Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 205858 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kartika Puspitasari
"ABSTRAK
Ketidakpatuhan terhadap pengobatan merupakan salah satu hambatan dalam
penanganan terhadap individu dengan skizofrenia. Ketidakpatuhan ini dapat meningkatkan
resiko akan kekambuhan sebesar 3,7 kali lebih besar. Tilikan terhadap kondisinya dan sikap
terhadap pengobatan merupakan dua variabel yang konsisten ditemukan berpengaruh
terhadap kepatuhan pada individu dengan skizofrenia. Studi literatur menunjukkan terapi
kepatuhan merupakan salah satu intervensi berlandaskan motivational interviewing dan
pendekatan kognitif yang efektif dalam meningkatkan sikap dan tilikan pada individu dengan
simptom psikotik. Oleh sebab itu, peneliti bermaksud untuk meneliti mengenai efektivitas
terapi kepatuhan dalam meningkatkan tilikan dan sikap terhadap pengobatan pada individu
dengan skizofrenia tahap stabil.
Penelitian ini menggunakan pendekatan field experiment dengan pretest-posttest
experimental design. Dua belas partisipan pria dipilih sesuai dengan karakteristik subjek dan
dibagi ke dalam dua kelompok secara acak. Kelompok eksperimen diberikan terapi
kepatuhan dan kelompok kontrol diberikan konseling non spesifik. Setiap individu mendapat
kesempatan terapi sebanyak 5 sesi yang berlangsung selama 30-60 menit setiap sesi.
Birchwood Insight Scale dan Hogan Drug Attitude Inventory (DAI-30) digunakan untuk
mengukur tilikan dan sikap partisipan, sebelum dan sesudah intervensi.
Enam partisipan yang menerima terapi kepatuhan menunjukkan peningkatan sikap
yang lebih positif terhadap pengobatan. Tilikan terhadap kondisi mereka pada partisipan di
kelompok eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang signifikan. Uji beda mann
whitney-u yang dilakukan menunjukkan perbedaan yang signifikan pada sikap terhadap
pengobatan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (u= 3.5, p=0.019, ).
Perbedaan yang signfikan ini juga ditemukan pada variabel tilikan (u=4.0, p=0.22, ).
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terapi kepatuhan dapat meningkatkan tilikan
dan sikap terhadap pengobatan pada individu dengan skizofrenia.

ABSTRACT
Nonadherence with the antipsychotic medication regimen is a common
barrier to the effective treatment for schizophrenia. Nonadherence patients have an average
risk of 3.7 times greater than adherent patients. Insight and Attitude toward medication has
been consistently associated with compliance. Literature has shown that compliance therapy,
a brief intervention based on motivational interviewing and cognitive approach, can lead to
improved attitude toward medication and insight. Objective: this study aimed to examine
effectiveness of compliance therapy to improve insight and attitude toward medication on
schizophrenic inpatients in Indonesia. Methods: A field experiment approach with pretestposttest
experimental design was used. Twelve male schizophrenic inpatient in the same ward
who were in stable phase, were divided into two groups: experimental and control. The
patients in the experimental group received compliance therapy, whereas those in control
group received non-specific counseling. Each treatment consists of 5 sessions lasting 30-60
minutes. Drug Attitude Inventory (DAI-30) was used to measure the patient?s attitude toward
medication. Birchwood Insight Scale was used to assess the patient?s insight. The
measurement is conducted twice, before and after intervention. Mann-whitney u test is used
to compare the differences between two groups. Main Findings: The result revealed that the
patients in the experimental group reported a significantly more positive attitude toward
medication (u=3.5, p=0.019, ) and better insight (u=4.0, p=0.022, ) than
those in the control group. Conclusion: Compliance therapy can improve attitude toward
medication and insight on schizophrenic inpatient."
2012
T31490
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Roberts, David L., 1973-
Oxford: Oxford University Press, 2016
616.898 ROB s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lidya Heryanto
"Terapi Kelompok Suportif Ekspresif adalah salah satu modalitas psikoterapi yang menggunakan kekuatan interaksi para peserta yang difasilitasi oleh terapis. Terapi ini diberikan kepada individu yang memiliki masalah serupa untuk memperbaiki pikiran dan perilaku yang dianggap maladaptif. Penelitian ini dilakukan untuk menilai apakah dengan terapi kelompok suportif ekspresif dapat memperbaiki kepatuhan pasien dengan HIV terhadap ARV (adherence). Evaluasi juga dilakukan untuk menilai apakah terdapat perbaikan kualitas hidup, peningkatan sel imun CD4 dan turunnya viral load setelah dilakukan intervensi. Pada 52 subjek dengan random alokasi terbagi menjadi kelompok intervensi terapi kelompok suportif ekspresif (TKSE) dan kelompok treatment as usual (TAU).
Subjek mendapatkan evaluasi yang sama sebelum dan sesudah terapi. Pada evaluasi awal didapatkan seluruh subjek tidak adherence, yaitu kepatuhan terapi <95%. Subjek yang mendapat terapi kelompok datang sebanyak 5 kali pertemuan. Semua subjek tetap datang untuk mendapatkan terapi seperti biasanya di pokdisus dan mendapatkan obat ARV. Setelah intervensi dilakukan evaluasi kembali. Subjek yang mendapatkan terapi kelompok suportif ekspresif (TKSE) menunjukan perbaikan dalam adherence sebanyak 13 orang (50%) dan pada kelompok TAU sebesar 1 orang (3.85%).
Peningkatan jumlah sel CD4 juga ditemukan pada kedua kelompok yaitu pada TKSE rerata peningkatan sebesar 54.69 dan pada TAU rerata sebesar 4.81. Perbaikan viral load menjadi tidak terdeteksi ditemukan pada kedua kelompok yaitu pada TKSE menurun sebanyak 4 subjek, sedangkan TAU 2 subjek. Pada kualitas hidup didapatkan peningkatan pada domain psikologis dan lingkungan, tidak ada perubahan pada domain sosial, dan penurunan pada domain fisik.

