch. After pulling some historical data, reworking time or number of defect products was determined to be the component that had the largest non-value added time contributing to throughput time. Thus, the objective of this study was to recommend some improvement actions which reduce number of defect products and therefore minimize the throughput time value. DMAIC methodology from Lean-Six Sigma approach was used to specify the root cause and provide the most feasible improvement actions systematically. Controlling and monitoring session after implementation of 4 (out of 8) improvement solutions action resulted 21% reduction of throughput time to 6.98 hours/batch, 12.54% of sigma level enhancement and also over 600 million rupiah annual saving. The decreasing of throughput time finalized that the objective of this study was successfully achieved.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S59296
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indar Robbi Mardiyan
"Penelitian ini dilakukan pada Departemen Leak Detection & Repair yaitu salah satu bagian dari PT. PALYJA yang bergerak di bidang pelayanan penanggulangan kebocoran pipa, baik pipa dinas dan pipa jaringan. Terkait dengan dilakukannya penelitian ini yaitu perlunya untuk meningkatkan mutu proses pelayanan penanggulangan kebocoran pipa dinas yang masih melebihi perjanjian waktu respon dengan PT. PAM Jaya, sehingga perlu dilakukan analisis terhadap proses pelayanan guna mengidentifikasi pemborosan (waste) yang menyebabkan keterlambatan waktu respon.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan pendekatan Lean Six Sigma untuk mengidentifikasi dan memperbaiki sumber permasalahan pada proses pelayanan dengan tahapan DMAIC yaitu Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control.
Hasil yang diperoleh adalah faktor-faktor yang berpengaruh pada kecepatan proses pelayanan dan usulan perbaikan guna mengurangi pemborosan pada alur proses pelayanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh usulan berupa perbaikan jadwal kerja tim motor, perbaikan pengaturan dan pengawasan SPPK, dan perubahan jadwal pencetakan informasi kebocoran.

This research was conducted at Leak Detection & Repair of PT. PALYJA which runs a service of pipe leaks, whether network or house connection pipe. Related to this research is the needs to improve quality of house connection pipe leaks service that still out of response time based on the contract with PT. PAM Jaya, therefore it is need to do an analysis of process services to identify wastes that make the response time longer.
The method that use in this research was Lean Six Sigma approach to identify and improve source trouble within the service process with DMAIC phases that is Define, Measure, Analyze, Improve and Control.
The obtained results are the factors that affect the speed of the service process and the proposed improvements to reduce wastes in the service process flow. Based on the results, the proposed form are repairing team work schedule, improved regulation and supervision of the FC, and change printing schedule of information leakage.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44465
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sekar Ayu Muthi Manahan
"Proses pelayanan pasien rawat jalan di poliklinik spesialis RS Hermina Daan Mogot masih belum optimal, ditunjukan dengan beberapa penyelenggaraan yang belum sesuai dengan peraturan, serta waktu tunggu pasien poli spesialis belum sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan hasil analisis proses pelayanan pasien rawat jalan di poliklinik spesialis dengan metode lean six sigma. Jenis penelitian ini adalah operational research, dengan desain penelitian kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian digambarkan dengan value stream mapping yang memperlihatkan lead time proses pelayanan pasien rawat jalan sebesar 149,66 menit dengan value added 17,87 menit (11,94%) dan non value added 141,54 menit (88,06%). Proses paling lama (bottleneck) yaitu kegiatan menunggu dipanggil masuk ke ruang poli. Waste paling besar yaitu waste waiting sebesar 91,84 menit atau 69,69% dari total waste yang ditemukan. Berdasarkan analisis fishbone diagram diketahui bahwa akar penyebab masalah yang paling banyak berasal dari kategori man. Berdasarkan analisis tersebut diberikan usulan berupa pembuatan standarisasi kerja, perhitungan pola ketenagaan, memaksimalkan ketepatan datang dokter, dan pemberian reward.

The process of outpatient service at specialist polyclinic RS Hermina Daan Mogot is not optimal enough, indicated by the process is not in accordance with existing regulations, and the waiting time of specialist polyclinic patients is not in accordance with the prescribed standards. The aim of this research is to get an analysis result of outpatient service at specialist polyclinics with lean six sigma method. This type of research is operational research, with quantitative and qualitative research design. The results of this research are described with the value stream mapping that showed lead time of outpatient service process for 149,66 minutes, with value added 17,87 minutes (11,94%) and non value added 141,54 minutes (88,06%). The longest process occurs on waiting to be called into the polyclinic room. The biggest waste is waiting for amount 91,84 minutes or 69,69% of the total waste. Based on fishbone diagram analysis, it is known that the root causes of the problem are mostly from the man category. Based on the analysis, an improvement proposal will be given in the form of work standardization, calculation of workforce patterns, maximize the accuracy of coming doctors and giving rewards."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>