Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112078 dokumen yang sesuai dengan query
cover
[Place of publication not identified]: Jabatan Kebudayaan dan Kesenian Negara, 2009
320.549 595 MAL (2)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Rahman Embong
Bangi, Selangor: Universiti Kebangsaan Malaysia, 2000
320.540 ABD n
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhila Shabrina Hidayati
"ABSTRAK
Malaysia adalah negara multikultural dengan Melayu sebagai etnis asli dan terbesar, karena itu lah budaya Melayu menjadi dasar perkembangan budaya di Malaysia. Baju kurung dan baju Melayu yang tadinya milik etnis Melayu kini menjadi pakaian nasional Malaysia yang menunjukkan identitas nasional dan nation branding. Menurut Hall 1990 , identitas bukan lah sesuatu yang tetap dan bergantung pada positioning. Sedangkan Anholt 2013 berargumen bahwa identitas merupakan bagian dari nation branding. Penelitian kualitatif ini melihat bagaimana penerimaan kaum muda Malaysia terhadap baju kurung dan baju Melayu sebagai identitas nasional dan nation branding. Penulis menemukan bahwa identitas yang ditampilkan melalui keduanya dapat berupa identitas Melayu dan identitas nasional Malaysia karena keduanya dipakai oleh seluruh etnis di Malaysia. Di dunia internasional, keduanya juga menjadi pakaian yang menunjukkan identitas Malaysia, sehingga citra yang ditampilkan melalui nation branding dapat terlihat melalui baju kurung dan baju Melayu. Kata kunci:Malaysia; baju kurung; baju Melayu; identitas; nation branding
ABSTRACT
Malaysia is a multicultural country with Malay as the indigenous and the largest ethnic, hence Malay culture is the foundation of the development of Malaysia rsquo s culture. Baju kurung and baju Melayu belonged to the Malays have became Malaysia rsquo s national costume that shows national identity and nation branding. According to Hall 1990 , identity is not fixed and has positioning. Anholt 2013 argues that identity is a part of nation branding. This qualitative research examines on how youths in Malaysia is accepting baju kurung and baju Melayu as their national clothing and nation branding. The author found that the identity that is shown through baju kurung and baju Melayu could be the Malay and Malaysia rsquo s national identity due to both costumes are worn by all ethnics in Malaysia. In the international world, those costumes have become the clothing which represent Malaysia rsquo s identity, so that image is shown through nation branding could be seen by means of baju kurung and baju Melayu. Keywords Malaysia baju kurung baju Melayu identity nation branding"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50366
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hoffstaedter, Gerhard
Conpenhagen: Nias Press, 2011
305.6 HOF m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Zulidyana Dwi Rusnalasari
"ABSTRAK
Kajian mengenai komunitas di Indonesia terutama komunitas dengan basis
teknologi masih sangat terbatas. Maka dari itu penelitian ini dilakukan. Komunitas
yang menjadi objek penelitian adalah Komunitas BlankOn, sebuah komunitas
Linux yang dibentuk oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI).
Komunitas ini berkomunitas untuk bersama-sama membuat piranti lunak asli
Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data berupa hasil
wawancara tertulis lewat surat elektronik (surel) dan data lainnya berupa gambar
dalam lamam web dan kepustakaan yang mendukung. Teori yang digunakan
adalah teori yang mengacu pada teori Representasi yang dirangkum oleh Stuart
Hall dengan analisis gambar menggunakan teori semiotik Roland Barthes
mengenai. Pembahasan Ideologi mengacu pada teori Antonio Gramsci mengenai
hegemoni dan ideologi. Hasil pembahasan menunjukkan adanya representasi
resistensi komunitas yang bernegosiasi dan bernaturalisasi dalam wacana dan logo
dengan tujuan memperluas resistensi. Ideologi Komunitas BlankOn mengadaptasi
ideologi Open Source yang berlaku global yakni gift culture. Konteks ke-
Indonesiaan menjadikan ideologi gift culture diperkuat dengan ideologi
kebangsaan. Ideologi Kebangsaan dan nasionalisme muncul sebagai pendambaan
atas Indonesia yang berdikari.

ABSTRACT
Study of communities in Indonesia, especially the community with the technology
is still very limited. Thus this research was conducted. Community which is the
object of research is the BlankOnlinux community, a community formed by
Yayasan Penggerak Linux Indonesia or Linux Mover Foundation Indonesia
(YPLI). This community create communal activity to build an original software of
Indonesia. This study used qualitative methods with data in the form of a written
interview via electronic mail (email) and other data in the form of images in web
pages and literature that support. The theory used is the theory which refers to the
theory of representations, which are summarized by Stuart Hall with image
analysis using semiotic theories of Roland Barthes. Ideology refers to a theoretical
discussion of Antonio Gramsci on hegemony and ideology. The results of the
discussion showed that the representation of community resistance perform
negotiation and naturalization of the discourse and logo with the aim of expanding
resistance. Ideology of BlankOnlinux Community adapts gift culture which come
from Open Source community in global context. In Indonesia context this gift
culture is reinforced by the ideology of nationalism. Nationalism ideology
emerged as a dream for an independent Indonesia."