Supportive Expressive Group Therapy is a psychotherapeutic modality that uses the strength of the interaction of the participants were facilitated by therapists. This therapy is given to individuals who have similar problems to correct thoughts and behaviors that are considered maladaptive. This study was done to assess whether the supportive expressive group therapy can improve patients' adherence with ARV. The evaluation was also conducted to assess whether there were improvements in quality of life, increase in CD4 immune cells and the decrease in viral load after the intervention. In 52 subjects with random allocation is divided into intervention group supportive expressive group therapy (TKSE) and group treatment as usual (TAU).
Subjects obtain the same evaluation before and after therapy. At the initial evaluation found the whole subject is not adherence: therapy adherence <95%. Subjects who received group therapy meetings come as much as 5 times. All subjects continued to come to get treatment as usual in Pokdisus and get antiretroviral drugs. Once the intervention is re-evaluated. Subjects who received supportive expressive group therapy (TKSE) showed improvements in adherence were 13 people (50%) and the TAU group by 1 person (3.85%).
The increase in CD4 cell count were also found in both groups, the mean increase of 54.69 TKSE and the TAU mean of 4.81. Improvements in viral load to undetectable levels were found in both groups at TKSE decreased by 4 subjects, whereas TAU 2 subjects. On quality of life associated with an increase in psychological and environmental domains, there is no change in the social domain, and a decrease in the physical domain.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2014
T59141
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amelia Putri
"Insiden konflik dan kekerasan yang secara rutin terjadi di masyarakat menyebabkan remaja yang terpapar memandang dunianya tidak aman dan penuh ancaman dan kemudian menunjukkan perilaku yang bermasalah. Perilaku agresif dan menginisiasi permusuhan ini dianggap adaptif bagi remaja dan dinormalisasi pada lingkungan yang menjadikan konflik dan kekerasan sebagai hal yang biasa sehingga konflik akan terus ada dan perdamaian sulit dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan masalah tingkah laku dan sikap terhadap perdamaian pada remaja yang terpapar konflik. Masalah tingkah laku diukur menggunakan Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ), sedangkan sikap terhadap perdamaian diukur menggunakan Peace Attitude Scale (PAS). Partisipan pada penelitian ini yaitu 352 remaja berusia 16-18 tahun yang tinggal di wilayah rawan konflik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masalah tingkah laku memiliki hubungan yang negatif dengan sikap terhadap perdamaian remaja yang terpapar konflik. Berdasarkan hasil tersebut, semakin banyak masalah tingkah yang ditunjukkan, semakin negatif sikap terhadap perdamaian yang dimiliki remaja.

