Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 172514 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adi Nugroho
Bandung: Informatika, 2002
003.54 ADI a
Koleksi Publik  Universitas Indonesia Library
cover
Lucas, Henry C.
Jakarta: Erlangga, 1987
658.4038 LUC at
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Machmudin Eka Prasetya
"Perkembangan teknologi khususnya teknologi informasi dirasakan sangat pesat saat ini. Perkembangan ini tentunya memberikan dampak tersendiri kepada pihak-pihak yang memang berkepentingan atas teknologi informasi tersebut.
Hal yang juga berkembang tidak hanya frontend dari teknologi tersebut yaitu produk dan bentuk akhir darinya, namun juga termasuk tahapan awal yaitu saat teknologi tersebut dirancang dan dianalisis oleh ahlinya. Sistem informasi sebagai bagian dari teknologi informasi juga mengalami perkembangan yang sangat dinamis dalam hal metodologi perancangan hingga implementasinya.
Perancangan suatu sistem informasi pada sebuah entitas tentunya memerlukan suatu metodologi yang merupakan tahapan-tahapan logis yang harus dilakukan. Dalam perkembangannya metodologi ini juga mengalami perubahan-perubahan sesuai dengan tututan dari pars analis sistem tentunya.
Perancangan dan sistem informasi lebih sering ditemui pada institusilentitas yang berorientasi bisnis dan profit. Berbagai kasus dalam referensi menggunakan institusi bisnis sebagai contohnya..Iarang sekali kita mememukan kasus pengembangan sistem informasi pada sebuah institusilentitas yang bersifat nirlaba seperti yayasan dan institusi pendidikan.
Berangkat dari hal tersebutlah penulis memilih universitas sebagai institusi pendidikan yang menjadi contoh dari institusi nirlaba sebagai obyek penelitian. Penelitian dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang memang saat ini tengah melakukan pengembangan "Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan"(SIAK) yang dikembangkan untuk mendukung program dari Universitas Indonesia sebagai badan hukum milik negara dan target untuk menjadi "Research University" dan yang terakhir untuk lebih memajukan serta mengefisienkan kegiatan akademik kampus. Fakultas sebagai suatu entitas tentunya akan memiliki bobot penelitian yang sama pada saat analisis perancangan sistem bila dibandingkan dengan entitas-entitas bisnis berorientasi laba lainnya.
Analisis pengembangan SIAK FEUI ini menggunakan metodologi "Object Oriented" dengan pendekatan UML (Unified Modelling Language) sebagai pendekatan terbaru dan paling universal serta memiliki banyak kelebihan dibandingkan metode structural approach yang salah satunya adalah menyatukan analisis atas proses dan analisis data. Pada pendekatan sebelumnya (Structural Approach) kedua analisis ini dilakukan terpisah.
Analisis awal yang dilakukan dalam pengembangan sistem ini adalah analisis terhadap proses bisnis dalam kegiatan akademik kampus secara keseluruhan untuk melihat Business Process Reengineering yang akan dapat dilakukan. BPR yang dilakukan ini meliputi:
1. Perubahan proses
2. Penghilangan proses yang tidak perlu
3. Penambahan proses
Setelah seluruh proses bisnis didefinisikan, langkah selanjutnya adalah melaukan pemodelan sistem menggunakan pendekatan object oriented menggunakan UML.
