Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25442 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anita Yus
Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011
372.2 ANI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Selly Iryawati
"Tesis ini merupakan hasil penelitian mengenai pendidikan anak tuna grahita usia sekolah di SD Mutiara Bunda Bandung. Sekolah dasar ini merupakan sekolah umum yang menerapkan sistem pendidikan inklusif, suatu sistem pendidikan yang menerima anak berkebutuhan khusus untuk belajar bersama-lama dengan siswa regular, termasuk di dalamnya anak tuna grahita.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan penjelasan mengenai pendidikan yang diberikan SD Mutiara Bunda terhadap anak tuna grahita serta faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan sistem tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekataa kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil temuan lapangan menunjukkan bahwa pendidikan anak tuna grahita didasarkan pada baseline yang mereka bisa. Artinya di sekolah umum ini mereka ditangani sesuai dengan kemampuan yang ada; mereka tidak dipaksakan untuk mengikuti kurikulum standar yang ada di SD Mutiara Bunda, kurikulum yang bersifat fleksibel sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka. Untuk mengetahui baseline yang dimiliki oleh anak tuna grahita yang menjadi subyek penelitian ini, pihak sekolah dalam hal ini ahli ortopedagogi; sekolah dan ibuunya melakukan assessment dan observasi yang meliputi aspek akademis, sosial emosi dan motorik. Kegiatan ini dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru berlangsung yang nantinya dijadikan panduan untuk Program Pengajaran Individual (PPI).
Sistem pendidikan inklusif di sekolah ini dapat berjalan lancar karena berbagai faktor seperti kerjasama yang baik antar tim pengajar, walaupun anak tuna grahita merupakan tanggung jawab dari ortopedagog kelas narnun guru kelas, guru bidang studi juga tetap Mengikutsertakan mereka main dan pembelajaran yang bersifat umum dengan tetap memperhatikan kemampuan mereka.
xiv, 154 halaman, 7 tabel, 6 lampiran
Daftar Pustaka: 22 buku, 2 Surat Kabar, 3 makalah, 7 hasil penelitian, 2 dokumen pemerintah, 2 dokumen sekolah, 3 website (1979-2003)"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T13754
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Garmo, John
Jakarta: Kesaint Blanc, 2013
372 JOH p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Makmuri Sukarno
Jakarta: Pusat Penelitian Kependudukan LIPI, 2010
372 MAK m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Pendidikan merupakan modal dasar untuk menyiapkan generasi yang berkualitas. Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagammaa, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan , akhlak yang mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara....."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dewey, John
Indonesia Publishing, 2009
372 DEW p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Irmawanty
Tangerang: Media Edukasi Indonesia, 2023
372 IRM t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yogi Anggraena
"ABSTRAK
Pendidikan dasar merupakan hak individu yang seharusnya dapat dipenuhi
dan terdistribusi secara adil dan seimbang, serta memiliki kualitas yang memadai.
Karena pentingnya pendidikan dasar, maka perlu dianalisis tingkat partisipasi
sekolah pada pendidikan dasar dalam rangka memberikan masukan kepada
pemangku kebijakan dalam mengambil keputusan. Dalam tesis ini, tingkat
partisipasi sekolah pada pendidikan dasar akan dianalisis menggunakan KSIM
Cross Impact. Langkah awal penerapan KSIM cross impact dalam menganalisis
tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar adalah mengidentifikasi variabelvariabel
yang mempengaruhi tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar.
Kemudian dibangun prosedur penerapan KSIM cross impact dalam menganalisis
tingkat partisipasi sekolah pada pendidikan dasar dan disimulasikan dengan lima
tahap sebagai berikut yaitu (1) Menentukan nilai awal (initial value) untuk semua
variabel, (2) Membangun matriks cross impact, (3) Merepresentasikan impact, (4)
Mensimulasikan dan menganalisis sistem, (5) Mengidentifikasi variabel kebijakan
untuk mencapai sistem yang diinginkan. Hasil simulasi yang dilakukan
menunjukan bahwa infrastuktur dan kualitas guru mempunyai peranan yang paling
penting dalam meningkatkan partisipasi siswa. Dalam tesis ini juga dibahas
kestabilan titik kesetimbangan, untuk mengetahui di titik mana model KSIM Cross
Impact tidak mengalami perubahan dan syarat apa yang diperlukan agar pada saat
diberikan gangguan di titik kesetimbangan model tidak mengalami perubahan.

ABSTRACT
Primary education of satisfactory quality is the right of every individual that needs
to be distributed fairly and equally. Due to the importance of the primary Education,
it is necessary to analyze the level of primary education enrollment in order to
provide input for policy makers. In this thesis, the level of primary education
enrollment will be analyzed using KSIM Cross Impact. The first step in analyzing
the level of primary education enrollment is to identify the variables affecting it.
From there a procedure for the application of KSIM Cross Impact is created and
simulated using five steps: (1) Determine the initial value for all variables, (2)
Establish a cross-impact matrix, (3) Represent the impact, (4) Simulate and analyze
the system, (5) Identify the policy variables to achieve the desired system. The
simulation reveals that infrastructure and the quality of teachers play as the most
important role in increasing student participation. This thesis also discusses the
stability of the equilibrium point as well as determining the point in which the model
KSIM Cross Impact experiences no changes, and the terms required for the model
to remain in equilibrium in the presence of disturbances."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
T39304
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nusa Putra
Jakarta: Rajawali, 2012
372.21 NUS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Darmaningtyas, 1962-
Malang : Intrans Publishing, 2015
370.959.8 DAR p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>