Incidents of conflict and violence that routinely occur in society cause exposed adolescents to view their world as insecure and threatening and then they exhibit problematic behavior. Aggressive behavior and initiating hostility are considered adaptive for adolescents and normalized in an environment where conflict and violence are commonplace so that conflict will continue, and peace is difficult to achieve. This study aims to see the relationship between behavioral problems and attitudes towards peace in adolescents who are exposed to conflict. Behavioral problems were measured using the Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ), while attitudes towards peace were measured using the Peace Attitude Scale (PAS). Participants in this study were 352 adolescents aged 16-18 years who lived in conflict-prone areas. Pearson correlation showed that behavior problems had a negative relationship with attitudes towards peace in adolescents who were exposed to conflict. Based on these results, the more behavior problems shown, the more negative the attitude towards peace the adolescents had.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Yunda Caesara
"Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai hubungan antara sikap terhadap uang dan kontrol diri pada karyawan. Pengukuran menggunakan kuesioner Money Ethic Scale (Tang, 1995) dan Brief Self Control Scale (Tangney, 2004). Responden penelitian berjumlah 177 karyawan yang diperoleh dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan negatif antara sikap terhadap uang dan kontrol diri karyawan (r= -0.293, p < 0.01), yang berarti semakin tinggi sikap terhadap uang karyawan, semakin rendah kontrol diri yang dimilikinya. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perusahaan dapat mengetahui cara untuk meningkatkan kontrol diri karyawannya, demi menunjang performa kerja yang lebih baik.

The purpose of this study was to find out if there is a correlation between attitude towards money and self-control among employees. Measurement was used Money Ethic Scale (Tang, 1995) and Brief Self Control Scale (Tangney, 2004). In this study, 177 respondents was obtained by accidental sampling technique. The result of this study shows that there is a negative significant correlation between attitude towards money and self-control, which means the higher employee’s attitude towards money is, the lower the self control. The implication of these results was the company can determine the good attitude towards money and self-control that must have by the employees , in order to support better work performance.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58585
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ageng Tantular
"Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari brand association yang spesifik pada asosiasi gender (specific gender association) dalam sebuah iklan, serta pengaruh kongruensi antara iklan dengan media kepada sikap terhadap iklan, sikap terhadap merek, dan minat membeli partisipan. Untuk dapat meneliti pengaruh specific gender association dan kongruensi tersebut maka dalam penelitian ini digunakan desain eksperimen faktorial 2 (Non-specific Gender Association/Specific Gender Association) x 2 (Congruent / Incongruent). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pria pada kondisi kongruen lebih menyukai iklan yang memiliki specific gender association dengan pria dibandingkan iklan non-specific gender association.

Research is aimed to study the influence of brand association that specify on association of gender in an advertisement, and the influence of congruence between advertising and the media over the attitude toward the advertising, attitude toward the brand, and purchase intention of the participants. To be able to examine the influence of specific gender association and congruence in this study used a factorial experimental design 2 (Non-specific Gender Association/Specific Gender Association) x 2 (Congruent / Incongruent). The results of this research show that the male on the condition of congruent prefer ads that have specific gender association with men than non-gender specific ad association. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diva Dhamayantie
"Isu mengenai kesejahteraan perempuan dan kesetaraan gender kini sedang marak dibahas, termasuk di Indonesia. Sayangnya, kelompok perempuan yang kerap menyuarakan isu-isu perempuan, termasuk kelompok feminis, seringkali mendapatkan penolakan dan diberikan stigma. Contoh stigma dari feminis adalah pembenci laki-laki, dan juga anti-pernikahan. Penelitian korelasional ini bertujuan untuk menguji kebenaran tersebut dengan mencari hubungan antara sikap feminis dan ambivalensi terhadap laki-laki, sikap feminis dan sikap terhadap pernikahan, serta hubungan antara ambivalensi terhadap laki-laki dan sikap terhadap pernikahan. Sikap feminis diukur dengan Liberal Feminist Attitude and Ideology Scale-Short Form (LFAIS-short form) (Morgan, 1996), sikap terhadap pernikahan diukur dengan General Attitudes toward Marriage Scale (GAMS) (Park & Rosen, 2013) dan ambivalensi terhadap laki-laki diukur menggunakan Ambivalence toward Men Inventory (AMI) (Glick & Fiske, 1999). Partisipan penelitian (n = 958) merupakan mahasiswi dengan rentang usia 18-25 tahun yang berdomisili atau berkuliah di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan pada ketiga hipotesis tersebut.