Pemodelan yang dibahas adalah yang bersifat logikal saja, sedang pemodelan fisik dari sistem tidak dilakukan. Langkah pertama adalah membuat usecase diagram dan activity diagram berdasarkan proses bisnis yang .telah didefinisikan sebelumnya. Hasil analisis atas usecase diagram dan activity diagram ini kemudian dijadikan dasar dalam pembuatan class diagram yang akan dijadikan rancangan logikal database atas sistem yang akan dibuat tersebut. Hasil analisis usecase diagram, activity diagram serta class diagram ini akan menjadi dasar untuk pembuatan prototipe interface sistem tersebut dengan pengguna sistem.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan sistem menggunakan metode obyek menggunakan UML dapat lebih mencerminkan kegiatan proses bisnis daripada menggunakan metode pengembangan sistem structural approach yang sangat abstrak dan membingungkan para analis sistem. Metode obyek ini dapat mengakomodasikan perubahan-perubahan proses bisnis tanpa harus mengubah platform analisis sistem logikal secara keseluruhan seperti pada metode sebelumnya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T15585
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilda Indriana Sutanto
"Pada situasi persaingan yang semakin ketat dewasa ini, setiap perusahaan akan selalu berusaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya agar tetap kompetitif. Penggunaan sistem biaya tradisional menjadi usang karena tidak mampu memberikan perhitungan biaya produk yang akurat dan tidak mendorong manajer untuk melakukan efisiensi proses produksi. Oleh karena itu lahirnya Activity-Based Cost System sebagai sistem akuntansi biaya yang baru memberikan sumbangan besar bagi dunia bisnis. Selain memberikan perhitungan biaya produk yang lebih akurat, informasi aktivitas dari ABC dapat digunakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan proses sehingga terjadi peningkatan kinerja aktivitas untuk memberikan value yang lebih tinggi kepada pelanggan. Untuk peningkatan kinerja aktivitas inilah maka process value analysis perlu dilakukan. Process value analysis merupakan metode analisa yang paling baik untuk dapat mengidentifikasi aktivitas secara keseluruhan dan mencari kesempertan-kesempatan untuk melakukan perbaikan. Process value analysis akan berusaha untuk meminimisasi bahkan mengeliminasikan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah dan mengoptimalkan aktivitas yang memberikan nilai tarnbah. Dengan melakukan process value analysis, akan terjadi peningkatan kinerja aktivitas yang pada akhirnya akan meningkatkan value produk yang diterima pelanggan berupa harga yang relatif rendah, kualitas yang tinggi, dan tersedia tepat pads waktunya. Process value analysis pada PT. X menunjukkan bahwa PT. X memilih tujuh kelompok aktivitas dalam proses produksinya, yaitu lead oxide mill, paste mixer, grid casting, plate pasting, formation dan drying, assembling, serta finishing. Analisa yang dilakukan menunjukkan bcthwa Pl. X memerlukan tindakan-tindakan perbaikan agar proses produksinya bisa lebih efisien. Tindakan perbaikan dapat dilakukan dengan melihat pada konsep yang ditawarkan oleh Just In Time dan Total Quality Control."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18855
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wayan Agus Winarta
"DPLK Jiwasraya adalah sebuah perusahaan penyelenggara dana pensiun di Indonesia. Dalam menjalankan operasi bisnisnya, DPLK Jiwasraya telah menerapkan Sistem Informasi hanya saja sistem informasi yang ada belum terintegrasi misalnya antara bagian keuangan dan bagian administrasi dan pelayanan masing-masing memiliki file peserta yang disimpan terpisah. Kebutuhan akan sistem informasi terintegrasi yang mencakup seluruh proses bisnis semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring perkembangan perusahaan, pertambahan jumlah peserta, tuntutan standar pelayanan yang semakin tinggi dan pihak-pihak yang berkepentingan semakin banyak jumlahnya. Disamping itu berbagai macam kendala yang dihadapi pada saat pengoperasian sistem yang lama telah menimbulkan aktifitas kerja yang kurang efisien, duplikasi kerja, keterbatasan informasi dan keterbatasan pelayanan terhadap peserta. Proyek akhir ini mencoba melihat proses pembangunan sistem informasi yang akan dilakukan DPLK Jiwasraya dalam mengatasi semua persoalan diatas agar tetap eksis dan memenangkan persaingan. Metodologi yang digunakan dalam pengerjaan proyek akhir ini adalah melalui wawancara langsung yang dilakukan terhadap PT. Asuransi Jiwasraya baik di kantor pusat maupun di kantor DPLK, survey ke kantor DPLK Jiwasraya untuk melihat kondisi yang ada dan mempelajari beberapa dokumen operasional yang dipakai. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai masalah yang dihadapi dan mendapatkan informasi mengenai kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi oleh sistem yang akan dibangun. Dalam kajian ini dilakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, menentukan penyebabnya, memaparkan solusi dan kendala terhadap solusi yang diberikan. Hasil akhir dari kajian ini berupa rancangan sistem informasi dengan menggunakan metodologi Rapid Application Development dan teknik prototyping dalam pengembangannya. Pemilihan metodologi ini didasarkan atas beberapa pertimbangan baik dari segi waktu, kompleksitas sistem, penguasaan terhadap teknologi, jumlah pengembang dan sebagainya.