2012
T31045
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Myrna Laksman-Huntley
"Penelitian ini mengkaji sebuah cara menanamkan nilai-nilai budaya dan jatidiri bangsa kepada para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dengan memberikan pemahaman mengenai kebesaran bangsa kita di masa lalu. Pemahaman ini diberikan melalui peninggalan sejarah yang dikemas dalam piranti lunak hypertext yang dapat dinikmati siswa dalam pendidikan ekstra kurikuler, dalam hal ini mata pelajaran Komputer. Langkah yang diperlukan adalah (a) mengembangkan kerangka struktur dokumen hypertext berdasarkan studi pustaka dan survei lapangan, (b) penulisan dokumen hypertext, (c) uji coba pengenalan dokumen hypertext peninggalan sejarah kepada siswa dengan maksud memperoleh reaksi dan respon, dan (d) analisis terhadap proses dan hasil pembuatan dokumen hypertext serta reaksi dan respon siswa. Diharapkan cara ini dapat lebih efektif dan apresiatif bagi generasi muda kita, khususnya siswa SLTP, dan merupakan salah satu wujud upaya ilmu arkeologi, sejarah, linguistik, dan informatika dalam memberi sumbangan kepada pembangunan bidang kebudayaan. Pembuatan hypertext pada tahun pertama ini dilakukan terhadap peninggalan-peninggalan sejarah di DKI Jakarta.
Selama ini bangsa Indonesia selalu diperkenalkan sebagai bangsa yang ramah, santun, dan hidup bergotong-royong, Tampaknya, ungkapan tersebut perlu dipertanyakan kembali apakah masih berlaku untuk bangsa kita. Kerusuhan di Jakarta pada hari Kamis, 14 Mei 1998 yang terekam baik dalam media cetak maupun elektronik- sukar kita lupakan. Peristiwa ini memperlihatkan tidak beradabnya masyarakat kita yang melecehkan hak dan harga diri manusia dengan merusak, menjarah, bahkan menghancurkan barang dan harta milik orang lain."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
"In line with the actual issue of globalization and other foreign cultural elements entering our country, an effort is required to strengthen our self identity and national defence. A solid national identity and a national with a high sustenance candynamically overcome threts, barriers, and challenges which endanger the existence and unity of this country. Foreign culture have been intruding our country and obsessing people in all aspects of life; consequently, our local culture is belittled and marginalized. The local culture values are related to ethics, esthetics, morality, religion, society and personal viewpoint which actually have to be maintained. Considering the above mentioned problems, the writer finds it necessary to make a research on the conservation of local culture values in order to strengthen our self-identity and national existence. Literature is considered a relevant means to conserve the local culture values. Literature can be used to develop, utilize, and disseminate local culture values; to express and record local culture values, to enhance, maintain, and socialize local culture values; and to grow the sense of appreciation and pride in this nation. As a result, the sustenance and existence of this nation can be strengthened. With this research, it is expected that men of literature will be encouraged to produce literature conceived with messages and loads of local culture values. Who else can do this, except us?"
MAILMAR
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Inten Dewi Anggraeni
"ABSTRAK
Tesis ini membahas representasi identitas nasional Swedia yang terdapat di dalam media promosi IKEA dan mengunkap keterkaitan antara identitas nasional Swedia yang direpresentasikan oleh IKEA dengan diplomasi publik yang dilakukan oleh IKEA sebagai aktor non-negara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain induktif. Hasil penelitian menemukan bahwa IKEA dan Swedia juga memiliki hubungan timbal balik yang menguntungkan dalam melakukan proses representasi identitas nasional ini. Selain itu, terjadi proses negosiasi dan adaptasi yang dilakukan oleh IKEA dalam merepresentasikan identitas nasional Swedia di negara yang berbeda-beda agar IKEA dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat setempat. Di sisi lain, IKEA juga melakukan proses diplomasi publik dan dapat dianggap sebagai aktor diplomasi publik non-negara. IKEA menemui masalah kontroversial yang memiliki dampak negatif terhadap citranya dihadapan publik selama menjalankan kegiatan komunikasi. Namun demikian, dengan menggunakan identitas nasional Swedia sebagai salah satu alat diplomasinya, IKEA mampu mempertahankan reputasi dan citranya sehingga memiliki legitimasi dalam menjalankan perannya sebagai aktor diplomasi publik non-negara.

ABSTRACT
This thesis discusses the representation of Swedish national identity in the promotional media published by IKEA and the link between the Swedish national identity represented by IKEA and the public diplomacy action conducted by IKEA as a non state actor. This study is a qualitative research with inductive design. The analysis found that IKEA and Sweden have a favorable and reciprocal relationship in the process of representation of Swedish national identity done by IKEA. In addition, there is a process of negotiation and adaptation by IKEA in representing Swedish national identity in different countries so that IKEA can be more easily accepted by the locals. On the other hand, IKEA also conduct public diplomacy actions and can be considered a non state public diplomacy actor. IKEA faced many controversial issues that have a negative impact on its image while conductingthese activities. Nevertheless, using Swedish national identity as one of its diplomatic tools, IKEA is able to maintain its reputation and image and maintain its legitimacy and influence in carrying out its role as a non state public diplomacy actor."
2018
T49282
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harsja W. Bachtiar, 1934-
Malang: Yayasan Pusat Pengkajian, Latihan dan Pengembangan Masyarakat, 1985
959.8 HAR b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
London: Routledge, 1997
944.083 ASP (2)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>