There has been a rise of interest in women’s movement and gender equality, including in Indonesia. Unfortunately, women activists who express their support in the movement, particularly feminists, often received rejection and stigmatized. Being a man-hater and anti-marriage are the prominent stigmas. This correlational research aims to test the rightness of those two stigmas by finding the relationship between feminist attitude and ambivalence towards men, feminist attitude and attitude towards marriage, also ambivalence towards men and attitude towards marriage. The feminist attitude is measured by Liberal Feminist Attitudes and Ideology Scale-Short Form (LFAIS-Short Form) (Morgan, 1996), attitude towards marriage measured by General Attitudes toward Marriage Scale (GAMS) (Park & Rosen, 2013), and ambivalence towards men measured by Ambivalence toward Men Inventory (AMI) (Glick & Fiske, 1999). Participants of this study (n = 958) are women college students aged 18-25 years old that lives or have their college located in Jabodetabek. The result shows that there are significant correlations on three of the hypotheses."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diva Dhamayantie
"Isu mengenai kesejahteraan perempuan dan kesetaraan gender kini sedang marak dibahas, termasuk di Indonesia. Sayangnya, kelompok perempuan yang kerap menyuarakan isu-isu perempuan, termasuk kelompok feminis, seringkali mendapatkan penolakan dan diberikan stigma. Contoh stigma dari feminis adalah pembenci laki-laki, dan juga anti-pernikahan. Penelitian korelasional ini bertujuan untuk menguji kebenaran tersebut dengan mencari hubungan antara sikap feminis dan ambivalensi terhadap laki-laki, sikap feminis dan sikap terhadap pernikahan, serta hubungan antara ambivalensi terhadap laki-laki dan sikap terhadap pernikahan. Sikap feminis diukur dengan Liberal Feminist Attitude and Ideology Scale-Short Form (LFAIS-short form) (Morgan, 1996), sikap terhadap pernikahan diukur dengan General Attitudes toward Marriage Scale (GAMS) (Park & Rosen, 2013) dan ambivalensi terhadap laki-laki diukur menggunakan Ambivalence toward Men Inventory (AMI) (Glick & Fiske, 1999). Partisipan penelitian (n = 958) merupakan mahasiswi dengan rentang usia 18-25 tahun yang berdomisili atau berkuliah di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan pada ketiga hipotesis tersebut.

There has been a rise of interest in women’s movement and gender equality, including in Indonesia. Unfortunately, women activists who express their support in the movement, particularly feminists, often received rejection and stigmatized. Being a man-hater and anti-marriage are the prominent stigmas. This correlational research aims to test the rightness of those two stigmas by finding the relationship between feminist attitude and ambivalence towards men, feminist attitude and attitude towards marriage, also ambivalence towards men and attitude towards marriage. The feminist attitude is measured by Liberal Feminist Attitudes and Ideology Scale-Short Form (LFAIS-Short Form) (Morgan, 1996), attitude towards marriage measured by General Attitudes toward Marriage Scale (GAMS) (Park & Rosen, 2013), and ambivalence towards men measured by Ambivalence toward Men Inventory (AMI) (Glick & Fiske, 1999). Participants of this study (n = 958) are women college students aged 18-25 years old that lives or have their college located in Jabodetabek. The result shows that there are significant correlations on three of the hypotheses"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Via Dolorosa Halilintar
"Kanker Payudara KPD merupakan jenis penyakit Kanker dengan risiko insidensi mortalitas tertinggi di Indonesia. Tesis ini membahas tingkat kepatuhan dan faktor ndash; faktor yang mempengaruhi kepatuhan pengobatan pasien Kanker Payudara KPD yang menjalani terapi hormonal dengan Tamoxifen pada pasien RS Kanker Dharmais tahun 2018. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain potong lintang cross-sectional. Penelitian diikuti oleh sebanyak 109 orang responden. Tingkat kepatuhan pengobatan dinilai melalui kuesioner MARS-5 yang dimodifikasi. Karaktersitik sosiodemografi dan klinis diperoleh dari wawancara dengan menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepatuhan pengobatan KPD dengan Tamoxifen adalah 90,9 dengan proporsi pasien yang patuh adalah 75,2 82 dari 109 orang. Umur pasien, pendapatan, tingkat pendidikan, pemberian informasi dan edukasi tentang pengobatan, dan tingkat pengetahuan pasien mempunyai pengaruh yang bermakna dalam mempengaruhi tingkat kepatuhan pengobatan. Analisis multivariat menunjukkan bahwa Umur responden, tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan merupakan faktor yang paling berpengaruh dan menentukan tingkat kepatuhan pengobatan. Tingkat Pendidikan merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kepatuhan pengobatan. Melalui penelitian ini disarankan untuk memberikan perhatian khusus untuk pasien ndash; pasien dengan karakteristik tertentu seperti pasien dengan tingkat pendidikan atau berpendapatan rendah.