DPLK Jiwasraya is one of Pension Fund Company in Indonesia which has applied Information System (IS) to automate its business processes. However, the existing IS is not an integrated system. The demand of having an integrated IS which covers entire business processes progressively increase from time to time in line with company growth, increasing members, increasing customer needs and stake holder need that become more complicated. The constraints from the old system have led into less efficient activities, job duplication, and limited information and limited service able to be delevered to customer. This project aims to show the information system development process that will be doing by DPLK Jiwasraya to increase company?s competitive strategy. To fulfill the objective of this project, several steps have been taken : survey and analyzed operational documents. This process is aim to get factual information regarding the problem faced and also to get concerning expected requirement of the system. The study analyzed the current system, determine the caused and provided solution and determine constraints for system improvement. The output from this project is a system design which use Rapid Application Development and prototyping techniques as a development methodology according to the project constraints such us time, user requirements, familiarity with technology, developer team members, and complexity of the system."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
PA-98
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Rumah sakit merupakan salah satu bentuk organisasi yang kompleks. Hal
ini sebagai akibat dari kemajuan teknologi sehingga mengharuskan suatu organisasi
rumah sakit ini untuk mempekerjakan berbagai profesi untuk menunjang jalannya
bisnis rumah sakit tersebut. Sebagai rumah sakit yang baru berdiri pada awal bulan
April 2002 Rumah Sakit Z memerlukan perancangan sistem informasi yang tepat
sesuai fungsinya sebagai lembaga sosial sekaligus lembaga yang bertujuan profit.
Penelitian ini merancang Sistem Informasi Rawat Jalan di Rumah Sakit Z
dengan sistem yang terkomputerisasi. Dengan mengambil model Rumah Sakit Y
sebagai model sistem informasi rawat jalannya, ada beberapa hal mendasar yang
menjadi pertimbangan untuk menerapkan model yang ada menjadi ke dalam Sistem
Informasi Rawat Jalan Rumah Sakit Z. Pertimbangan keterbatasan jumlah
komputer dan sumber daya manusia yang tersedia adalah salah satu pertimbangan
untuk menyesuaikan model yang ada dengan apa yang nantinya akan diterapkan.
Selain itu adanya kebijakan pemerintah mengenai sistem pembayaran pada rumah
Sakit Umum Daerah yang mewajibkan pasiennya untuk membayar biaya pelayanan
sebelum pasien mendapatkan jasa pelayanan kesehatan adalah suatu hal yang akan
sangat membedakan antara model yang ada yakni Rumah Sakit Y dengan objek
yang alcan dirancang sistem informasi rawat jalannya.
Dengan penyesuaian-penyesuaian yang dilakukan pada kendala-kendala
yang ada penelitian ini menghasilkan suatu alur proses sistem informasi rawat jalan
dalam bentuk flowchart dan diagram alir data. Dan selain itu model data yang
dibuat untuk perancangan model database penunjang Sistem Informasi Rawat Jalan
Rumah Sakit Z serta estimasi kebutuhan sumber daya manusia dan komputer untuk
operasional sistem informasi rawat jalan dibuat juga dalam penelitian ini."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49749
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Bintang S.P.
"Dalam setiap rencana investasi, ada belDerapa hal yang harus diperhatikan yaitu a) Dibuatkan feasibilty study secara lengkap b) Project tersebut harus pada lokasi yang strategis C) Direncanakan dengan matang total biaya di keluarkan d) Diamati dengan seksama
kondisi perekonomian serta perobahan melalui peraturan pemerintah.
Dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, pihak
management tentu rnembutuhkan suatu alat yang dapat
digunakan sebagai alat petunjuk.
Untuk ini, akuntansi management, akuntansi keuangan serta management keuangan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Misalnya dengan akuntansi keuangan, kita dapat
mengetahul kondisi keuangan melalui analisa atas laporan keuangan dengan akuntansi management, dapat diketahui kondisi keuangan perusahaan pada masa yang akan datang melalui penibuatan proyeksi atas laporan keuangan yang sekarang kalau dengan management keuangan, kita dapat menganalisa Payback period, IRR serta masalah keuangan lainnya.
Untuk mendapatkan keputusan yang optimal,
dibutuhkan langkah-langkah yang sistimatis dan
terkoordinir sehingga memungkinkan perusahaan dapat
mengarahkan dananya yang relatif terbatas pada usahausaha yang paling menguntungkan."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1993