Breast Cancer BC is. type of cancer disease with the highest incidence of mortality in Indonesia. The focus of the study was to determine the level of adherence and factors influencing the adherence of the treatment of BC patients undergoing hormonal therapy with Tamoxifen in patients with Dharmais Cancer Hospital in year 2018. The study is an observational study with. cross sectional design. The study was followed by 109 respondents. Medication adherence levels assessed via questionnaire MARS. modified. Sociodemographic and clinical characteristic obtained from interviews using questionnaires.
The results showed that the medication adherence level of KPD with Tamoxifen was 90.9 with the proportion of adherent patients was 75.2 82 of 109 patients. Patient age, income, education level, information and education about treatment, patient 39. level of knowledge have. significant influence on the level of medication adherence. Multivariate analysis showed that the age of respondents, level of education, level of knowledge is the most influential factor and determine the level of treatment adherence. Education level is the variable that has the greatest effect on medication adherence. Through this study, it is advisable to pay particular attention to patients with certain characteristics such as patients with low education or low income levels.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2018
T51466
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teddy Bertrand
"Perkembangan media sosial dimanfaatkan oleh pemilik brand maupun marketer menjadi channel untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen. Tidak sedikit perusahaan yang bekerjasama dengan influencer sebagai source of message untuk menawarkan produk atau brand. Namun pemilihan influencer yang tepat bukanlah hal yang mudah. Beberapa fenomena yang terjadi, pelaku usaha mendapatkan hasil yang kurang efektif dari penggunaan influencer marketing. Selain itu, dari literasi sebelumnya didapatkan bahwa kegagalan menemukan keseimbangan antara influencer dan brand dapat menghasilkan citra terbalik, yang menyebabkan kebingungan pelanggan dan sikap negatif terhadap brand. Penelitian dilakukan untuk menjawab fenomena dan permasalahan yang ada dengan mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi attitude toward influencer di media sosial dan mencari tahu pengaruhnya terhadap brand attitude dan purchase intention. Penelitian ini merupakan pengembangan dari Theory of Planned Behavior dan elaborasi dari penelitian yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan Structure Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi attitude toward influencer diantaranya perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence, dan influencer-brand congruence. Selain itu, didapatkan bahwa attitude toward influencer berpengaruh positif terhadap brand attitude dan purchase intention. Secara praktis penelitian ini memberikan gambaran bagi pelaku usaha dan pemasar mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen Indonesia terhadap influencer sehingga dapat memilih influencer yang tepat dan memberikan dampak positif terhadap brand attitude dan purchase intention. Hal ini juga membantu pelaku usaha dan pemasar untuk memahami kontribusi influencer marketing terhadap brand attitude dan purchase intention.

The development of social media is used by brand owners and marketers as a channel to communicate and interact with consumers. Many companies have collaborated with influencers as a source of message to offer a product or brand. But choosing the right influencer is not an easy thing. Some phenomena that occur, business actors get less-effective results from the use of influencer marketing. In addition, from previous literature it was found that failure to find a balance between influencers and brands can result in a reversed image, which causes customer confusion and negative attitudes towards the brand. The research was conducted to answer existing phenomena and problems by identifying factors that influence attitudes toward influencers on social media and finding out their influence on brand attitudes and purchase intentions. This research is a development of the Theory of Planned Behavior and an elaboration of previous research using Structure Equation Modeling (SEM). The results of the study show that the factors that can influence attitudes toward influencers include perceived credibility, trust, perceived expertise, perceived congruence, and influencer-brand congruence. In addition, it was found that attitude toward influencers had a positive effect on brand attitude and purchase intention. Practically, this research provides an overview for business actors and marketers regarding the factors that influence Indonesian consumers' attitudes towards influencers so that they can choose the right influencer and have a positive impact on brand attitude and purchase intention. It also helps businesses and marketers to understand the contribution of influencer marketing to brand attitude and purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>