S18747
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indarto
Yogyakarta: Andi, 2012
515.94 IND k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
M. Feriza Yoga I.A.
"Pelayanan administrasi akademik merupakan salah satu proses bisnis yang dijalankan oleh suatu lembaga pendidikan terkait dengan interaksinya kepada customer. Mekanisme pemberian layanan yang efektif, efisien serta tidak menyulitkan mahasiswa telah menjadi suatu competitive advantage bagi suatu perguruan tinggi saat ini. Layanan manual yang diotomasi ke dalam suatu sistem belum tentu menjawab kepuasan pelanggan. Oleh sebab itu, analisa terhadap customer needs perlu diselami lebih dalam dan seluruh requirement terhadap sistem perlu dikelola dengan baik. Sistem Informasi Akademik Online merupakan sebuah aplikasi online yang diperlukan oleh Cyber Campus Jakarta dalam memberikan layanan akademik kepada siswa yang selama ini dijalankan melalui sistem offline. Beberapa kelemahan yang ada pada sistem offline dan adanya perubahan kebijakan yang berlaku dari pihak akademik mengenai rencana penambahan cabang dan kerjasama dengan tempat pelatihan yang lain turut memicu keberadaan Sistem Informasi Akademik Online ini, selain karena adanya keinginan dari siswa untuk memperoleh layanan yang memudahkan mereka. Spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang lengkap dan terdokumentasi dengan baik sangat dibutuhkan untuk menunjang berhasilnya pengembangan aplikasi ini. Dengan memanfaatkan metodologi Rational Unified Process (RUP) diharapkan spesifikasi yang dihasilkan dapat membantu dan mempermudah Departemen Pengembangan dalam pengembangan aplikasi ini. Adaptasi RUP khususnya disiplin business modeling dan requirement dalam proyek ini akan disesuaikan dengan karakter aplikasi yang akan dikembangkan.

Academic administration service is one of business process that maintain by an institutional education in interaction with their customers. The service gift mechanism which effective, efficient and do not make any complicated for student have come to be competitive advantage for that institution. Manual services which automation a system not yet of course reply the customer satisfaction. On that account, analysis to customer needs require to be seen through deeper and entire all requirement to system require to be managed better. Online Academic Information System is one of the online application which needed by Cyber Campus Jakarta to serve an good academic service to the student which it is used to done by manual/offline and usually not integrated. Some weakness which occur on existing offline system and existence of policy change about adding branch in the future trigger the existence of this Online Academic Information System, besides caused by its desire from students to get the service which facilitating them with no difficulties. To make this project success, a complete and well documented software requirements becomes the main requisite. Software requirement specification yielded by adapting Rational Unified Process (RUP) methodology is expected to help this software developer. In this project, RUP adaptation particularly business modeling and requirement discipline will be conformed to characters of application being developed."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Clydea Harahap
"Saat ini belum banyak penelitian yang membahas sistem informasi kesehatan untuk rujukan ibu dan bayi baru lahir secara komprehensif dan masih kurangnya pengembangan sistem informasi kesehatan yang terintegrasi di Indonesia. Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang belum memiliki sistem informasi khusus untuk mendukung proses rujukan maternal dan neonatal tersebut. Pada penelitian ini akan dikembangkan rancangan sistem informasi yang terintegrasi untuk rujukan maternal dan neonatal dengan pendekatan design science research (DSR) yang terdiri dari 6 aktivitas yaitu Identifikasi Masalah dan Motivasi, Pendefinisian Tujuan Solusi, Perancangan dan Pengembangan, Demonstrasi, Evaluasi, dan Komunikasi. Pengambilan data dilakukan secara kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap 7 petugas kesehatan dan 10 pihak manajemen yang ada di Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, 3 Puskesmas, dan 2 Rumah Sakit. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan sistem informasi yaitu berupa arsitektur yang dikembangkan menggunakan framework The Open Group Architecture Framework (TOGAF) 9.2 dan prototipe sistem informasi. Fitur-fitur prototipe yang dikembangkan antara lain membuat rujukan, melihat rujukan, dan melihat dashboard rujukan maternal dan neonatal.

Currently, there is still not much research that addresses the health information systems for maternal and newborn referrals and is there is still lack of development of integrated health information systems in Indonesia. South Tangerang City is one of the regions in Indonesia that does not have a specific information system to support the maternal and neonatal referral process. This research will develop an information system design that is designed for maternal and neonatal reference using a scientific research design (DSR) consisting of 6 activities namely Problem Identification and Motivation, Defining the Purpose of Solutions, Design and Development, Demonstration, Evaluation, and Communication. Data was collected qualitatively by conducting interviews with 7 health workers and 10 health management in the South Tangerang District Health Office, 3 Primary Health Cares (PHCs) and 2 Hospitals. The results of this study are the design of an information system consisting of an enterprise architecture developed using the Open Group Architecture Framework (TOGAF) 9.2 framework and an information system prototype. Prototype features developed include create referral, view referrals, and view maternal and neonatal referral dashboards."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>